Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau
11Jun, 2020

Buah tangan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga atau sahabat ketika menanti kepulangan kerabat mereka. Nah, Anda jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau saat berkunjung ke sana. Ragamnya bermacam-macam dan harganya pun pas di kantong.

Ragam Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Sebagai pulau yang kaya akan destinasi wisata alam, maka Kepulauan Riau tentunya juga memiliki beragam khas oleh-oleh untuk dibawa pulang para wisatawan. Ragamnya sangat banyak mulai dari jenis makanan, kerajinan tangan, hingga pakaian sekalipun. Seperti:

Batang Buruk

Batang Buruk Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Batang buruk merupakan salah satu oleh-oleh khas Tanjung Pinang Riau yang wajib Anda beli sebagai buah tangan keluarga di rumah. Ia merupakan sebuah kue yang cukup banyak disajikan pada saat hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Kue ini terbuat dari campuran tepung, susu, kacang hijau dan gula. Rasanya sangat legit dan manis sehingga pas di lidah orang Indonesia. Teksturnya mudah hancur sehingga ia disajikan dalam potongan kecil-kecil.

Pada bagian luar dari Kue Batang Buruk ini diberi taburan gula halus sehingga terlihat jika ia berwarna putih. Jika ingin membelinya, maka datang saja ke berbagai pusat oleh-oleh di Tanjung Pinang, harganya adalah sekitar Rp. 35.000,- per bungkus plastik flip.

Luti Gendang

Luti Gendang Tanjung Pinang Riau

Luti Gendang merupakan makanan yang biasa dikenal masyarakat luas dengan nama roti goreng. Namun, ia berbeda karena di dalamnya terdapat isian daging ikan tuna bumbu pedas manis dengan kelezatan paripurna tiada tandingannya.

Makanan yang satu ini mulanya berasal dari Batam, tetapi karena sangat lezat Luti Gendang juga sangat digemari oleh masyarakat Kepulauan Riau. Ia cocok digunakan sebagai oleh-oleh karena walaupun sifatnya basah, namun dapat bertahan hingga 4 hari.

Jika Anda berminat untuk membelinya, maka Luti Gedang ini banyak di jual di warung-warung kecil atau penjual makanan pinggir jalan di sekitaran Tanjung Pinang. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp. 2.000,- saja per bijinya.

Kue Deram

Kue Deram Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Oleh-oleh khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau selanjutnya yang wajib Anda coba yaitu Kue Deram. Ia merupakan makanan legendaris karena telah ada sejak zaman Kerajaan Melayu dahulu kala. Hingga kini, resep dan cara pembuatan tradisionalnya tetap dipertahankan.

Kue yang juga biasa disebut dengan deram-deram ini berasal dari Pulau Penyengat Tanjung Pinang. Bentuknya hampir menyerupai donat yakni bulat dan memiliki lubang di tengahnya. Rasanya manis gurih karena terbuat dari campuran tepung beras serta gula merah.

Deram-deram dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena mampu bertahan lama hingga mingguan. Ia banyak tersebar di swalayan dan pusat oleh-oleh Tanjung Pinang. Harganya pun lumayan murah yaitu kisaran Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,- per kemasannya.

Tepung Gomak

Tepung Gomak Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Mendengar namanya, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah oleh-oleh berbentuk tepung. Anggapan tersebut sejatinya salah besar karena Tepung Gomak merupakan sebuah camilan dan sering dihidangkan sebagai makanan pendamping teh.

Ia merupakan oleh-oleh khas Tanjung Pinang. Bentuknya sangat unik yakni menyerupai kapal selam. Warnanya pun hijau menarik sehingga membuat siapa saja menjadi tertarik memakannya. Bahan utamanya terbuat dari tepung kacang dan dibuat dengan cara tradisional tanpa mesin.

Kue yang satu ini sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh karena rasanya gurih manis dan sudah pasti dijamin nagih. Harganya sangat pas di kantong semua kalangan yakni Rp. 5.000,- saja per biji ukuran besar.

Viz Cake

Viz Cake Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Viz Cake merupakan jajanan kue modern yang berada di Kepulauan Riau. Ia mulai dirintis dan diperkenalkan pada publik sejak tahun 2011 yang lalu. Lokasi outletnya berada di Jalan Hangtuah No.103 Kota Pekanbaru.

Di outlet Viz Cake terdapat banyak macam varian roti seperti halnya bluberry, pisang, kue durian, gulung nanas, brownies keju, dan lain-lain sebagainya. Rasanya pas di ldah serta teksturnya pun sangat lembut di mulut.

Roti ini dapat bertahan lama hingga hitungan bulan sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh kerabat atau keluarga. Kemasannya rapat dan menarik serta tidak khawatir tumpah. Harganya yakni sekitar Rp. 35.000,-hingga Rp. 45.000,- per kemasan.

Lopek Bugi

Lopek Bugi Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Salah satu makanan yang berasal dari Tanjung Pinang adalah Lopek Bugi. Ia merupakan jenis jajanan manis dan bercita rasa gurih. Bahan dasar utama pembuatannya merupakan ketan sehingga ketika digigit akan terasa lumayan lengket.

Lopek Bugi pada awalnya berasal dari Desa Bengkuang. Namun, kini keberadaannya sudah banyak ditemui di lokasi-lokasi wisata seluruh wilayah Kepulauan Riau. Ia masih dibuat dengan mempertahankan cara tradisional sehingga bisa awet hingga beberapa hari.

Makanan yang satu ini dibungkus dengan daun pisang pada zaman dahulu, tetapi kini telah banyak dimodifikasi menggunakan plastik supaya mudah dibawa. Harganya cukup murah yakni sekitar Rp. 2.000,- sampai Rp. 3.000,- per biji.

Kopi Hawaii

Kopi Hawaii Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Membawa oleh-oleh berupa kopi memang menjadi suatu hal menarik jika Anda memang seorang coffee lover. Di Kepulauan Riau pun juga terdapat banyak jenis kopi yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kopi hawaii yang merupakan produksi asli dari Kepulauan Riau tersebut, mempunyai ciri khas tersendiri yakni terletak pada kepekatan warna hitamnya serta kuatnya bau ketika sedang diseduh menggunakan air panas.

Kopi ini bisa Anda beli dalam bentuk bijian murni maupun bubuk di berbagai pusat oleh-oleh di Riau. Harganya yakni sekitar Rp. 55.000,- hingga Rp. 60.000,- per bungkus dengan isi 1 kilogram saja.

Bilis Gulung

Bilis Gulung Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Bilis Gulung merupakan camilan yang lebih banyak disebut dengan kue oleh masyarakat Kepulauan Riau. Ia juga terkenal dengan sebutan angko bilis dan juga bilis berselimut karena bentuknya begitu unik serta lucu.

Pembuatan Bilis Gulung ini masih menggunakan cara tradisional dan tanpa menggunakan mesin. Ia mempunyai tekstur garing di luar sehingga mampu bertahan lama dan juga cocok dijadikan oleh-oleh luar kota.

Kue ini mempunyai rasa yang gurih karena mengadung banyak santan asli dari kelapa alami. Harga jualnya murah-meriah saja yakni Rp. 60.000,- per kilogram. Anda bisa membelinya di penjual oleh-oleh pinggir jalan atau pusat perbelanjaan terkemukan di tanjung Pinang.

Roti Canai

Roti Canai Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Kalau Anda sedang plesiran ke Kepulauan Riau, maka jangan lupa untuk menikmati nikmatnya roti canai di sana. Selain cocok di santap secara langsung, makanan tersebut juga tepat untuk dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah basi.

Roti yang awalnya berasal dari India ini mendadak menjadi salah satu ciri khas di Riau. Ia diolah dengan memutar adonan tepung hingga berbentuk bulat tipis-tipis. Ia dapat ditaburi berbagai toping di atasnya seperti rasa cokelat, keju, telur dan lain-lain.

Anda bisa membeli roti canai ini di berbagai kedai yang berada di sekitar kawasan wisata Kepulauan Riau. Harganya hanya cukup Rp. 5.000,- saja per biji.

Kerupuk Atom

Kerupuk Atom Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Oleh-oleh khas dari Kepulauan Riau selanjutnya yang wajib untuk Anda cicipi adalah Kerupuk Atom. Camilan satu ini terbuat dari campuran tepung dan juga ikan tongkol asli Pulau Anambas karena di sana didominasi oleh wilayah pantai.

Soalnya rasanya, Anda jangan khawatir karena walaupun terbuat dari ikan, tetapi Kerupuk Atom tidak memiliki rasa amis sedikitpun. Ia sudah diolah dan dimasak sedemikian rupa menggunakan bumbu serta rempah-rempah khas Riau.

Jajanan ini banyak dijual di berbagai swalayan maupun pusat oleh-oleh Kepulauan Riau. Jika Anda ingin membelinya, maka harus membayar harga sekitar Rp. 35.000,- hingga Rp. 45.000,- per kilogramnya.

Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Jika Anda sedang mecari oleh-oleh khas Tanjung Uban Kepulauan Riau, maka ikan selais asap adalah pilihan terbaiknya. Selain ia bisa tahan lama, rasanya pun lezat dan sangat cocok di lidah-lidah orang Indonesia.

Ikan Selais berasal dari habitat asli Kepulauan Riau dan banyak menjadi incaran para wisatawan. Rasanya gurih serta teksturnya sangat lembut. Ia juga cocok dimakan bersama sambal merah.

Anda bisa membeli oleh-oleh yang satu ini di banyak destinasi wisata pantai di Kepulauan Riau. Harganya mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,-.

Durian Tok Ngah

Durian Tok Ngah Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Bagi Anda para pecinta buah durian, maka wajib mencoba panganan Durian Thok Ngah ketika berkunjung ke Kepulauan Riau. Rasanya sangatlah khas dan juga berbeda dengan daerah lainnya.

Selain buah durian secara original, di kedai resminya juga terdapat berbagai olahan seperti cake, es krim, camilan dan lain-lain sebagainya. Varian rasanya pun relatif beragam yakni golden cheese, golden durian, serta durian cheese.

Jika Anda ingin membelinya, maka langsung saja berkunjung ke outletnya yang terletak di Jalan Raja Isa Komplek KBC blok D1 Batam center. Harganya mulai dari kisaran Rp. 25.000,- hingga Rp. 100.000,- saja.

Pinang Paleo

Pinang Paleo Ngah Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Kue Pinang Paleo merupakan salah satu souvenir khas Bintan kekinian yang wajib Anda coba. Teksturnya lembut dan rasa manisnya pun sangat pas dilidah. Ia juga banyak ditemui di outlet-outlet resmi di sekitaran Tanjung Pinang.

Kue yang satu ini mempunyai beberapa varian rasa seperti halnya red velvet, keju, greentea, kacang, durian, serta black forest. Jika Anda ingin membelinya, maka bersegeralah karena Pinang Paleo selalu diserbu pelanggan setiap harinya.

Untuk harganya sendiri yakni sebesar Rp. 65.000,- hingga Rp. 68.000,- per kardus ukuran sedang. Ia cukup tahan lama dan tidak basi selama satu minggu setelah pembuatan.

Bingka Pandan

Bingka Pandan Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Bingka Pandan merupakan salah satu kue yang menjadi ciri khas Kepulauan Riau khususnya masyarakat Suku Melayu di Tanjung Pinang. Ia tidak mudah basi dan bisa bertahan hingga hitungan minggu sehingga banyak dicari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue yang satu ini memiliki tekstur padat sehingga ketika Anda menggigitnya, maka akan merasakan sensasi kenyal. Dalamnya terasa lembut dan rasanya pun sangat gurih karena banyak mengandung santan dan aroma pandan.

Warna khas dari kue ini sesuai dengan namanya yaitu hijau yang melambangkan penampakan dari daun pandan. Ia dijual di berbagai toko atau pusat oleh-oleh di Tanjung Pinang dengan harga sekitar Rp. 30.000,- per kardus ukuran sedang.

Kerupuk Gonggong

Kerupuk Gonggong Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang

Mungkin Anda tidak percaya jika terdapat olahan camilan enak berbahan dasar siput. Nah, hilangkan rasa ketidakpercayaan tersebut, karena nyatanya Kerupuk Gonggong yang merupakan pelengkap makanan khas Kepulauan Riau SopTunjang memang terbuah dari bahan tersebut.

Oleh-oleh yang satu ini hanya bisa ditemukan di Tanjung Pinang dan sekitaran Riau saja. Teksturnya sangatlah renyah yang akan semakin menarik jika dimakan, karena memiliki perpaduan rasa asin serta gurih khas siput.

Nah, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan keadaan kerupuk mentah maupun matang. Ia banyak dijual di beragai swalayan dan penjaja makanan pinggir jalan dengan harga mulai Rp. 45.000,- hingga Rp. 60.000,-per kilogramnya.

Batik Gonggong Tanjung Pinang

Batik Gonggong Tanjung Pinang

Selain terdapat makanan khas Kepulauan Riau Gonggong yang wajib Anda bawa pulang, sekarang ini juga sudah diproduksi Batik GonggongTanjung Pinang dengan warna-warna cerah ceria sehingga sangat menawan ketika sudah dijahit menjadi pakaian.

Batik Gonggong ini mempunyai corak yang terinspirasi dari bentuk hewan laut siput Gonggong. Hal itu banyak tersebar di Perairan Bintan Riau. Desainnya dibuat dengan sangat kreatif dan unik sehingga banyak diminati oleh para wisatawan.

Batik yang satu ini dibuat dengan teknik cap dan ada beberapa juga menggunakan tulisan tradisional menggunakan canting dan lilin. Harganya murah meriah yakni sekitar Rp. 100.000,- hingga Rp. 150.000,- per potong kain ukuran 2 meter.

Aksesoris Khas Kepulauan Riau

Aksesoris merupakan salah satu oleh-oleh wajib yang dapat dibagikan secara merata kepada sanak keluarga di rumah. Harganya murah dan ragamnya pun banyak seperti halnya gantungan kursi, perhiasan, serta tas kecil.

Di Riau sendiri memiliki banyak ragam gantungan kunci dari bambu maupun batu alam. Desainnya unik serta tulisannya pun mencerminkan oleh-oleh khas daerah.

Semua oleh-oleh aksesoris tersebut bisa Anda beli di pinggir jalan maupun sentra swalayan di sekitar pekan baru dengan harga mulai dari Rp. 2.000,- saja.

Otak-otak Khas Kepulauan Riau

Otak-otak Khas Kepulauan Riau

Mengunjungi Kepulauan Riau belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi salah satu makanan khas di sana yakni otak-otak. Ia dapat bertahan hingga beberapa hari sehingga bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Rasa dari ota-otak tersebut sangat lezat dengan ciri khas rempah-rempah asli dari Kepulauan Riau. Cara pembuatannya pun masih tradisional tanpa mesin. Anda dapat membelinya di berbagai pusat buah tangan sekitar Tanjung Pinang dengan harga mulai Rp. 10.000,- per biji.

Kaos Wisata Khas Kepulaun Riau

Kaos menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa oleh seseorang ketika pulang dari kunjungan di berbagai daerah. Karena harganya terjangkau dan dapat menjadi kenang-kenangan tahan lama sebab tidak mudah habis.

Di Kepulauan Riau juga banyak pedagang yang menjual kaos-kaos murah berkualitas sedang bertuliskan khas. Gambarnya pun melambangkan ciri-ciri daerah di sana.

Ragam kaos yang dijual terdapat yang lengan panjang maupun pendek. Harganya mulai dari Rp. 20.000,- hingga Rp. 100.000,- bergantung pada kualitas kain serta model. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Tanjung Pinang Tanjung Pinang City Riau Island.

Kain Songket

Kain Songket Kepulauan Riau

Di Kepulauan Riau juga terdapat banyak sekali jenis kain songket yang dapat Anda jadikan oleh-oleh. Harganya lumayan terjangkau dan ramah di kantong siapa saja yakni mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- saja.

Kain songket khas Kepulauan Riau ini mempunyai ciri khusus bercorak khas melayu. Warnanya cukup menarik dan cocok dipadupadankan dengan jenis kain polos lainnya.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lombok

Jika Anda ingin membelinya dengan harga terjangkau, maka langsung saja mendatangi berbagai industri pengrajin songket di sekitar Tanjung Pinang dan Kota Riau.

Informasi seputar oleh-oleh khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau tersebut semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan untuk para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *