pengertian microsoft word

Pengertian Microsoft Word, Sejarah & Fungsinya

Diposting pada

Penggunaan teknologi dan software Microsoft Word untuk berbagai keperluan mengolah kata saat ini bukan menjadi hal yang asing lagi. Anda pun harus menguasasi berbagai macam teknik Pengertian Microsoft Word, Sejarah & Fungsinya supaya benar-benar mahir dalam penerapannya.

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word adalah

Semua pengguna diharapkan bisa mengembangkan pengetahuan mengenai Microsoft Word secara lebih mendalam, dengan cara memahami pengertiannya terlebih dahulu dari berbagai situs serta para ahli. Jika hal itu sudah dikuasai, maka menggunakan program pengolah data tersebut menjadi mudah dan sarat makna. Berikut ulasannya:

Pengertian Microsoft Word Menurut Wikipedia

Tahukah Anda sebenarnya apa itu Microsoft Word? Menurut definisi yang diungkapkan oleh situs Wikipedia, hal itu merupakan sebuah perangkat lunak untuk pengolah kata. Atau biasa disebut dengan word processor buatan perusahaan ternama dunia yaitu Microsoft.

Baca Juga: Perbedaan Microsoft Word 2013 dan 2016

Jadi dalam konteks ini Wikipedia hanya menuturkan bahwasannya Microsoft Word hanya fokus pada segala aktivitas yang melibatkan pengolahan kata saja di perangkat komputer, laptop dan juga mobile. Keberadannya sudah sangat populer dan wajib diinstall oleh setiap pengguna.

Di samping itu, menurut informasi dari Wikipedia, nama depan dari Microsoft Word itu sesungguhnya diambil atau disadur dari perusahaan pembuatnya. Maka dari itu, Anda jangan heran jika menemui software pengolah kata lain sebagai kompetitornya.

Pengertian Microsoft Word Menurut Wahana Komputer

Wahana Komputer yang merupakan salah satu produsen alat-alat dan perangkat komputer di Indonesia, mendifinisikan bahwa Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi pengolah kata. Fungsinya yakni membantu manusia dalam pembuatan berbagai macam dokumen.

Masih menurut Wahana Komputer, dokumen yang dapat dibuat menggunakan Microsoft Word bisa dimulai dari yang paling sederhana hingga kompleks dengan tingkat kerumitan tinggi. Seperti halnya ada penambahan gambar, diagram, tabel serta warna-warna lain pada setiap komponennya.

Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan aplikasi itu untuk membuat berbagai macam hal yang ada hubungannya dengan kata. Hal ini meliputi berkas atau dokumen lembaran, amplop surat, buku, majalah, karya ilmiah dan masih banyak lagi lainnya.

Pengertian Microsoft Word Menurut Purnomo

Pengertian Microsoft Word selanjutnya diungkapkan oleh Purnomo yang merupakan seorang ahli komputer di Indonesia. Ia menuturkan jika hal itu merupakan sebuah perangkat pengolah kata terbaru keluaran perusahaan Microsoft. Ini menandakan jika sebelumnya telah ada software serupa.

Jadi, dengan menggunakan Microsoft Word, Anda telah memanfaatkan program pengolah kata paling baru. Oleh sebab itu, maka konten di dalamnya pun sudah pasti lengkap serta update mengikuti perkembangan zaman. Tampilannya pun sangat menarik dan mudah digunakan bagi pemula.

Dengan adanya teknologi terbaru dan terlengkap di program pengolah kata itu, Anda bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Gunakan fitur-fiturnya untuk membantu pekerjaan sehari-hari agar lebih cepat selesai. Update juga softwarenya secara berkala agar tidak kadaluarsa serta error.

Pengertian Microsoft Word Menurut Iskandar

Iskandar (2003) menyebutkan bahwa Microsoft Word adalah sebuah aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan oleh pengguna komputer dalam berbagai bidang, baik itu pendidikan, bisnis maupun perusahaan berskala kecil dan besar dengan jangkauan penggunaan yang sangat luas.

Selanjutnya, Iskandar (2003) juga menuturkan jika aplikasi pengolah kata itu memiliki beberapa versi dari sejak kemunculannya hingga sekarang. Dari tahun ketahun ini selalu mengalami perubahan dan penyempurnaan lebih lengkapterkait dengan fitur beserta menu-menu di dalamnya.

Dari penjelasan Iskandar di atas, dapat disimpulkan bahwa software Microsoft Word tersebut merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan dan terpopuler saat ini. Fiturnya lengkap serta dapat membantu berbagai pekerjaan pembuatan dokumen secara cepat.

Pengertian Microsoft Word Menurut Budiharjo

Pada tahun 2004, Budiharjo dalam bukunya menuturkan tentang arti Microsoft Word. Ia menjelaskan bahwa hal itu adalah sebuah program pengolah kata yang dapat membuat, mengubah, serta menghasilkan dokumen berupa teks. Hasilnya bisa disimpan dalam bentuk soft file.

Dengan menggunakan Microsoft Word, maka pengguna dapat membuat dokumen baru terkait pekerjaan yang ingin mereka buat seperti halnya cerita, puisi, surat, buku dan sebagainya. Fitur di dalamnya sangat lengkap dan bisa dimanfaatkan untuk menambahkan berbagai komponen.

Selain membuat dokumen baru, program pengolah kata itu juga bisa digunakan untuk mengedit atau mengubah teks lama yang ingin diperbaharui lagi. Jadi, dalam hal ini pengguna tidak perlu repot melakukan pengubahan terhadap file secara keseluruhan sehingga bisa tersimpan dengan rapi.

Pengertian Microsoft Word Menurut Permana

Menurut Permana (2007) Microsoft Word adalah sebuah program perangkat lunak di komputer dengan fungsi utama untuk mengolah kata. Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik yang dapat membuat dokumen dengan berbagai variasi. Versinya pun juga beragam dan selalu disempurnakan.

Dengan menggunakan Microsoft Word sendiri, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas pengetikan untuk membantu kinerja mereka agar lebih cepat dan efisien. Terlebih lagi, filenya bisa disimpan sebagai draft dan dapat diedit kembali atau disempurnakan di lain waktu.

Di samping itu, Permana juga menyampaikan jika Microsoft Word merupakan software yang wajib ada di perangkat komputer setiap orang dengan alasan tertentu, yakni:

  • Microsoft Word selalu terpakai untuk berbagai keperluan baik itu tugas sekolah dan pekerjaan.
  • Microsoft Word akan membantu Anda melakukan berbagai aktivitas dengan cepat.
  • Microsoft Word menyediakan fitur lengkap yang selalu dibutuhkan pengguna.

Pengertian Microsoft Word Menurut Agung 2010

Agung (2010) juga memberikan penjelasan jika Microsoft Word adalah sebuah program atau aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia di perangkat komputer. Software keluaran perusahaan teknologi ternama dunia itu ada sejak lama dan masih eksis hingga sekarang.

Di dalamnya user akan menemukan berbagai menu yang masing-masing mempunyai fungsi dalam proses pengolahan kata. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan tidak terlalu ribet seperti halnya aplikasi desain atau sejenisnya.

Adapun, walaupun program Microsoft Word tersebut cukup sederhana, tetapi hasilnya sudah lumayan memuaskan. Pembuatan dokumen serta proses layouting buku menggunakan programnya akan menghasilkan output berkualitas. Biayanya pun gratis dan softwarenya bisa tahan lama.

Pengertian Microsoft Word Menurut Prabawati

Prabawati yang merupakan salah satu ahli perangkat lunak komputer di Indonesia mengemukakan bahwa, Microsoft Word adalah software buatan perusahaan dunia Microsoft untuk difoukuskan dalam ranah pengolahan kata. Hingga saat ini hampir semua pengguna PC telah menginstalnya.

Pantas saja program tersebut sangat banyak diinstall karena sangat efektif dalam membantu pekerjaan di semua bidang.Segala sesuatu yang berhubungan dengan proses mengetik pasti akan melibatkan Microsoft Word secara sadar atau pun tidak.

Selain itu, dengan menggunakan software ini, Anda pun akan lebih kreatif dalam mengolah kata daripada hanya menulis dengan tangan atau mesin ketik manual. Hal ini disebabkan karena di sana terdapat menu untuk menambahkan diagram, foto, tabel, shape dan berbagai hiasan lainnya.

Pengertian Microsoft Word Menurut Mulyadi

Pengertian Ms. Word berikutnya dikemukakan oleh Mulaydi (2001) yang merupakan pemerhati sekaligus konsultan perangkat lunak di komputer maupun perangkat mobile. Secara singkat, ia menuturkan jika platform tersebut adalah merupakan sebuah program pengolah kata.

Selanjutnya, Mulyadi juga mengatakan jika program pengolah kata itu mampu digunakan dengan kapsitas berhalam-halaman tanpa batas asalkan kondisi perangkat dalam keadaan baik. Fitur di dalamnya sangat beragam sehingga cukup untuk membantu pekerjaan kantoran Anda.

Akan hal manfaatnya yang banyak, maka Mulyadi merekomendasikan untuk benar-benar mempelajari tentang Microsoft Word: pengertian, sejarah & fungsi Ms. Word. Ini sangat bermanfaat bagi Anda agar tidak salah paham dalam proses penggunaannya.

Pengertian Microsoft Word Menurut Suharli

Suharli (2006) mendefinisikan bahwa Microsoft Word adalah, software pengolah kata yang sangat banyak digunakan di dunia dan merupakan hasil produksi dari perusahaan besar bernama Microsoft. Kemunculannya juga dibarengi dengan program-program lain seperti halnya Excel serta Power Point.

Dalam penjelasannya, Suharli menegaskan bahwa dulunya Microsoft Word merupakan sebuah inovasi baru yang digunakan untuk mempermudah manusia melakukan penegetikan secara cepat. Hal ini menyikapi adanya kesulitas mengetik menggunakan mesik ketik manual tinta karbon.

Dalam software itu, pengguna bukan hanya bisa mengetikkan tulisan saja. Akan tetapi, mereka juga dapat menambahkan gambar beserta komponen lainnya. Hasilnya dapat dicetak dalam bentuk hitam putih maupun full colour.

Mengenal Sejarah Microsoft Word

Sejarah Microsoft Word

Keberadaan Microsoft Word tidak secara otomatis muncul begitu saja dan langsung bisa digunakan masyarakat dalam membantu pekerjaan mereka. Akan tetapi, hal tersebut diluncurkan secara bertahap serta melalui proses lumayan panjang dari penciptanya. Penasaran? Berikut ulasannya:

Awal Gagasan Adanya Microsoft Word

Pada tahun 1981, seorang karyawan bernama Charlie dan rekannya Richard Brodie dipekerjakan di perusahaan Microsoft. Tugas utamanya adalah mengembangkan atau merintis proyek unggulan yaitu program pengolah kata. Saat itu, namanya masih MultiTool Word.

Selanjutnya, pada tanggal 25 Oktober 1983, MultiTool Word tersebut benar-benar dirilis kepada publik khususnya untuk sistem operasi Xenix dan juga MS-DOS. Namun pada OS yang kedua, tiba-tiba berubah nama menjadi Microsoft Word.

Saat itu penggunaan Microsoft Word masih sangat terbatas dan harus menggunakan bantuan mouse. Konten-konten serta fitur di dalamnya pun belum secanggih saat ini (proses penyempurnaan).

Kerjasama Microsoft dengan MacOS

Di tahun 1987, perusahaan Microsoft mencoba bekerjasama dengan MacOS untuk memberikan program pengolah kata tersebut agar diaplikasikan pada sistem operasi brand berlambang apple itu. Hasilnya sangat tidak terduga, karena Microsoft Word lebih populer di sana dari pada di MS-DOS.

Dengan kesuksesannya itu, maka pihak Microsoft mengembangkan program pengolah kata mereka menjadi versi ke 3. Di sana terdapa pembaharuan yakni munculnya layanan Rich Text Format pada setiap dokumen pengguna,

Namun karena versi 3 itu sering error, pihak Microsoft sempat juga meluncurkan Word 3.01 sebagai perbaikannya. Hasilnya lumayan bagus dan disukai oleh banyak orang pengguna sistem operasi MacOS.

Peluncuran Pengolah Kata di Microsot Windows

Di tahun 1989, setelah kesuksesan pengolah kata tersebut bekerjasama dengan MacOS, kini giliran Windows yang dapat menikmati setiap layanan serta fitur-fiturnya. Saat itu juga diluncurkan versi 5.0 sebagai perbaikan dari produk-produk sebelumnya.

Merambah ke tahun 1991, mulai dirilis juga Microsoft Word versi 5.5 yang mempunyai lebih banyak konten serta fitur di dalamnya. Aplikasi pengolah katanya juga sudah stabil dan jarang error ketika digunakan untuk beberapa kepentingan.

Pada versi tersebut juga bermunculan fitur-fitur baru seperti jenis font yang semakin beragam, penambahan warna, membuat daftar isi otomatis, diagram bervariasi dan lain-lain sebagainya.

Pengembangan Microsoft Word Secara Besar-besaran

Setelah sukses mengembangkan versi 5.5, pada tahun 1997 Microsoft berusaha memajukan produk pengolah kata itu secara massive. Bahkan, mereka juga bekerjasama dengan apple melalui pengembangan software Macintosh dan menghasilkan program utama yaitu Word98.

Saat itu penggunaan Word98 sangat populer di kalangan pengguna Apple. Mereka juga menyebutkan bahwa software-nya sudah jauh lebih baik daripada versi sebelumnya. Namun, pihak Microsoft belum puas diri dan masih berusaha mengembangkan hal baru lagi.

Hingga pada tahun 2001, Microsoft berhasil meluncurkan versi Word 2001. Di sini terdapat penambahan fitur baru yaitu adanya clipboard. Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan sementara dokumen ketika terjadi cut atau pemotongan.

Keberadaan Microsoft Word Hingga Sekarang

Mulai dari tahun 2004, Microsoft Word benar-benar rajin dalam melakukan pengembangan program pengolah kata mereka. Hal tersebut sudah lumayan sempurna, tetapi masih akan disempurnakan kembali dalam bentuk tatanan menu serta tampilan interfacenya.

Setelah Microsoft 2004 dimunculkan, di tahun-tahun berikutnya juga bermunculan program versi baru yakni meliputi:

  • Microsoft Word 2007 khusus untuk Windows.
  • Microsoft Word 2007 khusus untuk MacOS.
  • Microsoft Word 2010 khusus untuk Windows.
  • Microsoft Word 2010 khusus untuk Mac OS.

Seiring berjalannya waktu hingga sekarang, jenis Microsoft Word yang paling banyak digunakan yakni versi 2007 sampai 2013. Di sana layanannya sudah sangat lengkap dan tidak akan khawatir jika terjadi error serius.

Beberapa Fungsi Microsoft Word

Keberadaan dari Microsoft Word sebagai software yang paling banyak digunakan sesungguhnya bukanlah tanpa kegunaan. Hal tersebut mempunyai fungsi nyata dalam rangka membantu pekerjaan seseorang dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan serta lainnya seperti:

Sebagai Program yang Digunakan untuk Mengolah Kata

Perlu Anda ketahui bahwasannya fungsi yang utama dan pertama dari Microsoft Word yakni sebagai program untuk mengolah kata-kata. Di sini Anda bebas menuliskan apa saja hingga berhalam-halaman tidak terbatas dengan berbagai model tulisan, ukuran dan lain-lain semacamnya.

Mengolah kata menggunakan Microsoft Word akan terasa lebih mudah dan cepat. Karena jika terjadi kesalahan hal tersebut langsung bisa dihapus begitu saja tanpa mengulangi lagi dari awal, seperti halnya pada mesin ketik manual zaman dahulu kala.

Dalam setiap perangkat PC atau laptop, keberadaan Microsoft Word tersebut hampir selalu ada. Fungsinya memang sangat penting untuk membnatu tugas sekolah, kuliah, dan lain-lain sebagainya (sesuai kebutuhan masing-masing pengguna).

Sebagai Software untuk Membuat Berbagai Macam Dokumen

Apakah Anda ingin membuat berbagai macam dokumen untuk keperluan kantor? Software bernama Microsoft Word ini bisa membantu meringankan pekerjaan tersebut. Baik untuk laporan, surat menyurat, undangan dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat berbagai macam dokumen seperti halnya laporan, surat, silabus, rancangan bisnis dan lain-lain semacamnya. Hal tersebut akan disajikan dalam bentuk yang rapi kemudian dibuat menjadi sebuah file (.doc).

Namun, perhatikan betul saat mengolah kata-kata supaya tertata dan menarik dapat dilakukan pada program tersebut. Sebab, di beberapa negara aturan penulisannya juga berbeda-beda pula (Indonesia menggunakan EYD nya).

Sebagai Software yang Digunakan untuk Menambahkan Gambar

Jika Anda ingin menambahkan berbagai macam gambar atau foto pada dokumen yang dibuuat supaya lebih terlihat menarik ketika dibaca, maka solusi paling mudahnya yakni menggunakan software Microsoft Word. Dengan cara yang mudah dan proses cepat hanya dengan sekali klik.

Anda hanya tinggal membuka dokumen yang sudah jadi kemudian bisa disisipi gambar atau foto. Selanjutnya, masukkan gambarnya melalui toolbar insert dan kemudian pilih dimana hal itu disimpan. Setelah fotonya masuk, maka atur dan sesuaikan ukurannya supaya nampak sesuai.

Selain menyisipkan gambar pada dokumen yang sudah jadi, Anda juga dapat membuat laman baru. Caranya sama dengan sebelumnya. Hanya saja di sini halamannya lebih luas sehingga ukuran gambarnya pun bisa diperbesar sesuka hati.

Sebagai Software untuk Membuat Diagram pada Dokumen

Selain foto, diagram juga bisa Anda tambahkan di Microsoft Word tanpa harus susah-susah membuatnya secara manual. Ini tentunya sangat berguna untuk keperluan pembuatan dokumen bagi orang-orang kantor yang bergerak dalam bidang ekonomi, survey dan sebagainya.

Jenis diagram yang dapat Anda pilih di Microsoft Word pun juga sangat beragam dan bisa dipilih sendiri sesuai bentuk kesukaan serta kebutuhan. Seperti berikut ini:

  • Diagram batang
  • Diagram lingkaran
  • Histogram
  • Surface
  • Radar
  • Treemap
  • Waterfall

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu Anda hanya tinggal mengklik toolbar insert dan memilih menu chart. Di sana akan ditampilkan berbagai jenis diagram. Pilih salah satunya serta selanjutnya klik ok. Terakhir, edit angka masukan dan namanya pada file excel di Microsoft Word.

Sebagai Software untuk Membuat Tabel pada Dokumen

Fungsi selanjutnya dari Microsoft Word yakni sebagai sarana paling mudah untuk Anda dalam membuat tabel. Hasilnya dijamin rapi dan caranya pun sangat mudah (tanpa perlu membuat garis bantu) dan menyesuaikan sisi simetrisnya seperti saat pembuatan secara manual.

Tabel yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word akan lebih rapi dan juga tertata. Jumlah kolom serta barisnya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Selanjutnya, hal ini juga bisa diisi oleh angka atau huruf di dalamnya.

Adapun cara membuat tabel di Microsoft Word itu sangat mudah, yaitu hanya dengan klik toolbar insert saja dan selanjutnya silakan Anda memasukkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Setelah itu, ilustrasinya akan muncul secara otomatis pada halaman tersebut.

Sebagai Sarana Pengurangan Penggunaan Kertas

Dengan adanya Microsoft Word, kini masyarakat lebih senang menyimpan dokumen mereka dalam bentuk soft file tanpa perlu mencetaknya terlebih dahulu menjadi buku atau kertas. Hal ini sangat efektif pada upaya pelestarian lingkungan dengan kampanye paperless.

Pengurangan kertas menggunakan perantara Microsoft Word dinilai memang paling mudah serta efisisen. Bayangkan saja, Anda tetap bisa membaca seluruh dokumen baru atau lama yang telah dibuat menggunakan smartphone atau PC tanpa perlu mencetaknya menjadi hard file.

Di samping itu, hal ini juga menghemat biaya percetakan serta penyimpanan dokumennya pun lebih aman karena jarang sekali akan terjadi kehilangan. Jika suatu saat membutuhkannya lagi, Anda juga tinggal mengetikkan nama file lalu membukannya kembali.

Sebagai Sarana Membuat Dokumen dan Menyimpannya Lebih Efektif

Dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Word akan lebih mudah disimpan dalam bentuk soft file. Hal tersebut mempunyai ukuran sangat ringan sehingga tidak akan khawatir cepat memenuhi ruang penyimpanan secara bertahap. Ini sungguh efektif dan banyak dicari pada zaman sekarang.

Kelebihannya lagi, menyimpan dokumen dalam bentuk Microsoft Word juga masih bisa diedit kembali. Salah satu alasannya jika memerlukan pembaharuan terhadap konten atau mengharuskan adanya revisi. Jadi, Anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Microsoft Word itu, tidak heran jika platform tersebut sangat sering digunakan untuk melakukan berbagai keperluan. Bahkan, saat ini Anda pun bisa mendapatkannya dalam bentuk aplikasi untuk Android ataupun iOS.

Sebagai Sarana Melakukan Pengetikan Lebih Cepat

Jika Anda pernah merasakan saat menulis dengan tangan atau mengetik menggunakan mesin ketik tinta karbon manual, maka prosesnya pasti sangat lama dan membuat tangan menjadi pegal-pegal. Bahkan, saat ada kesalahan bisa membuat tulisan nampak kurang rapi dan elok.

Sebagai solusinya, di zaman yang sudah canggih dengan teknologi ini dihadirkan software Microsoft Word di komputer maupun perangkat mobile. Fungsinya adalah membantu aktivitas pengetikan Anda agar lebih cepat serta tidak menimbulkan bekas sama sekali (saat dihapus).

Dengan menggunakan Microsoft Word, maka selain cepat, pengguna juga akan bisa menikmati berbagai keunggulannya seperti:

  • Kesalahan spelling atau ejaan bisa terdeteksi secara otomatis di Microsoft Word sehingga tidak perlu melakukan pembetulang ulang dengan cara manual.
  • Jika Anda menginginkan padanan kata yang beragam, maka di Microsoft Word juga terdapat layanan thesaurus untuk mencari sinonimnya.
  • Terdapat berbagai macam layanan yang akan memudahkan pengguna dalam menghandle pengetikan.

Sebagai Sarana Membuat Berbagai Macam Konten Perkantoran

Apakah Anda merupakan karyawan kantoran yang setiap harinya harus berhubungan dengan berbagai macam konten rumit? Jangan khawatir, permudah pekerjaan tersebut menggunakan Microsoft Word agar prosesnya lebih cepat dan hasilnya pun juga rapi.

Seperti ulasan di awal, Microsoft Word digunakan sebagai sarana untuk membuat berbagai macam konten perkantoran untuk keperluan surat-menyurat, rapat, laporan pertanggungjawaban dan sebagainya. Hal itu dapat disimpan dalam bentuk soft file maupun dicetak menggunakan kertas.

File atau dokumen yang Anda buat dengan Microsoft Word tersebut tidak hanya dalam bentuk lembaran saja. Akan tetapi, hal itu dapat langsung disusun menjadi buku dengan secara otomatis diberi nomor halaman dan daftar isi untuk keperluan pedoman serta lain-lain semacamnya.

Sebagai Sarana untuk Melakukan Pengeditan Dokumen

Jika Anda mempunyai dokumen pribadi atau kiriman dari orang lain yang masih ada kesalahan di dalam kontennya serta memerlukan perbaikan, maka silakan lakukan pembenahan dalam bentuk baru agar bisa diedit dengan cepat dan tidak merubah formatnya secara keseluruhan.

Di sini Anda bisa menambahkan konten, menguranginya, merubah ukuran serta jenis font, memberi gambar, diagram dan masih banyak lagi. Jika sudah mahir menggunakan Microsoft Word, maka prosesnya akan sangat cepat dan mudah.

Akan tetapi, jika Anda masih pemula serta belum tahu banyak mengenai berbagai macam fitur dalam Microsoft Word, maka hal itu akan memerlukan beberapa waktu. Maka dari itu, selalu update ilmu dan wawasan mengenai hal ini karena kadang setiap versi caranya bisa berbeda-beda.

Baca Juga: Cara Menghitung Persen

Setelah membaca ulasan mengenai Pengertian Microsoft Word, Sejarah & Fungsinya, pengetahuan Anda semakin bertambah, bukan? Namun, sejatinya materi ini telah menjadi mata pelajaran TIK di sekolah (mulai dari SMP dan SMA).

Tinggalkan Balasan