Oleh-Oleh Khas Padang

Oleh-Oleh Khas Padang
21Apr, 2020

Oleh-oleh khas padang tentu tak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang saat travelling ke kota ini. Ada cukup banyak buah tangan yang bisa dinikmati ataupun dijadikan hadiah, misalnya saja kuliner, souvenir, kain tradisional dan sebagainya.

Oleh-Oleh Khas Padang Aneka Olahan Tradisional

Oleh-Oleh Khas Padang Aneka Olahan Tradisional

Berkunjung ke Kota Padang belum lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan di sini. Memang daerah tersebut terkenal akan keberagaman kulinernya dengan cita rasa rempah yang khas. Terdapat banyak pilihan untuk dijadikan oleh-oleh, namun berikut ini beberapa rekomendasinya:

Oleh-Oleh Khas Padang Roti Randang

Oleh-Oleh Khas Padang Roti Randang

Siapa yang tidak mengenal rendang daging? Makanan satu ini berdasarkan survei telah menjadi olahan terlezat di dunia. Kali ini, Anda bisa menikmati nikmatnya dalam bentuk roti isi sebagai kuliner khas daerah tersebut.

Perpaduan rasa yang ‘berani’ dan lezat membuatnya memiliki banyak penggemar. untuk satu bijinya saja akan dihargai mulai dari Rp. 6.000,- saja dan Anda sudah bisa menikmati makanan ini. Bahkan hanya makan satu sudah mampu mengganti asupan kalori saat sarapan.

Oleh-Oleh Khas Padang Karak Kaliang

Oleh-Oleh Khas Padang Karak Kaliang

Karak kaliang adalah salah satu jenis kerupuk dengan bahan dasar ubi kayu dengan warna kuning yang khas. Dalam pembuatannya pun tidak semata-mata singkong tersebut langsung diolah, akan tetapi hanya diambil bentuk pati untuk dijadikan tepung.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Rasa gurih yang dihasilkan berasal dari perpaduan bumbu seperti bawang putih, garam, gula dan sebagainya. Jajanan seperti ini bisa didapat dengan murah di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota atau jika tidak sempat pergi ke sana bisa memesan di oleh-oleh khas Padang di Jakarta.

Oleh-Oleh Khas Padang Bolu Batik

Oleh-Oleh Khas Padang Bolu Batik

Pernahkan Anda melihat makanan dengan perpaduan antara tradisional dan modern? Jika belum, maka bolu batik jawabannya. Kue satu ini mampu memberikan gebrakan terbaru di dunia kuliner dengan memberikan aneka motif batik di seluruh Indonesia.

Dalam pembuatannya pun juga tidak serampangan. Hal ini bisa dilihat dari hasil yang diperoleh berupa motif batik mirip aslinya dengan ketelitian tingkat tinggi. Untuk rasa jangan khawatir, sebab kue ini terkenal lezat dan lembut sehingga wajib menjadi list oleh-oleh kali ini.

Oleh-Oleh Khas Padang Rendang Telur Kering

Oleh-Oleh Khas Padang Rendang Telur Kering

Ketika mendengar rendang telur, pasti yang terdapat dibenak Anda adalah bentuk asli bulat-bulat yang dimasak dengan bumbu rendang untuk daging. Sayangnya, itu salah karena makanan satu ini ternyata merupakan camilan dalam bentuk keripik.

Bahan dasarnya memang telur dengan tambahan lain seperti tepung terigu serta rempah-rempah khas lainnya. Biasanya jajanan ini akan dijual dengan kemasan 200 gram hingga 1 kg dengan harga bervariasi mulai dari Rp 20.000,- .

Oleh-Oleh Khas Padang Kerupuk Jangek

Oleh-Oleh Khas Padang Kerupuk Jangek

Oleh-oleh Khas Padang Pariaman lainnya berupa kerupuk jangek. Namanya yang unik karena terbuat dari kulit sapi dan kerbau dengan perpaduan bahan lainnya hingga menghasilkan rasa renyah yang gurih disetiap gigitannya.

Kerupuk memang salah satu oleh-oleh yang tidak pernah salah. Apalagi sebagai teman camilan maupun makan santapan berat apapun pasti cocok. Keunikan rasanya ini telah mampu membuat banyak orang jatuh cinta dengan jajanan satu ini.

Oleh-Oleh Khas Padang Rendang Paru

Oleh-Oleh Khas Padang Rendang Paru

Jika berbicara tentang rendang, kota padang memanglah juaranya. Daerah ini telah berhasil membuat berbagai macam olahan unik dan lezat dengan bumbu yang tidak jauh berbeda atau bahkan sama dan salah satunya adalah rendang paru.

Uniknya dari makanan ini adalah dari cara pemasakannya. Yakni membutuhkan waktu lebih lama serta bahan utama santan harus 1,5 kali lebih banyak dari rendang daging biasa sehingga menghasilkan cita rasa berbeda dan lebih aromatik.

Oleh-Oleh Khas Padang Kerupuk Sanjai

Oleh-Oleh Khas Padang Kerupuk Sanjai

Kerupuk sanjai atau keripik sanjai adalah olahan singkong khas Bukittinggi. Namun, camilan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko oleh-oleh khas padang di Jakarta. Varian rasa yang tersedia adalah original, asin dan balado pedas.

Produsen utama penghasil jajanan tersebut terletak di jalan Sanjai. Maka dari itu makanan ini diberi nama keripik Sanjai. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan harga miring bisa datang ke lokasi pembuatannya langsung.

Oleh-Oleh Khas Padang Galamai

Oleh-Oleh Khas Padang Galamai

Jika di Jawa punya jenang dan dodol, maka kota padang di Sumatera ini punya galamai. Bentuk dan bahan pembuatnya pun tidak jauh berbeda, yaitu terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula aren dan yang membedakan di sini terdapat kacang tanahnya.

Proses pembuatan dan bentuk akhirnya nanti memang tidak jauh berbeda seperti jenang pada umumnya. Hanya saja untuk rasa akan terdapat perpaduan unik dan gurih dari kacang tanah. Biasanya akan dijual dalam satu kemasan mika yang telah dipotong kecil-kecil.

Oleh-Oleh Khas Padang Dadiah

Oleh-Oleh Khas Padang Dadiah

Siapa yang pernah mencoba yoghurt dari susu kerbau? Yap, makanan tradisional khas Minangkabau ini memang sangat unik. Proses pengolahannya pun juga tidak terpengaruh dengan teknologi-teknologi modern.

Susu kerbau tersebut difermentasi di dalam wadah bambu yang telah ditutup dengan daun pisang selama 2 sampai 3 hari. Dalam proses tersebut dadih akan menghasilkan bakteri asam laktat dengan cita rasa khas. Jajanan seperti ini juga bisa Anda peroleh dengan mudah di Toko Khas Padang.

Oleh-Oleh Khas Padang Batiah

Oleh-Oleh Khas Padang Batiah

Batiah bisa dikatakan sebagai rengginang-nya orang padang. Bahan dasar pembuatnya pun tak jauh berbeda, yaitu dari beras ketan yang telah ditanak dan dikeringkan. Namun, rasa khas jajanan ini adalah manis dan gurih sehingga dipastikan Anda akan ketagihan.

Camilan seperti ini bisa ditemukan dengan mudah diberbagai toko oleh-oleh khas padang. Harganya pun juga relatif murah, yaitu hanya sekitar Rp. 20.000,- an saja per 200 gram-nya. Cocok sekali untuk teman berkumpul bersama keluarga.

Oleh-Oleh Khas Padang Pinyaram

Oleh-Oleh Khas Padang Pinyaram

Pinyaram adalah makanan tradisional yang special khas Minangkabau. Pasalnya jajanan satu ini biasa dibuat oleh masyarakat sekitar ketika ada acara-acara khusus seperti hajatan, pernikahan maupun suguhan saat idul fitri.

Jajanan ini terbuat dari beras putih dan hitam dengan campuran gula aren dan santan sehingga memiliki rasa legit dan gurih yang khas. Kali ini, terdapat berbagai varian rasa pinyaram, yaitu original, pisang dan durian.

Oleh-Oleh Khas Padang Kipang Kacang

Oleh-Oleh Khas Padang Kipang Kacang

Kipang kacang adalah camilan manis selanjutnya yang mirip dengan noga atau ampyang. Terbuat dari karamel gula aren dengan taburan kacang membuatnya memiliki rasa khas. Biasanya akan dikemas dengan bentuk persegi panjang.

Camilan seperti ini sangat pas dipadukan dengan teh atau kopi. Hanya saja jika sudah membuka kemasannya harus segera dihabiskan karena nantinya tidak akan renyah lagi. Kalaupun mau disimpan bisa di freezer, namun tak bisa dalam waktu lama karena akan merusak rasanya.

Oleh-Oleh Khas Padang Dendeng Daun Singkong

Oleh-Oleh Khas Padang Dendeng Daun Singkong

Jika masakan dendeng selalu identik dengan daging, maka di kota padang ini menggunakan daun singkong sebagai bahan utamanya. Makanan seperti ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin merasakan masakah khas namun takut kolesterol.

Meskipun terbuat dari sayur, namun jangan salah bahwa makanan ini diolah sedemikian rupa hinga menjadi olahan kering. Jadi, bisa bertahan cukup lama. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, yaitu mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- saja.

Oleh-Oleh Khas Padang Kopi Khas Padang

Oleh-Oleh Khas Padang Kopi Khas Padang

Bagi pecinta kopi membeli oleh-oleh seperti ini pasti akan menjadi primadonanya. Pasalnya minuman satu ini memiliki cita rasa yang khas buatan dari Kiniko Enterprise. Anda bisa memperolehnya dengan mudah di daerah Batusangkar sambil berkeliling di kebunnya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bali

Jika ingin mencicip langsung di tempatnya Anda akan menemukan keunikan, berupa cara penyajiannya menggunakan bathok kelapa. Namun, apabila ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh bisa diperoleh dengan harga Rp. 20.000,- per paketnya.

Oleh-Oleh Khas Padang Arai Pinang

Oleh-Oleh Khas Padang Arai Pinang

Oleh-oleh khas Padang Pariaman selanjutnya adalah arai pinang. Camilan ringan ini sangat cocok untuk dibawa pulang dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp. 28.000,- hingga Rp. 51.000,- per kemasan sudah bisa Anda dapatkan.

Menariknya kudapan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur berbagai rempah-rempah. Maka tak heran jika memiliki rasa gurih yang nagih.

Oleh-Oleh Khas Padang Bareh Randang

Oleh-Oleh Khas Padang Bareh Randang

Bareh randang bukanlah makanan seperti yang Anda bayangkan akan terbuat dari olahan daging dengan rempah-rempah khas. Makanan ini justru terbuat dari tepung beras yang disangrai bersama santan dan gula.

Bareh sendiri artinya adalah menyangrai layaknya proses pembuatannya. Bentuk dan tekstur kasarnya juga unik dengan rasa manis alami yang khas. Biasanya para produsen akan menjualnya dengan bentuk persegi dan dikemas per potongan.

Oleh-Oleh Khas Padang Dakak-dakak

Oleh-Oleh Khas Padang Dakak-dakak

Dakak-dakak adalah nama yang unik untuk sebuah makanan. Camilan ini dibuat dari bahan dasar singkong dengan potongan dadu. Dalam proses pengolahannya pun dicampur dengan berbagai rempah khusus sehingga menghasilkan rasa gurih dan manis khas.

Snack asli Sumatera Barat ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk camilan yang kaya akan gizi. Selain itu, ia juga rendah kolesterol sehingga cocok sekali buat Anda yang sedang berburu jajanan sehat.

Oleh-Oleh Khas Padang Minang Mande Cake

Oleh-Oleh Khas Padang Minang Mande Cake

Minang mande cake adalah salah satu oleh-oleh kekinian khas kota padang. Memang terlihat modern, namun camilan ini sangat terkenal dikalangan masyarakat sekitar maupun para pelancong. Rasa kue lezat dan lembut membuatnya menjadi pilihan buah tangan banyak orang.

Apalagi harganya juga relatif terjangkau. Anda pun bisa memilih berbagai varian rasa maupun toping, yaitu double cheese, green tea, cookies crunchy, banana choco, sweet lemon, red vevet dan masih banyak lagi.

Pernak-Pernik Khas Kota Padang

Pernak-Pernik Khas Kota Padang

Selain kuliner, kota padang juga memiliki berbagai macam buah tangan berupa asesoris, pakaian khas, kain tradisional dan masih banyak lagi. Pernak-pernik seperti ini bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh keluarga, kerabat maupun teman dan juga cocok jika dijadikan hadiah. Seperti:

Souvenir Unik

Jalan-jalan atau berwisata di suatu daerah tidak lengkap rasanya jika belum membeli oleh-oleh ikonik. Salah satunya adalah souvenir yang mencirikan wilayah tersebut. Begitu pula dengan kota padang, ada terdapat banyak penjual menyediakan macam-macam asesoris seperti itu.

Souvenir khas Bukittinggi misalnya yang menyediakan berbagai gantungan kunci, pajangan, mainan dengan bentuk replika ikon kota. Benda-benda ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar-pasar dengan harga murah mulai dari Rp. 10.000,- per 3 buahnya.

Serunai

Serunai adalah alat musik tiup khas Minangkabau. Bentuknya mirip dengan klarinet dan cara memainkannya dengan ditiup. Terdapat dua bagian pada mainan ini, yaitu ukuran kecil untuk meniup dan corong besar dengan 4 lubang atau lebih sebagai pengatur nada yang keluar.

Alat musik mainan ini terbuat dari bambu atau kayu dan biasanya akan dlengkapi dengan tandung kerbau atau kayu gabus sebagai pembesar volume. Namun, jangan salah karena jenis tersebut sering digunakan oleh masyarakat sekitar saat ada acara-acara tradisional atau adat.

Saluang

Saluang adalah alat musik selanjutnya dengan nama lain seruling. Benda ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh kekinian padang untuk adik, kakak, maupun teman. Pada bagian bodinya terdapat 4 lubang sebagai pengatur suara atau nad.

Secara umum saluang ini dibuat dari bambu atau pipa. Namun, siapa yang sangka jika orang Minangkabau asli menganggap bahan terbaik untuk membuat alat musik tersebut adalah talang bekas jemuran yang sudah hanyut di sungai. Penasaran ingin membeli?

Kain Songket

Kain songket adalah salah satu buah tangan yang tidak boleh ketinggalan. Meskipun sebenarnya jenis seperti ini telah tersebar di seluruh Sumatera dan sekitarnya, namun setiap daerah pasti memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Begitu pula dengan kain songket padang khas Minangkabau ini. Tenunan tersebut terbuat dari benang emas dan perak serta berbagai motif seperti kaluak paku, pucuak rabuang, bungo antimun dan masih banyak lagi. Anda bisa menemukannya di daerah pandai Sikek dan Silungkang.

Mukena Karancang

Sebagai kaum hawa yang cara beribadahnya harus tertutup rapat tidak ada salahnya membeli oleh-oleh berupa mukena kerancang. Bahkan banyak pelancong berbondong-bondong mendapatkannya karena terbuat dari bahan-bahan bagus dengan teknik sulam khas Sumatera Barat.

Ciri khas dari sulaman ini adalah adanya lubang-lubang yang membentuk kain halus sehingga secara tidak langsung juga menjadi motifnya. Kabar baiknya Anda bisa membeli mukena ini di toko oleh-oleh khas padang di Jakarta Selatan.

Kain Sulam Karancang

Selain mukena, kain sulam karancang ini bisa juga Anda dapatkan dalam bentuk kain saja sehingga bisa dijahit sendiri menjadi model pakaian sesuai keinginan. Keunikan dari jenis ini adalah teknik menyulamnya yang merupakan karya seni tingkat tinggi.

Menariknya lagi kain ini disusun dari benang-benar berkualitas dan dijalin secara manual menggunakan tangan-tangan terampil. Maka tak heran jika ia menjadi karya seni bernilai tinggi dengan harga yang juga lumayan merogoh kantong.

Kaos Bukittingi Jam Gadang

Jika Anda masih bingung memilih oleh-oleh seperti apa yang tepat untuk keluarga, teman atau kerabat, maka kaos khas Bukittinggi ini bisa menjadi pilihan. Terdapat berbagai macam desain khas padang yang bisa menjadi pilihan.

Kaos seperti ini akan menjadi ciri khas dari kota tersebut. Bahkan tidak mudah untuk mendapatkannya. Namun, Anda bisa memperolehnya jika datang ke pusat oleh-oleh kota padang, Sumatera Barat misalnya saja sentral pasar raya.

Tas Bordir

Kota ini juga memiliki berbagai souvenir maupun oleh-oleh yang menjadi ikon. Salah satunya adalah tas khas padang. Buah tangan seperti ini bisa Anda peroleh dengan mudah dan dipajang berjajar di pusat-pusat perbelanjaan maupun pasar dengan harga terjangkau.

Keunikan dari tas ini adalah motifnya yang terbuat dari kain songket atau pun bordiran yang mencirikan kekhasan kota tersebut. Maka, benda ini harus menjadi oleh-oleh wajib untuk Anda pecinta fashion atau bisa juga digunakan sebagai hadiah.

Baca Juga: Oleh oleh Khas Surabaya

Itulah beberapa oleh-oleh khas padang dengan keunikan yang khas dan paling direkomendasikan untuk Anda. Apalagi sebagai buah tangan atau hadiah orang-orang terdekat pasti akan terasa lebih spesial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *