Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Prinsip dan Jenis Desain

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak benda di sekeliling memiliki rupa atau bentuk berbeda-beda. Mulai dari sifatnya padat, lunak dan gas. Khususnya material padat atau lunak dapat dirancang sampai sedemikian rupa. Namun, dalam membahas pengertian desain pada dasarnya terdapat banyak penjelasan.

Pengertian Desain  

Bila ditinjau secara etimologis, kata ‘desain’ berasal dari bahas Inggris, “design” yang memiliki arti rancangan, rencana, reka ataurupa. Beberapa aspek seperti fungsi, estetika dan hal-hal lainnya dibutuhkan dalam penerapannya. Proses merancang tersebut berasal dari pemikiran manusia maupun riset.

Pengertian desain adalah perencanaan atau perancangan yang dijalankan sebelum memproduksi suatu sistem, komponen, struktur dan objek. Definisi lainnya dari kata design merupakan proses merancang suatu benda agar memiliki nilai keindahan, fungsi dan bernilai guna bagi kehidupan manusia.

Pada kajian ilmu lainnya diketahui bahwa desain juga berasal dari bahasa Latin, designare yang memiliki arti membentuk, menandai, membuat dan menunjuk. Sedangkan Kamus Oxford menjelaskan bahwa design adalah pembuatan gambar atau rencana untuk memperlihatkan suatu tampilan maupun fungsi.

Tampilan yang dimaksud antara lain pakaian, bangunan, produk elektronik serta objek terlihat lainnya sebelum benar-benar memasuki tahap penyelesaian akhir. Definisi desain berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rancangan, kerangka bentuk, pola, corak dan motif.

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Secara umum telah diketahui bahwa design adalah perancangan atau perencanaan dalam membuat suatu objek, baik dari aspek fungsional maupun tampilannya. Pengertian desain menurut para ahli juga memberi pemahaman lainnya seperti yang dikatakan oleh Ken Hurts, Dedi Nurhadiat dan pakar lainnya.

Ken Hurts menyatakan bahwa desain adalah proses iteratif yang berkaitan dengan berbagai kegiatan meninjau ke belakang dan paralel. Sedangkan Choirul Amin menjelaskan design sebagai rancangan, pola, motif, corak dan kerangka bentuk. Dedi Nurhadiat juga turut memberikan penuturannya.

Baca Juga: Contoh X Banner Desain Keren

Dedi berpendapat bahwa desain adalah rencana dalam mengaplikasikan berbagai ide atau gagasan. Kemudian Alexander menjelaskan design sebagai temuan unsur fisik yang bersifat objektif. Menurut Widagdo definisi desain yakni berbagai nilai kontekstual dalam mengekspresikan kebudayaan.

Dudy Wiyancoko juga turut menjelaskan bahwa desain merupakan segala hal yang mencakup analisis data, perencanaan proyek, drawing/rendering, perhitungan dana, membuat prototipe, pengujian frame, uji berkendara dan analisis data. Kurang lebih itulah beberapa pengertian design menurut para pakar.

Berbagai Fungsi Desain

Berbagai Fungsi Desain

Seorang perancang suatu objek bukan tanpa alasan dalam melakukan tugasnya. Hal ini karena desain memiliki banyak fungsi ketika dilakukan penerapannya. Design juga termasuk seni terapan, pencapaian kreatif dan arsitektur yang melibatkan warna, bentuk, susunan grafis, ukuran dan value sebuah objek.

Sarana dalam Meningkatkan Wawasan Manusia

Desain dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah manusia. Hal ini agar subjek mampu mengerti tentang susunan, ruang, gambar bidang, konfigurasi, value, komposisi dan sebagainya. Itulah sebabnya aspek mengenai design diajarkan sejak bangku sekolah maupun perkuliahan.

Para zaman sekarang ini, jurusan perkuliahan yang erat kaitannya dengan perancangan adalah Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Produk, Fashion, Arsitektur dan sebagainya. Sedangkan untuk bidang Teknologi dan Informasi tidak dipungkiri bahwa Web Design turut menjadi salah satu mata kuliah.

Kebutuhan dalam mengaplikasikan desain dapat jelas berbeda antara satu bidang dengan bidang lainnya. Hal ini perlu dipelajari karena sampai saat ini kebutuhan merancang suatu objek tetap dibutuhkan. Design tidak hanya memberikan nilai guna, tetapi juga nilai estetika yang unik dan indah.

Sarana dalam Menyampaikan Karya Cipta Seseorang

Seorang perancang dapat berkreasi sedemikian rupa ketika menerapkan idenya pada suatu objek atau benda. Ada banyak sekali bentuk desain yang beredar dengan didukung berbagai keunikan dan kegunaanya. Salah satu contohnya dapat dilihat dari design busana atau kostum yang memiliki motif atau corak berbeda-beda.

Seorang perancang busana mampu memperlihatkan idenya dengan membuat design kostum indah, unik dan belum pernah ada sebelumnya. Hal ini biasanya dapat dilihat dari penggunaan bahan, kombinasi warna, motif, gambar dan sebagainya. Keragaman karya cipta juga terlihat dari arsitektur bangunan.

Konstruksi sebuah hunian atau gedung juga memperlihatkan desain yang indah dan berbeda dengan arsitektur lainnya. Baik itu bangunan bertingkat maupun cukup satu lantai saja. Hanya dengan melihatnya saja, khalayak ramai dapat menilai sendiri keunikan dari pondasi, corak dinding dan sebagainya.

Sebagai Media Bantu Sebelum Membuat Produk Baru

Sebelum produk baru rilis ke pasaran atau mendekati tahap penyelesaian akhir, proses perancangan tetap dibutuhkan. Pihak perancang biasanya memanfaatkan desain lama dengan beberapa tambahan tertentu agar menghasilkan bentuk baru yang sedikit atau sangat berbeda dari item sebelumnya.

Fungsi desain sebagai alat bantu sebelum membuat produk baru dapat dilihat dari design sepeda motor atau mobil. Banyak sekali bentuk rancangan kendaraan yang rilis di pasaran dengan berbagai model dan keunggulannya. Di Indonesia sendiri selalu terlihat keluaran alat transportasi terbaru setiap tahunnya.

Desain body mobil misalnya, perlu beberapa tahapan proses sebelum akhirnya diputuskan bahwa konsep tersebut layak untuk dilanjutkan pada langkah produksi. Perancangan tidak hanya mengedepankan keindahan saja, melainkan juga mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan.

Sebagai Wadah Menampilkan Objek Nyata Kepada Masyarakat

Seperti diketahui bahwa masyarakat dapat menilai sendiri seperti apa keunikan dari suatu objek atau produk yang akhirnya memasuki tahap penyelesaian akhir. Misalnya pada busana, seorang pembeli dapat memiliki selera berbeda sebelum membayar harga pakaian yang disukainya.

Dalam kasus tersebut pembeli mungkin saja tertarik dengan desain kostum seperti motif, gambar pola, corak kain, kombinasi warna, keunikan bahan dan sebagainya. Perancang busana profesional dari berbagai negara memperlihatkan hasil karya nyata kepada banyak orang agar tertarik untuk membelinya.

Hal serupa juga berlaku untuk arsitektur bangunan, produk elektronik, alat transportasi serta media lainnya yang dapat digunakan oleh masyarakat. Desain yang pada awalnya berupa gambaran pola atau prototipe dapat dikreasikan menjadi item bernilai jual dan memberi manfaat bagi para konsumen.

Beberapa Tujuan Desain

Beberapa Tujuan Desain

Pengembangan sebuah desain hingga akhirnya menghasilkan produk jadi yang memiliki nilai estetika dan kegunaan tidak lepas dari tujuan penerapannya. Pihak perancang bukan tanpa target mengaplikasikan idenya untuk sebuah item yang nantinya akan rilis dipublikasikan kepada banyak orang.

Menyesuaikan Hasil Desain Terhadap Penggunanya

Tujuan membuat desain adalah menyesuaikan antara hasil desain terhadap masyarakat sebagai konsumen atau penggunanya. Hal ini juga bertujuan untuk memaparkan keterbatasan, kelebihan serta kehandalan yang dimilikinya. Designer biasanya mempertimbangan aspek lain ketika merancangnya.

Penerapan rancangan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini agar pengguna dapat merasa nyaman, aman dan tenang ketika menggunakannya. Jangan sampai pihak perancang mengesampingkan aspek penting lainnya hanya karena terlalu fokus pada nilai estetikanya saja.

Salah satu contoh nyata adalah desain sepeda motor, desainer harus mampu mempertimbangkan rancangannya agar memberi kenyamanan dan keamanan berkendara bagi konsumen. Hindari penerapan design yang justru menyulitkan dan membahayakan keselamatan penggunanya.

Memadukan Unsur Seni dan Teknologi

Design merupakan paduan dari unsur seni dan teknologi sehingga sasaran penggunaannya yakni memberi keindahan, rasa nyaman dan kemananan. Saat ini pengaruh teknologi yang berdampak besar bagi kehidupan manusia turut menjadi aspek pertimbangan dalam merancang sebuah produk.

Baca Juga: Pengertian Poster

Salah satu contoh nyata dapat dilihat pada desain smartphone. Masyarakat sebagai penggunanya tentu dapat membandingkan antara satu brand ponsel pintar dengan merk lainnya. Terdapat keindahan yang dihadirkan dari tampilan luarnya karena handphone tidak lepas dari penggunaan casing atau penutup.

Selain didukung dengan nilai estetika, perancangan produk berteknologi juga memperhatikan kehandalannya dalam membantu kehidupan masyarakat. Pihak perancang juga harus memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanan agar item canggih tersebut layak digunakan banyak orang.

Menghadirkan Sesuatu yang Memiliki Nilai Guna dan Efisiensi

Tujuan desain berikut ini merupakan aspek penting yang perlu diterapkan demi memberi manfaat kepada semua kalangan penggunanya. Design dihadirkan memiliki sasaran untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kualitas hidup manusia dengan dukungan kehandalan dan kemudahannya.

Seperti diketahui bahwa desain suatu produk dapat menjadi faktor penting untuk memberi manfaat kepada para pengguna. Melalui penerapan design, konsumen diperlihatkan bentuk nyata dan bisa berinteraksi langsung dengan hasil rancangan suatu produk yang memiliki nilai guna.

Konsumen menjadi lebih mudah dan cepat saat melakukan pekerjaan dengan dukungan alat bantu yang telah dirancang sedemikian rupa. Misalnya dalam perancangan sebuah printer, pihak perancang tentu menyediakan ruang untuk memasukkan kertas, mencetak dan mengeluarkan hasil cetakan tersebut.

Menciptakan Suatu Objek yang Memberi Manfaat

Pembuatan suatu rancangan bertujuan untuk menciptakan suatu komponen, sistem, struktur atau objek yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Hal ini karena desain dapat dilihat dan terlibat langsung dengan konsumen selama penggunaannya. Selain itu unsur artistik memberi kesan keindahan tersendiri.

Pada umumnya sebuah produk dirancang khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia. Maka dari itu, pola, rancangan, motif dan rupa sebaiknya tidak terlalu berlebihan dan menyulitkan penggunanya. Perlu dilakukan pengujian serta perhitungan agar lebih efisien dan memudahkan dalam pemakaian.

Desain pada sebuah produk dapat diterapkan secara sederhana, mewah, minimalis, jumbo dengan motif maupun pola tertentu. Setiap desainer punya ide dan kreasinya sendiri dalam mengatur design tersebut. Selama memberikan manfaat dan mudah digunakan rancangan tersebut layak untuk diaplikasikan.

Prinsip-Prinsip Desain

Prinsip-Prinsip Desain

Saat membuat desain suatu produk atau item, perancang perlu memperhatikan bahwa terdapat prinsip-prinsip dalam penerapannya. Hal ini agar karya cipta selaras dengan definisi rancangan secara umum. Designer profesional memperhatikan aspek ini agar hasil desainnya memenuhi standar kelayakan.

Balance atau Keseimbangan

Seluruh komponen desain harus dapat memenuhi prinsip seimbang dalam penggunaan gambar, warna dan tulisan. Tujuannya tidak lain agar tidak memberi kesan berat sebelah. Sebagai contoh dapat dilihat pada rancangan poster film. Desainer perlu memperhatikan penggunaan warna latar belakang.

Warna latar belakang jangan sampai menutupi teks judul film dan para artis yang berperan dalam film tersebut. Perlu disesuaikan dengan penggunaan warna tulisan secara jelas dan berbeda agar mampu dibaca para audiens. Poster film sebagian besar juga mencantumkan gambar.

Design gambar perlu disesuaikan letak dan sesuai dengan konteks film yang diiklankan. Perpaduan citra, warna dan tulisan diatur secara seimbang agar membuat hasil desain lebih memuaskan dan mewakili tema film. Prinsip balance dibagi dalam dua jenis antara lain:

  • Keseimbangan Simetris merupakan teknik penyusunan elemen yang diawali dari pusat kemudian ditata sedemikian rupa supaya terlihat rata antara sisi kiri dan kanannya. Rancangan simetris akan memperlihatkan sisi balance melalui penempatan elemen dengan bobot sama lalu disetarakan dengan garis tengah dari kedua sisi.
  • Keseimbangan Asimetris adalah kebalikan dari Simetris karena pendekatan dasarnya menggunakan pengaturan berbeda terhadap bobot elemen yang sama pada masing-masing sisi halaman. Sedangkan untuk unsur balance berasal dari pemakaian bentuk, ukuran, tekstur dan warna.

Rhythm atau Ritme

Ritme merupakan prinsip rancangan yang memadukan irama. Dalam arti lain juga mencakup variasi atau pengulang dari berbagai komponen graphic design. Rhythm memiliki ciri khas berupa elemen, motif atau pola, baik pada interval yang teratur maupun tidak beraturan sesuai kreasi dari pihak desainer.

Rhythm dibangun dengan menerapkan pola atau bentuk berulang. Dalam desain arsitektur, repetisi mengarah pada motif agar bentuk, warna dan ukuran tetap sama bila digunakan untuk seluruh design. Prinsip pengulangan desain ini dibagi dalam tiga jenis antara lain sebagai berikut:

  • Flowing adalah rancangan dengan pola mengulang yang sifatnya mengalir sehingga dapat menimbulkan efek dinamis atau bergerak. Perulangan pola seperti ini bisa diaplikasikan dengan memakai kurva, garis, lingkaran dan bentuk spiral.
  • Gradual, pola ini juga disebut progresif yakni dengan mengikutsertakan perubahan bentuk pada setiap tahapan prosesnya. Prinsip ritme dalam hal ini dipakai untuk mengatur pengulangan supaya lebih tertata sehingga hasil desain lebih memiliki unsur artistik.
  • Regular merupakan pengulangan pola dengan jarak dan bentuk yang sama. Pengaplikasiannya lebih banyak digunakan pada desain frame atau

Bila ditinjau dari rancangan arsitektur, ritme adalah organisasi dari elemen, ruang dan bentuk yang berulang. Rhythm juga mampu diikuti reruntuhan bangunan yang terjadi secara progresif atau teratur. Contoh prinsip desain ini dapat dilihat pada bangunan Colosseum dan Rumah Opera Sydney.

Emphasis atau Penekanan

Segala bentuk rancangan mencantumkan sesuatu yang perlu lebih ditonjolkan dari objek desain lainnya. Prinsip penekanan bertujuan untuk menyatakan suatu pesan agar mampu mengarahkan pandangan masyarakat. Hal ini seolah-olah bahwa terdapat penyampaian amanat dari hasil design.

Emphasis dapat dicapai apabila desainer mengganti bentuk, irama, ukuran, dan unsur-unsur karya cipta. Saat membuat desain, setiap elemen jangan ditonjolkan semuanya. Hal ini perlu diperhatikan agar pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai benar-benar dapat diterima dengan baik.

Desainer agar lebih mudah dalam menetapkan prinsip penekanan terhadap suatu desain. Didahulukan dengan membuat garis besar terkait dengan elemen apa yang paling penting untuk dikemukakan. Kemudian lakukan manajemen informasi tersebut. Selanjutnya sampaikan informasi pada layout design.

Skala dan Proporsi

Proporsi disebut sebagai pengurangan ukuran tanpa merubah ukuran dimensi lebar, panjang atau tinggi sehingga citra yang dihasilkan terlihat distorsi. Bentuk pengaplikasiannya yakni menempatkan dua elemen yang bobot besar atau kecilnya saling bersinggungan pada halaman desain (layout design).

Pada prakteknya, desainer akan memperhatikan cara menggabungkan pilihan warna agar lebih terpusat kepada elemen terpenting dari sebuah design. Sebagai contohnya dapat dilihat pada rancangan poster seminar dengan memberi warna putih untuk tulisan pesan mencakup pembicara, waktu dan tempat.

Desainer dapat menambah warna latar belakang yang kontras perbedaannya terhadap warna tulisan. Seperti menggunakan warna merah, hitam, biru dan sejenisnya. Hal ini agar membuat tampilan poster memberikan informasi menjadi lebih mudah dibaca dan tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Movement atau Gerakan

Prinsip desain berikutnya adalah gerakan yang dapat dijelaskan sebagai cara mengendalikan elemen di dalam sebuah komposisi perancangan grafis. Tahap ini dilakukan agar audiens seolah-olah diarahkan untuk berpindah dari elemen satu ke elemen dua dan seterusnya hingga batas terakhir.

Informasi dapat tersampaikan pesan dengan baik kepada khalayak ramai yang melihat desain tersebut. Hal ini dikarenakan bahwa audiens akan membacanya secara keseluruhan. Penerapan prinsip movement menghadirkan kandungan cerita atau narasi di dalam graphic design tersebut.

Contohnya adalah merancang poster acara seminar yang diadakan di salah satu kampus swasta. Pesannya mencantumkan nama pembicara, waktu serta persyaratan lengkap untuk dapat hadir pada event tersebut. Informasi disusun secara urut mulai dari paling penting sampai kurang penting.

Unity atau Kesatuan

Unity bisa diartikan sebagai proses perancangan yang tepat terhadap beberapa elemen agar dapat memberi efek selaras atau serasi pada keseluruhan desain. Prinsip ini memiliki tujuan supaya design tersebut membentuk komposisi dengan tampilan saling berkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya.

Tercapainya keterkaitan visual antar elemen dalam sebuah rancangan. maka akan semakin mudah ketika memadukannya. Selain itu, komposisi menjadi tidak membingungkan serta terlihat lebih rapi. Desain juga lebih terorganisir, memiliki kualitas, penyampaian informasi menjadi jelas dan tepat sasaran.

Prinsip kesatuan ini dibagi dalam empat bagian yakni kedekatan, kesinambungan, kesamaan dan perataan. Penjelasan lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • Kedekatan/Closure merupakan prinsip kesatuan desain yang dapat membantu desainer untuk menghadirkan keterkaitan antara unsur serupa agar saling berhubungan. Misalnya dengan menggunakan jenis huruf, ukuran dan warna supaya memberi tampilan visual lebih menyatu.
  • Kesamaan/Similarity merupakan unsur yang memiliki kesamaan proporsi, warna, bentuk dan jenis huruf sehingga menimbulkan desain dengan kesatuan elemen menjadi lebih harmonis.
  • Perataan/Alignment adalah prinsip unity dengan perannya menghadirkan tampilan yang saling berhubungan terhadap elemen desain. Selain itu, membuat perancangan menjadi lebih terstruktur.
  • Kesinambungan/Continuity tercipta dari sebuah rancangan grafis yang saling berkelanjutan. Desainer butuh untuk mengarahkan pandangan khalayak ke sesi tertentu selanjutnya diteruskan ke bagian lainnya.

Hierarki

Prinsip desain berikut ini memiliki berbagai unsur tertentu yang dimasukkan ke dalam sebuah rancangan. Penekanannya diterapkan dalam bentuk hierarki. Misalnya seperti menulis informasi utama dengan jenis huruf yang sama namun dengan warna berbeda atau kalimat dicetak tebal (bold).

Selain itu desainer dapat pula menulis informasi utama ke dalam rancangan poster dengan meletakkannya di sisi atas poster atau memakai frame dan bingkai khusus. Prinsip desain emphasis seperti ini memicu pandangan audiens agar melihat graphic design langsung menuju pada pesan utama.

Prinsip Hierarki juga digunakan pada perancangan website yang dapat mengarahkan pengunjung untuk menuju isi web yang memiliki prioritas informasi paling tinggi. Konten di dalamnya dapat berisi teks atau gambar sehingga penekanan terhadap pesan utama mampu memberi pemahaman kepada pembaca.

Space/Ruang

Prinsip desain berikut ini disebut sebagai space atau ruang kosong yang terpusat pada area dan jarak tertentu di dalam komposisi perancangan. Pembagiannya mencakup empat definisi yakni ruang negatif (negative space), ruang 3D (tiga dimensi), 2D (dua dimensi) dan ruang positif (positive space).

Baca Juga: Pengertian Banner

Ruang positif merupakan area dimana subjek utama pada komposisi rancangan dijadikan sebagai titik fokus. Sedangkan negative space merupakan area kosong pada sebuah graphic design yang mengitari subjek. Sifat dari ruang negatif lebih pasif dan menjadi bagian tepi dari positive space.

Ruang 2D merupakan area dengan tampilan visual terlihat lebih datar serta tidak memiliki kedalaman. Orang yang melihatnya dapat berasumsi bahwa prinsip desain ini hanya terdiri dari panjang dan lebar. Sedangkan untuk ruang 3D sudah dilengkapi dengan sentuhan depth berupa arsiran atau efek lainnya.

Kontras

Prinsip desain berikut ini merupakan bagian dari aspek penekanan atau emphasis. Pada dasarnya kontras memungkinkan desainer untuk meletakkan dua unsur yang saling bertolak belakang antara satu dengan lainnya. Misalnya warna hitam dengan warna putih, warna gelap dengan warna terang.

Penekanan unsur kontras pada desain akan membuat pihak perancang secara mudah untuk mengatur informasi yang ingin disampaikan, khususnya dalam desain poster atau sampul album lagu. Audiens lalu dapat memahami pesan tertulis disertai gambar tersebut tanpa bingung mencerna maksud dan tujuannya.

Penerapan prinsip emphasis untuk aspek kontras ini memberi kemudahan bagi perancang. Terlebih ketika mengarahkan orang yang membaca dan melihat desain tersebut agar langsung terpusatkan arah pandangannya terhadap informasi paling penting pada sebuah poster, sampul album dan sebagainya.

Beberapa Metode Desain

Beberapa Metode Desain

Dalam merancang sebuah objek, perlu menerapkan metode tertentu yang dapat membantu desainer untuk mengaplikasikan berbagai teknik atau kreasinya. Hal ini diperlukan agar hasil design memenuhi unsur keindahan, bernilai guna, menarik dan memberi kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya.

Explosing

Explosing merupakan cara mencari inspirasi lewat pemikiran kritis agar ditemukan sebuah ide atau gagasan desain yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini agar karya cipta tersebut bersifat orisinil dan memiliki keunikan tersendiri. Adanya metode seperti ini mampu memperkuat citra suatu brand/merk dagang.

Meskipun memiliki keunikan dari bentuk desain lainnya, penerapan metode ini terbilang rumit karena desainer membuat segala konsepnya dari awal. Memikirkan suatu ide terbaik tidak mudah karena banyak sekali variasi desain yang diperkenalkan atau dijual di pasaran. Dan itu merupakan hasil karya dari perancang lainnya.

Menanggapi kasus tersebut, desainer harus jeli memikirkan konsep perancangan suatu objek agar tidak dinilai meniru atau melakukan plagiat. Jika ide desain berhasil diaplikasikan, maka akan memiliki nilai jual tinggi dan menghasilkan suatu produk yang belum pernah dibuat designer manapun sebelumnya.

Redefining

Metode redefining adalah mengolah kembali sebuah rancangan desain supaya terdapat peningkatan kualitas dan berbeda dari sebelumnya. Penerapan cara ini untuk mempermudah pernyampaian informasi yang sebelumnya telah dibuat. Desainer dapat memanfaatkan pola lama untuk dapat dimodifikasi.

Saat desainer merancang suatu objek atau media tetapi informasinya tidak tersampaikan secara efektif, maka solusinya adalah menggunakan metode redefining. Pihak perancang juga lebih dimudahkan karena tidak perlu memikirkan dan membuat design dari awal, khususnya dalam menghasilkan produk baru.

Rancangan lama dapat dimanfaatkan dengan penambahan elemen tertentu agar lebih lengkap dan berbeda dari sebelumnya. Desain versi baru nantinya dapat dipublikasikan kembali pada khalayak ramai sehingga bisa diketahui sejauh mana respon mereka saat menerima informasi dari design tersebut.

Trendspotting

Trendspotting adalah proses merancang suatu objek berdasarkan trend yang berkembang pada kurun waktu tertentu. Teknik seperti ini sering dimanfaatkan untuk meminimalisir kejenuhan dalam tampilan visual sehingga terjalin komunikasi lebih segar dan mengikuti alur situasi yang sedang berjalan saat itu.

Perancangan sebuah iklan atau media menjadi lebih menarik bila didukung dengan tren yang sedang berlangsung. Hal ini kemudian menjadi pusat perhatian bagi audiens untuk mencari informasi lebih jauh tentang publikasi tersebut. Cara seperti ini dapat menjadi strategi pemasaran agar berjalan secara efektif.

Metode transpotting harus dapat menyesuaikan dengan situasi yang saat ini berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, rancangan suatu objek atau media sebaiknya disajikan secara menarik dan memaparkan informasi jelas agar semakin mudah mendapat perhatian dan ketertarikan pembaca.

Managing

Managing adalah perancangan suatu objek atau desain secara berkelanjutan atau berlangsung terus menerus. Pembuatan desain mampu mengasah skill desainer untuk menemukan trik dan memahami konsep baru khususnya ketika mengolah pesan menjadi media visual yang menarik dan informatif.

Dikarenakan metode managing memiliki sifat berkelanjutan, maka penyampaian informasi kepada khalayak akan terus terjadi. Situasi tersebut tentu memberi tantangan kepada desainer untuk lebih berusaha dalam meningkatkan kemampuannya merancang suatu objek atau media tertentu.

Designer pada prakteknya akan membuat berbagai jenis desain dari beberapa bidang berlainan. Hal ini turut membuat penyampaian pesan menjadi lebih variatif. Metode managing yang berlangsung secara terus menerus dapat menyesuaikan perubahan informasi di masa mendatang.

Phototyping

Phototyping merupakan metode memodifikasi atau memperbaiki desain yang terdapat pada objek atau media pendahulunya. Tujuan dari teknik ini adalah memperbarui rancangan sebelumnya supaya design tersebut mampu memberikan informasi lebih baik lagi dan mudah dipahami oleh khalayak ramai.

Pihak desainer tentu tidak perlu memikirkan konsep rancangan dari awal karena tugasnya dalam hal ini hanya memperbarui. Dukungan alat dan bahan semakin memberi jalan keluar bagi pihak perancang untuk memodifikasi berbagai elemen yang tersemat pada tampilan design objek tersebut.

Apabila ada perubahan informasi terkait penambahan atau pengubahan kalimat, maka desainer tidak perlu menghapus secara keseluruhan isi desain lama. Hal ini juga berlaku pada perancangan secara digital dengan bantuan perangkat lunak khusus untuk melakukan update terhadap design sebelumnya.

Jenis-Jenis Desain

Jenis-Jenis Desain

Luasnya cakupan mengenai desain turut membahas berbagai jenisnya agar Anda dapat membedakan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Saat ini, perkembangan teknologi membuat jenis design juga dapat ditinjau dari penggunaan perangkat komputer sehingga perancangan lebih bersifat digital.

Desain Web/Interaktif

Perancangan website merupakan proses menghadirkan suatu ide dengan kandungan nilai estetika. Tujuannya adalah menyajikan informasi pada halaman web supaya dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai lokasi melalui penggunaan internet dengan perantara browser seperti Google Chrome.

Beberapa elemen yang dilibatkan dalam perancangan web antara lain gambar, jenis huruf, konten dan warna. Sedangkan untuk elemen layout merupakan area untuk mengatur teks serta grafik iklan. Keindahan suatu website tentu dipengaruhi kehandalan dari seorang desainer profesional.

Perancangan web dapat dikatakan rumit karena desainer perlu memahami bahasa HTML, pembuatan css, javascript dan sebagainya. Kesalahan syntax dapat mempengaruhi kinerja maupun tampilan website. Maka dari itu, seorang web designer harus dibekali dengan pengetahuan dan skill mumpuni.

Desain Arsitektur

Desain arsitektur merupakan keahlian merancang yang dilakukan oleh tenaga ahli ketika menuangkan ilmu atau imajinasinya dalam desain sebuah bangunan. Secara luas, cakupannya berkaitan dengan perancangan dan pembangunan di suatu lahan dengan berbagai ukuran panjang, lebar dan luasnya.

Keunikan rancangan sebuah bangunan sudah ada sejak zaman dahulu. Bukti nyata dapat dilihat pada Piramida, Colosseum, Menara Pisa dan masih banyak lagi. Pertimbangan dalam desain arsitektur tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa jadi bangunan akan dihuni oleh orang lain.

Kekuatan pondasi juga perlu diperhatikan agar gedung tidak hanya sekedar indah dipandang mata tetapi juga bersifat kokoh sehingga layak huni. Kategori merancang bangunan, produk dan perabotan termasuk dalam desain arsitektur berskala kecil. Sedangkan untuk skala besar mencakup perencanaan kota.

Desain Interior

Desain interior adalah aktivitas berkreasi dengan menerapkan nilai estetika pada struktur bangunan di bagian dalam. Kegiatan merancang ini bertujuan untuk menaikkan kualitas budaya agar tampil lebih menarik. Keindahan visual tersebut membuat penghuninya menjadi lebih betah tinggal di kediamannya.

Perancangan dilakukan sebagai bentuk koordinasi terhadap struktur bangunan serta mengakui konteks proyek sosial dan lokasi fisik. Desain interior perlu memenuhi peraturan, persyaratan, serta mendukung prinsip ramah lingkungan. Hal ini agar tercipta suasana asri dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal.

Keindahan desain interior dapat disematkan pada langit-langit bangunan, dinding, lantai dan perabotan tertentu. Berbagai motif berpola atau gambar bentuk tersaji pada struktur bagian dalam arsitektur ruangan tersebut. Kondisi tersebut tidak lepas dari peran desainer profesional dan berpengalaman.

Desain Grafis

Desain grafis adalah bentuk penyampaian komunikasi dan informasi visual dengan menggunakan citra dan elemen yang dibutuhkan lainnya untuk menuangkan sebuah ide atau identitas dari pemiliknya. Penerapannya dapat dilihat dari papan iklan, kemasan produk dan logo perusahaan.

Para perancang menghadirkan cerita, ide dan konsep sehingga menjadi lebih hidup dengan menggunakan warna, gambar, bentuk dan tipografi. Desainer memandu dan menyampaikan infromasi kepada khalayak agar mau belajar lebih jauh tentang suatu aspek pembahasan atau bidang tertentu.

Perancangan grafis dapat dilakukan dengan bantuan perangkat komputer. Desainer tentunya harus dibekali dengan skill menggunakan perangkat lunak yang dilengkapi berbagai menu dan fitur khusus. Hadirnya alat elektronik ini membuat proses desain menjadi lebih cepat, efisien serta hasil memuaskan.

Desain Animasi

Desain animasi merupakan aktivitas untuk menggambarkan proses pembuatan animasi dua dimensi maupun tiga dimensi. Pada prakteknya, gambar dirancang dan dimodifikasi supaya tampil sebagai media yang bergerak. Contoh perancangan animasi dapat dilihat pada adegan film-film animasi di televisi.

Perancangan animasi sangat rumit karena butuh ketelitian dan daya imajinasi yang tinggi. Hal ini karena pergerakan tokoh/karakter animasi akan dirancang secara berbeda untuk setiap frame. Desain animasi tidak hanya sekedar digunakan untuk pembuatan film saja melainkan juga pada iklan atau video edukasi.

Pada umumnya, bentuk rancangan animasi berbeda-beda antara satu desainer dengan desainer lainnya. Hal ini justru memberikan persepsi dan selera lebih variatif dari audiens yang telah melihatnya. Namun kembali lagi jenis design ini perlu pembelajaran dan keahlian khusus ketika mengaplikasikannya.

Desain Grafis Periklanan/Pemasaran

Dalam memasarkan produknya, seorang pebisnis perlu strategi khusus untuk mendongkrak penjualannya. Maka dari itu, perlu sarana untuk memperkenalkannya pada khalayak ramai. Melalui media periklanan orang-orang yang melihatnya akan mencari tahu dan tertarik membeli item tersebut.

Hal ini tentu saja harus disertai dengan kemampuan seorang desainer dalam menyuguhkan sesuatu yang menarik di dalam iklannya. Elemen-elemen penting seperti penggunaan teks, gambar, warna dan gerak mampu meninggalkan kesan bagi khalayak ramai sebelum memutuskan untuk membeli.

Iklan juga tidak dilarang menggunakan animasi 2D atau 3D untuk menunjukkan cerita atau mengajak masyarakat agar membeli produk tersebut. Strategi pemasaran seperti ini kembali lagi pada keputusan pebisnis ingin menerapkan konsep beriklan seperti apa yang menurutnya efektif untuk dilakukan.

Desain Kemasan

Salah satu daya tarik yang membuat seseorang ingin membeli suatu produk adalah tampilan kemasannya. Peran desainer dalam hal ini juga diperlukan untuk merancang bentuk, pola atau motif menarik pada bagian terluar suatu produk dagang agar laku saat dijual di pasaran.

Desain kemasan juga menjadi identitas suatu brand agar lebih dikenal masyarakat luas. Maka dari itu seorang desainer sedapat mungkin membuat logo, gambar dan tulisan yang mewakili bidang usaha atau produk tersebut. Semakin menarik tampilannya, potensi mendatangkan calon pembeli akan lebih besar.

Baca Juga: Pengertian Iklan

Sebagai contoh nyata dapat dilihat pada kemasan makanan ringan. Masing-masing brand memperlihatkan keunikan baik dari gambar, tulisan, warna dan penempatannya. Hal serupa juga berlaku pada minuman dalam kemasan botol kaca, plastik dan kaleng disertai logo menempel di sisi luarnya.

Desain Antarmuka Pengguna (User Interface)

Suatu perangkat lunak atau website memberi pemahaman kepada pengguna ketika berinteraksi dengan aplikasi berbasis web maupun mobile tersebut. User Interface mencakup semua kegiatan user baik melalui layar sentuh, keyboard serta mouse dari perangkat komputer, ponsel pintar dan sejenisnya.

Dalam konteks perancangan grafis, User Interface design terpusat pada pengalaman pengguna secara visual dan elemen grafis yang terlihat pada layar seperti menu, tombol, interaksi dan banyak lagi. Seorang desainer grafis bertugas menyeimbangkan unsur artistik dengan dilengkapi fungsi teknis.

Saat ini banyak aplikasi yang telah dikembangkan dan bisa diunduh secara gratis atau berbayar. Aspek paling kontras terlihat adalah ikon aplikasi tersebut. Bentuknya bervariasi dapat berupa gambar saja, hanya tulisan dan bisa pula keduanya. Tata letak menu pada software tersebut juga terlihat berbeda.

Desain Grafis Lingkungan

Perancangan grafis lingkungan secara terlihat dapat menginformasikan pada banyak orang terkait tempat-tempat yang mampu meningkatkan pengalaman mereka. Desain arsitektur apabila terdapat keunikan, dapat menjadi lokasi menarik, mudah diingat, informatif serta tidak sulit untuk ditemukan.

Contoh grafis lingkungan mencakup mural dinding, navigasi transportasi umum, ruang konferensi/acara, interior toko ritel, pameran museum, signage dan merek kantor. Peran seorang designer dalam hal ini bagaimana merancang media informasi yang mengarahkan banyak orang ke tempat tersebut.

Media informasi dapat berupa pembuatan poster, website, aplikasi mobile, iklan dan sarana lainnya yang mendukung untuk penyampaian pesan. Agar lebih jelas dapat mencantumkan gambar disertai tulisan berisi alamat, nama tempat dan sebagainya. Desain arsitektur juga memiliki andil besar dalam hal ini.

Desain Grafis untuk Seni dan Ilustrasi

Seni ilustrasi dan grafis mungkin terlihat serupa tapi keduanya memiliki perbedaan mendasar. Seorang perancang menghadirkan komposisi untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi. Sedangkan ilustrator dan seniman grafis membuat karya seni orisinil. Bentuk seni umumnya bervariasi.

Seni grafis mengadopsi sejumlah bentuk mulai dari seni murni, hiasan sampai ilustrasi drama atau dongeng. Beberapa contoh desain grafis dalam bidang seni dan ilustrasi adalah novel grafis, video game, pola grafis untuk bahan tekstil, perancangan kaos, gambar stok dan motion graphic.

Peran seorang desainer dalam hal ini perlu menunjukkan keahliannya ketika menghasilkan suatu karya yang disukai banyak orang. Dalam sebuah ilustrasi tentunya perancangan latar, tokoh, gerakan menjadi faktor penting untuk menghadirkan suatu kisah menarik dan meninggalkan kesan bagi penonton.

Desain Publikasi

Desain publikasi dapat mengacu pada aktivitas desain grafis untuk indutri media cetak yang meliputi majalah, koran, katalog dan sebagainya. Sedangkan dalam bentuk digital dapat berupa berkas pdf. Seorang perancang ketika melakukan tugasnya akan berkolaborasi dengan penerbit dan editor.

Tanggung jawab desainer grafis yakni menciptakan tata letak ilustrasi, pemilihan huruf, desain dan warna. Beberapa contoh desain publikasi antara lain laporan tahunan, katalog, majalah, koran, buku dan lain-lain. Melalui peran dari designer tersebut dapat menghadirkan media massa yang layak edar.

Perancangan sampul buku dan majalah memerlukan aspek penentuan tata letak yang tepat. Perpaduan warna juga perlu dipertimbangkan agar informasi tersampaikan secara jelas tanpa tertutupi oleh elemen lain seperti gambar, warna latar belakang dan logo. Hal tersebut merupakan tugas dari desainer grafis.

Beberapa Peluang Karir dari Desain Grafis

Beberapa Peluang Karir dari Desain Grafis

Seseorang dengan bekal pemahaman dan keahlian sebagai perancang grafis dapat memiliki peluang karir yang cemerlang. Banyak industri atau perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut agar ikut memberikan kontribusinya. Kesempatan ini tentu sayang bila dilewatkan begitu saja.

Komikus

Punya keahlian mumpuni dalam merancang pola hingga membentuk karakter untuk sebuah cerita tentu berpeluang menjadi seorang komikus. Hal ini dapat dikatakan sebagai hobi namun berpotensi menghasilkan uang. Banyak sekali contoh pembuat komik terkenal dengan karyanya yang populer.

Tugas seorang komikus tidak hanya lihai dalam menggambar tetapi juga perlu didukung dengan daya imajinasi yang baik. Sebab dalam komik membutuhkan alur cerita dalam memperkenalkan karakter, konflik dan penyelesaian akhir. Bila ceritanya menarik memungkinkan untuk kedatangan penggemar.

Komikus juga bisa bekerja sama dengan perusahaan penerbit untuk mempublikasikan hasil karyanya kepada masyarakat sehingga berpotensi mendatangkan pemasukan berlebih lewat berjualan komik. Bukan tidak mungkin kepopuleran cerita bergambar tersebut mampu menembus pasar di luar negeri.

Divisi Kreatif di Agen Periklanan

Sebagai seorang perancang grafis biasanya memiliki karakter kreatif, dinamis dan aktif. Peluang berkarir menjadi divisi kreatif tentu menjadi pilihan tepat. Tugas desainer pada perusahaan tersebut adalah bertanggung jawab membuat desain konten dan menyampaikan pesan secara efektif.

Agen periklanan membutuhkan kriteria tenaga ahli seperti desainer grafis untuk mengemukakan ide segar dan berkontribusi dalam membuat suatu konsep iklan yang menarik dan inovatif. Perancangan alur advertising membutuhkan keahlian dari sosok perancang grafis untuk mengimplementasikannya.

Di Indonesia juga terdapat banyak agen periklanan yang terus membutuhkan keahlian dari desainer grafis. Kemampuannya mengubah imajinasi/pemikiran sebagai gagasan untuk sebuah proyek. Pihak agensi agensi tentu berharap tim kerjanya memiliki pendekatan positif demi mendorong kreativitas.

Freelancer/Pekerja Lepas

Desainer grafis memiliki peluang atau prospek menjanjikan untuk menjadi pekerja lepas. Kedatangan klien dari perorangan sampai perusahaan besar tentu tidak lepas dari membutuhkan tenaga ahli dalam merancang grafis.

Baca Juga: Pengertian Animasi Komputer

Sebagai pekerja lepas, desainer grafis dapat menunjukkan kualitas kerja dengan menerima proyek yang ditugaskan kepadanya. Jika hasilnya memuaskan, bukan tidak mungkin nantinya seseorang tersebut direkrut menjadi pegawai tetap dan kedatangan lebih banyak klien.

Demikianlah pembahasan terkait dengan pengertian desain yang mencakup beberapa aspek lainnya seperti fungsi, tujuan, prinsip dan metode perancangan. Selain itu ada banyak sekali jenis-jenis design umumnya masih terus dipertahankan untuk memberikan nilai guna dan memiliki unsur artistik.

Tinggalkan komentar