Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, Manfaat & Contohnya

Selain pangan dan sandang, ada hal yang ternyata sangat penting dan menjadi aset bagi manusia. Hal tersebut adalah informasi. Bagaimana tidak, informasi menjadi sebuah hal yang selalu dicari. Setiap kali membuka perangkat digital, hal yang pertama ingin diketahui pasti informasi bukan? Apakah itu informasi mengenai hal-hal penting seperti politik di Indonesia atau hal-hal terkait gosip artis di sebuah Negara.

Konsep Pengertian Informasi secara Umum

Konsep Pengertian Informasi secara Umum

Informasi dan data pribadi menjadi asset yang sangat mahal harganya. Banyak orang berbondong-bondong hanya untuk sekadar mencuri asset tersebut dan mempergunakannya di jalan yang kurang baik. Namun, apakah selama ini masyarakat umum telah paham betul makna dari informasi itu sendiri. Pada kesempatan ini akan dijabarkan secara gambling hal-hal apa saja yang perlu diketahui mengenai pengertian  informasi.

Siklus Informasi

Proses informasi melalui beberapa siklus, seperti halnya bagaimana proses makanan diolah. Prosesnya dimulai dengan melihat bahan mentah tersebut, lalu akhirnya diolah menjadi sebuah sajian yang layak untuk disantap.

Setelah itu, orang-orang pun akhirnya mulai memilih sajian yang ada sesuai selera mereka. Hingga akhirnya, ketika telah mendapatkan informasi, keputusan yang telah diambil oleh orang tersebut akhirnya diolah kembali dan akhirnya menjadikan informasi baru serta data baru yang akan diolah lagi.

Begitulah proses dan siklus yang dijalani sehingga informasi bisa sampai ke tangan masyarakat secara luas. Akan tetapi, ketika diamati, meski ini melalui rangkaian panjang, bisa saja ada bias yang terjadi karena beberapa faktor.

Faktor yang Mempengaruhi Bias Informasi

Apa saja sih faktor yang memengaruhi bias pada informasi? Pertama bisa jadi karena pengukuran data tersebut ada yang keliru, serta proses pengumpulannya tidak sesuai dengan prosedur.

Setelah dikumpulkan pun terkadang ada pihak yang tidak ingin ambil pusing dan akhirnya prosesnya tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ketiga hal ini bisa disebabkan karena ada data yang seharusnya ditampilkan namun dihilangkan dan akhirnya tidak melalui proses seharusnya.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Setelah semua proses tersebut, banyak yang tidak menyadari pentinya pengoreksian data setelah itu terkumpul. Hal ini banyak yang melupakan, namun menjadi esensi penting.

Terakhir, masyarakat sering melihat adanya statement: “kesalahan teknis” bukan? Hal ini bisa saja berdampak kepada data yang ingin diolah. Ketika seseorang juga tidak paham pengoperasian sistemnya, maka data itu akan menjadi informasi yang berbahaya dan hal inilah yang sebenarnya ditakutkan.

Indikator Informasi yang Bermanfaat

Jadi, bagaimana indikator informasi yang bisa dimanfaatkan? Seseorang dapat melihat informasi tersebut dari segi kualitasnya. Contoh paling sederhana adalah melihat akurasinya, apakah ini sebuah isu saja atau ternyata opini yang ternyata membahayakan atau menyesatkan pembaca.

Tentu akan sangat berdampak jika informasi yang diharapkan bisa menjadi pencerah dan perubahan namun berakhir sebagai sampah dan jadi sesat. Kedua yakni informasi tersebut relevan.

Relevan sendiri dapat diartikan sebagai manfaat yang bisa dirasakan oleh pembaca atau penerima secara langsung. Mungkin sebuah informasi itu sangat nyambung bagi seseorang, namun menjadi biasa saja bagi orang lain.

Ketiga adalah tepat waktu. Meski beritanya sangat bombastis, namun jika beritanya sudah usang, itu juga tidak bisa dipakai dalam pengambilan kebijakan. Namanya juga berita yang sudah tidak up to date, akan susah sekali mendapat ruang dalam diskusi karena sudah tidak terasa manfaat dan efeknya bagi penerima informasi.

Cost Effectiveness atau Cost Benefit Analysis?

Ini berkaitan dengan funding sebuah informasi. Jadi, selain ingin membagikan kebaikan informasi, penting untuk mengetahui biaya yang akan dikeluarkan bagi informasi terkait. Jangan sampai informasi tersebut biayanya lebih besar dari manfaatnya.

Jadi, mereka menggunakan analisis cost effectiveness untuk mengukur nilai dari sebuah berita itu sehingga tidak besar pasak dari pada tiang. Harusnya manfaat berita lebih besar darinpada dana yang telah dikucurkan agar tidak ada yang merasa dirugikan dan semua mendapatkan porsi masing-masing.

Seperti halnya ketika wartawan meliput dengan banyak peralatan dan dana-dana penting lainnya. Ketika viewers dan pembacanya sedikit, jikapun ada mereka tidak memanfaatkan hal tersebut maka tetap saja, informasi itu telah memakan biaya dan tenaga namun tidak membawa banyak manfaat.

Durasi Informasi

Ada hal lagi yang cukup penting, yakni durasi dan umur sebuah informasi. Seperti halnya manusia, informasi juga memiliki umur dan batas kadaluwarsa. Produk-produk seperti susu, indomie dan minyak pun memilik umur kadaluwarsa ketika sudah terlalu lama.

Berita pun juga demikian, ketika umurnya telah lama dan tidak up to date, manfaat bagi penggunanya pun akan dipertanyakan. Dalam hal ini, informasi dielaborasi menjadi dua macam, yakni Conditional Information yang mencakup informasi fokus pada momen-momen tertentu.

Yang kedua adalah Operating Information, yakni informasi yang memberikan gambaran pada sebuah perubahan dalam zona waktu tertentu.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Berikut pengertian informasi secara umum menurut para pakar di bidang tersebut:

  1. Abdul Kadir (2012) mendefinisikan bahwa data merupakan sebuah alat yang bertujuan untuk menambah pengetahuan seseorang dan telah melewati berbagai macam pengeloaan sehingga dapat bermanfaat terhadap orang tersebut.
  2. Menurut Anton M. Meliono (1990), informasi adalah sebuah keterangan yang benar, nyata dan tentu memiliki sebuah tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah hal-hal yang dapat memberikan nuansa kebermanfaatan bagi orang lain.
  3. Lina Sidharta mendefinisikan informasi sebagai data yang dipresentasikan dalam hal dan aspek yang memiliki kegunaan untuk pengambilan keputusan.
  4. Jogiyanto HM memberikan definisi informasi sebagai representasi kejadian-kejadian dan penggambaran hal-hal nyata yang dikelola, agar bisa bermanfaat bagi orang lain dan membantu dalam pengambilan keputusan
  5. Apa itu informasi? Azhar Susanto juga memberikan definisi yang hampir mirip, yakni sebuah hasil dari rangkaian pengelolaan data yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi sang penerima dan memiliki arti bagi yang mendapatkannya.
  6. The Liang Gie mendefinisikan informasi sebagai sebuah keterangan yang memiliki sejumlah rangkaian-rangkaian. Seperti halnya kalimat dan juga gambar yang di dalamnya terdapat sebuah esensi dari pemikiran murni dari seseorang yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber kebijakan pada seorang pemimpin.
  7. Raymond McLeod memberikan gambaran bahwa informasi adalah sebuah sistem pendataan terhadap berita yang memiliki arti bagi pembaca, baik itu di masa sekarang dan juga keputusan untuk masa depan.

Fakta Tentang Informasi yang Perlu Dipahami

Fakta Tentang Informasi yang Perlu Dipahami

Di bawah ini adalah fakta-fakta terkait pengertian informasi tersebut:

Informasi Menurut Wikipedia

Wikipedia mendefinisikan informasi sebagai hal-hal yang ingin disampaikan, baik itu berupa ekspresi atau ucapan dan dilengkapi dengan penafsiran setelahnya. Kumpulan tafsiran tersebut akhirnya teringat dan terekam menjadi pengetahuan.

Pengetahuan itu sendiri didapat dari mana? Tentu mereka hadir melalui pengalaman-pengalaman dan juga petunjuk-petunjuk yang ada. Ada juga yang mendefinisikan ini sebagai sebuah persepsi yang mana persepsi merupakan sebuah pandangan akan suatu hal.

Selanjutnya diartikan pula sebagai komunikasi, yakni sebuah perantara yang dapat mentransmisikan informasi agar sampai kepada yang membutuhkan.

Dapat Diartikan sebagai Fakta

Selanjutnya, informasi pun dapat diartikan sebagai fakta. Kenapa fakta? Karena fakta merupakan hasil dari gabungan informasi-informasi yang akurat dan relevan sehingga hal itu dapat dipercaya.

Data-data ini pada akhirnya akan menjadi pengetahuan ataupun kebijakan saat mengambil keputusan. Jadi, informasi menjadi sangat esensial sebab hanya diperoleh dari kegiatan yang membutuhkan konsentrasi seperti belajar, dari pengalaman dan realitas kehidupan.

Informasi adalah dasar pengambilan keputusan yang disajikan untuk penerima informasi agar manfaat tersebut dapat dirasakan, baik secara langsung ataupun tidak.

Merupakan Data yang Dipoles Sedemikian Rupa

Informasi merupakan data yang dikumpulkan dan telah dipoles sedemikian rupa dan berfungsi untuk pengambilan keputusan.

Informasi juga menjadi sebuah data yang melalui proses perangkuman dan pengeliminasian. Berfungsi untuk menghasilkan konteks yang lebih bernilai harganya. Hal ini berdampak pada kepercayaan diri penerima karena mereka akan menerima dan yakin dengan berbagai keputusan yang mereka tetapkan.

Informasi hadir sebagai penenang karena dapat mengurangi kepanikan seseorang. Sebab, dengan informasi yang hadir orang akan merasa terbantu dan menambah khazanah keilmuan penerima informasi itu sendiri.

Ciri-Ciri Informasi

Ciri-Ciri Informasi

Setelah memahami makna dan pengertian yang dihadirkan tentang informasi di atas, selanjutnya adalah ciri-ciri informasi. Apa saja ciri-ciri informasi? Simak uraiannya di bawah ini:

Benar atau Salah

Ciri pertama informasi yakni benar atau salah. Dari pada menduga-duga sebuah kejadian, informasi memang akhirnya dikaitkan dengan sebuah konsep benar atau salah.

Hal tersebut berfungsi untuk mengasah pola pikir seseorang dalam memandang suatu peristiwa, apa yang benar dan apa yang salah. Jangan sampai sebaliknya, menuhankan yang salah dan menghukum yang benar.

Baru

Informasi yang up to date akan sangat bermanfaat bagi penerimanya karena masih segar dan masih sangat relevan dengan kejadian yang terjadi di aktivitas kehidupan manusia.

Jika informasi tersebut sudah tidak relevan lagi, biasanya itu hanya akan diskip dan diabaikan oleh para pembaca. Oleh karena itu, sebagai guru misalnya, ia bertugas untuk mengupdate informasi terkini.

Seperti halnya pada kondisi saat ini, semua tenaga pendidik sepertinya diharuskan untuk mengembangkan diri mereka karena zaman sudah serba modern. Informasi pun selalu datang dengan pendekatan yang baru.

Korektif

Apakah Anda pernah mendapatkan protes karena sedang dikoreksi oleh orang lain? Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Bisa saja karena kabar yang disebar tidak sesuai dengan faktanya.

Inilah salah satu ciri dari informasi, menjadi upaya dalam mengoreksi sebuah kabar dan berita yang telah berlalu jika memang terdapat kekeliruan di dalamnya.

Baca Juga: Pengertian Promosi

Seperti halnya ketika banyak hoax beredar, contohnya beras plastik dan sebagainya. Maka korektif adalah menggali berita lama yang bisa membenarkan kesalahan-kesalahan informasi tersebut.

Penegas

Terkadang, informasi sebelum-sebelumnya tidak terlalu memiliki basis kuat sehingga kredibilitasnya dipertanyakan. Ciri-cirinya sebagai penegas adalah untuk mempertegas karena berita terdahulu belum berbasis pada penelitian mendalam.

Meski pemahaman sebelumnya tidak sepenuhnya salah, namun informasi penegas ini berperan aktif dalam membangun kepercayaan para pembaca. Tanpa penegas seperti ini, maka yang sebelumnya kadang dipertanyakan oleh penerima informasi.

Fungsi Informasi

Fungsi Informasi

Inilah berbagai fungsi informasi secara umum yang wajib diketahui:

Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Manusia dikaruniai dengan kemampuan bernalar dan mencerna sesuatu. Dengan kemampuan itu, maka informasi menjadi sangat penting sebagai bahan update perkembangan yang ada di dunia.

Jika itu tidak ada, maka seseorang akan selamanya terperangkap dalam perspektif yang sama dan hanya disitu-situ saja. Bisa saja sebuah info telah tersebar luas dan diketahui banyak orang, namun tidak menjamin bahwa itu telah tersebar secara merata.

Oleh sebab itu, penting mendapatkan berita agar bisa menjadi sumber kepastian ketika masyarakat dihadapkan dengan berbagai persoalan. Dibutuhkan informasi yang valid dan tidak menimbulkan prasangka agar proses penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan mudah.

Menghapus Ketidakpastian

Dalam menghadapi ketidakpastian, memang diperlukan sikap fokus terhadap apa yang harus dikendalikan. Salah satu hal yang bisa diatur sedemikian rupa adalah energi. Dan salah satu energi tersebut bisa dipusatkan pada pendalaman informasi.

Ketika tidak ada informasi, seseorang tentu bertanya-tanya isu apa yang sedang hits dan telah merajalela di kehidupan ini. Ketika itu terjadi, maka akan terjadi simpang siur antara kabar yang satu dengan lainnya.

Dengan minimnya informasi, seseorang akan lebih mudah berpikiran negatif karena tidak memiliki referensi di dalam kepalanya. Mereka mudah sekali tersinggung dan amarahnya juga gampang meledak hanya karena kesalahpahaman yang ada.

Hal itulah yang mendasari pentingnya dan betapa fungsi infomasi sangat dibutuhkan dalam kondisi sekarang.

Sebagai Media Hiburan

Tidak hanya hal-hal yang berbau serius dan menegangkan. Informasi juga berfungsi sebagai media hiburan yang akan selalu menemani ketika rasa suntuk tiba. Hal-hal menyenangkan seperti foto-foto artis favorit atau foto-foto objek wisata dan gambar-gambar unik bahkan meme lucu yang berseliweran di media sosial.

Media hiburan yang banyak digandrungi belakangan ini adalah Youtube. Orang dapat dengan mudah mengakses media ini dan juga membuat konten menarik sesuai passion mereka. Selain itu, jika viewers banyak, mereka juga akan mendapatkan upah dari situ.

Di tengah pandemi seperti ini, masyarakat sangat senang dengan kehadiran informasi-informasi lucu yang bisa membawa tawa di rumah. Masyarakat sudah cukup takut dan parno bukan dengan segala informasi di media sosial tentang berita kematian.

Untuk itu, sesekali mereka harus refresh dengan melihat informasi lucu dan kekinian.

Sebagai Sumber Berita

Seseorang tentu ingin tetap up to date dengan perkembangan yang ada di dunia. Akan kurang menarik jika sedang diskusi namun ternyata masih ketinggalan kereta. Orang lain sudah berlomba-lomba untuk merakit masa depan dan Anda masih di sekitaran itu saja, bergelut dengan informasi lama dan old-fashioned.

Sebagai sumber berita, informasi biasanya datang dan dihadirkan melalui media-media seperti televisi, radio, gawai, laptop atau tablet. Jika lebih suka membaca koran, berita yang tersedia di sana bagus karena telah melalui proses yang panjang hingga sampai di tangan pembaca.

Proses sumber berita pun memakan waktu yang panjang sehingga hasilnya tidak sembarangan. Hal tersebut telah melalui proses observasi, sistem beat atau pembuat informasi memang ahli dalam bidang tertentu. Selain itu biasanya dilengkapi dengan narasumber yang memang memenuhi syarat, yakni kredibel atau dapat dipercaya.

Untuk Sosialisasi Kebijakan

Pemerintah tentu ingin agar masyarakatnya tetap paham dan mengerti akan persoalan-persoalan yang ada. Jika masyarakatnya tidak memperhatikan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, tentu ini akan menjadi chaos dan kekacauan di daerah tersebut.

Hal inilah yang mendasari informasi sangat andil dalam proses sosialisasi kebijakan. Sangat penting untuk mengetahui berita terbaru dan informasi terkini dari pemerintah agar masyarakat tidak salah langkah dalam mengambil keputusan di daerah.

Contoh sederhana adalah sosialisasi PSBB dan Pencegahan Pandemi COVID19 yang masih menjadi perdebatan dan kadang diabaikan oleh masyaarakat. Padahal jika mereka membaca infonya dengan seksama, manfaatnya akan terasa dan Indonesia tidak perlu kehilangan banyak tenaga medis karena pandemi ini. Sayangnya, tidak semua ingin membaca, apalagi menaati aturan tersebut.

Untuk Mempengaruhi Khalayak

Media massa memiliki peran sentral dalam sistem komunikasi masyarakat. Banyak metode yang bisa digunakan. Seperti halnya teknologi yang semakin canggih ataupun media yang bisa menjangkau banyak masyarakat dan khalayak.

Seberapa banyak influencer di instagram yang Anda ketahui? Mereka telah berhasil membangun image dan juga hadir dengan berbagai perspektif. Penyampaian informasi melalu media pun sangat besar kuasanya untuk mengubah pemikiran yang dibangun.

Seperti contoh, aplikasi untuk mengumpulkan donasi sangatlah ampuh untuk membangun kesadaran orang lain akan pentingnya berbagi atau sedekah. Produk-produk ini hanyalah satu dari ribuan produk informasi penggerak lainnya yang ada di dunia. Tapi yang penting adalah sejauh mana seseorang memanfaatkan informasi itu?

Menyatukan Pendapat

Apakah Anda pernah merasa tersinggung saat berinteraksi di media sosial? Apa yang dilakukan setelah itu? Ada banyak sekali cuitan dan komentar di media sosial. Tiap detiknya orang melontarkan argumen, ide dan pesan-pesan terbaik ataupun terburuk.

Sengketa pun kadang terjadi dimana-mana. Perdebatan tidak dapat dielakkan. Hal ini terkadang dipengaruhi oleh informasi yang tidak berimbang dari kedua belah pihak hingga mereka melakukan keributan. Perdebatan politik pun menghiasi dunia, semua mengidolakan jagoannya dan menjelek-jelekkan yang lain hanya karena kesalahan informasi.

Tetapi ketika kekeliruan yang terjadi seperti hoax susah ditangkis, maka inilah pentingnya menghadirkan informasi yang akurat dan terpercaya. Ruang publik akan lebih terasa sejuk jika informasi yang berseliweran merupakan informasi valid sehingga tidak membuat masyarakat terpecah belah.

Dasar dalam Menyampaikan Opini

Kebebasan menyampaikan pendapat dan informasi apapun sangat diapresiasi dewasa kini. Hanya saja, apakah benar penyampaian tersebut telah melalui prosedur yang benar?

Di tengah media sosial yang berisik, orang senang sekali membagikan opini dengan tidak berlandaskan fakta dan hanya mengandalkan opini. Adanya informasi tentu dapat mempermudah orang tersebut membangun opini ataupun ketika ingin menulis opini di surat kabar.

Untuk itu, ketika ingin menyampaikan pendpaat, Anda disarankan untuk tidak terlalu fokus pada berita-berita yang memiliki clickbait dan hanya bergantung pada judul semata. Seseorang harus menelaah isi dari informasi tersebut sebelum membagikan kembali informasi itu dengan perpsektif baru yang dipikirkan dan dibangun.

Jenis-Jenis Informasi

Jenis-Jenis Informasi

Ada berbagai jenis informasi yang berkembang hingga hari ini. Jenis-jenis tersebut sangat beragam berdasarkan sudut pandang berbeda. Tidak heran jika pengertian informasi dan contohnya sangat penting, inilah beberapa di antaranya:

Informasi Berdasarkan Kegunaan

Informasi untuk menambah pengetahuan yakni beberapa rangkaian data yang memicu orang lain untuk menambah ilmu. Data-data yang ada tentu baru dan relevan dengan kejadiaan saat ini.

Informasi berdasarkan penyajian yakni berita yang dieksekusi dan diberitakan melalui berbagai macam medium. Seperti halnya media sosial, radio, video dan artikel-artikel yang tersebar di berbagai macam platform dan internet.

Selain itu, informasi seperti panduan-panduan menulis menjadikan kesempatan orang lain untuk belajar lebih besar. Kegunaan-kegunaan ini tidak susah ditemukan di tengah media yang menghadirkan banyak content creator.

Baca Juga: Pengertian Media

Banyak kebaikan yang bisa diunggah dengan mudah tanpa khawatir uang direbut oleh orang lain, karena semuanya dapat diakses dengan free alias gratis.

Informasi Lokasi Peristiwa

Seseorang kadang kebingungan ketika mencari alamat institusi dan kesulitan menemukannya. Misalkan Anda sedang mencari sebuah sekolah terbaik untuk si buah hati dan merasa kesulitan.

Maka, informasi inipun hadir untuk memberikan kemudahan seseorang menjangkau batas-batas yang tidak bisa disentuh. Informasi lokasi peristiwa ini termasuk informasi dalam negeri atau domestik dan juga informasi luar negeri.

Ketika ingin melancong ke luar negeri, hal yang paling penting adalah mengetahui titik lokasi tempat tersebut. Akan sangat menyulitkan jika Anda sudah di sana tapi bingung mencari lokasi. Apalagi jika tidak terlalu menguasai bahasa mereka. Akhirnya bisa nyasar hanya karena kekurangan informasi.

Informasi Kultural

Informasi ini mencakup berbagai hal terkait dengan dimensi kultural yang ada di dunia. Hal-hal yang sangat membantu para wisatawan atau peneliti yang ingin mengembangkan riset. Atau seseorang yang hanya ingin mengunjungi sebuah wilayah dan tertarik dengan kebudayaan tersebut.

Jika Anda pelancong, tentu informasi menjadi hal yang selalu diburu. Banyak sekali wisatawan selalu datang pada pameran-pameran hanya karena mereka haus dengan informasi budaya di suatu daerah. Hal ini tentu juga akan memperkaya wawasan. Jadi, kalau ada pameran, sering-seringlah datang dan benar-benar diperhatikan dengan seksama.

Informasi-informasi kultural ini dapat dengan mudah didapatkan di perpustakan daerah, budayawan atau peneliti-peneliti. Tidak jarang, telah banyak pula bertebaran wawancara dengan para ahli budaya di Youtube. Jika penasaran dengan makna sebuah budaya, seperti budaya Mappacci dari Sulawesi selatan, maka bisa mengaksesnya dengan mudah di laman pemerintah setempat.

Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Setiap orang tentu sering memerlukan beberapa skill dalam kehidupan namun terkadang terkendala tutor atau mentor. Dengan hadirnya banyak informasi di media sosial dan platform lain, informasi menjadi lebih mudah untuk diakses.

Bidang kehidupan seperti cara memasak, cara make up, bahkan cara belajar yang baik lengkap dihadirkan dan membantu dalam beradaptasi dalam lingkungan. Hal ini juga berpeluang untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang luar.

Hal itu karena ilmu yang dibagikan tidak ada batasnya. Hanya saja, setiap orang perlu tetap teliti dalam memilah informasi dan tutorial yang dibagikan.

Informasi Berdasarkan Sifat

Faktual yakni informasi tersebut valid, berdasarkan fakta yang ada dan tentu tidak mengada-ngada. Hal tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Informasi ini bisa berupa fakta-fakta umum seperti halnya alamat sebuah tempat, pelaku dan hal-hal yang bersifat umum atau khusus.

Contohnya adalah kerusuhan di Jalan Malengkeri beberapa saat lalu memakan korban sebanyak 20 orang. Opini atau konsep yakni informasi yang hadir dari berbagai perspektif atau pandangan seseorang terhadap sebuah isu atau kasus.

Sebagai contoh pendidikan dewasa ini telah merenggut esensi belajar yang sesungguhnya karena siswa lebih sulit untuk merasakan emosi dan kerja sama di ruang belajar sebenarnya.

Hal ini mengakibatkan anak menjadi mudah tempramen dan tidak lagi patuh terhadap orang tuanya. Selain itu, mereka tidak memiliki relasi pertemanan yang baik karena sekarang menjadi sangat individualistik.

Deskripsi yakni informasi bertujuan untuk memberikan data yang memang sudah jelas dan terperinci dan tidak hanya digambarkan secara general saja.

Informasi Tidak Ilmiah

Pada media massa, informasi ini kerap kali ditampilkan. Hal ini pun bersifat lebih general atau umum dan dapat diakses dengan sangat mudah. Seperti halnya informasi terkait gosip, kabar dan ramalan seseorang terhadap artis yang ingin menikah.

Banyak sekali pertarungan zodiak yang dilakukan peramal-peramal ini demi mendapatkan atensi dari masyarakat. Dengan begitu, rating acara mereka pun bisa naik dan penghasilan mereka tentu bertambah dari hasil informasi tidak ilmiah tersebut.

Untuk itu, informasi tidak ilmiah ini tidak dapat dijadikan acuan terhadap referensi skripsi, tesis atau disertasi dalam ranah pendidikan yang lebih tinggi.

Informasi Ilmiah

Dari namanya pun Anda tentu bisa paham kalau ilmiah berarti sesuatu hal yang diperoleh dari hasil penelitian. Jadi memang informasi ilmiah ini terbagi menjadi tiga aspek yakni informasi primer, informasi sekunder dan informasi tersier.

Maksudnya apa? Sesuai namanya, primer mengindikasikan bahwa informasi ini didapat melalui orang atau sumber pertama secara langsung. Jadi bukan hanya mendengar dari desas-desus orang lain. Infomasi sekunder yakni dapat diartikan dan diambil dari kutipan, seperti halnya profil beberapa aktor atau public figure dan penulis.

Sedangkan yang terakhir adalah informasi tersier berupa sejumlah keterangan yang memang ditujukan untuk mempermudah seseorang dalam pengambilan informasi. Apa saja itu? Contohnya adalah katalog-katalog yang tertera pada banyak buku, seperti index dan glossarium.

Infromasi Berdasarkan Penyajiannya

Infromasi ini bisa diamati sangat beragam seperti informasi yang diolah dalam bentuk tulisan, oral, foto, audio, video, film dan juga gambar-gambar seperti ilustrasi, sketsa yang meski informasinya tidak disampaikan dengan tersurat, namun tersirat.

Kadang seseorang tidak memperhatikan informasi tersebut disajikan melalui apa. Dan ini aspek yang penting karena terkadang informasi-informasi tidak gamblang diberitakan. Seperti halnya lowongan kerja yang kerap muncul melalui broadcast atau hanya poster di media sosial.

Di zaman sekarang, penyajian informasi banyak dilakukan secara daring. Bahkan, seminar pun dilaksanakan daring melalu aplikasi seperti Zoom atau Google Meet. Hal ini untuk mempermudah masyarakat agar tetap menuntut ilmu meski situasi sedang tidak kondusif.

Informasi Berdasarkan Aspek

Banyak informasi yang dijabarkan dan dikategorikan menjadi aspek gaya hidup atau lifestyle, politik, kesehatan, pendidikan dan juga ekonomi. Seseorang lebih mudah mencari informasi yang diinginkan karena telah dipermudah dengan pembagian kelompok tersebut.

Seperti halnya ketika membuka sebuah media, Anda hanya perlu mengklik ranah yang memang memiliki relevansi dengan isu tersebut. Jadi, seseorang tidak perlu pusing dengan banyaknya informasi yang dibagikan, hingga akhirnya mereka tidak perlu merasakan paradox of choice.

Apa itu paradox of choice? Ini dikategorikan sebagai kebingungan ketika dihadapkan dengan banyak pilihan. Dengan terbatasnya pilihan, Anda dapat dengan mudah memilah dan fokus pada berita-berita tertentu saja. Dengan tidak merasakan distraksi yang banyak ketika semua berita bermunculan di media sosial.

Informasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Jika dimengamati di media sosial dan juga berita di TV, ada berita-berita yang hanya sesekali ditampilkan namun ada juga yang ditampilkan setiap saat. Inilah aturan dan bagaimana ritme informasi dibagikan.

Ada yang dibagikan setiap waktu, seperti berita-berita dari daerah dan metropolitan tentang kasus-kasus kriminal. Ada pula yang diinformasikan secara berkala seperti halnya isu-isu yang berkaitan dengan gaya hidup, biasanya hanya ditayangkan di akhir pekan saja.

Hal ini untuk menemani para pekerja untuk bersantai dan menikmati weekend di rumahnya. Ada juga berita yang diinformasikan secara mendadak, seperti kabar-kabar penting dan live, sebagai contoh pengeboman yang tiba-tiba terjadi di sebuah area.

Hal ini diinformasikan tentu agar seseorang lebih waspada dan tidak mendekati lokasi tersebut dahulu. Selain itu, ada informasi yang dikecualikan karena khawatir akan menjadi penghasut bagi sebagian orang yang ada di masyarakat. Hal ini dijadikan pertimbangan karena lebih baik jika informasi tersebut dikecualikan.

Dan terakhir adalah infromasi yang bisa muncul jika ada permintaan atau request. Seperti halnya iklan-iklan yang dipasang di TV, iklan-iklan rumah, perabot masak yang telah melalui rangkaian kerjasama dan proses lain sehingga dapat tersajikan di depan mata.

Kadang juga beberapa orang mendapat endorsement. Mereka memberikan permintaan agar produknya dapat dipasarkan hingga konsumen dapat mengakses informasi tersebut.

Manfaat dari Informasi

Manfaat dari Informasi

Mengurangi Resiko Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan

Jika terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan, terkadang otak memang tidak bisa berpikir dengan jernih? Seseorang bisa jadi terlalu cepat ingin sampai pada kesimpulan tapi mengabaikan proses berpikir dan menganalisis data yang ada.

Akhirnya, mereka jatuh dalam kesalahan-kesalahan yang tak berujung. Infromasi hadir untuk menangkal itu semua dan membantu seseorang dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang salah dapat dicegah dengan meluangkan waktu lebih banyak mengamati informasi yang disajikan di internet dan media lain.

Memberikan Bukti, Bukan Kesan, Isu atau Opini dari Pihak Lain

Opini hadir dengan sedikit pertimbangan. Terkadang opini tersebut diluapkan tanpa mengingat batas-batas dan hanya berdasarkan prasangka saja. Informasi adalah sebuah jalan penengah yang memberikan penjelasan terhadap opini yang dibangun agar menjadi lebih kuat.

Terkadang pula mengutip perkataan orang lain ketika mereka sedang emosi atau dalam kondisi psikologi lain dan menyebarnya menjadi gosip. Hal tersebut akhirnya membuat kesalahan informasi. Inilah pentingnya informasi sebagai bukti atas kesalahan tersebut.

Mengurangi Ketidakpastian Kondisi Simpang Siur Fenomena

Seseorang tentu ingat bagaimana masyarakat tenggelam dalam fenomena punic buying? Hal ini bukan karena bahan tidak tersedia namun hanya saja informasi telah menjadi simpang siur dan orang cenderung percaya hanya melihat berita yang tidak kredibel. Bahkan, biasanya hanya disebar di grup-grup keluarga.

Era digital saat ini, informasi memang sangat cepat perkembangannya. Dalam hitungan detik, ada banyak berita yang hadir. Bahkan, informasi itu menjadi buram karena emosi sedang tidak stabil.

Baca Juga: Pengertian Supplier

Derasnya info semenjak pandemi akhirnya berimbas kepada pengguna aktif yang panik dan tidak waras dalam mengambil keputusan. Kekacauan pun akhirnya terjadi dimana-mana.

Menjadi Dasar bagi Pemecahan Masalah Cepat

Ketika dihadapkan dengan banyak masalah, kekurangan informasi menjadi penyebab susahnya problem tersebut diselesaikan. Seperti halnya saat sedang fokus dengan masalah keuangan.

Namun, di sisi lain tidak memiliki informasi mengenai literasi finansial. Maka uang yang ingin dikelola hanya akan hangus ditelan investor illegal atau penipu. Problem solving atau pemecahan masalah mungkin menjadi proses yang sangat kompleks karena melibatkan banyak aspek seperti ketelitian dalam pengambilan informasi.

Bukti-bukti dalam sebuah masalah pun dapat dengan mudah diakses dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sebagai contoh, ketika masalah kesalahpahaman terjadi, maka solusi yang ditawarkan adalah mencari dasar dari perdebatan tersebut.

Menggambarkan Kondisi Terkini

Informasi hadir dengan berbagai pendekatan. Banyak sekali informasi yang diposting di media sosial dan menjadi bahan caption anak muda belakangan ini. Tentu, hal ini menjadikan masyarakat lebih up to date dengan isu-isu yang ada di dunia.

Ciri sederhana seseorang yang up to date yakni selalu membaca referensi dan melihat isu-isu tersebut meskipun bukan dari jurusan mereka. Seperti halnya pendidik yang terus belajar mengetahui info mengenai pertanian. Hal ini tidak hanya membuat mereka terlihat keren namun juga telah sukses memberikan andil terhadap pendidikan dengan memahami literasi dengan baik.

Menghasilkan Arus Kerja Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Pernah merasakan stuck ketika mengerjakan sesuatu? Merasa bahwa pekerjaan menjadi lambat karena kekurangan data? Inilah salah satu bentuk manfaat dari informasi. Seseorang bisa menemukan banyak hal, tips untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Seperti halnya ketika ingin print suatu berkas, namun tiba-tiba printnya bermasalah. Sebagian orang langsung panik karena deadline sebentar lagi menghantam dan bos sudah memasang wajah sangar.

Dengan tips yang hadir dari Youtube, seseorang bisa membereskan masalah-masalah ini dengan hanya bermodal jari dan kemauan. Perlu adanya sikap rasa ingin tahu yang tinggi agar permasalahan yang kita alami tidak berlarut-larut begitu saja,

Dasar Pertanggungjawaban atas Tindakan yang Diambil

Sejak kecil, banyak orang yang tidak diberikan kesempatan untuk bertanggung jawab. Hasilnya, ketika menjelang dewasa, mereka tidak mampu melihat sebuah kasus dari perspektif sendiri karena sebelum-sebelumnya terbiasa bergantung kepada orang tua.

Namun, jangan sedih dulu. Ilmu ini bisa dipelajari dan dengan membaca beberapa informasi, hal tersebut bisa menambah skill dalam membuat keputusan sendiri. Jadi, setiap orang hanya perlu belajar dan membaca serta mengembangkan kemampuan diri.

Khususnya dalam mengolah rasa dan sikap tanggung jawab ketika diberikan amanah. Baik itu amanah dalam skala kecil apalagi dalam skala besar. Semua memang tidak mudah dan membutuhkan proses. Namun, manusia seperti itulah yang ideal.

Menambah Relasi

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk bersosialisasi baik itu di dunia personal maupun persoalan profesional. Informasi sangat bermanfaat untuk memberikan peluang baru dalam membangun relasi dengan berbagai pihak. Relasi ini tentu akan sangat membantu dalam dunia organisasi dan urusan karir manusia.

Hadirnya aplikasi-aplikasi job applications mempermudah seseorang mencari relasi dengan dunia kerja, mencari ruang kolaborasi dan ruang-ruang lainnya. Ketika membutuhkan bantuan dana pun, akan banyak orang-orang baik yang mungkin bukan relasi tapi membagikan kebermanfaatan tersebut dalam hal kebaikan.

Memberi Gambaran Trend atau Kecenderungan di Masa Depan

Banyak prediksi-prediksi di masa depan yang sepertinya tidak disadari akan berdampak suatu hari nanti. Hanya saja, manusia belum sepenuhnya percaya karena adanya keterbatasan informasi. Seperti halnya kecanggihan Artificial Intelligence yang kadang menjadi momok bagi guru dan pekerja industri sebab mereka khawatir akan tergantikan.

Nyatanya, informasi ini memang membantu aktivitas manusia namun tidak serta merta dapat menggantikan peran-peran sentral pada pendidikan dan pekerjaan lainnya. Maka dari itu, berita menjadi sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang akan terjadi di masa depan dan cara untuk menanganinya.

Contoh Informasi

Contoh Informasi

Informasi sesungguhnya tidak hanya berhubungan dengan berita yang dimuat di portal berita online ataupun koran dan majalah. Ada banyak sekali contoh-contoh yang terbukti membantu dan meningkatkan taraf hidup seseorang.

Akan tetapi, faktanya informasi tidak hanya mengabarkan hal positif kepada masyarakat. Banyak berita yang berisi kejadian-kejadian negatif yang kerap membuat seseorang takut.

Inilah berbagai contohnya yang dapat melengkapi pengetahuan Anda terkait informasi:

  1. Selama era new normal telah terjadi banyak transformasi pendidikan dan hal ini menyebabkan kebingungan bagi banyak pihak, utamanya yang bergerak di bidang pendidikan.
  2. DL mengaku tegar melalui perceraian dengan sang suami, RF. Hal ini disampaikannya melalui akun instagram miliknya Sabtu dini hari lalu. DL menegaskan bahwa hak asuh anak mereka akan jatuh ke tangannya dan RF divonis akan menetap di sel selama 10 bulan karena upaya Kekerasan Dalam Rumah Tangga.
  3. Di wilayah Sumatera Utara, anak Berinisial LL disekolahkan oleh seorang konglomerat berinisial RR. Kabar tersebut tersebar melalui akun salah satu warganet yang telah lama memantau perkembangan sekolah anak ini. Selanjutnya, Ia menyampaikan bahwa pengusaha yang telah menyumbangkan dananya itu adalah seseorang yang memang telah lama bergelut di dunia pendidikan namun tidak pernah memunculkan identitas aslinya.
  4. SA Nyemprot Warganet Karena Terlalu Nyinyir. Kelakuan SA di dunia maya memang selalu menjadi sorotan. Tak heran jika Ia selalu mendapatkan cibiran dari warganet atas tingkahnya yang selalu memberikan sensasi kepada masyarakat. Tapi, batas seseorang tentu ada dan SA akhirnya merasa gerah dengan segala pemberitaan selama ini. Minggu pagi 16 Desember 2019, ia akhirnya bersama kuasa hukumnya mendatangi Mabes Polri untuk menindaklanjuti pencemaran nama baik tersebut.
  5. Pertandingan bulu tangkis antara x dengan y menjadi acara yang paling dinanti-nantikan. Pasalnya, x telah digadang-gadang akan menjadi lawan paling tangguh yang dihadapi y selama ini. Tak mengherangkan jika supporter masing-masing sangat giat menyuarakan dan meneriakkan idola mereka di media sosial. Pertandingan akan dilaksanakan pekan depan Jumat 19 Agustus 2019 dan disiarkan langsung oleh KK Tv.
  6. Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Hos Cokroaminoto. Seorang pejalan kaki yang hendak ingin menyeberang jalan mengalami luka parah ketika mobil tersebut hilang kendali. Sebanyak 3 korban jiwa yang merupakan salah satu pegawai negeri di salah satu instansi di Kab. Maros.
  7. Harga ayam potong di Kabupaten Soppeng mengalami kenaikan harga yang cukup pesat menjelang Idul Adha. Hal ini telah membuat banyak pembeli mengeluh, terlebih di saat pandemi seperti sekarang ini.
  8. Warga berbondong-bondong mendatangi kediaman DL yang diduga melakukan aksi pembunuhan terhadap anak tirinya sendiri, FL dini hari kemarin. Belum diketahui secara pasti apa motif pembunuhan tersebut karena masih dalam proses penyelidikan.
  9. Mahasiswa di Kampus X demo menuntut Rektor mengambil sikap terkait kebijakan kuliah online. Mereka menegaskan bahwa institusi harus membantu mahasiswa dalam proses pembalajaran daring tersebut. Mengingat tidak sedikit yang mengeluh keberatan dengan adanya belajar di rumah.
  10. Pembangunan jalan yang direncanakan akan dimulai Awal Maret 2020 terpaksa mengalami penundaan karena pandemi COVID-19. Dana yang telah dianggarkan sepertinya harus bergeser menjadi dana bantuan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Itulah tadi rangkaian pengertian informasi yang bisa disampaikan. Ada banyak aspek dalam informasi ini, baik itu definisi, jenis, manfaat dan fungsinya. Semuanya berperan untuk kebermanfaatan umat manusia di saat sekarang apalagi di kemudian hari. Jadi, jika Anda nanti menemukan informasi, pastikan kalian mengaksesnya dan mengeceknya lebih dahulu!

Tinggalkan komentar