Oleh-oleh Khas Kalimantan

Oleh-oleh Khas Kalimantan

Diposting pada

Berwisata ke suatu daerah memang sangat menyenangkan apalagi di tempat-tempat yang indah seperti pulau Kalimantan. Akan tetapi, tidak lengkap rasanya jika belum membeli buah tangan. Karena oleh-oleh khas Kalimantan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Oleh-oleh Makanan Khas Kalimantan

Berbicara mengenai oleh-oleh, ada banyak sekali jenis makanan khas pulau Kalimantan yang terkenal di kalangan wisatawan.  Di antaranya yaitu:

Kuku Macan

Kuku Macan Kalimantan

Jika mendengar namanya pasti yang terpikir adalah bagian dari tubuh hewan harimau. Namun, jangan salah karena faktanya kuku macan justru sebuah makanan khas dari Kalimantan atau istilah lainnya adalah kerupuk amplang.

Dinamai demikian karena memiliki bentuk layaknya kuku. Rasa yang gurih dan renyah membuatnya cocok dijadikan oleh-oleh saat bersantai. Selain itu, kerupuk ini juga terbuat dari campuran ikan fillet segar kemudian diolah sedemikian rupa hingga menjadi amplang.

Rabuk Ikan

Rabuk Ikan Kalimantan

Rabuk ikan adalah salah satu makanan ciri khas Kalimantan khususnya daerah selatan. Uniknya, jajanan ini terbuat dari ikan haruan yang dikenal hanya terdapat di daerah Banjarmasin sehingga menjadikannya cocok untuk oleh-oleh.

Dikatakan rabuk karena ia diolah mirip dengan abon ikan serta dilengkapi oleh bumbu-bumbu khas daerah sana. Anda juga bisa menemuinya dengan mudah diberbagai toko oleh-oleh khas Kalimantan dengan harga relatif murah.

Mantou

Mantou Kalimantan

Mantou merupakan salah satu oleh-oleh khas Balikpapan. Berbentuk seperti bakpia akan tetapi memiliki perbedaan mendasar, yakni pada isiannya. Sebelumnya kuliner ini sempat diperkirakan berasal dari tiongkok, padahal justru ialah kudapan khas asli Kalimantan.

Jajanan ini memiliki rasa gurih dan sangat lezat. Anda juga bisa menemuinya dengan mudah diberbagai pusat oleh-oleh Kalimantan, khususnya daerah pasar atau pusat perbelanjaan dengan harga Rp. 50.000 per 10 biji.

Bakpia Kalimantan

Bakpia Kalimantan

Kalimantan ternyata juga memiliki bakpia sebagai oleh-oleh khas daerah sana. Memang dari segi rasa, tekstur dan penampilan tidak berbeda jauh dengan yang terdapat di Jawa. Hanya saja keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Jika di Kalimantan Anda akan menemui bakpia dengan ukuran lebih besar dan porsinya lebih jumbo. Oleh karena itu, sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh dan akan semakin nikmat apabila dimakan bersama keluarga.

Keiripik Kelakai

Keripik Kelakai Kalimantan

Kelakai merupakan salah satu jenis tanaman yang hanya ada di Kalimantan Tengah. Uniknya tumbuhan ini bisa diolah menjadi makanan lezat dan kayak akan zat besi. Selain itu, masyarakat setempat lebih suka memasaknya dengan diberi berbagai campuran rempah-rempah.

Salah satu hasil olahannya berupa keripik kelakai yang sangat pas sekali dijadikan oleh-oleh untuk teman camilan keluarga. Memiliki rasa gurih yang khas bahkan membuatnya cocok sebagai teman makan siang ataupun malam.

Kerupuk Basah

Kerupuk Basah

Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Tengah, Pangkalan Bun adalah kerupuk basah. Ketika Anda berkunjung ke sana memang ada banyak penjual di pinggir jalan yang menyajikannya dan biasanya kondisi paling ramai adalah di sore hari.

Uniknya kerupuk ini tidak renyah seperti pada umumnya karena disajikan dengan cara dikukus, direbus atau dibakar. Cara penyajiannya pun juga dicocol memakai sambal dengan warna merah muda yang khas.

Teh Lidah Buaya

Teh Lidah Buaya Kalimantan

Pernahkan Anda memakan olahan dari tanaman lidah buaya? Jika belum, maka pulau Kalimantan telah berhasil membuat tumbuhan ini menjadi makanan hingga minuman khas dengan cita rasa unik yang digemari banyak orang.

Salah satunya adalah teh lidah buaya sebagai minuman khas Kalimantan yang bisa Anda temui di mana saja. Uniknya teh ini bisa dibawa sebagai oleh-oleh karena telah diolah sedemikian rupa hingga menjadi bubuk kering seperti produk lainnya.

Keripik Lidah Buaya

Keripik Lidah Buaya Kalimantan

Satu lagi olahan khas dari tanaman lidah buaya yang tak boleh Anda lewatkan untuk dijadikan oleh-oleh. Di antaranya adalah produk keripik yang telah diolah dengan berbagai campuran rempah sehingga menjadi camilan unik, gurih dan lezat untuk teman minum teh.

Meskipun lidah buaya dikenal memiliki banyak lendir, namun jangan salah karena masyarakat sini berhasil mengolahnya menjadi berbagai produk yang sangat lezat seperti keripik ini. Apalagi tanaman ini juga kaya akan zat gizi.

Untuk bisa mendapatkan keripik lidah buaya ini Anda bisa datang ke berbagai pusat oleh-oleh karena makanan ini mudah sekali ditemui.

Cokelat Lidah Buaya

Selain kerupuk dan minuman, ternyata Kalimantan juga berhasil membuat inovasi olahan unik lainnya. Namanya adalah cokelat lidah buaya yang bisa Anda temui di beberapa penjual kue khas Kalimantan di Jakarta.

Memang terdengar unik bukan? Karena Anda akan menemui variasi baru lainnya dari cokelat. Bahkan rata-rata hanya dijual dengan harga murah, yaitu mulai dari Rp. 15.000,- sampai Rp. 25.000 per kemasan.

Lempok Durian

Lempok Durian Kalimantan

Salah satu cara masyarakat Kalimantan dalam mengatasi melimpahnya produksi durian di daerahnya adalah dengan mengolahnya menjadi jajanan unik. Di antaranya adalah lempok durian yang diolah mirip dengan dodol.

Hanya saja perbedaannya camilan lempok durian ini diberikan campuran sedikit tepung atau bahkan tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, rasa durian yang khas dari makanan ini begitu terasa sehingga cocok sekali bagi pecinta buah.

Sirup Sengkit

Sirup Sonkit Kalimantan

Sirup sengkit adalah salah satu olahan minuman khas dari Kalimantan yang terbuat dari buah jeruk sengkit. Cara pengolahannya pun tidak sederhana, yakni butuh waktu dan proses lama karena harus diawetkan terlebih dahulu dengan berbagai campuran bahan seperti gula.

Bahkan ketika mengolahnya, kulit jeruk yang digunakan pun juga perlu diawetkan terlebih dahulu. Maka, tak heran jika minuman ini memiliki rasa unik yang menyegarkan bahkan akan membuat ketagihan. Harga yang ditawarkan per botolnya pun sangat murah, yaitu hanya Rp. 38.000,- saja.

Gula Durian

Gula Durian Kalimantan

Gula durian adalah olahan asli dari buah tersebut yang diolah sedemikian rupa hingga bisa digunakan sebagai pemanis atau pun selai untuk teman makan roti. Cita rasa baru yang dihasilkan tentu akan sangat unik mengingat ia dibuat tanpa campuran apapun.

Bagi pecinta durian mungkin di sini adalah surganya karena produksi buah tersebut sangat melimpah hingga dijadikan berbagai olahan supaya lebih bervariasi. Untuk per kemasannya pun rata-rata dijual seharga Rp. 60.000,- saja.

Madu Hutan

Madu Hutan Kalimantan

Pasti Anda sudah tahu bukan jika Kalimantan merupakan salah satu pulau yang terkenal berada digaris khatulistiwa hingga hutannya pun sangat luas. Salah satu produk yang berhasil diperoleh dari alam tersebut adalah madu hutan.

Bahkan supaya masyarakat bisa mengambil madu asli dari hutan tersebut harus melakukan berbagai teknik seperti membuat sarang tiruan. Hal ini dilakukan supaya lebah tertipu dan mau membuatnya di tempat tersebut tanpa mengusik rumah aslinya.

Stick Talas

Stik Talas Kalimantan

Stick talas adalah camilan dari Kalimantan yang sangat terkenal. Makanan ini merupakan keripik yang terbuat dari talas asli dan dicampur dengan berbagai rempah supaya bisa menghasilkan cita rasa gurih yang khas.

Biasanya keripik ini disajikan dalam berbagai rasa seperti original, balado dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, yaitu hanya Rp. 16.000 saja per kemasan. Selain itu jajanan ini juga cocok jika dijadikan teman camilan bersama kopi atau teh.

Juhi Bakar

Juhi Bakar Kalimantan

Mungkin nama juhi bakar terdengar asing bagi Anda. Seperti sebutannya, bahwa olahan ini berupa juhi yang terbuat dari sotong yang dihaluskan dengan cara digiling. Kemudia juga diberikan berbagai campuran rempah supaya menghasilkan cita rasa khas.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Pontianak

Cara memasaknya pun bisa dibakar ataupun dipanggang. Meskipun makanan ini memiliki tekstur sedikit basah, namun jangan khawatir sebab terbukti bisa bertahan selama 14 hari di suhu ruang. Apalagi jika masuk mesin pendingin (kulkas) maka umur simpannya juga akan semakin lama.

Oleh-oleh Aksesoris dari Kalimantan

Selain terkenal akan kulinernya, pulau yang satu ini juga tak kalah dari kesenian dan budayanya. Bahkan bisa dikatakan adatnya masih melekat dengan kental pada warganya. Hal ini tergambar dengan jelas pada oleh-oleh berupa aksesoris seperti berikut:

Kain Songket

Kain Songket Kalimantan

Sepertinya di Indonesia untuk setiap pulaunya pasti memiliki ciri khas tersendiri yang digambarkan melalui kain. Selain batik juga terdapat kain songket sebagai pakaian tradisional, begitu pula dengan Kalimantan yang juga memiliki corak tersendiri.

Ada berbagai motif khas yang ditawarkan di sini sehingga membuat tampilan Anda menjadi tampak elegan dan mewah. Kualitas yang diberikan pun juga tidak biasa saja, maka dari itu sebanding dengan harganya yang mahal.

Batu Mulia

Batu Mulia Kalimantan

Batu mulia beberapa waktu yang lalu pernah menjadi tren di Indonesia khususnya pulau Jawa. Banyak orang-orang yang mencari asesoris ini untuk digunakan sebagai cincin atau lainnya. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya berasal dari Kalimantan?

Apalagi oleh-oleh khas Kalimantan Barat ini terkenal akan kualitas dan keindahan akan batu mulianya. Harganya pun ada banyak pilihan, mulai dari yang termurah hingga termahal sekalipun. Bagaimana, tertarik untuk melihat-lihat?

Batik Kalimantan

Batik Kalimantan

Kain batik ternyata selain banyak ditemui di pulau Jawa, juga terkenal dan banyak ditemukan di Kalimantan. Hanya saja setiap daerah memiliki ciri khas dan motif masing-masing yang menjadikannya lebih unik.

Seperti halnya di pulau Borneo ini yang juga memiiki motif khas tersendiri. Memang benar jika kain batik tidak pernah salah jika dijadikan sebagai oleh-oleh. Apalagi setiap harga yang diberikan selalu sebanding dengan kualitasnya.

Souvenir Khas Suku Dayak

Souvenir Khas Suku Dayak

Satu lagi yang terkenal dari toko oleh-oleh Kalimantan, yakni asesoris khas suku Dayak. Pulau satu ini memang terkenal akan kekentalan adat dan budaya dari masyarakat tersebut sehingga apabila terdapat buah tangan sebagai ciri khasnya tentu tak boleh dilewatkan.

Ada berbagai bentuk dan penampilan unik dari souvenir ini untuk bisa dibawa pulang. Baik itu gelang, cincin, tasbih dan masih banyak lagi dengan sentuhan nilai seni tinggi. Harganya pun juga realtif murah.

Tanjak Melayu

Tanjak Melayu

Tanjak Melayu adalah salah satu oleh-oleh khas Kalimantan yang tak boleh terlewatkan. Saat Anda berkunjung ke sini wajib untuk membelinya apalagi dengan berbagai corak yang mencirikan daerah tersebut.

Tanjak Melayu ini merupakan sebuah topi tradisional yang sering digunakan untuk acara-acara adat oleh masyarakat Melayu dengan motif khusus. Oleh karena itu, tidak akan rugi jika membawanya pulang.

Dompet dan Tas

Dompet dan Tas Kalimantan

Meskipun oleh-oleh berupa dompet dan tas ini sebenarnya bisa ditemui dimana saja, namun berbeda dengan daerah ini. Anda akan menemukan buah tangan seperti ini dengan berbagai motif khas sebab desainnya dipadukan dengan kain tenun.

Menarik bukan jika memiliki dompet atau tas yang bisa bernuansa lokal? Apalagi jika dikenakan akan memberikan kesan mewah dan elegan kepada si pemakainya. Maka tak heran apabila banyak wisatawan yang berburu oleh-oleh ini.

Anyaman Rotan

Anyaman Rotan Kalimantan

Oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang juga digemari oleh banyak orang adalah anyaman rotan. Ada berbagai macam produk yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar. Di antaranya yaitu tikar, keranjang, tudung saji dan masih banyak lagi dengan variasi ukuran.

Uniknya anyaman rotan yang dihasilkan memiliki motif-motif unik sehingga banyak wisatawan yang semakin tertarik. Harga yang diberikan pun juga relatif terjangkau serta cocok dengan kualitasnya. Mulai tertarik untuk berkunjung?

Jaket Kain

Satu hal lagi yang menarik dari oleh-oleh khas asal Kalimantan ini, yaitu jaket kain dengan kombinasi motif tenun atau batik sehingga membuat tampilan terlihat semakin keren dan cantik. Biasanya corak diberikan di bagian dada dan punggung.

Jaket ini cocok sekali jika digunakan untuk acara formal maupun non formal. Memang benar jika oleh-oleh satu ini merupakan inovasi terbaru yang dihasilkan oleh pemuda-pemudi daerah sana sehingga semakin memperkenalkan karya-karya tradisional di kancah masyarakat secara luas.

Syal Etnik

Syal Etnik Kalimantan

Kalimantan juga memiliki oleh-oleh tradisional unik khas daerah. Di sini banyak hal yang disajikan sehingga bisa memanjakan mata para wisatawan. Di antaranya adalah syal etnik dengan corak dari berbagai suku.

Motif daerah yang digunakan misalnya berasal dari etnik Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Sanggau dan masih banyak lagi. Tentu dengan asesoris seperti ini pasti bisa membuat Anda semakin bergaya bukan?

Jangang

Jangang Kalimantan

Jika melihat dari namanya Anda pasti bertanya-tanya artinya. Jangang ini sebenarnya merupakan sebuah kopiah unik sebagai ciri khas wilayah tersebut khususnya Banjarmasin. Uniknya oleh-oleh tersebut terbuat dari akar tanaman yang bernama jangang.

Tentu harga yang diberikan akan sebanding karena kopiah ini, sebab terbuat dari anyaman akar tanaman dan dirakit secara manual. Meskipun begitu, mengenai kualitas tak perlu diragukan lagi karena bisa bertahan lama hingga tahunan.

Alat Musik Atau Hiasan

Alat Musik Atau Hiasan Kalimantan

Keunikan dari daerah ini adalah selain menyajikan kuliner dan berbagai pakaian adat, namun juga terdapat alat musik tradisional yang diperjualbelikan secara bebas. Hanya saja, ia merupakan sebuah replika sehingga sangat cocok dijadikan hiasan di rumah.

Meskipun begitu selain replika, pada faktanya alat musik ini juga bisa dimainkan. Sala satunya adalah panting dengan desain mirip gitar dan gambus Arab hanya saja bodinya lebih kecil. Bagaimana? Tertarik untuk mengoleksi?

Miniatur Rumah

Miniatur Rumah Kalimantan

Asesoris lainnya yang terkenal dan selalu dicari oleh para pelancong adalah miniatur rumah adat khas suku Banjar. Hal ini dilakukan oleh para pengrajin sebagai bentuk pelestarian budaya para leluhur.

Meskipun begitu, asesoris ini sangat cantik apabila dijadikan hiasan rumah. Terlebih miniatur ini didesain semirip mungkin dengan aslinya, yaitu rumah adat joglo gudang, cacak burung dan balai kaki.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Kalimantan berupa makanan, minuman dan berbagai asesoris. Bahkan jika Anda tidak sempat berkunjung ke sana, namun sangat ingin memiliki salah satunya, maka bisa mencoba membelinya di pusat penjualan oleh-oleh di sana.

Tinggalkan Balasan