Oleh-Oleh Khas Lampung

Oleh-Oleh Khas Lampung

Diposting pada

Mencari buah tangan kekinian seringkali dijadikan sebagai suatu hal wajib ketika wisatawan hendak datang berlibur atau mengunjungi tempat wisata. Seperti halnya pada produk oleh-oleh khas Lampung yang menawarkan berbagai macam cemilan dan kerajinan unik dan tentunya berbeda dari kota lainnya.

Permintaan akan cinderamata ini semakin hari kian meningkat, mengingat banyaknya wisatawan yang terus berdatagan. Baik di akhir pekan atau hari libur dan juga hari besar.

Mengapa Anda Harus Membeli Oleh-oleh Khas Lampung?

Mengapa Anda Harus Membeli Oleh-oleh Khas Lampung

Kota dengan iklim tropis yang satu ini merupakan daerah penghasil buah pisang terbanyak di pulau Sumatera. Dari berlimpahnya bahan baku ini membuat sebagian masyarakat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan olahan. Selain itu juga dijual pada wisatawan lokal maupun dari luar negeri.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang

Kemudian ciri khas Lampung lainnya yakni memiliki oleh-oleh unik yang produknya tidak dapat ditemui pada wilayah lain di Indonesia. Misalnya berupa kain tapis, seruit, tempoyak, keripik pisang, manisan buah, cemilan dodol, lempok durian, pempek, kemplang, patung bentuk gajah dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu saja, produk oleh-oleh khas Lampung ini dapat Anda temukan di toko atau pusat perbelanjaan terkemuka yang ada di dalam kota. Namun, untuk harganya sendiri cukup bervariasi dengan keunikan tersendiri.

Apa Saja Oleh-oleh Khas Lampung Kekinian saat ini?

Terdapat berbagai jenis buah tangan terkenal dan hits yang dapat Anda bawa pulang untuk keluarga atau kerabat di Rumah. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk berbelanja sepuasnya. Karena semua produknya tersedia pada seluruh pusat perbelanjaan kota penghasil pisang ini.

Brownies Pisang

Brownies Pisang Lampung

Merupakan salah satu panganan favorit bagi para wisatawan. Karena proses pembuatannya menggunakan campuran adonan tepung terigu dan kulit pisang. Biasanya produk lain hanya memasak bagian buah saja sehingga membuat tekstur browkis ini menjadi lembut dan memiliki aroma yang khas.

Produk makanan oleh-oleh khas Lampung ini tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari coklat, keju, pandan, red velvet, dan lain sebagainya. Anda dapat mencari atau membelinya di toko maupun pusat perbelanjaan yang tersedia

Seruit

Seruit Lampung

Terdapat beberapa macam makanan lainnya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung di Palembang. Karena jarak wilayahnya sendiri cukup berdekatan satu sama lain. Maka, hasil produknya memiliki sedikit kemiripan dari proses pengolahan bahan bakunya.

Makanan oleh-oleh khas Lampung ini bernama seruit. Yakni berupa ikan air tawar yang dibakar atau dicampur dengan sambal terasi, mangga maupun tempoyak (sambel durian). Jenis ikannya sendiri biasanya memakai golongan layis, baung, blide dan lain-lain.

Kain Tenun Tapis

Kain Tenun Tapis Lampung

Kemudian kerajinan khas Lampung yang paling dicari oleh pelancong lokal hingga mancanegara adalah kain tapis. Karena motif atau desain tenunnya menggambarkan flora dan fauna yang ada di seluruh kota.. Selain itu pemilihan warnanya pun sangat elegan dengan dominasi perak hingga emas.

Lalu selain mencari cemilan khas, biasanya para wisatawan juga mencari produk unggulan lainnya seperti cindera mata unik. Biasanya produk ini dicari oleh banyak penggemar wanita karena sering dipakai menjadi pakaian pesta. Untuk harga perlembarnya dibanderol mulai dari 6 juta rupiah.

Pie Pisang

Pie Pisang Lampung

Salah satu oleh-oleh khas Lampung ini memiliki tekstur renyah dan lembut di dalam. Biasanya diisi dengan berbagai topping pilihan. Misalnya rasa keju, oreo, coklat, kacang, almond, dan lain-lain. Hal yang menjadi ciri khusus dari cemilan ini adalah terdapat susu dan taburan banyak buah diatasnya.

Pie pisang ini dibuat dengan mesin modern dan berkualitas tinggi sehingga hasilnya pasti akan terasa lembut ketika dimakan. Anda dapat mencarinya di toko oleh-oleh Metro maupun aneka sari rasa. Biasanya dijual mulai dari 5 hingga 9 ribu per pcs tergantung dari ukuran besar kecilnya.

Sambal Khas Lampung

Sambal Khas Lampung

Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, maka makanan kekinian dari Oleh-oleh khas Lampung di Jakarta ini cocok untuk dimakan saat mengunjungi tempat wisata. Karena produk dijual dalam beberapa jenis, seperti varian cabe ijo, udang goreng, tempoyak, ikan peda, cuka, bawang putih atau merah dan seruit.

Untuk harganya sendiri sekitar 25 ribu rupiah saja per botolnya. Sambal khas Lampung ini memiliki cita rasa sangat lezat. Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh metro atau yang terdekat dalam jumlah banyak. Misalnya 1 kardus penuh atau satuan.

Pempek Khas Lampung

Pempek Khas Lampung

Sama seperti oleh-oleh dari Palembang pada umumnya, cemilan ini juga menjadi yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Namun yang menjadi pembeda adalah bahan dasar pembuatannya maupun dari segi kemasan. Yakni menggunakan ikan tenggiri pilihan berkualitas tinggi.

Sedangkan pada pempek Palembang menggunakan ikan air tawar berjenis belida. Selain itu pemilihan cuka juga sangat berbeda. Warna cukanya lebih pekat dan tidak encer seperti lainnya. Kemudian juga tersedia dalam bentuk beku serta mudah dibawa pulang. Harganya sekitar seratus ribu rupiah per box.

Bakso Sony

Bakso Sony Lampung

Produk yang dibuat dari daging olahan dan campuran tepung terigu ini merupakan makanan kekinian yang paling banyak dibeli oleh warga local. Karena rasa baksonya lembut dan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Kemudian juga dapat dibawa pulang dengan membeli versi beku atau frozennya. Bakso Sony telah memiliki sekitar 17 cabang sehingga Anda akan dengan mudah menemukannya ketika berkunjung ke kota Lampung.

Jika mampir ke kedainya biasanya dalam 1 mangkuk mendapatkan 7 daging urat kasar atau halus, tambahan mie kuning, bihun, kuah dan lemak dengan harga sekitar Rp. 15.000.

Kopi Hewan Luwak

Kopi Hewan Luwak Lampung

Selain berbentuk camilan atau makanan, juga terdapat minuman khas dari oleh-oleh khas Lampung ini. Produknya memiliki cita rasa khas dan paling nikmat di seluruh dunia. Karena proses fermentasinya dibantu dengan luwak. Yakni dengan cara dimakan selama beberapa hari lalu dikeluarkan melalui kotoran.

Setelah itu kopi dikeringkan dan dicuci bersih. Kemudian disangrai dengan mesin berteknologi tinggi agar tidak mengurangi aroma khasnya. Produk ini aman dikonsumsi atau diminum Untuk Anda yang mempunyai riwayat sakit lambung, karena kadar asamnya cukup rendah dibandingkan lainnya.

Macam-macam Manisan Rasa Buah

Macam-macam Manisan Rasa Buah Lampung

Oleh-oleh khas Lampung di Bandung ini menyediakan beberapa jenis cemilan terkenal dan paling banyak dicari untuk dimakan langsung atau dibawa pulang. Yakni berupa jajanan manis terbuat dari campuran air, gula pasir dan buah-buahan pilihan. Misalnya mangga, papaya, sirsak, salak hingga pala.

Dalam proses pembuatannya para penjual menggunakan bahan berkualitas agar produk menjadi lebih awet, tahan lama dan rasanya lezat. Manisan buah ini sangat cocok ketika dimakan saat siang atau sore hari karena perpaduan rasa asam dan manisnya membuat tubuh menjadi segar

Lempok Durian

Lempok Durian Lampung

Makanan olahan ini memiliki kesamaan dengan proses pembuatan dari jajanan dodol yang biasa ada di pulau Jawa. Yakni diaduk selama beberapa jam agar rasanya nikmat dan lezat. Selain itu dapat membuat tekstur lebih kenyal ketika digigit. Biasanya dijual mulai dari 35-40 ribu rupiah / ukuran 200 gr.

Lempok durian merupakan cemilan kekinian oleh-oleh khas Lampung. Karena terbuat dari daging durian terbaik di kelasnya. Dengan begitu, Anda akan merasakan sensasi berbeda pada gigitan pertama saat memakannya. Ketika membeli jajanan ini, sebaiknya datang waktu pagi atau siang hari

Keripik Pisang

Keripik Pisang Lampung

Kota beriklim tropis ini dikenal sebagai daerah penghasil buah favorit terbanyak di wilayah Lampung. Selain itu produk olahannya terdaftar pada urutan ketiga terbaik se Pulau Sumatera. Karena dalam proses memasaknya menggunakan varian pisang ambon dan kepok.

Dari segi tekstrur, keripik pisang ini memiliki bentuk yang renyah dan garing saat dimakan. Juga terdapat berabagai macam rasa seperti durian, keju, coklat, balado dan stroberi. Anda dapat membeli cemilannya di Aneka sari rasa pusat produk oleh-oleh khas Lampung kota Bandar Lampung.

Kemplang

Kemplang Lampung

Cemilan yang satu ini memiliki bentuk mirip dengan jajanan khas Palembang, yakni amplang. Karena bahan dasarnya berasal dari ikan laut tenggiri. Proses pembuatannya berbeda dengan lainnya, sebab panganan dimasak menggunakan pasir, bukan memakai minyak goreng.

Oleh-oleh khas Lampung ini biasanya dijual dalam bentuk plastik ukuran besar maupun kecil dengan harga sekitar Rp. 25.000,- per kemasan. Kemplang mempunyai tekstur renyah namun lembut didalamnya. Anda dapat membelinya untuk dibagikan kepada keluarga atau sanak saudara di rumah.

Patung Gajah Khas Lampung

Patung Gajah Khas Lampung

Selain dikenal dengan daerah penghasil pisang, Kota terbesar ketiga di pulau sumatera ini juga memproduksi kerajinan tangan berbentuk gajah. Produknya dibuat dari kayu pilihan berkualitas tinggi dan dilapisi dengan zat kimia tertentu agar tampilan permukaannya menjadi lebih halus dan mengkilat.

Kerajinan yang juga merupakan bagian dari oleh-oleh khas Lampung ini bentuknya seperti gajah sungguhan di dunia aslinya. Souvenir tersebut dapat Anda temukan di toko metro atau pusat perbelanjaan lainnya. Biasanya dijual dengan berbagai ukuran dan harganya sekitar 150 hingga 250 ribu per satuan.

Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit Lampung

Makanan khas Lampung ini memiliki nama lain. Warga biasanya menyebut dengan spikuk. Kue ini merupakan produk turun temurun yang berasal dari Belanda. Kemudian diolah sedemikian rupa sehingga rasanya menjadi lebih kezat. Produknya dijual per Loyang dan loyangnya berbentuk persegi panjang.

Kue lapis kegit biasanya dijual per Loyang. Harganya mulai dari Rp. 250.000,- hingga Rp. 800.000. Cukup mahal jika dijadikan sebagai buah tangan sebab dalam pembuatannya memakai 21 telur. Namun jangan khawatir, karena rasanya sudah pasti lembut dan nikmat ketika Anda memakannya pada gigitan pertama.

Kaos Khas Lampung

Kaos Khas Lampung

Jenis souvenir kekinian ini juga paling diminati oleh para pelancong. Karena pemilihan desain kaosnya unik dan berbeda dengan yang lain. Biasanya motifnya memakai hewan gajah, aksara atau huruf-huruf, maupun kata-kata gaul dari anak muda di seluruh kota Lampung.

Produk souvenir unggulan dari oleh-oleh khas pringsewu Lampung lainnya adalah gantungan kunci, tas, topi, sandal, pernak-pernik, jaket, maupun baju training khusus anak-anak hingga remaja. Anda dapat membelinya langsung dengan mengunjungi toko pilihan atau pusat perbelanjaan yang tersedia.

Abon Jamur Tiram

Abon Jamur Tiram

Kemudian jenis cemilan lainnya dari pusat oleh-oleh khas Lampung lainnya adalah makanan yang sering dijadikan pelengkap nasi. Bahannya terbuat dari daging sapi maupun ayam. Namun seiring dengan perkembangan jaman produk tersebut berinovasi dan dapat dibuat dari jamur pilihan.

Abon jamur khas Lampung ini kandungan seratnya lebih banyak dari yang lain. Dengan begitu, banyak manfaat bisa dengan mudah Anda dapatkan seperti melancarkan proses pencernaan, dan membuay tubuh menjadi lebih sehat. Harga per kemasannya dijual sekitar 25 ribu rupiah dalam size 80 – 90 gram.

Kerupuk Ikan Tenggiri 

Kerupuk Ikan Tenggiri Lampung

Produk oleh-oleh khas Lampung ini dibuat dengan bahan pilihan dan berkualitas. Seperti tepung tapioca, telur, bawang putih, soda kue, gula pasir, ketumbar dan ikan laut tenggiri. Maka, hasil dari rasanya tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena sudah pasti enak dan lezat ketika dimakan.

Cara pembuatannya yakni semua bahan dicampur jadi satu dan dikukus selama kurang lebih 3 jam. Kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan dan digoreng memakai api sedang, kerupuk ikan tenggiri dijual mulai dari harga 20 hingga 35 ribu rupiah per 200 gram.

Kue Dodol Rasa Pandan

Kue Dodol Rasa Pandan Lampung

Cemilan oleh-oleh khas Lampung ini tidak hanya terkenal di Kota Garut saja, karena pada dasarnya wisatawan local juga sangat menyukainya. Yang menjadi pembeda dari produk lainnya adalah tambahan beberapa macam pandan untuk menambah dan menguatkan aroma khasnya.

Kue dodol pandan ini dapat Anda temukan di pusat perbelanjaan atau toko oleh-oleh khas metro. Karena di sana menjual berbagai macam makanan lainnya. Selain itu ukurannya juga lebih besar sekitar 2 kali lipat dari size normal. Untuk harganya dibanderol sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 29.000 saja.

Lele Asap

Lele Asap Lampung

Merupakan makanan olahan yang paling banyak dicari karena unik dan praktis ketika dibawa pulang oleh para wisatawan. Selain itu bahannya pun tersedia di seluruh penjuru kota Lampung dan biasanya dimasak sebagai lalapan. Namun juga dapat diolah dengan cara diasap selama beberapa menit.

Jenis ikan yang digunakan adalah lele jumbo karena mudah dicari dan ukurannya lebih besar. Produknya dikemas di plastik berukuran tebal agar kualitasnya dapat terjaga dengan baik serta lebih awet dan tahan lama. Untuk harganya sendiri biasanya dijual mulai dari 40 rupiah per kemasan oleh para pedagang.

Toko Paling Kekinian dalam Menjual Berbagai Oleh-oleh Khas Lampung

Ketika berkunjung ke daerah wisata, tak lengkap rasanya jika belum mencoba berbagai macam produk unggulannya. Yakni berupa makanan olahan, kerajinan tangan hingga banyak cemilan enak yang dijual atau disediakan oleh para pedagang di seluruh penjuru kota.

Oleh-oleh khas Lampung kota metro Lampung termasuk dalam toko kekinian paling hits yang menjual berbagai macam cemilan olahan dari pisang. Misalnya keripik, brownies, kue lapis legit dan abon jamur. Lalu untuk makanannya tersedia produk sambal berkualitas berkualitas dan dijamin rasanya sangat lezat.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang

Sedangkan dari segi kerajinan, toko oleh-oleh ini menjual kain tapis dengan banyak pilihan warna dan motif. Untuk melihat semua produk tersebut, Anda dapat menghubungi Admin atau berkunjung langsung ke beberapa penyedia di Kota Bandar Lampung.

19 Jenis oleh-oleh khas Lampung kekinian dan paling dicari tahun 2020 diantaranya adalah kain tapis, seruit, lempok durian, keripik pisang, pie, kaos khas Lampung, manisan buah, sambal, kemplang, dll.

Tinggalkan Balasan