Oleh-oleh Khas Jawa Barat

Oleh-oleh Khas Jawa Barat
29Jun, 2020

Saat traveling ke suatu tempat, membeli buah tangan seakan menjadi sebuah kewajiban. Selain untuk kenang-kenangan, ini dapat digunakan untuk membahagiakan keluarga di rumah. Apabila Anda sedang bertandang ke Bandung, ada beberapa oleh-oleh khas Jawa Barat yang bisa dijadikan pilihan.

Berbagai Pilihan Oleh-oleh Jawa Barat yang Kekinian

Bicara tentang Jawab Barat, provinsi ini memiliki berbagai buah tangan yang sangat khas. Bahkan, oleh-oleh tersebut tidak hanya digemari penduduk sekitar. Turis mancanegara pun sibuk berburu saat jalan-jalan ke daerah itu. Berikut adalah berbagai barang dan makanan khas Jawa Barat dan Bandung.

Simping

Simping Jawa Barat

Simping ialah salah satu produk khas Jawa Barat. Cemilan ini sangat praktis karena ukurannya kecil sehingga ringan saat dibawa. Bentuknya bulat pipih dengan warna putih. Rasanya gurih sehingga cocok jika dihidangkan bersama secangkir teh hangat. Penganan enak tersebut terbuat dari tepung beras.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Selain tepung beras sebagai bahan baku utama, ia diberi berbagai rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Cemilan kecil nan lezat ini merupakan produk asal Karawang. Namun, kini Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Jawa Barat.

Pisang Bolen Kartikasari

Pisang Bolen Kartikasari

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang terkenal lezat adalah pisang Bolen Kartikasari. Ini merupakan oleh-oleh yang wajib untuk dibeli. Rasanya belum ke Bandung jika belum mencicipi kenikmatan cemilan enak tersebut. Tersedia ukuran kecil dan besar sehingga memudahkan pelanggan saat memilih.

Pisang Bolen ini dijual dengan harga cukup terjangkau, sesuai dengan kualitasnya. Satu kotak Kartikasari dibanderol mulai Rp. 52.000. Ia cukup awet sehingga para pelancong tidak perlu takut akan kadaluwarsa. Ketahanan roti tersebut diklaim hingga 4 hari jika berada di suhu ruangan biasa.

Peuyeum

Peuyeum Jawa Barat

Saat mendengar kata peuyeum, orang akan langsung mengingat Bandung. Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas yang wajib dibeli. Ia adalah tape singkong. Jika lewat area daerah tersebut, pasti menemukannya dalam keadaan digantung di toko oleh-oleh pinggir jalan.

Hasil fermentasi pada singkong tersebut dilakukan dengan sempurna sehingga warna peuyeum bisa nampak indah. Selain itu, rasanya pun enak. Makanan ini umumnya disajikan saat udara dingin sebagai penghangat tubuh. Soal harga, ia dijual dengan harga sangat terjangkau.

Dodol Garut

Dodol Garut

Salah satu cemilan yang biasa disajikan oleh masyarakat Sunda yaitu Dodol Garut. Cemilan dengan rasa lezat itu cukup laris manis. Manisnya panganan ini membuatnya sangat disukai anak-anak. Ada beberapa varian antara lain: dodol nangka, dodol durian dan dodol nanas.

Selain itu, Anda bisa menemukan Chocodot yang merupakan singkatan dari cokelat isi dari dodol. Ini merupakan inovasi kekinian. Pembuatnya mengombinasikan cemilan tradisional dengan produk modern. Jika tertarik membeli, pelancong dapat menemukannya di toko oleh-oleh.

Rengginang

Rengginang Brebes

Jika ingin makanan ringan, awet dan enak, mungkin rengginang bisa jadi pilihan terbaik. Cemilan ini terbuat dari beras ketan. pelancong dapat membeli versi mentah atau matang. Jika memutuskan beli yang belum digoreng, pastikan menjemurnya terlebih dahulu di bawah panas matahari sebelum menggoreng.

Tiga varian dapat ditemukan di toko oleh-oleh, antara lain original, terasi dan ketan hitam. Adanya variasi rengginang itu bisa memberikan pilihan pada pelanggan yang memiliki selera berbeda. Harga cemilan ini sangat terjangkau. Satu plastik berisi kepingan mentah 0,5 kg dihargai sekitar Rp. 30.000 saja.

Keripik Oncom

Keripik Oncom

Ada lagi oleh-oleh murah untuk keluarga di rumah yaitu keripik Oncom. Ini adalah makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya yang cukup dikenal. Pengolahan bahan menjadi kerupuk tersebut merupakan inovasi terbaru agar ia awet serta bisa dibawa kemana-mana.

Seperti yang diketahui, Oncom dibuat dari kacang tanah hasil fermentasi alami. Selanjutnya, ia dipotong tipis kemudian digoreng seperti menggoreng keripik pada umumnya. Saat bertandang ke Bandung, jangan lupa membeli cemilan unik ini karena Anda takkan menemukannya di tempat lainnya.

Opak Kecimpring

Opak Kecimpring

Salah satu cemilan khas Jawa Barat yang bisa dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah adalah Opak Kecimpring. Makanan ringan ini tak hanya disukai penduduk lokal. Para wisatawan pun selalu ramai memburu di toko oleh-oleh terdekat. Rasanya lezat disertai berbagai rasa antara lain manis, pedas dan gurih.

Bentuknya bulat dan tipis, menyerupai keripik pada umumnya. Ia sengaja diproduksi sangat tipis karena wujudnya berupa bulatan agak lebar. Jadi, orang akan lebih nyaman saat menyantapnya. Dahulu, hanya ada satu varian, namun kini berbagai rasa tersedia. Harganya cukup terjangkau hingga banyak pelancong membelinya.

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat ialah ciri khas makanan Jawa Barat. Dinamakan dengan nama tersebut karena ia tidak membutuhkan minyak saat proses penggorengan. Alih-alih, penjual menggunakan pasir untuk memasaknya. Cara unik inilah yang menjadikannya cukup dikenal di Bandung.

Tidak asal pasir, proses penggorengan dilakukan dengan pasir khusus yang bersih lalu diayak. Ia terbuat dari tepung tapioka. Rasanyanya sangat gurih dan memiliki variasi warna antara lain merah, hijau serta putih. Cemilan murah meriah ini akan menjadi oleh-oleh terbaik untuk kesayangan di rumah.

Sepatu dan Sandal Cibaduyut

Sepatu dan Sandal Cibaduyut

Jika berwisata ke Jawa Barat, jangan lupa singgah ke Cibaduyut. Tempat ini terkenal dengan kualitas alas kaki bermutu baik. Mayoritas sepatu dan sandal yang dijual menggunakan kulit asli. Tampilannya sangat stylish. Apalagi produk-produknya dijual dengan harga sangat bervariatif.

Permintaan produk Cibadayut tidak hanya melayani konsumen dalam negeri, para pengrajin sepatu ini telah menembus pasar internasional. Terbukti alas kaki buatan Indonesia itu mampu terjual di puluhan negara dunia. Jika sempat, mampirlah ke sentra pengrajin kulit berkualitas ini.

Wayang Golek

Wayang Golek

Salah satu oleh-oleh menarik dan unik ialah wayang Golek. Ia terbuat dari kayu sehingga berbeda dari produk buatan daerah lainnya. Hasil kerajinan penduduk lokal Jawa Barat ini hingga kini masih dilestarikan dengan baik. Diperkirakaan kesenian rakyat tersebut telah tercipta sejak abad ke-17.

Jika Anda pecinta kesenian terutama tradisional, ini akan jadi pilihan terbaik. Harga wayang golek itu cukup terjangkau. Ia dijual mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Harganya bergantung pada kualitas dari produk tersebut. Bahkan, benda seni tersedia di marketplace dan bisa dibeli online.

Angklung

Angklung Jawa Barat

Salah satu oleh-oleh khas Lembang yang unik ialah angklung. Ini merupakan alat musik tradisonal dari bambu. Hingga kini, benda tersebut masih dilestarikan. Para peminatnya tidak hanya dari domestik, turis mancanegara pun tertarik membeli serta mempelajari cara memainkannya.

Bahan pembuatan angklung bukan sembarang bambu. Hanya Awi Wulung dan Awi Temen yang biasa digunakan untuk menciptakan alat musik tradisional itu. Harganya cukup bervariatif, tergantung kualitas dari barang tersebut. Semakin berkualitas, makin mahal pula harganya.

Payung geulis

Payung geulis

Apabila menginginkan kerajinan tangan menarik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat, jangan ragu memilih produk berkualitas ini. Payung geulis itu dibuat pengrajin Jawa Barat dengan berbekal kemampuan warisan leluhur. Benda itu bercorak indah karena motifnya dilukis menggunakan cat khusus.

Sejarah penamaan ini dikarenakan pada jaman dahulu Mojang yang cantik menggunakannya untuk menutupi kecantikannya. Sayangnya, cukup jarang anak milineal mengenakkan payung tersebut. Hanya dengan Rp. 50.000 saja, pelancong bisa membawa pulang sebuah kerajinan asal Tasikmalaya ini.

Baboko

Boboko Jawa Barat

Baboko ialah salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat. Benda ini berwujud kerajinan tangan yang sengaja dibuat oleh penduduk lokal. Ia berfungsi untuk menempatkan bahan makanan seperti beras atau sayuran. Hasil anyaman tersebut dapat dibeli sesuai ukuran, mulai dari 50 cm hingga 3 meter.

Selain dibeli oleh wisatawan, Baboko sering dipesan oleh rumah makan atau resto yang menerapkan gaya tradisional pada konsepnya. Apabila ingin membeli oleh-oleh awet dan bermanfaat, kerajinan bambu ini dapat dijadikan salah satu list oleh-oleh khas Jawa Barat.

Gepuk

Gepuk Jawa Barat

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang murah serta memiliki cita rasa lezat ialah Gepuk. Makanan itu dibuat dari daging sapi. Merk terkenal yang menjual hidangan lezat ini yakni Gepuk Ny.Ong. Terdapat beberapa cabang di daerah Bandung dan sekitarnya.

Ada berbagai macam rasa antara lain original, gurih, pedas dan manis. Gepuk itu memiliki rasa yang lezat dengan tektur daging lembut kaya rempah-rempah. Harga satu porsi beef rasa original dijual mulai Rp 22.000. Saat bertandang ke Jawa Barat, masukkan makanan ini sebagai oleh-oleh wajib.

Keremes

Keremes Jawa Barat

Salah satu cemilan Jawa Barat yang tak kalah dengan makanan khas Jawa Tengah yakni keremes. Cemilan ini berwarna coklat dengan tekstur berongga. Bentuknya bulat dan terasa sangat manis. Makanan renyah tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko pusat oleh-oleh.

Cemilan ini sangat praktis dan bisa disajikan bersama minuman hangat saat bercengkrama dengan keluarga. Ia dibuat dari bahan ubi beserta gula merah. Karena diolah dengan baik, hasilnya terasa sangat renyah. Tak heran jika ia menjadi salah satu oleh-oleh laris di Bandung, Jawa Barat.

Picnic Roll

Picnic Roll Jawa Barat

Merupakan salah satu incaran para pelancong saat berkunjung ke Jawa Barat. Makanan ini berbentuk roti berisi daging yang bercita rasa tinggi. Ditambah dengan telur rebus beserta rempah-rempah terbaik. Rasanya sungguh nikmat. Apalagi ada dua pilihan isi yakni ayam atau sapi.

Mengonsumsi makanan ini pun juga sangat menyehatkan karena ia mengandung protein serta memperkuat otot. Harganya cukup terjangkau mengingat roti tersebut berisi ayam atau daging. Satu kotak kemasan Picnic Roll dihargai Rp. 80.000. Dijamin Anda pasti merasa ketagihan dengan cemilan ini.

Keripik Maicih

Keripik Maicih

Salah satu oleh-oleh khas Bandung (Mayasari) Kota Bandung fenomenal adalah Maicih. Cemilan ini memiliki rasa pedas memikat. Keripik tersebut memberikan banyak pilihan dilihat dari tingkat kepedasannya. Ia dibuat dari singkong yang diolah dengan berbagai bumbu rahasia. Sehingga teksturnya sangat renyah.

Tersedia berbagai level mulai dari yang paling rendah hingga level 10. Kualitas produk itu tak perlu diragukan lagi. Satu kemasan seberat 125 gram dijual sekitar Rp.15.500. Dengan harga terjangkau, Anda bisa merasakan pedasnya singkong berkualitas. Keluarga di rumah pasti akan menyukai cemilan ini.

Tempe Gila

Tempe Gila

Ada lagi buah tangan khas Bandung yang tak kalah lezat ialah Tempe Gila. Merupakan nama produk lokal warga Bandung. Sama seperti namanya, cemilan renyah itu dibuat dari tempe. Tak seperti makanan kering lainnya, ia memiliki rasa dengan julukan lucu yakni Karesep, Cobian, Aink dan Gelo.

Oleh-oleh satu ini sangat laris manis. Perusahan makanan tersebut kini memiliki banyak agen. Selain datang langsung ke Bandung, Anda pun dapat memburunya via online. Ini sangat memudahkan pelanggan yang tak sempat membeli langsung. Harga satu kemasan cukup murah yakni Rp. 17.000.

Kafetaria Pia 170

Kafetaria Pia 170

Salah satu cemilan enak yang dapat diberikan pada kerabat di rumah ialah pia. Cemilan terenak ini bisa didapatkan di Kafetaria Pia 170. Soal rasa, ia tidak perlu diragukan lagi. Kelezatannya membuat Anda ingin mengonsumsinya sendiri. Makanan manis tersebut mempunyai banyak varian rasa.

Rasa yang ditawarkan antara lain: coklat, keju dan kacang ijo. Ada banyak pilihan dapat Anda bawa pulang ke rumah. Toko ini bisa jadi tujuan berburu oleh-oleh. Apalagi tempat berjualan pia tersebut memiliki desain menarik. Pelanggan akan dimanjakan dengan gaya interiornya.

Kopi Aroma

Kopi Aroma

Oleh-oleh khas Bandung di Surabaya yang menarik untuk dibawa pulang yaitu kopi Aroma. Jika Anda merupakan pecinta minuman hangat tersebut, jangan lupa membelinya. Aromanya sungguh khas. Toko ini telah berdiri sejak 1930. Hingga kini ia masih setiap melayani pelanggan setianya.

Kopi ini terbilang sangat khas sehingga selalu memiliki tempat di hati para pecintanya karena proses penggilingan dilakukan secara tradisional, yaitu dengan kayu bakar. Alhasil, aromanya pun lebih kuat dan nikmat. Anda bisa membeli bentuk bubuk atau berupa biji kopi langsung. Tertarik untuk membelinya?

Amanda Brownis

Amanda Brownies

Ada lagi buah tangan bercita rasa nikmat tiada tara yaitu Amanda Brownis. Produk ini berkualitas tinggi. Tak heran jika toko yang menjualnya dipadati para pengunjung. Apalagi harga satu kotaknya cukup terjangkau. Ada berbagai rasa yang ada di Amanda Brownis antara lain: original, tiramisu dan choco marmer.

Terdapat pula varian roti lainnya sebagai oleh-oleh khas Jawa Barat. Rasa kue tersebut sangat manis. Ia sangat dikenal sebagai brownis kukus terbaik se-Indonesia. Apalagi adanya variasi rasa membuat pelanggan bebas memilih. Dijamin ini akan menjadi oleh-oleh terbaik usai berkunjung ke Jawa Barat.

Magnet Kulkas Wayang

Magnet Kulkas Wayang

Salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat yang perlu dibeli ialah magnet kulkas wayang. Benda ini bentuknya praktis sebab mudah dimasukkan dalam kantong. Membelinya dalam jumlah banyak pun tidak terlalu memberatkan. Apalagi ia memiliki desain unik bernilai seni.

Meskipun bentuknya kecil, namun Anda perlu merogoh kocek hingga Rp. 50.000 untuk mendapatkan magnet kembar Rama dan Shinta. Ini sangat sesuai, mengingat kualitas produk terbilang bermutu tinggi. Bisa dikatakan ia akan jadi buah tangan ekslusif untuk kesayangan.

Miniatur Gamelan

Miniatur Gamelan

Ada lagi salah satu buah tangan favorit pecinta seni budaya yaitu miniatur Gamelan. Benda tersebut berisikan seperangkat alat musik tradisional Jawa seperti kendang, gong dan gambang. Jika tertarik dengan oleh-oleh ini, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp. 600.000.

Namun, itu sangatlah sesuai dengan kerumitan dan detail gamelan. Ia bisa jadi kenang-kenangan terbaik dari Jawa Barat. Jika ingin memberikannya pada seseorang, ini akan hadiah ekslusif yang takkan terlupakan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bogor

Itulah beberapa pilihan menarik jika berburu oleh-oleh khas Jawa Barat yang cocok untuk dijadikan pilihan. Pastikan membeli jenis barang yang sesuai dengan budget agar tidak menguras kantong Anda. Selamat berlibur dan belanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *