Panduan Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Terlengkap

By | 16 November 2021

Sebelum belajar cara membuat iklan di facebook ads, perlu anda ketahui jika negara kita tercinta Indonesia adalah negara terbesar keempat pengguna aktif facebook di tahun 2017. Ini menandakan jika lebih dari setengah masyarakat di Indonesia adalah pengguna facebook. Jika anda pemilik sebuah bisnis, apakah tidak terlintas di pikiran anda untuk menggunakan facebook sebagai media promosi bisnis anda?

Facebook memang dikenal sebagai sosial media dimana orang-orang akan berbagi kisah mereka di setiap harinya. Tapi saat ini facebook sudah menyematkan fitur facebook ads dimana fitur ini adalah tempat untuk para pebisnis dalam beriklan. Facebook ads merupakan media dengan audiens facebook adalah penggunanya. Penempatan iklan akan ada di beranda. Jadi ada iklan berbentuk video dan ada pula iklan berbentuk gambar. Facebook ads juga punya beberapa kategori yang dapat dibedakan dari tujuan iklan itu sendiri seperti traffic, impression dan sebagainya.

Baca Juga: Kegunaan teknologi blockchain

Tidak hanya karena pengguna aktif yang sudah semakin banyak, facebook ads juga memiliki kelebihan sebagai platform iklan bisnis yang handal. Dengan banyaknya pengguna aktif facebook, tentu ada jutaan orang yang akan melihat iklan bisnis anda. Tidak hanya itu saja, demografi user facebook pun beragam mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan sebagainya.Jika anda tertarik untuk mempelajari cara membuat iklan di facebook ads, berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Membuat Halaman Facebook

Tahap pertama yang harus anda lakukan jika ingin belajar tentang cara membuat iklan di facebook ads melalui facebook ads adalah membuka facebook pages terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki facebook ads, maka anda harus membuatnya terlebih dahulu. Untuk caranya sendiri sangat mudah, anda hanya perlu membuka facebook pages atau halaman facebook. Kemudian, pilihlah halaman yang mendeskripsikan bisnis atau usaha yang ingin anda promosikan.

Setelah itu, pilihlah kategorinya kemudian masukkqan0 nama bisnis anda dan klik tombol lanjutkan. Lengkapi semua informasi yang dibutuhkan mulai dari alamat dan nomor telepon anda. Jiak sudah, baru unggah poto profil dan sampul dengan foto bisnis anda yang menarik. Setelah itu, anda sudah bisa membuat iklan di facebook ads.

  1. Buka Facebook Ads

Kedua, anda harus membuka facebook ads anda. Pastikan anda login ke dalam akun facebook yang sebelumnya sudah anda gunakan untuk membuat facebook pages. Jangan pernah lupa dengan akun facebook anda karena ini sangat berguna ketika anda ingin membuat iklan melalui facebook ads.

  1. Buka Menu Kampanye

Langkah ketiga untuk anda yang ingin belajar tentang cara membuat iklan di facebook ads adalah membuka menu kampanye. Selanjutnya,anda perlu klik buat iklan. Nanti facebook akan memberikan anda dua pilihan yakni pembuatan iklan terpandu dan pilihan kedua adalah pembuatan iklan cepat. Jika Anda ingin iklan yang lebih spesifik, itu artinya anda harus memilih pembuatan iklan terpandu.

  1. Tentukan Tujuan Anda

Jika Anda ingin iklan anda bisa dilihat target anda, tentu anda harus menentukan apa yang menjadi tujuan anda. Di facebook sendiri ada tiga kategori yakni kesadaran, pertimbangan serta konversi. Kesadaran akan membantu anda dalam meningkatkan brand awarness anda. Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan audiens yang memang tertarik dengan bisnis anda. Selain itu ada juga jangkauan dimana ini akan menampilkan iklan anda hanya untuk orang yang sesuai saja.

Kemudian yang kedua ada pertimbangan. Di dalam kategori ini anda akan menemukanlalu lintas atau trafik di dalamnya. Ini akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan orang-orang ke website Anda. Jadi website anda akan dikunjungi oleh lebih banyak orang. Ada juga interaksi, ini bisa anda pilih jika ingin mendapatkan banyak interaksi pada halaman, kiriman atau acara yang nantinya akan anda selenggarakan. Ada juga pemasangan aplikasi yang tujuannya adalah supaya anda bisa melakukan penginstallan pada aplikasi yang anda buat. Ada pula penayangan video dan pembuatan prospek yang semuanya akan membantu anda dalam meningkatkan prospek bisnis Anda kedepannya.

  1. Klik Tujuan Anda Dalam Beriklan

Pertimbangkan apa yang menjadi tujuan iklan Anda. Pilih yang paling cocok atau sesuai dengan Anda. Disarankan untuk memilih lalu lintas atau trafik supaya iklan anda mendapatkan kunjungan yang lebih banyak.

  1. Pilih Jenis Iklan Yang Anda Inginkan

Terdapat dua pilihan yang diberikan oleh facebook diantaranya pengoptimalan anggaran dan uji split. Silahkan pilih salah satunya. Jika anda ingin belajar cara membuat iklan di facebook ads, anda tentu harus memilih salah satu karena keduanya tidak bisa jika digunakan secara bersamaan. Untuk iklan split, anda nanti akan diminta untuk membuat dua iklan yang mirip. Dan target audiens nanti akan dibedakan menjadi dua serta akan melihat iklan berbeda. Dengan begitu, anda akan tahu iklan mana yang membuat trafik lebih banyak.

Tapi untuk anda yang ingin belajar cara membuat iklan di facebook ads harus tahu jika iklan uji split akan memerlukan dana hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan jenis pengoptimalan. Jadi jika anda memilik iklan jenis ini, tentu anda harus menyiapkan dana yang lebih. Jika anda masih baru atau pemula, disarankan untuk memilih jenis pengoptimalan saja karena lebih cocok untuk anda yang masih pemula.

Di langkah ini, tetap saja anda harus tentukan anggaran iklan anda. Tapi anda bebas menentukannya. Misalnya anda ingin anggarannya nanti 1 juta rupiah, anda tentu harus tahu bukan bagaimana anggaran tersebut akan digunakan? Jadi secara sederhana saja, dana yang anda keluarkan nanti akan disesuaikan dengan jenis iklannya. Ada beberapa jenis iklan di fb seperti cost per click, cost per mille,cost per view, cost per action dan cost per like. Jadi anda harus ketahui jenis iklannya dan jenis prhitungan yang ada pada masing-masing iklan tersebut.

  1. Buat Nama Iklan Anda

Panduan cara membuat iklan di facebook ads selanjutnya adalah membuat nama iklan anda. Tulis nama anda supaya anda bisa dengan mudah mengetahui performa dari iklan yang anda buat. Kemudian anda juga perlu memilih trafik anda nantinya kemana akan diarahkan. Anda boleh arahkan trafik ke aplikasi, website, whatsapp maupun messenger.

  1. Berikan Promo

Jika saat ini bisnis Anda sedang menjalankan sebuah promo, tidak ada salahnya untuk menampilkan promo tersebut. Anda hanya perlu melakukan centang pada pilihan promo agar promo bisnis anda dapat segera tampil.

  1. Tentukan Audiens Anda

Jika anda sudah melakukan tahapan membuat iklan di facebook ads sebelumnya, maka ini saatnya anda harus menentukan siapa yang akan menjadi audiens anda.jadi anda bisa atur audiens anda ke pemirsa khusus, menentukan lokasi, umur, jenis kelamin dan sebagainya.

  1. Pilih Penempatan Iklan Dan Jadwalnya

Anda juga perlu memilih dimana iklan Anda akan ditampilkan nanti. Anda bisa klik penempatan otomatis sehingga iklan anda berada di tempat yang punya kinerja terbaik. anda juga harus menentukan lama iklan yang ingin anda tampilkan.

Jika semua tahapan cara membuat iklan di facebook ads sudah anda lakukan, itu artinya anda hanya perlu memasukkan gambar, teks, membuat judul dan sebagainya. Selanjutnya anda hanya perlu membayar iklan anda di facebook melalui kartu debit ataupun kartu kredit. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan