Pengertian Banner

Pengertian Banner: Jenis, Tujuan dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Banner adalah salah satu media promosi ampuh yang bisa memaksimalkan pendapatan pebisnis. Keberadaan produk tersebut kini sangat dibutuhkan baik perusahaan kecil hingga besar. Harganya pun cukup bervariasi tergantung kualitas serta ukurannya.

Pengertian Banner Menurut Ahli

Pengertian Banner Menurut Ahli

Berkat banner, pelanggan jadi mengetahui keberadaan produk seseorang. Sebelum menelisik fungsinya secara mendalam, marilah memahami definisinya terlebih dahulu. Berikut beberapa di antaranya pengertian banner menurut para ahli:

Kriyantono

Apa itu banner? Salah satu tokoh terkenal, Kriyantono menyatakan bahwa banner adalah komunikasi yang mengandung pesan akan penjualan suatu produk perusahaan. Keberadaannya membuat para pelanggan bersedia untuk membeli serta menggunakan barang maupun layanannya.

Kriyantono pun menambahkan bahwa, untuk membuat banner perusahaan harus membayar penyedia yang membuatkan media komunikasi non personal tersebut. Harganya pun sangat bervariasi, karena biasanya ditentukan oleh ukurannya serta jenisnya.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Umumnya semakin mahal harganya, kualitasnya pun jusa semakin tinggi pula. Itulah kenapa penggunaannya dapat disesuaikan anggaran. Sebelum melakukan pemesanan, lakukan pengecekan biayanya secara detail agar tidak salah. Walaupun banner murah belum tentu murahan.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, banner merupakan salah satu cara mempromosikan barang atau jasa guna meningkatkan penjualan perusahaan. Ini adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk membuat produk diterima oleh masyarakat secara menyeluruh.

Anda bisa menemukannya di dalam toko atau perusahaan. Selain membuat penjualan laris manis, mempromosikan barang dengan media tersebut juga mudah karena hanya perlu diletakkan saja. Kemudian pelanggan yang nantinya akan melihat dan membaca suguhan dari tawarannya.

Promosi lewat banner ini non personal karena semua orang dapat melihatnya. Pemilik diharuskan menempatkannya di tempat strategis agar produk bisa dikenal oleh seluruh konsumen. Untuk bentuknya bervariasi, ada yang berukuran mini, namun terdapat pula giant banner dengan ukuran sangat besar.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, banner merupakan salah satu berita yang mengandung informasi mengenai produk agar semua orang dapat mengetahui akan keberadaannya. Pesan di dalam disuguhkan dengan cara menarik karena berupa gambar serta tulisan berdesain indah.

Media promosi itu dibuat menarik agar pelanggan dapat terkesan, kemudian membeli barang atau memakai layanan jasanya. Sang pembuat banner mendesainnya dengan sangat kreatif sehingga potensi produk terbeli makin banyak. Tidak heran, pembuatannya pun menggunakan foto beresolusi tinggi.

Semakin menarik konten sebuah banner, maka potensi dilirik konsumen pun semakin besar. Oleh karena itu, sebelum memesan pastikan mendesainnya sebaik mungkin. Apabila tidak berkompeten, gunakan jasa desain agar media tersebut dapat tercipta secara maksimal.

Durianto

Salah satu pakar ternama bernama Durianto bahwa definisi banner ialah proses komunikasi yang bertujuan untuk mengajak konsumen, agar melakukan pembelian suatu barang. Berkat kehadirannya, omset perusahaan pun semakin meningkat karena daya beli masyarakat naik.

Namun tidak semua banner bisa meningkatkan pendapatan. Jika kontennya kurang berkualitas, promosi lewat media tersebut akan sia-sia. Seperti yang diketahui, orang sangat tertarik dengan tampilan secara visual. Apabila ingin mempromosikan jasa atau barang, pastikan penampilannya semanarik mungkin.

Selain itu, banner juga sebaiknya diletakkan di tempat strategis. Hal ini akan memicu orang-orang yang lewat memperhatikan dengan seksama iklan tersebut. Periklanan dengan cara ini, dijamin ampuh untuk meningkat pendapatan para pebisnis dalam setiap bulannya.

Ketahui Berbagai Jenis Banner

Jenis Banner

Banner adalah salah satu media promosi yang digunakan pebisnis untuk meningkat omsetnya. Jenisnya berbeda-beda dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Agar tidak salah pilih, ketahuilah beberapa di antaranya:

Y-Banner

Y banner adalah salah satu varian terbaik banner. Dengan media tersebut, promosi layanan perusahaan dapat dilakukan lebih praktis. Bentuknya unik sebab menyerupai huruf Y dan dibuat dari bahan berkualitas yakni besi. Karena materialnya kokoh, maka tidak akan mudah roboh akibat angin.

Y-banner ini adalah solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin memperkenalkan produknya di berbagai event. Penggunaannya cocok diletakkan indoor maupun outdoor. Kokohnya barang tersebut membuatnya disukai para pebisnis, terutama jika sedang mempromosikan di luar kota.

Meskipun kuat dan tahan angin, banner ini sedikit kurang praktis karena agak berat. Selain itu, Anda perlu sedikit merogoh kocek lebih dalam sebab harganya lebih mahal dibandingkan jenis yang paling banyak beredar di pasaran. Walaupun begitu, dana yang dikeluarkan setimpal dengan manfaatnya.

X-Banner

Dari belakang bentuknya seperti huruf X. X-Banner merupakan produk terlaris yang digunakan banyak perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasa. Jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai pameran maupun di dalam mall atau toko.

Dibandingkan Y-Banner, X-Banner jauh lebih murah jadi pengeluaran untuk marketing bisa dihemat. Apalagi tersedia berbagai ukurang yang dapat disesuaikan guna keperluan bisnis. Sifatnya pun fleksibel sehingga cocok diletakkan di mana saja. Terlebih lagi, media tersebut ringan jadi mudah dibawa.

Kemudahan ini dikarenakan bahan materialnya tidak seperti Y-Banner. Apalagi media printnya dapat diganti sesuka hati mulai dari PVC hingga anti lengkung. Namun, banner keren ini lebih pas diletakkan di dalam ruangan sebab kurang kuat menahan angin.

Mini X-Banner

Ada lagi salah satu jenis banner yang bisa dijadikan opsi yakni mini X-banner. Jika dilihat secara seksama, tipe itu bentuknya tidak jauh beda dengan X-banner. Akan tetapi, ukurannya lebih kecil. Karena berukuran mini, produk tersebut tidak diletakkan di bawah namun di atas etalase.

Jadi, pelanggan yang datang ke toko bisa mengetahui promo menarik dari perusahaan. Tipe tersebut cukup praktis karena dapat dibawa kemana saja. Bentuknya pun tidak terlalu besar dan sangat ringan sehingga tidak menyulitkan ketika berpindah tempat.

Namun, mini X-banner ini terbatas karena hanya mampu memuat sedikit informasi. Akan tetapi, tipe tersebut bisa dijadikan pilihan terbaik apabila menginginkan media promosi yang praktis sekaligus memiliki harga sangat terjangkau.

Roll Banner

Salah satu jenis banner berkualitas yang kerap ditemukan di pusat perbelanjaan adalah roll banner. Dibandingkan tipe lainnya, produk ini lumayan agak mahal. Namun, hal itu wajar karena keunggulannya pun banyak, antara lain, kokoh, ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Jenis ini harus ditarik ke atas saat akan menggunakannya. Dengan bentuk rollnya, jadi penyimpanan lebih efisien dibandingkan X-banner maupun Y-banner. Selain tingan ringan, namun Anda pun juga dapat menempatkannya di mana saja baik di dalam maupun luar ruangan.

Untuk bahan penyokong dibuat dari bahan berkualitas sehingga tidak mudah jatuh. Bahkan, ketika terkena angin juga tetap berdiri tegak. Banyak perusahaan besar menggunakannya karena promosi terasa jauh lebih praktis. Namun keberadaannya tidak terlalu banyak dijumpai.

Giant Banner

Apabila menginginkan banner yang berukuran besar dan mampu mempromosikan barang, maka pilihlah giant banner. Jenis ini biasanya diletakkan di luar ruangan karena ukurannya cukup menyesakkan. Anda bisa menemukannya di luar perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Karena biasanya diletakkan di luar ruangan, giant banner ini telah dirancang tahan terhadap cuaca ekstrim seperti panas maupun hujan. Bagi yang kerap melakukan promosi outdoor, ini akan menjadi opsi terbaik. Sayangnya, ukuran tersebut kurang praktis jika ditempatkan di depan gedung yang sempit.

Untuk itu, pastikan melakukan pemilihan secara detail. Selain memperhatikan keunggulan tiap tipenya, Anda perlu menyesuaikan dengan kepentingan perusahaan. Lokasi penempatan pun juga perlu diperhatikan agar tidak salah memilih. Dengan begitu, akan lebih efisien lagi.

Jenis Banner Dilihat Ukurannya

Pengertian banner dan contohnya memang berbeda-beda. Adanya perbedaan ini mempermudah pelanggan yang ingin memesan media promosi dengan berbagai kebutuhan. Ada baiknya, informasi penting tersebut Anda ketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah banner berukuran standar.

Banner dengan ukuran standar ini mulai 180 x 150 IMU/Pixel dengan bentuk rectangle. Terdapat berbagai pilihan dalam kategori tersebut, antara lain, medium rectangle, large rectangle, vertical rectangle dan square pop-up. Semua jenis tersebut kerap digunakan untuk Window Pop up.

Selain banner berukuran standar, terdapat pula jenis banner dan button. Jenis ini adalah media promosi yang kerap digunakan dalam situs online seperti blog serta website. Ada berbagai pilihan dalam kategori itu antara lain button 1, button 2, full banner beserta half banner.

Sebelum melakukan promosi produk, sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan, coba imajinasikan iklan tersebut dan pilih salah satu ukuran di atas. Apabila informasinya yang diinput banyak, jangan ragu menggunakan ukuran agak besar.

Jenis-jenis Banner Sesuai Kontennya

Jenis-jenis Banner

Fungsikan Banner umumnya untuk mempromosikan barang maupun jasa. Namun, sebagian orang membuatnya guna kepentingan lainnya. Media promosi ini juga terbagi menjadi beberapa kategori menurut kontennya. Simaklah baik-baik:

Banner Niaga

Banner niaga adalah salah satu jenis terpopuler yang kerap ditemukan di berbagai tempat. Jenis ini dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu layanan maupun produk dari suatu perusahaan. Umumnya, itu diletakkan di depan toko untuk menarik pelanggan agar mau membeli barang dagangan mereka.

Banner ini memiliki banyak fungsi sebab mampu meningkatkan omset perusahaan dalam waktu cepat. Di dalamnya bisa ditemukan informasi mengenai keunggulan produk beserta harga atau nominal diskonnya. Agar promosi berjalan baik, tulisannya disajikan secara persuasif atau ajakan.

Ajakan yang dituliskan sangat halus disertai gambar menarik. Harapannya, ini akan membangkitkan minat pelanggan untuk mencoba atau mencicipi produk milik perusahaan. Apabila hal itu dilakukan dengan baik, dalam sebulan konsumen pun bertambah secara signifikan.

Banner Pendidikan

Selain dipakai untuk mempromosikan usaha, banner juga digunakan oleh akademisi di universitas. Pihak kampus memakainya guna memberikan berbagai informasi penting terkait hal-hal yang akademik. Anda bisa menemukannya difungsikan dalam acara seminar kebahasaan.

Dalam seminar itu, di bagian depan ruangan akan tertampang beberapa banner berisikan informasi tentang acara tersebut. Umumnya, kontennya mengandung berbagai unsur mulai dari nama pembicara, tema seminar hingga tanggal pelaksanaannya. Bentuknya bervariasi namun paling banyak X-Banner.

Baca Juga: Pengertian Poster

Banner pendidikan berisikan data yang bersifat informatif. Adanya media tersebut sebagai penanda agar masyarakat mengetahui bahwa di dalam sedang ada acara spesial terkait pendidikan. Berbeda dengan banner niaga, jenis ini tidak bersifat bombastis dan menggunakan kalimat formal.

Banner Politik

Banner sangat bervariasi, salah satunya yakni banner politik. Jenis ini tidak mempromosikan dagangan perusahaan namun mengunggulkan seorang calon wakil negara. Penggunaannya untuk menarik perhatian masyarakat agar bersedia memilihnya dalam pemilihan umum (pemilu).

Banner politik ini berisikan foto politikus dengan resolusi baik. Selain itu, terdapat informasi mengenai kata-kata atau jargon yang diucapkan oleh calon wakil negara itu. Umumnya, media tersebut diletakkan saat mengadakan pendekatan dengan masyarakat secara langsung dalam suatu acara.

Penggunaan banner politik difungsikan sebagai media pembantu mengenalkan politik kepada khalayak umum. Seorang calon wakil negara biasanya belum dikenal apalagi jika berasal dari masyarakat biasa, bukan orang terkenal atau artis. Berkatnya, seseorang dapat berpotensi dipilih di pemilu lebih besar.

Banner Kegiatan 

Banner kegiatan adalah salah satu jenis yang juga cukup terkenal. Tipe ini menginformasikan mengenai acara di sebuah tempat. Terdapat berbagai event antara lain, pengajian Akbar, pentas seni dan konser. Digunakannya media tersebut agar orang lain dapat mengetahui jika ada aktivitas menarik.

Peletakannya banner ini umumnya tidak jauh dari pintu masuk. Dengan menggunakan media ini, orang-orang diharapkan antusias dan ikut serta dalam acara tersebut. Namun, ada pula yang menggunakan sebagai penanda saja sebab aktivitasnya hanya khusus untuk internal saja.

Suatu kegiatan yang memiliki banner akan dipandang lebih profesional dan resmi. Hal ini dikarenakan acara nampak terstruktur sehingga mampu menaikkan citra nama institusi atau lembaga pembuat event tersebut. Bisa dikatakan, banner bermanfaat untuk pemilik acara atau institusi.

Ciri-ciri Banner

Banner umumnya mengandung nama perusahaan atau lembaga yang menaungi. Apabila mereka menawarkan produk, menunya terpopuler akan ditayangkan beserta gambarnya. Tidak main-main, kualitasnya sangat bagus sehingga mampu menyedot perhatian pelanggan.

Selain itu, banner memiliki logo. Terkadang ikon tersebut diletakkan di bagian tengah. Namun, dalam banner kegiatan Anda bisa menemukannya di paling bawah bersama sponsor-sponsor lainnya. Tidak hanya itu, media promosi itu mengandung pesan, slogan atau informasi.

Hal itu bergantung pada jenis bannernya. Apabila menggunakan banner niaga, informasinya berupa keunggulan produk beserta harganya. Bahkan, info tentang besaran diskon juga tercantum di dalamnya. Namun, jika banner politik maka berisikan slogan dari calon wakil rakyat.

Ketahui Tujuan Pembuatan Banner

Tujuan Pembuatan Banner

Keberadaan banner membuat perusahaan merasa diuntungkan. Fenomena ini menyebabkan jasa pembuatan media promosi itu makin menjamur. Sebelum memesannya, sebaiknya ketahui beberapa tujuan seperti di bawah ini:

Mengiklankan Produk atau Jasa

Salah satu tujuan perusahaan memakai banner adalah untuk mengiklankan barang atau jasa. Semenjak menggunakannya, omset pebisnis makin meningkat karena dalam beberapa waktu, masyarakat mengetahui keberadaannya. Dengan media tersebut, orang bisa tahu tanpa bertanya.

Jadi, ketika mereka melewati sebuah tempat usaha dan melihat promo yang diberikan, perusahaan telah berhasil mengiklankannya. Namun, tidak semua banner mampu menarik konsumen. Apabila tulisannya terlalu kecil, orang akan malas membacanya karena tidak semua orang memiliki waktu mendekat.

Dengan banner, suatu produk dapat dijalankan langsung secara meluas. Sifatnya menyeluruh karena iklan ditujukan bagi masyarakat umum. Siapa saja memiliki kesempatan untuk mengetahui promosi tersebut. Dibandingkan promosi door to door, opsi ini jauh lebih baik.

Menarik Perhatian Konsumen

Tujuan penggunaan banner adalah untuk menarik perhatian dari konsumen. Adanya media tersebut akan membuat pelanggan merasa senang karena disuguhkan promo menarik yang bermanfaat. Sebab, kebanyakan orang lebih suka melihat iklan daripada ditawari secara langsung oleh SPG.

Banner mempromosikan barang secara singkat sehingga konsumen akan penasaran dengan sendirinya. Sebab, pada umumnya mereka memiliki keingintahuan besar tentang produk yang dianggap unik. Misalnya saja dengan beberapa penawaran diskon, dijamin semakin banyak pelanggan baru.

Saat memakai banner, pastikan pula menempatkannya sesuai kebutuhan. Untuk menargetkan konsumen baru, akan lebih baik jika menggunakan beberapa banner (minimal 2 dengan posisi) di dalam dan luar ruangan. Metode ini dirasa cukup baik dalam menjaring pelanggan baru.

Menonjolkan Informasi 

Salah satu tujuan seseorang memakai banner adalah menonjolkan informasi yang ingin disampaikan. Tidak semua pihak berencana menggunakan media tersebut untuk mempromosikan barang atau jasa. Sebagai contoh, universitas memakainya demi menginfokan peraturan akademik terbaru.

Peraturan akademik yang diinformasikan bisa bervariasi, salah satunya peraturan berpakaian saat ke kampus. Sebenarnya info tersebut dapat diedarkan secara online di website resminya. Namun, penggunaan banner itu bertujuan agar informasinya lebih menonjol.

Dengan menonjolkan informasi tersebut, para mahasiswa atau orang yang melihat banner akan lebih tunduk dalam menaati peraturan di area kampus. Bahkan, penggunaan media itu dinilai ampuh karena lebih sering dilihat oleh khalayak ramai dibandingkan jika ditempel di dinding pengunguman.

Membuat Acara Menjadi Lebih Bergengsi

Tujuan seseorang atau sekelompok orang menggunakan banner adalah untuk membuat sebuah acara makin bernilai atau bergengsi. Ini biasanya dilakukan oleh institusi atau lembaga yang membuat sebuah event spesial di sebuah tempat. Sebenarnya, tanpa media tersebut pun acara tetap bisa berjalan.

Namun adanya pelengkap itu membuat masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahuinya, kini jadi paham dan akhirnya berpartisipasi. Pengaplikasian banner tersebut sangat cocok bila digunakan untuk menambah jumlah audiens. Sebagai contoh, banner yang dipasang pada konser anak sekolah.

Adanya penempatan banner di pintu masuk sekolah membuat orang di sekeliling bertanya-tanya. Secara tidak langsung, acara pun jadi lebih bergengsi. Para peserta yang merupakan anak SMA pun akan merasa bahwa acara tersebut benar-benar dipikirkan matang-matang.

Mencari Dukungan Publik

Tujuan pembuatan banner cukup bervariasi, salah satunya adalah mencari dukungan masyarakat. Ini biasanya dilakukan oleh orang yang mencari perhatian rakyat seperti calon lurah. Orang tersebut dibantu oleh partai mengenalkan dirinya kepada khalayak dengan tujuan mendapatkan suara saat pemilu.

Jika tidak menggunakan banner, maka rakyat di kelurahan itu mungkin tidak akan mengenalinya. Media ini sungguh bermanfaat sehingga potensi calon lurah dipilih oleh masyarakat semakin besar. Tentu kuncinya ada di kontennya serta pribadi politikus tersebut (keduanya harus saling melengkapi).

Penggunaan banner ini sangat bermanfaat bagi calon lurah tersebut. Dengan menyisipkan foto di banner itu, masyarakat pun akan mengingat wajahnya. Tentu agar dipilih, ia harus berkompeten dan mampu memberikan wawasan yang luas sehingga rakyat bisa mempercayai lalu memilihnya.

Fungsi Banner Bagi Pebisnis

Banner memiliki banyak fungsi. Tidak heran, jasa percetakan semakin diburu. Berbagai pemilik bisnis memesan produk ini demi meningkatkan pendapatannya. Sebelum memesan, sebaiknya ketahui beberapa di antaranya:

Mengingatkan Konsumen Akan Produk Perusahaan

Salah satu fungsi banner adalah mengingatkan konsumen bahwa perusahaan memiliki produk yang berkualitas. Saat pebisnis menggunakan media tersebut, konsumen secara tidak langsung membaca ketika melewatinya. Namun jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang strategis.

Promosi barang dan jasa kini terasa lebih mudah sebab sangat fleksibel. Setelah digunakan, banner bisa dimasukkan kembali ke dalam ruangan sehingga tetap awet. Media promosi itu mampu menjangkau konsumen secara meluas karena semua orang dapat bebas melihatnya.

Baca Juga: Pengertian Iklan

Orang yang berlalu lalang di area sekitar perusahaan akan mengetahui promosi menarik yang diinformasikan lewat banner. Lambat laun, mereka bisa tertarik hingga melakukan pembelian barang di toko Anda. Adanya pengingat ini memberikan dampak positif bagi keberlangsungannya.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Perusahaan

Salah satu fungsi banner adalah meningkatkan kepercayaan konsumen pada pembuatnya. Dengan mempromosikan tentang barang atau jasa, pelanggan jadi mengetahui bahwa produk itu berkualitas. Mayoritas perusahaan besar menggunakan berbagai media untuk memasarkan dagangannya.

Hal itu mempengaruhi persepsi masyarakat sehingga barang yang dipromosikan lewat banner akan dipandang lebih bernilai dibandingkan lainnya. Secara tidak langsung, itu membuat pelanggan membeli barang atau menggunakan layanannya.

Membuat pelanggan percaya dengan kualitas produk tidaklah mudah. Apalagi jika ternyata Anda baru merintisnya kurang dari sebulan. Agar lebih dikenal, jangan hanya meletakkannya di dalam toko. Tempatkan pula di luar ruangan sehingga potensi menarik pelanggan baru semakin besar.

Membangun Sikap Loyal

Banner memiliki fungsi yang baik yakni membangun sikap loyal. Jika pelanggan sebelumnya pernah membeli kemudian melihat media promosi itu, potensi ia menjadi loyal pun sangat tinggi. Dengan begitu, perusahaan pun akan dipandang profesional.

Untuk membangun keloyalitasan pelanggan, perusahaan perlu melakukan berbagai cara antara lain memberikan promo atau diskon. Agar bisa merealisasikannya, Anda dapat memanfaatkan banner. Cara ini dinilai ampuh karena informasinya membuat konsumen tertarik lebih cepat.

Informasi tentang diskon seperti yang sering diadakan oleh pemilik bisnis ini bertujuan meningkatkan keloyalan pelanggan akan produknya. Agar lebih maksimal, bisa memasang banner di beberapa lokasi penyewaan yang strategis walaupun dengan harga tinggi.

Memberikan Citra Perusahaan Lebih Baik

Salah satu fungsi penggunaan banner adalah pihak perusahaan akan memiliki nama baik di mata masyarakat. Coba perhatikan di berbagai tempat usaha, misalnya kantor yang memiliki media promosi tersebut. Secara tidak langsung, pembaca akan antusian dan mulai mengenalnya.

Dengan adanya informasi lewat banner terkait produk terbaiknya, perusahaan pun akan semakin terkenal. Secara tidak langsung, konsumen secara otomatis menganggap bahwa toko itu memiliki pasar yang luas. Namun ketatnya persaingan bisnis ini jangan dianggap sepele.

Untuk menghindarinya, pasanglah banner berisikan promo menarik, seperti “Beli 1 Gratis 1”. Selain itu, pastikan pula menggunakan tampilan yang kekinian agar citranya lebih baik lagi. Di sisi lain, Anda juga harus memastikan bahwa informasi tersebut sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Sebagai Ciri Khas Perusahaan 

Salah satu fungsi banner digunakan oleh perusahaan adalah sebagai ciri khasnya. Di dalamnya terdapat identitas berupa nama serta logo yang membuat pelanggan lebih mengenal. Alhasil, beberapa di antara mereka tidak akan ragu untuk memilih barang yang Anda tawarkan.

Memang hal ini tidak bisa langsung terjadi dalam seketika. Namun dengan terus menempatkannya di tempat strategis, potensi dikenal oleh orang akan semakin besar. Agar itu bisa terwujud, Anda perlu menggunakan desain menarik serta nama usaha di bagian paling atas dengan posisi di tengah.

Gunakan pula font berukuran agak besar agar dapat terlihat dari jauh. Namun jangan terlalu sering menggantinya karena ini akan membuat ingatan orang berkurang. Sebelum menempatkannya, pastikan pula posisinya pas dan tidak terhalang suatau apapun (seperti pohon, tiang listrik, atau bangunan).

Menambah Relasi

Ada lagi fungsi dari banner yakni bisa menjalin persahabatan dengan pemilik bisnis lainnya. Keberadaan media promosi ini seperti identitas sebuah perusahaan. Tanpa mengenalkan diri secara langsung kepada orang, masyarakat mengetahui bahwa Anda memiliki sebuah usaha baik itu kuliner atau di bidang jasa.

Selain mempromosikan barang ke pelanggan, banner ini mampu menambah relasi apabila diletakkan di event spesial seperti pameran bisnis. Anda pun bisa mengetahui usaha seseorang dari media tersebut, sehingga membuka kesempatan lebih untuk menjalin relasi dengannya.

Sebagai contoh, ketika mengikuti acara di pameran atau membuka kedai di car free day, jangan lupa membawa banner tersebut. langkah ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi barang serta menambah relasi dengan sesama pengusaha. Siapkan pula kartu nama saat berkenalan dengan pengusaha lainnya.

Beberapa Tips Memiliki Spanduk Berkualitas

Tips Memiliki Spanduk Berkualitas

Banner merupakan media promosi yang efisien serta hemat. Agar memperoleh spanduk berkualitas, disarankan Anda mengetahui tips terlebih dahulu. sebab, kesalahan memilih dapat merugikan perusahaan. Berikut beberapa di antaranya:

Mendesain Sesuai Produk

Banner merupakan salah satu opsi terbaik yang bisa membantu memaksimalkan pendapatan Anda. Namun sebelum melakukan pemesanan, desainnya harus berkualitas sehingga mampu menarik perhatian pelanggan untuk membaca, hingga akhirnya membeli produk tersebut.

Ketika membuat desain, usahakan memberikan kesan positif. Untuk itu, pastikan pula menginformasikan mengenai keunggulannya. Selain itu, gunakan foto beresolusi tinggi agar konsumen akan penasaran dan mencoba dagangan yang Anda miliki.

Sebagai contoh. Jika usaha yang dijalankan adalah warung lesehan, Anda bisa menggunakan gambar ayam panggang, lele goreng ataupun sate untuk pendukung tulisan. Dengan begitu, sebelum orang membaca pun sudah paham akan maknanya.

Pemilihan Warna dan Tulisan Banner

Saat ingin membuat banner untuk kepentingan perusahaan, usahakan memilih warna yang enak dipandang. Selain itu, pastikan antara latar belakang dan tulisannya selaras. Jika background terlalu terang, bisa-bisa informasinya tidak terbaca dengan detail.

Bila latar belakangnya putih, maka umumnya menggunakan tulisan berwarna gelap seperti hitam biru tua atau abu-abu tua. Anda bisa menyelesaikannya sehingga dari jauh informasi produk dapat diketahui dengan jelas. Selain warna, font juga sangat berpengaruh sebab jika terlalu kecil, ini akan merugikan.

Apabila font terlalu kecil, pelanggan harus melihat dari dekat informasi tersebut. Padahal, tidak semua orang memiliki waktu untuk itu. Jika ukurannya sedang dan dapat terbaca meski jaraknya jauh, sasaran marketing pun lebih luas cakupannya.

Gunakan Jasa Cetak Banner Terpercaya

Usai menentukan serta memiliki desain banner, saatnya mencetaknya di tempat terpercaya. Ada dua opsi yang bisa dipilih yakni melakukan pemesanan langsung atau secara online. Setiap pilihan mengandung keunggulan dan kekurangannya.

Pilihan pertama ini harus dilakukan secara langsung dengan cara mendatangi jasa banner tersebut. Anda bisa bertemu langsung dengan karyawannya dan dapat berkonsultasi terkait fasilitas atau layanannya. Namun, kekurangannya yaitu menghabiskan waktu untuk bolak-balik dari memesan hingga mengambil.

Sedangkan opsi kedua, ini dapat dilakukan secara online jadi hanya memanfaatkan gadget. Anda bisa mengirimkan file desain guna membuat banner itu. Selanjutnya, admin akan memproses orderan untuk dicetak. Hasilnya akan dikirimkan ke alamat yang disepakati (ebih praktis dengan biaya sedikit mahal).

Sesuaikan dengan Harga

Banner mampu menaikkan omset perusahaan. Namun sebelum memilihnya pastikan Anda menyesuaikan harga dengan kebutuhan. Salah satu jenis terbaik adalah X-Banner. Tipe ini diminati karena memiliki biaya terjangkau sehingga semua pebisnis dapat menggunakannya.

Ketika melakukan pemilihan banner, hal yang harus dipertimbangkan adalah fungsinya. Bila ingin menempatkannya di dalam ruangan, maka bisa menggunakan X-Banner atau Y-Banner. Keduanya bisa difungsikan indoor. Selanjutnya, lihat kondisi keuangan agar anggaran perusahaan tidak membengkak.

Penyesuaian harga ini cukup penting. Apabila keuangan pas-pasan, memilih X-Banner mungkin pilihan terbaik. Namun bila ada anggaran lebih, jangan ragu menggunakan Y-Banner atau Roll Banner. Dengan menyesuaikan dana, diharapkan Anda mampu memiliki barang berkualitas tanpa menguras kantong.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Tips selanjutnya adalah memilih bahan yang berkualitas. Saat melakukan pemilihan, pastikan mengetahui keunggulan masing-masing. Sebagai contoh, giant banner tidak hanya berukuran besar. Namun, materialnya pun bermutu baik karena aman dari hujan maupun panas.

Sementara itu, apabila ingin mencari banner yang tidak mudah tertiup angin, maka disarankan memilih Y-banner. Produk ini cenderung kokoh sebab mampu berdiri tegak. Selain itu, posisinya fleksibel karena dapat diletakkan indoor maupun outdoor. Pemilihan bahan pun juga harus diperhatikan.

Kesalahan memilih jenis banner dapat mengakibatkan kerugian. X-Banner ini cukup ekonomis, namun tidak terlalu kokoh saat tertiup angin. Jika dipaksakan diletakkan di luar, bisa-bisa sering terjatuh karena resiko terkena rusak jauh lebih besar dibanding jika di dalam ruangan.

Pemilihan Foto untuk Banner

Banner merupakan salah satu media promosi yang terjangkau dan diminati oleh banyak pengusaha. Ketika membuatnya, jangan lupa memasukkan gambar baik foto asli atau animasi. Keberadaannya pun membuat penawaran produk terlihat jauh lebih menarik dibandingkan tidak menginputnya.

Namun, tidak semua foto dapat berhasil. Gambar yang direkomendasikan harusnya memiliki kualitas baik. Pastikan memfoto produk sebaik mungkin. Anda sebaiknya memakai kamera bagus dan editlah secara natural. Jika kurang ahli melakukannya, sebaiknya pekerjaan fotografer terbaik.

Apabila foto blur atau resolusinya kurang, ketika dicetak di jasa percetakan, hasilnya akan pecah. Oleh karena itu, pastikan pula hasilnya bagus jadi mampu menarik klien membelinya. Ini adalah satu satu trik termudah untuk merayu pembeli tanpa repot sebab gambar berbicara lebih banyak dibandingkan kata.

Keep it Simple!

Tips terbaik yang harus dilakukan agar banner dapat menjaring pelanggan dari berbagai area adalah dengan membuatnya lebih simpel. Apabila tulisan terlalu banyak, ini akan membuat konsumen merasa pusing dan akhirnya enggan melakukan pembelian pertama. Gambar pun tidak boleh berlebihan.

Jangan terlalu banyak menempatkan gambar agar pelanggan bisa tertarik saat melihat banner tersebut. Sebaiknya gunakan 1 atau 2 gambar supaya media promosi tersebut tidak terlihat norak. Dengan menggunakan tulisan dan ilustrasi yang seimbang, hasilnya pun akan memuaskan.

Umumnya banner terdiri dari maksimal 2 gambar dengan tulisan berupa keunggulan yang berisikan beberapa kata saja. Dengan kata lain, media promosi berkualitas biasanya didesain elegan menggunakan tulisan seperlunya dan foto pendukung dengan porsi seimbang.

Bersifat Informatif

Banner diharuskan bersifat informatif agar masyarakat mampu memahami pesannya dengan baik. Sebuah toko umumnya menggunakan media promosi tersebut untuk menawarkan barang terbarunya. Tidak hanya itu, produk diskonan juga kerap ditampilkan di depan kedai demi menarik perhatian.

Saat membuat banner, usahakan memberikan informasi secara ringkas namun mampu menggugah minat masyarakat. Media tersebut sengaja dibuat demi terjualnya seluruh produk perusahaan. Coba bayangkan jika kata-kata yang digunakan panjang dan dipenuhi gambar. Ini takkan menarik pembeli.

Iklan via banner yang berkualitas seharusnya menggunakan kata-kata padat, informatif serta mampu menerangkan ke pelanggan mengenai keunggulan produk dengan cara elegan. Apabila dilakukan, promosi barang atau jasa akan maksimal dan bisa mendatangkan pembeli dari berbagai penjuru.

Manfaat Banner bagi Pebisnis

Manfaat Banner bagi Pebisnis

Memiliki bisnis adalah salah satu impian banyak orang. Dengan berbisnis, waktu luang bisa diatur sesuka hati. Agar usaha semakin berkembang, Anda bisa menggunakan banner. Ini merupakan salah satu media promosi yang berkualitas. Di sisi lain, juga ada banyak manfaat bila memakainya seperti:

Sarana Promosi yang Efektif

Banner merupakan salah satu media promosi yang ampuh dan bisa diandalkan. Keberadaannya pun mampu mempromosikan barang atau jasa sehingga lebih dikenal oleh masyarakat. Pada umumnya, diletakkan di bagian depan kantor atau dekat meja resepsionis. 

Informasi mengenai layanan terpampang dengan jelas sehingga potensi pelanggan membeli barang pun semakin besar. Adanya manfaat ini membuat tukang jasa percetakan banner semakin laris manis dari tahun ke tahun. Bahkan, kini telah tersedia pula pemesanan secara online jadi lebih efektif.

Agar memperoleh hasil maksimal, wajib hukumnya untuk meletakkannya di tempat yang dapat diketahui orang banyak seperti dekat pintu masuk. Jika salah penempatan, promosi menggunakan media ini akan kurang menguntungkan karena pelanggan tidak mampu melihatnya.

Menciptakan Impresi yang Kuat

Banyak orang menggunakan banner ini sebab mampu menciptakan impresi yang kuat. Secara otomatis, pelanggan merasa lebih tertarik untuk mencoba produknya. Hal itu dikarenakan tampilan media tersebut dibuat sungguh menarik sehingga akan membuat konsumen penasaran dan membeli.

Apabila ternyata produk yang ditawarkan berkualitas, hal ini akan menuntunnya untuk repeat order atau melakukan pembelian lagi. Selain penempatan strategis, pebisnis juga diharapkan mendesainnya dengan baik agar potensi barang cepat laku pun makin besar.

Jika menggunakan banner, perusahaan dapat menawarkan barang kepada masyarakat secara luas. Sasarannya adalah orang-orang yang melihat media promosi tersebut. selain itu, pesan di dalamya juga harus dikemas dengan sangat elegan sehingga orang akan tertarik sebelum membeli.

Meningkatkan Pendapatan

Manfaat penggunaan banner adalah mampu meningkatkan pendapatan perusahaan. Dalam memasarkan produk, ada banyak hal yang dicoba oleh pebisnis. Penggunaan media promosi tersebut dinilai ampuh, karena bisa menjangkau masyarakat lebih luas. 

Jika sebelumnya hanya orang-orang terdekat yang mengetahuinya, namun adanya banner membuat toko makin berkelas. Alhasil, pelanggan baru pun tidak ragu untuk masuk dan membeli produk Anda. Semakin banyak pelanggannya, makin besar pula pendapatan dalam satu bulan.

Tentu untuk mendapatkannya butuh waktu. Banner perlu diletakkan di tempat strategi dan desainnya pun harus menarik. Media promosi ini akan memaksimalkan keuntungan apabila dilakukan secara rutin. Anda tidak perlu membayar mahal, karena kini tersedia jasa percetakan berkualitas namun terjangkau.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Salah satu manfaat menggunakan banner dibandingkan media lainnya adalah cara ini menghemat waktu. Anda sang pemilik bisnis tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai keunggulan produk pada setiap orang yang lewat. Sebab dapat dilakukan dengan mudah.

Hal ini pun akan akan sangat menghemat tenaga, karena Anda cukup duduk manis dan menanti pelanggan. Namun, pastikan pula kesiapan menjawab pertanyaan apabila ada calon konsumen yang berminat untuk membeli. Cara itu relatif disukai sebab efisien serta bisa fokus untuk 1 poin saja.

Penghematan waktu serta tenaga ini sangat dirasakan. Terbukti, owner dapat berfokus pada diferensiasi produknya sehingga pelanggan makin bersemangat untuk membelinya. Berkat penggunaan banner, usaha pun makin laris dan dikunjungi banyak konsumen. 

Mudah Diingat Pelanggan

Di dalam banner umumnya terdapat banyak unsur, mulai dari nama produk atau perusahaan hingga harganya. Keberadaannya membuat pelanggan lebih mudah menghafalnya. Hal ini dikarenakan adanya kombinasi penggunaan tulisan beserta foto. Dengan efek visual yang baik, itu akan menguntungkannya.

Banner memberikan kemudahan untuk memperkenalkan produk di khalayak ramai. Hal ini bisa dicapai asalkan perusahaan mampu membuat media promosi yang menarik sekaligus memiliki ciri khas. Selain itu, kontennya memuat jargon atau informasi penting sehingga pelanggan akan terbujuk.

Bujukan untuk membeli sesuatu lewat banner ini relatif ampuh apabila desainnya menarik dan informatif. Jika terlalu banyak tulisan serta minim gambar, pelanggan akan bosan dan susah mengingatnya. Agar cepat diingat, pastikan gambarnya menarik serta nama produk atau perusahaan berukuran besar.

Bisa Digunakan Berulang Kali

Banyak orang menggunakan banner dibandingkan media promosi lainnya sebab cara ini hemat. Hal itu dikarenakan produk tersebut dapat digunakan berulang kali. Penggunaannya pun mudah yakni hanya diletakkan di tempat strategis. Selanjutnya, orang yang lewat akan membacanya.

Banner ini sangat awet karena dapat digunakan bertahun-tahun lamanya. Anda bisa menghemat biaya promosi bila menggunakan sarana itu. Akan tetapi, terkadang media tersebut hanya dipakai dalam waktu tertentu sebab konten informasi atau penawaran iklannya berubah atau dimodifikasi.

Bila banner yang dipesan sifatnya netral dan tidak mengandung harga, dijamin media tersebut awet serta bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk periklanan secara spesifik (misal menu makanan), umumnya harus diperbarui ketika terjadi kenaikan harga.

Praktis dan Ditempatkan Dimana Saja

Mengapa banner ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama Indonesia? Salah satu alasannya adalah praktis. Media tersebut bisa diletakkan di mana saja. Salah satu jenisnya dapat ditempatkan di dalam maupun luar ruangan. Mempromosikan usaha ke pelanggan bisa dilakukan lebih efisien.

Anda bisa hemat energi karena tulisan yang ada di banner dapat mengkomunikasikan tawaran menarik seperti diskon maupun lainnya. Ketika mempromosikan usaha baru, disarankan menyesuaikannya dengan ukuran ruangan. Jika terlalu besar tidak akan indah saat diletakkan di dalam ruangan.

Seperti ulasan di atas, penempatannya bisa dimana saja, namun pastikan strategis sehingga mampu menjaring berbagai konsumen. Walaupun kadang kala tidak sedikit yang diabaikan saat orang melihatnya.

Biaya Marketing Bisa Dihemat

Manfaat penggunaan banner adalah biaya pemasaran makin dihemat. Dibandingkan media lainnya (seperti periklanan koran), penggunaan cara ini relatif murah. Anda hanya perlu membayar sekali saja, kemudian media promosi bisa bertahan sampai masa kontrak habis.

Baca Juga: Contoh X Banner Desain Keren Dan Ukuranya

Penggunaannya pun bisa dilakukan berulang-ulang hingga rusak. Bahkan, pembuatnya mengatakan dengan perawatan baik, banner bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya sesuai kebutuhan. Walaupun itu semua tergantung bahan baku yang digunakan.

Penghematan biaya ini tentu menjadi kabar baik. Anda dapat meminimalisir pengeluaran untuk marketing dengan mengalokasikannya ke dana lainnya. Namun, usahakan tidak menaruh banner satu lokasi saja (minimal 4 sampai 5 tempat).

Demikian beberapa informasi penting terkait pengertian banner beserta jenis dan fungsinya. Dengan mempelajarinya, kini Anda jadi tahu banyak tentang media promosi yang praktis dan biaya terjangkau.

Tinggalkan Balasan