Oleh-Oleh Khas Serang

Oleh-Oleh Khas Serang

Diposting pada

Mendekati musim liburan, para wisatawan sibuk mencari tempat menarik sekitarnya. Jika Anda sedang merencanakan tamasya ke Banten, jangan lupa untuk mengenali oleh-oleh khas Serang terlebih dahulu. Di bawah ini ada beberapa list buah tangan yang bisa dijadikan pilihan.

Kenali Berbagai Oleh-oleh Khas Serang

Saat liburan jangan lupa membawakan oleh-oleh untuk kesayangan di rumah sehingga keluarga pun ikut senang. Sebenarnya apa saja Buah tangan Serang yang bisa dibeli? Berikut ini akan dijabarkan secara rinci oleh-oleh khas Serang. Simak baik-baik ya!

Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella Serang

Minuman khas Banten yang bisa dijadikan buah tangan keluarga yakni sirup. Minuman ini sangat segar karena dibuat daribunga rosella. Selain menyegarkan, ia pun mengandung berbagai khasiat. Kandungannya dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

Teh rosella tersebut dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah diabetes. Selain itu, minuman yang cocok diminum saat sore hari ini bisa menangkal radikal bebas. Harganya bervariasi tergantung kemasan serta ukuran. Paling murah dijual sekitar Rp. 12.500.

Rengginang

Rengginang Serang

Cemilan asli Serang itu banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang singgah untuk liburan. Rengginang ialah salah satu jenis kerupuk asal beras ketan. Jajanan ini berbentuk bulat dan terasa renyah saat digigit. Sangat cocok disantap bersama kesayangan di sore atau pagi hari.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jawa Barat

Terdapat 3 varian rengginang antara lain ketan hitam, terasi dan ketan putih. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Harga satu bungkusnya cukup murah yakni sekitar Rp. 15.000. ini akan jadi oleh-oleh idaman keluarga.

Kue Gipang Kacang

Kue Gipang Kacang

Jika berlibur ke Serang, jangan lupa membeli kue gipang kacang. Bisa dikatakan, cemilan ini sangat khas sehingga banyak wisatawan rela mengantri demi mendapatkannya. Rasa jajanan itu manis dan terasa renyah. Teksturnya sedikit agak lengket karena terbuat dari beras ketan yang dicampur gula.

Cemilan itu mulai langka sehingga pastikan untuk membelinya saat berlibur ke Serang. Kue Gipang tersebut telah memiliki banyak varian rasa antara lain pandan, gula merah dan kacang. Adanya variasi ini membuat pembeli merasa memanjakan karena ada kebebasan memilih. Harga sebungkus gipang dijual Rp 13.000.

Gerabah Bandalu

Gerabah Bandulu Serang

Gerabah Bandalu ialah ciri Khas Kota Serang Banten. Benda ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh karena pemiliknya bisa memajangnya di rumah. Cinderamata tersebut memiliki harga yang berbeda-beda tergantung ukuran dan desainnya.

Kerajinan tangan tersebut juga multifungsi sebab ada yang berbentuk alat dapur jadi bisa digunakan untuk keperluan memasak. Ia disebut geragabah Bandalu karena mengacu pada daerah penghasilnya. Jika tertarik, Anda boleh datang ke kawasan ini untuk belajar membuat karya dari tanah liat tersebut.

Keripik Getas

Keripik Getas Serang

Anda menginginkan jajanan khas Serang yang awet untuk dibawa pulang? Mungkin keripik getas dapat menjadi pilihan paling tepat. Cemilan ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa serta rempah-rempah terbaik. Kemudian olahan tersebut dibentuk bulat dan akhirnya digoreng hingga renyah terasa.

Rasanya lezat yakni perpaduan antara gurih dan rempah yang kuat. Harga cemilan ringan itu cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat. Satu bungkus jajanan keripik getas ini bernilai Rp. 30.000. Harganya bervariasi menyesuaikan ukuran.

Emping Menes

Emping Menes

Oleh-oleh khas Serang Cilegon ini menjadi andalan wisatawan karena rasanya sangat khas sehingga banyak orang merindukannya. Emping ialah makanan olahan dari melinjo. Buah tersebut dikupas lalu disangrai dalam pasir yang telah panas. Lalu dibentuklah bulat dengan menumbuknya secara halus.

Memang, cemilan tersebut bisa ditemukan di tempat lainnya. Namun, cita rasa buah tangan ini sungguh berbeda. Rasa emping menes itu beraneka macam antara lain gurih dan pedas. Anda bisa memilih ingin membawa rasa apa sesuai selera keluarga.

Bakso Ikan

Salah satu makanan khas Serang yang memiliki cita rasa enak dan bergizi yaitu bakso ikan. Makanan tersebut dibuat menggunakan ikan tengiri segar.

Karena ia tidak diberi pengawet, maka sebelum dibawa pulang sebaiknya disimpan di kulkas (freezer) terlebih dahulu. Ini berlaku terutama jika Anda berasal dari luar kota. Bakso ikan ini dijual lengkap dengan bumbu penyedapnya.

Anda tidak perlu lagi menambahkan rempah-rempah apapun. Sesampainya di rumah, pembeli bisa langsung merebusnya untuk kemudian diolah kembali atau disajikan dengan bumbu yang menyertainya. Harganya terjangkau sekitar Rp. 35.000 per bungkus.

Kerajinan Tas

Salah satu cinderamata yang bisa dibeli saat bertamasya ke Banten ialah tas buatan penduduk lokal. Jangan mengaku pecinta fashion jika belum membeli kerajinan hasil masyarakat Serang. Produk buatannya berkualitas hingga barang-barang tersebut sering diekspor ke luar negeri.

Salah satu sentra kerajinan tas terkenal di Serang ialah Desa Kadu Genep. Terdapat ratusan pengrajin yang selalu menghasilkan produk setiap harinya. Anda tidak perlu meragukan kualitasnya karena meksipun dibuat orang lokal, namun desainnya seperti buatan internasional.

Keripik Ikan Payus

Keripik Ikan Payus

Di pusat oleh-oleh khas Banten Kota Serang Banten umumnya terdapat banyak penjual yang menjajakan keripik ikan. Kuliner ini terbuat dari payus, salah satu biota laut.

Bentuknya bulat dan berwarna putih agak keuningan. Rasa cemilan itu gurih sehingga cocok dijadikan teman menyantap makanan berkuah maupun nasi. Harga sebungkus keripik ikan payus dijual sekitar Rp. 20.000.

Jajanan ini dapat ditemukan di deretan penjual toko oleh-oleh kota Serang. Pastikan Anda membeli makanan tersebut agar keluarga rumah kesayangan bisa merasakan kenikmatannya.

Sate Bandeng

Sate Bandeng

Kuliner khas Serang Banten yang harus dijadikan list yakni sate bandeng. Makanan ini memliki rasa sangat lezat serta unik. Olahan itu menjadikan ikan berduri menjadi santapan tak terlupakan. Betapa tidak, kepiawaian pembuat santapan tersebut telah memisahkan duri dan daging.

Hal ini pun membuat penikmat sate bandeng merasa puas karena tidak perlu susah payah saat menyantapnya. Rasa gurihnya didapat dari rempah-rempah yang dimasukkan dalam ikan sebelum dibakar. Dijamin, kuliner Serang itu mampu membuat Anda berdecak kagum.

Batik Lereng lesung

Batik Lereng lesung

Salah satu produk berkualitas yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh khas Serang ialah batik lereng lesung. Tampilan kain tersebut sangat khas. Motif tersebut diresmikan sejak 2006 sejak diikutkan dalam perlombaan. Terdapat beberapa corak antara lain lesung, rumput laut dan kuba masjid.

Hingga kini, batik jenis ini bertambah populer. Bahkan, ia telah menjadi oleh-oleh wajib wisatawan domestic maupun mancanegara. Kain bercorak unik itu akan membuat Anda tampil lebih trendi. Jangan lupa membeli lereng lesung saat bertandang ke sini.

Manisan Buah Pala

Manisan Buah Pala

Oleh-oleh khas Pandeglang Banten yang segar dan cocok dijadikan buah tangan ialah manisan pala. Cemilan bercita rasa manis itu akan menjadi makanan kesukaan keluarga. Ini merupakan hasil kreatifitas masyarakat. Dengan cara tepat, buah asam tersebut pun layak dilkonsumsi. Bahkan, menjadi produk unggulan masyarakat.

Selain awet, kuliner khas tersebut pun praktis dibawa kemana saja. Harga manisan tersebut cukup sesuai kantong Anda. Cemilan pala itu bisa dibawa pulang dengan Rp. 20.000 saja. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Segera miliki jajanan enak ini.

Opak

Opak

Serang memiliki makanan khas beragam macamnya, salah satunya yakni opak. Jajanan itu bentuknya seperti kerupuk.

Ia terbuat dari singkong yang direbus lalu ditumbuk halus membentuk bulatan tipis. Adanya campuran bumbu-bumbu halus menyebabkan rasa cemilan ini gurih. Sangat pas untuk oleh-oleh kesayangan di rumah.

Apalagi ia cukup terjangkau. Satu bungkusnya dihargai sekitar Rp. 20.000. Harga di toko bisa bervariasi tergantuk ukuran dan jumlahnya. Tidak sulit menemukan jajanan berkualitas ini. Kini Anda tak perlu bingung lagi karena ada opak sebagai oleh-oleh wisata Serang.

Jahe Gula Merah

Jahe Gula Merah

Oleh-oleh khas Rangkasbitung yang tidak boleh dilewatkan ialah jahe gula merah. Minuman hangat ini tidak hanya nikmat, namun memiliki khasiat cukup banyak. Salah satu manfaatnya ialah mampu menghangatkan badan dan meredakan masuk angin.

Aromanya harum hingga mampu menenangkan pikiran. Minuman hangat tersebut praktis sebab bentuknya bubuk dan dikemas secara berkualitas. Jadi, pembeli dapat menikmatinya kapan pun ia mau. Dapat dikatakan, jahe gula merah ini salah satu oleh-oleh khas yang bisa dipertimbangkan.

Golok

Siapa yang tidak mengenal dengan golok? Senjata tradisional itu merupakan salah satu oleh-oleh unik khas Serang. Benda tajam ini biasanya digunakan untuk berkebun oleh masyarakat pedesaan. Di Banten terdapat suatu kawasan pembuatnya yakni di Desa Seuat Jaya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Pembuatan senjata itu telah dilakukan sejal 1982. Desa tersebut tidak membuat golok saja, namun sangkar serta gagangnya. Jenis paling baik ialah Sulangkar. Tipe ini berkualitas tinggi dan sedikit mahal dibandingkan dengan lainnya.

Sagon Bakar

Sagon Bakar

Salah satu makanan khas Banten ialah sagon bakar. Cemilan ini memang bisa ditemukann di daerah lainnya. Namun, cemilan di Serang tersebut dibakar sehingga sekilas terdapat warna hitam efek pembakaran. Selain itu, bentuknya bulat pipih sehingga terlihat menggemaskan.

Sagon itu memiliki rasa lezat. Pepaduan manis dan gurih dari parutan kelapa yang diolah saat proses pembuatan. Karena dibakar, aromanya sedikit khas. Namun, ini justru membuat para pecinta sagon merindukannya.

Harga sebungkusnya sangat murah yakni Rp 5000. Dijamin, oleh-oleh tersebut akan menjadi buah tangan kesayangan.

Tas Akrilik

Pusat Souvenir khas Banten Anda dapat menemukan kerajinan tangan yakni tas dari akrilik. Tampilannya sangat unik sehingga mampu mempercantik penampilan wanita. Warna-warna yang ditawarkan sungguh cantik serta menawan.

Penggunaan akrilik untuk kerajinan itu merupakan ide kreatif. Batu tersebut dikombinasikan bersama bahan lainnya sehingga memiliki nila jual lebih. Harganya tergantung dari kualitas dan desain produk fashion tersebut.

Sebuah tas akrilik ini dijual sekitar Rp. 300.000. Dengan harga segitu, Anda mendapatkan barang yang sangat berkualitas.

Miniatur Landmark

Miniatur Landmark serang

Salah satu oleh-oleh berkualitas dan bisa dijadikan hiasan di rumah ialah miniatur landmark khas Banten. Ada berbagai pilihan ukuran serta desain sehingga pembeli bisa memilih sesuka hati. Selain itu, ia dilengkapi boks kaca. Adanya kotak transparan tersebut membuatnya terlihat mewah.

Sebagian besar miniatur Baduy dijual sangat terjangkau sesuai kualitasnya. Saat berkunjung ke Serang, jangan lupa membelinya. Dijamin rumah menjadi lebih menarik dengan adanya pajangan berkualitas ini. Harga cinderamata tersebut murah sekitar Rp. 250.000.

Kue Engkak

Kue Engkak

Kue engkak ialah salah satu cemilan tradisional yang bisa dijadikan buah tangan. Cemilan ini mungkin banyak ditemukan di daerah Palembang dan sekitarnya. Namun, jajanan lezat itu pun telah lama diproduksi di Serang, Banten.

Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula, kelapa, serta beberapa tambahan lainnya. Sekilas, makanan itu seperti kue lapis lagit. Namun, ia sungguh berbeda. Aromanya sangat harum dan manis sehingga cocok disajikan dengan teh hangat.

Cemilan lezat ini dapat bertahan selama 5 hari sebab ia dibuat tanpa bahan pengawet.Harga sebungkusnya sekitar Rp. 100.000 dan bisa disantap untuk satu keluarga. Dijamin, makanan tradisional tersebut akan menjadi buah tangan terbaik.

Ceplis

Ceplis serang

Makanan daerah Serang yang harus Anda coba yaitu ceplis. Cemilan ini memiliki rasa cukup unik. Sekilas mungkin nampak seperti jajanan emping. Namun, ia berukuran lebih kecil. Asalnya pun sama dari melinjo.

Rasanya sedikit lebih gurih dengan tekstur sedikit lebih tebal. Ia sangat cocok dihidangkan bersama secangkir minuman hangat.

Makanan itu sering dijadikan oleh-oleh khas Banten. Kemasannya praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana. Harganya sangat terjangkau. Satu bungkus ceplis tersebut dihargai Rp. 15.000. jajanan murah ini akan menjadi oleh-oleh kesukaan keluarga di rumah.

Serundeng

Serundeng

Mencari kuliner khas yang bisa dibawa pulang? Mungkin serundeng ialah pilihan terbaik. Makanan ini sering digunakan sebagai tambahan dalam sayur maupun lauk. Ia terbuat dari olahan parutan kelapa disertai bumbu-bumbu berkualitas. Ada berbagai varian serundeng mulai dari rasa original hingga pedas.

Adanya berbagai pilihan itu memudahkan ibu-ibu terutama bagi yang sering membuat masakan dengan serundeng. Ini akan menjadi buah tangan istimewa saat berkunjung ke Serang, Banten. Harga pelengkap makanan tersebut sekitar Rp. 27.000. Kemasannya bermacam-macam mulai dari plastik hingga botol.

Kerajinan Bambu Ciakar

Kerajinan Bambu Ciakar serang

Ada lagi oleh-oleh dari Banten yang bisa dipertimbangkan yaitu kerajinan bambu ciakar. Ada beberapa produk dihasilkan oleh para pengrajin antara lain alat-alat rumah tangga, pajangan dan pernak-pernik. Bahkan, tersedia kerajinan berbentuk topi serta tas sehingga bisa menunjang penampilan.

Kerajinan ini dijual dengan harga cukup murah dan bervariasi sesuai desain serta ukuran. Produknya sangat berkualitas sehingga banyak pesanan berasal dari luar negeri. Tak main-main, produk keren tersebut telah diekspor ke Inggris, Korea, Hongkong serta India.

Seiring berjalannya waktu, para pengrajin ini memperbarui dengan memberikan desain yang fresh sehingga pembeli tidak akan merasa bosan. Kegiatan tersebut pun menunjang perekonomia masyarakat Serang.

Keripik Ikan Payus

Jika berkunjung ke Banten, jangan lupa sempatkan mencicipi keripik ikan payus. Cemilan gurih ini memiliki rasa gurih. Aromanya khas ikan dengan tekstur bulat ringan menyerupai kerupuk. Jajanan ringan itu cocok menjadi teman makan nasi bersama keluarga.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Sukabumi

Ia terbuat dari ikan payus yang diolah bersama tepung dan racikan bumbu terbaik. Resep keripik ini diturunkan dari generasi ke generasi. Makanan tersebut aman karena tidak dimasak dengan bahan pengawet. Meskipun demikian, ia dapat bertahan cukup lama jika disimpan di tempat yang rapat.

Harga satu bungkus keripik payus ini bernilai Rp. 20.000. Cukup terjangkau untuk semua kalangan. Ia bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko oleh-oleh daerah pusat kota Serang, Banten. Jika tertarik membeli, jangan lupa memasukkannya sebagai list.

Nah, itulah berbagai macam oleh-oleh khas Serang paling dicari pada tahun 2020. Semoga informasi ini bermanfaat terutama untuk para pelancong yang berlibur di daerah Banten.

Tinggalkan Balasan