Oleh-oleh Khas Magetan

Bicara soal Jawa Timur, wilayah ini memiliki destinasi wisata menarik dan mempesona. Selain itu, buah tangannya pun dinilai unik sehingga toko souvenir akan penh sesak saat weekend. Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Magetan yang terbaik di tahun 2020.

Beberapa Oleh-oleh Khas Magetan yang Menarik

Liburan terasa kurang rasanya tanpa membawa pulang buah tangan untuk keluarga. Bicara tentang hal itu, ada berbagai benda menarik yang bisa diberikan pada sanak saudara. Jangan khawatirkan soal biaya karena ia dijual cukup terjangkau, seperti jajanan khas magetan berikut ini:

Jenang Candi

Jenang Candi Magetan

Jenang candi ialah salah satu oleh-oleh wajib dari Magetan. Memang, cemilan ini bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, juga memiliki ciri khas yakni warnanya jauh lebih coklat atau gelap dibandingkan yang lain. Rasa panganan itu manis sehingga cocok disajikan saat ngobrol santai dengan keluarga.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Selain warna sangat pekat, di atasnya terdapat taburan wijen sehingga makin terasa kekhasannya. Rasa unik jenang tercipta karena adanya tambahan gula jawa. Harga satu kotak oleh-oleh khas ini cukup terjangkau yaitu Rp. 38.000. ukurannya besar jadi bisa dibagikan untuk cemilan keluarga di rumah.

Madu Mongso

Madu Mongso Magetan

Ini adalah salah satu produk unggulan masyarakat Magetan. Rasa madu mongso begitu lezat yakni perpaduan antara asam dan manis. Sebab dibuat dari olahan tape ketan hitam yang difermentasikan, selanjutnya dibungkus rapi dalam ukuran kecil-kecil.

Keunikan rasa dari madu mongso ini membuatnya cukup laris sehingga sering ludes di toko oleh-oleh. Selain lezat, harganya pun murah yakni sekitar Rp. 25.000 satu kemasannya. Kemasannya bervariasi mulai dari mika hingga kotak kardus. Harganya akan menyesuaikan bergantung pada isi dan kemasan.

Manisan Kulit Jeruk

Manisan Kulit Jeruk Magetan

Selain tempat makan asyik di Magetan, makanan khas asli lokal yang menarik untuk dicoba yaitu manisan kulit jeruk. Cemilan ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Warga lokal daerah tersebut sangat kreatif hingga bisa mengubah kulit buah menjadi penganan lezat bernilai tinggi.

Sama seperti dagingnya, manisan kulit jeruk ini pun mengandung vitamin C sehingga baik untuk kesehatan. Siapa sangka, bahan dengan rasa pahit bisa menjadi olahan makanan bercita rasa manis menggoda. Cemilan mungil itu dijual Rp. 10.000 saja, Anda juga dapat menemukannya secara online.

Kue Semprong Gulung

Kue Semprong Gulung Magetan

Ada lagi cemilan khas Magetan yang tak boleh dilewatkan yaitu kue semprong gulung. Rasanya manis serta gurih dengan bentuk menyerupai gulungan. Ini terbuat dari tepung tapioka, gula, telur dan mentega. Teksturnya renyah saat digigit. Makanan tersebut juga awet hingga cocok jika dijadikan buah tangan keluarga di rumah.

Di sisi lain, juga mudah ditemukan di toko oleh-oleh. Selain rasanya enak, cemilan ini pun dijual dengan harga sangat murah. Kue semprong gulung itu dihargai sekitar Rp. 8000 per plastik. Harganya cukup terjangkau, bukan? Dijamin makanan tersebut akan menjadi buah tangan terbaik.

Anyaman Bambu

Anyaman Bambu Magetan

Selain makanan, daerah Magetan pun terkenal akan pengrajin bambunya. Hasil kerajinannya sungguh indah dan bernilai seni tinggi. Berbagai perabotan rumah diciptakan dari bambu mulai tempat nasi hingga lampu tidur. Produknya terlihat lebih menarik dengan adanya tambahan warna pada hasil anyaman.

Untuk sebuah ceting, tempat nasi tradisional dijual sekitar Rp. 30.000 saja. Apabila menginginkan yang praktis dan mudah dibawa, Anda bisa membawa pulang alas makan dari bambu dengan mengeluarkan uang Rp. 4000. Sangat murah, bukan? Sanak saudara akan senang menerima oleh-oleh unik ini.

Batik Pring/Sidomukti

Batik Pring Magetan

Tak hanya keindahan wisata Magetan, oleh-olehnya pun sangat unik, salah satunya ialah batik sidomukti. Kain tradisional ini memang dimiliki oleh daerah lainnya. Namun ada ciri khas yang melekat padanya yaitu motifnya. Corak milik Jawa Timur ini spesial karena mayoritas bergambar bambu.

Pring ialah bahasa Jawa yang bermakna bambu. Motif ini tercipta karena dahulu di Sidomukti, daerah Magetan terdapat banyak sekali jenis pohon tersebut. Hal itu dimanfaatkan oleh pengrajin batik hingga akhirnya muncul motif pring sedapur. Harga satu kain cukup fantastis yaitu Rp. 500.000 hingga jutaan.

Kerupuk Lempeng

Krupuk Lempeng Magetan

Jika Anda ingin cemilan murah meriah yang mudah dibawa kemana saja, maka ini bisa dijadikan salah satu list. Kerupuk ini jadi andalan masyarakat Magetan. Sebab tak hanya disuguhkan sebagai penganan sore hari, namun kerap dijadikan teman makan nasi. Hal itu dikarenakan rasa lempeng sangat gurih.

Ini adalah hal yang wajar. Mengingat banyak orang Indonesia selalu mengonsumsi kerupuk saat makan nasi. Apalagi tekstur lempeng sangat renyah sehingga Anda takkan bosan mengunyahnya. Harganya super murah yaitu belasan ribu saja. Dijamin, keluarga di rumah akan ketagihan saat menyantapnya.

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel Magetan

Salah satu produk unggulan untuk dijadikan oleh-oleh yaitu bumbu pecel yang terbuat dari kacang tanah kemudian diolah bersama rempah-rempah pilihan. Makanan ini sebenarnya bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, kualitas produk Magetan itu terkenal enak. Rugi rasanya jika Anda tidak membelinya.

Untuk harganya tidak semahal perkiraan Anda, satu bungkus plastik dihargai sekitar Rp. 25.000. Bumbu ini awet sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan untuk tetangga sebelah. Dijamin, ibu-ibu akan merasa bahagia saat menerima produk asli Magetan tersebut.

Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit Magetan

Kerajinan khas Magetan menjadi salah satu incaran para turis yang datang ke Jawa Timur. Betapa tidak, daerah ini sangat terkenal dengan hasil olahan kulitnya. Berbagai produk telah diciptakan mulai dari tas, sepatu, sandal dan aksesoris lainnya. Harganya sangat bervariasi, namun cukup terjangkau.

Kualitas barang tidak perlu diragukan lagi. Hasil karya warga Magetan ini bahkan telah diekspor ke berbagai negara. Para pengrajin terus memberikan inovasi terbaru pada produknya sehingga tetap mengikuti perubahan zaman. Harga sebuah kerajinan kulit dipathok dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Brem

Brem Magetan

Jika Anda pecinta cemilan, jangan lupa memborong ini saat berada di Magetan. Cemilan itu berbentuk persegi panjang berwarna putih krem yang terbuat dari sari ketan, lalu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan brem. Rasanya manis sekaligus asam, jika dirasakan keasamannya seperti yoghurt.

Makanan hasil fermentasi ini sangat awet. Rasanya pun unik sehingga lebih enak menyantapnya bersama-sama. Magetan tidak hanya menjualnya, namun sekaligus memproduksinya. Untuk harga penganan enak itu dihargai Rp. 32.000 per kotaknya. Umumnya satu kotak berisi 5 buah.

Emping Melinjo

Emping Melinjo Magetan

Siapa tak mengenal emping? Cemilan yang dibuat dari buah melinjo ini sangat laris manis. Sentra produksi makanan itu berada di daerah Purwosari. Rasanya gurih dengan aroma khasnya. Bentuknya bulat pipih dan bisa dijadikan sebagai teman ngobrol di sore hari.

Keahlian membuat penganan melinjo telah diturunkan dari generasi ke generasi sehingga rasanya tidak pernah berubah. Umumnya, cemilan gurih ini dijual per kilogram. Satu kilo emping dijual Rp. 50.000. Ada pula yang menjual Rp. 80.000. Itu semua tergantung pada kualitasnya.

Carang Mas

Carang Mas Magetan

Sama seperti oleh-oleh khas Madiun, Anda pun dapat menemukan carang mas di Magetan. Bagi pelancong yang belum mengenal cemilan ini, produk tersebut terbuat dari singkong dan bercita rasa manis. Tekstur penganan itu sangat renyah. Sekilas seperti sarang burung dibentuk bulat-bulat kecil.

Selain dari singkong, ada pula yang menjual carang dari buah apel atau ubi jalar. Tentu rasanya pun tak kalah lezat. Harga satu plastiknya sangat murah yaitu Rp. 9.000. Oleh-oleh lezat ini akan menjadi kesukaan keluarga di rumah.

Bolu Rahayu (Roti Endog)

Bolu Rahayu magetan

Bolu rahayu ialah makanan asli Magetan yang banyak dicari orang. Makanan ini terkadang dijuluki roti endog bermakna roti telur. Penyebutan tersebut dikarenakan ia berbentuk oval menyerupai telur. Setelah mencicipi satu gigitan saja, pelancong bisa merasakan rasa manis dibaluti aroma jeruk khas.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Blitar

Roti itu ada sejak zaman Belanda. Hingga kini ia masih dilestarikan dan dijadikan oleh-oleh khas Magetan. Cemilan manis beraroma jeruk tersebut sangat pas disajikan dengan secangkir teh di sore hari. Harga satu buah dihargai Rp. 3000. Ini sangat terjangkau dan layak dijadikan buah tangan untuk kesayangan.

Buah Kesemek

Buah Kesemek Magetan

Buah khas Magetan yang bisa dibawa pulang yaitu kesemek, ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Warnanya oranye dengan bentuk seperti buah tomat berukuran besar. Rasanya sungguh lezat dengan perpaduan manis dan segar. Namun, pastikan sudah masak sebab jika mentah rasanya hambar.

Saat membeli di penjual buah, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa buah tersebut masih ada bubuk putihnya. Anda jangan khawatir karena itu berarti kesemek telah melewati proses perendaman. Ini bertujuan agar memiliki tekstur selayaknya apel. Harga satu kilonya dijual sekitar Rp. 50.000.

Roti Bolu

Roti Bolu Magetan

Selain bolu Rahayu, pelancong pun bisa menikmati roti bolu yang lezat buatan warga Jawa Timur. Makanan itu kerap disajikan sebagai cemilan baik pagi maupun sore hari. Selain itu, ia memiliki rasa manis. Tekstur roti ini sangat lembut sehingga cocok dihidangkan dengan minuman apa saja.

Kue ini akan menjadi bingkisan terbaik yang bisa diberikan pada sanak saudara. Apalagi harganya cukup terjangkau. Jika tertarik membelinya, silakan datang langsung ke toko oleh-oleh khas Magetan di pusat kota.

Rengginang

Rengginang Magetan

Ada lagi makanan asli Magetan yang bisa dinikmati saat bersantai di sore hari yaitu rengginang. Cemilan ini memiliki teksur renyah, sebab terbuat dari ketan diolah bersama rempah-rempah pilihan. Proses pembuatannya cukup rumit yaitu bahan baku direbus lalu dicampur beberapa bumbu dan selanjutnya dikeringkan.

Bentuknya bulat dan bertektur ringan. Rengginang ini cocok dijadikan oleh-oleh karena sangat gurih. Rasanya yang nikmat membuatnya cukp laris manis di toko oleh-oleh. Jika tidak mau menyesal, jangan lupa memburunya setiba di daerah Magetan, Jawa Timur.

Keripik Kulit Melinjo

Keripik Kulit Melinjo Magetan

Oleh-oleh snack khas Magetan yang enak dan menarik untuk dibawa pulang yaitu keripik. Cemilan ini memiliki rasa lezat tak terlupakan. Selain buahnya, ternyata kulit melinjo pun bisa diubah jadi penganan bercita rasa tinggi. Warna makanan ringan itu merah dengan kemasan sangat baik.

Satu kemasan keripik kulit melinjo dijual dengan harga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 20.000. Anda bisa akan mudah menemukannya di pusat perbelanjaan maupun toko khusus oleh-oleh di pusat kota Magetan. Penganan gurih ini akan menjadi buah tangan spesial untuk keluarga dan kerabat.

Jerangking

Jerangking Magetan

Salah satu makanan enak dari Magetan ialah jerangking, sekilas memang nampak seperti kerupuk biasanya. Namun, cemilan ini lebih menyehatkan dibandingkan dengan penganan tersebut karena proses pembuatannya dipanggang dengan tidak menggunakan minyak sama sekali.

Jerangking terbuat dari beras ketan yang diolah kemudian dipres sehingga berbentuk kotak tipis. Setelah dibentuk, cemilan tersebut dipanggang hingga matang. Uniknya, olahan ini tetap memiliki rasa gurih meskipun tidak memakai penyedap makanan sehingga cukup aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Clutch

Souvenir khas Magetan salah satunya yaitu clutch. Benda ini sering digunakan wanita saat pergi ke kondangan atau pesta. Bentuk clutch buatan warga sini sangat indah sebab dihasilkan dari anyaman dengan hiasan brukat di sekelilingnya. Desainnya menawan sehingga membuat si pemakai lebih cantik.

Harga produk berkualitas ini berbeda-beda. Hal ini bergantung pada kualitas serta kerumitan desain. Tas trendi itu akan membuat tampilan semakin menawan. Satu buah clutch dijual dengan harga Rp. 180.000. Selain dijadikan oleh-oleh, barang tersebut bisa menjadi hadiah momen spesial kesayangan Anda.

Likak-likuk

Likak-likuk Magetan

Likak-likuk ialah salah satu cemilan tradsional khas Magetan. Makanan khas tersebut berbentuk seperti angka 8 dengan rasa manis serta gurih. Perpaduan kedua varian tersebut meninggalkan sensasi lezat tak terlupakan.

Cemilan ini terbuat dari tepung ketan dan termasuk jajanan tradisional yang terkenal di Magetan. Ini cocok dijadikan oleh-oleh karena lezat dan terjangkau sehingga tidak akan membengkakkan anggaran berwisata bagi para pelancong. Satu kemasan likak-likuk dijual Rp. 8000. Sangat murah, bukan?

Keripik Paru

Keripik Paru Magetan

Paru biasanya diolah menjadi lauk sebagai teman makan bersama nasi. Namun, warga Magetan mengubahnya menjadi cemilan ringan. Keripik dari olahan paru sapi tersebut sangatlah renyah sehingga digemari oleh masyarakat Magetan maupun turis yang berkunjung ke sana.

Satu bungkusnya dijual cukup terjangkau yakni Rp. 22.000 dengan ukuran 100 gram dan sangat laris manis di pasaran. Apalagi setelah ada label halal, penganan ini memiliki rasa sangat enak. Akan sangat cocok disantap bersama secangkir teh hangat.

Gula Kacang

Gula Kacang Magetan

Tak hanya oleh-oleh khas Ngawi, makanan dari Magetan pun memiliki rasa lezat. Salah satunya yaitu gula kacang. Cemilan ini memiliki rasa manis yang menggelora. Ia dibuat dengan bahan-bahan alami, tanpa pengawet sedikit pun. Meskipun demikian, sangat awet sehingga cocok untuk buah tangan.

Cemilan ini terbuat dari kacang dan gula merah yang disatukan. Gula kacang dapat dengan mudah ditemukan di toko pusat oleh-oleh Magetan. Satu kemasan kecilnya dihargai sekitar Rp. 9.000. Harganya cukup terjangkau, apalagi dikemas secara minimalis.

Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak Magetan

Selain makanan, terdapat cemilan enak asal Magetan yaitu kerupuk rambat. Penganan ini tidak hanya dimakan sebagai snack. Namun, banyak orang memakannya bersama nasi. Ia terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan aneka rempah-rempah berkualitas.

Rasanya sungguh gurih sehingga digemari oleh siapapun. Cemilan itu praktis karena sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Jika tertarik membelinya, jangan lupa datang ke toko oleh-oleh terdekat. Dijamin, ini akan jadi buah tangan spesial untuk keluarga di rumah.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Gresik

Nah, itulah beberapa pilihan oleh-oleh khas Magetan yang terbaik. Kini Anda bisa memilih sesuai selera serta anggaran masing-masing.

Tinggalkan komentar