Oleh-oleh Khas Solo

Solo atau Surakarta terkenal akan budaya serta keramahan warganya. Siapapun pasti betah atau selalu ingin kembali ke sana karena kota satu ini memang memiliki pesona tersendiri. Tiap wisatawan yang datang menikmati pesona dan ragam wisatanya, pasti tidak akan melewatkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas Solo.

Ada beberapa pilihan menarik yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga maupun kerabat di kota asal sepulangnya dari Solo. Mulai dari aneka jajanan kuliner sampai produk kerajinan khas yang pastinya tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bali

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Solo yang kekinian sekaligus murah? Simak di bawah ini.

17 Oleh-oleh Khas Solo Yang Terkenal dan Murah

Oleh-oleh khas Solo Yang Terkenal dan Murah

Oleh-oleh Khas Solo Abon Mesran Solo

Oleh-oleh Khas Solo Abon Mesran Solo

Abon Mesran bisa menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Solo yang tepat untuk keluarga maupun kerabat di rumah. Abon Mesran merupakan olahan daging ayam dan sapi yang memiliki rasa manis, juga pedas. Kuliner legendaris asli Solo ini memang bercita rasa khas sehingga cocok digunakan sebagai pendamping lauk hidangan apapun.

Anda tak perlu khawatir menjadikannya oleh-oleh ketika berlibur dari Solo. Sebab, Abon Mesran ini memiliki kemasan yang rapi dengan masa kedaluwarsa cukup lama. Kuliner ini dibanderol dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 70 ribu sesuai ukuran dan variasi daging di dalamnya.

Oleh-oleh Khas Solo Ampyang Kacang

Oleh-oleh Khas Solo Ampyang Kacang

Camilan yang terkenal memiliki rasa manis, gurih, dan legit ini memang seringkali jadi salah satu oleh-oleh yang dicari para wisatawan. Ampyang terbuat dari kacang tanah yang digoreng sampai kering, lalu dilelehkan bersama gula merah hingga membentuk gumpalan sedikit pipih.

Ampyang juga dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Solo murah meriah, karena dijual dengan harga Rp 5 ribuan saja. Jika Anda penasaran dengan kudapan satu ini, Anda bisa menemukannya di Pasar Gedhe, Solo. Selain cocok dijadikan oleh-oleh, ampyang juga pas dijadikan camilan nikmat untuk menemani perjalanan Anda di Kota Solo.

Oleh-oleh Khas Solo Bakpia Balong

Oleh-oleh Khas Solo Bakpia Balong

Siapa sangka, ternyata bakpia tidak hanya ada di Yogyakarta saja, lho. Solo juga punya sajian bakpia yang pastinya dengan versi sedikit berbeda. Bakpia ini dikenal dengan nama Bakpia Balong.

Salah satu ciri khas Bakpia Balong adalah ukurannya yang besar, tidak seperti bakpia jogja yang umumnya berukuran mungil. Ada beberapa varian rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari kacang hijau, keju, cokelat, durian, kacang merah, hingga daging.

Oleh oleh kekinian khas Solo ini dijual dalam kemasan isi 5 biji yang dibanderol Rp 35 ribu per kotak. Selain ke tempat produksinya di kawasan Balong, Anda juga bisa mendapatkan bakpia ini di Hartono Trade Center Solo Baru, Sukoharjo.

Oleh-oleh Khas Solo Barang antik Pasar Triwindu

Oleh-oleh Khas Solo Barang Antik Pasar Triwindu

Oleh-oleh satu ini memang sedikit anti-mainstream, ya. Tapi percayalah, barang antik telah jadi oleh oleh kekinian khas Solo yang sedang digemari. Apalagi jika barang tersebut dibeli dari Pasar Triwindu yang menjajakan berbagai benda peninggalan zaman dulu.

Beberapa barang yang biasanya dijadikan cinderamata oleh para wisatawan ini seperti, lampu pajangan, cermin, gramofon, piring, sampai setrika arang. Dengan koleksinya yang beragam, tentu Pasar Triwindu jadi salah satu tujuan utama para pecinta barang antik, tak terkecuali wisatawan mancanegara.

Pasar Triwindu ini terletak di Jalan Diponegoro, Banjarsari, dekat dengan Puri Mangkunegaran.

Oleh-oleh Khas Solo Batik Solo

Oleh-oleh Khas Solo Batik Solo

Bukan hanya kuliner yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh oleh khas Solo kekinian. Ada beberapa kerajinan unik asal Kota Solo yang pasti sudah Anda ketahui, yaitu batik. Sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Jawa Tengah, Anda bisa menemukan banyak sekali penjual batik dengan beragam motif.

Para penjual ini biasanya menjajakan batik mulai dari lembaran kain jarik sampai yang sudah dijadikan kemeja, tas, maupun dompet. Terdengar menarik, bukan?

Ada beberapa tempat rekomendasi yang bisa Anda datangi untuk membeli batik, seperti Kampung Batik Laweyan, Pasar Klewer, atau Kampung Batik Kauman. Di tempat-tempat tersebut, Anda bisa memborong batik dengan harga cukup bersahabat. Jika ingin batik berkualitas dan eksklusif, kunjungi saja House of Danar Hadi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari.

Oleh-oleh Khas Solo Brem Solo

Oleh-oleh Khas Solo Brem Solo

Brem Solo merupakan produk hasil peragian ketan yang dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Solo murah meriah. Meski sebenarnya brem berasal dari Wonogiri, tapi kudapan satu ini juga dikenal dengan sebutan Brem Solo. Jadi jangan heran, jika Anda menjumpai banyak sekali penjual brem di setiap sudut kota.

Brem terbuat dari air hasil peragian tape yang diolah kembali. Itulah mengapa brem berbentuk kepingan padat dengan rasa unik antara campuran manis, asam, dan dingin yang gampang leleh di mulut. Rasa yang jarang ada seperti ini, membuat brem menjadi sangat istimewa di hati para pelancong.

Oleh-oleh Khas Solo Intip Solo

Oleh-oleh Khas Solo Intip Solo

Jajan unik dan khas Solo lainnya yang perlu Anda coba adalah intip. Bentuknya seperti mangkuk raksasa yang terbuat dari kerak nasi. Cara pembuatannya pun cukup sederhana.

Kerak nasi dijemur terlebih dulu hingga benar-benar kering, lalu digoreng menggunakan minyak panas. Setelah itu, kerak nasi akan dicetak dan disiram saus karamel yang berbahan dasar gula jawa.

Rasa gurih yang dihasilkan intip sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Solo murah meriah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribu – Rp 50 ribu saja sesuai ukuran intip yang dipilih.

Oleh-oleh Khas Solo Klengkam Solo

Oleh-oleh Khas Solo Klengkam Solo

Masyarakat Solo mengenal klengkam sebagai makanan yang berbahan dasar kentang kering dicampur bumbu berbahan dasar aneka rempah.

Camilan khas Solo ini sudah pasti tidak boleh Anda lewatkan karena rasanya yang gurih dan pedas sehingga membuat siapapun ketagihan. Bahkan, makanan ini juga nikmat lho untuk dijadikan pelengkap lauk makan.

Oleh-oleh Khas Solo Pie Susu Daku

Oleh-oleh Khas Solo Pie Susu Daku

Banyak orang yang menganggap pie susu berasal dari Bali. Memang tidak salah, karena kudapan ini sedang tren di Pulau Dewata sebagai oleh-oleh para wisatawan. Namun ternyata, ada juga pie susu khas Solo yang bisa Anda bawa pulang bernama Pie Susu Daku.

Biasanya, pie susu ini dijual dalam kemasan box dengan isi sebanyak 18 buah. Anda bisa menyantapnya dalam sekali gigitan karena memang ukuran pie susu satu ini terbilang mini. Harga jualnya cukup murah kok, sekitar Rp 28 ribu per box termasuk paperbag yang terlihat eksklusif.

Ada beberapa varian rasa Pie Susu Daku yang bisa Anda pilih, seperti original, green tea, Ovomaltine, tiramisu, dan juga keju.

Oleh-oleh Khas Solo Rambak Petis

Oleh-oleh Khas Solo Rambak Petis

Anda ingin camilan ringan, tapi bikin nagih? Coba deh rambak petis khas Solo yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi kering ini. Ketika sudah diolah sedemikian rupa, rambak memiliki tekstur renyah seperti kerupuk dengan rasa gurih dan pedas.

Itulah sebabnya, rambak sangat cocok dijadikan sajian nikmat keluarga di saat santai ataupun lauk di meja makan. Rambak khas Solo ini terasa kian nikmat dengan cocolan petis pedas.

Pastinya, oleh oleh khas Solo kekinian satu ini bisa menjadikan perjalanan Anda berkeliling kota jadi semakin menyenangkan. Harganya juga cukup bersahabat, sekitar Rp 130 ribu saja per kilogramnya.

Baca Juga: Oleh oleh Khas Surabaya

Jika Anda penasaran dengan camilan satu ini, Anda bisa mengunjungi tempat produksinya di Kampung Jagalan. Selain itu, rambak petis khas Solo ini bisa ditemukan hampir di semua toko oleh-oleh, terutama stasiun dan bandara.

Oleh-oleh Khas Solo Roti Kecik Ganep

Oleh-oleh khas Solo Roti Kecik Ganep

Bagi Anda yang hobi menikmati jajanan ringan di perjalanan ketika berwisata, roti kecik ganep merupakan pilihan yang pas. Roti satu ini memiliki cita rasa gurih sekaligus renyah yang sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Roti kecik ganep berbahan dasar utama tepung ketan yang memiliki rasa unik. Jadi, jangan lupa memborong roti ini untuk dijadikan oleh oleh khas Solo bagi keluarga di rumah. Roti kecik ganep berukuran besar bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 50 ribuan.

Oleh-oleh Khas Serbat Solo

Oleh-oleh Khas Solo Serbat Solo

Dari sekian banyak makanan yang bisa dijadikan oleh oleh kekinian khas Solo, ternyata ada juga minuman tradisional yang perlu Anda coba. Salah satunya adalah serbat, sejenis ramuan wedang yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah. Umumnya, serbat sudah dikemas dalam bentuk tablet sehingga Anda hanya perlu menyeduhnya menggunakan air hangat.

Serbat dijual dalam kemasan berbentuk panjang berisi beberapa tablet yang juga bisa dikonsumsi langsung layaknya permen. Harganya pun tidak terlalu menguras kantong jika dilihat dari banyaknya manfaat yang terkandung dalam segelas serbat. Jadi, apabila Anda ingin merasa lebih bugar ketika berwisata di Solo, tak ada salahnya mencoba minuman khas satu ini.

Oleh-oleh Khas Solo Floss Roll

Oleh-oleh Khas Solo Floss Roll

Kelezatan abon memang sudah tak perlu diragukan lagi. Nah, kudapan hasil kombinasi abon dan roti yang digulung, lalu dipotong jadi beberapa bagian bernama Solo Floss Roll ini buktinya. Banyak orang bahkan menyebutnya sebagai abon gulung khas Solo. Hampir semua kalangan menggemari jajanan ini karena memiliki rasa manis dan gurih abon yang berpadu dengan lembutnya roti.

Ada beberapa varian rasa floss roll yang bisa Anda pilih, seperti rasa abon sapi pedas, sapi original, dan juga abon ayam. Harganya masih terjangkau sekitar Rp 49 ribu sampai Rp 59 ribu tergantung rasa yang dipilih. Di gerai Solo Floss Roll ini, Anda juga bisa membeli abon sapi atau ayamnya saja lho.

Oleh-oleh Khas Solo Solovely

Oleh-oleh Khas Solo Solovely

Oleh oleh khas Solo kekinian berikutnya adalah Solovely milik artis Dedy Mahendra Desta dan sang istri, Natasha Rizky. Sejak awal dibuka pada tahun 2018 lalu, Solovely menyajikan menu utama kue puff pastry dengan beragam pilihan topping. Mulai dari cokelat, apple cinnamon, lemon, hingga stroberi.

Kini, Solovely merilis varian baru yang tak kalah lezat, yaitu serabi cup. Jika biasanya serabi berbentuk bulat atau digulung, maka Solovely memodifikasinya mirip cupcake. Serabi cup yang seringkali diserbu wisatawan ini dijual dalam paket box isi enam buah dengan pilihan rasa cokelat, nangka, hingga durian.

Jika harga satu loyang Solovely cake dijual dengan harga Rp 55 ribu, maka serabi cup terbilang lebih murah karena hanya Rp 35 ribuan saja. Selain dua menu tersebut, Anda juga bisa berbelanja aneka oleh oleh khas Solo kekinian di tempat ini. Anda bisa menemukan marning, brem, mie lidi, semprong, dan lain sebagainya.

Oleh-oleh Khas Solo Pluffy

Oleh-oleh Khas Solo Pluffy

Tak sedikit artis Tanah Air yang beramai-ramai membuka bisnis kue di tiap kota. Sebut saja Nagita Slavina, Vidi Aldiano, Via Vallen, sampai Ayu Ting Ting. Selain Jakarta, fenomena ini juga merambah Solo, seperti Solovely yang tadi sudah dibahas dan juga Solo Pluffy milik Jessica Mila.

Solo Pluffy berkembang di Kota Solo sejak 2017 dengan sembilan pilihan rasa berbeda. Anda bisa menemukan rasa original, keju, cornflakes, green tea, blueberry, red velvet, choco crunchy, choco milove, dan juga double choco. Satu loyang Solo Pluffy ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 48 ribu sampai Rp 65 ribu.

Selain di gerai utamanya, Anda juga bisa menemukan Solo Pluffy di Solo Grandmall, Hartono Mall, The Park Mall, Solo Square, dan juga Stasiun Balapan.

Oleh-oleh Khas Solo Prabu

Oleh-oleh Khas Solo Prabu

Oleh oleh khas Solo kekinian lainnya yang bisa Anda bawa pulang adalah Solo Prabu. Kudapan satu ini menawarkan kue berbahan pastri yang dilapisi krim sekaligus taburan topping. Nama varian kue yang ditawarkan cukup menarik karena mengusung tema Jawa, seperti Petruk Tiramisu, Semar Keju, Gareng Black Velvet.

Solo Prabu adalah toko kue milik putra asal Solo bernama Febri Utomo yang berada di Ruko Honggowongso Square, Pasar Kembang Solo. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 40 ribu sampai Rp 55 ribu per kotaknya. Anda bisa mengunjungi kedai kue ini mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam setiap harinya.

Oleh-oleh Khas Solo Serabi Notosuman

Oleh-oleh Khas Solo Serabi Notosuman

Anda pasti sudah sangat mengenal Serabi Notosuman asli Kota Solo ini. Perlu Anda ketahui, nama Notosuman sendiri berasal dari Jalan Notosuman, tempat kudapan ini beroperasi sejak dulu hingga kini. Namun, saat ini Jalan Notosuman telah diubah menjadi Jalan M. Yamin.

Serabi merupakan oleh oleh khas Solo yang terbuat dari bahan-bahan seperti, tepung beras, santan kelapa, gula, garam, pandan, dan juga ragi. Salah satu ciri khas Serabi Notosuman adalah bahan baku yang ditumbuk sendiri dari beras asli. Beras yang digunakan pun berkualitas terbaik, yaitu beras cendani asal Cianjur.

Tak heran jika Serabi Notosuman tak pernah kehilangan penggemarnya. Sebab, kualitas Serabi satu ini memang jadi perhatian utamanya. Kue ini juga tidak mengandung bahan pengawet sama sekali sehingga hanya bisa bertahan selama 24 jam saja.

Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan adalah pasangan dibalik bisnis Serabi Notosuman yang awalnya menerima pesanan kue apem dari para tetangganya di tahun 1923. Saking banyaknya yang menyukai kue buatan mereka, akhirnya bisnis tersebut berkembang menjadi pembuatan kue Serabi yang hingga kini jadi bisnis turun temurun.

Umumnya, banyak pedagang atau pembuat Serabi yang menjual kue ini dalam berbagai rasa dan aroma untuk memenuhi selera pembeli. Seperti misalnya, rasa stroberi, pandan, keju, cokelat, nangka, dan lain sebagainya. Tapi hal ini tidak berlaku bagi Serabi Notosuman.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Pasalnya, mereka tetap konsisten membuat dan menjual kue Serabi hanya dalam dua varian rasa, yaitu Serabi original atau polos tanpa topping dan Serabi bertabur cokelat. Harganya pun cukup murah untuk dijadikan buah tangan ketika Anda berkunjung ke Solo.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang. Selain jadi kenang-kenangan, berbagai oleh-oleh tersebut juga bisa Anda berikan pada keluarga atau kerabat terdekat di kota asal.

Tinggalkan komentar