Oleh-Oleh Khas Purwokerto

Oleh-Oleh Khas Purwokerto

Diposting pada

Dengan melakukan destinasi wisata ke Purwokerto, merupakan salah satu langkah yang tepat. Karena wilayahnya terkenal akan kekayaan budaya dan pilihan berbagai kuliner yang memiliki rasa nikmat dan lezat. Anda dapat menjadikan oleh-oleh khas Purwokerto sebagai rekomendasi buah tangan untuk keluarga tercinta.

Berbagai Oleh-Oleh Khas Purwokerto Paling Disukai Wisatawan

Saat mengunjungi tempat wisata, biasanya banyak orang merasa kebingungan untuk menentukan pilihan makanan atau souvenir yang hendak dibeli. Karena varian dan jenis produknya sangat banyak sekali dan beragam. Di bawah ini terdapat ulasan singkat mengenai oleh-oleh khas terpopuler bagi pengunjung:

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Merupakan salah satu makanan favorit para pelancong ketika berlibur ke kota Purwokerto. Proses pembuatannya cukup gampang yaitu tinggal mengiris tempe secara tipis dan membalut atau mencampurnya dengan adonan tepung terigu. Lalu setelah itu digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Selain menjadi makanan dari kota Purwokerto, tempe mendoan juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Purbalingga. Panganan ini dapat dinikmati dengan cabai rawit atau sambal dalam keadaan hangat. Jika ingin untuk membeli, dapat mengunjungi toko atau pusat perbelanjaan di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Sandal Karet Khas Purwokerto

Sandal Karet Khas Purwokerto

Selain makanan. juga tersedia kerajinan tangan dengan karakteristik yang unik. Produknya terbuat dari bahan ban mobil 100 % daur ulang sehingga sudah pasti terjamin berkualitas. Dari segi model biasanya seperti bentuk sandal pada umumnya atau standar. Selain itu juga tersedia dalam berbagai ukuran.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah

Kerajinan khas Purwokerto sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-sehari atau ketika musim penghujan tiba. Karena tidak akan membuat sandal karet menjadi mudah kotor saat dipakai di jalan yang becek. Untuk mendapatkannya Anda dapat berkunjung langsung ke pusat oleh-oleh

Kaos Khas Purwokerto

Kaos Khas Purwokerto

Kerajinan tangan yang satu ini bisa Anda temui di toko-toko souvenir pada seluruh wilayah kota. Biasanya dibuat dari bahan cotton combed.

Dalam proses pembuatan, kain dipotong sesuai ukuran. Lalu disablon dengan desain tertentu seperti menambahkan beberapa tulisan dalam bahasa ngapak atau Jawa Tengah. Kaos khas Purwokerto merupakan salah satu kerajinan yang paling disukai oleh wisatawan.

Karena ketika dipakai tidak gerah, sangat ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik. Kemudian juga tersedia banyak varian, seperti model polo atau oblong. Lalu warna favoritnya adalah putih, hitam, biru dan lain-lain.

Keripik Tempe

Keripik Tempe Khas Purwokerto

Salah satu makanan oleh-oleh khas Purwokerto ini merupakan panganan yang memiliki tekstur renyah dan berbunyi kriuk pada gigitan pertama.

Pada proses pembuatan, sebetulnya sama persis dengan jenis mendoan, namun terdapat sedikit perbedaan dalam cara menggorengnya. Keripik tempe ini digoreng hingga kecoklatan dan kering sehingga rasanya akan terasa lebih nikmat.

Biasanya dapat Anda temukan di Pusat oleh-oleh Purwokerto kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan berbagai pilihan harga terjangkau. Yakni mulai dari lima belas ribu rupiah hingga Rp. 20.000 per kemasan.

Gethuk Goreng Khas Purwokerto

Getuk Goreng Khas Purwokerto

Jenis cemilan lainnya yang paling disukai wisatawan adalan makanan tradisional terbuat dari bahan dasar singkong dan gula merah. Cara memasaknya pun hampir sama dengan keripik tempe, yakni digoreng menggunakan minyak goreng hingga kering hingga berwarna kecoklatan.

Dari segi rasa, tentu tidak akan diragukan karena terasa sangat empuk, manis dan lezat. Jajanan tradisional ini biasa dijual sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 10.000 per kotaknya. Biasanya para pedagang membungkusnya menggunakan besek khusus yang terbuat dari anyaman bambu.

Cemilan Cenil

Cemilan Cenil

Merupakan jajanan tradisional khas Purwokerto yang memiliki banyak variasi warna. Mulai dari merah muda, hijau, kuning dan lain sebagainya. Dalam penyajiannya, biasanya ditambahi dengan parutan kelapa dan campuran gula Jawa sehingga rasanya akan terasa manis saat dimakan.

Panganan khas Purwokerto ini dapat dengan mudah di temui di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh lainnya. Selain itu bisa dimakan langsung atau dibungkus untuk dibawa pulang. Biasanya cemilan tersebut dijual cukup murah, mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000 per bungkusnya.

Klanting

Klanting Purwokerto

Oleh-oleh khas Purwokerto selanjutnya adalah jajanan yang berbentuk seperti angka delapan atau cincin. Bahan-bahan untuk membuatnya terdiri dari tepung terigu, garam, gula dan bumbu pelengkap lainnya. Oleh karena itu membuat makanan jenis ini memiliki rasa gurih dan lezat.

Klanting Purwokerto ini mudah ditemui di seluruh pusat oleh-oleh khas Purwokerto 24 jam atau pasar tradisional. Selain itu makanan tersebut cocok menjadi camilan dan teman untuk bersantai sambil minum teh pada sore hari. Juga dapat dijadikan sebagai buah tangan ke orang-orang terdekat Anda.

Combro

Combro Purwokerto

Selain klanting dan cenil, makanan oleh-oleh khas Purwokerto ini cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau para tetangga di rumah. Karena dapat tahan lama kurang dari dua hingga 3 hari lamanya sehingga aman dan tidak akan basi saat proses perjalanan berlangsung.

Bahan-bahan untuk membuat combro adalah singkong dan oncom. Cara pembuatannya pun cukup gampang, tinggal mencampurkan keduanya dengan garam atau penyedap rasa agar hasilnya nanti menjadi nikmat, gurih dan pedas. Anda dapat membelinya di toko pusat oleh-oleh khas Purwokerto.

Lupis

Lupis Purwokerto

Merupakan jenis makanan tradisional dibuat dari campuran beras ketan dan garam. Cara memasaknya biasanya dikukus menggunakan daun pisang agar membuat aroma menjadi lebih khas. Kemudian dari segi penyajian, ditambahi dengan larutan gula merah cair atau parutan kelapa pada bagian atas lupis.

Rasa dari lupis ini manis dan sedikit asin. Biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional sekitar kota Purwokerto. Dari segi harga jajanan tersebut cukup terjangkau yakni hanya dengan Rp. 4.000 per porsinya. Anda akan mendapatkan empat hingga lima potong berukuran sedang dan lidi secara gratis.

Kue Nopia

Kue Nopia Purwokerto

Roti khas Purwokerto ini memiliki bentuk yang unik yang menyerupai telur berwarna putih. Dalam perkembangannya, Nopia dibuat dari campuran tepung terigu dengan bahan rahasia lainnya. Cara pembuatannya sendiri bukan digoreng, melainkan dipanggang melalui tungku atau perapian khusus.

Kue Nopia tersedia dalam berbagai varian rasa manis dan gurih. Misalnya coklat, gula merah, bawang, durian, strawberry, pandan, keju, serta masih banyak lainnya. Harga per bungkusnya biasa dijual mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp 20.000. Anda dapat menemukannya di pusat oleh-oleh khas Purwokerto.

Lumpia Boom Khas Purwokerto

Lumpia Boom Khas Purwokerto

Selain menjadi oleh-oleh dari Semarang, makanan ini juga dijadikan sebagai produk komoditi unggulan dalam bidang kuliner. Terdapat beberapa diantara keduanya, yakni lumpia Purwokerto ukurannya lebih besar dan isinya pun sangat banyak dibandingkan dengan yang lain.

Lumpia boom ini paling nikmat disajikan dengan sambal dan disantap dalam keadaan hangat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Purwokertoatau di toko-toko lainnya. Kemudian biasa dijual mulai dari harga Rp 6.000 hingga Rp. 8.500 saja per bijinya.

Es Badeg

Es Badeg Purwokerto

Minuman khas Purwokerto ini juga sangat terkenal di daerah banyumas, Jawa Tengah. Biasanya terbuat dari sari bunga kelapa sehingga rasanya manis dan segar. Cara pembuatannya pun cukup unik, yakni bahan utama difermentasi selama satu hingga dua hari lamanya.

Es badeg mudah ditemui dimana-mana, karena para pedagang menjualnya dengan cara berkeliling di jalan atau komplek rumah warga. Biasanya dijual mulai dari harga Rp. 3.000 saja per gelasnya. Minuman khas Purwokerto ini sangat cocok apabila Anda minum langsung di siang atau pagi hari.

Templek

Templek Purwokerto

Salah satu makanan unik dari Purwokerto ini diolah dengan mencampurkan ampas tahu dan beberapa bumbu pendukung lainnya. Setelah kedua adonan tercampur rata, maka langkah selanjutnya adalah camilan tersebut dibentuk menjadi bulat lalu dimasukkan ke cairan tepung terigu.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Semarang

Templek biasa disajikan bersama dengan sambal atau cabai rawit. Makanan ini dapat dijadikan sebagai gorengan atau lauk ketika memakan nasi karena rasanya gurih dan asin. Harganya dibanderol mulai dari Rp. 1.000 sampai Rp. 2.000 per biji.

Jenang Jaket Khas Purwokerto

Jenang Jaket Khas Purwokerto

Panganan unik ini biasanya sering disajikan pada acara-acara besar seperti resepsi pernikahan. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ke teman atau para tetangga di rumah. Cara membuatnya pun cukup gampang hanya mencampurkan dua bahan saja, yaitu campuran tepung dan gula merah

Bentuk dari jenang jaket khas Purwokerto ini sama seperti dodol pada umumnya. Yakni dibentuk dengan ukuran memanjang dan dibungkus dengan plastik atau kerts khusus agar tidak lengket. Tak hanya itu saja rasanya manis dan terasa kenyal di lidah.

Dage Khas Purwokerto

Dage Khas Purwokerto

Meskipun namanya cukup asing untuk didengar, cemilan yang satu ini memiliki bercita rasa tinggi dan lezat. Karena terbuat dari bahan pilihan seperti tempe, campuran kelapa hingga beberapa bumbu tambahan lainnya. Dage biasanya digoreng sampai kering dengan menggunakan minyak sayur.

Dage merupakan salah satu keripik favorit para wisatawan. Karena terksturnya renyah dan cocok sekali digunakan menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 2.000 per bijinya. Jika Anda membeli dalam jumlah banyak, tentu harganya akan menjadi cukup murah.

Kue Mino

Kue Mino Purwokerto

Kemudian makanan oleh-oleh khas Purwokerto yang terakhir adalah berbentuk seperti nopia namun dengan ukuran kecil. Camilan ini biasanya dibuat dari tepung dan terdapat isian berupa gula merah didalam adonannya. Selain itu memiliki bentuk agak oval hingga lonjong seperti bakpia Jawa.

Kue mino memiliki tekstur keras di bagian luar namun sangat manis ketika Anda memakannya pada gigitan pertama. Dalam proses pembuatannya biasanya dioven selama kurang lebih 15 menit hingga bagian bawahnya berwarna coklat. Untuk mencicipi kelezatannya, Anda dapat membeli di toko oleh-oleh terdekat.

Pusat Oleh-oleh yang Buka 24 Jam Di Purwokerto

Saat Anda berkunjung ke salah satu destinasi wisata, biasanya banyak tempat yang menjual buah tangan menarik seperti makanan, minuman hingga berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan. Para penjual biasanya menyiapkan strategi khusus agar tokonya ramai pembeli dan dikunjungi wisatawan.

Salah satu caranya yakni dengan membuka operasional hingga seharian penuh. Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh Purwokerto 24 jam yang terletak di Jalan Gumilir, Sawangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Karena tokonya siap melayani konsumen dengan sepenuh hati.

Selain itu juga terdapat toko lain seperti pusat oleh-oleh di beberapa tempat. Lokasinya sendiri berada pada tengah wilayah Purwokerto kulon, Kabupaten Banyumas. Jika sulit mencari tempatnya, Anda bisa melihatnya langsung dengan Google Map dengan kata kunci “Toko oleh-oleh Purwokerto”.

Makanan Khas Jawa Tengah di Purwokerto yang Wajib untuk Dicoba

Selain dari kota Purwokerto juga terdapat varian panganan dan minuman dengan rasa nikmat. Biasanya dapat ditemui di pusat oleh-oleh atau pada penjual keliling yang menggunakan gerobak dorong khusus. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi untuk para wisatawan yang hendak berwisata kuliner:

Tahu Petis

Tahu Petis Purwokerto

Merupakan jenis panganan olahan yang dibuat dengan cara digoreng hingga matang sampai berwarna kuning. Biasanya dapat dimakan langsung atau dijadikan sebagai lauk tambahan saat Anda makan dengan nasi hangat. Selain itu warga lokal sering menyajikannya bersama dengan cabai rawit.

Tahu petis ini biasanya dibelah di bagian tengah. Lalu diisi dengan saos berwarna hitam yang terbuat dari rebusan ikan atau udang sehingga rasanya gurih. Jika ingin menjadi lebih pedas, dapat menambahkan potongan cabai. Untuk mendapatkannya, dapat mengunjungi toko oleh-oleh terdekat

Gethuk

Salah satu jajanan tradisional bercita rasa manis ini terbuat dari bahan dasar singkong. Biasanya warnanya berbentuk putih. Namun sekarang sudah tersedia dalam berbagai varian warna seperti kuning, hijau, merah muda dan lain-lain agar tampilannya menjadi lebih menarik.

Cara penyajian getuk pun hampir sama seperti cenil dan lupis. Yakni dengan memberi taburan parutan kelapa atau cairan gula Jawa di atasnya. Selain itu juga dilapisi dengan daun pisang sebagai alasnya. Biasanya dijual mulai dari harga Rp.5.000 per porsi

Dawet Ireng

Dawet Ireng Purwokerto

Selain badeg, juga terdapat minuman khas lainnya yang dapat Anda coba langsung ketik berwisata di Jawa Tengah atau Banyumas. Produk ini dibuat dari ketan hitam yang dimasak hingga menjadi lembek, lalu cara penyajiannya biasa dicampur dengan santan, gula dan es batu.

Jika Anda sedang kehausan, sebaiknya meminum dawet ireng karena dapat menghilangkan rasa haus dengan cepat. Minuman ini juga cocok untuk cuaca panas seperti di Purwokerto. Biasanya dijual melalui para pedagang keliling dan dibanderol mulai dari Rp. 5.000 per gelas atau mangkoknya.

Wajik

Wajik Purwokerto

Makanan ini sebetulnya sama seperti gethuk yakni rasanya cukup manis dan legit saat dimakan. Jajanan tradisional tersebut dibuat dengan bahan beras ketan yang diolah secara bersamaan menggunakan gula merah. Oleh karena itu warnanya pun menjadi sama, yakni berwarna coklat tua.

Dalam perkembangannya, banyak dijumpai berbagai macam warna lain di pasaran seperti merah, hijau, orange dan masih banyak lainnya. Cara penyajiannya juga bervariasi mulai dari bentuk kotak kecil, persegi panjang, jajaran genjang dan lain-lain.

Telur Asin

Telur Asin Purwokerto

Makanan khas Jawa Tengah yang terakhir adalah berasal dari telur bebek. Panganan ini terkenal di daerah Brebes karena disana diproduksi secara banyak dan berlimpah. Biasanya cocok dimakan langsung atau menggunakan nasi hangat.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Magelang

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari langsung di pusat oleh-oleh seluruh wilayah Jawa Tengah. Harga yang dijual pun cukup terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Selain itu biasa dikemas per box atau menggunakan mika bening.

Berbagai oleh-oleh khas Purwokerto di atas merupakan varian yang paling disukai wisatawan. Jika Anda penasaran silahkan datang langsung ke daerah ini, dijamin akan mendapat kesan yang tidak terlupakan selamanya.

Tinggalkan Balasan