Pengertian Infrastruktur

Pengertian Infrastruktur: Arti, Jenis, Komponen & Contoh

Diposting pada

Apa sebenarnya pengertian infrastruktur: arti, jenis, komponen dan contoh infrastruktur? Terkadang, ini dikaitkan dengan pembangunan fisik di sebuah daerah. Untuk memahaminya, Anda perlu melihat berbagai aspek di dalamnya terlebih dahulu.

Definisi Infrastruktur Menurut Beberapa Ahli

Definisi Infrastruktur Menurut Beberapa Ahli

Dewasa ini pembangunan infrastruktur sedang ditingkatkan. Supaya tidak salah dalam mengerti, ada baiknya Anda memahami beberapa definisi yang dinyatakan oleh para tokoh terkenal. Berikut beberapa di antaranya:

Gregori Mankiw

Salah satu tokoh terkenal, Gregori Mankiw mendefinisikan infrastruktur adalah investasi yang dilakukan oleh pemerintah dan diwujudkan secara fisik untuk kepentingan publik. Ia menyebut istilah tersebut “wujud modal public” karena keberadaannya dapat dilihat langsung serta dapat dirasakan.

Berbagai contoh infrastruktur menurut Gregory yakni sistem pembuangan limbah, jembatan penyebrangan dan jalan umum. Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa istilah itu mengacu pada sarana serta prasarana yang sengaja diciptakan pemerintah untuk melayani publik.

Neil S Grirg

Neil menyatakan bahwa infrastruktur ialah sistem yang secara fisik mampu membantu penyediaan berbagai kebutuhan masyarakat seperti fasilitas publik, drainase dan pengairan di berbagai daerah. Di sini ia menitikberatkan bahwa prasarana diadakan demi melayani kepentingan warga.

Jika mengacu pada pengertian infrastruktur menurut Grig, hal ini diidentikan kepada sarana dan prasarana sebab keberadaannya dapat dilihat secara fisik. Selain itu, juga diciptakan untuk memenuhi kepentingan masyarakat seperti pembangunan gedung, drainasi hingga sistem pengairan.

Wikipedia

Infratsruktur ialah sistem yang dibutuhkan keberadaannya dan dilakukan demi melayani serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Hal ini merujuk ada berbagai sarana serta prasarana seperti pelabuhan, kereta api berserta perlistrikan.

Adanya sarana tersebut secara tidak langsung membantu melayani masyarakat. Keberadaannya sengaja dimunculkan demi menciptakan masyarakat makmur sehingga mereka mampu melakukan aktivitas ekonomi dan sosial tanpa hambatan. Di sini peran pemerintah sangat berperan penting.

Robert J Kodoati

Infrastruktur adalah sistem penunjang dalam sistem ekonomi dan sosial. Ini juga menghubungkan sistem lingkungan hingga tidak jarang dipakai sebagai landasan ketika seseorang mengambil sebuah kebijakan. Jika dikaji lebih jauh, Gegori menitikberatkan bahwa itu akan menunjang kehidupan bermasyarakat.

Infrastruktur dapat menunjang kehidupan masyarakat karena pemerintah merancang berbagai pembangunan aset yang secara fisik mampu melayani warga. Hal ini kerap dijelaskan sebagai bangunan sarana serta prasarana penunjang kegiatan ekonomi dan sosial.

Stone

Stone (1974) menyatakan bahwa infrastruktur ini diciptakan oleh agen publik yang diadakan untuk melayani perekonomian, tujuan sosial serta memenuhi fungsi sosial. Istilah tersebut merujuk pada beberapa bidang seperti penyediaan air, pelistrikan, limbah hingga transportasi.

Dari pengertian infrastruktur oleh Stone, dapat didefinisikan bahwa ini erat kaitannya dengan pemenuhan sarana publik demi memenuhi aktivitas sosial ekonomi dan berbagai kegiatan pemerintahan. Umumnya pembangunan itu secara fisik terlihat karena berfokus pada sarana serta prasarana.

KBBI

Menurut KBBI, Infrastruktur ialah “segala sesuatu yang merupakan penunjang terselenggaranya suatu proses.” Jika melihat pengertian ini, prasarana diciptakan dengan fungsi menunjang kehidupan masyarakat baik berupa pembangunan suatu gedung hingga pendirian proyek.

Baca Juga: Harga Baja Ringan

Apabila dilihat baik-baik, keberadaan infrastruktur sangat menunjang kehidupan banyak orang. Sebagai contoh, tanpa adanya jembatan, seseorang yang berada di daerah A mungkin takkan bisa berjualan di kota B. Secara tidak langsung fungsinya sangat baik dalam membantu berbagai aktivitas masyarakat.

Arti Infrastruktur Secara Umum

Jika dikaji lebih medalam, secara umum infrastruktur memiliki pengertian sebagai hal yang mampu menunjang kepentingan masyarakat baik berupa saluran komunikasi, teknologi, pembangunan fisik serta pengembangan perangkat. Adanya sistem tersebut menguntungkan dan mempermudah hidup warga.

Penyediaan infrastruktur di suatu daerah ini bertujuan agar kehidupan area tersebu semakin berkembang. Tidak heran, jika keberadaan jembatan yang menghubungkan 2 desa terpencil menjadi sangat berperan penting dalam kemajuan peradabannya.

Sebenarnya infrastruktur tidak hanya sebatas pembangunan fisik pada sarana serta prasarana yang diadakan oleh pemerintah demi kepentingan publik. Namun, nilai dan norma pada lembaga pun dapat dikatakan sebagai infrastruktur lunak. Istilah tersebut kerap dikenal sebagai kerangka kerja kelembagaan.

Bisa dikatakan, definisi ini sangat luas sebab cakupannya tidak hanya sekedar pembangunan fisik saja, namun sistem sosial yang menunjang peradaban juga termasuk dalam pengertian infrastruktur. Untuk itu, perlu dilakukan pemahaman lebih agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa mendatang.

Berbagai Jenis Infrastruktur yang Populer

Bicara tentang jenisnya, terdapat beberapa tipe yang harus dipahami oleh masyarakat. Yakni infrastuktur keras, infrastruktur keras non fisik dan infrastruktur lunak. Nah, di bawah ini akan diulas satu per satu:

Infrastruktur Keras

Dari namanya mungkin sudah bisa menebak bahwa secara fisik sistem tersebut dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat. Kata “keras” itu mengacu pada pembangunan yang sifatnya permanen seperti dermaga, jalan raya, saluran irigasi, pelabuhan serta kereta api.

Infrastruktur ini mencakup seluruh prasarana yang ditujukan untuk publik dan keberadaannya permanen. Tidak hanya bersifat tetap, sistem tersebut memiliki efek cukup besar bagi masyarakat. Pemenuhan kebutuhan ini biasanya berdasarkan sarana serta transportasi umum.

Infrastruktur Lunak

Selain sarana dan prasarana yang bisa dilihat secara langsung, infrastruktur juga kerap dinilai sebagai nilai serta norma pada sebuah kelembagaan. Istilah ini merujuk pada aturan sosial buatan pemerintah serta memiliki andil cukup besar bagi kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Infrastruktur lunak ini berupa perundang-undangan yang dikembangkan dari norma sosial. Keberadannya kerap dikaitkan dengan pelayanan publik dalam wujud peraturan. Aturan dalam negara tidak hanya membatasi warganya, namun itu juga memberikan pelayanan pada masyarakat secara tidak langsung.

Infrastruktur Keras Non Fisik

Infrastruktur pada jenis itu difokuskan kepada fungsi utilitas publik terkait berbagai kebutuhan masyarakat seperti pasokan energi, pengolahan air, jaringan telekomonikasi hingga ketersediaan listrik. Jenisnya berbeda dari infrastruktur keras karena ini langsung berdampak kepada diri masyarakat.

Infrastruktur keras non fisik ini sifatnya bervariasi dan perwujudannya tidak selalu bisa langsung dilihat secara fisik. Hasil sistemnya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga kehidupan masyarakat lebih baik serta berkembang. Adanya pemenuhan ini tentu berkaitan langsung dengan pemerintah.

Infrastruktur Keras VS Infratruktur Lunak

Infrastruktur keras ini difungsikan sebagai sistem yang ukurannya besar dan mempengaruhi kehidupan masyarakat dengan mengandalkan jaringan fisik. Hal ini merujuk pada sarana serta prasarana fungsional dalam sebuah negara. Tidak heran jika keberadaannya sangat penting untuk kebutuhan warganya.

Pemenuhan kebutuhan ini dilakukan pada sarana transportasi hingga pengadaan pendukungnya. Tanpa perkembangan infrastruktur keras, masyarakat mungkin akan kesulitan ketika harus menuju ke suatu tempat. Berkat agen publik, rakyat lebih dipermudah dalam mengakses sarana dan prasarananya.

Sementara itu, infrastruktur lunak ini lembaga yang memiliki peran untuk menunjang kehidupan bermasyarakat dalam berbagai bidang mulai pendidikan, sosial hingga kebudayaan. Keberadaannya tidak dapat dilihat secara nyata karena abstrak. Contoh dari jenis tersebut ialah sistem politik.

Baik insfrastruktur keras maupun lunak, semuanya memiliki fungsinya masing-masing. Agar pembangunan masyarakat tercapai, perlu keseimbangan antar keduanya. Sarana dan prasarana yang bagus saja tidak cukup. Sistem sosial serta pendidikan pun perlu ditingkatkan kualitasnya.

Ketahui Berbagai Jenis Infrastruktur Keras

Setelah belajar tentang pengertian infrastruktur: arti, jenis, komponen dan contoh infrastruktur, ketahui jenis instruktur keras. Setidaknya ada 3 golongan baik fisik maupun non fisik. Agar pengetahuan Anda makin berkembang, pahami perbedaan diantara ketiganya. Berikut beberapa contohnya:

Infrastruktur Transportasi

Infrastruktur transportasi ini merupakan sistem yang dilakukan dengan tujuan memindah orang maupun barang dari satu area ke tempat lainnya. Praktek konstruksi ini memiliki peranan penting bagi manusia sebab kini jarak tidak lagi menjadi masalah lagi. Bila kualitasnya kurang baik, tentu akan menghambat berbagai aktivitas.

Terdapat berbagai contoh infrastruktur keras pada bagian transportasi, salah satunya yakni Bandar udara. Tempat ini mampu memudahkan masyarakat karena pesawat dapat membawa orang dan barang dengan sangat cepat sehingga waktu bisa sangat dihemat. Berikut adalah contoh lainnya:

  • Transportasi publik yang menghubungkan antar kota/daerah seperti kereta api.
  • Pelabuhan yang berfungsi sebagai transportasi air penghubung antar pulau.
  • Jalur sepeda
  • Jalan rayadan jalan tol serta berbagai infrastruktur pendukungnya.

Infrastruktur Air

Infrastruktur yang selanjutnya adalah air. Salah satu contoh infrastruktur air ialah penyediaan air bersih PDAM untuk masyarakat. Pemenuhan kebutuhan warga ini memberikan solusi kepada masayarakat sehingga mereka dapat mencukupi minimal cairan dalam tubuh.

Selain itu, rutinitas keseharian pun dapat berjalan lancar berkat fasilitas itu. Pemenuhan sistem tersebut sangat penting sebab masyarakat membutuhkannya untuk bertahan hidup. Bila kualitasnya kurang bagus, secara tidak langsung berpengaruh pada kesehatannya. Contoh lainnya ialah:

  • Saluran untuk mengolah air limbah
  • Sistem pemecah gelombang air laut.
  • Sistem untuk mengendalikan air banjir.
  • Alat pembuatan irigasi sawah di pedesaan.
  • Jaringan untuk menyuplai air.
  • Keberadaan selokan di sekitar rumah.

Infrastruktur Energi

Infrastruktur energi ini menitiberatkan pada penggunaan bahan bakar guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terdapat berbagai jenis pada tipe ini antara lain, jaringan tenaga listrik, sistem batu bara dan penyimpanan minyak bumi. Pemerintah berusaha penuh menyediakannya semua untuk warga.

Tanpa adanya jaringan listrik, seseorang akan terhambat melakukan aktivitas sehari-harinya. Apalagi kini hampir setiap rumah telah difasilitasi oleh energi tersebut. Seharusnya, penyediaannya berdasarkan kebutuhan, namun terkadang terjadi kelangkaan di saat tertentu. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Tambang minyak dan gas serta batu bara.
  • Pembangkit listrik.
  • Alat trasnportasi pengangkut gas.
  • Penyimpanan gas alam.
  • Minyak bumi.

Komponen dan Contoh Infrastruktur Menurut APWA

Keberadaan infrastruktur sangat memudahkan kehidupan manusia. Bicara tentang komponen-komponennya, berdasarkan APWA (American Public Works Association) terdapat 13 aspek. Berikut beberapa di antaranya:

Sistem Pengelolaan Air Limbah

Salah satu hal yang menjadi pertanggungjawaban pemerintah terhadap pemenuhan kebutuhan manusia ialah pengelolaan air limbah. Apabila ini tidak diperhatikan cara pembuangannya, tentu akan mencemari lingkungan sekitar. Namun, tiap jenismemiliki penanganan berbeda sehingga tidak bisa disamaratakan.

Pembuangan air limbah rumah tangga ini bisa berakibat fatal sebab beresiko merusak ekosistem sekitar. tidak hanya itu, pembuangan dari pabrik pun perlu diperhatikan dan dibutuhkan sistem terbaik untuk mengolahnya. Hal ini menjadi tugas besar bagi pemerintah guna mengedukasi masyarakatnya.

Sistem Pengadaan Air

Di tempat-tempat terpencil, penyediaan air bersih sangat diperlukan sebab cadangannya sangat terbatas. Apabila pemerintah tidak membantu mereka keluar dari permasalahan ini, tentu dampak berakibat fatal. Salah satunya ialah daerah tersebut mengalami kekeringan sehingga mengakibatan kematian.

Pengadaan air bersih ini harus didukung pembangunan infrastruktur bermutu baik. Apabila tidak dibarengi usaha mumpuni, masyarakat akan terkena imbasnya. Sistem penyediaan air itu harus memonitor daerah mana saja di Indonesia yang membutuhkan PDAM.

Fasilitas Lintas Air dan Navigasi

Selain pengadaan air, pemerintah juga mempertimbangkan fasilitas lintas air. Transportasi ini harus diamati perkembangannya sehingga masyarakat bisa menikmatinya dengan. Dalam pengoperasiannya, infrastruktur tersebut dioperasikan sesuai standar keamanan.

Baca Juga: Kontraktor Bali

Peran pemerintah dalam sistem lintas air ini adalah memastikan bahwa penumpang yang menggunakan transportasi tersebut selamat sampai tujuan. Untuk itu, segala peralatan harus dipersiapkan semuanya termasuk navigasi dan standar keselamatan semua orang, termasuk awak kapal.

Fasilitas Jalur Transportasi

Selain mempertimbangkan lintas air, pemerintah pun diharapkan meningkatkan pelayanan dalam jalur transportasi. Adanya pemenuhan kebutuhan pada aspek ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berpergian ke tempat lainnya. Sarana publik juga sebaiknya diperhatikan keamanannya.

Selain memastikan penyediaan jalur transportasi di seluruh daerah, keamanannya pun perlu ditingkatkan demi membuat masyarakat tenang dan nyaman saat berkendara menggunakan kendaraan umum tersebut. Untuk itu, perlu pengecekan secara berkala pada infrastrukturnya.

Fasilitas untuk Mengelola Limbah Padat

Selain memikirkan tentang jalur transportasi, diharapkan agen publik mampu mengelola limbah padat. Seperti yang diketahui, setiap hari masyarakat Indonesia selalu mengeluarkan sampah hingga penumpukan pun terjadi. Ini tidak boleh dibiarkan karena bisa mengakibatkan kesehatan terganggu.

Pemerintah perlu membuatkan sistem pengolahan limbah padat sehingga sampah yang menggunung agak berkurang. Adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) seharusnya mampu dijadikan area pengolahan limbah. Jadi rakyat tidak perlu lagi merasakan efek buruknya karena itu bisa langsung diolah.

Fasilitas Pengendali Banjir

Infrastruktur lainnya yang tidak kalah penting ialah fasilitas pengendali banjir. Sarana ini dapat dimanfaatkan demi mencegah bencana. Keberadaannya sangat dibutuhkan tertutama bagi kawasan rawan banjir, seperti Jakarta dan sekitarnya. Untuk membuatnya dengan cara membangun tanggul.

Keberadaan tanggul itu dapat mengurangi terjadinya banjir yang kerap terjadi saat musim hujan. Sekilas pengendali air bah tersebut bentuknya seperti bendungan dengan sistem pengaman dari beton. Adanya infratruktur itu cukup efektif dalam menghambat terjadinya bencana.

Sistem Jaringan

Infrastruktur lainnya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat ialah sistem jaringan. Hingga kini banyak orang mengeluhkan tentang buruknya sinyal di tempat mereka. Bahkan, di beberapa area tidak mampu menangkap internet. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan karena kini komunikasi berbasis IT.

Adanya pengadaan sistem jaringan di berbagai daerah begitu memudahkan masyarakat. Daerah terpencil sangat membutuhkan infrastruktur ini sebab areanya masih pelosok dan hampir tidak ada sinyal. Jika ini tidak ditangani dengan baik, perkembangan budaya dan sosial di area itu dapat terhambat.

Komunikasi

Salah satu hal yang penting dan perlu ditingkatkan kembali pengadaannya ialah infrastruktur komunikasi. Dahulu, orang berkomunikasi langsung dan jika ingin berbicara harus face to face. Namun, kini mereka bisa menggunakan handphone untuk berhubungan dengan pihak lain.

Infrastruktur komunikasi ini harus ditingkatkan sebab di beberapa daerah sinyal telepon tidak ada sehingga menyusahkan pengiriman pesan. Dibutuhkan penambahan instalasi sistem jaringan sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati kecanggihan teknologi masa kini.

Fasilitas Gas Alam

Infrastruktur yang perlu disediakan untuk mencapai kemakmuran bangsa ialah fasilitas gas alam. Salah satunya yakni LPG. Keberadaan sumber daya ini sangat dibutuhkan rakyat karena memasak dengan energi tersebut jauh lebih cepat dibandingkan kompor minyak.

Sayangnya, terkadang gas alam tersebut mengalami kelangkaan sehingga membuat masyarakat bingung mencari solusinya. Agar tidak terjadi hal semacam itu, pemerintah perlu menyiapkan langkah jitu guna mendapatkan LPG berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Gedung Publik

Infrastruktur lainnya ialah gedung publik. Salah satunya yakni sekolah, tempat siswa menuntut ilmu. Bangunan diharapkan layak dan nyaman sehingga murid dapat khusyuk berkonsentrasi. Sayangnya, hingga kini masih ada gedung bobrok yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Infrastrukturnya harus segera diperbaiki agar tidak menelan korban. Penanganan terhadap gedung-gedung publik ini sebaiknya diutamakan sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman menggunakannya. Agen publik disarankan memahami betapa pentingnya keberadaan fasilitas ini.

Fasilitas Perumahan Publik

Bicara tentang infrastruktur, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah fasilitas perumahan publik. Pengadaan bangunan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama para pasangan muda. Agen publik diharapkan menyediakan gedung berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Tidak hanya nyaman, faktor keamanannya pun perlu dipertimbangkan. Agar fasilitas tersebut bisa diperoleh, pemerintah diharapkan menyiapkan lahan lebih. Dengan begitu, semua orang mampu mendapatkan kenyaman tinggal dalam rumah. Untuk itu, infrastruktur pada bidang ini perlu diperhatikan.

Taman Difungsikan sebagai Daerah Resapan

Ada lagi infrastruktur penting yang harus dipahami dan ditingkatkan lagi yakni taman kota. Keberadaan tempat ini umumnya difungsikan sebagai salah satu tempat refreshing. Namun, sebenarnya itu dapat dibuat lebih berguna dengan menjadikannya sebagai daerah resapan.

Untuk mewujudkan taman kota sebagai daerah resapan, perlu melakukan berbagai usaha agar daerah itu tidak hanya indah, namun memiliki fungsi yang bermanfaat. Pembuatan sistem tersebut harus dilakukan dengan menggandeng orang-orang ahli di bidangnya.

Sistem Transit Publik

Salah satu infrastruktur yang digunakan oleh masyarakat ialah sistem transit publik. Pelayanan transportasi pada area ini harus ditingkatkan sehingga warga dapat nyaman saat menggunakannya. Apabila layanannya kurang, bisa jadi rakyat takkan betah memakainya.

Di beberapa kota, keberadaan halte masih kurang layak sehingga ini akan mengurangi minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum. Untuk menangani hal itu, pemerintah akan memperbaiki infrastruktur transt publik sehingga warga dapat memanfaatkannya dengan baik.

Komponen Infrastruktur Menurut P3KT dan Contohnya

Sedikit berbeda dari APWA, P3KT memiliki komponen infratruktur yang cukup unik. Di sini permasalahan tentang pasar juga ditangani oleh agen publik. Jika Anda penasaran akan hal ini, berikut beberapa di antaranya:

Jalan Kota

Salah satu aspek yang bisa ditangani pada permasalahan infrastruktur ialah jalanana kota. Jalur ini selalu dilewati oleh kendaraan sehingga kerap memiliki berbagai kendala. Salah satunya adalah keberadaan lubang di jalan sehingga masyarakat berpotensi mengalami kecelakaan.

Infratsruktur jalan kota harus diperhatikan sehingga masyarakat dapat berkendara dengan aman hingga ke tempat tujuan. Pembersihan dan perbaikan jalanan harus diagendakan jadi kondisinya bisa nyaman ketika dilewati oleh masyarakat.

Perencanaan Kota

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ialah perencanaan kota. Jika suatu daerah hanya diperbaiki fasilitasnya tanpa melihat infrastrukrurnya secara keseluruhan, tata ruangnya akan kacau. Oleh karena itu, pembangunan di perkotaan harus ditekan sehingga daerah tersebut tetap indah dan nyaman.

Untuk merencanakan penataan kota, diperlukan pengetahuan luas dan kerja sama dari yang ahli. Pemerintah juga perlu menggandeng orang-orang berpengalaman di bidangnya sehingga daerah tersebut dapat tertata dengan baik. Bila cara itu diterapkan, dijamin lingkungan akan jauh lebih indah.

Peremajaan Kota

Beberapa kota mungkin membutuhkan peremajaan, apalagi jika kawasan di sebuah daerah terlihat kumuh oleh sampah. Salah satu penyebab dibutuhkannya tindakan ini ialah untuk memperbaharui suatu tempat sehingga lingkungan kurang layak menjadi lebih baik dan nyaman ditinggali.

Di kawasan perkotaan, keberadaan pemukimanan kumuh sangatlah mengganggu lingkungan. Hal ini dikarenakan kawasannya tidak bersih sehingga tidak enak dipandang dan tidak menyehatkan. Salah satu cara menanganinya ialah melakukan pembongkaran dan menggantinya dengan rumah susun.

Pembangunan Kota Baru

Infrastruktur lainnya yang terkadang dilakukan oleh pemerintah ialah pembangunan kota baru. Sistem ini merujuk pada pembukaan lahan di sebuah area untuk dijadikan tempat tinggal. Aktivitas itu dilakukan dengan tujuan meratakan penduduk di Indonesia.

Umumnya pembukaan lahan dilakukan di daerah yang masih jarang penduduknya. Untuk mensukseskan program ini, pemerintah mengadakan transmigrasi besar-besaran sehingga masyarakat dapat dialokasikan ke tempat baru tersebut. Cara itu dilakukan demi mewujudkan kota baru nan potensial.

Persampahan

Sistem infrastruktur lainnya yang tidak kalah penting ialah persampahan. Pemerintah seharusnya melakukan penanganan lebih kepada limbah padat. Jika ini tidak dilakukan, keberadaan sisa makanan tersebut akan mengotori serta menciptakan polusi lingkungan.

Oleh karena itu, dibutuhkan tempat mengelola sampah yang baik dan benar sehingga lingkungan dapat tertata dengan baik. Tidak hanya mengumpulkannya, TPA diharapkan bisa menjadikannya sebagai barang berguna dan memiliki nilai jual. Pemerintah perlu memikirkan solusi terbaiknya.

Perbaikan Pasar

Infrastruktur lain yang harus dipertimbangkan untuk diperbaiki ialah pasar. Tempat ini selalu digunakan untuk kegiatan jual beli hampir setiap hari. Tidak hanya menjual makanan, berbagai kebutuhan rumah pun dapat ditemukan di sini. Sayang, terkadang fasilitasnya kurang layak jadi butuh perbaikan.

Pemerintah disarankan melakukan pendataan pada pasar mana saja yang membutuhkan perbaikan infrastruktur. Apabila tempat umum tersebut diperbaiki, maka kenyamanan berbelanja pun dapat diraih sehingga masyarakat lebih nyaman ketika beraktivitas di sana.

Perbaikan Kampung

Infrastruktur lainnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan ialah perbaikan kampung. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pengataman lalu memperbaiki sarana dan prasarana desa tersebut. Apabila daerah itu direnovasi, situasinya akan lebih nyaman saat ditinggali.

Jika memperbaiki desa, masyarakatnya akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Perbaikan terhadap infrastruktur ini dapat memberikan kemakmuran pada masyarakat. Agar hal itu terwujud, pemerintah perlu memprioritaskannya terutama pada kawasan kumuh.

Air Limbah

Air limbah harus ditangani secara baik yakni mengelolanya dengan baik. Apabila sisa produksi pabrik tidak dikelola secara profesional, hal ini bisa mendatangkan efek buruk bagi warga di sekitar perusahaan tersebut. Alhasil, masyarakat beresiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

Untuk itu, pemerintah pasti menanganinya secara profesional. Selain itu, pihak pabrik juga harus diberi solusi dengan cara mengedukasi terkait pembuangan air limbah. Jika hal ini tidak diterapkan, maka harus ditindak tegas sebab akan memberikan efek negatif pada lingkungan serta masyarakat.

Baca Juga: Ukuran Baja Ringan

Demikian informasi yang harus dipahami tentang pengertian infrastruktur: arti, jenis, komponen dan contoh infrastruktur. Bisa dikatakan, ada beberapa komponen penting dalam sistem tersebut. Kegunaannya sangat bagus karena dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tinggalkan Balasan