Pengertian Aplikasi

Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi dan Contoh Aplikasi

Diposting pada

Dalam dunia teknologi istilah aplikasi sebenarnya sudah sangat umum. Perangkat lunak ini biasanya akan beroperasi terhadap sistem tertentu dengan mengikuti arahan atau instruksi dari pengembang. Tujuan penciptaannya pun bermacam-macam dan tergantung dari pihak developernya.

Pengertian Aplikasi Secara Umum

Apabila melihat dari segi bahasa sebenarnya istilah aplikasi merujuk pada kata “application” yang berasal dari bahasa Inggris. Artinya sendiri adalah penggunaan atau penerapan akan suatu hal sehingga memperoleh manfaat.

Akan tetapi apabila melihat secara luas pengertian aplikasi ini sebenarnya merupakan salah satu subkelas dari penerapan perangkat lunak untuk tujuan tertentu. Pada dasarnya supaya bisa berjalan, maka perangkat tersebut memiliki sebuah sistem yang mengaturnya.

Misalnya seperti sistem operasi windows pada desktop dan sejenisnya. Aplikasi sendiri dalam penerapannya juga memiliki tiga kategori, yaitu untuk PC, aplikasi web serta mobile. Pada penggunaan smartphone ini variasinya lebih banyak lagi mengingat kebutuhan akan ponsel kian meningkat.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Pada dasarnya sebuah program bisa berjalan karena mengikuti perintah dari penggunanya atau user dan biasanya disebut sebagai perangkat siap pakai. Pengertian aplikasi menurut para ahli pun turut memberikan gambaran luas dalam memaknai arti kata tersebut, di antaranya:

Jogiyanto

Jogiyanto adalah seorang ahli analisis dan desain sistem informasi. Beliau turut memberikan pendapat dalam memaknai kata aplikasi ini. Menurutnya perangkat lunak tersebut merupakan bagian dari hardware seperti desktop dan ponsel.

Baca Juga: Aplikasi Jualan Online di Instagram

Dalam penggunaanya pun, aplikasi mengikuti sebuah instruksi atau permintaan pengguna. Kemudian pengembang juga telah dirancang sedemikian rupa dan secanggih mungkin, maka bisa melakukan berbagai tujuan seperti memproses input menjadi output.

Rachmad Hakim S

Rachmad Hakim S. yang merupakan seorang ahli teknologi menyatakan bahwa pengertian aplikasi adalah sebuah perangkat lunak. Penciptaannya memang sengaja karena memiliki tujuan tertentu. Misalnya saja mengatur aneka game, mengolah dokumen, memperbaiki sistem dan lain sebagainya.

Hengky W. Pramana

Sedangkan menurut Hengky W. Pratama bahwa aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang pembuatannya khusus untuk melayani suatu tujuan. Dengan begitu bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Bentuknya pun bisa berbeda-beda tergantung dari tujuan itu sendiri. Misalnya membantu dalam mengelola data, memberikan aktivitas perniagaan dan periklanan yang lebih canggih, game, layanan masyarakat dan masih banyak lagi.

Sri Widianti

Sri Widianti sebagai seorang konsultan memberikan pernyataan yang sedikit berbeda dari pendapat ahli lainnya. Ia menyatakan jika aplikasi merupakan salah satu bentuk perangkat lunak atau software yang memiliki tujuan penciptaan.

Pada dasarnya sistem ini sebagai front end sehingga bisa berguna dalam hal pengolahan data. Kemudian pada prosesnya akan berubah menjadi suatu informasi yang akhirnya bisa bermanfaat bagi pengguna.

Harip Santoso

Pernyataan Harip Santoso mengenai pengertian aplikasi ini menurutnya adalah sebuah kumpulan file seperti report, form dan class. Pada dasarnya pembuatan sistem tersebut untuk mengolah sebuah kegiatan tertentu.

Biasanya antar kegiatan yang terjadi dalam satu aplikasi akan saling berhubungan dengan sistem, kemudian bisa menghasilkan sebuah output. Misalnya adalah payroll dan fixed asset.

Ali Zaki Dan Smitdev Community

Ali Zaki dan Smitdev Community sebagai seorang penulis buku teknologi memberikan pengertian bahwa aplikasi ini semacam komponen. Akan tetapi memiliki manfaat yang luas terlebih untuk media pengoperasian.

Jadi, seorang pengguna atau user yang memanfaatkan aplikasi ini nantinya bisa mengoperasikan pengolahan data maupun kegiatan yang terkait. Contoh paling mudah adalah pembuatan dokumen atau file.

Eko I. Dan Djokopran

Menurut Eko I.Djokopran definisi aplikasi adalah sebuah sistem yang memiliki proses untuk memberikan aliran data pada infrastruktur teknologi informasi. Kemudian para pengguna sebagai pengambil keputusan akan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan yang relevan.

KBBI

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) turut memberikan pengertian yang tidak jauh berbeda. Kamus tersebut menyatakan bahwa, aplikasi merupakan sebuah program komputer yang ada secara khusus. Dengan begitu bisa memenuhi keinginan atau mengerjakan tugas tertentu dari user.

Hal ini karena pembuatan penerapan rancangan sistem dari program tersebut secara sengaja. Oleh karena itu, bisa berguna untuk memproses dan mengolah data. Pada dasarnya, aplikasi juga memiliki bahasa pemrograman tertentu untuk dapat memahami instruksi dari user.

Wikipedia

Wikipedia sebagai salah satu platform yang paling populer dalam memberikan makna dalam setiap bahasa juga memiliki arti sendiri terkait aplikasi ini. Menurutnya sistem tersebut merupakan sebuah penerapan dari suatu program.

Aplikasi sendiri juga bagian dari subkelas perangkat lunak dari komputer, kemudian memiliki desain sedemikian rupa sehingga bisa memanfaatkan PC maupun ponsel. Salah satunya sebagai media untuk melaksanakan perintah dari user.

Ibisa

Dalam hal ini bisa sebagai ahli teknologi menyatakan bahwa aplikasi sebenarnya merupakan alat bantu yang bisa memudahkan, bahkan mempercepat setiap pekerjaan user. Jadi, sistem ini sangat berguna sehingga user tidak bisa mengatakannya sebagai beban.

Yuhefizar

Yuhefizar turut menjawab pertanyaan mengenai apa itu aplikasi. Pengertiannya sendiri, yaitu sebuah program yang memang ada untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun bukan hal pokok akan tetapi tidak bisa mengelak jika kehadiran sistem seperti ini sangat memudahkan pekerjaan apapun.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum terbentuk aplikasi yang canggih saat ini, sejarah perkembangannya pada masa itu cukup rumit dan panjang. Para peneliti teknologi bahkan harus menggunakan aljabar dengan penyusunan manual, hingga menemukan suatu komposisi kode yang menjadi cikal bakalnya program saat ini.

Perangkat lunak atau software pada komputer pernah melewati masa harus menggunakan aljabar Boolean. Sistem tersebut menggunakan kode biner atau bit yang terdiri dari angka 0 untuk salah/off dan 1 jika benar/on. Dengan begitu, pengembang mampu membuat kelompok-kelompok bit yang sejenis.

Walaupun rumit dan pelik akan tetapi adanya pengelompokkan tersebut justru sangat membantu pekerjaan digital ini. Sebab, dari sanalah para penemu mulai bereksperimen dengan merakit-rakit bit menjadi berbagai kode unik.

Mereka membuat kode-kode tersebut hingga sedemikian rupa supaya program bisa memahami instruksi-instruksi sederhana seperti transfer file, penyimpanan dan operasi-operasi logika sederhana. Mereka menyebut susunan tersebut sebagai assembler dan itulah awal mula terbentuknya aplikasi.

Mengenal Sistem Aplikasi

Mengenal Sistem Aplikasi

Sebenarnya antara sistem dengan aplikasi ini cukup berbeda terlebih dari segi makna dan fungsinya. Akan tetapi keduanya saling bersinggungan sehingga membentuk sebuah teknologi modern sehingga bisa berguna bagi user dalam hal memudahkan pekerjaan mereka.

Sedangkan sistem aplikasinya sendiri ini merupakan sebuah subkelas dari perangkat lunak. Keberadaannya akan mengelompokkan beberapa perangkat dan program, supaya bisa berjalan beriringan atau bekerja sama.

Istilah mudahnya adalah sebuah sistem yang akan menjalankan aplikasi. Dengan begitu, bisa memahami perintah dari user dan dapat segera terwujud. Hasil dari kerja sama itu nantinya akan menjadi sebuah informasi penting bagi pengguna.

Misalnya seperti berhasilnya pengelompokkan data dengan melakukan input hingga mampu menghasilkan output. Contohnya adalah kalkulator yang memiliki ribuan rumus dan angka. Tanpa ada kerja sama sistem, maka perintah perhitungan tidak akan memberikan hasil.

Jadi, pengertian sistem aplikasi ini merupakan penggunaan sebuah perangkat lunak yang bisa untuk melaksanakan perintah tertentu dari penggunanya.

Beberapa Software Aplikasi

Software aplikasi adalah sebuah perisian pada komputer dan dalam melakukan perancangannya khusus. Tujuannya yaitu, agar mampu menerima maupun memberikan informasi yang untuk pengguna. Biasanya pengembang akan memformat bentuk data tersebut sehingga bisa menyimpannya secara digital.

Informasi-informasi tersebut pada akhirnya akan membuat komputer mampu membaca atau menulis data sehingga bisa menerima perintah dari si pengguna atau user. Umumnya software aplikasi ini memiliki beberapa jenis atau kelompok, yaitu:

  • Aplikasi perkantoran
  • Aplikasi Grafis
  • Aplikasi Multimedia
  • Aplikasi Internet
  • Aplikasi Game,dan lain-lain

Sifat Program Software Aplikasi

Sifat Program Software Aplikasi

Pada dasarnya setiap bahasa pemrograman pada komputer maupun perangkat keras sejenis memiliki sifat atau karakteristik masing-masing. Hal ini sejalan dengan fungsinya yang berbeda-beda sehingga bisa berguna satu sama lain atau bahkan bekerja sama. Oleh karena itu, perhatikan ulasan berikut:

  • Pada dasarnya software adalah sebuah perangkat logik sehingga tidak akan nampak wujudnya dalam bentuk fisik layaknya hardware.
  • Meskipun tidak tersedia dalam bentuk fisik bukan berarti tidak akan rusak. Justru apabila perawatan kurang maksimal, maka software bisa menurun kinerjanya.
  • Dalam pembuatan elemen software ini pun juga berbeda, yaitu dengan melakukan pengembangan ide serta rekayasanya supaya bisa bermanfaat. Sedangkan hardware harus dibuat oleh pabrik.
  • Software juga bukanlah perangkat rakitan. Artinya apabila Anda ingin menggunakannya, maka harus melakukan pengisian pada hardware seperti komputer atau ponsel dengan cara menginstalnya.

Antara software aplikasi dengan sistem aplikasi ini juga sedikit berbeda. Penggambaran mudahnya yaitu, bahwa perangkat lunak adalah bentuk dari program dan hardware adalah lokasi penyimpanannya.

Sedangkan sistem adalah sebuah program yang akan melaksanakan perintah user sehingga keduanya akan saling bekerja sama.

Fungsi Aplikasi untuk Berbagai Bidang

Fungsi Aplikasi untuk Berbagai Bidang

Dari pembahasan pengertian aplikasi sebelumnya hingga sekarang bisa mengetahui bahwa keberadaanya sangat berguna bagi user. Dalam berbagai bidang, program tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing, di antaranya:

Kedokteran

Setiap orang pasti sudah memahami bahwa bidang kedokteran adalah, kumpulan ahli kesehatan yang memang ada untuk menangani berbagai macam pengobatan masyarakat. Akan tetapi, tahukah Anda jika sebenarnya aplikasi ini juga berguna dalam pekerjaan tersebut?

Baca Juga: Aplikasi Android Tercanggih di Dunia

Setidaknya dalam bidang ini mereka membutuhkan beberapa aplikasi dasar untuk mengolah dan mengumpulkan data pasien. Namun seiring kian canggihnya teknologi hingga saat ini, telah ada program khusus untuk pemeriksaan kesehatan hingga meracik obat untuk pasien.

Pendidikan

Sebelumnya telah mengetahui bahwa bidang pendidikan adalah sarana masyarakat dalam mempelajari banyak hal. Belajar pun bukan hanya dengan saling bertatap muka antara guru dengan murid, akan tetapi mempelajari dan mempraktekkan lebih banyak hal lagi.

Dalam pembelajaran ini pun keberadaan aplikasi juga sangat penting untuk mendukung lancarnya proses belajar mengajar. Contoh paling sederhana adalah, keberadaan Microsoft power point untuk menyajikan materi menjadi lebih menarik karena bisa memadukan video, animasi hingga gambar.

Ilmu Pengetahuan

Saat ini dunia teknologi memang berkembang begitu pesat, tidak heran jika hampir semua pekerjaan pasti membutuhkan sebuah sistem terkait untuk lebih mempermudahnya. Begitu pula dengan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, pengalaman Anda justru akan semakin luas dan up to date.

Anda tidak hanya butuh buku dan guru saja untuk bisa memiliki banyak pengetahuan. Namun, bisa juga memanfaatkan aplikasi-aplikasi seperti mesin pencari atau yang lainnya. terlebih untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi dari seluruh dunia bahkan peristiwa terkini.

Militer

Sebelumnya telah sedikit membahas bahwa hampir semua pekerjaan pasti membutuhkan keberadaan aplikasi ini. Salah satunya adalah bidang keamanan seperti militer. Bahkan ada lebih banyak teknologi yang berkembang khusus untuk memudahkan pekerjaan dalam pertahanan.

Contohnya adalah adanya aplikasi khusus untuk mengontrol pesawat militer jarak jauh sehingga tidak perlu lagi melakukannya secara manual. Bahkan dengan adanya sistem ini, justru bisa memantau wilayah yang lebih luas dan tentunya menjadi lebih maksimal.

Bisnis

Fungsi aplikasi dalam bidang bisnis pun tidak mau ketinggalan dengan hadirnya kecanggihan teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan. Dapat pula dikatakan, jika bidang ini sangat membutuhkan suatu sistem atau program canggih untuk mengolah banyak data.

Contoh paling sederhana adalah dalam setiap bisnis pasti memiliki banyak data mengenai perhitungan laba, rugi serta barang yang keluar-masuk. Jadi, sudah pasti dalam pendataan memerlukan sistem canggih, seperti aplikasi khusus supaya mampu menghasilkan data yang akurat.

Fungsi Aplikasi untuk Perorangan

Fungsi Aplikasi untuk Perorangan

Selain sangat berguna dalam membantu berbagai bidang pekerjaan, aplikasi kini juga sangat bermanfaat untuk perorangan. Apalagi dengan kian modern-nya dunia sehingga segala sesuatunya pasti membutuhkan keberadaan sebuah teknologi. Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah

Saat ini telah tersedia ratusan aplikasi yang bisa memudahkan banyak pekerjaan. Bukan lagi hanya untuk mengolah data atau file tetapi juga untuk keperluan lainnya. Seperti editing, belanja, membuat video dan masih banyak lagi.

Bahkan semua aplikasi tersebut bisa Anda pasang pada smartphone maupun desktop. Selain itu, para pengguna dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store maupun Apps Store. Hal ini karena para pengembang telah merancangnya sedemikian rupa sehingga bisa berguna untuk berbagai perangkat.

Tersedia Sebagai Media Hiburan

Saat ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi terlebih smartphone dan komputer. Mungkin Anda pun adalah salah satunya sehingga para developer pun memanfaatkan peluang tersebut untuk terus menciptakan aplikasi-aplikasi terbaik yang berguna untuk hiburan.

Contohnya adalah aplikasi mendengarkan musik, menonton film, olahraga, melihat video hingga bersosial media yang memungkinkan Anda bisa mengetahui aktifitas orang lain (meskipun terhalang oleh jarak). Tentu gebrakan seperti ini sangat disukai oleh semua kalangan.

Memperluas Jaringan Pertemanan

Saat ini pengembang telah berhasil menciptakan berbagai aplikasi yang bisa mempermudah komunikasi setiap orang. Bahkan meskipun sedang berada dalam jarak jauh sekalipun. Tentu hal ini akan sangat membantu terlebih dalam memperluas jaringan pertemanan.

Contoh aplikasi sebagai alat komunikasi adalah berbagai media sosial seperti facebook, whatsapp, Line, Google Mail, Hangout, Skype dan masih banyak lagi. Jadi, sekarang ini tidak perlu lagi bingung untuk sekedar mengetahui kabar teman-teman Anda.

Mengetahui Informasi Terbaru

Pasti setiap orang memahami bahwa adanya aplikasi akan memudahkan hampir semua pekerjaan. Salah satunya adalah media informasi seperti berita, media sosial dan lain sebagainya. Dengan begitu, memungkinkan setiap informasi bisa sampai dengan lebih cepat tanpa harus datang ke lokasinya.

Bahkan sistem-sistem tersebut mampu menampilkan informasi dari berbagai belahan dunia pada detik itu juga. Jadi, setiap orang akan langsung mengetahui apa yang sedang terjadi pada wilayah atau negara lain pada saat itu tanpa harus menunggu lama.

Hidup Lebih Mudah

Tidak bisa mengelak lagi memang jika keberadaan sistem teknologi seperti ini begitu memudahkan pekerjaan apapun. Bahkan kini telah tersedia aplikasi belanja online, melihat peta daring, mencari alamat, beli tiket, pulsa hingga pesan makanan tanpa harus repot keluar rumah.

Selain itu, berbagai media hiburan pun juga bertebaran pada platform internet seolah-olah semua hal bisa terjadi hanya dalam sekejap saja. Jadi, tidak heran jika banyak orang merasa hidup lebih mudah dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut.

Klasifikasi Aplikasi

Klasifikasi Aplikasi

Sampai saat ini pembuatan dan penggunaan aplikasi telah banyak tersebar dalam berbagai perangkat keras seperti komputer dan smartphone. Oleh sebab itu, supaya lebih mudah sistem-sistem tersebut pun dikategorikan menjadi beberapa bagian, yaitu:

Sistem Software

Aplikasi yang masuk dalam kategori sistem software ini menjadi sebuah program yang memang ada khusus sehingga bisa mengendalikan setiap proses yang terjadi pada perangkat keras. Proses tersebut umumnya akan terjadi pada sistem komputer internal.

Istilah mudahnya aplikasi seperti ini adalah program bawaan yang akan mengatur kinerja dari perangkat keras. Dengan begitu, setiap orang pasti membutuhkannya supaya bisa mengoperasikan sistem lainnya.

Business Software

Sebelumnya pernah menyinggung bahwa adanya aplikasi juga akan memudahkan pekerjaan dalam bidang bisnis. Sebab, begitu pentingnya program seperti ini sehingga menjadi kategori tersendiri dan bisa semakin memudahkan para pebisnis.

Program ini sengaja hadir sebagai salah satu fasilitas dalam pekerjaan bisnis. Ada banyak program yang bermanfaat terlebih dalam hal pengolahan data dan perhitungan selayaknya akuntansi keuangan.

Perangkat Lunak Real Time

Perangkat lunak real time adalah sebuah program yang memfasilitasi semua orang sehingga bisa mengetahui setiap kejadian dari berbagai belahan dunia pada detik yang sama. Hal ini terjadi karena terdapat rancangan desain sebuah sistem untuk bisa mengontrolnya meskipun dari jarak jauh.

Perangkat lunak real time seperti ini bisa memonitor hingga mengontrol setiap kejadian saat itu juga berdasarkan setiap kejadian atau peristiwa nyata. Misalnya saja di daerah A terjadi gunung meletus, maka wilayah Z juga akan segera tahu di menit itu pula.

Rekayasa dan Perangkat Lunak Ilmiah

Satu lagi kategori software yang luar biasa dalam memberikan kemudahan pekerjaan. Benar, ia adalah rekayasa dan perangkat lunak ilmiah serta perencanaannya khusus sehingga bisa memenuhi setiap kebutuhan.

Perancangan program ini memang menggunakan algoritma khusus sehingga bisa memenuhi kebutuhan perhitungan data numerik. Seperti analisis data, keuangan, algoritma google dan masih banyak lagi.

Personal Computer Software

Personal computer software atau desktop based software adalah kategori yang paling umum dan Anda pasti sering menjumpainya. Baik pada smartphone berbasis Android dan iOS maupun pada laptop.

Aplikasi-aplikasi seperti itu biasanya hadir dengan sistem yang mudah. Bahkan untuk mengoperasikannya, Anda hanya perlu menginstal secara gratis pada platform tertentu dan bisa langsung menggunakannya.

Perangkat Lunak Web

Para pengembang teknologi memang memberikan banyak kemudahan untuk pengguna smartphone maupun komputer. Hal ini terbukti dengan adanya aplikasi berbasis web sehingga bisa semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.

Hal yang paling menarik dari sistem aplikasi ini adalah, pengoperasiannya bisa melalui browser apa saja sehingga menjadi solusi terbaik. Terlebih untuk orang-orang yang tidak memiliki cukup ruang pada perangkatnya saat akan menginstal sebuah program.

Contoh Aplikasi Komputer

Contoh Aplikasi Komputer

Berbicara mengenai makna dari aplikasi tampaknya akan lebih lengkap lagi pemahaman Anda apabila apabila ada contohnya langsung. Tentu hal ini akan lebih mudah dalam memahami paparan di atas. Berikut ini daftarnya:

Microsoft Office

Aplikasi sejuta umat bentukan Microsoft ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hampir setiap komputer memilikinya karena berfungsi untuk penginputan data hingga menjadi bentuk file. Bahkan untuk setiap pekerjaan baik pendidikan, kedokteran, bisnis atau yang lain pasti memerlukannya.

Beberapa tahun belakangan Microsoft mengupgrade programnya sehingga smartphone berbasis iOS maupun Android juga bisa mengaksesnya. Kebutuhan akan pengolahan data pun kian mudah karena tidak perlu repot membawa-bawa laptop. Cukup dengan ponsel, maka urusan selesai.

Program Microsoft ini terdiri dari beberapa aplikasi turunan seperti Microsoft Word, Excel, powerpoint, publisher dan masih banyak lagi.

Adobe

Adobe adalah salah satu perusahaan yang telah menelurkan banyak aplikasi berguna untuk semua orang. Beberapa di antaranya bahkan sangat populer dan menjadi program terbaik dalam hal pengolahan data.

Contoh aplikasinya adalah Adobe Reader sebagai sistem penyedia dan pengelola pdf, photoshop untuk keperluan editing profesional. Ada pula Adobe Lightroom, desain grafis dan masih banyak lagi. Beberapa bahkan mendukung versi Android dan iOS sehingga semakin user friendly.

Browser

Setiap orang pasti akan memerlukan aplikasi mesin pencari seperti ini terlebih dalam memenuhi kebutuhan informasi. Pasalnya hanya dengan satu program, maka Anda sudah bisa mengakses informasi dan pengetahuan apa saja dari seluruh belahan dunia.

Beberapa contoh aplikasi mesin pencari adalah Mozila Firefox, Google Chrome, Google pencari, Yahoo, Browser, Internet Explorer dan masih banyak lagi. Kesemuanya hampir bisa memberikan informasi real time pada peristiwa nyata.

Games

Aplikasi hadir bukan hanya untuk memberikan solusi pada keperluan pekerjaan saja. Akan tetapi juga ada beberapa program yang memberikan hiburan bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan bermain game versi Desktop maupun Mobile.

Hingga kini telah banyak aplikasi yang berhasil rilis. Misalnya adalah Gamehouse, Games, PUBG, Super Mario, Mobile Legend dan masih banyak lagi. Adanya program tersebut tentu sangat menghibur pengguna apalagi bagi yang gemar bermain permainan digital.

Winamp

Winamp adalah salah satu contoh aplikasi mendengarkan musik via PC atau laptop. Mungkin bagi pendengar lagu, program ini tidak asing lagi. Apalagi programnya yang cenderung mudah, yaitu hanya dengan memasukkan daftar lagu, maka semuanya akan berputar secara bergantian.

Aplikasi sejenis saat ini telah banyak berkembang bahkan lebih canggih lagi karena Anda bisa mendengarkan musik secara online kemudian mengetahui lagu paling populer saat itu. Sebut saja JOOX dan Spotify yang juga mendukung versi Android maupun iOS.

Windows Media Player

Windows media player adalah sebuah aplikasi yang mendukung pemutaran video, film maupun lagu sehingga pengguna bisa menikmati sensasi menonton sendirian dengan nyaman. Software multimedia seperti ini hanya mendukung versi PC.

Selain itu, umumnya aplikasi ini akan langsung terinstal pada komputer atau laptop sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasangnya sendiri.

Notepad

Dalam perangkat komputer terdapat sebuah aplikasi ringan yang bisa berguna untuk membuat note atau catatan kecil, yaitu notepad. Memberikan desain yang sederhana sehingga fungsinya pun juga demikian karena hanya untuk membuat tulisan-tulisan kecil.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar PC

Namun, saat ini fungsi dari notepad sendiri sudah lebih berkembang sehingga banyak programmer memanfaatkannya untuk membuat maupun menyimpan kode-kode tertentu. Bahkan tidak jarang para content creator menjadikannya sebagai media presentasi.

Contoh Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi Dapodik

Seiring dengan peningkatan tajam dari pengguna internet setiap tahunnya, hal ini pun juga mempengaruhi para pengembang untuk membuat aplikasi untuk memudahkan banyak pekerjaan dengan berbagai versi. Salah satunya adalah web, berikut ini beberapa contohnya:

Google Mail

Google Mail atau Gmail ini adalah sebuah aplikasi pesan elektronik yang tersedia dalam versi web maupun mobile. Keduanya pun memiliki fungsi yang sama hanya saja memiliki perbedaan tampilan dan fitur.

Untuk aplikasi email seperti ini sebagian besar orang lebih menyukai versi web karena performanya yang lebih baik dan luas. Akan tetapi, ada pula yang memilih menggunakan mobile saja karena kemudahan aksesnya.

Dapodik

Pemerintah Indonesia pun turut meluncurkan sebuah aplikasi untuk keperluan pendataan pendidikan yang bernama Dapodik. Program ini berguna untuk mendata apa saja yang terkait dengan lembaga, kurikulum, data siswa dan guru, hingga sarana prasarana setiap sekolah.

Aplikasi seperti ini tersedia versi web dan memang dalam pengoperasiannya pun juga lebih mudah apabila menggunakan perangkat komputer. Apalagi hal ini terkait data banyak orang yang tidak boleh ada kesalahan sehingga penggunaan PC menjadi pilihan tepat karena lebih leluasa.

Aplikasi Penjualan

Bagi pebisnis tampaknya harus mengetahui hal ini karena terdapat sebuah aplikasi penjualan yang sangat menarik dan akan berguna dalam pendataan bisnis Anda. Akan tetapi pada dasarnya program tersebut mengharuskan pengguna menggunakan PHP dan MySQL.

Namun, bagian yang menguntungkan apabila Anda menggunakan aplikasi dengan PHP dan MySQL adalah bisa mengoperasikannya dengan bebas sesuai keperluan bisnis. Misalnya menambahkan data karyawan, data penjualan, perhitungan gaji dan sebagainya.

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

Para pengembang saat ini memang telah berhasil membuat banyak aplikasi. Namun, secara umum terdapat 3 versi, yaitu dekstop, web dan mobile. Ketiganya pun memiliki kelebihan masing-masing karena melihat dari segi fungsi. Maka, berikut ini beberapa keunggulan program web:

Tidak Ada Instalasi

Aplikasi berbasis web yang paling menyenangkan adalah pengguna tidak memerlukan instalasi apapun pada perangkat kerasnya. Hanya memerlukan sebuah browser atau mesin pencari kemudian mengetikkan alamat web-nya, maka program sudah bisa Anda akses.

Hal ini karena proses instalasi terjadi pada server sehingga user bisa segera menggunakannya. Selain itu, versi seperti ini sangat menguntungkan bagi pihak yang memiliki sedikit ruang pada perangkatnya. Sebab, memang terdapat beberapa aplikasi yang tersedia dalam versi web dan mobile-nya.

Fleksibilitas Sistem Operasi

Pada aplikasi versi web pengguna akan merasakan fleksibilitas sistem operasi. Artinya asalkan program telah update, ini akan terus bisa Anda gunakan. Sedangkan pada penggunaan ponsel maupun desktop harus menyesuaikan dengan platform yang digunakan.

Jadi, setiap kali terdapat pembaruan sistem atau software, maka aplikasi akan mengikuti atau sebaliknya. Akan tetapi, apabila berada pada batas update-nya sedangkan program masih terus berkembang, maka secara terpaksa Anda tidak bisa menggunakannya lagi.

Multiplatform

Aplikasi yang berbasis web ini memiliki keunggulan lebih daripada versi mobile maupun desktop. Sebab, mereka memiliki fleksibilitas untuk diakses melalui perangkat mana saja, baik komputer maupun smartphone tanpa harus ada proses instalasi.

Tentu saja kelebihan seperti ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna. Hanya saja kekurangan yang umum terjadi adalah platform memiliki akses lebih lambat terlebih jika pengunjung melebihi kapasitas. Akan tetapi, masalah seperti ini tidak terjadi pada semua program .

Jenis-jenis Aplikasi Komputer

Jenis-jenis Aplikasi Komputer

Aplikasi memang tersedia untuk melengkapi sistem kerja perangkat keras seperti komputer. Pada PC ada banyak jenisnya dengan fungsi masing-masing dan siap pakai. Artinya beberapa di antaranya telah diupgrade ke dalam komputer ketika Anda baru membelinya. Berikut ulasannya:

Aplikasi Grafis

Orang-orang yang bekerja pada bidang desain, editing dan sejenisnya saat ini pun juga bisa menikmati banyak kemudahan. Hal ini karena pada komputer tersedia program yang mendukung pekerjaan tersebut sehingga bisa menghasilkan karya lebih baik dan profesional.

Program yang bisa mengaplikasikan beberapa contoh software untuk keperluan desain grafis tersebut ialah, Corel Draw, photo editor, macromedia freehand, Adobe Ilustrator dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengedit gambar maupun video.

Aplikasi Pengolah Data

Hingga saat ini aplikasi juga hadir untuk membantu pekerjaan pengolahan data. Apalagi semua orang sudah pasti memerlukan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaan. Baik pendidikan, kantor, bisnis, kesehatan, perdagangan dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi pengolah data ini pun hadir dengan fungsi berbeda sesuai dengan pengolahan setiap jenis file. Seperti microsoft word, power point, notepad, Lotus, Open Office, wordpad dan sebagainya.

Aplikasi Pengolah Angka

Berbeda dengan data atau kata, aplikasi yang satu ini hadir khusus untuk menginput file-file berupa angka sehingga bisa dikelola sedemikian rupa. Program ini bisa membuat teknik perhitungan yang lebih cepat dan akurat dengan rumus-rumus tertentu daripada memakai cara manual.

Beberapa contoh aplikasinya seperti Microsoft Excel, Lotus 123, Lotus Symphony, Quattro pro dan masih banyak lagi. Akan tetapi Excel adalah program paling populer dalam masyarakat karena mereka menilai lebih user friendly dan lengkap tentunya.

Aplikasi Pengolah Database

Pembuatan jenis aplikasi ini khusus untuk mengelola kumpulan data dengan mengorganisir dan memprosesnya supaya lebih rapi dan mudah untuk memahaminya. Umumnya pengelompokkan tersebut akan menjadi bentuk seperti record, file, field dan character.

Beberapa contoh aplikasi tersebut seperti Dbase, ASP, stats Graphics, Microsoft Acces, Foxpro, SAS dan masih banyak lagi. Program ini tersedia untuk mengelola data dengan kapasitas lebih besar serta banyak sehingga akan memudahkan pengguna.

Aplikasi Toko

Aplikasi seperti ini hadir untuk pebisnis yang ingin merambah ke dunia perdagangan online. Dalam programnya akan memudahkan antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi tanpa harus bertemu meskipun terpaut jarak cukup jauh.

Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, penjual pun juga akan memperoleh kemudahan seperti update stok, memberikan track record positif, mendata tingkat omset dan sebagainya. Beberapa contoh aplikasinya adalah LeGoland, Amazon, Le Cafe, Venapos dan lain-lain.

Aplikasi Internet

Selain beberapa program pengolah data berbasis offline, user juga bisa menikmati berbagai aplikasi yang mendukung versi internet. Adanya sistem serta jaringan yang mendukung merupakan sebuah perpaduan canggih yang membuat Anda dan orang lain bisa saling terhubung tanpa bertatap muka.

Bahkan meskipun berada pada jarak jauh sehingga bisa mengakses informasi apa saja secara real time. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir dalam bentuk mesin pencari seperti Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explorer, Baidu, Yahoo dan masih banyak lagi.

Aplikasi Multimedia

Tidak mengherankan memang jika pekerjaan multimedia ini pasti akan memerlukan perangkat keras beserta seluruh komponennya seperti software. Hal ini karena model kerja yang mereka lakukan akan terus berhubungan dengan desain, editing, merekam dan sejenisnya.

Baca Juga: Aplikasi Android untuk Membuat Meme

Selain itu, media tersebut juga terkadang untuk tempat presentasi. Untuk itu, para pengembang pun meluncurkan banyak aplikasi yang akan mendukung kegiatan seperti ini. Contohnya Harvard Graphics, Gom Player, Windows Media player, Lotus freelance, real player dan masih banyak lagi.

Aplikasi Penerbitan

Pekerjaan bisnis penerbitan seperti majalah, buku dan sebagainya tidak bisa lepas dengan adanya teknologi untuk mempermudah kegiatan mereka. Terlebih dalam memenuhi kebutuhan editing desain menarik, mengelola tulisan serta mencantumkan gambar hingga menjadi sebuah karya unik.

Secara umum software tersebut akan mereka kolaborasikan dengan beberapa program grafis sehingga bisa bekerja lebih optimal. Contohnya seperti Quarkxpress, Microsoft publisher, Adobe InDesign, Ventura publisher, Adobe pageMaker dan masih banyak lagi.

Karakteristik Aplikasi Mobile

Karakteristik Aplikasi Mobile

Sebelumnya telah membahas mengenai aplikasi serta contoh-contohnya yang sebagian besar bisa Anda temui pada perangkat keras seperti komputer. Akan tetapi, perlu tahu juga bahwa program tersebut pun banyak yang tersedia dengan versi mobile.

Tentu keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terlebih fungsinya juga lebih banyak perbedaannya sehingga kurang tepat apabila membandingkannya. Untuk itu, supaya lebih memahami, berikut ini karakteristik aplikasi Mobile:

Kemudahan Akses

Semua orang pasti memahami bahwa perangkat mobile ini paling mudah penggunaannya karena bentuknya kecil sehingga lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Begitu pula dengan berbagai aplikasi yang tersedia.

Hal yang paling jelas adalah aplikasi pada mobile akan memiliki perangkat portable sehingga memungkinkan penggunanya selalu terhubung dengan internet dan sesama user lainnya. Perangkat tersebut bisa berupa smartphone, tablet, notebook dan sebagainya.

Lebih produktif

Karakteristik utama pada aplikasi mobile memang lebih produktif karena perangkatnya selalu terhubung ke internet, fleksibel dan mudah untuk mengaksesnya kapan saja. Jadi, beberapa program tersebut akan lebih sering mengirimkan notifikasi daripada komputer.

Dengan seringnya pengiriman notifikasi dan perangkat yang selalu aktif sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses programnya kian intens. Bahkan bisa jadi dalam satu hari lebih dari sekali dan akan membuat sistemnya lebih produktif.

Responsive

Hal yang membuat para user beralih ke penggunaan aplikasi versi mobile adalah lebih responsive. Meskipun secara tampilan menyesuaikan ukuran gadget atau ponsel sehingga tampil dengan layar lebih kecil, akan tetapi banyak yang menilai jika responnya lebih cepat daripada versi web atau desktop.

Memang bukan hal aneh lagi jika aplikasi versi web atau desktop tampil dengan layar lebih luas sehingga secara visual lebih menarik. Akan tetapi dari segi responsive masih kalah dengan ponsel dan pada akhirnya membuat para user memilih untuk beralih menggunakan versi mobile.

Informasi Lebih Cepat Sampai

Bisa dibilang hampir setiap orang pasti selalu menyalakan ponselnya dan mengkoneksikan dengan internet. Bahkan baterai kurang dari 10% saja langsung mengisinya ulang supaya tidak mati. Hal ini yang membuat setiap informasi dari aplikasi selalu cepat tersampaikan karena adanya notifikasi.

Jadi, tidak heran jika saat ini banyak orang sangat sulit untuk melepaskan gadgetnya barang sebentar saja. Berbeda dengan penggunaan perangkat komputer yang dalam penggunaannya tidak selalu aktif. Dengan begitu, informasi pada aplikasi pun juga akan masuk ketika user mengaksesnya saja.

Lokasi

Mungkin bagi sebagian orang karakteristik ini bisa menguntungkan tetapi bisa juga menjadi sesuatu yang merugikan. Yaitu, adanya aplikasi mobile yang memudahkan setiap pengguna untuk mengakses lokasi siapa saja dengan akurat dan detail.

Sedangkan pada aplikasi berbasis web atau desktop, batasan wilayah hanya sampai negara saja sehingga tidak bisa memberikan informasi lebih detail.

Perbedaan Aplikasi Mobile dan Web Desktop

Perbedaan Aplikasi Mobile dan Web Desktop

Perangkat keras seperti smartphone dan komputer serta internet adalah dua hal yang tidak bisa berpisah. Keduanya pun sama-sama memerlukan teknologi yang bernama sistem serta aplikasi supaya perangkat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Terkadang beberapa aplikasi menyediakan untuk kedua versi perangkat keras sehingga pengguna atau end user bisa memilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Akan tetapi, tentu saja versi keduanya pun memiliki perbedaan sehingga Anda perlu mengetahuinya, yaitu:

Fitur yang Tersedia

Hal pertama yang harus Anda perhatikan bahwa antara aplikasi web dengan mobile memiliki perbedaan dan keduanya ada versi khusus. Jadi, perangkat lain tidak bisa mengaksesnya. Meskipun beberapa program memiliki responsive baik sehingga membuatnya dapat melalui ponsel maupun desktop.

Akan tetapi fitur yang tersedia tentu berbeda. Hal yang paling nampak adalah pada tampilan layar, yakni menyesuaikan setiap perangkat. Selain itu, aplikasi mobile memang lebih mengedepankan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna karena lebih responsif.

Perlu Anda ketahui pula bahwa rata-rata user kurang menyukai setiap aplikasi atau web apapun yang memiliki waktu tunggu lama. Bahkan berdasarkan survei Google, loading lebih dari 5 detik saja mereka akan meninggalkan program tersebut.

Location And personalization

Sebelumnya pernah menyinggung bahwa aplikasi mobile memiliki respons yang lebih baik daripada desktop maupun web. Salah satunya dalam memberikan alert atau informasi lokasi setiap penggunanya secara detail.

Jadi, dalam keperluan suatu bisnis pihak developer pun dapat memanfaatkan informasi seperti ini untuk memberikan personalisasi kepada pengguna tersebut. Sedangkan pemakaian versi web telah terbatas karena adanya kode negara sehingga tidak bisa bebas akses.

Interaksi dengan User

Kemudian perbedaan yang paling mencolok antara aplikasi mobile dengan web adalah interaksi dengan user. Perangkat seperti smartphone mendukung pengguna dengan kemampuan touch screen serta berbasis accelerometer.

Kelebihan ini memungkinkan user bisa bebas mengakses aplikasi daripada versi web maupun desktop. Contoh mudahnya pada program map atau peta online, bahkan user dapat mengaksesnya sembari berjalan sekalipun. Meskipun ponsel dibolak-balik sistem akan tetap menunjuk arah utara di atas.

Push Notification

Beberapa aplikasi memang suka memberikan notifikasi secara real time kepada penggunanya sehingga mereka bisa langsung mengakses atau mengecek data tersebut saat itu juga. Sedangkan pada perangkat komputer, harus dinyalakan terlebih dahulu baru bisa mengetahui adanya pemberitahuan.

Baca Juga: Aplikasi Recovery Data dan File Terbaik untuk Android

Tentu masalah seperti ini menjadi pertimbangan penting bagi user terlebih jika aplikasi tersebut berhubungan dengan berita atau bisnis. Bentuknya yang kecil dan fleksibel pun juga memungkinkan mereka untuk membawanya kemana saja sepanjang waktu.

Pandangan mengenai pengertian aplikasi ini sebenarnya sangat luas. Terlebih kehadirannya yang mampu memberikan kemudahan bagi setiap pengguna. Selain itu, program tersebut juga merupakan salah satu terapan dari teknologi sehingga seiring waktu berjalan akan terus terjadi perubahan.

Tinggalkan Balasan