Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Bicara tentang pengertian lingkungan menurut para ahli, hingga kini masih banyak orang yang tidak memahami definisinya. Walaupun istilah itu kerap digunakan dalam bidang biologi, tetapi agar lebih paham sebaiknya Anda ketahui beberapa ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Pentingnya Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Pentingnya Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Manusia tidak bisa hidup sendiri karena membutuhkan makhluk lainnya, tidak terkecuali tumbuhan dan hewan. Tanpa keberadaan alam, orang tidak mampu bertahan, sebab lingkungan adalah faktor penentu utama seseorang dapat hidup hingga saat ini.

Sayangnya, segelintir orang tidak peduli akan hal tersebut. Hingga kini banyak fenomena mengerikan terjadi karena alam dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Sepertinya mereka tidak memahami esensi menjaga ekosistem.

Dalam ilmu ekologi, dijelaskan bahwa unsur-unsur lingkungan termasuk manusia memiliki keterkaitan masing-masing. Jika alam mengalami kerusakan, makhluk hidup pula yang akan kena imbasnya. Sebagai contoh, saat ada banjir di perkotaan, akan terjadi kerusakan dan timbul beberapa penyakit.

Padahal terjadinya banjir ini umumnya disebabkan karena orang tidak menjaga lingkungannya dengan baik. Sampah-sampah dibiarkan menggunung hingga tidak ada tempat bagi air untuk lewat. Alhasil, luapan air pun terjadi dimana-mana walaupun sebenarnya bisa dicegah.

Beberapa Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Beberapa Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Lingkungan hidup merupakan salah satu hal yang telah dipelajari sejak berada di bangku sekolah. Materi ini diperkenankan pendidik agar siswa mampu memahami dengan baik pada hal-hal di sekitarnya. Komponen utamanya sangat banyak mulai dari tanah hingga udara. Lantas apa pengertiannya? Berikut beberapa pengertian lingkungan menurut para ahli.

Pengertian Lingkungan Menurut Darsono

Lingkungan ialah seluruh benda termasuk manusia beserta aktivitasnya yang ada di sebuah tempat. Keberadaan makhluk hidup ini digambarkan mampu mempengaruhi kegiatan organisme lainnya sebab ada keterkaitan antara satu dengan sekitarnya.

Dari definisi di atas terlihat bahwa Darsono menganggap bahwa seluruh makhluk hidup beserta tempat tinggalnya merupakan lingkungan. Tidak hanya benda mati, namun hewan serta tumbuhan juga termasuk ke dalamnya. Selain itu, aktivitas seseorang dapat mempengaruhi makhluk yang lainnya.

Pengertian Lingkungan Menurut Emil Salim

Emil Salim (1976) menerangkan bahwa lingkungan ialah segala sesuatu atau kondisi yang ada di sebuah tempat. Keberadaannya sangat mempengaruhi makhluk hidup di dalamnya (termasuk manusia). Pengertian ini memiliki arti bahwa suatu peristiwa alam dapat memberikan dampak organisme lainnya.

Dari definisi itu bisa disimpulkan bahwa, kondisi yang terjadi di suatu tempat semisal kebakaran hutan sangat mempengaruhi keadaan lainnya. Para satwa kehilangan rumahnya dan manusia di sekitarnya pun terancam meninggal jika tidak mampu menyelamatkan diri.

Pengertian Lingkungan Menurut Soedjono

Soedjono menerangkan bahwa lingkungan ialah seluruh unsur fisik yang bisa dilihat oleh panca indera dan berada di alam seperti tumbuhan, hewan serta manusia. Dia hanya membatasi pengertiannya terhadap sesuatu benda atau makhluk hidup berwujud saja.

Apabila suatu hal tidak mampu dilihat secara langsung wujudnya, maka tidak bisa dinamakan lingkungan hidup. Definisi menurut Soedjono ini agak terbatas karena sebuah kondisi tidak digolongkan ke kategori lingkungan alam. Hanya makhluk bernyawa dan unsur fisik berwujud saja yang termasuk di dalamnya.

Pengertian Lingkungan Menurut KBBI

Menurut KBBI, lingkungan ialah kawasan atau daerah yang ada pada suatu tempat. Fokus pada definisi ini hanya mengacu pada keberadaan areanya saja. Dari pengertian itu, terlihat bahwa sebuah desa dapat termasuk di dalamnya karena berada di satu kelurahan.

Pengertian lingkungan menurut KBBI sedikit berbeda dari definisi sebelumnya karena ini hanya mengacu pada wilayah saja. Sebagai contoh, di sebuah kabupaten terdiri dari kecamatan yang mana tiap daerahnya memiliki wewenang masing-masing. Pembagian area itu dikarenakan perbedaan kekuasaan.

Pengertian Lingkungan Menurut Otto Soemarwoto

Otto mengatakan bahwa lingkungan ialah seluruh benda dan kondisi yang berada dalam satu ruang sehingga mempengaruhi aktivitas manusianya. Jika mengacu pada definisi itu, maka jumlahnya tidak terbatas. Namun, bisa diberikan batasan dengan melihatnya dari perspektif tertentu.

Sebagai contoh, bumi seisinya yang luas termasuk lingkungan. Namun Anda bisa menyebutkan sesuai wujudnya semisal danau, sungai dan gunung. Jadi pengertian itu dapat dibuat sederhana dengan mengaitkannya pada fenomena alam di sekitar.

Pengertian Lingkungan Menurut Amsyari

Amsyari menyatakan bahwa lingkungan dibagi menjadi 3 kategori. Pertama yakni lingkungan fisik yang diciptakan di sekitar manusia sebagai contoh gunung, rumah dan gubuk. Kedua adalah lingkungan biologis yaitu semua unsur fisik baik tumbuhan maupun hewan.

Kategori ketiga yaitu manusia yang tinggal berdampingan dengan alam. Pengertian ini sangat lengkap karena memberikan konsep dasar secara terperinci. Bumi dan isinya juga termasuk dalam lingkungan hidup. Tidak hanya makhluk bernyawa saja, namun tempat tinggal pun termasuk dalam tipe tersebut.

Pengertian Lingkungan Menurut Sri Hayati

Salah satu ahli terkenal, Sri Hayati mendefinisikan lingkungan adalah kesatuan antara benda, makhluk hidup dan tempat. Seluruhnya hadir di satu wilayah dan bersinergi bersama. Dia juga menyatakan bahwa perilaku manusia terhadap organisme lainnya pun termasuk dalam definisi tersebut.

Lingkungan akan menjadi baik apabila manusia mampu menjaga benda-benda serta alam di sekitarnya dengan baik. Jika orang memelihara tumbuhan dan hewan secara maksimal, tentu habitat takkan rusak sehingga kemakmuran bagi seluruh jagat raya bisa diciptakan.

Pengertian Lingkungan Menurut Bintarto

Lingkungan menurut para ahli adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia baik benda berwujud maupun tidak berwujud. Keberadaannya dapat mempengaruhi aktivitas manusia, begitu pula sebaliknya. Sebagai contoh, saat terjadi fenomena alam, orang akan terpengaruh dampaknya.

Namun, fenomena alam seperti banjir ini sebenarnya terjadi karena manusia kurang bisa menjaga habitat sekitarnya. Adanya keterkaitan antara lingkungan dengan makhluk itu dikarenakan orang hidup berdampingan dalam satu habitat yang sama yakni bumi.

Pengertian Menurut Michael Allaby

Salah satu tokoh terkenal, Michael Allaby mendefinisikan lingkungan alam ialah lingkungan fisik, biotis dan kimiawi di sekitar organisme. Seperti yang diketahui manusia hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan di satu habitat. Adanya ekosistem ini saling mempengaruhi penghuninya.

Lingkungan fisik bermakna alam tempat tinggal manusia dan hewan seperti hutan, sungai dan gunung. Dalam suatu habitat, oragnisme memiliki hak untuk hidup. Jika keberadaannya terancam, ekosistem akan berubah. Sebagai contoh, bila hutan gundul, hewan berpotensi merusak rumah penduduk.

Pengertian Lingkungan Menurut Sambas Wirakusuma

Lingkungan merupakan seluruh hal yang mengandung kondisi biologis yakni makhluk hidup serta adanya pembelajaran terkait alam. Wirakusuma menyebutkan bahwa ilmu tentang organisme dipelajari secara mendalam. Keberadaan materi tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Manusia bisa belajar lebih sehingga lingkungan dapat terjaga dengan baik. Definisi ini sangat unik dan berbeda dari pengertian lainnya. Wirakusuma tidak hanya berfokus pada keberadaan organisme beserta habitatnya saja, namun keilmuannya pun diulas secara ringkas.

Pengertian Lingkungan Menurut Jonny Purba

Jonny Purba mendefinisikan lingkungan adalah area di mana berbagai interaksi dilakukan oleh masyarakat di kelompoknya. Hubungan yang terbentuk dalam pola tersebut dilakukan sambil menjunjung nilai-nilai kehidupan. Definisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengertian lainnya.

Dari definisi tersebut terlihat bahwa lingkungan digambarkan sebagai tempat untuk melaksanakan interaksi. Aktivitas itu dilakukan oleh manusia dalam tempo waktu tertentu. Sebagai contoh, pasar adalah salah satu area yang dipakai guna melakukan transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli.

Pengertian Lingkungan Menurut Mundajat Danusaputro

Pengertian Lingkungan hidup adalah seluruh makhluk hidup dan benda di sekitarnya yang ada di satu tempat. Dalam ruang lingkup itu manusia memiliki andil untuk mengubah atau memperbaiki tatanan alam. Dengan kekuatannya, seseorang dapat berperilaku baik guna mensejahterakan bumi seisinya.

Namun, perilaku manusia yang kurang terpuji juga bisa mempengaruhi keadaan alam. Sebagai contoh, manusia membakar hutan hingga hangus terbakar. Ini akan membuat hewan-hewan mati serta kehilangan tempat tinggalnya. Otomatis, banyak binatang menerjang pedesaan di sekitarnya.

Pengertian Lingkungan Menurut Kamus Ekologi

Selain KBBI, Kamus Ekologi juga mendefinisikan tentang lingkungan. Berdasarkan buku tersebut, environment merupakan hubungan antara makhluk hidup dengan benda tidak hidup lainnya dalam satu ruang. Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa ini adalah kesatuan antara organisme dan alam.

Seperti yang diketahui, manusia, tumbuhan dan hewan tinggal bersama-sama di satu kawasan. Orang mengonsumsi tumbuhan dan hewan demi bisa bertahan hidup. Adanya interaksi ini terjadi dalam satu wilayah. Kesatuan antara makhluk dan alam inilah yang dinamakan lingkungan.

Pengertian Lingkungan Menurut S.J. McNaughton dan Larry L Wolf

Tokoh terkenal yakni McNaughton dan Wolf mendefiniskan lingkungan hidup adalah, seluruh faktor eksternal yang sifatnya fisika dan biologi serta memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia. Adanya pengaruh ini juga mengacu ke perkembangan reproduksi serta pertumbuhan organisme.

Fenomena alam mampu memberikan dampak bagi perkembangan hidup manusia serta organisme lainnya. Sebagai contoh, adanya longsor di hutan memiliki dampak yang buruk bagi manusia dan hewan di sekitarnya. Bencana tersebut merupakan salah satu gangguan eksosistem akibat penggundulan hutan.

Pengertian Lingkungan Menurut Ahmad

Lingkungan hidup adalah sebuah sistem dalam kehidupan manusia yang bisa berubah karena perilaku orang di sekitarnya. Dari pengertian tersebut terlihat bahwa seseorang memiliki andil besar untuk menciptakan alam nan permai atau justru sebaliknya.

Dari definisi itu terlihat bahwa manusia dapat menciptakan perdamaian atau memusnahkan alam di sekitarnya. Sebagai contoh, orang dapat memelihara hutan agar tetap hijau atau ia menebanginya sehingga ekosistem di sekitar menjadi rusak. Ia bisa memilih opsi manapun sesuai hati nuraninya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Supardi

Supardi menyatakan bahwa lingkungan ialah makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar. Kondisi alam juga termasuk dalam definisi ini. Ia juga menjelaskan bahwa itu terbagi menjadi 2 yakni lingkungan fisik dan non fisik. Adanya pembedaan tersebut dikarenakan wujudnya juga berbeda.

Lingkungan fisik ialah segala sesuatu yang bisa dilihat secara kasat mata, antara lain, danau, sungai, laut dan gunung. Sedangkan lingkungan non fisik adalah hubungan antara seseorang dengan lainnya. Sebagai contoh, interaksi antara pegawai dan bosnya di kantor ialah hubungan formal.

Pengertian Lingkungan Menurut Undang-undang No 23 Tahun 1997

Berdasarkan Undang-undang No 23 tahun 1997, lingkungan ialah benda, keadaan dan makhluk hidup yang disatukan di sebuah tempat. Keberadaan manusia pada ruang tersebut memiliki pengaruh besar bagi masyarakat. Bisa dikatakan seseorang memiliki andil dalam mensejahterakan pihak lainnya.

Dari definisi di atas terlihat bahwa manusia serta organisme lain termasuk dalam pengertian lingkungan. Selain itu, tempat tinggal pun juga masuk ke kategori tersebut. Seseorang memiliki pilihan cukup besar untuk menghijaukan alam atau merusaknya secara egois.

Pengertian Lingkungan Menurut Undang-undang No 32 Tahun 2009

Berdasarkan Undang-undang No 32 tahun 2009, lingkungan ialah kesatuan manusia, benda, keadaan serta makhluk hidup lainnya dalam suatu tempat. Di sini perilaku orang-orang juga termasuk kategori tersebut. Keberadannya sangat mempengaruhi kehidupan serta organisme di sekitarnya.

Manusia yang tinggal di bumi tidak hidup dengan pasif. Ia memiliki peranan karena secara kontinyu berinteraksi dengan pihak lainnya. Semuanya saling berkaitan sehingga jika seseorang melakukan kejahatan pada alam, makhluk hidup dan ekosistem dapat terganggu.

Pengertian Lingkungan Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, lingkungan adalah segala hal yang dapat ditemukan di sekitar makhluk hidup serta memberikan hubungan timbal balik. Definisi ini sangat luas karena banyak unsur di dalamnya antara lain tumbuhan, hewan, manusia dan alam.

Adanya hubungan timbal balik ini dapat terlihat di kegiatan penanaman kembali hutan yang gundul. Manusia merawat lingkungan dan manfaatnya akan dirasakan dalam beberapa tahun ke depan. Adanya keuntungan itu mempengaruhi flora dan fauna di sekitar area tersebut.

Pengertian Lingkungan Menurut Ensiklopedia Kehutanan

Menurut Ensiklopedia Kehutanan, lingkungan hidup ialah keseluruhan jumlah faktor-faktor non genetik yang memberikan pengaruh pada reproduksi pohon. Berdasarkan pengertian ini dapat disimpulkan bahwa definisinya hanya mengacu pada tumbuhan.

Lingkungan didefinisikan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman baik di sawah, hutan maupun area lainnya. Penyebanya hanya difokuskan pada non genetik yakni d luar tumbuhan itu sendiri baik manusia maupun hewan.

Pengertian Lingkungan Menurut Nursid Sumaatmadja

Nursid (2003) menyatakan bahwa lingkungan adalah benda yang memberikan pengaruh pada kehidupan makhluk hidup. Wujudnya dapat berupa barang berwujud maupun situasi atau kondisi. Merujuk pada definisi itu, terlihat jelas bahwa materi bisa terlihat maupun tidak mampu dirasakan.

Lingkungan didefinisikan sebagai hal-hal yang menunjang kehidupan seperti tumbuhan. Tanaman berperan penting dalam hidup manusia. Flora tersebut difungsikan untuk berbagai manfaat, mulai bahan baku makanan, sandang hingga tempat tinggal. Maka, keberadannya sangat penting bagi masyarakat.

Pengertian Lingkungan Menurut Siahaaan

Menurut Siahaan (2004), lingkungan ialah seluruh benda dan situasi yang berada di suatu area dengan manusia. Dalam ruang lingkupnya, ia menambahkan bahwa keberadaannya berpengaruh besar di kehidupan masyarakat. Contoh kongkretnya antara lain, padi, wol dan pohon kelapa.

Pohon kelapa termasuk dalam salah satu unsur lingkungan hidup. Keberadannya tidak hanya mampu menaungi orang di bawahnya. Tanaman itu juga bisa digunakan sebagai bahan makanan serta batangnya dapat dipakai untuk membuat rumah atau bangunan lainnya.

Pengertian Lingkungan Secara Umum

Pengertian Lingkungan Secara Umum

Secara singkat, lingkungan ialah kondisi fisik yang ada di sekitar manusia, baik berupa fenomena alam maupun organisme lainnya. Makhluk hidup juga termasuk di ruang lingkup tersebut. Di samping itu, manusia memiliki pernan penting dalam keberlangsungan ekosistem.

Perilaku manusia yang baik akan menyelamatkan bumi seisinya. Namun, apabila orang tidak bisa menghargai lingkungan, alam berpotensi rusak. Aktivitas masyarakat memiliki pengaruh sangat kuat, karena dapat menggunakan kekuatannya untuk menjaga atau berbuat keji pada keadaan sekitar.

Perilaku manusia dapat membuat bumi yang ditinggal tetap merasa nyaman atau justru sebaliknya. Adanya pilihan itu seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat agar tidak terjadi kerusakan alam. Bila ekosistem telah rusak, cukup sulit memperbaikinya. Bahkan perlu waktu cukup lama untuk regenerasi.

Selain membutuhkan waktu lama, alam juga tidak bisa pulih tanpa adanya kesadaran dari pihak lainnya. Adanya pengertian akan lingkungan ini diharapkan memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk lebih menghargai dan merawatnya dengan baik. Jika bumi dijaga, tentu semua makhluk hidup dapat sejahtera.

Jenis-jenis Lingkungan Menurut Wujudnya

Jenis-jenis Lingkungan Menurut Terjadinya

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di bumi baik makhluk hidup maupun ruang tempat tinggal para organisme. Dilihat dari wujudnya, terdapat 2 kategori yakni lingkungan fisik dan lingkungan biotik. Berikut adalah ulasan secara singkatnya:

Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik adalah makhluk yang hidup di sebuah habitat yakni manusia, tumbuhan dan hewan. Ini memiliki pengaruh besar bagi keberlangsungan organisme lainnya. Dampaknya bisa negatif maupun positif (bergantung pada individu masing-masing). Sebagai contoh, manusia makan ayam.

Hewan itu dijadikan sebagai bahan makan oleh manusia. Ini merupakan pengaruh positif karena bisa dimanfaatkan untuk bertahan hidup. Sementara itu, keberadaan parasite pada sebuah tumbuhan akan sangat merugikan bagi keberlangsungan tanaman tersebut.

Lingkungan Fisik

Kategori kedua ialah lingkungan fisik. Unsur abiotik itu terdiri dari 3 jenis yakni udara, air dan tanah. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi poin itu salah satunya adalah matahari. Tanpa sinarnya, tumbuhan tidak akan bisa melakukan fotosintesis. Namun, jika radiasinya berlebihan ini akan merugikan.

Radiasi matahari mampu memberikan efek panas yang teramat sangat hingga manusia dapat mengalami kanker kulit. Agar lingkungan fisik ini bisa seimbang, orang harus menjaga alam dengan baik. Contohnya yakni tidak menebangi pepohonan di hutan sebab itu akan memicu kenaikan suhu udara.

Jenis-jenis Lingkungan Menurut Terjadinya

Manusia, hewan dan tumbuhan tinggal dalam satu tempat yang sama. Bila melihat materi lingkungan hidup, ada beberapa kategori menurut terjadinya yakni lingkungan alami dan buatan. Berikut adalah ulasan singkatnya:

Lingkungan Alami

Lingkungan alami adalah segala sesuatu yang tercipta natural tanpa bantuan atau modifikasi dari manusia. Proses ini terjadi begitu saja baik melalui kimiawi atau bilogis. Unsur-unsurnya tercipta secara dinamis, antara lain, gunung, rawa, lembah dan hutan.

Gunung diciptakan oleh Tuhan dan telah ada sejak dahulu kala. Manusia tidak membuatnya, namun orang terkadang merusaknya secara tidak sengaja. Contoh kongkretnya ialah kini bukit banyak yang longsor karena pohon-pohonnya digunduli oleh tangan-tangan tidak bertanggungjawab.

Lingkungan Buatan

Pengertian Lingkungan buatan ialah lingkungan yang diciptakan oleh bantuan manusia. Umumnya orang menggunakan tambahan tenaga berupa teknologi saat menciptakan sesuatu. Selain itu, dibutuhkan kecerdasan saat mendesainnya. Contohnya antara lain, pasar, waduk dan sekolah.

Sekolah termasuk dalam lingkungan buatan. Tempat ini dibangun oleh kontraktor yang memperkerjakan arsitek dan para kuli bangunan. Durasi pengerjaannya bervariasi tergantung seberapa luas daerahnya. Tujuan dibuatnya area tersebut ialah untuk memenuhi kebutuhan siswa saat menuntut ilmu.

Jenis-jenis Lingkungan Alam Menurut Karakteristiknya

Pembedaan ekosistem alam juga dilakukan oleh Sciences Society. Dilihat dari karakteristiknya terdapat 2 jenis yakni ekologi lengkap dan sumber daya lengkap. Berikut adalah macam-macam lingkungan hidup yang perlu diketahui:

Ekologi Lengkap

Ekologi lengkap ialah unsur alami yang terjadi secara sistematis tanpa bantuan atau intervensi dari manusia. Seluruhnya terjadi natural, berdasarkan fenomena kemunculannya. Contohnya antara lain, tanah, batuan, pasir dan vegetasi. Berbagai fenomena alam juga bisa digolongkan dalam tipe ini.

Ekologi lengkap itu tersusun atas material-material yang keberadaannya dapat terlihat secara nyata dan terkadang bisa digunakan oleh manusia. Kegunaan tersebut demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Unsur lingkungan alam ini terjadi natural serta tidak direkayasa oleh orang.

Sumber Daya Universal

Lingkungan hidup juga tersusun atas sumber daya universal, yakni fenomena fisik di sekitar yang tidak memiliki batas jumlah. Terdapat beberapa contoh kongkretnya antara lain, air, udara dan listrik. Terlihat jelas bahwa kategori ini tidak diciptakan dari kegiatan manusia.

Keberadaannya tidak terbatas karena bisa diperoleh di mana saja. Sebagai contoh, air ditemukan di mana saja baik sungai, danau dan laut. Batasan jumlahnya tidak berbatas jadi termasuk dalam kategori sumber daya universal. Bisa dikatakan, semua fenomena fisik ini akan terjadi dengan syarat unlimited.

Unsur-unsur yang Menyusun Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah kesatuan yang terjadi antara makhluk hidup dengan alam sekitarnya. Manusia dan perilakunya juga termasuk dalam definisi tersebut. Adanya konsep ini tersusun atas 3 hal. Konsep pertama ialah biotik. Komponennya terdiri dari makhluk hidup baik manusia, hewan serta tumbuhan.

Berbagai organisme yang hidup dan mampu berkembang biak termasuk dalam kategori tersebut. unsur kedua yakni abiotik. Semua benda mati di sekitar makhluk hidup masuk ke tipe ini. Contohnya antara lain, sungai, tanah, iklim, cahaya matahari serta bulan.

Unsur ketiga dari lingkungan hidup yakni lingkungan sosial dan budaya. Kategori tersebut terbentuk karena adanya interaksi dalam kehidupan masyarakat sehingga menciptakan kebudayaan. Contohnya antara lain, norma, peraturan, gagasan serta kebijakan.

Di dalam kehidupan masyarakat terdapat norma yang harus dipatahi. Peraturan itu muncul karena seluruh warga sepakat untuk menjadikannya aturan. Jika dilanggar, umumnya ada hukuman tertentu. Pemberian sangsi diberikan agar orang mematuhi budaya tersebut.

Faktor Penyebab Kerusakaan Lingkungan Alam

Kerusakan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat mengerikan. Selain bisa mempengaruhi kehidupan manusia, peristiwa tersebut juga dapat mengancam jiwa seseorang. Untuk menghindarinya, ketahuilah beberapa faktor penyebabnya.

Faktor Alam

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kerusakan lingkungan adalah peristiwa alam. Hutan porak poranda bisa saja terjadi karena bencana. Adanya momen ini tidak dapat diduga jauh-jauh hari. Contoh musibah tidak terprediksi lainnya antara lain, Tsunami, gempa bumi, letusan gunung api dan kemarau.

Saat Tsunami terjadi, otomatis akan menyapu apapun yang ada di sekitarnya. Tidak hanya hewan, manusia dan barang-barang pun bisa lenyap ditelan bencana tersebut. Adanya fenomena alam ini tidak dapat dicegah karena terjadi secara alami.

Faktor Buatan

Selain bencana, hal yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan adalah faktor buatan. Umumnya ini dilakukan oleh manusia. Ada berbagai contoh aktivitas perusak habitat, antara lain, penggundulan hutan, pembakaran lahan gambut dan eksploitasi sumber daya alam besar-besaran.

Adanya fenomena tersebut sangat merugikan. Lingkungan yang seharusnya bisa memberikan banyak manfaat untuk makhluk hidup harus rusak dan musnah hanya karena ulah manusia. Seharusnya orang memahami bahwa alam perlu dijaga serta dirawat agar anak cucu juga dapat menikmati keindahannya.

Demikian pengertian lingkungan menurut para ahli yang perlu diketahui. Selain mengetahui definisinya, kini Anda mengetahui bahwa terdapat beberapa jenisnya. Dapat dikatakan, keberadaannya sangat penting sehingga manusia perlu merawatnya dengan baik.

Tinggalkan komentar