Oleh - oleh Khas Kediri

Oleh-oleh Khas Kediri

Diposting pada

Dikenal dengan sebutan Paris van Java, Kediri terkenal karena salah satu ikonnya yang menyerupai monumen di Prancis bernama Arc de Triomphe. Berbagai kekayaan alam dan tempat bersejarah menjadikan kota ini diminati wisatawan. Apalagi kehadiran oleh-oleh khas Kediri juga turut melengkapi.

Sekilas Tentang Kediri

Kediri atau disebut dengan julukan Kota Tahu terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan daerah terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Memiliki luas total sekitar 63,40 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 285 ribu jiwa.

Meskipun suhu udara daerah ini relatif tinggi, namun Kediri dan sekitarnya kaya akan wisata alamnya yang memikat seperti Air Terjun Dolo serta adanya tempat-tempat bersejarah siap menambah wawasan Anda. Berbagai taman dengan tata letak unik nan menarik tersaji hampir pada tiap sudut kota.

Keindahan tempat-tempat wisata tersebut dibarengi dengan variasi cinderamata unik. Anda dapat menemukannya pada berbagai toko oleh-oleh Kediri, Jawa Timur. Mulai dari kuliner khas yang mampu membuat penikmatnya ngiler hingga beragam kerajinan eksotik menjadi pilihan untuk dibawa pulang.

Ragam Oleh – oleh Khas Kediri

Tidak sedap rasanya jika berkunjung ke kota ini tanpa membawa pulang buah tangan. Terlebih lagi terdapat banyak sekali pusat oleh-oleh khas Kediri yang tersebar di beberapa tempat. Beragam kuliner legendaris dan kerajinan tangan unik nan eksotik dapat Anda jadikan pilihan, di antaranya seperti:

Oleh-oleh Khas Kediri Stik Tahu

Oleh-oleh Khas Kediri Stik Tahu

Tidak dapat dipungkiri, kawasan wisata yang dikenal dengan Kota Tahu ini memproduksi banyak sekali camilan dari olahan tersebut, salah satunya dalam bentuk stik. Rasanya gurih serta memiliki tekstur renyah membuatnya digemari para wisatawan lokal maupun luar daerah.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jepara

Dikemas dalam plastik khusus untuk makanan. Kehadirannya dapat Anda temukan di seluruh toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Kediri. Harganya murah meriah. Untuk membelinya hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 per bungkus.

Oleh-oleh Khas Kediri Cokelat Tahu

Oleh-oleh Khas Kediri Cokelat Tahu

Selain stik, makanan yang terbuat dari kedelai ini juga bisa dinikmati dalam bentuk cokelat batang. Perpaduan antara rasa gurih dan manis membuat jajanan tersebut diminati para wisatawan. Kuliner khas Kediri itu merupakan inovasi yang tercetus berdasarkan ide mahasiswa salah satu universitas negeri.

Menurut penduduk lokal dan beberapa pelancong luar daerah, rasanya mirip seperti cokelat dengan isian kacang mete. Gurih dari tahu disertai rasa manis membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya. Harganya terjangkau, yakni Rp. 10.000 saja per bungkus. Satu kotak 4 batang kuliner legit ini.

Oleh-oleh Khas Gethuk Pisang Kediri

Oleh-oleh Khas Gethuk Pisang Kediri

Anda bosan ketika mengonsumsi pisang dalam bentuk itu-itu saja? Maka sangat disarankan untuk membeli gethuk khas Kediri ini. Terbuat dari bahan pilihan membuat rasanya legit serta terdapat sedikit sensasi masam pada tiap gigitannya. Harmonisasi yang tercipta seakan mampu memanjakan lidah.

Dibuat menggunakan pemanis alami serta tanpa tambahan bahan pengawet. Gethuk pisang ini bisa awet sekitar 1 minggu jika disimpan di tempat kering. Terlebih lagi dikemas dalam daun pisang membuat kuliner tersebut semakin beraroma wangi. Harganya berkisar antara 700 hingga 6.500 rupiah.

Oleh-oleh Keripik Bekicot Khas Kediri

Oleh-oleh Keripik Bekicot Khas Kediri

Jika Anda merupakan pecinta makanan esktrim, maka wajib untuk mencoba kuliner berikut. Keripik berbahan dasar bekicot ini terbilang langka. Namun ketika dicoba, akan memberikan kesan menarik bagi penikmatnya. Rasanya gurih serta bertekstur renyah mampu membuat siapa saja ketagihan.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun tergolong aneh, makanan satu ini sudah dijamin aman serta higienis untuk dikonsumsi. Sebelum dimasak bekicot dicuci bersih lalu direbus dalam waktu yang lama untuk menghilangkan berbagai macam bakteri serta mikroba berbahaya. Harganya Rp. 50.000 – Rp. 100.000.

Oleh-oleh Cokelat Tempe Khas Kediri

Oleh-oleh Cokelat Tempe Khas Kediri

Jika Garut identik dengan adanya Chocodot, maka Kediri juga memiliki olahan cokelat yang terbuat dari tempe. Yap, makanan tinggi akan protein serta bercita rasa gurih tersebut kini dapat dinikmati bersama dengan legitnya rasa manis. Teksturnya renyah serta sedikit lengket, tentu saja membuat ketagihan.

Camilan satu ini merupakan oleh-oleh khas Kediri yang tahan lama. Selain itu, cokelat tempe juga tersedia dengan 2 varian rasa, yaitu original dan teh hijau. Produk kekinan tersebut tergolong baru, namun eksistensinya cepat menarik minat para wisatawan. Harganya berkisar Rp. 10.000/ bungkusnya.

Oleh-oleh Khas Roti Melinjo Khas Kediri

Oleh-oleh Khas Roti Melinjo Khas Kediri

Roti melinjo merupakan salah satu produk unggulan dan khas Kediri. Memiliki sensasi rasa istimewa, yakni renyah dan gurih karena sentuhan melinjo yang menggoda. Terbuat dari bahan alami pilihan kualitas terbaik beserta komposisi terukut dari resep leluhur membuat kuliner ini digemari masyarakat.

Bentuk dan ukurannya mirip bakpia namun rasanya sangat identik. Makanan khas Kediri Pare ini dapat Anda temui di pusat oleh-oleh yang tersebar di Kediri. Harganya cukup terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 21.500 saja sudah bisa membawa pulang roti melinjo sebanyak 1 toples.

Oleh-oleh Khas Kletik Nanas Kediri

Oleh-oleh Khas Kletik Nanas Kediri

Lereng Gunung Kelud Kediri terkenal dengan perkebunan nanas yang berlimpah. Oleh karena itu dibuatlah makanan ini. Kletik terbuat dari campuran beras ketan, gula pasir, kelapa giling dan tentu saja komoditas berwarna kuning tersebut. Tak lupa dibungkus menggunakan kulit jagung atau disebut klobot.

Rasanya yang legit disertai teksturnya unik membuat kuliner kekinian tersebut disukai warga lokas ataupun para wisatawan. Keberadannya kerap kali ditemukan di antara hidangan lebaran, namun kini dapat dibeli kapanpun. Harganya murah, yaitu Rp. 10.000 per bungkusnya berisi 30 biji kletik nanas.

Oleh-oleh Kerupuk Puli Khas Kediri

Oleh-oleh Kerupuk Puli Khas Kediri

Kerupuk puli merupakan salah satu makanan tradisional yang digemari masyarakat. Terbuat dari beras berkualitas super dalam keadaan masak kemudian digiling, dijemur lalu dijadikan kerupuk gurih nan nikmat. Biasanya dikonsumsi bersama nasi dan sayur atau dijadikan camilan sembari meminum kopi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lombok

Kuliner renyah satu ini merupakan jajanan aman karena pembuatannya menggunakan STTP yang sudah dijamin sertifikasinya. Dikemas dalam satu box dengan berat sekitar 210 gram. Untuk membelinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 13.000. Tersedia satu rasa saja, yaitu bawang,

Oleh-oleh Kopi Bubuk Brontoseno Khas Kediri

Oleh-oleh Kopi Bubuk Brontoseno Khas Kediri

Bagi para pecinta kopi, Anda wajib untuk mencoba Kopi Brontoseno khas Kediri. Minuman instan ini merupakan kopi hitam yang mempunyai aroma cukup menyengat. Namun, cita rasanya sangat nikmat sehingga tak heran jika banyak sekali penggemarnya, baik warga lokal maupun luar daerah.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kediri, sebaiknya membawa kopi satu ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Keberadaannya dapat ditemukan di sekitar Jalan Dhoho, berdekatan dengan Alun-Alun Kota. Harganya pun cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp. 27.000 hingga Rp. 35.000 / bungkusnya.

Oleh-oleh Khas Kediri Sambal Tumpang

Oleh-oleh Khas Kediri Sambal Tumpang

Sambal khas Kediri satu ini berbahan dasar tempe yang sudah hampir membusuk. Keberadannya sering dijadikan pendamping nasi pecel. Kuliner satu ini terkenal dengan cita rasa sangat lezat. Perpaduan antara pedas dan gurih membuatnya digemari oleh masyarakat lokal maupun para pelancong.

Keberadannya dapat Anda temukan di sekitar Jalan Dhoho. Biasanya para penjual nasi pecel tumpang saling berjejer untuk berjualan. Namun jika ingin membawanya pulang juga bisa. Kini sambal nikmat tersebut sudah ada dalam bentuk instan. Dibandrol dengan harga terjangkau, yaitu Rp. 20.000 / bungkus.

Oleh-oleh Khas Kediri Tenun Ikat Bandar

Oleh-oleh Khas Kediri Tenun Ikat Bandar

Tenun ikat adalah salah satu karya tenun Indonesia yang berasal dari helaian benang pakan serta lungsin dan paling sering diproduksi oleh masyarakat Bandar Kidul. Cinderamata khas Kediri ini cocok sekali untuk Anda jadikan oleh-oleh terutama bagi kerabat atau keluarga dengan selera unik.

Kini tenun ikat tersebut kerap kali dikombinasikan dengan pakaian modern. Sehingga menambah kesan modis pada pemakainya. Tak heran jika keberasaannya sering ditemui pada beberapa acara peragaan busana. Harganya tergantung dari variasinya, umumnya dibandrol berkisar Rp. 140.000 per bijinya.

Oleh-oleh Tas Batik Khas Kediri

Oleh-oleh Tas Batik Khas Kediri

Oleh-oleh khas Kediri selain makanan adalah tas batik. Jika biasanya cinderamata ini berupa kain ataupun pakaian, maka kini Anda dapat membelinya dalam bentuk lain. Berbagai desain unik serta motif-motif menarik membuat kerajinan tersebut diburu oleh kaum hawa untuk melengkapi koleksi di lemari.

Bila Anda pecinta fashion, maka wajib untuk memilikinya. Tas batik ini dapat dengan mudah ditemui pada toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Kediri. Kerajinan ini cocok untuk dijadikan buah tangan ketika tidak ingin membawakan makanan. Harganya cukup variatif, mulai dari Rp. 25.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Oleh-oleh Kerajinan Jenitri Khas Kediri

Oleh-oleh Kerajinan Jenitri Khas Kediri

Jenitri merupakan salah satu tanaman yang dibudidaya oleh para petani di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Bijinya kecil serta memiliki bentuk khas namun tidak mulus. Bagian pohon inilah yang diolah melalui tangan-tangan kreatif menjadi kerajinan berupa gelang, tasbih dan sebagainya.

Ukuran biji jenitri yang digunakan sebagai kerajinan umumnya berkisar 10 mm. Keberadaannya dapat Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Kediri ataupun pada beragam toko online. Harganya sangat terjangkau, dengan merogoh kocek sebesar Rp. 28.000 saja sudah bisa dibawa pulang.

Miniatur Simpang Lima Gumul Kediri

Miniatur Simpang Lima Gumul Kediri

SLG atau Simpang Lima Gumul merupakan salah satu ikon Kediri. Bangunan mirip monument di Prancis ini sangat dikenal masyarakat lokal dan para pelancong. Kini Anda dapat membawanya pulang ke rumah dalam bentuk miniatur yang mirip dengan wujud aslinya.

Keunikan karya miniatur SLG tak hanya berbahan dasar bambu. Tapi juga karena sebagian besar bahannya adalah limbah. Selain itu pengerjaannya juga sangat memperhatikan detail. Dalam satu kerajinan waktu yang dibutuhkan pun berbeda. Dibandrol dengan harga 500 ribu hingga jutaan rupiah.

Suvening Tempurung Kelapa Khas Kediri

Souvenir Tempurung Kelapa Kediri

Bagian dari buah kelapa ini kerap kali dianggap tidak berguna bahkan dengan mudah dibuang. Namun bagi warga Kediri, kehadirannya justru bernilai ekonomis dan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tempurung dipoles dan dibentuk menjadi macam-macam sehingga tampilannya sangat menarik.

Limbah tak terpakai itu disulap menjadi berbagai bentuk perabot rumah tangga seperti cangkir, mangkuk dan masih banyak lagi. Keberadannya dapar Anda temukan di sekitar Simpang Lima Gumul. Untuk membelinya, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 per jenisnya.

Dimana Anda bisa Mendapatkan Oleh-oleh Khas Kediri?

Membawa pulang buah tangan untuk keluarga atau kerabat memang menjadi hal wajib ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, salah satunya Kediri. Terdapat banyak tempat yang menawarkan cinderamata dengan beragam harga. Berikut rekomendasi sentra oleh-oleh khas Kota Tahu khusus untuk Anda:

Toko Oleh-oleh Kediri Pusat Tahu Takwa

Toko Oleh-oleh Kediri Pusat Tahu Takwa

Toko yang telah mendapatkan rating 4.2 oleh Google ini terletak di Jalan Pattimura, Setono Pande, Kecamatan Kota Kediri. Menawarkan berbagai olahan kue makanan ringan serta kuliner legendaris berbahan dasar kedelai. Sentra tersebut cukup dikenal para wisatawan.

Jam buka toko oleh-oleh Kediri Pusat Takwa ini mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan 18.00 sore. Disarankan untuk dating lebih awal sebelum jam makan siang karena pada saat itu tentu akan banyak pembeli yang berdatangan. Harganya relatif terjangkau serta sangat cocok untuk membeli buah tangan.

POO Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

POO Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

Toko pusat oleh-oleh satu ini terletak di Jl. Yos Sudarso No. 90, Pakelan, Kecamatan Kota Kediri. POO menjual berbagai macam olahan makanan seperti kue atau bahkan camilan ringan seperti olahan keripik tahu, gethuk pisang, telo bakar dan masih banyak lagi. Jam buka mulai 08.00 pagi hingga 20.00 malam.

Tempat ini sangat direkomendasikan. Selain karena fasilitas tempat parkirnya cukup luas harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan sudah tertera dalam rak makanan. Sehingga Anda dapat menghitung dan mengestimasi berapa pengeluaran untuk membeli buah tangan di tempat ini.

Pusat Oleh-oleh Tahu Shinta

Pusat Oleh-oleh Tahu Shinta

Berlokasi pada tempat yang sama, Toko Tahu Shinta juga terletak di Jl. Yos Sudarso No.138, Pakelan, Kecamatan Kota Kediri. Pusat oleh-oleh ini menawarkan berbagai macam gethuk pisang dan olahan tahu yang sangat beragam. Menurut beberapa pelanggan, tempat ini sangat nyaman serta kasirnya ramah.

Jam buka pusat oleh-oleh tahu Shinta ini mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 21.00 malam serta dapat dijumpai setiap hari. Jika ingin memborong banyak, maka bisa meminta bantuan untuk membungkus buah tangan Anda ke dalam kardus yang disiapkan oleh kasir toko.

GTT Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

GTT Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

GTT Pusat Oleh-oleh Khas Kediri ini terletak di Jl. Pamenang No.1, Besok, Toyoresmi, Ngasem. Toko tersebut memiliki beberapa konsep. Pertama adalah cafe dan kedua yakni berupa wisata belanja. Pada kedai kecil itu Anda dapat memesan berbagai macam olahan makanan baik khas Kediri atau daerah lain.

Untuk konsep wisata belanjanya, GTT pusat oleh-oleh khas Kediri ini juga menyediakan berbagai macam olahan tahu serta beragam makanan lainnya. Toko tersebut buka mulai pukul 06.00 pagi sampai 21.00 malam serta dapat dikunjungi setiap hari.

G-Snack Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

G-Snack Pusat Oleh-oleh Khas Kediri

G-Snack merupakan pusat oleh-oleh khas Kediri Pare. Berlokasi di Jl. Brawijaya No. 44 menawarkan berbagai macam kuliner khas Kota Tahu, di antaranya gethuk pisang, sambel pecel, telur asin asap, coklat tempe, roti melinjo, kletik nanas, permen tape, kerupuk puli dan masih banyak lagi.

Toko ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam. Tempatnya nyaman serta pelayanan diberikan dengan sangat memuaskan. Sebelum membelinya Anda juga bisa mencicipi tester yang telah disediakan oleh pihak sentra. Untuk mendapatkan info seputar G-Snack bisa menghubungi Admin.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Itulah beberapa rekomendasi cinderamata beserta pusat oleh-oleh khas Kediri yang paling diminati. Di antaranya bisa dijadikan pilihan untuk dibawa pulang. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa buah tangan dari daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan