Oleh-oleh Khas Manado

Oleh-oleh Khas Manado
17Apr, 2020

Kota Manado cukup terkenal di Indonesia, namun biasanya orang mencermati cara bahasa mereka yang khas dengan kekentalan logat Batak. Selain itu, daerah tersebut punya banyak daya tarik untuk membuat para wisatawan berkunjung dengan berbagai tujuan mencicipi Oleh-oleh khas Manado.

Ragam Oleh-oleh Khas Manado yang Tak Boleh Dilewatkan

Ragam Oleh-oleh Khas Manado yang Tak Boleh Dilewatkan

Kota Manado sendiri memiliki banyak ragam ciri khas yang membedakannya dengan daerah lainnya. Maka dari itu, pilihan opsi jajanan maupun cinderamata bagi sanak keluarga di rumah juga bermacam-macam.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bandung

Supaya tidak kebingungan, maka diperlukan data mengenai apa saja jenisnya. Berikut ini akan disebutkan apa saja oleh-oleh khas Manado 2020:

Cakalang Fufu Bumbu Manado

Cakalang Fufu Bumbu Manado

Ikan Cakalang merupakan salah satu bahan olahan hewani khas Kota Manado, sehingga tidak mengherankan jika ia menjadi komoditas andalan penjualan kuliner maupun oleh-oleh istimewa daerah tersebut.

Menu ini jadi salah satu yang menjadi langganan para penyuka cita rasa tradisional. Cakalang Fufu dibuat dengan bahan utama berupa ikan cakalang.

Selanjutnya, ia diasapkan di atas rakitan bambu bersama bumbu khas Manado. Jika berada dalam jarak tempuh perjalanan tidak terlalu panjang, maka olahan ini bisa dibawa pulang karena memiliki keawetan kurang dari 24 jam. Untuk harga berkisar Rp. 85.000,- tiap porsinya.

Sambal Rica Roa Manado

Sambal Rica Roa Manado

Sambal merupakan pelengkap hidangan yang memiliki fungsi penting. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa jika bagian ini kurang sedap, maka keseluruhan rasa makanan menjadi tidak lengkap. Maka karena itu, si pedas Rica Roa Manado harus dicoba dan dibuktikan kelezatannya.

Sambal khas Manado ini dibuat dengan bahan baku utama Ikan Roa dengan harga berkisar Rp. 60.000,- tiap kaleng.

Kini, ia banyak dijual secara kemasan dalam botol-botol kecil sehingga menjadikannya lebih mudah dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Daya tahan nya pun bisa sampai satu minggu, apalagi jika digoreng kembali.

Kue Kacang Manis Halua Kenari

Kue Kacang Manis Halua Kenari

Mungkin tidak terlalu meyakinkan untuk menyebut olahan ini sebagai kue, mengingat bahan bakunya ialah kacang kenari serta adonan cair gula merah. Meskipun begitu, penamaan tersebut cukup populer untuk penyebutan Halua Kenari.

Camilan ini memiliki karakteristik manis nan lembut dengan cita rasa khas Manado. Halua Kenari dibuat dari kacang kenari pilihan dan disiram menggunakan cairan gula merah yang sudah ditambah beberapa jenis rempah.

Paling enak untuk menikmatinya bersama dengan kombinasi minuman hangat, seperti wedang jahe, teh / kopi. Teksturnya kering sehingga awet disuguhkan berhari-hari. Dibanderol dengan harga berkisar Rp. 16.000,- saja.

Kue Peninggalan Belanda, Klappertaart

Kue Peninggalan Belanda, Klappertaart

Kue satu ini mungkin sudah nampak asing dari namanya. Maklum saja, konon Klappertaart memang makanan ringan peninggalan Belanda sewaktu masih berada di bumi Manado. Bahan pembuatan nya sendiri terdiri dari adonan tepung, gula, susu, margarin, air kelapa muda yang dicampur daging.

Klappertaart sendiri rasanya manis dan gurih. Ketika digigit rasanya lembut serta tidak akan gampang membuat enek. Oleh-oleh khas ini biasa dijual dalam bentuk porsi dengan berbagai ukuran dan dibandrol mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 60.000,- tiap kotak. Kue ini tahan simpan selama 12 jam.

Kacang Goyang Warna Warni Khas Manado

Kacang Goyang Warna Warni Khas Manado

Camilan kacang berbalut mungkin sudah banyak ditemui. Mulai dari balutan telur, bumbu asin atau lain semacamnya. namun kota Manado menawarkan jajanan berbeda, yaitu kacang goyang warna-warni. Istilah ini sendiri diambil dari cara pembuatannya yang harus digoyang-goyang dalam wadah.

Selain itu, Kacang goyang khas Manado juga memiliki warna warni yang menarik seperti hijau, merah muda, kuning, putih, dan oranye.

Rasanya gurih dan manis karena balutan dibuat dari tepung terigu dan gula. Camilan ini sangat cocok disuguhkan dalam berbagai acara keluarga / pun momen santai. Harganya berkisar Rp. 10.000, – Rp. 25.000, tiap kemasan.

Pala Manis Khas Daerah Bitung

Pala Manis

Olahan ini kelihatannya memang sederhana karena hanya melibatkan biji buah pala yang diberikan cairan gula. Namun, meskipun begitu, ternyata bisa melahirkan rasa istimewa antara manis dan cita rasa asli dari buah aslinya. Adonan simpel ini juga menciptakan permukaan kilap pada tampilannya.

Meskipun bahannya sederhana tanpa diberikan bahan kimia apapun, pengolahannya cukup khusus sehingga mampu memberikan rasa terbaik dari buah pala. Sajian jajanan ini juga tidak terlalu basah sehingga dapat bertahan hingga 3 hari.

Di toko, biji manis ini dijual dalam kemasan berbagai ukuran dengan harga berkisar Rp. 40.000, per kemasan.

Kue Lampu-Lampu Tradisional dan Bernutrisi

Kue Lampu-Lampu Tradisional dan Bernutrisi

Oleh-oleh khas Bitung selanjutnya setelah olahan Pala Manis ialah kue lampu-lampu. Secara tampilan, makanan khas ini memberikan kesan tradisional yang cukup kental. Sekilas potongannya seperti wingko (babat), sama-sama persegi namun lebih besar, tebal, serta terbungkus daun pisang.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue lampu-lampu terdiri dari tepung beras, terigu, santan, serta gula merah sebagai bagian isi.

Cara olahannya dengan dikukus tanpa proses penggorengan sama sekali. Sangat aman bagi keluarga dengan gangguan kolesterol tubuh. Selain itu juga awet dan harga terjangkau, yakni Rp. 2000, sampai Rp. 5000 per biji, (menyesuaikan ukuran).

Dodol Amurang Bercita Rasa Tak Biasa

Dodol Amurang Bercita Rasa Tak Biasa

Dodol memang salah satu jajanan yang banyak diproduksi di beberapa daerah di Indonesia, terutama wilayah Jawa Barat.

Namun di Manado, makanan sejenis dibuat mengunakan bahan-bahan spesial tambahan sehingga melahirkan cita rasa tidak biasa, antara manis, gurih, legit dengan tekstur lembut. Masyarakat Manado menamakannya dodol Amurang.

Ia dibuat dengan adonan beras ketan, gula aren, minyak kelapa, kacang, serta ditambah dengan kayu manis. Setelah itu, dibungkus menggunakan daun kelapa kering dan dimodel gulungan. Makanan ini awet hingga waktu 3 hari dengan kisaran harga Rp. 500, – Rp. 5.000 saja per bungkus.

Pastel Panada Isi Cakalang

Pastel Panada Isi Cakalang

Kalau seseorang mendengar nama ikan Cakalang, maka tentu yang diingat ialah kota Manado karena kehadirannya khas hanya di daerah tersebut. Rasanya nan gurih serta lembut membuatnya cocok dijadikan olahan makanan berat maupun ringan. Misalnya saja kue pastel Panada khas ini.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Bentuknya yang sangat mirip dengan pastel memang memberikan nuansa modern pada satu sisi. Namun istimewanya, isiannya merupakan olahan ikan cakalang yang menyerupai abon dan salah satu kearifan lokal wilayah Manado.

Panada memiliki tekstur kering sehingga aman serta cocok untuk oleh-oleh. Dibanderol dengan harga sekitar Rp. 1.250, sampai Rp. 3.000, per biji.

Kopi Harum Khas Manado

kopi hitam khas manado

Kopi merupakan salah satu minuman favorit kebanyakan masyarakat Indonesia yang memiliki banyak khasiat. Oleh karenanya, tak heran apabila ia kini semakin banyak dihadirkan dengan berbagai nuansa baru beserta varian rasa. Tak terkecuali kota Manado dengan ciri rasa dan aroma tersendiri.

Nama kopi khas Manado ini tidak terlalu dikenal, namun orang lebih biasa menyebutnya dengan “kopi hitam Manado”. Ciri khas rasanya ialah tidak terlalu asam, serta tekstur lebih lembut di lidah dan tenggorokan. Varian nya pun macam-macam dan kini tersedia pula dalam bentuk bubuk kemasan.

Kain Bentenan Khas Manado

Kain Bentenan Khas Manado

Istilah Bentenan dalam penyebutan kain ini diambil dari nama sebuah daerah di Minahasa bagian pantai timur. Secara keseluruhan, motif yang ditampilkan pada permukaannya menyerupai batik, yaitu bercorak penuh serta detail dengan berbagai warna. Sejauh ini pembuatannya masih alami.

Kain Bentetan terbuat dari serat-serat tumbuhan seperti serat pohon Sawukauw, Lahendang, pisang, nanas hingga bambu.

Semakin berkembang, coraknya semakin beragam, tanpa menghilangkan rasa khas Manado nya. Kini, karya tersebut sudah banyak mengikuti banyak festival di berbagai negara. Jika Anda berminat, silahkan membeli dengan kisaran harga mulai Rp. 70.000, per meter.

Pernak Pernik Khas Manado

Pernak Pernik Khas Manado

Selain berupa makanan, pernak-pernik masih menjadi andalan cideramata untuk para kesayangan di rumah. Bentuknya bisa berupa gantungan kunci, kaos, tas khas Manado, hiasan meja maupun dinding, serta masih banyak bentuk kreativitas lainnya dari para seniman daerah tersebut.

Berbagai cenderamata ini bisa mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Manado yang tersebar di banyak pertokoan kota maupun batas wilayah. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp.3.000 dan kebanyakan variasi souvenir ini merupakan hasil produksi rumahan masyarakat.

Tips Berburu Oleh-oleh Manado

Tips Berburu Oleh-oleh Manado

Berburu oleh-oleh khas Manado pun ada kiatnya demi menghindari kerepotan berlebihan. Selain itu juga supaya pengeluaran biaya bisa dirampingkan sesuai anggaran. Jika calon pembeli menerapkan tips ini, maka dijamin perjalanan keluar kota makin mengesankan juga bagi para anak di rumah:

Mengenali Ciri Khas Kota Manado

Sebelum mencari pusat penjualan oleh-oleh, ada baiknya calon pembeli melakukan riset kecil-kecilan lebih dahulu mengenai apa saja jajanan khas dari kota Manado. Dengan demikian, sedikit banyak akan membantu mereka dalam menentukan gambaran barang apa yang nantinya akan dibeli.

Meskipun kelihatan sepele, namun tips berburu oleh-oleh ini sangat efisien. Pembeli bisa memotong waktu dalam memilih barang ataupun makanan ketika di toko, karena sudah tau apa yang akan dibeli. Cara belanja ini lebih aman bagi anggaran untuk meminimalisir hasrat konsumsi meluas.

Menemukan Pusat Kota

Jika sudah mengetahui oleh-oleh apa saja yang berkemungkinan untuk dibeli, kini saatnya meluncur ke pusat kota. Umumnya, letak tersebut memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan cinderamata sebagai kenang-kenangan. Dan keuntungan lain ialah tersedia varian lengkap dibanding toko lain.

Sebenarnya, pusat kota bukanlah pilihan satu-satunya penyedia souvenir dan jajanan khas. Turis bisa juga menemukannya di terminal, bandara, stasiun, ataupun titik perbatasan transportasi antar kota lainnya. Namun menurut pengalaman, terkait harga serta stok varian, pusat kota masih andalan.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Tips ini sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan ketika membeli makanan kemasan dalam jenis apapun. Namun yang lebih utama ialah jajanan kering atau semi basah seperti kue-kue dimana tidak dicantumkan tanggal kadaluarsa di sana. Alangkah baiknya jika pembeli menanyakan perihal itu.

Jangan sampai ketika sampai di rumah ternyata makanan sudah setengah layak. Untuk meyakinkan juga, tanyakan mengenai masa aman dikonsumsi dari tanggal jajanan tersebut diproduksi. Unsur kesehatan merupakan perihal terpenting.

Jangan Lupa Tetap Ramah Lingkungan

Tak jarang ditemui, sanak keluarga ataupun orang terdekat yang baru pulang dari luar kota membawa jinjingan tas kresek sangat banyak dan masing-masing berisi satu jenis makanan. Atau biasanya lebih simpel dengan satu plastik besar berisi aneka ragam jajanan dan souvenir.

Apabila dipandang, kemungkinan besar tampilan ini tidak terlalu nyaman dilihat, bahkan juga bisa menimbun lebih banyak sampah lingkungan yang tidak bisa didaur ulang. Usahakan untuk membawa / membeli tas kertas atau kain sebagai tas jinjing. Tampilan lebih simple, menarik, sehat dan bersih.

Beberapa Pusat Perbelanjaan Khas Manado Wajib Dikunjungi

Di antara banyaknya pusat oleh-oleh yang tersedia, beberapa di bawah ini merupakan rekomendasi tempat perbelanjaan jajanan dan souvenir terlengkap serta termurah. Yaitu:

Agen Produksi Maengket Souvenir

Apabila calon wisatawan mempertimbangkan untuk berbelanja oleh-oleh Manado langsung kepada produsennya, maka gerai Maengket souvenir ini merupakan tempat yang tepat karena merupakan wilayah sentra pembuatan.

Maengket Souvenir ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh Manado Tikala yang paling tersohor. Bahkan produksi sudah dikirim ke berbagai wilayah lain di Indonesia.

Di sana tersedia lengkap berbagai kerajinan mulai harga Rp. 2.000 an hingga mencapai ratusan ribu. Sambal Roa dengan 9 varian juga tersedia dengan lengkap, oleh karenanya sangat recommended. Alamat gerai Maengket Souvenir Tikala terletak di Desa Kairagi Kecamatan Tikala Kota Manado.

Rumah Kopi Tikala Eksklusif

Tikala merupakan nama sebuah daerah di kota Manado yang dianggap menjadi sentra penjualan souvenir serta jajanan khas daerah tersebut. Misalnya saja seperti rumah kopi Tikala yang menjual wedang hitam lembut serta nyaman di lidah hingga tenggorokan.

Kini, Kopi Tikala tersedia dalam bentuk bubuk dan dikemas dalam bungkus rapat, efisien, kekinian, dan takarannya tetap disesuaikan supaya harga terjangkau. Oleh-oleh berupa serbuk wedang tentu saja menarik sebagai teman melakukan pekerjaan, mengingat ia bisa disimpan dalam waktu lama

Alamat gerai terleta di Jalan Sudirman 2 Desa Komo Luar Kecamatan Wenang, Kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Banyak orang mengaku ketagihan.

D’souveir Manado

Kalau pusat oleh-oleh satu ini, sudah dijamin lengkap karena menyediakan berbagai ragam jenis kenang-kenangan, mulai dari jajanan hingga souvenir. Toko perbelanjaan tersebut sering menjadi destinasi bagi para turis dan wisatawan ketika akan meninggalkan kota Manado.

D’souvenir Manado menyediakan kaos bertuliskan “Manado”, gambar pemandangan terbaik kota tersebut, aneka jajanan kering maupun basah, gantungan kunci, topi, tempat pena, gelang, kalungan, maupun berbagai tempelan kulkas, pintu, dan dinding.

Alamat D’souvenir Manado di Jalan Jenderal Sudirman no 54 Desa Pinaesan Kecamatan Wenang, Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Pusat Oleh-oleh Manado di Berbagai Kota

Rasanya, opsi ini penting untuk ditawarkan bagi para pembaca yang sudah sangat penasaran dengan berbagai oleh-oleh khas Manado namun belum sempat berkunjung ke sana, baik karena jarak terlalu jauh, waktu belum memungkinkan ataupun sebab kesediaan dana tidak memenuhi.

Tidak perlu khawatir lagi, karena kini pusat perbelanjaan souvenir maupun ragam jenis jajanannya sudah dibuka di beberapa kota besar. Misalnya saja gerai oleh-oleh khas Manado di kota Surabaya sudah mulai beroperasi.

Dengan demikian bisa menjadi alternatif solusi bagi berbagai masalah di atas. Alamat gerai restoran khas Manado di Surabaya, tepatnya restoran Manado Bae di Jalam Embong Hayam Wuruk nomor 09 Kota Surabaya.

Baca Juga: Oleh oleh Khas Surabaya

Demikian ulasan lengkap mengenai oleh-oleh khas Manado yang wajib untuk dibaca sebelum Anda bertandang ke kota tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *