Oleh-oleh Khas Kendari

Oleh-oleh Khas Kendari

Diposting pada

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mampir atau mencicipi aneka ragam buah tangan favorit wisatawan di Kendari. Yakni berupa makanan khas, minuman, kerajinan dan lain-lain. Berbagai macam oleh-oleh khas Kendari ini dapat ditemukan di toko khusus dan pusat perbelanjaan populer.

Ciri Khas dari Kota Kendari

Merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tenggara yang daerahnya rata-rata berbentuk daratan luas. Dan dikelilingi oleh banyak pulau atau bukit-bukit dari ukuran besar maupun kecil, salah satunya yakni bernama Bungutoko. Wilayahnya sering dijadikan destinasi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara.

Ciri khas kota Kendari yang lain adalah wilayahnya berkembang cukup pesat dalam hal pengembangan dunia pariwasata. Baik dalam sektor pusat oleh-oleh, wisata kuliner, sejarah, budaya dan lain-lain. Ketika Anda sedang liburan ke sini tentu belum lengkap rasanya untuk mencicipi berbagai makanan khasnya.

Selain itu, Anda juga dapat mencari beberapa kerajinan lokal pilihan khas kota Kendari. Sayang bukan jika ke sini namun tidak mampir ke toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam souvenir atau cemilan terkenal ini. Karena buah tangannya terkenal unik dan jarang ditemui di daerah lainnya.

Berbagai Macam Oleh-oleh Khas Kendari yang Wajib Kamu Ketahui

Terdapat berbagai jenis buah tangan pilihan bagi para wisatawan ketika mengunjungi kota dengan iklim tropis ini. Selain itu juga terdapat banyak pusat atau toko perbelanjaan yang menjual atau menyediakan cemilan hingga kerajinan asli. Di antaranya sebagai berikut:

Kerajinan Perak Khas Kendari

Kerajinan Perak Khas Kendari

Merupakan salah satu oleh-oleh yang diminati oleh banyak orang. Karena memiliki desain unik dan hasil dari produknya terlihat mengkilap dan menawan. Biasanya dijadikan dalam bentuk perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang, anting, bros berbentuk kecil atau besar dan masih banyak lainnya.

Kerajinan perak ini sangat disukai oleh kaum hawa atau perempuan. Khususnya para ibu-ibu dan gadis remaja. Karena seringkali memakai perhiasan pada kegiatan sehari-hari atau ke acara penting. Juga dapat dijadikan oleh-oleh ke sanak saudara terdekat.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Riau

Tak hanya itu saja, bentuk dari kerajinan yang satu ini juga dapat dibuat menjadi pajangan atau ornamen lain sebagai pelengkap pernak-pernik dalam rumah. Misalnya dijadikan sebagai pigura foto, tempat minum berbentuk gelas, teko, cangkir, piring tatakan dan lain sebagainya.

Brownies Mete

Brownies Mete Khas Kendari

Jenis yang satu ini dapat ditemui pada seluruh toko oleh-oleh maupun pusat perbelanjaan di kota Kendari. Karena produknya mempunyai berbagai varian rasa pilihan dengan topping kacang mete di atasnya, seperti coklat, keju, red velvet dan taro. Rotinya pun empuk serta renyah ketika dimakan.

Brownies khas Kendari ini merupakan salah satu oleh-oleh kekinian. Karena bentuk rotinya lumayan besar dibanding lainnya. Ukurannya sendiri berbentuk persegi panjang. Biasanya kemasan produk tersebut berwarna kuning cerah dan hitam. Serta pada bagian depan tertulis nama “Brownte”.

Untuk harga brownies mente ini biasanya beragam. Mulai dari 50 hingga 70 ribu rupiah. Ukurannya sendiri tersedia dalam size kecil maupun besar. Biasanya banyak wisatawan mampir untuk membeli oleh-oleh khas Kendari ini untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

Kain Tenun Sultra

Kain Tenun Sultra Khas Kendari

Buah tangan selanjutnya yang paling diburu wisatawan adalah lembaran kain khas kota Kendari. Biasanya dibuat dengan berbagai macam ukuran dan dipajang pada bagian etalasi toko oleh-oleh. Cara pembuatan kainnya mulai dari pemintalan benang hingga penenunan bahan melalui mesin atau manual.

Setiap daerah selalu mempunyai ciri khas sendiri-sendiri dalam hal penentuan kain tenun pilihan. Begitu juga di kota Kendari, biasanya memakai motif Tolaki, Muna dan Buton. Ketiganya merupakan jenis favorit yang banyak dibeli. Untuk harga perlembarnya dibanderol mulai dari 100 hingga 300 ribu.

Tenun ini memiliki banyak dominasi warna, misalnya biru muda, kuning cerah, merah pekat, hijau seperti lumut dan ungu terang. Selain dijadikan hiasan, juga dapat digunakan sebagai Baju khas Kendari. Karena desain kain tenunnya dapat membuat pakaian Anda terlihat lebih indah dan berkualitas tinggi.

Abon Ikan Laut Marlin

Abon Ikan Laut Marlin Kendari

Cemilan yang satu ini terbuat dari campuran daging ikan dan beberapa bumbu rahasia. Rasanya pun gurih dan cukup nikmat. Anda dapat membeli produk tersebut secara satuan atau borongan. Untuk harganya sendiri dijual mulai dari 25 ribu rupiah per kemasan dengan ukuran sekitar 100 gr.

Abon ikan laut marlin termasuk dalam daftar pilihan dari oleh-oleh khas Kendari. Karena produknya diolah dari bahan-bahan bermutu sehingga hasilnya akan awet dan tahan lama. Bagi Anda penggemar cemilan jenis ini dapat membeli langsung maupun secara online di “toko Athifah” atau pusat perbelanjaan lain di sana.

Ikan Marlin yang dipilih merupakan varian yang berkualitas tinggi dan memiliki daging cukup tebal. Bahkan, saat memakannya Anda akan merasakan sensasi seperti makan di tepi laut atau pantai. Selain itu, pihak penyedia juga menyediakan atau memproduksi produk dengan jumlah cukup banyak.

Paket Kacang Mete 5 Rasa

Paket Kacang Mete 5 Rasa

Olahan mente lainnya dari oleh-oleh khas Kendari adalah produk kacang mete yang memiliki banyak pilihan rasa. Misalnya varian gurih, manis, pedas, asin dan lain-lain. Hal tersebut menjadi pembeda dengan cemilan jenis lain karena di pasaran biasanya hanya menjual varian coklat saja.

Anda dapat membeli paket kacang mete 5 rasa ini di Athifah oleh-oleh khas Kendari. Karena harganya lebih terjangkau dibandingkan yang lain. Selain itu, produknya lebih tahan lama, mempunyai 5 pilihan rasa dan awet ketika dibawa saat perjalanan atau dikirim ke rumah tempat tinggal.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Tak hanya itu saja, produk yang dijual dibuat dari kacang mete pilihan dan digoreng dengan suhu normal. Jika ingin meminangnya secara langsung atau secara online, bisa melalui beberapa penyedia terkait. Karena jangkauan pengirimannya lebih cepat, luas dan bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

Miniatur Untuk Dekorasi Rumah

Miniatur Untuk Dekorasi Rumah

Selain cemilan atau makanan, yang menjadi favorit pengunjung berwisata ke kota Kendari adalah pilihan pernak-pernik uniknya. Desainnya sendiri biasanya mengambil konsep barang-barang di laut. Misalnya berbentuk kapal dengan size kecil, patung hewan, asbak, perahu di dalam botol dan lain-lain.

Kerajinan ini dikerjakan secara manual dengan menggunakan tangan. Biasanya dibuat oleh pengusaha rumahan yang memiliki rumah atau berlokasi di tepi laut. Dalam mengerjakan satu produk dibutuhkan waktu sekitar 3-5 hari lamanya. Tergantung dari kerumitan desain saat proses pengerjaan berlangsung.

Pernak-pernik unik tersebut biasanya juga dijadikan sebagai souvenir khas Kolaka. Karena fungsinya dapat dijadikan aksesoris tambahan untuk dekorasi rumah agar terlihat lebih menawan bagian dalamnya. Untuk mengetahui kisaran harganya silahkan Anda mengunjungi toko oleh-oleh khas Kendari terdekat.

Kripik Mete

Kripik Mete Kendari

Kemudian cemilan favorit wisatawan yang satu ini cocok disantap saat Anda merasa lapar. Juga dapat dimakan setelah selesai sarapan. Produk keripik dibuat dari campuran tepung dan kacang mente pilihan sehingga rasanya lezat, kriuk dan terasa renyah pada bagian luar dan dalam.

Keripik mete ini dapat Anda temukan di toko oleh-oleh khas Kendari, kota Kendari, Sulawesi tenggara. Produknya sendiri tersedia dalam jumlah besar dan banyak guna memenuhi semua kebutuhan pelanggan atau para pelancong yang sedang melakukan perjalanan wisata.

Anda dapat membeli keripik mete ini dan membagikannya ke semua kerabat di rumah. Untuk proses pengemasan, jangan khawatir karena layanannya di sini cukup bagus. Misalnya dengan cara dibungkus oleh berbagai lapisan karton atau kerdus agar tidak membuat produk hancur ketika dibawa pulang.

Cemilan Bagea

Cemilan Bagea Kendari

Merupakan salah satu makanan tradisional khas kota Kendari yang dijual di toko. Kue ini terbuat dari tepung sagu, bentuknya sendiri cukup tebal dengan memiliki tekstur lumayan keras. Namun tentang rasanya tidak perlu diragukan, karena manis dan lezat sekali dalam sekali gigit.

Kue Bagea ini cocok sekali dimakan pada waktu sore hari. Anda dapat mencobanya bersama dengan keluarga atau saudara sambil meminum teh atau kopi hangat sebagai pelengkap. Karena makanan ini sangat pas dijadikan camilan pada saat menonton TV atau bersantai di dalam rumah.

Tidak hanya itu saja, pihak penjual juga menjual berbagai olahan mete pilihan seperti cemilan keripik, cokelat, kacang mente dengan varian 5 rasa dan masih banyak produk lainnya. Lalu biasanya produk dijual mulai dari harga 10 ribu rupiah saja per kemasan.

Coklat Mete

Jenis cemilan ini merupakan produk olahan yang juga dimiliki oleh Athifah. Dalam proses pembuatannya, dibuat dengan bahan campuran gula, cokelat dan mente berkualitas. Dari segi rasa pun cukup nikmat dibandingkan lainnya. Variannya sendiri sangat lengkap apabila Anda membeli di toko ini.

Coklat mete juga menjadi bagian dari oleh-oleh khas Kendari. Karena produknya selalu dicari dan disukai banyak wisatawan. Perpaduan rasa yang manis dapat membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih rileks atau tenang saat memakannya. Juga dapat dijadikan pilihan ketika stress melanda.

Produk coklat mete dari berbagai toko oleh-oleh di sana tidak mudah leleh saat dibawa pulang. Selain itu masa kadaluarsanya cukup lama sehingga Anda dapat menikmatinya kapan saja. Biasanya, dijual dengan harga sekitar 25 hingga 35 ribu per kemasan. Jika tertarik untuk membeli Anda dapat menghubungi pihak penyedia atau mengecek webnya secara langsung.

Jus Buah Patikala

Jus Buah Patikala Kendari

Bentuk oleh-oleh khas Kendari ini memiliki berbagai ragam jenis. Selain berupa makanan dan kerajinan juga terdapat produk baru berbentuk minuman. Rasa dari buahnya sendiri cukup pekat namun manfaatnya sangat banyak dan baik sekali bagi tubuh ketika Anda dapat meminumnya rutin.

Minuman khas Kendari ini dapat dijumpai di seluruh kabupaten Kolaka atau pusat perbelanjaan populer wisatawan. Ketika meneguknya pertama kali mungkin rasanya cukup asam, namun saat sudah meminumnya beberapa kali rasa berubah menjadi lebih manis dan enak.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Makassar

Dalam proses pembuatannya, warna dari jus yang satu ini seperti buah semangka atau tomat. Yakni berwarna merah terang. Jika tidak ingin rasanya jadi masam, Anda dapat meminta atau menambahkan gula lebih banyak kepada penjual.

Kaos Motif Sultra

Merupakan varian terakhir dalam ulasan tentang macam-macam oleh-oleh khas Kendari. Karena produknya biasa digunakan atau diberikan sebagai buah tangan paling dicari ketika Anda atau para wisatawan berwisata ke pulau Sulawesi.

Material kainnya berasal dari sutera pilihan dan lembut ketika disentuh atau digunakan. Anda dapat membelinya dengan langsung datang ke toko atau secara online jika tidak ingin ribet saat memilih produknya. Dari segi harga kain ini dijual mulai dari 30 ribu rupiah per lembarnya.

Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat wisata, pilihlah jenis oleh-oleh yang unik dan tahan lama. Untuk itu segera membeli jika sudah menemukan produk yang diinginkan. Jangan sampai menyesal karena tidak sempat mempunyai dengan bahan sutera ini. Karena motifnya unik dan berbeda dari lainnya.

Pusat Oleh-oleh Terpopuler di Kota Kendari

Saat ini banyak sekali dijumpai toko-toko yang berjualan buah cemilan atau kerajinan khas di setiap daerah wisata. Mulai dari hanya berjualan beberapa makanan tertentu, hingga menyediakan minuman dan souvenir tambahan untuk lebih menarik minat wisatawan datang ke tempat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh beberapa toko oleh-oleh khas Kendari kota Kendari Sulawesi Tenggara. Di tempat ini menyediakan macam-macam cemilan seperti kain tenun sutra, abon ikan laut marlin, pernak-pernik berbentuk perhiasan (kalung, gelang, cincin) dan ornamen hiasan rumah.

Selain itu juga tersedia berbagai produk mente olahan misalnya keripik mete, coklat mete, kue bagea, paket kacang dengan varian 5 rasa dan masih banyak lainnya. Toko di Kendari juga selalu menyediakan oleh-oleh khas terlengkap dan memberikan pelayanan terbaik di kelasnya.

Berbagai Toko yang Menyediakan Oleh-oleh Khas Kendari

Terdapat berbagai macam rekomendasi untuk Anda, para calon wisatawan yang hendak pergi ke Sulawesi Tenggara. Pilihan pusat perbelanjaan ini berlokasi menyebar di seluruh penjuru kota. Selain itu juga menyediakan banyak produk makanan, minuman hingga kerajinan khas.

Pertama, adalah toko Athifah oleh-oleh khas Kendari. Lokasinya berada di jalan H. Supu Yusuf nomor 22 Bende, Kadia, Kota Kendari. Tokonya buka mulai dari pagi sekitar jam 8 hingga pukul 22:00 malam. Tak hanya itu saja juga dapat melayani pembelian secara online melalui website.

Kedua, yakni toko oleh-oleh khas Kendari mamamia. Berlokasi pada Jl. Lahundape bagian Kendari timur. Anda dapat menghunbungi pemiliknya sewaktu-waktu melalui nomor telepon, ketika pagi hingga malam hari.

Perkembangan Wisatawan yang Berwisata Oleh-oleh Khas Kendari

Terdapat berbagai jenis buah tangan populer yang dapat dicari dan dibeli. Banyak toko dan pusat perbelanjaan menawarkan menarik. Seperti membuat produk dengan banyak pilihan rasa serta harga bervariasi. Tak hanya itu juga berlomba-lomba dalam hal meningkatkan mutu atau pelayanan.

Kota Kendari dikenal sebagai wilayah yang menghasilkan kacang mete pilihan dan berpotensi menarik banyak pelancong lokal maupun wisatawan dari luar negeri. Karena produk oleh-olehnya dijual dengan harga cukup ekonomis dari daerah lainnya. Mengingat bahan kue dibuat dari material berkualitas tinggi.

Dari tahun ke tahun lonjakan wisatawan di kota Kendari cukup tinggi. Hal tersebut membuat para pelaku usaha kebanjiran orderan dan terus memproduksi produk atau cemilan yang sekiranya cukup laku di pasaran. Sektor pariwisata ini telah berperan besar dalam memajukan ekonomi provinsi Sulawesi tenggara

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Terdapat 11 macam oleh-oleh khas Kendari terpopuler saat ini. Yakni berupa kerajinan perak, keripik mete, coklat mete, abon ikan laut marlin, kue bagea, paket kacang mete 5 rasa, miniature dan kain tenun sutera. Namun, persiapkan dana lebih jikalau mau melancong ke lokasi wisata ini.

One thought on “Oleh-oleh Khas Kendari

Tinggalkan Balasan