Oleh-oleh Khas Palu

Oleh-oleh Khas Palu

Diposting pada

Indonesia merupakan negara dengan banyak kekayaan pada wisata, kuliner, budaya dan kerajinannya, tak terkecuali di daerah Sulawesi. Di sini selain keindahan alam, disajikan pula berbagai buah tangan yang menarik. Seperti oleh-oleh khas Palu berupa makanan ringan hingga barang seperti sarung.

Oleh-oleh Khas Kota Palu

Sebagai ibukota dari Sulawesi Tengah, Palu tak hanya dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan lain namun juga memiliki berbagai keindahan dari alam. Selain itu, oleh-oleh pun juga menjadi daya tarik kota ini, dan berikut beberapa macamnya untuk dicoba:

Bawang Goreng

Bawang Goreng Palu

Jika Anda berkunjung ke kota Palu jangan lupa untuk membeli salah satu makanan khas yaitu bawang goreng. Meskipun dapat ditemukan dimana saja, namun cita rasa yang ditawarkan berbeda sehingga tidak ada salahnya mencoba.

Keunggulan dari bawang goreng khas Palu ialah terasa gurih, renyah, wangi serta tidak meninggalkan rasa pahit saat dimakan. Berbahan dasar bawang merah batu yang merupakan tanaman andalan di kota tersebut karena cocok dengan cuacanya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Kendari

Pengunjung bisa mendapatkan bawang goreng ini di berbagai gerai cinderamata, salah satunya di toko oleh-oleh Sofie localfood kota Palu, Sulawesi Tengah dengan harga beragam tergantung pada ukuran pengemasan.

Sambel Roa

Sambal Roa Palu

Kota Palu terkenal dengan beragam hasil laut salah satunya yaitu ikan roa yang kemudian diolah menjadi salah satu masakan khas berupa sambal. Bagi Anda pecinta rasa pedas tentu dapat mencoba ketika berkunjung ke ibukota Sulawesi Tengah ini.

Terbuat dari daging ikan roa yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan pembuat sambal lainnya seperti cabai, bawang merah, garam, gula, dan lain-lain. Dikemas dalam berbagai ukuran sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak untuk konsumsi sendiri atau oleh-oleh.

Sambal Roa bisa bertahan selama kurang lebih enam bulan jika disimpan di suhu ruangan serta satu tahun dalam kulkas. Pengunjung dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di kota Palu. Jika tak memiliki referensi tertentu bisa mencari melalui Google atau menanyakan pada masyarakat sekitar.

Bagea

Bagea Palu

Bagea merupakan kue tradisional khas dari Sulawesi yang berbahan dasar sagu dicampur kacang. Terdapat berbagai macam rasa mulai dari original, coklat, keju. Cocok dimakan sebagai teman minum teh hangat, kopi, atau bahkan saraba (minuman khas Palu seperti wedang jahe).

Memiliki tekstur yang keras sehingga tidak semua orang bisa menikmati kue tradisional tersebut. Saat ini, sudah terdapat berbagai macam varian dari bagea berdasarkan kota pembuatan. Maka dari itu tak ada salahnya mencoba untuk dikonsumsi sendiri maupun sebagai oleh-oleh.

Dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sekitar Rp. 18.000,- dan bisa berbeda setiap varian rasa dan ukuran pengemasan. Meski kurang populer, namun kue bagea juga dapat ditemukan pada beberapa toko oleh-oleh di kota Palu atau Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie.

Kacang Goyang

Kacang Goyang Palu

Makanan ini memiliki cara membuat yang unik hingga diberi nama demikian yaitu dengan cara digoyang-goyang di atas bara api. Terbuat dari kacang tanah diberi lelehan gula serta pewarna saat proses pembuatannya.

Rasa yang ditawarkan makanan ini ialah gurih dari kacang tanah serta manis dari lelehan gula. Pembuat pun harus mahir dalam mengaplikasikannya, terutama saat proses menggoyang-goyangkan tidak boleh terjatuh serta harus merata pada seluruh bagian.

Wisatawan dapat menemukan kacang goyang di berbagai toko oleh-oleh di kota Palu. Dibanderol dengan harga yang bervariasi tergantung ukuran pengemasannya yaitu mulai dari Rp. 20.000,-. Namun, selain dijual secara offline juga dapat ditemukan secara online pula.

Coklat Banua

Coklat Banua Palu

Coklat Banua merupakan salah satu daya tarik yang mudah ditemukan di berbagai toko termasuk di pusat oleh-oleh khas Palu, Sulawesi Tengah. Tersedia dalam berbagai varian mulai dari original hingga rasa kekinian seperti cabai, mede, green tea dan lain-lain.

Salah satu keunggulan dari coklat Banua ialah menggunakan bahan baku asli dari kota Palu sehingga cita rasa pun berbeda dengan lainnya. Tak hanya itu, varian yang ditawarkan pun tidak pasaran namun tetap dapat diterima oleh masyarakat maupun wisatawan.

Coklat Banua memiliki pusat penjualan tersendiri namun tentu Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh di kota Palu. Hal ini dikarenakan peminat yang tinggi sehingga mudah didapatkan bahkan bisa pula dibeli melalui online.

Olahan Ikan

Olahan Ikan Palu

Terkenal dengan beragam hasil lautnya menjadikan masyarakat Palu berinisiatif untuk membuat berbagai olahan makanan berbahan dasar ikan. Terdapat beberapa macam jenis, mulai dari cemilan hingga masakan tradisional yang hanya dapat dinikmati di kota tersebut.

Salah satu contoh ialah cemilan berupa stik berbahan dasar ikan roa yang dapat dipadukan dengan sambalnya pula. Juga terdapat olahan teri kering untuk dimakan langsung atau dijadikan lauk bersama nasi, serta masih banyak lagi.

Harganya bervariasi berdasarkan pengolah dan ukuran kemasan. Dapat dengan mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh khas Palu dalam berbagai merk, dikarenakan sudah banyak masyarakat yang dapat membuat jenis olahan cemilan berbahan dasar ikan.

Abon

Abon Palu

Abon juga menjadi salah satu makanan yang dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas kota Palu Sulawesi Tengah dengan berbagai varian. Pembeli bisa memilih berdasarkan bahan dasar pembuatannya yaitu ikan tuna, ayam, sapi dan masih banyak lagi.

Meski bukan asli dari Palu serta dapat ditemui dimana saja, namun permintaan akan abon sebagai salah satu oleh-oleh khas terus meningkat. Terlebih lagi, memiliki rasa berbeda-beda dari berbagai daerah sehingga tak ada salahnya untuk mencoba membeli dari kota ini.

Harganya pun tak jauh beda dengan sambal roa khas kota Palu sehingga cukup terjangkau jika dijadikan satu paket oleh-oleh dari ibukota Sulawesi Tengah ini. Selain itu, abon juga dapat dinikmati siapa saja dari tua hingga anak-anak jadi sangat cocok jika dijadikan buah tangan untuk keluarga.

Kopi

Kopi Palu

Selain bisa dinikmati secara langsung, Anda juga dapat membeli biji kopi sebagai salah satu oleh-oleh khas kota Palu. Terdapat dua jenis Arabica dan Robusta yaitu Napu serta Kulawi yang mana menjadi minuman tradisional di Sulawesi Tengah ini.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Poso dan Sigi menjadi pemasok utama bji kopi untuk daerah Palu. Dua daerah tersebut terkenal memiliki aroma serta cita rasa yang beda, dikarenakan perbedaan kadar tanah serta ketinggian permukaan.

Maka tak heran, jika banyak orang mencari kopi asli dari Sulawesi Tengah ini dan menjadikannya sebagai cinderamata atau bahkan dikonsumsi sendiri. Harga yang terjangkau serta dapat ditemui di beberapa toko oleh-oleh tentu menjadikannya komoditas terlaris selain makanan.

Sarung Donggala

Sarung Donggala Palu

Selain camilan, Sulawesi Tengah juga memiliki oleh-oleh berupa barang yaitu sarung Donggala yang dibuat dengan cara ditenun secara manual. Dahulu hanya dipakai saat upacara adat saja namun seiring berjalannnya waktu dapat digunakan siapa saja (bahkan dijadikan buah tangan).

Memiliki beragam motif yaitu buya bomba atau bunga seperti mawar, anyelir, kamboja dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga fauna serta kombinasi. Pengerjaannya berkisar 2 hingga 4 bulan tergantung dari jenis yang diinginkan.

Sarung Donggala menjadi salah satu dari 10 kerajinan Sulawesi Tengah berdasarkan mesin pencarian internet yang memiliki banyak peminat. Karena memiliki motif unik dan khas serta pengerjaan secara manual bukan dengan mesin. Maka dari itu, wisatawan membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

Kain Tenun

Kain Tenun Palu

Kain tenun dari Sulawesi Tengah juga menjadi salah satu ciri khas kota Palu selain sarung. Dibuat dengan cara manual yang terbagi menjadi dua, yaitu tenun bomba dengan teknik ikat serta subi menggunakan metode songket.

Motif yang digunakan seringkali berupa bomba atau bunga terbuat dari bahan katun kapas dengan pewarna alami serta peralatan tenun tradisional. Namun, saat ini sudah banyak juga pengrajin menggunakan peralatan alat bukan mesin atau ATMB serta sutra untuk menghasilkan kain tersebut.

Harga kain tenun dibanderol harga mulai dari Rp. 600.000,- tergantung panjang serta motif pilihan pembeli. Bisa dibeli langsung ke pengrajin yang juga membuka galeri sekaligus tempat pembuatan di rumahnya dan dapat pula ditemukan pada toko oleh-oleh.

Kerajinan Kayu Hitam

Kerajinan Kayu Hitam Palu

Selain sarung dan kain tenun, terdapat kerajinan khas Sulawesi Tengah lain yang terkenal yaitu terbuat dari kayu khusus. Anda dapat menemukannya dalam berbagai bentuk seperti gantungan kunci, hiasan rumah misal kapal layar, sepeda, mobil, jam dinding dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bengkulu

Kerajinan yang juga menjadi oleh-oleh khas Poso ini terbuat dari kayu hitam khas dilapisi dengan furnish agar terlihat mengkilap serta awet. Pembeli juga dapat memesan sesuai keinginan, misalnya untuk papan nama gantung atau meja dimana dibuat secara custom.

Selain dibuat sebagai cinderamata, kerajinan kayu hitam juga tersedia dalam bentuk furniture dengan harga bervariasi tergantung bentuk dan tingkat kerumitan pembuatan. Dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh atau berkunjung langsung di tempat produksinya dengan bertanya pada masyarakat sekitar.

Toru, Topi Tradisional

Toru Topi Tradisional Palu

Jika Anda menyukai barang bersifat tradisional untuk dijadikan oleh-oleh maka bisa memilih Toru. Ini berupa topi khas Sulawesi Tengah yang bentuknya seperti capil di daerah Jawa. Terbuat dari daun lontar dikeringkan kemudian dianyam menjadi pelindung kepala.

Meskipun tidak mudah untuk menemukan Toru di beberapa toko oleh-oleh, Anda bisa mendapatkannya dari pengrajin langsung. Bisa juga dengan mengunjungi gerai yang menjual kerajinan asli Sulawesi Tengah.

Membeli Toru tak hanya sebagai oleh-oleh, namun juga bisa membantu melestarikan kerajinan daerah yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan serta digunakan. Selain itu, Anda juga sudah membantu pengrajinnya untuk tetap memproduksi karya tersebut.

Ompa, Tikar Tradisional

Tikar Tradisional Palu

Selain toru, terdapat ompa yaitu berupa tikar tradisional terbuat dari daun rami. Cara membuatnya dengan dianyam secara manual. Menggunakan pewarna alami sehingga menunjukkan kesan natural yang sangat cantik.

Ompa dapat dijadikan oleh-oleh atau koleksi pribadi karena dapat digunakan siapa saja sebagai alas duduk, sholat dan lain sebagainya. Memiliki panjang yang bervariasi sehingga pembeli dapat memliih sesuai dengan kebutuhan.

Sama seperti toru, keberadaannya tidak mudah dijumpai seperti oleh-oleh lain, namun dapat ditemukan pada toko kerajinan tradisional Sulawesi Tengah. Anda juga bisa membeli langsung pada pengrajin dengan bertanya pada masyarakat setempat.

Pakaian Khas Palu

Pakaian love Palu

Barang lain untuk dijadikan oleh-oleh ialah baju dengan sablon printing berkualitas. Wisatawan seringkali mengoleksi berbagai kaos dari tempat yang sudah dikunjunginya sebagai koleksi serta kenang-kenangan.

Kaos dengan gambar berhubungan dengan kota Palu atau Sulawesi Tengah sering kali menjadi incaran para wisatawan karena tidak dapat dibeli di tempat lain. Selain itu, bisa dibeli pula dalam berbagai ukuran dan juga warna.

Ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di kota Palu. Harganya pun bervariasi tergantung bahan baju, merk serta ukuran. Tidak ada salahnya, membeli kaos sebagai cinderamata untuk keluarga atau teman karena terjangkau serta bisa digunakan siapa saja.

Tips Membeli Oleh-oleh

Saat berlibur pasti tidak lupa untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga, teman, atau untuk diri sendiri. Namun, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips saat memilih cinderamata baik olahan makanan dan minuman serta barang. Perhatikan pula beberapa tips di bawah ini:

Cari Informasi Mengenai Oleh-oleh Khas

Jika bertujuan membeli oleh-oleh, maka pastikan untuk mencari informasi terlebih dahulu apa saja di daerah tersebut, mulai dari tradisional hingga kekinian. Ini dapat ditemukan dengan mudah melalui internet atau bertanya pada teman, khususnya penduduk asli.

Selain itu, carilah pula informasi dimana dapat dibeli beserta harga. Hal ini dapat dijadikan patokan perjalanan Anda serta besarnya pengeluaran yang dialokasikan untuk pembelian cinderamata. Buatlah catatan tersendiri agar tidak terlupa.

Jika sudah berada di lokasi toko oleh-oleh, jangan ragu untuk bertanya pada pegawainya mengenai olahan atau barang yang hendak dibeli. Hal ini dapat menghindari kesalahan saat pembelian sehingga tidak mengecewakan jika diberikan kepada orang lain sebagai cinderamata.

Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Beberapa penjual oleh-oleh terkadang menawarkan harga terlalu murah agar dagangannya dibeli oleh wisatawan. Anda perlu berhati-hati terutama jika yang ditawarkan adalah olahan makanan atau minuman.

Jika berupa barang pastikan untuk mengeceknya dari berbagai sisi misal pada jahitan pada baju, ukuran, warna, jenis sablon, kualitas bahan dan lain-lain. Hal ini menghindari terjadi penipuan karena marak terjadi dan tentu merugikan pembeli.

Anda juga bisa membandingkan harga terlebih dahulu sebelum berangkat ke toko oleh-oleh, agar mendapatkan hasil terbaik dengan kualitas yang terpercaya. Baik untuk olahan makanan, minuman atau barang seperti baju, kerajinan, dan lain-lain.

Tentukan Budget

Saat berlibur pastikan sudah menentukan biaya pengeluaran termasuk untuk pembelian oleh-oleh. Anda dapat mengaturnya dengan menentukan siapa saja yang hendak diberi cinderamata serta jenis apa saja berdasarkan catatan informasi dari Google.

Setelah itu, siapkan biaya melebihi perhitungan untuk mengantisipasi harga yang ditemukan di internet tidak sama dengan toko offlinenya. Ini tentu lebih aman bagi Anda daripada secara spontan membeli oleh-oleh tanpa diperhitungkan secara matang.

Lebih baik mempersiapkan keuangan tersendiri untuk membeli oleh-oleh agar tidak mengganggu pos lain. Tak hanya itu, juga sebagai bentuk antisipasi terjadinya pembengkakan pengeluaran saat berlibur terutama pembelian cinderamata supaya tidak menyesal.

Membeli oleh-oleh tentu saja menjadi salah satu kegiatan menyenangkan ketika berkunjung ke suatu daerah. Banyaknya pilihan menjadikan Anda harus lebih selektif dalam memilih dengan mempertimbangkan manfaat serta daya tahan cinderamata, terlebih pada jenis makanan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Riau

Jika Anda sedang mengunjung daerah Sulawesi Tengah, maka tak ada salahnya untuk membeli dan menjajal beberapa oleh-oleh khas Palu yang sudah disebutkan di atas. Salah satunya sebagai hadiah bagi orang-orang tercinta atau diri sendiri. Selamat berlibur dan berbelanja!

Tinggalkan Balasan