Oleh-Oleh Khas Jambi

Sumatera merupakan salah satu pulau besar di utara Jawa. Kebanyakan memiliki destinasi wisata seru untuk dikunjungi, salah satunya berada di antara provinsi Riau dan Bengkulu yakni Jambi. Oleh karena itu, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Jambi, jika berkunjung ke sana.

Daftar Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jambi

Ada banyak jenis pilihan untuk dibeli, mulai kerajinan kayu, baju, makanan dan juga minuman. Berikut beberapa daftar rekomendasi nama-nama beserta penjelasannya:

Bolu Kojo Jambi

Bolu Kojo Jambi

Oleh-oleh khas Jambi pertama adalah Bolu Kojo, mungkin bisa juga ditemui nama sama di Palembang. Namun terdapat perbedaan antara keduanya yang mana terletak pada beberapa bahan serta strukturya. Terlihat dengan jelas ketika disajikan akan tidak memiliki warna atau polos saja.

Kue bolu ini memiliki bentuk unik karena dicetak dengan loyang mirip seperti bunga Kamboja. Selain itu rasanya juga enak karena menonjolkan manis dengan tekstur lembut. Salah satu alasan yang menjadikannya favorit adalah aroma pandannya harum.

Duku Kumpeh

Duku Kumpeh Jambi

Oleh-oleh kedua yang bisa didapatkan adalah salah satu buah daerah Jambi yaitu Duku Kumpeh. Alasannya tentu karena memiliki karakter serta rasa berbeda dengan wilayah lain di Indonesia. tentu saja hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk menjadikannya pilihan buah tangan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang

Seperti namanya maka daerah asalnya adalah Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi, yang mana memang secara alami banyak tumbuh di sana. Faktor pembedannya yaitu dari rasa manisnya sedikit dominan. Kemudian bentuknya lebih besar namun tidak memiliki biji di dalam daging buah.

Dodol Nanas

Dodol Nanas

Nanas merupakan salah satu komoditas asli dari Jambi, maka olahan dodol menjadi oleh-oleh khasnya. Kreasi tersebut memberikan pemasukan dan keuntungan dari pendapatan mereka. Tentu saja bisa didapatkan di pusat buah tangan.

Oleh-oleh khas Jambi tersebut menjadi terkenal dan dikenal banyak orang. Kemudian juga dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Rasa yang dimiliki manis, legit spesial dari buah nanas serta enak dimakan.

Pempek Jambi

Pempek Jambi

Pempek merupakan salah satu nama oleh-oleh khas Jambi dan bukan hanya dari Palembang saja. Keduanya memiliki perbedaan yang akan terlihat dengan jelas jika disandingkan. Hal tersebut dapat diketahui dari kuah cukanya.

Kuah cuka pempek Jambi juga dikatakan tidak merusak gigi jika dikonsumsi terlalu sering. Pembeda lainnya terletak juga pada cara penyajian dan biasanya disajikan di acara-acara besar. Sedangkan untuk bentuknya masih bisa dikategorikan sama saja dengan khas Palembang.

Lempok Durian Jambi

Lempok Durian Jambi

Mungkin bagi yang tinggal di wilayah Jawa jarang dan awam mendengar tentang Lempok. Padahal kadang bisa ditemukan, untuk bentuknya sendiri seperti dodol. Masyarakat Jambi memiliki salah satu oleh-oleh khas dengan menggunakan olahan dari buah durian.

Rasa dari Lempok ini manis dan legit ditambahkan aroma buah menjadikannya disukai wisatawan. Jika di atas tadi dibahas tentang komoditas nanas, durian juga merupakan salah satunya. Bahkan sekarang ini banyak dimanfaatkan menjadi olahan berupa cemilan khas Jambi yang lainnya.

Tempoyak Jambi

Tempoyak Jambi

Selain memanfaatkan durian menjadi lempok, buah tersebut juga diolah dengan memadukan rasa asam dan pedas. Salah satu makanan khas Jambi yang dalam penyajiannya disandingkan ikan mas, mujair atau patin. Namun sebelumnya harus difermentasikan kurang lebih 3-5 hari.

Secara pembuatan memang bahan dasar Tempoyak Jambi sendiri menggunakan daging durian. Kemudian dipadukan menggunakan tambahan bumbu, seperti garam dan cabe rawit. Namun proses pencampuran tersebut dikerjakan sebelum dilakukan fermentasi.

Kaos Khas Jambi

Kaos Khas Jambi

Jika di atas tadi selalu dijelaskan mengenai makanan dan olahan konsumsi. Maka sekarang akan dibahas mengenai kaos khas Jambi yang tentunya menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Penggunaan desain serta pemilihan motif juga warna akan menjadikannya bagus dikenakan.

Mengumpulkan kaos dari berbagai daerah di Indonesia pasti seru dan menarik. Maka jangan lupa membelinya sebagai oleh-oleh khas Jambi untuk diberikan pada kerabat atau orang tercinta. Pengunjung dapat memperolehnya di berbagai spot wisata seperti Jembatan Gentala Arasy.

Batik Jambi

Batik Jambi

Oleh-oleh khas Jambi berikutnya yang bisa dibeli untuk dibawa pulang adalah batik. Seperti diketahui jika negara Indonesia terkenal memiliki salah satu seni motif pakaian. Bahkan hampir setiap daerah juga mempunyai versi mereka sendiri.

Hal tersebut juga berlaku untuk Jambi, mereka juga memiliki motif khas dan sudah pasti berbeda dengan daerah lain. Maksudnya terletak pada pemilihan warnanya cenderung merah atau cerah bercorak bulat serta ceplok. Pengunjung bisa memperolehnya di toko-toko souvenir yang ada.

Kopi Bubuk Cap AAA

Kopi Bubuk Cap AAA Jambi

Pecinta kopi sepertinya wajib membawa pulang bubuk cap AAA yang khas dari Jambi. Alasannya kerena memang tidak akan ditemui serta dijual belikan bebas di berbagai daerah di Indonesia. Jika dilihat dari bungkusnya pasti akan langsung tahu karena hanya berukuran seperti sebungkus rokok.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Palembang

Minuman khas Jambi tersebut sebenarnya berupa merk dagang perusahaan pembuat kopi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu mereka mengalami perubahan sampai menjadikannya sebagai oleh-oleh. Penyajiannya akan lebih nikmat saat disandingkan dengan pempek.

Teh Kayu Aro

Teh Kayu Aro

Olahan minuman berikut ini bisa dijadikan oleh-oleh yang tepat untuk diberikan pada orang tua. Teh Kayu Aro merupakan produk asli dari perkebunan yang ada di kawasan Kerinci. Sebagai salah satu produksi pembuatan tertua di Indonesia, menjadikannya populer hingga berbagai negara di dunia.

Produk-produknya bahkan telah diekspor ke beberapa wilayah dunia seperti Timur Tengah, Amerika, Asia sendiri, juga Eropa. Terdapat dua jenis pengelompokan yang diberikan grade 1 dan 2. Hal tersebut berdasarkan kualitas daun dan proses pengolahannya.

Dodol Kentang

Dodol Kentang Jambi

Oleh oleh berikutnya adalah dodol yang terbilang unik karena terbuat dari kentang. Olahan tersebut bisa ditemui langsung untuk dibawa pulang dari Jambi. Penggunaan salah satu umbi dilakukan karena memang merupakan hasil pertanian asli dan utama penduduk kawasan kaki Gunung Kerinci.

Secara pengolahan bahan tidak ada yang membedakan dengan pembuatan dodol biasa. Ketidaksamaan poin hanya terdapat pada pemakaian material utama. Selain itu juga disisi tekstur produk jadinya cenderung lebih halus dan tidak terlalu kenyal.

Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan Jambi

Kota Jambi memiliki salah sato olahan makanan yang khas namun sakral. Hal tersebut adalah Gulai Tepek Ikan, alasannya karena memang hanya ada pada saat acara atau ritual tertentu saja. Di antaranya seperti kenduri, pernikahan, serta momen- momen yang berkaitan dengan adat lainnya.

Secara penampilannya saja sudah terlihat enak untuk dikonsumsi gambar masakan khas Jambi tersebut bisa dilihat langsung di internet. Mereka berwarna kuning cerah, dengan irisan Ikan Gabus yang tentu kaya gizi dan protein. Makanan tersebut bisa diperoleh hanya di kota Jambi saja.

It’s Kia Cake

It's Kia Cake Jambi

Pasti sudah pada tahu tentang It’s Kia Cake yang memiliki tekstur lembut dan tentunya enak. Oleh oleh khas Jambi artis ini dimiliki oleh Zaskia Sungkar. Gerainya telah tersebar luas di berbagai daerah serta pulau di Indonesia, seperti di Kota Surabaya dan Medan.

It’s Kia Cake memiliki varian rasa berjumlah 6, di antaranya strawberry silky, cheese delight, cookies cream, sweet chocolate, macha torte dan durian yang merupakan salah satu komoditas Jambi. Tentu saja menjadikannya oleh-oleh untuk kerabat dan orang terdekat adalah hal tepat.

Sirup Kayu Manis

Sirup Kayu Manis Jambi

Salah satu olahan yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah sirup kayu manis. Selain dikenal sebagai bahan pelengkap pada masakan. Rupanya masyarakat di Jambi juga memiliki ide kreatif untuk menjadikannya sebagai produk minuman yang khas.

Tentu saja rasa manis yang dihasilkan akan berbeda dengan sirup pada umumnya. Namun ternyata terdapat manfaat dari sisi kesehatan jika dikonsumsi secara benar. Di antaranya seperti pusing, mual, flu, diare, juga demam, pastinya menjadikan sebagai oleh-oleh merupakan hal bagus.

Kacang Tojin

Kacang Tojin Jambi

Bagi yang belum tahu kacang tojin merupakan salah satu varian camilan dengan metode penggorengan. Faktor pembeda dari lainnya adalah terdapat penambahan irisan daun seledri di dalamnya. Hal tersebut membuat cita rasa lebih harum serta gurih saat dikonsumsi.

Selain itu Kacang Tojin sendiri juga memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Hal tersebut berasal dari proses pembuatannya karena mangharuskan direndam bumbu halus terlebih dahulu. Menjadikannya camilan favorit untuk anak-anak sehingga tepat jika ingin membeli sebagai oleh-oleh.

Kerajinan Tangan Kulit Latung

Kerajinan Tangan Kulit Lantung Jambi

Oleh-oleh khas Bengkulu dengan bentuk dan kesan elegan serta unik tersebut bisa didapatkan di Jambi. Pasti banyak orang yang sudah familiar dan menyukai tentang kerajinan Kulit Latung. Bahkan bukan hanya pengunjung lokal saja, kepopulerannya menjangkau banyak turis manca negara.

Kerajinan Kulit Latung sendiri memiliki nilai visual lebih pada desain coraknya yang unik. Selain itu teksturnya cenderung natural sehingga akan membuat orang tertarik membelinya. Jika saat berkunjung ke Sumatra belum sempat pergi ke Bengkulu, oleh-oleh ini bisa di dapatkan di Jambi.

Gelang Sebalik Sumpah

Gelang Sebalik Sumpah Jambi

Salah satu kerajinan tangan dengan bahan dasar kayu ini memiliki bentuk yang unik. Selain bentuknya asal-usul pembuatan baik gelang maupun kalung juga mempunyai kepercayaan. Mereka adalah masyarakat Orang Rimba Jambi sendiri.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa nama kerajinan tersebut diambil dari pohon yang digunakan yaitu Sebelik Sumpah. Komunitas Orang Rimba menyakralkan tanaman tersebut, mereka mempercayai jika dipakai dapat menolak bala. Berbagai cerita serta bentuknya sendiri cocok dijadikan oleh-oleh.

Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Jambi

Setelah tadi telah dibahas berbagai nama buah tangannya sekarang akan ditunjukkan rekomendasi pusat oleh-oleh & souvenir khas Jambi. Tentu saja masing-masing mempunyai keunikan dan spesialisasi tertentu. Penasaran? Berikut ulasannya:

Jakos

Tempat pertama adalah Jakos yang merupakan akronim dari Jambi Punya Kaos. Mereka berkembang oleh berlian Sentosa dengan memakai konsep bernuansa lokal. Produk-produk di pusat oleh-oleh tersebut semuanya mengandung muatan kebudayaan di sana.

Hal tersebut tentunya terjadi karena sang pemilik mempunyai tujuan yang sama. Poin dimaksud yaitu memperkenalkan wisata dan kebudayaan Jambi melalui industry kreatif. Jika pengunjung berminat bisa langsung cek alamat lengkapnya di internet, mereka buka dari pukul 09.00 – 21.00.

Di lokasi tersebut akan disajikan dan pasti lebih terfokus pada pakaian. Mereka menjual berbagai jenis baju seperti kaos maupun kemeja batik bernuansa Jambi. Di antaranya memiliki desain gambar Sungai Batang Hati, Harimau Sumatra, serta Suku Anak Dalam.

Temphoyac

Temphoyac pusat oleh-oleh kota Jambi, merupakan salah satu tempat yang sudah banyak dikenal oleh pengunjung dari berbagai daerah. Alasanya karena memang terkenal menjadi lokasi memperoleh makanan khas. Selain itu juga sebagai sebuah outlet dengan beragam buah tangan.

Toko tersebut dibuat dan dirintis oleh seseorang bernama Rico Mappedeceng. Sedangkan lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman no. 18. Tentunya tempat tersebut termasuk dekat dan mudah diakses, dengan jarak dua kilometer dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin di Jambi.

Tentu saja hal tersebut dapat membantu para pengunjung mendapatkan oleh-oleh sebelum pulang ke tempat masing-masing. Seperti dijelaskan di atas bahwa bukan hanya makanan saja yang ada. Namun berbagai kerajinan tangan, batik dan beragam buah tangan unik juga tersedia.

Kerinci Merch

Gunung Kerinci sebagai salah satu tempat wisata paling favorit di Jambi. Tentu saja mereka memiliki pusat oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan. Di sana pengunjung dapat menemukan berbagai souvenir dan cendera mata unik.

Selain cendera mata atau souvenir wisatawan juga bisa memperoleh aneka makanan khas. Di antaranya seperti sirup kayu manis, dodol kentang, kacang tojin, keripik dan lain-lain. Kerinci Merch berlokasi tepat di depan sebuah Hotel di Jalan Murudadi, Koto Tinggi, Sungai Penuh.

Pengunjung bisa juga mencari kaos dengan desain menarik khas Jambi. Selian itu wisatawan yang berbelanja bisa mendapatkan potongan khusus jika membelinya dengan jumlah banyak. Tentu saja patut dijadikan tempat membeli oleh-oleh untuk kerabat, keluarga atau orang-orang terdekat.

Dolen

Tempat untuk memperoleh berbagai buah tangan berikutnya bernama Dolen. Ini adalah pusat oleh-oleh baru namun namanya berhasil mencuri perhatian banyak pelanggan. Berbagai barang dan makanan tersedia dan tentunya tetap memiliki ciri khas Jambi.

Di antaranya kerajinan kayu dengan ornamen khusus, lalu ada pula makanan seperti dodol nanas, kentang, juga olahan lainnya. Bukan hanya dari segi barangnya saja, melainkan pengemasannya yang bagus. Dolen beralamat di Jalan Kompol M Taher no. 1-2, Talang Banjar Jambi.

Toko tersebut juga menyediakan makanan khas Jambi yang langsung bisa dinikmati di tempat. Selain juga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pengunjung pasti merasa dimanjakan dengan desain interior menarik dan akan meninggalkan kesan tersendiri.

Rumah Batik Azimah

Bagi pengunjung yang tertarik dengan batik mengunjungi Rumah Batik Azimah bisa menjadi salah satu hal menarik. Di sana akan tersedia berbagai jenis olahan kain dengan corak batik. Terutama bernuansa budaya dan motif khas Jambi sendiri.

Tersedia beragam pilihan mulai dari kain, kemeja baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Rumah Batik Azimah bisa ditemukan di Jalan K.H.A Somad no 41 di Olak kemang, Jambi. Tempat tersebut telah memikat berbagai pengunjung dengan produk yang dimiliki.

Bahkan beberapa kali terlihat public figure juga mengunjungi toko tersebut untuk membeli oleh-oleh. Namun terdapat keunggulan lain yang bisa diperoleh jika datang ke Rumah batik Azimah. Selain buah tangan wisatawan juga dapat menambah pengetahuan ragam tentang batik.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lampung

Penjelasan lengkap mengenai oleh-oleh khas Jambi yang beragam tadi semoga bisa bermanfaat, rekomendasi diatas juga dapat dijadikan acuan sebelum memutuskan membeli buah tangan.

Tinggalkan komentar