Oleh-Oleh Khas Makassar

Oleh-oleh Khas Makasar – Makassar adalah kota yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini merpakan kota utama atau disebut juga dengan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia bagian Timur. Sebelum menjadi kota Makassar, nama terdahulunya adalah Ujung Pandang di mana kota ini pernah menjadi ibukota sementara dari Indonesia Timur. Ibu kota ini adalah kota awal yang bisa anda capai sebelum memasuki kota lain di daerah Sulawesi dan Indonesia Timur lainnya.

Sekilas Makassar

Sekilas Wisata Makassar

Bandara yang menjadi persinggahan dari wisatawan berbagai daerah letaknya di Bandar Udara Hasanuddin. Dari sini anda bisa menuju destinasi lainnya di Sulawesi seperti Maluku dan Papua. Kota Makassar sendiri dikenal dengan kekayaan wisata akan sejarah, budaya dan juga kulinernya.

Luas kota Makassar ini yakni 199,26 kilometer persegi yang dihuni oleh masyarakat suku Bugis, Toraja, Buton, Jawa, Mandar dan Tionghoa. Jadi tidak hanya masyarakat asli sana saja ya yang tinggal di Makassar. Tetapi juga suku lain yang memang menetap dan akhirnya meneruskan keturunan dengan asli Makassar.

Sudah seperti daerah sendiri. Makassar menjadi salah satu destinasi wisata yang patut anda masukkan dalam daftar liburan. Pasalnya banyak yang dapat dijadikan tujuan wisata karena Makassar kaya akan landmark kota dan wisata edukasi yang cocok untuk anda dan anak-anak. Makassar memiliki landmark kota bersejarah bekas peninggalan Kerajaan Gowa yang berada di Jalan Ujung Pandang yakni Fort Rotterdam. Peninggalan sejarah berupa benteng ini dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan waktu terbaik antara pagi sekali atau menjelang sore saat matahari terbenam.

Keindahannya akan terlihat dari gerakan matahari yang seolah melambaikan perpisahan dengan warna langit yang semakin cantik. Selain itu Kota Makassar juga dikenal dengan kekentalannya akan tradisi Islam. Salah satunya ditandai dengan berdirinya Masjid Raya Makassar yang menjadi masji terpenting dan bersejarah. Menara masjidnya setinggi 66 meter dan menara lainnya 47 meter dibangun pada tahun 1949 dengan kapasitas sekitar 10.000 orang jamaah.

Ada pula tujuan wisata lainnya yakni ikon Kota Makassar berupa lapangan yang disebut dengan Lapangan Karebosi. Ada pula Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat yang dibangun untuk mengenang peristiwa pembebasan Irian Barat dari penjajah. Dan ada pula monumen dengan tinggi 75 meter yang diyakini sebagai simbol Tiga Komando Rakyat dihiasi dengan relief kobaran api di bagian bawah monumennya.

Tempat Wisata Lainnya

Tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke Makassar adalah Pantai Losari. Pantai ini memiliki keunikan yakni tidak memiliki pasir seperti pantai lainnya. Jadi jangan berkhayal untuk main-main pasir dipinggir laut seperti pantai pada umumnya ya. Pantai ini bisa didatangi dan melakukan hal yang menyenangkan seperti memancing, naik banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak cara seru lainnya yang bisa dinikmati.

Di Makassar juga terdapat destinasi wisata berbentuk taman edukasi yakni Taman Nasional Bantimurung di daerah Maros. Meski perjalanannya menempuh jarak 45 kilometer, taman ini patut dikunjungi karena memiliki koleksi kupu-kupu yang cukup besar sebanyak 250 jenis.

Taman nasional yang ditemukan oleh Alfres Russel Wallace yakni seorang ahli botani dari Inggris ini memiliki koleksi kupu-kupu hidup mulai dari bentuk yang masih ulat, kepompong hingga menjadi kupu-kupu yang cantik.

Ada pula koleksi kupu-kupu yang diawetkan. Kupu-kupu memang menjadi maskot di tempat wisata ini dengan adanya patung kupu-kupu raksasa di gerbang masuk taman nasionalnya. Tidak hanya melihat kupu-kupu saja, tetapi anda juga bisa bermain flying fox, berenang hingga menjelajahi gua dengan air terjun yang ada di kawasan ini. Atau anda menyukai kegiatan menyelam hingga snorkeling? Tenang saja, Makassar memiliki tempat wisata yang pas untuk anda.

Taman Laut Taka Bonerate

Adalah Taman Laut Taka Bonerate di Kepulauan Selayar yang dihiasi dengan kecantikan terumbu karang, ratusan jenis ikan, penyu dan juga kura-kura. Ada waktu tertentu di mana menyelam menjadi waktu terbaik di taman laut ini yakni antara bulan April hingga Mei. Karena pada masa itu arus dan suhu air sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang penyelam juga dalam kondisi sempurna. Pantai lainnya di Makassar yang tidak kalah cantik adalah Tanjung Bira.

Rasanya destinasi wisata ini sudah cukup terkenal bagi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Terkenal dengan keindahannya dan pasir pantai yang lembut dan putih bersih sehingga air lautnya menjadi jernih kebiruan.

Anda bisa berenang, berjemur, bersantai hingga snorkeling di Tanjung Bira ini. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap yakni mulai dari penginapan, restoran hingga kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang. Jika anda ingin jalan-jalan sendiri, anda bisa menyewa motor yang disediakan.

Masih banyak destinasi wisata yang mungkin belum diketahui oleh banyak wisatawan seperti Pulau Lae-Lae Kecil, Pulau Kapoposang, Chinatown, Hutan Mangrove Lantebung, Bukit Kanari dan Tebing Appalarang. Banyaknya tempat wisata yang ada di Kota Makassar membuat anda rasanya tidak cukup untuk berada di sini hanya sebentar. Apalagi liburan di Kota Makassar bersama keluarga, sahabat atau pasangan terkasih. Rasanya jadi ingin berlama-lama agar bisa mengunjungi semua tempat indah di Makassar.

Oleh Oleh Khas Makassar Yang Wajib Di Bawa Pulang

makassar kota

Tidak ketinggalan tentu setelah pergi mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik dan mengasyikkan, rasanya kurang lengkap jika belum memanjakan diri dengan beragam kuliner dan oleh-oleh khas Makassar. Anda bisa menemukannya di Kota Makassar ini. Mengingat nama lapangan yakni Lapangan Karebosi jadi mengingatkan kita pada kuliner khasnya yakni Coto Makassar dan Sop Konro Karebosi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Untuk oleh-oleh khas Makassar sendiri anda bisa menemukannya di daerah di Makassar yang menyediakan oleh-oleh. Salah satu yang terkenal adalah Jalan Somba Opu. Di jalan ini anda bisa mencari oleh-oleh khas Makassar seperti kerajinan tangan, makanan khas Makassar hingga minyak gosok cap tawon. Jangan salah minyak gosok ini merupakan oleh-oleh yang popular lho.

Nah, jika anda ingin memberikan oleh-oleh untuk orang terkasih di rumah, anda bisa membelikan beberapa rekomendasi oleh-oleh berikut ini.

Oleh-Oleh Khas Makassar Otak-Otak Ikan Tenggiri

Oleh-Oleh Makassar Otak-Otak Ikan Tenggiri

Oleh-oleh khas Makassar yang bisa anda beli adalah otak-otak ikan tenggiri. Nikmatnya otak-otak yang dibungkus dengan daun pisang ini dibakar terlebih dahulu. Aroma bakarannya khas dengan saus khas.

Mengingat makanan ini harus segera dikonsumsi, jika anda ingin membawa pulang dengan jarak tempuh yang jauh anda bisa memesannya terlebih dahulu agar otak-otak yang dibuat masih fresh dan lebih tahan lama. Anda bisa menemukan otak-otak ikan tenggiri di sepanjang Pantai Losari. Yang terkenal untuk dijadikan oleh-oleh adalah otak-otak Ibu Elly dan Ibu Sanny.

Oleh-Oleh Khas Makassar Bannang-Bannang

Oleh-oleh Khas Makassar Bannang-Bannang

Nama makanan yang satu ini artinya adalah benag-benang. Karena bentuknya menyerupai benang-benang yang dikumpulkan menjadi satu yang kusut dilipat-lipat.

Jajanan khas Makassar yang satu ini rasanya manis dan memiliki lambang ikatan yang erat sehingga sering ditemukan dalam upacara adat pernikahan di Kota Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Kue Kurma

Oleh-oleh khas Makassar Kue Kurma

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan telur, tepung terigu, mentega, maizena dan dibalut caramel. Hal ini lah yang menjadikan oleh-oleh khas Makassar ini dinamakan kue kurman karena menyerupai kurma.

Rasa dari kue kurma ini manis dan sedikit gurih karena ada balutan dari potongan kacang. Kue kurma ini banyak diburu untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah asal.

Oleh-Oleh Khas Makassar Kacang Sembunyi

Oleh-oleh khas Makassar kacang sembunyi

Namanya cukup unik dan lucu ya. Tetapi bukan berarti untuk memakannya anda harus mencari kacang yang tersembunyi di dalamnya. Melainkan ini adalah nama dari jajanan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah dengan balutan tepung di luarnya. Rasanya gurih dan cocok untuk dijadikan cemilan sambil minum teh atau kopi.

Oleh-Oleh Khas Makassar Baruasa

Oleh-oleh khas Makassar Baruasa

Baruasa adalah oleh-oleh khas Makassar yang dibuat dari tepung beras, telur dan kelapa parut kering. Makanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di seluruh sudur Kota Makassar dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Kota Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Sirup DHT

Oleh-oleh khas Makassar Sirup DHT

Oleh-oleh kok sirup? Jangan salah, sirup yang satu ini berbeda dengan sirup lainnya yang ada di pasaran. Sirup DHT ini sudah menjadi andalan untuk dijadikan oleh-oleh khas Kota Makassar. Jika anda pernah mencicipi sirup tjampolay yang legendaris, rasanya mirip dengan sirup khas Cirebon tersebut.

Rasa sirup DHT ini memiliki rasa pisang ambon. Dan yang menjadi cocok dibuat oleh-oleh adalah karena sirup DHT ini sejak dahulu tidak pernah berubah dari segi rasa dan kemasannya hingga sekarang. Jadi rasanya tepat untuk menjadikan sirup DHT sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Sirup Markisa Asli Makassar

Oleh-oleh Sirup Markisa Asli Makassar

Sirup lainnya yang bisa anda berikan untuk oleh-oleh adalah sirup markisa. Ternyata tidak hanya Kota Medan saja yang memiliki sirup markisa, tetapi juga di Makassar. Mereka memiliki sirup markisa yang rasanya berbeda dengan sirup lainnya.

Dibuat dari buah markisa asli bukan serbuk markisan olahan dan bahan kimia lainnya. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Abon Raos

Oleh-oleh khas Makassar Abon Raos

Raos adalah bahasa Sunda yang berarti enak. Abon raos ini dibuat dari daging sapi yang memiliki rasa enak dan cukup mengigit lidah.

Cocok untuk disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Anda bisa menemukan Abon Raos ini di setiap sudut Kota Makassar dan di pusat oleh-oleh khas Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Kerupuk Jintan

Oleh-oleh khas Makassar Kerupuk Jintan

Rasa khas Makassar lainnya bisa anda dapatkan pada kerupuk jintan. Kerupuk ini lebih mirip kue kering daripada kerupuk. Pasalnya kerupuk jintan ini memiliki tekstur yang renyah seperti kerupuk dan ditambahkan dengan jintan hitam di dalam adonannya.

Maka terciptalah kerupuk jintan yang rasanya cukup unik ini.

Oleh-Oleh Khas Makassar Dangke

Oleh-oleh khas Makassar Dangke

Dangke adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari susu kerbau yang difermentasi. Hanya ada di Enrekang yakni tempat yang dikenal sebagai penghasil susu kambing etawa. Cara makannya pun cukup unik.

Dangke dapat dimakan bersama nasi hangat dan sambal. Bisa dikatakan dangke ini termasuk bisa dibuat lauk makan.

Oleh-Oleh Khas Makassar Kacang Disko Makassar

Oleh-oleh khas Makassar Kacang Disco

Makassar juga memiliki cemilan kacang disko yang mirip dengan oleh-oleh Bali. Cemilan yang satu ini memiliki rasa gurih dan renyah dan terkenal menjadi oleh-oleh khas Makassar. Varian yang ditawarkan juga beragam. Yakni rasa rempah dan juga original.

Anda bisa mendapatkannya di swalayan atau toko oleh-oleh khas Makassar yang tersedia.

Oleh-Oleh Khas Makassar Coto Makassar Instan

Oleh-oleh khas Makassar Coto Makassar Instan

Bagi anda yang belum sempat merasakan kenikmatan coto Makassar asli di asalnya, anda bisa membawa pulang kelezatannya ke rumah. Caranya dengan membeli oleh-oleh berupa bumbu coto Makassar instan yang bisa dimasak di rumah kapanpun anda mau.

Satu paket coto Makassar instan ini bisa untuk 5 porsi coto Makassar.

Oleh-Oleh Khas Makassar Kue Deppa Tori Khas Toraja

Oleh-oleh khas Makassar Kue Deppa Tori Khas Toraja

Daerah Toraja juga memiliki oleh-oleh khasnya yakni deppa tori. Ukuran sebesar jari tangan, kue ini memiliki warna coklat tua dengan taburan wijen diatasnya. Rasa dari kue ini manis dengan tekstur yang garis di luar tetapi lembut di dalam.

Dibuat dari tepung beras sehingga teksturnya berusah menjadi lebih kasar sebagai kunci dari nikmatnya kue ini.

Mantao Pare

Oleh-oleh khas Makassar Mantao Pare

Merek kue tradisional yang satu ini adalah roti tanpa pengawet dan awalnya hanya sebagai konsumsi keluarga pribadi saja. Tetapi makanan yang satu ini ternyata menarik minat yang mencobanya sehingga saat ini sangat laris terjual ke beberapa daerah bahkan hingga ke luar negeri seperti Singapore dan Hongkong.

Rasanya empuk, gurih dan garih, padat sehingga dapat membuat anda ketagihan setelah mencobanya.

Pa’piong Toraja

Oleh-oleh khas Makassar Pa’piong Toraja

Makanan satu ini merupakan masakan khas Toraja yang sayang jika tidak dicoba. Bahan yang digunakan untuk membuat pa’piong ini ada 3 jenis yakni, ayam, kerbau dan babi. Jadi anda bisa memilih yang ayam atau kerbau untuk yang ingin mencobanya. Pembuatannya yakni masng-masing daging dicampur dengan bumbu seperti sayur, garam, jahe dan bawang putih lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Kemudian disajikan dengan irisan batang pohon pisang dengan potongan cabai. Makanan yang satu ini mungkin lebih baik dikonsumsi oleh anda yang non-muslim agar tetap aman.

Kopi Toraja

Oleh-oleh khas Makassar Kopi Toraja

Pecinta kopi sungguh sangat dimanjakan di manapun berada. Pasalnya untuk oleh-oleh khas Makassar ini juga terdapat kopi yang khas pula. Kopi Toraja memiliki cita rasa khas Makassar yang tidak biasa pada kopi lainnya.

Ada 3 jenis pilihan kopi Toraja yakni arabicam robusta dan special blend. Anda bisa menemukan kopi Toraja ini di tempat oleh-oleh khas Makassar yang tersedia.

Kain Sutra Sengkang

Oleh-oleh khas Makassar Kain Sutra Sengkang

Selain makanan dan minuman, anda juga bisa membelikan oleh-oleh khas Makassar berupa barang. Salah satu rekomendasinya adalah kain sutra Sengkang. Kain ini merupakan kain khas Makassar yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Selain itu terdapat juga kain tenun khas Bugis yang awet dan tahan lama dengan kualitas yang sangat baik. Meski kain sutra asli tergolong mahal, namun anda bisa memilih kain semi sutra yang harganya lebih terjangkau dengan pilihan warna dan motif khas Makassar daripada kain sutra asli yang harganya sangat mahal.

Minyak Tawon

Oleh-oleh khas Makassar Minyak Tawon makassar

Meski anda bisa menjumpai minyak tawon di mana saja, tetapi minyak tawon yang berasal dari Kota Makassar ini memiliki kualitas yang lebih baik. Karena berasal dari kota aslinya yang merupakan penghasil minyak tawon. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas Makassar dengan ukuran kemasan yang cukup besar disertai berbagai pilihan aroma dari minyak tawon.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Surabaya

Tidak hanya sekedar minyak, minyak tawon dapat mengobat seperti gatal-gatal, kram hingga bisul dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang bisa anda bawa pulang setelah mengunjungi kota cantik ini.

Tinggalkan komentar