Pengertian Dan Kegunaan Teknologi Blockchain yang Wajib Kamu Tahu

By | 7 November 2021

Sekarang ini banyak sekali yang membicarakan dan menggunakan blockchain, yang merupakan istilah teknologi yang sedang populer. Mungkin bagi orang awam atau buta teknologi masih kurang familiar dengan istilah tersebut, maka perlu diketahui pengertian dan kegunaan teknologi blockchain tersebut.

Pengertian Blockchain

Blockchain merupakan sebuah buku besar digital dari sebuah teknologi yang diciptakan menjadi sebuah penyimpanan digital. Penyimpanan tersebut terhubung dengan kriptografi. Yang berhubungan dengan teknologi ini terutama dalam hal penggunaannya adalah bitcoin sebagai sebuah mata uang dari kripto serta beberapa mata uang lainnya.

Namun, secara harfiah pengertian dari blockchain sendiri berdasarkan pengertian dan kegunaan teknologi blockchain terdiri dari dua kata yaitu block dan chain. Yaitu, block artinya kelompok dan chain sendiri artinya rantai sehingga membentuk arti rantai kelompok yang menunjukkan dari cara kerjanya sendiri. Perlu diketahui juga blockchain menggunakan komputer dalam membentuk kelompok tadi.

Baca Juga: Pengertian CRM

Kegunaan Blockchain

Seperti yang sudah diketahui dari pengertian dan kegunaan teknologi Blockchain, ada banyak sekali manfaat dan kegunaan yang bisa didapatkan bagi yang memakai teknologi ini. Diantaranya manfaat tersebut adalah:

  1. Manfaat Finansial

Karena sistem blockchain memang berhubungan dengan masalah finansial, pastinya manfat utama yang bisa didapat adalah manfaat yang juga berhubungan dengan finansial tersebut. Saat ini, semua hal yang berhubungan dengan finansial memang akan menjadi lebih bermanfaat bagi banyak orang.

  1. Teknologi Bebas Akses

Menurut pengertian dan kegunaan teknologi blockchain, manfaat lainnya dari blockchain adalah teknologi bebas akses. Artinya adalah diumpamakan sebuah buku khas digital, blockchain ini bisa diakses oleh siapapun dan juga dimanapun. Dengan begitu, juga memudahkan semua pengguna teknologi ini.

  1. Sistem Keamanan Canggih

Sudah dapat dipastikan teknologi terbaru ini pastinya telh memiliki sistem keamanan yang sangat canggih dan terjamin keamanannya tersebut. Sehingga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Blockchain menggunakan sistem keamanan yang sulit untuk dimasukkan atau diretas.

  1. Potensi Kesalahan Semakin Kecil

Karena berdasarkan sistem keamanan yang sudah terjamin, maka dapat disimpulkan bahwa potensi kesalahan semakin kecil bahkan tidak ditemukan. Misalnya saja kesalahan pada manusia atau human error, ataupun diretas yang bisa menimbulkan kerugian.dengan begitu, sesuai dengan pengertian dan kegunaan teknologi blockchain yang sudah dijabarkan.

Kelebihan Teknologi BlockChain

Selain manfaat, jika memang teknologi blockchain ini sudah sangat populer bagi masyarakat maka pasti memiliki juga banyak kelebihan dan keunggulan yang sangat diandalkan. Kelebihan haruslah menjadi daya tarik tersendiri bagi sesuatu, terutama bagi sebuah teknologi baru yang tidak baru seperti ini. Dari pengertian dan kegunaan teknologi blockchain, disimpulkan keunggulan tersebut seperti:

  1. Proteksi Data Sangat Aman

Karena kecanggihan dan keamanan sistemnya tadi, maka untuk proteksi data yang disimpan pada teknologi ini pun sangat aman. Semua itu juga ada jaminannya dari teknologi tersebut. Karena sistem databasenya memang berdasarkan sistem yang bersifat append only, yang artinya bisa ditambah tapi tidak bisa diedit. Sehingga, hacker atau peretas tidak bisa menembus sistem tersebut.

  1. Sistem Transparan

Selain proteksi yang aman, sistem teknologi ini juga cukup transparan. Dengan riwayat transaksi yang bisa disimpan dengan sangat lengkap dapat dibuktikan transparansinya melalui akses yang bisa dilakukan ke segala sisi.  Dalam menggunakan teknologi ini, Anda juga bisa mengakses tanpa menggunakan akun.

Terdapat public access yang bisa dijadikan salah satu cara mengakses, dan cara ini bisa dipantau oleh semua orang. Pola dan sistem dari Blockchain terbukti lebih memudahkan tanpa harus melalui bebera tahap seperti di bank.

  1. Audit Lebih Baik

Sistem yang transparan dengan pengertian dan kegunaan teknologi blockchain yang sudah sangat jelas bukan berarti tidak melalui audit. Karena,  audit yang dilakukan jauh lebih baik. Hal imi justru merupakan satu-satunya fungsi sangat penting dari teknologi tersebut. Dengan begitu, semuanya bisa melihat data transaksi tersebut.

Dengan adanya jejak audit yang terekam dapat membuat para pengguna terhindar dari semua kemungkinan buruk yang terjadi. Seperti misalnya penggelapan dana blockchain. Bagaimanapun sebuah audit memang harus rutin dilakukan untuk sistem yang sedang banyak digunakan seperti blockchain ini.

Bukan tidak mungkin, dalam sebuah teknologi mengalami sesuatu yang menjadi sebuah kesalahan yang tidak disadari pengguna. Sehingga, Anda harus lebih perhatian dalam penggunaannya.  Oleh karena itu, jika Anda sedang lengah maka audit lah yang menjalankan tugasnya.

  1. Tidak Membutuhkan Perantara

Sebuah transformasi besar bagi teknologi blockchain ini, bahwa sistem pada teknologi ini ternyata tidak membutuhkan pihak ketiga yang disebut perantara. Karena, teknologi ini menciptakan sistem secara langsung yang memang tidak terdapatnya pihak ketiga tersebut.

Cara Kerja Blockchain

Setelah mengetahui semua fungsi, manfaat ataupun kelebihannya maka yang terpenting adalah cara kerja yang harus dilakukan saat menggunakan. Pada dasarnya cara kerjanya tidak sulit. Berdasarkan pengertian dan kegunaan teknologi blockchain bisa disimpulkan sedikit sebuah sistem atau cara kerjanya tersebut. Adapun fakta mengenai caranya adalah sebagai berikut:

  1. Block Menyimpan Data Baru

Blockchain pada dasarnya merupakan sebuah kumpulan data-data, sehingga dalam blockchain akan tersimpan banyak data baru untuk sebuah tujuan tertentu yang merupakan langkah dari cara kerja berikutnya. Dimana sudah diketahui pengertian dari block adalah kelompok.

  1. Block Membentuk Jaringan

Berdasarkan informasi sebelumnya bahwa block memiliki banyak simpanan data baru, maka dengan semua kumpulan data tersebut akan membentuk sebuah jaringan atau rantai. Sistem ini memang memiliki dua record, yaitu transaksi dan block.  Dengan terbentuknya jaringan, maka kelompok yang disebut dengan block tersebut akan semakin meluas.

  1. Data Terbentuk Dalam Hash Kriptografi

Setelah itu, dipastikan pada data-data tersebut terbentuk di dalamnya hash kriptografi. Yaitu, yang akan membentuk jaringan tadi. Hash kriptografi ini memang berasal dari data block asal atau sebelumnya. Sehingga, melalui data yang baru saja Anda dapatkan hasrusa melalui hash kriptografi tadi.

  1. Hash Kriptografi Mengubah Data

Begitu Anda mengetahui istilah hash kriptografi yang terdapat di dalam block, maka selanjutnya adalah mengetahui tugas dari hash kriptografi tersebut yaitu mengambil dan mengubah data menjadi compact string.

  1. String Berubah jadi Alarm

Berhasil membentuk dan menciptakan string, maka jenis compact string ini bisa dimanfaatkan sebagai alarm di saat peretas berusaha mencoba masuk dan menjebol pertahanan. Sehingga, Anda bisa mempersiapkan pertahanan untuk masuk dengan bebas. Selain itu, teknologi blockchain juga memiliki sifat desentraliasai yang artinya tidak ada yang terlal otoriter mengendalikan semuanya.

Semua informasi tersebut cukup memberikan Anda pencerahan mengenai apa dan bagaimana teknologi Blockchain ini. sehingga, sangat banyak ilmu yang bisa diambil dari pengertian dan kegunaan teknologi blockchain ini. Oleh karena itu, bersikaplah lebih dewasa dalam menggunakan teknologi dan sistem seperti ini. Karena, akan membuat sesuatu yang bermanfaat malah menjadi hal yang tidak berguna sama sekali.

Referensi: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210423180644-37-240436/apa-itu-blockchain-teknologi-di-balik-bitcoin-aset-kripto

 

Tinggalkan Balasan