Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Pendapat

Saat berkonsultasi dengan seorang psikolog, pertama kali terlintas di pikiran pasiennya adalah mengenai kondisi kejiwaan, mental dan perilaku. Melalui berbagai diagnosis nantinya akan diketahui kesehatan seseorang tersebut. Pengertian Psikologi sendiri memiliki banyak penjelasan dan penerapan berbeda.

Definisi Psikologi Secara Etimologis   

Definisi Psikologi apabila diartikan secara etimologis berasal dari bahasa Yunani dengan pembagian dua suku kata yakni Psyche berarti jiwa dan Logos artinya ilmu. Sedangkan dalam bahasa Arab disebut sebagai “Ilmu an Nafsi” sebagaimana keduanya dapat disimpulkan dengan “Ilmu Jiwa”.

Baca Juga: Prospek Kerja Lulusan Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari secara luas tentang pikiran, perilaku, dan mental manusia. Para peneli akan mengamati alur pemikiran serta alasan terbentuknya kepribadian seseorang tersebut. Tujuannya adalah mencari solusi tepat terkait dengan perubahan aktivitas manusia.

Perilaku memang dapat dilihat secara kasat mata namun penyebabnya tidak dapat diketahui secara langsung sebab berhubungan dengan kondisi mental dan kejiwaan seseorang. Bidang kedokteran khususnya, melihat kejanggalan tingkah laku seseorang melalui pemeriksaan gejala fisik dan Psikologi.

Pengertian Psikologi Secara Universal

Penggunaan kata Psikologi mengarah kepada ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Istilah tersebut bahkan dijadikan salah satu jurusan penting pada berbagai perguruan tinggi khususnya di Indonesia. Bidang studi ini mengandalkan analisi dan observasi mengenai perilaku organisme.

Secara universal, Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua hal sebagaimana berkaitan dengan kejiwaan, asal usulnya, hakikatnya, proses kerjanya serta dampak-dampak dihasilkan dari penerapannya. Sebagaimana diketahui bahwa jiwa berbentuk abstrak dan tidak bisa dilihat dengan mata.

Pengertian Psikologi secara singkat menjelaskan tentang ilmu yang mempelajari tingkah laku atau perilaku manusia. Aspek tersebut dapat dicatat, diamati dan diukur sehingga mampu dijadikan pembelajaran bagi para peneliti. Sedangkan “jiwa” bukanlah objek nyata seperti tindakan individu.

Pengertian Psikologi Menurut Penuturan Para Ahli

psikologi

Istilah Psikologi memiliki banyak pengertian lain apabila ditinjau dari penuturan para ahli yang mempelajari, meneliti dan mengajarkan pada orang lain. Dikarenakan terdapat banyak pakar mengerti tentang hal tersebut maka penyampaian maksud atau artinya sedikit berbeda-beda. Berikut ulasannya:

Pengertian Psikologi Menurut Gerungan

Dr. W.A Gerungan menyampaikan Psikologi mengandung dua pengertian yakni Ilmu Jiwa secara luas termasuk imajinasi dan spekulasi tentang jiwa tersebut. Kemudian Ilmu Psikologi sebagaimana memiliki arti pengetahuan tentang jiwa manusia secara sistematis melalui berbagai metode ilmiah.

Istilah Ilmu Jiwa menunjukkan makna secara umum sedangkan Ilmu Psikolog menggambarkan wawasan kejiwaan secara ilmiah menurut norma-norma penelitian modern. Dr. W.A. Gerungan merupakan penulis Buku Psikologi Sosial. Karyanya tersebut menjadi rujukan penting untuk aktivitas ilmiah para mahasiswa.

Pengertian Psikologi Menurut Wilhelm Wundt

Wilhelm Maximilian Wundt merupakan seorang dokter, fisiolog, professor dan psikolog dan semakin dikenal sebagai pelopor Psikologi Modern. Bahkan Wilhelm dijuluki sebagai “Bapak Psikologi Eksperimental”. Karya tulisnya paling terkenal adalah “Principles of Physiological Psychology”.

Menurut Wilhelm, Psikologi adalah Ilmu Sains seperti halnya kimia dan fisika sebagaimana memperlihatkan bahwa kejiwaan adalah kumpulan dari beberapa bagian yang dapat dikenali. Dapat diibaratkan dengan zat kimia sebagaimana masih dapat dibagi-bagi lagi menjadi elemen lainnya.

Pengertian Psikologi Menurut Gardner Murphy

Gardner Murphy merupakan Psikolog asal Amerika yang memiliki keahlian dalam Parapsikologi dan Psikologi Sosial. Murphy terinspirasi oleh beberapa ilmuwan ternama seperti Sigmund Freud, Herbert Spencer, Charles Darwin dan William James. Salah satu kara tulisnya berjudul “Potensi Manusia”.

Menurut Murphy, Psikologi adalah studi ilmiah yang meneliti respon sebagaimana berasal dari organisme hidup kepada lingkungannya. Murphy juga menyatakan bahwa aktivitas dan kebutuhan sensori menggambarkan motivasi dan tingkah laku manusia berasal dari dorongan otak.

Pengertian Psikologi Menurut Clifford T. Morgan

Pengertian Psikologi menurut para ahli salah satunya berasal dari pernyataan Clifford T. Morgan sebagaimana merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan. Morga memiliki banyak karya tulis seperti “Physiological Psychology”, “Introduction to psychology” dan sebagainya.

Karya tulisnya dapat dijadikan rujukan oleh mahasiswa dalam menulis jurnal penelitian atau pembuatan skripsi, tesis dan disertasi. Dalam bukunya “Introduction to psychology” membahas lebih jauh mengenai topik Psikologi secara mendasar tentang perilaku makhluk hidup khususnya manusia dan hewan.

Pengertian Psikologi Menurut Dakir

Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan pola perilaku manusia khususnya dalam hubungan antara seseorang terhadap lingkungannya sebagaimana dicetuskan oleh Dakir. Terdapat karya tulis miliknya berjudul Dasar-Dasar Psikologi terbitan Pustaka Belajar tahun 1993.

Di dalam bukunya tersebut, tertulis istilah Psikologi yang digunakan dalam cakupan luas khususnya di kehidupan manusia setiap harinya. Hal tersebut berkaitan dengan Psikologi sosial, industri, anak, remaja, orang dewasa dan tes Psikologi. Selain itu terdapat teori pembanding dengan Ilmu Jiwa.

Pengertian Psikologi Menurut Muhibbin Syah

Muhibbin Syah memiliki pandangan bahwa Psikologi adalah ilmu pengetahuan khususnya dalam mempelajari perilaku terbuka dan tertutup pada manusia baik dalam hubungan individu kelompok maupun lingkungannya. Tertulis di judul bukunya, “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Perilaku terbuka merupakan tingkah laku bersifat psikomotor yang mencakup tindakan seperti duduk, berbicara, berjalan, berlari dan sebagainya. Sedangkan tingkah laku tertutup meliputi cara manusia dalam berkeyakinan, berperasaan, berfikir, berimajinasi, mengembangkan ide dan lain-lain.

Pengertian Psikologi Menurut Moskowitz dan Orgel

Para ahli lainnya juga berpendapat bahwa Psikologi merupakan ilmu yang membahas tentang disiplin ilmu pengetahuan dengan sifat empirik. Kajian tersebut didasarkan pada penelitian eksperimental dan observasi. Pokok bahasannya terpusat kepada perilaku manusia.

Tujuan penelitian eksperimental dan observasi tersebut adalah memberikan pemahaman dari mekanisme aktivitas dan adaptasi manusia. Maka, nantinya mampu meningkatkan perubahan besar pada dirinya. Moskowitz dan Orgel menulis buku berjudul “General Psychology : A Core Text in human behavior.”

Pengertian Psikologi Menurut Bruno dan Garden Murphy

Menurut Bruno Psikologi dalam pengertiannya dapat dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, Istilah tersebut merupakan studi mengenai “roh”. Makna kedua adalah ilmu pengetahuan tentang “kehidupan mental” dan ketiga adalah bidang ilmu mengenai “tingkah laku” makhluk hidup.

Sedangkan pengertian Psikologi dari sudut pandang Garden Murphy merupakan ilmu yang memperlajari tentang respon ketika manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Meskipun penuturan dari keduanya terlihat berbeda pada intinya sama-sama mengarah pada tindakan atau perilaku organisme.

Pengertian Psikologi Menurut Chaplin dan Richard Mayer

Dalam karya tulis berjudul “Dictionary of psychology”, Chaplin mengemukakan bahwa Psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang perilaku hewan maupun manusia. Dalam konteks penelitian terhadap organisme, berbagai kerumitannya terjadi ketika adanya perubahan alam sekitar.

Selain itu, terdapat beragam peristiwa melibatkan sekelompok masyarakat yang dapat mengubah lingkungan. Penjelasan berbeda datang dari Richard Mayer berpendapat bahwa Psikologi merupakan analisi mengenai struktur daya ingat dan proses mental dalam memahami perilaku manusia.

Pengertian Psikologi Menurut Jhon Locke dan Rene Descartes

John Locke berpendapat bahwa Psikologi adalah segala tanggapan, pengetahuan dan keadaan jiwa manusia yang hadir lewat pengalaman dari panca inderanya. Locke merupakan seorang filsuf ternama dalam menjelaskan konsep tabula rasa merujuk pada seorang manusia lahir tanpa isi mental bawaan.

Di sisi lain Rene Descartes mengartikan bahwa psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang suatu kesadaran manusia dan pemikiran atau terlepas dari keadaan fisiknya. Rene merupakan filsuf dan matematikawan berkebangsaan Perancis yang mengembangkan keterkaitan antara aljabar dan geometri.

Pengertian Psikologi Menurut Kenneth Clark dan George Miller

Pengarang buku berjudul “Behavioral and Social Sciences Survey Committee”, turut mengemukakan pendapatnya lewat penjelasan bahwa Psikologi adalah studi ilmiah sebagaimana membahas tentang perilaku. Lingkungan menjadi wadah untuk berbagai proses tingkah laku manusia yang bisa diamati.

Tingkah laku tersebut antara lain seperti cara berbicara, gerak tangan serta proses yang hanya bisa diartikan sebagai mimpi maupun pikiran. Selain itu perubahan kejiwaan termasuk di dalamnya. Karya tulis mereka dapat dijadikan rujukan dalam menulis jurnal atau penelitian ilmiah.

Pengertian Psikologi Menurut Norman Munn

Norman Munn mengemukakan bahwa Psikologi secara umum diartikan sebagai ilmu tentang tingkah laku. Namun istilah “tingkah laku” telah mengalami perkembangan sehingga saat ini memiliki peran yang berkaitan dengan tindakan masa lalu. Ini biasa disebut pengalaman sebagaimana dialami oleh manusia.

Aspek yang menyangkut kehidupan pribadi seperti berbagai proses subjektif berpikir, mengingat, mengenang dan mengembangkan ide. Norman Munn menulis sebuah buku berjudul “Psychology: The Fundamentals of Human Adjustment” yang terbit pada 1 Januari 1966.

Pengertian Psikologi Menurut Arthur Gates

Arthur Gates dalam tulisannya mengemukakan bahwa apabila dipandang secara luas Psikologi mencoba menentukan peraturan umum, sebagaimana mampu menjelaskan perilaku makhluk hidup. Studi ini menerangkan, memperlihatkan serta menggolongkan beragam jenis aktivitas yang sanggup dilakukan.

Aktivitas tersebut melibatkan organisme hidup seperti manusia dan hewan. Arthur Irving Gates menulis buku berjudul “Educational Psychology” dengan tiga edisi berbeda. Arthur dikenal sebagai sosok pengajar di bidang studi Psikologi khususnya untuk Universitas Columbia sejak tahun 1956.

Pengertian Psikologi Menurut Kurt Koffka

Kurt Koffka mendefinisikan psikologi terdapat pokok bahasan dalam studi ilmiah mengenai tingkah laku organisme hidup ketika berinteraksi melalui dunia luar. Kurt merupakan Psikolog kelahiran Berlin, Jerman dan pernah mengajar di Universitas Giessen. Terdapat 18 karya tulis dan 6 hasil penelitian darinya.

Bersama kedua temannya Wolfgang Kohler dan Weirthmeir, mereka melakukan percobaan yang menghasilkan suatu ide disebut Gestalt. Konsep utama teori Psikologi Gestalt yakni phi phenomenon, dapat diartikan sebagai pergerakan objek statis menjadi gerakan dinamis dalam durasi waktu singkat.

Pengertian Psikologi Menurut John Broadus Watson

John Broadus Watson mengartikan Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku terlihat dengan menerapkan metode pengamatan objektif mengenai rangsangan dan respon. Watson juga menambahkan bahwa tingkah laku manusia dapat dijelaskan melalui reaksi fisiologik.

Watson pernah melakukan penelitian terhadap perilaku bayi dan menemukan tiga reaksi yakni kasih sayang, amarah, dan rasa takut. Karya tulis terkenal miliknya berjudul “Psychology from the standpoint of a bevaiorist” dan “Psychological care of infant and child” yang rilis pada rentang waktu berjauhan.

Pengertian Psikologi Menurut Dr. Singgih Dirga Gunarsa

Pakar psikologi perkembangan Indonesia bernama Dr. Singgih Dirga Gunarsa memberikan opini terkait pengertian Psikologi yakni studi yang mempelajari tingkah laku manusia. Prof. Singgih mengajar di Universitas Indonesia, Depok khususnya pada Fakultas Psikologi sejak tahun 1976 hingga 1980.

Prof. Singgih sudah banyak berkontribusi di dunia pendidikan dengan menyuguhkan karya tulis berupa buku dan penelitiannya dalam ruang lingkup psikologi anak dan remaja. Karangannya berjudul “Dasar dan Teori Perkembangan Anak”, “Psikologi Perkembangan Anak, Remaja, Keluarga” dan sebagainya.

Pengertian Psikologi Menurut Willibald Ruch

Apa itu Psikologi? Maka jawabannya dapat dijelaskan oleh Willibald Ruch yakni ilmu yang mempelajari tentang manusia. Dalam cakupan luas diartikan sebagai ilmu biologi dan sosial. Kedua bidang tersebut saling tumpang tindih dan berkaitan sehingga menjadi hubungan yang pasti.

Willibald Ruch telah berhasil membuat 13 jurnal ilmiah beberapa di antaranya berjudul “International Journal of Humor Research”, “Psychology Science”, “European Journal of Psychological Assessment” dan masih banyak lagi. Ruch diketahui sebagai profesor yang mengajar di Universitas Zurich, Swiss.

Pengertian Psikologi Menurut Paul Henry Mussen

Paul Mussen mengartikan Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Cakupannya tidak terbatas hanya pada human saja, melainkan juga terhadap perilaku yang bisa diamati. Pendapat Mussen memiliki kesamaan dengan psikolog lain seperti Albert Bandura.

Mussen memiliki karya tulis berjudul “Psychology an introduction”. Selain itu terdapat pula buku hasil karangannya yang sudah dterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia bertajuk “Perkembangan dan kepribadian anak”. Paul merupakan psikolog berkebangsaan New Jersey, Amerika Serikat.

Pengertian Psikologi Menurut James Rowland Angell

James Rowland Angell merupakan seorang psikolog sekaligus pengajar bidang studi di Universitas Yale pada kurun waktu selama 16 tahun. Menurutnya, Psikologi adalah setiap kesadaran normal maupun abnormal yang dialami atau dirasakan oleh manusia atau hewan.

Angell juga menambahkan, terdapat pokok permasalahan yang coba dijelaskan oleh psikolog serta tidak ada definisi tentang studi ini dapat diterima sepenuhnya. Karya tulis hasil karangannya berjudul “Psychology: An Introductory Study of the Structure and Function of Human Consciousness”.

Pengertian Psikologi Menurut Lester D. Crow dan Alice Crow

Kedua psikolog bersaudara ini menjabarkan tentang Psikologi sebagai tingkah laku manusia ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dapat berupa interaksi dengan orang lain maupun terhadap makhluk atau materi lain seperti hewan, kebudayaan, iklim, keadaan alam dan lain-lain.

Lester Crow memiliki beberapa karya tulis seperti “Adolescent development and adjustment”, “Child development and adjustment, a study of child psychology” dan masih banyak lagi. Sedangkan Alice Crow mengarang beberapa buku serupa, salah satu judulnya adalah “An outline of educational psychology”.

Pengertian Psikologi Menurut Quinn Sartain

Quinn Sartain menjelaskan bahwa psikologi dalam artian umum merupakan ilmu yang mempelajari mengenai perilaku organisme hidup, terutama tingkah laku manusia. Sartain bersama North Alvin John, Roy Strange Jack merupakan pengarang buku berjudul “Psychology : understanding human behaviour”.

Buku tersebut menjadi rujukan mahasiswa jurusan bidang studi Kedokteran dan Psikologi karena menjelaskan kaitan dengan perilaku manusia secara umum. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia mereferensikan hasil tulisan Sartain dan kerabatnya ketika melakukan penelitian.

Pengertian Psikologi Menurut Plato dan Aristoteles

Plato dan Aristoteles merupakan filsuf dan matematikawan Yunani. Keduanya sependapat dalam mengartikan Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari terntang hakikat jiwa hinga tahap-tahap prosesnya sampai akhir.

Baca Juga: Definisi Sukses

Demikianlah penjabaran tentang berbagai pengertian psikologi yang lebih menekankan pada penjelasan dari para ahli mengingat mereka adalah peneliti cerdas dan melakukan beberapa percobaan. Lewat eksperimen tersebut akan menjadi pengajaran atau sumber rujukan bagi kalangan akademik.

Tinggalkan komentar