Oleh-oleh Khas Jawa Tengah

Oleh-oleh Khas Jawa Tengah

Diposting pada

Terdapat banyak oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa dijadikan pilihan saat berwisata. Daerah itu terkenal dengan budaya Jawanya. Jateng memiliki banyak hal menarik mulai dari makanan hingga keseniannya. Nah, di bawah ini terdapat berbagai aneka macam buah tangan terbaik versi 2020.

Pilihan Oleh-oleh Khas Jawa Tengah Terbaik

Jateng ialah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan budaya Jawanya. Salah satu ciri khasnya yakni sifat ramah penduduk lokal. Selain itu, daerah ini pun dikenal akan oleh-olehnya yang lezat dan praktis saat dibawa pulang. Penasaran akan hal itu? Berikut adalah ulasannya:

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan

Ini adalah produk hasil kreasi tangan manusia yang sangat ternama. Saking terkenalnya, kota Pekalongan di Jawa Tengah itu mendapatkan predikat sebagai kota batik. Lalu, apa saja keunggulan dari kain tersebut? Hasi kesenian tersebut memiliki corak unik beserta warna-warna nan ciamik.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Apalagi corak dari batik Pekalongan mampu bertahan karena menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Para pembeli yang bebruru kain ini tidak hanya berasal dari area Jateng saja, pelancong dari berbagai daerah serta turis mancanegara pun banyak menginginkan.

Bandeng Juwana

Bandeng Juwana

Salah satu ciri khas makanan Jawa Tengah ialah bandeng Juwana. Makanan ini menjadi oleh-oleh khas semarang wajib saat berkunjung ke Semarang, Jateng. Olahan dari bahan baku ikan segar tersebut banyak dicari orang karena lezat dan durinya bisa langsung dimakan karena ia dimasak menggunakan presto.

Satu kotak bandeng Juwana ini dijual mulai harga Rp. 80.000. Harganya memang tidak semurah yang dibayangkan. Namun, rasa dan kualitasnya sungguh sepadan. Makanan tersebut dapat menjadi buah tangan terbaik saat berkunjung ke daerah Jawa Tengah.

Tahu Bakso

Tahu Bakso Jawa Tengah

Ada lagi makanan lezat asal Semarang yang tak boleh dilupakan yaitu tahu bakso. Makanan ini memiliki cita rasa gurih. Ia cocok jika disajikan bersama secangkir kopi di pagi atau sore hari. Terdapat 2 varian jenis yakni goreng dan rebus. Apabila menginginkannya sebagai oleh-oleh, pilihlah tahu bakso goreng.

Makanan ini merupakan kombinasi ciamik antara tahu dan bakso yang ada di tengahnya. Kelezatannya banyak dinantikan sehingga para pelancong tidak pernah lupa memburu snack tersebut. Harga satu kemasannya dijual sekitar Rp 30.000. Cukup terjangkau bukan?

Intip Khas Solo

Intip Khas Solo

Intip adalah salah satu makanan asli Jateng tepatnya daerah Solo yang terbuat dari kerak nasi. Mungkin, saat mengetahui asalnya, Anda akan sedikit meremehkan karena hanya dibuat dari sisa makanan. Padahal, cita rasanya sungguh nikmat dengan warna coklat dan tetesan susu coklat kental di atasnya.

Rasanya manis plus lezat hingga banyak anak yang menyukainya. Selain manis, Anda pun dapat menemukan varian rasa lainnya seperti gurih dan gula Jawa. Jika tertarik membeli intip asli Jateng ini, jangan lupa memburunya saat berada di toko oleh-oleh terdekat.

Super Cake Brilian Solo

Super Cake Brilian Solo

Oleh-oleh khas Solo terbaik yang bisa jadi pertimbangan adalah cake brilian. Kue ini berbeda dari cemilan manis dari daerah lainnya. Hal itu dikarenakan resep didapatkan secara turun-temurun. Sekilas, ia nampak seperti roti mandarin, namun sesungguhnya sangat berbeda.

Roti ini telah diciptakan sejak 1994. Kualitasnya tidak perlu diragukan. Apalagi ia mempunyai sertifikat halal dari MUI sehingga kehalalannya bisa dipertanggung Jawab. Terlebih lagi, ia telah mendapatkan banyak penghargaan. Untuk satu cake brilian dijual sekitar Rp. 160.000.

Telur Asin Pantura

Telur Asin Pantura

Salah satu makanan lezat asal Jawa Tengah bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga yakni telur asin. Tempat terkenal yang terkenal akan kualitas memproduksi lauk ini ialah Brebes. Sepanjang Pantura, akan banyak dijumpai berbagai penjual hidangan tersebut.

Kualitas telur asin dari Brebes bermutu baik. Rasa asinnya pas hingga cocok dijadikan lauk untuk makan siang dengan nasi. Apalagi harga yang ditawarkan tidak mahal. Harganya bervariasi tergantung kualitas dan jumlah isinya. Saat berwisata ke Jawa Tengah, jangan lupa membelinya.

Sale Pisang

Sale Pisang

Sedang mencari oleh-oleh Jateng terbaik dan tak membuat kantong bolong? Mungkin sale pisang dapat menjadi alternatifnya. Makanan ringan ini terbuat dari buah pisang yang diiris tipis memanjang. Selanjutnya ia dijemur hingga mengering lalu digoreng bersama tepung dan bumbu lainnya.

Sale ini memiliki rasa manis serta sedikit gurih. Teskturnya renyah sehingga membuat Anda merasa ketagihan. Kerenyahan tersebut tercipta karena adanya campuran sedikit tepung dalam adonannya. Harga cemilan dari pisang itu bervariasi. Tergantung berat dan ukuran dan biasanya dijual Rp. 15.000.

Carica ala Wonosobo

Carica ala Wonosobo

Makanan utama khas Jawa yang harus dicoba adalah carica. Ini merupakan cemilan buah khas asal Wonosobo. Sekilas, flora tersebut terlihat seperti papaya, namun ia mempunyai ciri khas tersendiri. Tanaman tersebut banyak tumbuh di Dieng. Bentuknya relatif lebih kecil dengan rasa agak asam.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Wonosobo/dieng

Kudapan lezat itu dikemas dalam bentuk cup kecil dan memiliki kuah sehingga rasa segar akan langsung menyelimuti siapapun yang memakannya. Rasanya sangat manis, dijamin ini akan menjadi salah satu oleh-oleh terbaik untuk kesayangan di rumah. Harga satuannya sangat murah yakni sekitar Rp. 3.000.

Gethuk Trio Magelang

Getuk Trio Magelang

Ada banyak jenis makanan tradisional. Gethuk trio ialah salah satunya. Oleh-oleh Khas ini dihasilkan oleh masyarakat Magelang. Ia dinamakan trio karena terdapat 3 lapisan berwarna berbeda di dalamnya. Cemilan itu tersebut dibuat dari ubi kayu dengan olahan tepat, akhirnya terciptalah snack sehat tersebut.

Saat berkunjung atau lewat Magelang, jangan lupa memborong oleh-oleh Khas Magelang ini. Berapa harga satu kotaknya? Hal itu tergantung merk dan kualitas. Namun, ia biasa dijual belasan ribu hingga puluhan ribu. Dijamin, cemilan imut tersebut akan menjadi buah tangan spesial untuk keluarga.

Lanting

Lanting

Jika sedang mencari cemilan ringan yang praktis untuk buah tangan, lanting dapat menjadi salah satu pilihan. Makanan itu memiliki rasa gurih sangat khas. Ia terbuat dari buah singkong, bentuknya kecil dan nampak seperti angka 8. Kudapan ini akan membuat liburan di Jawa Tengah makin menyenangkan.

Meskipun mayoritas lanting memiliki rasa, namun seiring perkembangan zaman, ada banyak varian rasa tercipta antara lain keju, pedas dan jagung. Adanya perbedaan tersebut memberikan pilihan pada pelanggan dari berbagai daerah yang datang untuk membeli cemilan lezat tersebut.

Kain Lurik

Kain Lurik

Ada lagi buah tangan spesial Jateng yang tak kalah menarik dengan oleh-oleh khas Jawa Barat yaitu lurik. Kain tradisional ini begitu memikat. Bahkan, banyak desainer mengubahnya menjadi pakaian trendi kekinian. Pakaian asli Jawa Tengah itu mempunyai corak yakni garis memanjang disertai pola senada.

Namun, sejatinya ada banyak motif lurik yang bisa ditemukan antara lain sapit urang, telupat dan udan liris. Tiap corak memiliki makna tersembunyi. Sebelum membeli, ada baiknya Anda menanyakan mengenai harga serta kualitasnya. Ini dilakukan demi mendapatkan oleh-oleh Solo murah.

Roti Kecil

Roti Kecil Solo

Jika sedang berkunjung ke Solo dan sekitarnya, jangan lupa menyempatkan diri singgah ke toko Roti kecil. Di sini ada berbagai kudapan makanan berbentuk serta jajanan tradisional yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Salah satu produk unggulannya yakni roti unyil.

Roti unyil memiliki banyak varian seperti nanas, kelapa, pisang, coklat dan sosis. Bahkan, tersedia pula varian rasa daging dan dua rasa. Dijamin, ini akan menjadi oleh-oleh terbaik Jateng. Apalagi sifatnya awet sehingga mudah dibawa kemana saja. Harganya cukup bervariasi yakni mulai Rp. 2.000.

Abon Boyolali

Abon Boyolali

Semua orang tentu mengenal jenis makanan ini. Ia kerap digunakan sebagai pendamping lauk saat makan bersama keluarga. Abon daerah tersebut sangat lezat karena terbuat dari daging sapi berkualitas. Jika Anda pecinta hidangan tersebut, jangan lupa membeli produk bermutu itu saat singgah ke Boyolali.

Abon Boyolali itu dapat dijadikan oleh-oleh karena rasanya nikmat dan bisa bertahan cukup lama. Makanan awet tersebut memiliki harga terjangkau. Harga satu plastik kemasan kudapan itu dihargai mulai Rp. 45.000 saja. Harga bergantung pada merk serta berat per satuannya.

Gethuk Goreng Sokaraja

Gethuk Goreng Sokaraja

Kue kering khas Jawa Tengah bercita rasa tinggi yakni gethuk goreng. Cemilan ini biasanya ditempatkan dalm besek, sebuah wadah tradisional asli bambu. Ia terbuat dari singkong yang diolah sedemikian rupa.

Penganan itu berwarna coklat dengan bentuk cenderung bulat. Rasanya perpaduan antara manis dan gurih. Gethuk goreng ini sebenarnya asli Sokaraja. Namun, Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko penjual oleh-oleh dari Jawa Tengah.

Harga satu besek berukuran sedang cukup murah yakni Rp. 32.000. Jika berada di Jateng, jangan lupa membawa cemilan itu untuk buah hati kesayangan.

Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Salah satu makanan berkualitas yang bisa dijadikan oleh-oleh tetangga ialah roti ganjel rel. Namanya sungguh unik. Saat merasakan gigitan pertama, Anda akan merasakan rasa kayu manis. Selain itu, taburan wijen di atasnya membuat kue ini layak dijadikan primadona.

Roti berwarna cokelat itu cukup mengenyangkan sebab makan 2 potong saja bisa mengganjal perut. Tak heran jika ia diberi julukan menarik. Cemilan ini lebih cocok untuk anak muda karena ia sedikit kurang lembut. Makanan asli Semarang tersebut dapat dibawa pulang hanya dengan Rp. 8.000 saja.

Jenang Kudus

Jenang Kudus

Salah satu makanan lezat yang bisa dijadikan cemilan saat berkunjung ke Jawa Tengah yakni jenang kudus. Ia biasanya dijual dalam bentuk kemasan kecil.

Rasanya manis sehingga cocok untuk makanan penutup. Selain nikmat, ada cerita legenda dibalik cemilan enak ini. Konon, dahulu Sunan Kudus menyuruh muridnya untuk memakan bubur gamping. Ajaibnya, siswanya tersebut tetap sehat walafiat.

Akhirnya, beliau mengatakan bahwa suatu hari daerah itu akan makmur karena jenang. Tempat yang dimaksud ialah Desa Kaliputu. Kini area tersebut jadi penghasil jenang Kudus terbesar.

Topeng Kayu

Oleh-oleh khas Jawa Tengah di Jakarta yakni topeng. Kerajinan dari kayu ini kerap digunakan segala properti pertunjukan tari atau seni lainnya. Selain itu, ia pun dapat dijadikan oleh-oleh spesial untuk kesayangan. Produk tersebut sangat berkualitas dan bernilai budaya tinggi.

Hingga kini, para pengrajin dari Pasuruan masih produktif menjual karyanya. Harga topeng sangat variatif. Untuk ukuran biasa, ia biasanya dihargai Rp. 150.000 hingga 250.000. Namun, jika menginginkan tambahan aksesoris semacam taring dan rambut, Anda harus rela membayar Rp 400.000.

Keripik Ceker

Keripik Ceker Jawa Tengah

Cemilan enak dan murah menjadi salah satu incaran pelancong ialah keripik ceker. Makanan olahan dari cakar ayam itu layak menjadi primadona karena rasanya lezat serta bertekstur sangat renyah. Karena rasanya sangat khas, banyak orang menjadikannya sebagai oleh-oleh Jawa Tengah yang wajib dibeli.

Proses pembuatannya cukup rumit karena harus digoreng dua kali. Tak heran, jika rasanya sangat nikmat. Harga keripik ceker ini sangat murah. Dijamin, ia takkan membuat kantong bolong. Satu kemasannya dihargai sekitar Rp. 27.000.

Kerajinan Enceng Gondok

Kerajinan Enceng Gondok

Selain makanan, Anda pun dapat membawa pulang kerajinan tangan, yakni tas enceng gondok. Kreasi tangan ini memiliki nilai seni tinggi. Selain terjangkau, produk tersebut dijual dengan harga sangat terjangkau. Apalagi ia bisa menunjang penampilan menjadi lebih stylish.

Ini merupakan terobosan baru. Enceng gondok yang ada di tempat tak terawat kini mampu menghasilkan nilai guna tinggi. Harga satu tas dihargai mulai Rp. 85.000. Makin unik dan berkualitas, semakin mahal pula harga produk fashion tersebut.

Teng-tengan dari Semarang

Teng-tengan dari Semarang

Teng-tengan ialah salah satu produk asli Jateng yang tak kalah menaik dari oleh-oleh khas Jawa Timur. Selain makanan, Anda pun dapat membeli barang ini saat berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah. Bentuknya seperti lentera berdesain sangat unik dengan aneka gambar menarik.

Jika teng-tengan dinyalakan serta diputar, akan membentuk siluet gambar seolah berjalan. Ada berbagai pilihan bayangan yang bisa dibeli antara ain pemandangan alam, bunga dan binatang. Dahulu, mainan ini menjadi primadona di kalangan anak-anak saat Ramadhan.

Kerupuk Antor Tegal

Kerupuk Antor Tegal

Kerupuk antor ialah salah satu buah tangan khas kota Tegal. Sekilas, ia mungkin terlihat sama dengan cemilan lainnya. Namun, ada yang khas dari penganan itu yaitu rasa dan wujudnya. Makanan tradisional ini banyak ditemukan di berbagai pasar tradisional. Namun, kini ia bisa ditemukan di toko oleh-oleh.

Ia terbuat dari singkong yang diolah sedemikian rupa. Warnanya putih semu kecoklatan. Hal unik dari kerupuk renyah tersebut yaitu proses penggorengan dilakukan menggunakan pasir. Alhasil. rasa makanan khas Tegal itu makin unik.

Wayang

Wayang Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki wayang, seperti oleh-oleh khas Jogja. Benda tersebut merupakan hasil kesenian rakyat lokal. Hingga kini ia masih dilestarikan dengan baik. Ia dimainkan oleh seorang dalang yang menampilkan sebuah kisah perwayangan ditemani suara gending gamelan dan nyanyian sinden.

Wayang kulit dari Jawa Tengah tersebut sangat terkenal. Ini akan menjadi oleh-oleh terbaik bagi Anda pecinta seni budaya Indonesia. Harga sebuah tokoh pewayangan cukup terjangkau yaitu Rp.120.000. Namun, ada pula yang dijual hingga Rp. 800.000. Semakin berkualitas, makin mahal pula harganya.

Blangkon

Blangkon Jawa Tengah

Ada lagi salah satu oleh-oleh unik untuk sanak saudara yaitu blangkon. Ini adalah penutup kepala tradisional dari kain. Dahulu, hanya melihat penggunaan blangkon, dapat terlihat bagaimana status sosial seseorang. Namun, kini ia bisa dikenakan siapa saja.

Jika tertarik dengan produk ini, Anda dapat memperolehnya secara mudah di toko oleh-oleh. Apabila membeli untuk diri sendiri, pastikan mencobanya terlebih dahulu. Produk fashion yang dikenakan oleh laki-laki itu dijual dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp. 50.000.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Ternate

Itulah beberapa pilihan menarik oleh-oleh Jawa Tengah. Jika membeli makanan, pastikan memeriksa tanggal kadaluwarsa terlebih dahulu agar tidak menyesal saat tiba di rumah. Semoga info di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan