Pengertian Animasi

Pengertian Animasi Komputer, Sejarah, Jenis & Prinsipnya

Diposting pada

Keterampilan menyusun beberapa gambar sehingga bisa tertata sesuai alur atau waktu tertentu dalam bentuk video kini banyak memunculkan animator handal bahkan dari tanah air. Dunia animasi komputer memang sedang trend dalam beberapa tahun terakhir. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan pengertian animasi komputer, sejarah, jenis dan prinsip-prinsip animasi berikut.

Pengertian Animasi

Definisi animasi adalah kumpulan gambar bergerak yang berasal dari beberapa objek. Animator akan menyusunnya secara khusus sehingga dapat dimainkan dalam bentuk video. Selain itu, penyusunan juga sudah ditentukan di setiap waktu main dan alur geraknya.

Beberapa objek yang dimaksud yaitu bisa berupa gambar baik manusia, hewan, tumbuhan atau apapun dan dikombinasikan dengan adanya tulisan teks. Keduanya akan dikombinasikan secara baik demi menunjang kualitas dari satu animasi.

Baca Juga: Pengertian Internet

Dahulu, pembuatan animasi sangatlah rumit. Mereka harus menggabungkan beberapa gambar buatan tangan hingga akhirnya menjadi bergerak. Namun sekarang sudah ada teknologi yang membuatnya semakin mudah untuk dirancang melalui komputer.

Pengertian Animasi Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Animasi Komputer Menurut Para Ahli

Meskipun dikenal sebagai salah satu tontonan favorit dari anak kecil hingga dewasa, namun penjelasan mengenai apa itu animasi juga menjadi informasi penting untuk diketahui. Inilah beberapa pendapat dari ahli:

Agus Suheri

Pendapat pertama datang dari Agus Suheri yang menyatakan bahwa animasi adalah gugusan dari beberapa visual dan sudah disusun sesuai bentuknya sehingga bisa memperoleh gerakan saat nanti dimainkan.

Pendapat Agus Suheri memang mirip dengan pengertian animasi pada umumnya, yaitu kumpulan atau gugusan dari banyak gambar yang sudah disusun sedemikan rupa sehingga bisa bergerak apabila nanti ditampilkan.

Ibliz Fernandez

Pendapat selanjutnya mengenai pengertian dari animasi adalah sebuah proses rekaman dan memainkan ulang serangkaian gambar diam atau statis untuk memperoleh sebuah ilusi serta kesan pergerakan.

Ilusi pergerakan memang menjadi komponen utama dari suatu animasi. Kumpulan gambar sebelumnya sudah ditata secara berurutan agar saat dimainkan ulang nantinya bisa terlihat bergerak seperti aktivitas nyata pada umumnya.

Vaughan

Pada tahun 2004, Vaughan mengemukakan pendapatnya tentang pengertian animasi bahwa istilah ini merupakan pengertian dari sebuah usaha atau upaya untuk membuat presentasi diam menjadi terlihat hidup.

Presentasi diam tersebut dimaksudkan dari kumpulan gambar yang masih statis tidak bisa bergerak. Namun di saat animator sudah merancangnya dan melakukan beberapa tambahan pengeditan, maka akan terlihat hidup dan nyata.

Rosch, Mc Cornick dan Turban

Pendapat selanjutnya disampaikan oleh Rosch bahwa animasi merupakan kombinasi gabungan dari video dan komputer. Sedangkan menurut Mc Cornick, multimedia pada umumnya adalah gugusan dari tiga elemen yaitu gambar, suara dan juga teks.

Namun menurut Turban dan kawan-kawan, animasi adalah gabungan kombinasi dari setidaknya dua media, baik input maupun output berupa musik, suara, animasi, grafik, gambar dan juga teks. Komponen tersebut akan digabungkan menjadi satu sehingga bisa terlihat bergerak.

Sejarah Animasi secara Umum

Sejarah Animasi secara Umum

Animasi menggunakan teknologi komputer pertama kali dimulai pada akhir 1940 hingga 1950. Ketika itu, orang-orang sudah mulai melakukan percobaan menggunakan grafik. Setelahnya, baru digunakan Bell Telephone Laboratory sekitar tahun 1960.

Beberapa tokoh penting yang menjadi pencetus adanya animasi komputer adalah Edward E. Zajac, Kenneth W. Knowlton, Franks W Sinden dan A Michael Noll. Mereka mengawalinya dengan beberapa cuplikan film pendek seperti Metadata dan juga A Computer Animated Hand.

Film pertama dengan teknologi 2D dapat dilihat dari hasil karya Michael Crichton yaitu Westworld. Selanjutnya pada tahun 1975, muncul judul Great yang memenangkan kategori animasi pendek di penghargaan Oscar.

Perkembangan Animasi Komputer di Masa The Silent Era Pada tahun 1900-1930

Sebelum menginjak abad ke 20, manusia di zaman tersebut ternyata sudah memiliki prinsip-prinsip animasi komputer meskipun belum mempunyai peralatan canggih untuk mewujudkannya. Simak penjelasan sejarah film pendek ini pada tahun 1900-1930.

Temuan Alat-Alat yang Diduga Sebagai Pencetus Animasi

Terdapat beberapa penemuan yang menunjukkan bahwa manusia pada tahun 1900 sudah mengenal prinsip mengenai animasi. Mereka menggunakannya dengan tujuan untuk menciptakan hiburan semata namun belum bisa diwujudukan.

Beberapa alat seperti Zoetrope, Phenakitoscope, Praxinoscope dan Thaumatrope telah digunakan dengan ilusi pergerakan gambar pada jaman dahulu. Namun baru di awal tahun 2000, para animator mulai memikirkan teknik penyempurnaan pembuatan animasi.

Animasi Pertama Tahun 1906

Di tahun 1906, muncullah animasi pertama yang telah diciptakan berjudul Humorous Phase of Funny Face. Selanjutnya baru disusul lagi dengan judul Fantasmagoire yang dikeluarkan di awal 1908. Keduanya merupakan bukti nyata bahwa pada zaman tersebut, para animator sudah mulai berkreasi.

Humorous Phase of Funny Face pada tahun 1906 digarap dengan teknik stop motion. Sedangkan Fantasmagoire dirancang menggunakan metode penggambaran secara tradisional. Keduanya masih belum menampilkan narasi untuk menggambarkan percakapan karakter di dalamnya.

Animasi Gertie the Dinosaur Tahun 1914

Pada tahun berikutnya, tepatnya 1914 muncullah salah satu animasi berjudul Gertie the Dinosaur. Penggarapannya sudah menggunakan metode terbaru, yaitu keyframe. Teknik ini sangat dikagumi para animator di masa itu.

Pergerakan animasi Gertie the Dinosaur dinilai sangat mengagumkan pada zaman itu sebab menggunakan metode yang belum pernah dipakai sebelumnya. Penemuan baru ini membuat inspirasi besar bagi animator selanjutnya.

Animasi Felix The Cat Tahun 1919

Perkembangan pembuatan animasi juga dibuktikan dengan munculnya judul baru pada tahun 1919, yaitu Felix The Cat. Film buatan animator Otto Messmer dan Pat Sullivan ini sangat menarik perhatian banyak penonton karena sudah dilengkapi iringan musik.

Meskipun hanya digarap dalam durasi 5 menit, Felix The Cat merupakan animasi perrtama yang diiringi dengan alunan musik. Meskipun begitu, popularitasnya semakin menurun di kala sudah banyak bermunculan film pendek bersuara lainnya.

Perkembangan Animasi Bersuara Steambot Wille Tahun 1928

Film animasi ini keluar untuk menggantikan popularitas dari Felix The Cat. Steambot Wille muncul dengan dilengkapi banyak efek suara sehingga mendukung jalan cerita di dalamnya. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu tontonan tersukses pada zaman itu.

Steambot Wille diproduksi oleh produsen animasi tersukses sampai kini, yaitu Walt Disney. Bintang utama Mickey Mouse juga pertama kali muncul pada film ini. Munculnya animator Disney menjadi pelopor perkembangan ilustrasi hingga sekarang dan membuatnya meraih sampai 30 penghargaan.

Perkembangan Animasi Komputer di Masa The Golden Age of Animation pada Tahun 1930-1960

Masa golden age menjadi fase dimana animasi komputer mendapatkan perhatian serta apresiasi dari banyak orang di seluruh dunia. Perkembangan yang sangat signifikan di era tesebut yaitu perubahan hitam putih menjadi adanya tambahan warna. Berikut penjelasan sejarahnya di tahun tersebut:

Muncul Karakter Ikonik

Di masa ini, film pendek sudah kurang dilirik oleh masyarakat karena munculnya teknologi baru, yaitu televisi. Hal tersebut menyebabkan adanya perbedaan tontonan orang-orang dari bioskop menuju TV karena pada saat itu memang sedang di tahap kepopulerannya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Pada era ini, animator sudah membuat banyak karakter ikonik yang dikenal hingga sekarang. Mulai dari Mickey Mouse, Tom and Jerry, Popeye, Bugs Bunny, Donal Duck dan lainnya. Semua tokoh tersebut tentu saja telah dikenal banyak kalangan menjadi salah satu tontonan kartun favorit.

Didirikannya Warner Bors Tahun 1930

Perkembangan film animasi selanjutnya dibuktikan dengan berdirinya rumah produksi kenamaan Warner Bors pada tahun 1930. Produser ini terkenal melalui serial pendeknya berjudul Looney Tunes dan Merrie Mellodies.

Pada serial Merrie Mellodies, Warner Bors menampilkan karakternya mulai dari Bugs Bunny, Porky Pig, Elmer Fudd dan juga Daffy the Duck. Hingga kini, seluruh tokoh tersebut masih diingat bagi kebanyakan orang.

Munculnya Animasi Snow White and The Seven Dwarfs

Pada era keemasan ini, Walt Disney merilis film animasi terkenalnya, yaitu Snow White and The Seven Dwarfs. Kartun dengan genre fantasi musical tersebut diangkat dari sebuah cerita karya Grimm dan saudaranya berkebangsaan Jerman.

Animasi Snow White ini dirancang menggunaan teknik tradisional dan telah menghabiskan biaya sebesar 1,5 juta seluloid. Film tersebut menjadi hasil garapan Walt Disney yang membuatnya menjadi rumah produksi terkenal hingga sekarang.

Perkembangan Animasi Komputer di Masa The American Television pada Tahun 1960 – 1980 dan Sekarang

Kemunculan teknologi baru berupa televisi memaksa beberapa rumah produksi film animasi untuk beradaptasi dengan membuat serial agar bisa ditayangkan di TV tersebut. Hal ini bertujuan agar penggemarnya tidak beralih menyukai tontonan yang lain. Berikut perkembangannya:

Berdirinya Dua Channel Besar

Demi beradaptasi mempertahankan penontonnya, Walt Disney mendirikan channel terbesar pada saat itu, yaitu Disney Channel sekitar tahun 1983. Namun ternyata awalnya sudah didahului oleh Nickelodeon sejak 1977.

Kedua channel tersebut menjadi pelopor bagi industri hiburan lainnya untuk mengembangkan serial di TV. Penonton televisi pun tidak perlu repot-repot pergi ke bioskop demi menonton film kegemarannya pada saat itu.

Munculnya CGI

Awal tahun 1980, sudah muncul revolusi animasi komputer sebab adanya perkembangan teknologi yaitu CGI atau Computer Generated Imagery yang kemunculannya mengganti metode tradisional sebelumnya. Kemampuannya bisa digunakan untuk memproduksi film 3D dan diminati sampai sekarang.

Film animasi pertama yang dibuat pada tahun 1995 adalah Toy Story buatan rumah produksi Pixar. Perkembangannya bisa dikatakan sangat pesat karena disusul dengan judul-judul selanjutnya sehingga membuat tontonan masyarakat semakin bervariasi sampai sekarang.

Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter

Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter

Animasi juga dikelompokkan berdasarkan dua kategori. Kelompok pertama berdasarkan bentuk karakter di dalamnya. Terdapat empat jenis yaitu stop motion, 2D, 3D dan anime yang kini banyak digemari.

Animasi Stop Motion atau Claymation

Salah satu jenis animasi komputer yang paling banyak digermari karena karakter lucunya adalah stop motion atau biasa dikenal Claymation. Pertama kali diperkenalkan oleh Blakton pada awal tahun 1906 dan menjadi pencetus awal adanya film pendek ini.

Contoh film terkenal yang menggunakan teknik stop motion adalah Shaun The Sheep dan Chicken Run. Animator penggarap kedua animasi tersebut menggunakan bahan plasticin bertekstur lembut serta elastis untuk membentuk karakter di dalamnya.

Animasi Dua Dimensi (2D)

Animasi ini biasa dikenal dengan sebutan kartun yang menjadi tontonan favorit bagi anak-anak sebab karakternya lucu dan jalan ceritanya juga tidak terlalu berat. Film pendek 2D tersebut memang dibuat untuk tujuan menghibur penonton.

Beberapa kartun terkenal yang menggunakan teknik dua dimensi adalah Spongebob Squarepants, Tom and Jerry, Donal Bebek dan masih banyak lagi. Tentu saja judul animasi tersebut sudah pernah menemani masa kecil Anda.

Animasi Tiga Dimensi (3D)

Adanya teknologi tiga dimensi menjadi trobosan besar bagi industri animasi di seluruh dunia. 3D ini merupakan perkembangan dari sebelumnya yaitu 2D sehingga gambar di animasi bisa terlihat lebih nyata. Anda dapat melihat perbedaan yang cukup besar antara keduanya.

Di tampilan animasi dua dimensi, gambar hanya dibuat dalam panjang dan lebar saja. Namun untuk teknologi 3D, sudah menggunakan tinggi pada karakter maupun objek sehingga bentuk bisa terlihat lebih nyata karena memiliki ketebalan seperti aslinya.

Anime atau Animasi Jepang

Jenis animasi selanjutnya berdasarkan bentuk karakter di dalamnya adalah anime. Tontonan ini banyak digemari oleh semua kalangan bahkan di seluruh dunia. Mereka menganggap bahwa jalan cerita dan kualitas gambar dari negeri Sakura ini memang tidak perlu diragukan lagi.

Animasi Jepang ini sudah banyak diakses oleh warga di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Beberapa judul anime yang telah memiliki banyak penggemar adalah Naruto, One Piece, Kapten Tsubasa, Slam Dunk dan lainnya.

Jenis Animasi Berdasarkan Metode Pembuatan

Jenis Animasi Berdasarkan Metode Pembuatan

Pengelompokan jenis animasi berikutnya dikategorikan berdasarkan metode pembuatannya yang berbeda-beda. Terdapat 7 teknik dalam membuatnya yaitu cell, frame, sprite, path, vector dan juga karakter. Inilah penjelasannya:

Animasi Cell

Jenis animasi pertama berdasarkan metode pembuatan adalah cell. Istilah ini berasal dari kata celluloid. Teknik ini merupakan yang paling populer bagi animator dalam proses pembuatannya karena dirasa lebih sederhana.

Teknik cell adalah kumpulan dari beberapa lembaran yang kemudian disusun menjadi animasi tunggal. Nantinya masing-masing sel akan dikumpulkan menjadi satu karena sebelumnya terpisah dari bagian lainnya. Misalnya objek dengan latar belakang terpisah sehingga nantinya dapat bergerak sendiri.

Animasi Frame

Jenis selanjutnya adalah animasi frame. Sederhananya kumpulan gambar akan dipisahkan di bingkai yang sudah disusun berdasarkan urutannya. Proses selanjutnya yaitu menampilkannya secara bergantian sehingga menjadi bergerak.

Baca Juga: Pengertian Microsoft Word

Teknik ini juga biasa digunakan oleh para animator karena peralihan pergerakan dari objek ataupun karakter bisa lebih terlihat. Hal itu akan memudahkan mereka dalam membuat animasi agar tidak memunculkan gerakan yang tidak realistis dan terkesan putus-putus.

Animasi Sprite

Jenis animasi berikutnya adalah menggunakan teknik pembuatan sprite. Animator akan menggunakan metode ini apabila salah satu scene tidak membutuhkan banyak pergerakan dari karakter atau objek di dalamnya.

Biasanya saat menggunakan metode ini, animator hanya membutuhkan satu latar belakang sehingga objek atau karakter di dalamnya bisa bergerak sendiri tanpa diikuti pergerakan background. Animator dapat menggunakan teknik sprite ketika ingin membuat burung terbang, bola memantul dan lain-lain.

Animasi Path

Metode selanjutnya ini bisa dilakukan oleh animator ketika ingin membuat pergerakan objek atau karakter hanya di satu lintasan. Pada umumya, scene jalanan akan menggunakan metode path untuk memudahkan pembuatannya.

Metode path akan menggerakkan objek dan juga karakter yang sudah terletak di sepanjang garis sebagai lintasannya. Misalnya pembuatan animasi kereta api di rel, kapal menuju pelabuhan, sepeda di jalanan dan masih banyak lagi.

Animasi Vektor

Animasi ini mirip seperti metode sprite dimana hanya membutuhkan satu latar belakang saja untuk menggerakkan objek atau karakter di dalamnya. Scene yang dihasilkan pun juga sama, yaitu seperti burung terbang, logo bergerak, bola memantul dan masih banyak lagi.

Perbedaannya dengan metode sprite terletak di penggunaan bitmap sedangkan di vector menggunakan rumus matematika dalam menggambar spritenya. Meskipun pergerakan yang dihasilkan hampir sama namun keduanya memiliki ketelitian tersendiri.

Animasi Karakter

Pada umumnya, animasi karakter juga hampir sama seperti di film kartun atau penggunaan metode tiga dimensi. Di dalamnya, seluruh objek dan tokoh akan bergerak bersamaan meskipun gerakan yang ditampilkan berbeda-beda.

Biasanya animasi karakter ini digunakan pada jalan cerita yang sudah kompleks dimana objek dan tokoh di dalamnya memiliki peran masing-masing. Misalnya saja pergerakan saat dua orang makan. Meskipun mengerjakan aktivitas sama namun tentu saja gerakan keduanya memiliki perbedaan.

Prinsip-Prinsip Animasi Komputer

Prinsip-Prinsip Animasi Komputer

Terdapat beberapa prinsip penting yang diperlukan untuk membuat sebuah animasi. Semua komponen tersebut harus saling melengkapi. Apabila salah satunya tidak ada, maka gambar bergerak tersebut akan kurang maksimal. Inilah penjelasannya:

Kemampuan Menggambar

Prinsip pertama menjadi yang paling penting dalam pembuatan animasi. Animator harus memiliki kemampuan menggambar. Mengingat bahwa gambar merupakan unsur terbentuknya salah satu jenis film ini.

Kemampuan individu dalam menggambar menggunakan bantuan teknologi komputer harus bisa dilakukan dengan baik agar komposisinya terlihat lebih nyata. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap kualitas animasi nantinya.

Kemampuan Menekan dan Melenturkan

Setelah berhasil memiliki kemampuan baik dalam menggambar, maka selanjutnya adalah keterampilan untuk menekan dan melenturkan suatu gambar agar terlihat lebih hidup. Animasi tidak akan berhasil jika tanpa adanya teknik seperti ini.

Kemampuan menekan dan melenturkan suatu gambar ini akan berpengaruh pada kualitas warna seperti kontras serta degradasinya. Hal tersebut akan membuat animasi bisa terlihat realistis karena adanya unsur pewarnaan yang baik.

Kemampuan Antisipasi

Antisipasi diartikan sebagai teknik dalam animasi untuk membuat gerakan secara berurutan sehingga penonton bisa memahaminya. Kumpulan gambar yang disusun tidak akan bergerak secara sempurna apabila susunan kurang diperhatikan.

Bayangkan saja apabila suatu animasi disusun melalui gambar yang tidak berurutan, pastinya penonton akan kebingungan untuk memahami gerakan tersebut. Selain itu, animator juga harus bisa merangkainya secara halus agar pergerakan terlihat realistis.

Kemampuan Mengatur Tata Gerak

Setelah memahami bagaimana menyusun urutan gambar menjadi sebuah animasi. Prinsip selanjutnya ialah kemampuan dalam mengatur pergerakan tersebut agar sesuai dengan ekspresi dari karakter yang ditampilkan.

Animator harus cerdik dan pandai untuk menata gerak gerik ini agar karakter di dalam animasi tidak terlihat aneh ketika melakukan hal tertentu. Pergerakan di film perlu diikuti dengan mimik wajahnya untuk menjadikannya serasi ketika dilihat.

Keterampilan Straight Ahead and Pose to Pose

Prinsip selanjutnya adalah kemampuan animator dalam mengatur segala gambar, ukuran serta gerakan yang sudah dilakukan ketika pembuatan awal animasi. Keterampilan ini juga bisa dikatakan sebagai langkah awal saat membuatnya.

Pengaturan ini harus dilakukan secara terencana agar kombinasi gerak di dalam animasi bisa terlihat serasi dan realistis. Animator perlu menggarapnya dengan teliti agar kesalahan teknis tidak mungkin ditangkap oleh penonton.

Kemampuan Mengatur Gerakan Mengikuti

Keserasian gambar memang menjadi faktor penentu di dalam pembuatan animasi. Animator harus memiliki kemampuan untuk mengatur gerakan mengikuti, baik karakter maupun latar belakang sehingga bisa terlihat realistis dan tidak putus-putus.

Contohnya apabila pada scene tertentu latar belakang dari animasi berhenti, maka animator harus bisa mengatur karakter tidak berhenti tiba-tiba. Hal ini tentu saja menimbulkan gerakan putus-putus dan juga kurang realistis ketika dilihat oleh penonton.

Kemampuan Mengatur Slow In and Slow Out

Prinsip selanjutnya yang harus dimiliki oleh animator adalah kemampuan mengatur slow in dan juga slow out. Pengaturan ini merupakan penataan staging serta timing dari perpindahan satu scene ke berikutnya.

Pengaturan tersebut berguna agar perpindahan scene terlihat realistis dan juga tidak terlihat mengejutkan bagi penonton. Biasanya perubahan latar belakang bisa dinilai aneh apabila peralihannya begitu cepat.

Kemampuan Mengatur Konstruksi Lengkung

Prinsip selanjutnya agar animasi terlihat lebih realistis adalah kemampuan animator untuk membuat karakter memiliki konstruksi kelengkungan yang pas. Tidak hanya tokohnya saja, pendukung lainnya seperti mobil, jalan, batu dan lain-lain juga harus diatur.

Kelengkungan yang pas pada sebuah karakter atau benda pendukung bisa memunculkan kesan realistis. Dengan begitu, penonton pun akan menikmati jalannya animasi karena terlihat seperti nyata dan menarik untuk dilanjutkan.

Kemampuan Mengatur Penentuan Waktu

Prinsip selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh animator adalah kemampuan dalam mengatur penentuan waktu. Hal ini akan menentukan detik ke berapa gerakan atau efek diberikan pada suatu karakter dan objek di dalam animasi.

Penentuan waktu yang tepat akan membuat animasi tidak terlihat aneh ketika dilihat. Kesesuaian pergerakan karakter memang menjadi faktor penentu berhasilnya pembuatan karakter sehingga hal ini perlu diperhatikan.

Kemampuan Menambah Gerakan Pendukung

Ternyata prinsip pada karakter tidak selesai hanya di ketepatan ekspresi saja. Nyatanya, beberapa gerakan pendukung saat objek atau tokoh di dalam animasi sedang melakukan gerakan juga penting dilakukan. Hal ini akan membuat aktivitas terlihat seperti nyata di kehidupan sehari-hari.

Beberapa gerakan pendukung yang dimaksud adalah ketika karakter menunjukkan ekspresi menangis maka dapat ditambahkan pergerakan tangan mengusap air mata ataupun tubuh terisak-terisak. Pengaturan seperti ini perlu diperhatikan agar animasi bisa terlihat realistis.

Kemampuan Melebih-lebihkan Karakter

Mungkin pengaturan untuk membuat karakter di suatu animasi memang menjadi faktor dalam menarik perhatian penonton. Semakin lucu tokohnya maka orang-orang akan lebih mudah mengenali dan kemudian mengingatnya.

Biasanya, animator akan membuat karakter selucu mungkin agar penonton semakin tertarik mengikuti jalan cerita dari keseluruhan animasi. Pada umumnya mereka bisa saja menambah atribut pendukung sebagai karakteristik tokoh seperti baju warna merah muda, rambut keriting dan masih banyak lagi.

Kemampuan Menarik Penonton

Prinsip terakhir yang harus dimiliki oleh para animator adalah kemampuan mereka untuk menarik daya minat penonton. Animasi harus dibuat dengan jalan cerita tidak biasa, karakter mudah dikenali, desain bagus dan keunggulan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Modem

Prinsip ini menjadi langkah terakhir bagi animator untuk berhasil mengenalkan animasinya kepada masyarakat. Mereka perlu mengetahui apa yang sedang disukai sehingga bisa membuat animasi dengan tujuan memenuhi ketertarikan orang-orang. Hal ini cukup efektif dalam menarik khalayak ramai.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian animasi komputer, sejarah, jenis dan prinsip-prinsip animasi. Hingga saat ini perkembanganya selalu dinanti-nanti oleh penggemar di seluruh dunia. Tak heran jika sekarang ditemui banyak industri produksi film tersebut.

Tinggalkan Balasan