Oleh-oleh Khas Sukabumi

Oleh-oleh Khas Sukabumi

Diposting pada

Saat berwisata ke daerah Jawa Barat, jangan lewatkan kesempatan berburu oleh-oleh khas Sukabumi. Daerah ini memiliki banyak benda menarik yang bisa dijadikan bingkisan untuk kesayangan. Harganya sangat bervariatif sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan anggaran belanja.

Daftar Oleh-oleh Khas Sukabumi

Ada beberapa oleh-oleh Jawa Barat yang bisa dicicipi. Mulai dari cemilan renyah hingga kerajinan khas buatan penduduk lokal. Nah, berikut adalah berbagai buah tangan special khusus untuk Anda serta keluarga tercinta di rumah:

Kue jahe

Kue jahe Sukabumi

Salah satu cemilan enak yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan yaitu kue jahe. Makanan ini terbuat dari parutan jahe dengan campuran tepung, gula dan beberapa bahan tambahan lainnya. Penganan ringan itu memiliki rasa manis sehingga cocok disuguhkan bersama secangkir teh hangat.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Ada berbagai macam bentuk jenis kue jahe yakni lonjong, bulat dan boneka. Bentuk terakhir sangat digemari anak-anak. Cemilan ini cocok sebagai oleh-oleh karena praktis sehingga tidak memakan banyak tempat. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 15.000.

Mochi

Mochi Sukabumi

Selain kue jahe, ada lagi makanan khas asal Sukabumi yang bisa dijadikan buah tangan untuk kesayangan di rumah yakni kue mochi. Penganan enak ini terbuat dari tepung ketan disertai kacang di bagian dalamnya. Sekarang ada banyak varian rasa dari oleh-oleh tersebut.

Selain original, ada varian rasa lainnya antara lain stroberi, keju dan cokelat. Kelezatannya cemilan mungil ini tidak perlu diragukan lagi. Harganya sangat murah yaitu mulai Rp. 35.000. Dijamin, kue dengan cita rasa manis itu akan menjadi oleh-oleh Sukabumi Jawa Barat terbaik.

Bolu Pisang

Bolu Pisang Sukabumi

Ada lagi jajanan lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh Sukabumi yaitu bolu pisang. Roti ini terbuat dari buah pisang dan memiliki toping bervariasi. Rasanya super enak. Apalagi tahan lama sehingga cocok jika dijadikan oleh-oleh. Bahkan dapat bertahan hingga 7 hari meskipun tidak diberi pengawet buatan.

Ini merupakan terobosan baru sebab buah pisang bisa diolah hingga memiliki nilai jual tinggi disertai rasa roti yang lezat. Harga bolu pisang original terjangkau yaitu sekitar Rp. 22.000. Jika ingin varian lainnya seperi black forest, pembeli harus rela merogoh kantong sebesar Rp. 30.000.

Kerajinan Tanduk

Kerajinan Tanduk Sukabumi

Tak hanya memiliki makanan lezat, pelancong pun dapat membeli kerajinan tangan dari hewan. Ini adalah hasil buatan para penduduk lokal Sukabumi. Kerajinan tersebut dibuat dari tanduk kerbau yang telah dibuat sedemikian rupa hingga menciptakan aksesoris cantik. Ada berbagai bentuk ditawarkan seperti ikan dan burung.

Oleh-oleh ini sangat terkenal. Kerajinan tanduk itu telah diekspor ke negara lainnya. Ia pernah dipesan untuk bingkai kacamata oleh perusahaan Jerman. Harga satu buah benda keren tersebut sangat bervariasi. Mulai dari Rp. 5.000 hingga ratusan ribu rupiah. Ini bergantung pada bentuk dan ukurannya.

Opak Jampang

Opak Jampang Sukabumi

Makanan khas terkenal asal Sukabumi lainnya yaitu opak jambang. Penganan ini terbuat dari bahan baku utamanya yakni beras ketan, garam dan santan. Selain itu, ia diberi berbagai tambahan agar rasanya lebih nikmat. Cemilan itu mempunyai tekstur renyah serta ringan sehingga takkan memberatkan pelancong.

Selain digemari oleh masyarakat sekitar, cemilan renyah ini sangat laris di pasaran. Hal itu dikarenakan harganya yang terjangkau sehingga hampir semua kalangan mampu membelinya. Apabila tertarik menikmatinya, silakan datang langsung ke pusat jajanan khas Sukabumi kota Sukabumi Jawa Barat.

Roti Priangan

Roti Priangan Sukabumi

Makanan ini merupakan oleh-oleh khas Jawa Barat yang wajib dijadikan sebagai salah satu list. Roti itu termasuk jajanan legendaris rakyat Sukabumi. Cemilan tersebut mungkin sekilas sama seperti kue lainnya. Namun, memiliki ciri khas sangat empuk. Rasa paling dicari original yaitu isi susu dan mentega.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bogor

Teksturnya sangat empuk sehingga Anda cocok untuk segala umur. Selain rasa original, terdapat pula varian cokelat dan stroberi. Saat bertandang ke Sukabumi, jangan lupa mencoba kenikmatan roti lezat ini. Harganya cukup murah yakni Rp. 3.500 sedangkan roti tawar merk serupa dihargai Rp. 4.000.

UnaiChoco

Unaichoco Sukabumi

Salah satu produk unggulan dari oleh-oleh khas Sukabumi yaitu unai choco. Ini terbuat dari coklat 100% dan diolah hingga menjadi kudapan lezat yang bernilai jual. Rasanya super enak sehingga para pecinta makanan manis pasti menyukai. Bentuknya bervariasi sehingga si kecil pun akan ketagihan.

Satu toples unai choco enak ini dihargai sekitar Rp. 35.000. Harganya tidak semahal yang Anda bayangkan, bukan? Cokelat itu sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kesayangan. Jika tertarik, jangan lupa memburunya di toko oleh-oleh khas Sukabumi Teh Eneng Sukabumi Jawa Barat.

Sagon Bakar

Sagon Bakar Sukabumi

Ada lagi jajanan makanan yang bisa dibeli yaitu sagon bakar Sukabumi. Ini adalah cemilan tradisional terbuat dari aci dan sagon. Penganan itu memiliki rasa lezat sehingga Anda bisa menjadikannya oleh-oleh wajib saat berlibur ke sini. Teksturnya renyah dan bisa dijadikan teman ngopi bersama kesayangan.

Ada berbagai bentuk mulai dari kotak hingga persegi panjang. Usai merasakan gigitan pertama, Anda akan mendapatkan rasa gurih yang menggoda. Harga sagon bakar asli Jawa Barat ini dijual mulai belasan ribu hingga puluhan ribu. Harganya bergantung pada jumlah barang di kemasan tersebut.

Kerajinan Batu

Kerajinan Batu Sukabumi

Salah satu oleh-oleh Sukabumi berkualitas dari Jawa Barat yaitu kerajinan batu. Anda dapat menjadikannya hiasan rumah. Ada beberapa model kerajinan yang bisa dijadikan pajangan area ruang tamu seperti gelas, piring dan mangkok hias. Ini akan menjadi oleh-oleh terbaik.

Selain pajangan, kerajinan ini pun dibuat berbagai aksesoris menarik antara lain gelan, kalung dan cincin. Hasi kreasi dari batu tersebut akan membuat Anda makin cantik. Harga satuannya bervariasi, tergantung model serta ukuran. Saat berlibur ke Sukabumi, jangan lupa membelinya di toko makanan khas Bogor.

Dendeng Belut

Dendeng Belut Sukabumi

Salah satu makanan Sukabumi yang memiliki rasa enak dan bisa dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah yaitu dendeng belut. Hidangan ini dibuat dari ikan belut segar dan dimasak bersama rempah-rempah pilihan. Rasanya perpaduan antara manis serta gurih, cocok disantap bersama sepiring nasi hangat.

Harga satu plastik dendeng belut sekitar Rp. 22.000 dengan ukuran 100 gram. Makin besar kemasan, semakin mahal pula harganya. Anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai penjual oleh-oleh Jawa Barat. Dijamin, keluarga di rumah akan makan lebih lahap jika menghidangkan lauk ini.

Manisan Pala

Manisan Pala Sukabumi

Penduduk lokal Sukabumi sangatlah kreatif. Mereka mampu mengubah rempah-rempah menjadi sebuah kudapan manis. Manisan pala asli Jawa Barat ini dibuat tanpa bahan pengawet sama sekali. Selain itu, cemilan itu dibuat mengandalkan pewarna alami. Rasanya sangat manis, cocok untuk pencuci mulut.

Makanan dari olahan pala tersebut dijual dengan berbagai bentuk menarik disertai warna yang sangat variatif. Selain nikmat, cemilan manis ini pun memiliki khasiat yaitu menambah semangat dan obat pencernaan. Harga satu plastik kudapan tersebut sekitar Rp. 25.000.

Krise

Krise Sukabumi

Jika Anda menginginkan makanan ringan yang sedang hits di Sukabumi, krise bisa jadi pilihan terbaik. Cemilan kering itu memiliki rasa gurih plus pedas. Kombinasi antara 2 rasa tersebut begitu nikmat hingga penganan tersebut menjadi populer hingga saat ini. Ia dapat dengan mudah ditemukan di marketplace.

Krise dibuat dari singkong dan dibentuk seperti keripik pada umumnya. Rasa pedasnya menggoyang lidah sehingga para pecinta kuliner pedas banyak memburunya. Harganya cukup terjangkau. Untuk ukuran 150 gram dijual Rp. 7.000 sedangkan 400 gram dihargai Rp. 15.000.

Sari Buah Pala

Selain cemilan renyahnya, Anda pun dapat menemukan minuman khas Sukabumi yaitu sirup pala. Produk berkualitas itu kerap dijual di berbagai toko oleh-oleh di pusat kota. Ini merupakan inovasi yang inspiratif sebab penduduk lokal mampu mengubah rempah-rempah menjadi minuman lezat berkhasiat.

Agar terasa lebih segar, sebaiknya diminum dalam keadaan dingin. Sari buah pala itu bisa langsung dinikmati usai dikeluarkan dari kulkas. Minuman tradisional ini dijual dengan harga relatif murah. Satu botolnya dihargai Rp. 30.000. Untuk botol berukuran kecil, harganya Rp. 10.000. Cukup murah, bukan?

Keripik Enye

Keripik Enye Sukabumi

Sukabumi terkenal akan kenikmatan produk keripiknya, salah satunya yaitu enye. Keripik ini terbuat dari bahan baku singkong. Bentuknya bulat tipis. Teksturnya renyah sehingga pas dijadikan cemilan atau teman makan nasi. Ada 2 pilihan kemasan yaitu produk matang dan yang belum digoreng.

Penduduk lokal banyak yang menikmatinya sebagai teman menonton TV. Ada banyak varian rasa antara lain, original, keju, pedas dan udang. Dengan adanya variasi rasa ini begitu memanjakan lidah para pelanggan. Jika ingin menikmatinya, jangan ragu segera membelinya di toko-toko terdekat.

Madu

Madu Sukabumi

Jika Anda menginginkan oleh-oleh berkhasiat yang enak rasanya, mungkin madu ialah pilihan terbaik. Produk alami asli Sukabumi ini terkenal akan kualitasnya. Selain rasanya nikmat, juga berkhasiat. Ada banyak penyakit bisa disembuhkan antara lain, menambah stamina, obat batuk dan sumber energi.

Sukabumi dikenal akan madunya karena kualitasnya baik. Produk tersebut dihasilkan oleh madu-madu hutan sehingga rasanya sangat alami. Jika diamati, kekentalannya begitu alami. Selain itu, ia pun lezat hingga banyak orang memburunya. Harganya cukup terjangkau, sebotol dihargai Rp. 120.000 saja.

Manisan Cermai

Manisan Cermai Sukabumi

Makanan khas Cianjur yang bisa dijadikan buah tanga yaitu manisan cermai. Cemilan ini memiliki rasa manis dengan bentuk bulat, seperti buahnya. Penganan itu disukai banyak orang terutama anak-anak karena rasanya enak serta cocok digunakan sebagai pencuci mulut. Tak heran, jika ia sangat laris manis.

Selain terkenal lezat, cemilan itu pun memiliki banyak khasiat antara lain, melindungi hati, antioksidan serta sumber vitamin serta dapat menjaga kestabilan kolesterol darah. Manisan cermai ini pas untuk oleh-oleh sebab selain berkhasiat dan memiliki rasa menggoyang lidah. Soal harga cukup murah yakni Rp. 17.000 saja.

Minuman Rosella

Minuman Rosella Sukabumi

Salah satu minuman enak plus berkhasiat untuk kesehatan asal Sukabumi yaitu teh rosella. Rasanya segar sehingga menyegarkan tubuh. Selain itu, juga dapat melancarkan peredaran darah, menyaring racun tubuh dan melancarkan buang air besar. Sakit batuk pun bisa sembuh dengan produk itu.

Minuman Rosella ini pun memberikan kenikmatan pada peminumnya. Tak heran, banyak orang mengonsumsinya saat pagi maupun sore hari. Apabila dikonsumsi rutin, badan akan terasa segar bugar. Apabila bertandang ke Sukabumi, jangan lupa membawa pulang untuk keluarga kesayangan di rumah.

Kue Bakar Aci

Kue Bakar Aci Sukabumi

Sukabumi menyimpan segudang cemilan enak, salah satunya yakni kue bakar aci. Cemilan ini tercipta karena adanya kreativitas warga yaitu mengubah tepung sagu plus kelapa menjadi penganan lezat dan terkenal. Setelah gigitan pertama, Anda akan merasakan rasa gurih yang nikmat.

Apalagi produk tersebut dibuat menggunakan bahan berkualitas sehingga menghasilkan tekstur renyah. Dijamin, cemilan enak ini akan membuat ketagihan. Terlebih lagi, ia tidak memberatkan barang bawaan. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 20.000. Anda akan mendapatinya dengan mudah di toko oleh-oleh.

Roti Mochi

Roti Mochi Sukabumi

Salah satu yaitu roti mochi. Ia adalah perpaduan antara kue tradisional dengan modern. Rasanya sangat unik karena menghasilkan manis yang khas. Roti ini bisa ditemukan mudah di Jalan Karamat. Perpaduan antara unsur klasik dan kekinian tersebut membuatnya laris manis di pasaran.

Satu kotak roti mochi dihargai sekitar Rp. 35.000. Ini cukup murah mengingat isinya cukup banyak. Apalagi ia tidak ditemukan di daerah lainnya. Dijamin, keluarga akan dengan senang hati saat mencicipinya. Untuk menghindari antrian, sebaiknya datang ke toko tersebut selain weekend.

Batik

Batik Sukabumi

Selain Yogyakarta, Sukabumi pun dikenal akan batik tulisnya yang unik dan menawan. Hal ini sangat berbeda dengan motir-motif kain dari daerah lainnya. Mayoritas coraknya terinspirasi dari hal-hal sekitar masyarakat seperti pala, ikan dan daun pisang. Tak heran, jika sangat dicari oleh para wisatawan.

Warna kain khas Sukabumi cenderung cerah serta berani antara lain merah, hijau dan biru. Apabila memakainya, Anda akan terlihat lebih ceria. Harga batik tulis Jawa Barat ini sangat bervariasi yakni antara Rp. 200.000 hingga jutaan rupiah. Apabila menginginkan yang murah, tersedia pula batik cap.

Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu Sukabumi

Ada lagi barang khas Sukabumi yang bernilai seni tinggi yakni kerajinan dari bambu. Terdapat kawasan dengan banyak pengrajin benda ini yakni Desa Cisolok. Di sana. Berbagai perabotan rumah tangga terbuat dari bambu. Salah satu perlengkapan laris manis buatan penduduk lokal ialah satu set gelas teh.

Selain itu, Anda bisa menemukan baki yang bisa dipesan sesuai request. Kerajinan ini tak hanya diminati oleh warga lokal, para turis tujuan wisata ke Jawa Barat khususnya Sukabumi pun sering memborongnya. Untuk dapat satu set gelas, pembeli harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 200.000.

Gantungan Kunci

Selain oleh-oleh khas Jampang, Anda pun dapat memberikan souvenir cantik kepada kerabat maupun keluarga di rumah yaitu gantungan kunci khas Jabar. Meskipun bentuknya kecil, namun mampu menampilkan kekhasan Sukabumi sehingga cocok dijadikan buah tangan untuk kesayangan di rumah.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Apalagi harganya tidak mahal yakni sekitar Rp. 15.000 saja, namun sedikit lebih mahal dibandingkan gantungan kunci daerah lainnya karena bahan baku sangat langka. Souvenir ini terbuat dari tanduk kerbau sehingga hasil karyanya pun indah. Bentuk yang paling banyak dicari yakni wayang kulit.

Demikian ulasan mengenai oleh-oleh khas Sukabumi, Jawa Barat. Selain memiliki jajanan tradisional yang menggoyang lidah, daerah ini pun mampu menghasilkan kerajinan bernilai budaya tinggi. Jika kebetulan berada di sini, jangan lupa berburu barang-barang khasnya. Semoga info di atas bisa berguna.

Tinggalkan Balasan