Pengertian Email: Contoh, Jenis & Fungsinya

Adanya internet memudahkan berbagai aktivitas manusia, termasuk komunikasi surat-menyurat. Bukan ke kantor pos, di era modern ini berkirim surat lebih mudah, murah dan cepat hanya melalui email. Apa itu? Simak pengertian email, cara membuat, fungsi, jenis, manfaat hingga contohnya berikut ini.

Pengertian Email

Pengertian Email Contoh, Jenis dan Fungsinya

Email termasuk layanan yang digunakan banyak orang setiap hari. Meskipun begitu, hanya sedikit dari mereka yang mengetahui pengertiannya. Oleh karena itu, sebelum membuat dan menggunakan surat elektronik ini, ada baiknya mempelajari dan memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Menurut Bahasa

Menurut bahasa, pengertian maupun definisi email dapat diketahui dari kepanjangan kata itu sendiri. Kata tersebut merupakan singkatan dari Electronic Mail yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi surat elektronik. Jadi, E-mail (Electronic Mail) bisa diartikan surat dalam bentuk perangkat tertentu.

Mengapa disebut sebagai surat elektronik? Karena sistem kerja dalam email memungkinkan pesan berbasis teks untuk di kirim dan diterima melalui media perangkat. Baik berupa komputer, laptop atau telepon seluler alias HP.

Dewasan ini, e-mail termasuk salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak di gunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk mengakses internet pada saat mengakses e-mail tersebut.

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community

Email sebagai salah satu jenis surat elektronik yang memungkinkan semua orang untuk saling mengirimkan dan menerima pesan menggunakan jaringan internet. Electronic Mail dikategorikan sebagai media surat-menyurat dalam bentuk digital.

Perbedaan dari cara pengiriman pesan via email yaitu terletak pada perangkat yang di gunakan. Dimana pengiriman via surat elektronik hanya dapat dilakukan menggunakan laptop atau komputer, serta beberapa perangkat gadget lain yang sudah terkoneksi dengan internet.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan zaman dalu. Dahulu untuk berkirim surat Anda harus menyiapkan bulpoin, kertas, perangko dan lain-lain lalu dikirimkan ke kantor pos. Menunggu kedatangan surat tersebut juga diperlukan waktu berhari hari bahkan berminggu-minggu.

Menurut Happy Chandraleka

Email adalah surat yang dalam penyampaiannya menggunakan perangkat elektronik. Pada hakikatnya sama saja dengan surat-menyurat. Bedanya, media yang digunakan adalah perangkat seperti komputer dan handphone sedangkan surat media penyampaiannya adalah tukang pos.

Untuk memahami pengertiannya lebih dalam ketahui, bagaimana cara kerja email berikut:

  • Pengguna menulis pesan lalu menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.
  • Mirip seperti seperti kantor pos, aplikasi email akan mengirim pada server komputer dan melayani proses penerimaan dan pengiriman pesan.
  • Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya kepada alamat server lain yang terdekat dengan alamat tujuan.
  • Setelah surat sampai kepada alamat penerima, pesan tersebut akan tetap tersimpan di email server hingga penerima membuka kotak posnya.
  • Pada saat penerima membuka kotak masuk, selanjutnya aplikasi email penerima akan menampung pesan baru dari server serta mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.
  • Email baru yang telah di unduh dapat segera dibaca oleh penerima.

Menurut Jack Popo

Email merupakan salah satu jenis sarana bertukar pesan dan bisa di gunakan untuk berbagi foto melalui jaringan online. Paket Internet merupakan komponen penting saat akan melakukan kirim surat melalui elektronik mail. Dari segi paket surat ini terbagi menjadi kategori gratis dan berbayar.

Email gratis hanya membutuhkan biaya untuk mengakses, seperti tagihan internet atau paket data/modem. Banyak perusahaan besar internet yang menyediakan layanan surat elektronik gratis seperti Google, Yahoo, dan Microsoft. Contoh jasa gratisnya adalah Gmail, Yahoomail dan Outlook.

Email berbayar atau premium umumnya banyak di gunakan oleh perusahaan bisnis. Karena, alamat dari surat elektronik berbayar bisa memberi kesan profesional dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kategori premium banyak disediakan layanan hosting lokal maupun luar, seperti di Dapurhosting.com atau di Idwebshost.com.

Menurut Marsha Egan

Marsha Egan mengatakan bahwa Email merupakan media digital istimewa dalam komunikasi karena banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan fungsinya dengan baik. Dalam elektronik mail, Anda dapat melihat siapa pengirim pesan baru pada menu Inbox.

Selain itu, juga ada fitur lainnya seperti sent item. Fasilitas ini akan menunjukkan email apa saja yang sudah dikirim ke orang lain beserta isinya. Di sisi lain, terdapat menu draft dengan fungsi untuk mengoptimalkan kiriman pesan kepada orang lain beberapa hari kemudian.

Apalagi saat ini layanan email juga dilengkapi dengan beberapa fitur untuk melindungi keamanan akun pengguna. Termasuk di dalamnya adalah anti virus. Selain itu, juga ada menu anti spam sehingga kotak pesan Anda bersih dari sampah.

Menurut Mac Bride

Menurut Mac Bride (1995) email merupakan kegiatan yang paling sederhana di antara semua kegiatan di internet. Surat elektronik didasarkan pada American Standar Code for Information Interchange (Ascii). Yakni teks sederhana yang dapat ditangani dengan program komunikasi dasar.

Sistem pada email sendiri memiliki dua komponen utama. Pertama adalah Mail User Agent (MUA). Komponen ini berhubungan dengan pengguna. Contoh: elm, mutt, pine, pegasus, eudora, netscape, outlook. Lalu ada Mail Transfer Agent (MTA) yaitu pengiriman pesan. Contoh: sendmail, qmail, postfix.

Format email ( Di definisikan oleh RFC 822 ) memuat dua bagian yaitu Header seperti amplop, berisi informasi tentang alamat pengirim dan alamat yang dituju. Dan bagian Body atau isi dari surat, bagian ini dipisahkan dari header dengan sebuah baris kosong.

Menurut Sandrina Wijaya

Menurut Sandrina Wijaya (2009), Electronik Mail atau yang lebih akrab disebut email merupakan jenis korespndensi terbaru yang memanfaatkan perkembangan teknologi terkini. Alamat dari sebuah surat media digital ini terdiri dari pengirim serta penerima pesan.

Ketika mengirim menggunakan jaringan komputer dunia atau yang dikenal dengan internet, maka harus mematuhi beberapa aturan tertentu. Yaitu salah satu bagian pertama dari nama Anda, yang selanjutnya diikuti dengan sebuah simbol @ (at) kemudian nama pengguna internet.

Contoh alamat surat elektronik yang umum digunakan seperti [email protected] “Alexander” mewakili nama pengguna. “yahoo” merupakan nama perusahaan pengguna email. Sedangkan “co.id” merupakan perpaduan dari “co” yaitu company dan arti dari “id” sendiri adalah negera Indonesia.

Menurut Mico Pardosi

Menurut Mico Pardosi (2001) email adalah surat menyurat dalam internet. Sama seperti surat menyurat menggunakan media tukang pos, mengirim pesan menggunakan layanan ini juga harus menerapkan etika penulisannya.

Ada e-mail yang memuat informasi formal ada pula informal. Bukan masalah jika Anda mengirim pesan kepada teman dengan bahasa ringan. Namun, untuk menulis hal-hal mengenai pekerjaan, sebaiknya perhatikan etika penulisannya agar mendapat respect dari penerimanya.

Beberapa poin penting etika penulisan email yang perlu diperhatikan adalah:

  • Batasi pengiriman lampiran (attachment), jangan terlalu besar (lebih dari 512 kB).
  • Sebelum mengirimkan pesan lanjut atau forward pikirkan manfaat isinya bagi orang yang dituju.
  • Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
  • Dalam mengutip tulisan orang lain, usahakan seperlunya, jangan mengutip keseluruhan. Kutip bagian yang Anda tanggapi saja dan jika mengutip tulisan orang ketiga rujuk ke tulisan aslinya.
  • Hindari penggunaan huruf kapital karena dapat memberi kesan bahwa pengirim berteriak.
  • Gunakan kata-kata dengan santun. Sesuatu yang ditulis adakalanya menimbulkan kesan berbeda dengan apa maksud dari penulis sebenarnya.

Menurut David Woole

Peneliti dari The Emergency of Online Community, David Woole mengatakan bahwa email merupakan media yang berfungsi sebagai digital message. Hal ini jelas melihat kini semua orang bisa menggunakan internet dengan mudah dan murah.

Fungsi email lainnya adalah perannya sangat penting bagi pengguna situs tertentu. karena untuk dapat mengakses blog maupun situs yang spesifik tersebut dengan mudah setidaknya seseorang harus punya email terlebih dahulu.

Karena e-mail termasuk salah satu aplikasi yang populer di Internet, maka perlu diantisipasi adanya beberapa problem terkait dengannya, di antaranya:

  • E-mail dapat disadap
  • Isi e-mail atau identitas pengirim dapat dipalsukan
  • Terdapat banyak spamming e-mail (email sampah)
  • Mailbomb (Anda dikirimi banyak e-mail yang nggak jelas asal dan isinya)
  • Mail Relay (mengirim email menggunakan server orang lain)

Menurut John Rhoton

John Rhoton menyebutkan dalam buku berjudul Programmer Guide Internet Mail bahwa email dapat diartikan sebagai jembatan untuk memudahkan aktivitasi dan memperoleh informasi di media jejaring sosial. Apalagi saat ini ada banyak media sosial yang digunakan setiap orang         .

Memiliki email menjadi syarat utama saat akan membuka atau membuat akun-akun media sosial tersebut. Jika syarat utama belum terpenuhi, tentu mustahil untuk membuka jejaring sosial media yang diinginkan dengan mudah.

Di dunia maya atau internet, email memang menjadi aplikasi yang sudah berkembang. Berbagai aktivitas di dunia maya ditunjang oleh Electronik Mail. Layanan ini juga menjadi sarana untuk mengirim pesan atau surat, mengirim file, foto, video dan data lainnya.

Menurut Erima Oneta dan Yosep. S

Email adalah salah satu jenis fasilitas yang paling awal ada di internet dan saat ini sedang populer. Dengan menggunakan surat elektronik, maka seseorang bisa dengan mudah, tepat, aman serta cepat melakukan kegiatan menyusun, mengirim, membaca dan membalas pesan.

Cara kerja email sebenarnya sama seperti menulis pesan berupa surat kepada orang lain. Bedanya, pengiriman melalui elektronik seperti ini bisa lebih cepat tersampaikan. Selain itu, juga dapat disertai dengan file tertentu yang ingin dkirim seperti foto, video daln lain sebagainya.

Email memang sarana yang sangat praktis dan sangat efisien memudahkan pengguna dalam mengirim pesan atau file dengan target penerimaan mencakup seluruh dunia. Perlu diingat bahwa pengirim harus memiliki alamat tujuan dan penerima catatan juga mempunyai akun yang valid.

Menurut Jasmadi dan E-Media Solusindo

Email adalah singkatan dari Electronic Mail. Secara sederhana adalah program pengiriman pesan menggunakan perangkat tertentu didukung media internet. Jika surat menyurat bergantung pada tukang pos untuk dapat terkirim dan sampai, maka layanan ini juga berhenti berjalan jika koneksi pengguna terputus.

Sebenarnya dari namanya saja sudah dapat ditebak bahwa untuk menggunakan email Anda harus dalam keadaan online. Namun di era ini tentu bukan hal yang sulit untuk terkoneksi internet karena jaringannya sudah hampir merata di seluruh daerah.

Jarak antar pengguna bukan sebuah kendala saat bertukar email. Jika internet pengirim dan penerima sedang on, proses pengiriman dan penerimaan pesan akan memakan waktu lebih cepat. Tentu ini memudahkan pengguna di seluruh dunia untuk saling bertukar informasi.

Tyas venneza

Email adalah sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan dan dilakukan secara elektronik. Apakah Anda penasaran bagaimana hal tersebut dapat dikirim dan diterima melalui perangkat komputer atau handphone?

Korespondensi antar surat elektronik atau untuk pengiriman dan penerimaan pesan biasa menggunakan alamat email. Anda harus memilikinya untuk dapat bertukar memo. Hal ini jika dalam komunikasi via telepon diibaratkan sebagai sebuah nomor HP.

Hanya saja, format alamat email bukan dalam bentuk angka secara keseluruhan sebagaimana pada nomor HP. Format pada surat elektonik memuat pemilik dan nama penyedia layanan. Contohnya seperti [email protected]

Menurut Wikipedia

Email adalah suatu metode pertukaran pesan atau surat menyurat antar orang menggunakan perangkat elektronik. Pada awal kemunculannya, fasilitas pengiriman informasi terbatas ke pengguna komputer yang sama saja dimana keduanya juga harus online di saat bersamaan.

Ray Tomlinson merupakan pengirim email pertama kali di tahun 1971. Perkembangan selanjutnya, Ray mengirimkan pesan kepada teman sesama pengguna sistem APRANET lainnya untuk memberitahukan adanya surat elektronik.

Pengembangan email di awal tersebut selanjutnya mengalami perbaikan pada tahun 1972. Hingga akhirnya hadir berbagai fasilitas yang hingga saat ini masih digunakan. Fasilitas-fasilitas tersebut termasuk penyimpanan pesan, membuang serta mengirim surat dengan program sama.

Secara umum

Pengertian email secara umum adalah suatu format digital yang berfungsi mengirimkan dan juga menerima pesan. Baik itu berupa foto, file, video hingga data-data yang lain. Proses pengirimannya dilakukan dengan menggunakan media elektronik, baik berupa handphone ataupun komputer menggunakan jaringan internet.

Email populer karena menawarkan layanan instan sesuai dengan kebutuhan manusia modern. Bukan mustahil jika semua orang pasti memiliki akunnya sendiri. Apalagi surat elektronik juga dijadikan syarat utama untuk aktivasi atau verifikasi berbagai fasilitas aplikasi di internet lainnya.

Saat ini email banyak digunakan karena memiliki berbagai kelebihan, di antaraya:

  • Lebih nyaman karena jika ingin mengirim surat bisa dimana saja tanpa perlu ke kantor pos.
  • Lebih cepat bahkan hanya dalam hitungan detik e-mail bisa dikirimkan ke belahan dunia manapun.
  • Biaya pengiriman relatif sangat murah, terutama kebutuhan luar daerah atau luar negeri.
  • Hemat sumber daya karena tanpa perlu membeli kertas, pulpen atau memboroskan tinta printer jika ingin mengirim ke banyak orang sekaligus.
  • Bersifat Global
  • Reliabel tersimpan di server yang akan tetap ada kecuali dihapus.
  • Pesan multimedia bukan hanya sekedar teks (tulisan) saja.

Cara-Cara untuk Membuat Email

Cara-Cara untuk Membuat Email

Seperti disebutkan dalam pengertiannya, diketahui bahwa email memerlukan alat elektronik sebagai media penyampaian pesan. Maka, untuk membuat akun sendiri tentu diperlukan alat. Cara membuatnya dapat dipraktekkan menggunakan perangkat berupa handphone dan juga komputer.

Cara Membuat Email Menggunakan Handphone

Sebelum mempelajari cara membuat email menggunakan handphone, pastikan Anda memiliki koneksi internet. Langkah pertama, cari menu pengaturan lalu pilih akun dan tambahkan. Kemudian pilih ikon Google. Langkah selanjutnya hanya perlu mengisi kolom dengan data diri masing-masing.

Isi kolom tentukan nama depan dan nama belakang sesuai keinginan. Lalu isi informasi dasar seperti tanggal ulang tahun dan jenis kelamin. Selanjutnya buat username alamat email Anda. Biasanya sudah ada beberapa nama alamat yang direkomendasikan dan pengguna tinggal memilih.

Untuk menjaga keamanan akun buatlah kata sandi yang rumit, klik next. Jika ingin meningkatkan proteksi, tambahkan nomor telepon lalu klik yes, I am. Opsi ini bisa dilewati dengan klik skip. Selanjutnya muncul agreement berupa privasi dan ketentuan, Anda bisa klik “I agree”. Selesai.

Cara Membuat Email Menggunakan Komputer

Sama seperti saat membuat email di handphone, pastikan memiliki koneksi internet. Pertama masukkan alamat www.gmail.com pada web browser lalu klik create an account. Selanjutnya isi data diri dengan lengkap. Anda bisa memilih username alamat pada isian setelah nama.

Jika muncul tulisan that username is taken atau try another, tandanya username yang dipilih telah dipakai orang lain. Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan angka. Selanjutnya, isi semua kolom dengan data yang benar, klik next. Akan muncul agreement lalu klik ‘I Agree’.

Selesai. Perbarui hamalan dan Anda bisa membuka inbox selamat datang dari tim Google. Setelah itu, pengguna bisa mengirim pesan, menerima dan berbagai layanan email lainnya. Jangan lupa untuk mengganti kata sandi secara berkala untuk meningkatkan keamanan akun tersebut.

Fungsi Email

Fungsi Email

Email memiliki beberapa fungsi yang perlu diketahui. Dengan memahami fungsinya, Anda bisa menggunakan layana tersebut dengan efektif dan efisien. Karena, jika digali secara mendalam ternyata fungsi surat elektronik lebih menguntungkan bagi pengguna dari pada hanya bertukar pesan biasa.

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi utama dari sebuah email adalah dalam rangka menerima dan juga mengirimkan pesan di berbagai kawasan. Menariknya, proses pengiriman tersebut dapat terjadi dalam waktu yang sangat dekat dan cepat. Bahkan, cukup dengan hitungan detik.

Namun, seperti yang dijelaskan dalam pengertian email, kecepatan tersebut tentu saja sesuai dengan media pengirimannya, yaitu kecepatan internet pengguna. Bukan hanya koneksi milik pengirim, kecepatan jaringan si penerima pesan juga berpengaruh.

Dulu, sebelum ada ponsel kegiatan mengirim dan menerima pesan sehari-hari paling sering digunakan adalah menggunakan email. Sekarang, sudah banyak aplikasi lain yang lebih praktis. Surat yang dikirim dan diterima menggunakan layanan ini rata-rata hanya berkaitan dengan pekerjaan.

Mengirim dan Menerima File

Tidak hanya mengirimkan pesan singkat kepada orang lain. Anda juga bisa mengirimkan file dan dokumen secara digital hanya dengan menggunakan email. Namun, untuk dokumen jenis ini ukurannya tidak boleh melebihi 25MB. File dapat berupa teks, video hingga foto yang dimasukkan ke dalam lampiran perpesanan email.

Anda perlu mengirim file dengan ukuran yang lebih besar dari 25 MB? Tenang, ada trik mudah yang bisa digunakan, yaitu dengan bantuan Google Drive. Cukup manfaatkan layanan penyimpanan cloud di Google Drive lalu klik kanan pada file pilih get shareable link untuk dibagikan melalui email.

Kurang puas dengan ukuran 25 MB? Ada berbagai pilihan layanan email lain yang menyediakan penyimpanan file lebih besar bahkan tanpa batasan (unlimited). Umumnya akun dengan storage unlimited seperti itu banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Untuk Menunjukkan Identitas Diri

Anda juga membutuhkan identitas di dunia maya sebagai bukti eksistensi. Nah, surat elektronik bisa memenuhi kebutuhan tersebut karena fungsinya adalah untuk menunjukkan identitas seseorang dalam dunia digital. Hal ini memungkinkan orang lain untuk dapat menghubungi Anda hanya dengan alamat yang tertera.

Penggunaan email kini menjadi kewajiban bagi beberapa orang. Berbagai layanan digital mensyaratkan email sebagai prasyarat untuk membuka akun terkait. Sebagai contoh sederhana adalah aktivasi aplikasi tertentu di handphone dan banyak lagi lainnya.

Jadi, jangan heran jika identitas diri pengguna bisa diketahui banyak orang di internet. Karena bisa jadi anda menggunakan email untuk masuk ke berbagai akun media sosial lain yang informasinya dapat diakses dengan mudah oleh orang-orang.

Mendaftar di Situs Tertentu

Saat ini, sebagian besar fasilitas pada website memerlukan email. Kegunaannya untuk melakukan aktivitas. Misalnya saja situs umum seperti media sosial, game online, hingga situs layanan khusus seperti e-commerce dan situs forum. Semua mewajibkan para pengguna mendaftarkan akun yang dimiliki.

Salah satu tahap yang perlu dilakukan sebelum memakai layanan berbagai website tersebut adalah verifikasi. Untuk lolos verifikasi sendiri hanya bisa dilakukan jika email yang dimiliki benar-benar valid.

Fungsi ini berkaitan dengan email sebagai identitas diri. Banyak situs resmi yang membutuhkan informasi identitas diri dengan cepat. jalan pintas yang bisa dipilih adalah dengan surat elektronik. Karena, biasanya data diri pada akun tersebut bisa langsung disinkronisasikan pada website.

Media Pemasaran

Bagi para pebisnis online, email juga berfungsi sebagai media pemasaran. Pemanfaatan layanan ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Jika di dunia nyata perlu menyebar brosur, menggunakan internet cukup dengan satu pesan memuat produk bisa cepat dipasarkan ke banyak orang sekaligus .

Pemasaran melalui email sendiri bisa dikatakan salah satu marketing online paling tua. Bahkan dengan banyaknya media iklan yang lain, hingga saat ini surat elektronik masih termasuk jenis paling sangat efektif. Karena, setiap orang pasti memiliki akunnya.

Untuk dapat memanfaatkan fungsi electronik mail sebagai media pemasaran, Anda harus mempunyai daftar alamat email sebanyak mungkin sesuai target pasar yang diinginkan. Cara mendapatkanya, bisa dikumpulkan dari subscriber blog, akses sendiri dengan teknik tertentu atau minta bantuan ahli.

Media Informasi

Fungsi email sebagai media informasi bisa digunakan jika mendaftarkan akun untuk mendapat berbagai informasi dari media tertentu. Fungsi ini berkaitan erat dengan kegunaannya untuk mendaftar di berbagai situs atau media sosial.

Misalnya, jika terjadi sesuatu dengan media sosial rseperti adanya aktivitas masuk ke akun dari perangkat baru. maka, media sosial tersebut akan mengirim informasi ke alamat email untuk mengkonfirmasi bahwa yang mencoba masuk itu benar-benar anda.

Apalagi layanan email juga bisa mengirim dan menerima file. Hal ini memudahkan pengguna untuk membagi dan mendapat informasi. Bukan hanya dalam bentuk pesan tetapi juga berupa file video dan foto agar lebih meyakinkan sebagai tambahan bukti bahwa informasi tersebut benar adanya.

Jenis-jenis Email

Jenis-jenis Email

Perlu Anda ketahui bahwasannya terdapat beberapa jenis email. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, seseorang bisa memilih mana yang paling pas sesuai kebutuhan. Pengguna harus memahaminya supaya akun bisa digunakan secara maksimal dan bukan justru sia-sia.

Email Gratis

Dari namanya saja, jenis email ini dipastikan bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Layanan tersebut bisa diakses dan digunakan tanpa bayaran sepeser pun. Bukan mustahil jika surat elekronik gratis adalah yang paling umum dimiliki oleh semua orang dari beragam profesi dan usia.

Tersedia banyak email gratis, salah satu yang paling populer digunakan adalah dari Google yakni gmail. Selain itu juga ada Ymail, Hotmail dan berbagai jenis layanan cuma-cuma lainnya. Contoh alamat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun adalah [email protected]

Umumnya, email gratis digunakan untuk kebutuhan personal. Akun cuma-cuma dimanfaatkan untuk bertukar pesan yang bersifat non-formal seperti kepada teman. Selain itu, jenis surat elektronik ini juga banyak dipakai untuk keperluan aktivasi sosial media.

Email Berbayar

Ada email gratis, tentu ada pula yang berbayar, keduanya tentu berbeda. Akun berbayar merupakan jenis layanan yang cukup unik. Salah satu perbedaan dari gratisan dan berbayar adalah penggunaan nama “custom” yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Email berbayar biasanya dimiliki oleh perusahaan dengan berlangganan melalui Isp (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com dan lain-lain. Biasanya e-mail dari isp merupakan e-mail berbasis smtp/pop.

Perusahaan umumnya memilih email berbayar karena akan memberi kesan profesional. Karena, bisa memilih alamat sesuai profesi yang sedang digeluti. Misalnya, bisnis Anda bernama Jaya Abadi dan bergerak di bidang design, maka bisa membuat alamat custom [email protected]

POP Mail

POP (Post Office Protocol) mail adalah jenis email yang bisa diterima oleh pengguna dari ISP (Internet Service Provider) yang menjadi langganan. Biasanya, jenis alamat akun ini dimiliki oleh para pekerja karena memang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

Fasilitas email pada server pop bisa digunakan jika pemakai mempunyai account di server tersebut menggunakan software mail client. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan jika server sudah menyediakan layanan telnet sehingga pengguna bisa masuk ke mesin server.

Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca meskipun terputus hubungan internetnya atau offline. Anda bisa memutuskan hubungan internet setelah mendownload e-mail dari server. Cara seperti ini bisa menghemat biaya akses internet menjadi lebih murah karena hanya perlu online sebentar.

Webmail

Sebenarnya, pengertian email dan webmail hampir sama dan hanya sedikit berbeda. Webmail adalah jenis surat elektronik yang berbasis pada website. Dengan kata lain, dalam proses aksesnya pengguna harus membuka melalui layanan halaman web situs penyedia akunnya tersebut.

Jadi, jika ingin membuka email, memeriksa pesan atau ingin mengirim pesan pada orang lain, Anda harus masuk dalam situs web layanan pembuatnya dahulu. Ini sifatnya wajib karena saat ingin masuk situs tersebut, pengguna harus mendapatkan id akun dari webmailnya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis email ini, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan webmail berikut :

  • Kelebihannya, fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Tanpa Mail Client karena dari situs web dapat berinteraksi dengan layanan tersebut secara
  • Kekurangan utamanya untuk mengecek email, Anda harus selalu terhubung ke internet.
  • Saat mengakses akun e-mail, koneksi internet harus selalu on.
  • Pengguna kesulitan mengarsip email karena hanya tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Jika server mengalami masalah, besar kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail anda hilang begitu saja.

Forward Mail

Sesuai namanya, forward mail adalah jenis email yang memforward atau meneruskan pesan yang diterima pengguna ke alamat dikehendaki lainnya. Umumnya jenis layanan ini hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti nama akun.

Dengan menggunakan email forwarding tersebut, akan dapat memudahkan seseorang menemukan data di inbox sebelumnya yang tertimbun pesan baru. Meskipun sebelumnya lupa dengan catatan tersebut dapat dengan sangat mudah ditemukan.

Kelebihan forward mail cocok bagi Anda jika sering gonta-ganti email. Anda bisa menyembunyikan alamat sesungguhnya dan tanpa perlu memberi tahu lagi cukup manfaatkan forwarding tersebut. Kekurangannya membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Manfaat dari Email

Manfaat dari Email

Email memilik banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. selain sebagai alat mengirim dan menerima pesan surat elektronik juga memiliki peran khusus di berbagai bidang lainnya termasuk perusahaan dan pendidikan:

Manfaat Email bagi Perusahaan

Manfaat e-mail khusus bagi perusahaan dapat mempermudah komunikasi dengan berbagai jaringan baik itu rekan bisnis, suplier dan yang penting adalah pelanggan. Apalagi jika perusahaan berlangganan email khusus yang memiliki kapasitas penyimpanan besar.

Memiliki email juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan profil perusahaan. Anda dapat memperkenalkan perusahaan ke alamat e-mail yang dikenal. Kenapa harus menggunakannya? Karena seseorang dapat mengirimkan dokumen company profile tanpa memikirkan ukuran filenya.

Email juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan publikasi perusahaan maupun bisnis. Mempublikasikan lewat layanan ini akan memberi kesan bahwa perusahaan tersebut modern dan profesional. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan orang yang membaca pesan Anda.

Manfaat Email bagi pendidikan

Internet merupakan salah satu sumber ilmu yang mudah didapatkan. Pelajar membutuhkan email untuk bisa mengakses semua itu. karena, sebagian situs yang ada memang mengharuskan untuk register dahulu supaya bisa mengakses berbagai artikel atau jurnal ilmiah online.

Selain itu, sebagian sekolah sudah menerapkan untuk mengirim tugas-tugas melalui email. Jadi, pelajar juga dapat memanfaatkan surat elektronik sebagai media untuk memenuhi tugas dari sekolah. Hal ini bisa memberi kebebasan untuk bisa mengerjakan tugas di banyak tempat lain selain sekolah.

Beberapa manfaat dari email lainnya bagi dunia pendidikan adalah:

  • Akses dunia pendidikan yang semakin luas
  • Menghemat biaya pelajar karena tugas tidak membutuhkan kertas dan para guru pun dapat melihat mejanya bersih karena dengan email tugas-tugas akan tersimpan rapi.
  • Sarana pengiriman dokumen penunjang tugas seperti foto dan video.
  • Media pembelajaran yang efektif karena tugas yang masuk akan tercatat waktunya.

Contoh Email

Contoh Email

Ada banyak contoh surat elektronik yang bisa anda gunakan sebagai referensi memilih email paling tepat. Contoh dari jenis gratisan dan berbayar sebenarnya hampir sama. Berikut beberapa daftar contoh layanan gratis dan tentunya bisa digunakan secara cuma-cuma.

Gmail

Gmail termasuk salah satu layanan email gratis. Jenis email satu ini sangat terkenal di tengah masyarakat dan banyak digunakan. Tidak hanya untuk kebutuhan individu, namun juga berbisnis. Gmail banyak digunakan karena menunjang penggunaan fitur Google lainnya. Adapun contoh akun yang dibuat menggunakan gmail yaitu [email protected]

Baca Juga: Contoh Alamat Email

Reputasi yang dimiliki oleh Gmail juga sangat baik. Ia didukung oleh beragam fitur menarik, misalnya Email Forwarding, Send, Undo dan aneka fitur canggih lainnya. Hal itu tidaklah mengherankan karena pemilik Gmail adalah Google. Mesin pencari ini memiliki sistem filter kuat.

Keamanan Gmail ditingkatkan dengan berbagai pendukung. Misalnya filter spam yang sangat kuat disertai dengan sistem verifikasi dua langkah. Tujuannya adalah mencegah sebuah akun diretas.

Outlook.com

Outlook.com merupakan penyedia surat elektronik terbaik yang recommended dijadikan pilihan. Termasuk jenis email yang kuat karena mendapatkan dukungan dari Microsoft yang dikenal sebagai penghasil raksasa teknologi sehingga terintegrasi dengan perangkat lunak termasuk produk Microsoft lainnya.

Outlook.com menyediakan aneka fitur yang canggih. Di antaranya adalah Clutter yang sangat berguna dalam mencari email khusus. Selain itu, fitur ini juga dapat memisahkan email prioritas dari kotak masuk. Ada juga fitur lain seperti kemampuan undelete pesan. Ada juga fitur pemulihan catatan setelah pesan tersebut dibuang.

Menggunakan Outlook.com akan mempersulit hacker untuk mengakses email Anda. Karena untuk keamanan akun penggunanya layanan ini menerapkan sistem verifikasi kuat, yaitu dua langkah. Dengan sistem ini, pengguna harus melalui tahap identifikasi saat akan login ke akun.

Yandex Mail

Ini merupakan salah satu sistem operasi paling besar di Rusia. Menawarkan kapasitas penyimpanan unlimited dengan kotak pesan mencapai 10GB. Yandex Mail juga dilengkapi dengan perlindungan terhadap virus dan spam. Ketika pengguna mempunyai sisa penyimpanan di bawah 200 MB, maka akan langsung dimasukkan ke panyimpanan.

Di antara keunggulan yang dimiliki oleh jenis email ini adalah sangat mudah diaplikasikan. Didukung dengan adanya tombol pribadi, label hingga hot keys. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melihat lampiran misalnya gambar dan media yang ada di pesan.

Email ini juga dilengkapi dengan fitur terjemah yang terintegrasi dengan pesan keluar dan masuk. Untuk Anda yang membutuhkan fasilitas tugas-tugas, maka pilihan ini sangat cocok.

iCloud Mail

Berikutnya adalah iCloud Mail yang menyediakan layanan Electronic Mail untuk pemakai Apple. Biasanya, user Apple harus membuat Apple ID. Dimana nantinya ID tersebut akan terintegrasi dengan email yang dimiliki.

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh email jenis ini. Salah satunya yaitu fitur proteksi yang akan menjamin keamanan. Fitur tersebut dimasukkan ke dalam perangkat Apple. Bentuknya seperti verifikasi dua langkah. Email tersebut juga didukung oleh spam filter khusus.

Berbagai filter pesan lanjutan juga tersedia di dalamnya. Ditambah dengan beberapa filter dasar dan auto responder. Tidak sebatas itu, ada juga layanan menarik lain meliputi daftar kontak, utilitas, kalender dan lain sebagainya berbasis internet. Pengguna juga dapat menyimpan catatan sekaligus pengingatnya.

Yahoo! Mail

Perusahaan ini juga memiliki email dan telah banyak dikenal masyarakat hingga hari ini. Bahkan, bisa dibilang Yahoo sangat beruntung karena mampu menarik banyak pengguna. Yahoo Mail telah populer sejak internet mulai dikenal, kurang lebih pada tahun 1994. Namun, pada 2016 pemiliknya diambil alih oleh Verizon.

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh fitur Yahoo. Inilah beberapa di antaranya:

  • Pesan spam atau sampah setelah 90 hari akan dihapus secara otomatis oleh pihak Yahoo.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar, yaitu 1 TB.
  • Menawarkan alat pencarian web yang telah terintegrasi, notepad dan kalender.
  • Memiliki filter spam khusus dan juga enkripsi SSL.

Pengguna Yahoo Mail juga menawarkan akses yang mudah jika mereka ingin memakai layanan Yahoo lain, misalnya feed berita, utilitas kalender hingga Messanger. [email protected] adalah salah satu contoh email Yahoo.

AOL Mail

America Online adalah nama lain dari perusahaan AOL Mail. Perusahaan yang berdiri pada 1980 ini dibeli oleh Verizon pada 2015. Kemudian, ia tetap populer dan banyak digandrungi lantaran pelayanan terbaiknya.

Pengguna akan mendapatkan beragam fitur menarik, seperti proteksi terhadap filter spam dan virus berbahaya. Di samping itu, AOL Mail juga dilengkapi fitur MyAddress dengan kemampuan personalisasi alamat email yang baik. Keuntungannya adalah user dapat menentukan nama domain sesuai keinginan.

Menariknya lagi, AOL Mail juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan tanpa batas. Ini sangat cocok untuk jenis email bisnis karena mampu menyimpan pesan dalam jumlah banyak. Anda pun tidak perlu bingung kehabisan kapasitas ruang. [email protected] adalah salah satu contoh email milik AOL Mail.

Zoho Mail

Contoh email selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Zoho Mail. Merupakan sebuah email bebas iklan yang recommended untuk dipilih. Zoho menawarkan beberapa pilihan, mulai dari jenis premium hingga layanan gratis.

Satu orang bahkan bisa mengakses hingga 25 email. Banyak pengusaha kecil yang melirik jenis email satu ini. Hanya saja, versi gratis Zoho Mail hanya memberikan kapasitas penyimpanan maksimal sampai 5GB saja. Beberapa produk Zoho seperti tugas, kalender dan catatan bisa terintegrasi dengan mudah dengannya.

Salah satu keunggulannya adalah tetap bebas iklan meski untuk versi gratisan. Untuk para pengguna software produk Zoho biasanya disarankan untuk menggunakan Zoho Mail.

GMX Email

GMX Mail adalah salah satu jenis perusahaan yang menawarkan email gratis. Dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan unlimited. Anda bisa menerima dan mengirim surat dari jenis email satu ini.

Seperti jenis-jenis email lain, GMX Email juga menawarkan fitur perlindungan terhadap spam dan virus. Dengan demikian, kotak masuk email Anda akan bebas sampah.

Dengan email tersebut, pengguna juga dapat menentukan berapa lama pesan yang ada di email akan tersimpan. Misalnya, seseorang hanya ingin pesan berada di folder email selama 2 minggu tentu sangat bisa.

Mail.com

Untuk para pelaku usaha kecil, jenis email satu ini sangat cocok. Bahkan, saat membuka akun pengguna bisa memilih hingga 200 nama domain unik. Sebagai contoh, Anda adalah seorang design grafis, maka bisa mendapatkan nama @graphic-designer.com dari Mail.com.

Selain dilengkapi dengan perlindungan virus dan spam, domain ini juga gratis untuk emua pengguna. Dan melalui fitur penerusan Mail.com, Anda bisa tetap menerima pesan dari penyedia email lainnya. Sangat menarik bukan?

Produk lain yang ditawarkan oleh email ini adalah kalender online. Ini akan berfungsi saat Anda membuat janji atau mengirimkan undangan kepada orang lain. Meski dilengkapi dengan berbagai kelebihan, Mail.com tidak luput dari kekurangan.

Salah satu kekurangan yang dimiliki adalah pesan masuk secara lambat. Selain itu, pesan tersebut terkadang tidak langsung tampil di halaman email kecuali jika direfresh dahulu. Di samping itu, tab order tidak berfungsi dengan baik. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, email ini memiliki lebih banyak kelebihan.

Lycos.com

Selain berbagai contoh email di atas, ada juga jenis email lain yang dikenal dengan Lycos.com. Layanan ini memiliki sejarah cukup panjang. Bahkan, pernah diluncurkan sebagai mesin pencari portal web dan internet pada tahun 1990 an.

Menariknya, Lycos dinobatkan sebagai pencetak keuntungan pertama di dunia internet. Kemudian, di tahun 2000, Lycos diambil alih oleh Terra Networks. Namun, 4 tahun kemudian tepatnya di tahun 2004, Lycos dijual ke Daum Communications Corporation.

Kini, perusahaan tersebut menawarkan email gratis kepada pengguna dengan maksimal penyimpanan vitus gratismencapai 500 MB. Fitur di dalamnya yang menarik adalah telah ada penyaringan virus dan spam. Pengguna juga bisa memblokir nama domain atau akun tertentu jika ingin.

Baca Juga:

Demikian informasi lengkap yang dapat dijelaskan dalam ulasan kali ini mengenai pengertian email, cara membuat, fungsi, jenis-jenis, manfaat, hingga contohnya. Diharapkan bisa menjadi referensi bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi semua pembaca.

Tinggalkan komentar