Oleh-Oleh Khas Kupang

Oleh-Oleh Khas Kupang

Diposting pada

Nusa Tenggara Timur kaya akan daerah wisatanya yang indah dan menawan. Banyak wisatawan berkunjung untuk menikmati berbagai panorama menyejukkan pandangan mata tersebut. Selain itu, di sana juga terdapat oleh-oleh khas Kupang, maka dari itu jangan sampai lupa untuk dibawa pulang.

Mengenal Kota Kupang

Mengenal Kota Kupang

Kupang merupakan ibukota dari Nusa Tenggara Timur yang kaya hasil wisata Maritim. Provinsi yang memiliki akronim NTT ini memiliki banyak pulau, luasnya sekitar 48.718,10 km persegi. Terdapat 21 Kabupaten atau Kota. Tiga pulau terbesar adalah Pulau Flores, Sumba dan Timor Barat.

Namun setelah Timor Timur melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 2002, kini hanya Pulau Sumba dan Pulau Flores saja menjadi milik Indonesia. Di NTT terdapat pulau Komodo sebagai tempat bagi habitat hewan Komodo. Selain itu terdapat tempat wisata Danau Kelimutu di Flores.

Kekayaan alam tersebut dibarengi dengan variatifnya cinderamata yang dihasilkan Kota ini. Salah satunya terdapat pusat oleh-oleh khas NTT Ibu Soekiran Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ketenaran dari toko makanan khas daerah itu tidak diragukan lagi mengingat selalu ramai pengunjung.

Lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar wilayah, terlebih pada weekend dan juga hari libur lainnya.

Ragam Oleh-oleh Khas Kupang

Semakin beragamnya oleh-oleh yang dipamerkan, tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk membawanya pulang. Tidak terbatas hanya kuliner saja melainkan ada bentuk hasil kerajinan tangan, souvenir yang dikerjakan oleh tangan-tangan kreatif dari penduduk setempat. Seperti:

Tas Tenun Asal Kupang

Tas Tenun Asal Kupang

Pulang dari kota Kupang tidak lengkap bila tidak membawa cinderamata berupa tas tenunan asal Kupang. Coraknya yang indah serta mengundang decak kagum ditenun sedemikian bagusnya. Sehingga kualitas hasilnya tidak kalah dari kelas mancanegara, bahkan tak jarang banyak wisatawan membelinya.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Lombok

Tas khas Kupang ini ditenun dan dipadukan oleh suede beserta kulit sapi asli. Dilakukan secara manual sehingga terjamin kualitas dan ketelitian dalam pembuatannya. Corak dan motif tas kental teradap kesan artistik asal NTT ini terpancar jelas ketika dipajang di Toko tempat membelinya.

Kaos Asal Kupang

Kaos Asal Kupang

Membeli kaos sebagai bentuk dari cinderamata sebagai hasil dari berkeliling menelusuri daerah wisata tentu wajar saja. Sebab kaos asal Kupang ini memiliki tulisan dan gambar dengan motif memperkenalkan unsur tempat atau budaya Nusa Tenggara Timur. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu tempat yang diketahui paling tepat untuk berburu kaos yang mengangkat unsur Kota Kupang adalah, sebuah kios yang terletak di Kecamatan Oebobo tepatnya di Jalan Cak Doko 88C. Biasa untuk harga berkisar antara Rp. 70.000 hingga Rp. 80.000. Berkesan dibawa pulang sebagai hasil berwisata.

Kerajinan Kayu Cendana

Oleh-Oleh Khas Kupang Kerajinan Kayu Cendana

Kayu cendana termasuk salah satu kayu termahal di dunia. Seperti diketahui jenis kayu ini sangat sulit untuk diolah. Namun di NTT bahan tersebut dijadikan produk kerajinan bernilai seni tinggi. Ragam bentuknya terdiri dari gelang, jepitan rambut, kipas tangan dan lain-lain.

Kerajinan khas Kupang berbahan kayu cendana juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan. Cara menemukannya juga mudah ketika berwisata ke NTT ada banyak toko oleh-oleh menjualnya. Salah satunya dibentuk menjadi kipas tangan dengan ukiran indah pada masing-masing kayu yang tersusun.

Kuliner Seafood Khas Kupang

Kuliner Seafood Khas Kupang

Bagi wisatawan penyuka hidangan laut direkomendasikan untuk mencicipi berbagai makanan nikmat tersebut. Letaknya berada di Kampung Solor, Kupang, NTT. Dalam pasar tersebut terdapat banyak penjual ikan kerapu, ikan kue, kepiting, cumi-cumi dan udang. Dapat dipesan sesuai kebutuhan

Selain itu pembeli dapat menentukan apakah ikan yang dipesan tersebut akan digoreng atau dipanggang. Jika ingin mendatangi Kampung Solor jam bukanya mulai pukul 6 sore hingga pukul 24.00 WITA harganya pun beragam mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 120.000 bergantung pada ukuran ikan.

Buah Khas Nusa Tenggara Timur

Buah Kesambi Khas Nusa Tenggara Timur

Jika menilik dari hasil perkebunan, dikenal dengan sebutan buah Kesambi atau disebut juga Kosambi. Rasa buahnya terasa manis bercampur kecut.Isinya mirip seperti buah kelengkeng dengan permukaan halus. Sedangkan bijinya hampir sama dengan biji kopi. Kandungan minyak terdapat di dalamnya.

Buah khas NTT ini tumbuh di beberapa daerah Kabupaten seperti Kupang, Rote Ndao, Kalabahi, Sumba, Alor, dan sebagainya. Jenis buah ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan untuk dibawa pulang usai berlibur dari berbagai tempat wisata di Nusa Tenggara Timur.

Kue Cucur

Oleh-Oleh Khas Kupang Kue Cucur

Kuliner khas Kupang ini dinamakan kue cucur. Bentuknya hampir mirip dengan kue serabi. Jajanan nikmat ini cukup dikenal bagi para pengunjung yang sedang berlibur ke Kota Kupang. Makanan ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah dan tepung beras.

Memiliki lingkar agak kecoklatan sebagai campuran dari gula merah. Oleh-oleh khas Kupang ini dapat ditemui saat berkunjung ke Pusat Oleh-oleh Khas NTT Ibu Soekiran. Tepatnya di Kecamatan Kota Raja. Hargnya juga terjangkau sehingga untuk dinikmati tidak perlu khawatir merogoh kocek lebih dalam.

Sarung Selendang Prada

Oleh-Oleh Khas Kupang Sarung Selendang Prada

Sarung Selendang Prada juga layak dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meskipun harganya lumayan mahal namun kain sarung ini tidak sembarang ditenun. Tingkat kerumitannya sangat tinggi hingga butuh ketelitian lebih. Selain itu pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Kain sarung ini dapat ditemui di pusat oleh-oleh NTT C&A Kupang City, East Nusa Tenggara. Sebagaimana itu merupakan tempat yang menyediakan berbagai macam cinderamata seni khas daerah Kupang bernilai tinggi, termasuk salah satunya adalah Sarung Selendang Prada.

Manisan Buah

Oleh-Oleh Khas Kupang Manisan Buah

Manisan buah mungkin terdengar familiar dan sering dijumpai di tiap-tiap kota di Indonesia. Namun olahan makanan manis khas Kupang ini rasanya tentu berbeda dan tidak kalah enak dari tempat lainnya. Buah yang dijadikan manisan beragam mulai dari nangka, lontar dan mangga.

Oleh-oleh kuliner ini dapat dengan mudah ditemui di toko menjual cinderamata atau pasar tradisional di sekitar Kupang dengan minimal harga Rp. 2.000. Sangat terjangkau dan dapat dijadikan cemilan dalam mengisi liburan, khususnya bagi wisatawan local maupun mancanegara.

Kacang Sembunyi

Oleh-Oleh Khas Kupang Kacang Sembunyi

Dari namanya memang terbilang unik dan tidak biasa. Cemilan khas Kupang dinamakan demikian sebab isinya bersembunyi di balik tepung atau kulit yang melapisinya. Rasanya dapat dikenali lewat bumbu dari tepung terasa manis pedas. Tampilan luarnya seperti basah namun renyah saat dikonsumsi.

Pusat penjualan oleh-oleh ini berada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Jadi wisatawa yang kebetulan berjalan-jalan dan menikmati indahnya Pulau Sumba jangan sampai ketinggalan untuk membeli kacang sembunyi ini, tentunya dari segi harga juga sangat terjangkau dan cocok dibawa pulang.

Sambal Luat

Oleh-Oleh Khas Kupang Sambal Lu’at

Masih dalam tema kuliner, ada lagi sambal yang dikenal di Kupang bernama sambal Lu’at. Rasanya yang pedas dapat dikombinasikan dengan makanan lain. Biasanya disandingkan dengan daging sapi asap. Aroma sambalnya tercium seperti daun kemangi, daun selasi ditambah dengan perasan air jeruk.

Disuguhkan dalam kemasan botol, sambal nikmat ini cocok untuk wisatawan yang suka makanan pedas ditambah rasa asam pada makanan. Harga dari sambal Lu’at sendiri berkisar antara Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000 tiap botol. Dapat dibawa pulang karena kondisi sambal terjaga dengan kemasan yang baik.

Makanan Ringan Olahan Daging Sapi

Oleh-Oleh Khas Kupang Makanan Ringan Olahan Daging Sapi

Ketika berkunjung ke toko oleh-oleh Ibu Soekiran Kupang NTT. Terdapat produk cemilan dari olahan daging sapi. Ragam makanan ringan itu terdiri dari abon daging sapi, dendeng, paru sapi kering, dan paling terkenal adalah Sei Sapi atau daging asap khas Nusa Tenggara Timur.

Kisaran harga untuk oleh-oleh tersebut mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 57.000 per bungkusnya. Setiap produk makanan terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan, Disperindag dan Dinas Kesehatan. Cocok digunakan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jagung Titi

Oleh-Oleh Khas Kupang Jagung Titi

Makanan ringan berbahan dasar jagung ini proses dimasak dengan cara berbeda dengan cemilan lainnya. Dengan cara digoreng tanpa minyak kemudian ditumbuk sampai pipih. Pada tahap menumbuk sambil dibumbui dengan penyedap rasa yang terdiri dari lada, garam maupun merica.

Oleh-oleh khas Kupang ini rasanya sangat gurih sekaligus asin sehingga dapat dikomsumsi saat santai. Tempat untuk menemukannya dapat mengunjungi Pasar Inpres atau di beberapa toko dekat pelabuhan Larantuka. Harga per bungkusnya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 dan sifatnya lebih awet.

Ubi Nuabosi

Oleh-Oleh Khas Kupang Ubi Nuabosi

Selain olahan jagung, terdapat juga makanan umbi-umbian yang disebut ubi Nuabosi. Banyak dicari wisatawan karena didapati hal unik ketika mencobanya. Dengan tekstur memiliki sedikit serat membuatnya terasa lembut saat dikunyah. Tidak lupa aroma harum hadir saat mengkonsumsinya.

Pusat penjualan oleh-oleh Ubi nuabosi berasal dari dataran tinggi Kabupaten Ende tepatnya Ndetundora. Ubi kayu terbaik di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini sangat pas diolah dengan cara direbus, dibakar, digoreng dan dipanggang. Bisa juga dijadikan keripik singkong renyah dengan aroma khasnya.

Jagung Bose

Oleh-Oleh Khas Kupang Jagung Bose

Labuan Bajo tidak diragukan sebagai tempat wisata indah dan kental dengan nuansa alam. Pantainya yang indah hingga pulau Kanawa dan Pulau Padar turut hadir menyejukkan pandangan mata. Letaknya berada di ujung Pulau Flores dilengkapi dengan menu kuliner tidak kalah nikmat bernama jagung bose.

Makanan olahan jagung ini sering juga disebut Katemak. Diketahui memiliki rasa tawar serupa dengan nasi dan mengandung karbohidrat. Sangat pas dihidangkan bersama daging Se’i dan karmanaci. Dapat juga dimakan bersamaan dengan lawar ikan dengan bahan utama ikan teri dicampur dengan bumbu.

Beragam Aksesoris Asal Kupang

Beragam Aksesoris Asal Kupang

Bentuk cinderamata asal NTT juga berbentuk aksesoris dengan berbagai ukuran seperti kalung, gantungan kunci, anting, bandana, bando dan stiker. Jenis oleh-oleh ini dapat ditemui pada pusat souvenir kota Kupang di NTT C&A Sentra UKM. Jumlahnya banyak dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Ciri khas dari aksesoris asal Kupang ini terlihat sekali dari bentuk fisiknya. Biasa terdapat motif-motif menarik pada anting muti salak dengan berbagai kombinasi warna cerah dan gelap. Sangat disayangkan apabila melewatkan momen memperoleh souvenir praktis dengan nilai seni khas NTT ini.

Kopi Flores

Oleh-Oleh Khas Kupang Kopi Flores

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Flores tidak lupa juga menyempatkan diri untuk menikmati kopi unik dan nikmat ini. Sesuai namanya, kopi tersebut berasal dari dataran Ngada, Nusa Tenggara Timur lebih tepatnya di Pulau Flores. Rasanya unik dan merupakan jenis kopi arabika.

Aroma karamel, kacang-kacangan dan bunga semerbak ditambah sensai tembakau membuatnya terasa unik. Ketika dinikmati cita rasa hazelnut dengan rasa manis kacang macademia, dan cokelat terkumpul menjadi satu. Kopi ini dapat dibeli di Swalayan atau toko menjual cinderamata di sekitar Kota Kupang.

Kolo

Oleh-Oleh Khas Kupang Kolo

Kolo hampir mirip dengan lemang. Menu kuliner berupa nasi bakar yang dimasak dalam bamboo dengan ukuran pada umumnya 30 sentimeter. Pada proses pembuatannya, Nasi dimasukkan dalam celah bamboo. Selanjutnya diberi penyedap rasa seperti garam serta rempah-rempah lalu dibakar.

Oleh-oleh kuliner ini dapat ditemui daerah Manggarai, Flores Barat. Biasanya, kolo dihidangkan ketika melakukan acara syukuran terhadap hasil panen, menyambut pergantian tahun maupun pesta adat setempat. Sangat pas bila disuguhkan dengan makanan olahan daging ayam.

Muku Loto

Oleh-Oleh Khas Kupang Muku Loto

Makanan khas Kupang lainnya yang tidak kalah unik ini menggunakan bahan utama pisang. Muku Loto sudah ada sejak lama dan biasanya tersedia saat perayaan adat saja. Dihidangkan bersama tambahan sayur di saat pesta berlangsung. Muku diartikan sebagai pisang, sedangkan loto berarti hancur.

Jenis kuliner ini berasal dari Nagekeo tepatnya berada di tengah-tengah Pulau Flores. Proses membuatnya dengan mengupas bagian kulit luar pisang muda. Kemudian dipotong berukuran pendek. Lalu direbus bersama dengan sayur dan tambahan daging sapi, dan kerbau.

Manggulu

Oleh-Oleh Khas Kupang Manggulu

Kaya dengan tempat wisata alam NTT juga memiliki kekayaan kuliner lainnya. Ada menu makanan bernama Manggulu terbuat dari bahan utama buah pisang lalu dikeringkan dengan kacang tanah. Isinya kemudian dibungkus dengan daun pisang yang kering memiliki rasa manis dengan sedikit asam.

Berasal dari Sumba Timur, Manggulu disukai sebagian wistawan lokal maupun mancanegara. Namun ada pula yang tidak menyukainya karena bergantung kembali pada selera penikmatnya masing-masing. Makanan ini sudah ada sejak lama sebab dulunya sangat disukai oleh prajurit Belanda.

Kain Tenun Ikat Asal NTT

Oleh-Oleh Khas Kupang Kain Tenun Ikat Asal NTT

Kain tenun ikat yang terkenal dari kupang dapat mencapai hingga mancanegara, Ada beberapa orang tersohor menggunakan pakaian dengan motif tenun NTT. Bahkan seorang perancang busana terkenal menampilkan bentuk tenunan kain ini pada ajang peragaan busana internasional.

Kain tenun ikat khas NTT memiliki karakteristik menggunakan pewarna alami dalam pewarnaannya. Proses pembuatannya sangat rumit karena membutuhkan kelihaian serta ketelitian tinggi hingga terbentuk corak dan motif menawan. Seni bernilai tinggi tersebut wajar bila harganya lumayan mahal.

Jagung Catemak

Oleh-Oleh Khas Kupang Jagung Catemak

Jagung dapat dimanfaatkan sebagai alternatife dari nasi, itulah sebabnya banyak makanan olahan berasal dari bahan ini. Seperti yang dijadikan kuliner khas Kupang bisa disebut jagung catemak. Biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup dengan labu lilin serta kacang hijau dicampur penyedap.

Kandungan nutrisi dari makanan ini juga kaya akan vitamin karena mengandung sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Baik bila dikonsumsi setelah menyantap menu utama. Jenis kuliner ini paling banyak ditemui hampir di seluruh warung makan atau restoran di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Ternate

Demikianlah beberapa hal terkait oleh-oleh khas Kupang. Cukup banyak hasil cinderamata berupa produk souvenir, kuliner, aksesoris hingga kain tenun bernilai jual tinggi dan mendunia. Selain itu, Provinsi NTT juga sangat dikenal memiliki banyak daerah wisata eksotik.

Tinggalkan Balasan