Oleh-Oleh Khas Temanggung

Oleh-Oleh Khas Temanggung
19Mei, 2020

Bagi Anda yang sedang berlibur ke salah satu provinsi Jawa Tengah, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Temanggung yang terbaik. Selain cemilan, pelancong pun dapat membawa pulang aneka kerajinan khasnya. Penasaran? Berikut adalah ulasannya.

Daya Tarik Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil kopi dan tembakau paling melimpah. Selain itu, daerah ini memiliki kesenian tari Cengklungan. Warga lokal mengatakan bahwa ada makna filosofi di dalamnya.

Tariannya menggambarkan kehidupan petani dalam mengolah tanah pertanian seperti mencangkul, menanam, menumbuk padi dan menghalau burung. Tak heran jika daerah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi sobat traveller yang sekedar mampir untuk berjalan-jalan ke kabupaten Temanggung, Anda bisa mencoba beberapa destinasi wisata unggulan serta menjadi andalan para wisatawan seperti air terjun dan curug.

Daya tarik turis pada Temanggung tidak hanya pada wisata alamnya yang memukau, pelancong pun sengaja datang untuk mencicipi makanan khas bergizi tinggi dan terkenal murah. Bahkan, hampir semua orang membawa beberapa jenis untuk di buat sebagai oleh-oleh.

Berburu Oleh-oleh Khas Temanggung

Usai lelah mengitari dan menikmati keindahan daya tarik pesona wisatanya, kini saatnya berburu aneka buah tangan. Nah, di bawah ada beberapa oleh-oleh Temanggung yang menarik untuk dibawa pulang:

Tiwul Instan

Tiwul Instan Temanggung

Jika Anda berkunjung ke Temanggung, jangan lupa mencoba oleh-oleh kering khas daerah Temanggung yakni tiwul kering. Jajanan ini memiliki tekstur kenyal serta tidak membuat cepat kenyang. Cemilan itu umumnya dapat dibeli di outlet terdekat lokasi wisata.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Adanya tiwul instan ini merupakan inovasi terbaru sehingga bisa dijadikan oleh-oleh terbaik untuk keluarga rumah. Harganya sangat terjangkau. Dijamin, makanan tradisional tersebut akan menjadi buah tangan spesial untuk kesayangan Anda.

Balung Kluwuk

Balung Kluwuk Temanggung

Jika Anda ingin membawa buah tangan berupa makanan yang tahan lama, maka belilah oleh-oleh awet khas Temanggung. Bentuknya menyerupai tulang sehingga disebut dengan balung. Banyak orang merekomendasikan cemilan ini dikarenakan kelezatan rasanya.

Kuliner ini bahkan diklaim sebagai kripik andalah daerah Temanggung. Rasanya lebih lezat dari makanan khas Magelang. Ada berbagai rasa antara lain, balado, keju dan pedas. Harganya sangat beragam dan tahan lama sehingga dapat dibawa sebagai oleh-oleh untuk kesayangan di rumah.

Pakaian Branded Import

Pakaian Branded Import Temanggung

Jika ingin membawa pulang oleh-oleh awet, maka Anda harus mengunjungi Parakan. Tempat tersebut selalu menjadi destinasi wisata khusus bagi penggemar busana bekas import. Harganya sangat variatif mulai dari yang murah hingga mahal.

Sekalipun berlabel “bekas” namun barang itu masih sangat layak dipakai. Bahkan, tidak sedikit pakaian yang terlihat baru. Berbagai brand asli luar negeri banyak dijual di sana sehingga tidak jarang tengkulak dari lain daerah menjadikannya sebagai tujuan perburuan.

Gantungan Kunci

Gantungan Kunci Temanggung

Selain pakaian, Anda bisa membeli gantungan kunci di Parakan. Lokasi itu terkenal sebagai pusat penjualan souvenir khas Temanggung. Ada beragam bentuk unik nan lucu seperti papan ski dan kapal perahu. Adanya variasi ini mempermudah pembeli yang datang membeli.

Anda bisa mendapatkannya mudah di berbagai destinasi wisata yang ada di Temanggung. Harganya bervariatif dan juga sangat terjangkau yakni mulai Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000. Hal ini tergantung besar kecil ukurannya. Pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Keripik Ketan

Ada banyak makanan enak bisa dijadikan buah tangan, salah satunya yakni kripik ketan. Makanan ini disukai karena rasanya yang unik. Jika Anda penasaran maka segera saja datang berkunjung ke Vivian Snack,Oleh-oleh Khas Temanggung.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan fitur google maps atau langsung menaiki kendaraan menuju alamat Jl. Dokter Cipto No. 25, Banyuurip Barat. Akses transportasinya sangat mudah serta bebas dari kemacetan kota.

Keripik Emping

Keripik Emping Temanggung

Bagi Anda yang berasal dari Jawa Timur mungkin sudah familiar dengan kripik emping. Rasa gurih rempah tradisionalnya sangat terasa jelas. Tak hanya itu, ketika dikunyah rasanya sama sekali tidak terasa pahit. Dijamin, snack ini akan membuat pembeli merasa ketagihan.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di pasar Entho Parakan atau menjelajah warung-warung setiap sudut Temanggung. Harganya sangat murah yakni sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 40.000 per satu kemasan plastiknya.

Kaos Mbejujag

Kaos Mbejujag Temanggung

Apabila Anda pecinta karya seni dan menyukai hal-hal berbau sastra, maka jangan lewatkan membeli kaos Mbejujag. Pakaian ini kerap kali dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Temanggung sebagai kenang-kenangan daerah Temanggung.

Harga yang dibanderol untuk pakaian ini cukup murah yakni Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000 saja. Saat berbelanja kaos di sini, pastikan memilih ukurannya terutama apabila ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga tersayang.

Satru

Satru Temanggung

Kue satru ialah salah satu makanan khas asal Temanggung yang cukup dikenal. Makanan khas ini berwarna putih menyerupai serbuk padat. Rasanya sungguh unik dan cenderung manis. Aromanya wangi seperti kacang hijau.

Bentuknya mayoritas kotak atau bulat. Namun, seiring berjalannya waktu pembuat pun mencoba berbagai bentuk seperti bulan sabit dan aneka bunga. Adanya ragam jenis kue satru ini membuatnya banyak digemari oleh para wisatawan yang datang ke Temanggung.

Anyaman Mendong

Anyaman Mendong Temanggung

Jika ingin memberikan oleh-oleh awet yang indah, Anda bisa memberikan sebuah anyaman mendong yang berdesain indah. Hasil karya masyarakat Temanggung ini sungguh menawan. Ada berbagai bentuk kerajinan antara lain: tempat pensil, wadah tissue, sandal dan tas.

Produk dari anyaman mendong itu bernilai seni tinggi. Apalagi barang tersebut dijual dengan harga sangat terjangkau. Kini produk asal Temanggung bisa ditemukan di toko oleh-oleh serta online shop. Dijamin, ini akan jadi buah tangan favorit sanak saudara.

Relief Tembaga Kuningan

Relief Tembaga Kuningan Temanggung

Ada lagi oleh-oleh khas Temanggung yang menarik untuk dibawa pulang yakni relief dari tembaga kuning. Kerajinan ini sangat unik dan terlihat elegan. Untuk membuatnya memerlukan waktu cukup lama karena prosesnya membutuhkan ketelitian tinggi.

Relief tembaga kuningan tersebut dibuat berbagai macam bentuk mulai dari lukisan hingga kaligrafi. Selain itu, terdapat barang-barang khas dengan ukiran unik yang dituangkan pada bokor, pot dan lampu gantung. Ini bisa jadi buah tangan keren untuk dipajang di rumah.

Keripik Talas

Keripik Talas Temanggung

Salah satu cemilan renyah dan bergizi dari Temanggung yaitu keripik talas. Penganan ini mempunyai rasa gurih yang menggoda. Apalagi snack itu dijual dengan kemasan menarik serta harga cukup terjangkau sehingga takkan membuat kantong bolong.

Peminat cemilan ini tak hanya dari penduduk lokal. Para wisatawan pun banyak memburunya sehingga menjadikannya buah tangan khas Temanggung yang wajib dibeli. Keripik talas itu akan menjadi oleh-oleh kering khas Temanggung untuk keluarga di rumah.

Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu Temanggung

Selain makanan, Anda pun bisa membelikan keluarga berbagai model kerajinan dari bambu. Ini akan menjadi oleh-oleh terbaik sebab awet dan bisa bermanfaat sebagai pelengkap rumah. Ada berbagai bentuk karya yang dihasilkan yakni kapal-kapalan, lampu dan miniatur.

Miniatur yang sering ditemukan yakni rumah adat khas Jawa. Selain itu, pengrajin pun membuat pigura unik dari bambu. Hasil kerajinan penduduk lokal Temanggung sungguh indah. Rugi jika bertandang ke sini tanpa membawanya pulang sebagi oleh-oleh kesayangan

Slondok Puyur

Slondok Puyur Temanggung

Oleh-oleh kering khas Temanggung yang unik dan tidak ditemukan di tempat lainnya yakni slondok puyur. Makanan tradisional ini dibuat dari bahan utama ketela pohon atau singkong. Setelah diolah bersama tepung serta berbagai rempah pilihan, jajanan itu dikemas dengan baik.

Rasanya sangat bervariatif yakni mulai gurih hingga pedas. Jajanan itu sangat laris manis. Apalagi mendekati liburan atau Idul Fitri. Pesanan bisa sangat membludak. Untuk satu kemasan slondok puyur ini dijual dengan harga cukup terjangkau mulai belasan ribu rupiah.

Rengginan

Rengginan Temanggung

Salah satu cemilan lezat yang termasuk dalam oleh-oleh Temanggung yaitu rengginan. Makanan ini memiliki rasa gurih khas yang tak terlupakan. Snack itu terbuat dari olahan beras ketan dan beberapa rempah-rempah alami. Produk tersebut dapat ditemukan di berbagai toko terdekat.

Rengginang sangat cocok dijadikan buah tangan karena sifatnya ringan jadi pelancong akan mudah membawanya. Apalagi rasanya renyah sehingga akan disukai keluarga di rumah. Cemilan tersebut dijual dengan harga sangat murah yakni Rp. 15.000 per plastiknya.

Legendar

Legendar Temanggung

Ada lagi oleh-oleh khas Temanggung yang bisa dijadikan buah tangan untuk kesayangan yakni legendar. Makanan khas ini dibuat dari nasi yang diolah hingga menjadi penganan enak bercita rasa tinggi. Rasanya gurih dan nikmat sehingga sering dijadikan teman ngopi.

Usai gigitan pertama, pelancong bisa merasakan rasa gurih khas Temanggung. Umumnya produk ini dijual dua pilihan yakni legendar matang dan mentah. Jika ingin awet, Anda bisa membeli yang belum digoreng. Meskipun sedikit ribet, namun snack itu jauh tahan lama.

Anyaman Pelepah Pisang

Anyaman Pelepah Pisang Temanggung

Siapa menyangka bahwa pelepah pisang yang biasanya diabaikan dapat menjadi kerajinan khas bernilai tinggi? Masyarakat Temanggung ini mengubahnya menjadi barang elegan yakni tas. Menariknya, produk unggulan itu telah dijual ke beberapa daerah di luar kota.

Kerajinan pelepah pisang itu nampak cantik karena diolah dengan baik. Sebelum dijual, barang diberi pewarna sehingga lebih elegan. Tas ini kuat digunakan untuk menaruh barang karena diikat rapi menggunakan tali kasur. Produk itu akan membuat penampilan semakin trendi.

Sepatu Rajutan

Sepatu Rajutan Temanggung

Salah satu produk berkualitas asal Temanggung yang menarik untuk dibawa pulang yaitu rajutan. Masyarakat lokal sangat kreatif. Mereka mampu menghasilkan karya seni dengan merajut. Sepatu dirajut dengan benang berwarna sehingga bisa mempercantik penampilan.

Ada banyak pilihan warna sepatu yang bisa dipilih oleh turis mulai dari gelap hingga cerah. Produk ini bisa dibeli di tempat pengrajin atau di toko oleh-oleh khas Temanggung. Sebelum membeli, sebaiknya tanyakan harganya pada penjual agar mendapati harga termurah.

Batik Miliwis

Batik Mliwis Temanggung

Selain cemilan enaknya, para turis yang bertandang ke Temanggung bisa membeli batik mliwis. Memang, daerah lain pun menjual jenis kain tradisional. Namun, ini bisa menjadi pelengkap koleksi Anda sebab motifnya sangat terkenal unik dan khas.

Kain tradisional khas daerah tersebut bercorak burung yang unik. Konon, gambar tersebut ialah mliwis, burung dalam legenda terkenal Angling Dharmo. Corak ini dikenal cukup langka karena sebagian besar pakaian memiliki motif modern. Batik itu telah dilestarikan sejak tahun 1966.

Emping Jet

Emping Jet Temanggung

Ingin membawa pulang sensasi khas Temanggung dalam sebuah buah tangan? Mungkin emping jet bisa dijadikan salah satu pilihan. Makanan itu memiliki rasa gurih dengan tekstur sangat renyah. Snack ini dibuat dari singkong tanpa menggunakan bahan pengawet sedikit pun.

Kerenyahan empit jet itu dapat meramaikan suasana di rumah. Dijamin, ini sangat cocok disuguhkan bersama secangkir teh panas. Anda bisa menemukan dengan mudah di pusat toko oleh-oleh di Temanggung dengan harga terjangkau. Satu kilogram dihargai Rp. 25.000.

Pisang Aroma

Pisang Aroma Temanggung

Sedang mencari oleh-oleh khas yang awet serta nikmat? Jangan ragu untuk memilih pisang aroma. Rasa penganan Temanggung itu manis dengan tekstur renyah. Makanan lezat ini cocok dijadikan sebagai buah tangan spesial karena harganya murah dan bercita rasa unik.

Selain itu, jajanan itu berkualitas karena dibuat dari pisang raja, gula serta aneka bahan tambahan lainnya. Dijamin, si kecil dan anggota keluarga lainnya akan menyukainya. Harga pisang aroma ini dijual sekitar Rp. 18.500 per plastiknya dengan ukuran 450 gram.

Gerabah

Gerabah Temanggung

Salah satu oleh-oleh khas Temanggung ialah kerajinan gerabah. Kreatifitas warganya sungguh menakjubkan sehingga mampu mengubah tanah liat menjadi hasil karya berdaya guna tinggi. Ada berbagai bentuk yang ditawarkan antara lain: gelas, teko dan tatakan gelas.

Harganya tentu bervariasi, bergantung pada betuk serta ukuran. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena barang tersebut sangat terjangkau. Untuk satu set gelas minum teh dengan tatakan besarnya dijual seharga Rp. 30.000. Cukup murah, bukan?

Kerajinan Kayu

Kerajinan Kayu Temanggung

Jika mengincar souvenir khas Temanggung, jangan lupa membeli kerajinan kayu. Ini merupakan produk unggulan yang tidak boleh dilewatkan. Warga daerah tersebut sangat kreatif mengolah limbah kayu menjadi barang bernilai seni tinggi.

Terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih yakni nampan kayu, bingkai foto dan kotak perhiasan. Selain itu, pembeli pun bisa membeli lukisan siluet dari kayu. Harganya berbeda-beda, bergantung pada bentuk kerajinan yakni mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 150.000

Pothil Singkong

Pothil Singkong Temanggung

Butuh cemilan ringan untuk oleh-oleh dari Temanggung? Silakan langsung datang ke tempat penjual oleh-oleh. Terdapat pothil yang dijual dengan harga sangat murah. Apalagi rasa gurihnya mampu menggoyang lidah hingga Anda merasa ketagihan.

Bentuknya bulat seperti cincin. Pothil dibuat dari singkong dan rempah-rempah alami. Jajanan ini sangat awet. Tak heran, jika makanan tersebut laris manis. Apalagi produk itu halal sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi kualitasnya. Untuk kemasan 500 gram dijual Rp. 50.000.

Keripik Tahu

Keripik Tahu Temanggung

Salah satu cemilan sehat plus nikmat yang bisa diberikan keluarga di rumah yaitu keripik tahu. Jajanan lezat ini sangat murah dan dapat ditemukan di pasar tradisional maupun toko pusat perbelanjaan di pusat kota Temanggung. Harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Keripik tahu memiliki rasa gurih. Makanan lezat ini sering digunakan sebagai teman makan nasi atau sekedar cemilan sore hari. Snack itu sehat karena dibuat tanpa bahan pengawet sama sekali. Soal harga, Anda bisa membawanya pulang dengan uang Rp. 8000 saja.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Semarang

Demikian ulasan mengenai oleh-oleh khas Temanggung. Bersiaplah untuk membawa budget berlebih agar bisa mencicipi dan membawa pulang barang-barang di atas untuk keluarga di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *