Pengertian Seminar

Pengertian Seminar: Arti, Tujuan & Fungsinya

Diposting pada

Banyak dari Anda pasti sering mengikuti acara pertemuan (seminar). Salah satunya adalah kegiatan yang di selenggarakan untuk memberikan suatu ilmu kepada khalayak umum. Namun, apakah pembaca sekalian sudah paham terkait pengertian seminar: arti, tujuan dan fungsi seminar.

Mengenal Arti Kata Seminar

Mengenal Arti Kata Seminar

Sebelum menjelaskan tentang pengertian seminar, lebih baik memahami terlebih dahulu tentang arti kata tersebut. Oleh karena itu, berikut penjelasan secara etimologi atau asal usul adanya suatu kegiatan atau perkumpulan.

Baca Juga: Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Secara etimologi atau asal usul, arti seminar berasal dari bahasa Latin yaitu “seminarium” yang berarti tanah untuk menanam benih. Kata tersebut dapat menggambarkan bagaimana tujuan di bentuknya atau di adakannya sebuah pertemuan.

Penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa seminar merupakan tempat untuk menanam benih atau ilmu yang dapat di tuai, sehingga memberikan sesuatu yang baik kepada orang lain. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk berbagi pembelajaran.

Pengertian Seminar

Instansi pendidikan seperti universitas atau lembaga-lembaga lainnya sering kali menyelenggarakan suatu pertemuan yang khusus membahas tentang suatu materi. Nah, menurut Anda apa itu seminar? Jika belum tahu pelajari penjelasan di bawah ini.

Seminar adalah suatu pertemuan yang mengumpulkan beberapa orang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan maupun memberikan suatu pengajaran secara ilmiah. Kegiatan ini di hadiri oleh peserta dan seorang guru besar ataupun cendikiawan.

Penjelasan lain tentang definisi seminar adalah suatu bentuk pembelajaran akademis yang diadakan dengan bantuan seseorang profesional atau sudah paham betul akan materinya. Biasanya kegiatan ini akan membahas tentang suatu permasalahan dan akan di pecahkan solusi dari masalah tersebut.

Pengertian Seminar Menurut Para Ahli

Pengertian Seminar Arti, Tujuan Fungsinya

Dikutip dari ungkapan (Rusland Ahmadi) yang mengungkapkan bahwa, seminar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam bentuk proses untuk memecahkan suatu masalah dan menemukan solusi di dapatkan dari sebuah penelitian.

Dikutip dari (Oxford Advanced Dictionary) yang mengungkapkan bahwa, seminar merupakan sesuatu pembelajaran yang di selenggarakan di sekolah atau universitas dalam bentuk kajian permasalahan dan dilakukan dengan diskusi bersama professor ataupun orang ahli dalam bidangnya.

Diungkapkan oleh (Webster’s Dictionary of Unabridged) yang menerangkan bahwa, seminar merupakan kelompok mahasiswa ataupun siswa yang di berikan bimbingan agar dapat melakukan penelitian ataupun pembelajaran.

Tujuan dari Diadakannya Seminar

Tujuan dari Diadakannya Seminar

Adanya suatu acara pastinya memiliki maksud tersendiri. Kegiatan-kegiatan tersebut di adakan juga harus mempunyai visi dan misi agar terselenggara sesuai rencana dan berjalan dengan baik. Jadi, untuk itu inilah beberapa tujuan seminar yang perlu Anda ketahui.

Tujuan diselenggarakannya seminar adalah untuk memberikan suatu pengajaran atau ilmu kepada peserta sehingga dapat memahami materi dengan mendalam. Adanya hal tersebut agar mempermudah seseorang memiliki banyak pengetahuan.

Tujuan lain diadakannya seminar yaitu, mengajak mahasiswa ataupun siswa untuk sama sama belajar dan berdiskusi tentang suatu permasalahan yang sedang di angkat. Penyelenggaraan kegiatan bertujuan juga agar peserta dapat lebih kritis dalam penyelesaian masalah.

Apa saja Fungsi dari Seminar?

Banyak sekali fungsi dari seminar itu sendiri, salah satunya yaitu menambah wawasan pengetahuan sehingga akan mempermudah dalam menyerap suatu informasi. Adanya kegiatan ini pula dapat mempermudah Anda jika suatu saat terjadi permasalahan dapat menggunakan ilmu yang didapatkan.

Fungsi dari seminar juga sebagai tempat untuk menyampaikan suatu pendapat agar bisa diterima oleh khalayak umum dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencari ilmu dapat mengikuti kegiatan ini.

Penyelenggaraan seminar ini berfungsi pula untuk memperoleh sertifikat, ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa Anda telah mengikuti kegiatan tersebut. Tak hanya itu, di akhir kegiatan pula akan disampaikan kesimpulan yang dapat digunakan di kemudian hari.

Mengenal Ciri-ciri Seminar

Mengenal Ciri-ciri Seminar

Terselenggaranya suatu kegiatan pasti ada ciri-ciri tertentu sehingga membedakan dari acara lain. Seminar juga memiliki beberapa yang khas sehingga bisa lebih mudah untuk dikenali orang-orang. Berikut beberapa penjelasan tentang hal tersebut :

Ada Permasalahan yang Diangkat

Mengadakan suatu acara pastinya harus memiliki alur atau sesuatu sehingga dapat memikat seseorang untuk datang dan bergabung dalam kegiatan tersebut. Oleh karena itu, jika ingin mengadakan seminar harus mengangkat suatu permasalahan yang sedang atau akan terjadi serta diharuskan isu ilmiah.

Pemilihan permasalahan harus mengarah pada hal-hal yang sedang booming ataupun banyak dibicarakan masyarakat sekitar. Contohnya seperti revolusi industri 4.0, dengan mengangkat isu tersebut akan membuat seseorang tertarik mengikuti seminar tersebut.

Melakukan Diskusi

Sebagian besar kegiatan seminar ini akan mendatangkan seseorang yang ahli seperti dosen, profesor, pembicara dan lain sebagainya. Pastinya acara tersebut akan terlebih dahulu diisi atau diberikan materi oleh orang-orang terkemuka.

Kegiatan yang selanjutnya setelah penyampaian materi, pastikan langsung dilakukan proses diskusi bersama. Para peserta di harapkan memberikan beberapa pertanyaan kepada pemateri, setelah itu pemateri dan juga audiens berdiskusi tentang masalah tertentu.

Berbentuk Forum atau Kumpulan Orang

Pada dasarnya seminar adalah sekelompok orang yang sedang berdiskusi untuk menyelesaikan suatu isu atau permasalahan. Oleh karena itu di dalam kegiatan ini haruslah berbentuk forum, dimana terdapat kumpulan-kumpulan manusia yang sedang berbagi ilmu.

Biasanya seminar ini diadakan di lingkungan universitas karena memiliki mahasiswa yang pastinya tidak sedikit sehingga akan terjadi forum di dalamnya. Oleh sebab itu, jika akan mengadakan suatu kegiatan tersebut harus mencari beberapa orang guna mensukseskan acara tersebut.

Respon Peserta Harus Aktif

Mengadakan suatu acara seminar jika respon dari audiens tidak aktif maka kegiatan tersebut akan menjadi tidak menarik. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara ataupun pemateri harus sekreatif mungkin untuk menciptakan pola pikir kritis untuk peserta.

Peserta juga diharuskan untuk berperan aktif dalam kegiatan tersebut sehingga tidak akan menjadikan seminar tersebut seperti membosankan. Audiens juga harus bertanya agar terjadi proses diskusi agar terjadi pertukaran pendapat. Dengan begitu, akan membuat semakin paham tentang permasalahan yang di angkat.

Apakah Seminar Itu Gratis atau Berbayar?

Seminar yang diadakan bisa saja gratis maupun berbayar. Acara tersebut tergantung dengan pihak penyelenggara ataupun dari pembicara yang diundang. Kegiatan-kegiatan tersebut biasanya membutuhkan beberapa dana dalam proses penyelenggaraannya.

Biasanya seminar yang diadakan oleh suatu instansi seperti universitas tidak dipungut biaya. Kegiatan tersebut walaupun gratis tetap akan memberikan sertifikat kepada para peserta yang mengikuti. Ini merupakan salah satu keuntungan jika mengikutinya.

Sebagian seminar diadakan dengan berbayar, biasanya acara yang diselenggarakan cukup besar. Kegiatan yang memerlukan biaya ini akan memberikan beberapa pelayanan baik seperti pemberian makan, sertifikat, souvenir dan lain sebagainya.

Beberapa Pihak di Dalam Seminar

Beberapa Pihak di Dalam Seminar

Keberhasilan dalam suatu kegiatan pastinya membutuhkan beberapa pihak yang ikut serta di dalamnya. Adanya orang-orang tersebut akan mempermudah jalannya acara yang diselenggarakan. Berikut ini beberapa harus diperhatikan:

Master Of Ceremony (MC)

Master of ceremony (MC) adalah tonggak keberhasilan suatu acara. Adanya pembawa acara tersebut akan memberikan penjelasan tentang alur jalannya suatu kegiatan, mulai dari pembukaan, pemberian materi dan juga penutup.

Pembawa acara pula harus bisa menaikkan minat dari peserta. Memberikan beberapa lawakan ataupun kuis sehingga membuat kegiatan berlangsung dengan menarik. Oleh karena itu, pilihlah MC yang memiliki beberapa pengalaman agar acara tersebut sukses.

Pemateri atau Pembicara

Pembicara memberikan materi kepada peserta sebaiknya paham tentang materi atau isu yang di angkat. Selain itu, dalam memilih pemateri harus sesuai dengan bidangnya sehingga ilmu yang disampaikan akan mengarah langsung tepat pada sasaran.

Acara seperti seminar biasanya mengundang seseorang yang hebat seperti profesor, dosen, pembicara dan lain sebagainya. Tak jarang pula mahasiswa akan menjadi pembicara pada acara tertentu, tetapi tetap memilih sesuai dengan bidangnya.

Moderator

Moderator merupakan seseorang yang bertugas untuk menjadi penengah antara pembicara dan peserta sesuai dengan jalannya acara. Biasanya akan memandu seminar yang diadakan, di mana seseorang tersebut akan membuka dan menutup kegiatan.

Moderator pula bertugas untuk mempersilahkan pemateri dalam memberikan materi ataupun peserta yang akan memberikan pertanyaan. Oleh karena itu, seseorang yang dipilih harus tegas dan memiliki bahasa lugas agar terkesan memiliki pribadi baik.

Peserta atau Audiens

Peserta adalah sekumpulan orang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Audiens tersebut merupakan salah satu pihak yang wajib ada di dalam seminar. Biasanya dalam suatu kegiatan akan ada pembatasan forum sehingga akan membuat suasana tenang dan tidak gaduh.

Peserta selain memperhatikan juga diharapkan untuk memberikan beberapa pertanyaan kepada pemateri. Tujuannya agar terciptanya forum diskusi dan juga memperjelas materi. Audiens diharapkan bersifat kritis dan mau bertanya.

Notulen

Notulen adalah seseorang yang bertugas untuk mencatat atau merangkum hal-hal penting selama berjalannya seminar. Hasil dari rangkuman tersebut akan disampaikan pada akhir acara oleh moderator sehingga para peserta dapat mengambil inti sari kegiatan tersebut.

Beberapa pihak yang telah bergabung tersebut akan menyukseskan jalannya suatu seminar. Oleh karena itu, dalam menyelenggarakan kegiatan harus memenuhi beberapa orang tersebut. Agar suatu acara dapat berjalan dengan lancar.

Mengenal Jenis-jenis Seminar

Mengenal Jenis-jenis Seminar

Jenis-jenis seminar memang ada banyak, karena memang cakupan kegiatan tersebut sangatlah luas dan penyelenggaraannya pun tergantung dengan tema. Oleh karena itu, untuk mengetahui macam dari acara ini berikut penjelasannaya:

Seminar Motivasi

Seminar motivasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan memberikan sebuah arahan ataupun gambaran kepada para peserta. Biasanya acara ini akan mengundang seorang motivator khusus dengan keahlian di bidangnya.

Salah satu contoh seminar motivasi yaitu kunci sukses masuk perguruan tinggi. Masih banyak lagi kegiatan yang memotivasi seseorang untuk mengejar kesuksesan. Acara ini akan memberikan semangat agar peserta di dalamnya bangkit dan memulai sesuatu dengan lebih baik lagi.

Seminar Pendidikan atau Edukasi

Pada seminar edukasi ini akan memberikan penjelasan ataupun materi tentang pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi kepada peserta tentang suatu keterampilan. Oleh karena itu, acara tersebut cocok bagi Anda yang ingin belajar sesuatu hal baru.

Seminar edukasi ini dibagi menjadi 2 bidang, yaitu soft skill tentang kecerdasan dan hard skill untuk teknik. Kegiatan ini sama-sama mendorong agar para peserta dapat melakukan hal yang telah di ajarkan. Contoh dari acara ini adalah melatih kemampuan skill agar diterima diperusahaan.

Seminar Inspirasi

Seminar inspirasi merupakan acara untuk memberikan suatu pengalaman ataupun kisah yang dialami langsung oleh pembicara kepada para peserta. Biasanya sebagai cara agar bisa membangkitkan semangat, sehingga setelah selesai kegiatan tersebut audiens akan menentukan tujuannya kembali.

Seminar inspirasi ini sangat bermanfaat bagi para peserta yang sudah mulai bingung arah dan tujuan. Adanya acara tersebut akan menolong seseorang untuk terus berkembang serta menjadi lebih baik. Contoh dari kegiatan ini adalah sukses berkarir di usia muda.

Jenis Seminar Berdasarkan Ruang Lingkup

Penyelenggaraan suatu acara juga harus sesuai dengan ruang lingkupnya. Pengertiannya adalah cakupan peserta yang mengikuti kegiatan terkait. Perbedaan tersebut dilakukan karena akan mempermudah jalannya kegiatan. Ada 2 jenis yaitu seminar terbatas dan umum.

Seminar terbatas merupakan kegiatan yang dilakukan tetapi dengan batasan peserta. Hal tersebut bertujuan agar tetap menjaga kenyamanan dari audiens lainnya atau acara tersebut diadakan oleh bidang tertentu sehingga membatasi peserta.

Seminar umum merupakan acara yang diadakan secara umum dan peserta tanpa dibatasi. Biasanya kegiatan ini tidak mengarah pada bidang tertentu sehingga dapat diikuti oleh semua orang. Adanya hal ini dapat mempermudah seseorang dalam mencari pelajaran baru.

Beberapa Manfaat dari Seminar

Setelah mengetahui pengertian seminar: arti, ciri-ciri, tujuan, dan fungsi seminar, maka selanjutnya akan membahas manfaatnya. Kegiatan itu juga bermanfaat untuk Anda sebagai orang yang mengikuti acara tersebut. Oleh karena itu, jika ada suatu kegiatan maka sebaiknya diikuti agar dapat menambah hal baru. Berikut ulasannya:

Menambah Pengetahuan

Mengikuti suatu seminar secara tidak langsung akan menambah pengetahuan Anda. Kegiatan ini memberikan hal-hal baru yang dapat dilakukan pada masa mendatang. Adanya acara ini pula bisa membuka wawasan seseorang.

Salah satu contohnya saat Anda mengikuti seminar tentang inspirasi perkuliahan, maka akan disampaikan oleh pembicara apa yang ada pada masa-masa kuliah, bagaimana cara membagi waktu saat diperguruan tinggi dan lain sebagainya.

Sarana Menemukan Teman Baru

Manfaat mengikuti seminar salah satunya yaitu Anda dapat menemukan teman baru. Biasanya kegiatan tersebut akan diikuti oleh berbagai orang dari beberapa wilayah. Oleh sebab itu, dengan mengikuti acara ini juga dapat membetuk relasi dalam jumlah banyak.

Manfaat lainnya yaitu Anda bisa bersosialisasi kepada khalayak umum, karena dengan mengikuti acara tersebut secara tidak langsung harus bisa berkomunikasi dengan orang asing. Ketidakmungkinan jika datang diseminar tetapi hanya diam saja tanpa menyapa seseorang.

Mendapatkan sertifikat

Penyelenggara seminar pastinya akan menyiapkan tanda bagi para pesertanya. Hal tersebut diberikan untuk menandai bahwa orang itu telah mengikuti kegiatan dengan baik. Selain mendapatkan ilmu juga bisa mendapat sertifikat yang sangat bermanfaat.

Fungsi dari sertifikat sangat bermacam-macam, misalnya pada suatu perguruan tinggi menjadikan itu untuk salah satu syarat kelulusan, adapula yang dapat membantu untuk bisa bergabung dengan perusahaan tertentu.

Menerima Ilmu dari Orang Sukses

Mengikuti suatu seminar juga akan membuat kita mendapatkan suatu ilmu dan pembelajaran dari orang-orang yang telah sukses. Biasanya materi yang diberikan berdasarkan pada pengalaman-pengalaman telah di laluinya.

Anda dapat memetik himah yang telah disampaikan oleh pembicara. Mengikuti seminar juga akan menambah semangat dalam berkarir ataupun kegiatan untuk masa depan. Tidak rugi jika datang ke acara seperti ini karena akan ada banyak ilmu di dalamnya.

Seminar Masa Kini

Pada era teknologi ini ada beberapa kegiatan yang diadakan dalam keadaan digital. Acara pengumpulan orang banyak juga bisa dilakukan dengan jaringan. Salah satunya yaitu webinar (seminar online). Apa lagi saat adanya covid-19 banyak sekali instansi mengadakan kegiatan tersebut.

Webinar (web dan seminar) adalah suatu seminar yang diadakan secara online dengan menggunakan suatu aplikasi. Walaupun dengan jarak jauh, acara tersebut nyatanya juga berjalan dengan baik. Pembicara dan peserta akan berada pada frame sama sehingga dapat lebih jelas melihat pemateri.

Seminar yang biasa diselenggarakan berbeda dengan webinar ini. Seseorang tidak perlu datang kesuatu lokasi hanya dengan melihat laptop atau telfon genggam maka dapat mengikuti webinar tersebut. Selain itu, akan sangat menghemat waktu Anda.

Beberapa Hal yang Perlu Ada saat Webinar

Beberapa Hal yang Perlu Ada saat Webinar

Saat Anda mengikuti suatu webinar harus mempersiapkan beberapa peralatan yang diperlukan. Seminar ini mungkin akan sangat praktis jika diikuti oleh orang yang sibuk. Berikut beberapa sesuatu dibutuhkan dalam kegiatan ini:

Komputer atau Handphone

Keperluan pertama yang dibutuhkan dalam acara webinar ini yaitu komputer, laptop ataupun handphone. Mengikuti acara ini membutuhkan ketiga hal tersebut, karena jika tidak ada maka Anda tidak dapat bergabung dalam kegiatan itu.

Acara webinar ini lebih disarankan menggunakan laptop atau komputer, karena selain resolusi jelas keadaan layarpun lebuh lebar daripada handphone. Menggunakan PC memiliki fitur yang lengkap sehingga dapat memperlancar seminar tersebut.

Jaringan Internet dan Aplikasi

Mengikuti webinar ini diharapkan Anda mempunyai internet yang stabil. Koneksi yang buruk akan mempengaruhi jalannya seminar. Kondisi gambar yang buram dan suara yang tersendat-sendat merupakan efek dari jaringan tidak baik.

Webinar akan menggunakan suatu aplikasi atau browser yang khusus. Oleh karena itu, jika Anda akan mengikuti seminar tersebut harulah menyiapkannya. Biasanya software akan ditetapkan dari pihak penyelenggara kegiatan tersebut.

Speaker dan Email yang Aktif

Webinar merupakan seminar yang diadakan online, oleh sebab itu pastinya akan membutuhkan speaker aktif agar dapat mendengarkan suara pemateri. Cara lain jika pengeras suara bermasalah dapat menggunakan bantuan dari headset.

Mengikuti suatu webinar juga menyuruh Anda untuk memiliki email yang aktif. Kemungkinan link dari kegiatan tersebut dikirim melalui pesan online tersebut. kegiatan ini sudah menggunakan beberapa fitur canggih dapat membantu proses kesuksesan acara.

Mengapa Mengikuti Seminar?

Banyak dari Anda pasti akan bertanya-tanya, mengapa harus ikut seminar? Berikut ada beberapa penjelasan kenapa harus datang.

Mengikuti seminar Anda akan mendapatkan sesuatu hal baru dalam hidup. Lalu bagaiman cara menentukan mana yang harus diikuti? Salah satu caranya yaitu lihat kebutuhan paling mendasar, memahami isi materi dari kegiatan tersebut dan meluruskan niat untuk belajar.

Cara lainnya yaitu dengan menyelesksi acara mana yang harus diikuti, selain itu harus bertopang pada pendirian dan selalu percaya pada diri sendiri. Mengikuti beberapa saran tersebut dapat menghindarkan Anda dari rasa kecewa saat setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Poin-poin yang Mempengaruhi Suksesnya Seminar

Kesuksesan suatu seminar pastinya sangat ditunggu oleh pihak penyelenggara. Beberapa poin penting haruslah ada sehingga menciptakan keberhasilan suatu kegiatan. Oleh karena itu, panitia harus selalu mengontrol jalannya acara tersebut.

Poin pertama yang paling penting yaitu alur atau kejelasan dari acara tersebut. Mulai dari proses pendaftaran peserta, menghubungi narasumber hasruslah dengan konsep yang matang. Pihak penyelenggara harus selalu berkordinasi agar tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi.

Kegiatan yang sukses juga berawal dari konsep yang dipilih. Mengatur suatu acara harus menggunakan sesuatu yang menarik agar dapat memikat peserta dengan jumlah banyak. Audiens juga akan mempengaruhi keberhasilan suatu seminar.

Tata Krama Pembicara dan Audience

Keberhasilan suatu acara juga disebabkan oleh tata krama para pembicara dan peserta yang mengikuti seminar tersebut. Adanya suatu peraturan maka akan membuat kegiatan tersebut nyaman dan tertib. Oleh karena itu, berikut beberapa yang harus diperhatikan :

Tata Krama Pembicara

Pembicara dalam melakukan pembahsan materi juga harus memperhatikan beberapa aspek. Adanya peraturan ini akan mempermudah peserta dalam memahami isu permasalahan tersebut. Pembicara haruslah melakukan hal-hal berikut yaitu mempersiapkan makalah sesuai dengan tema.

Setelah itu, pembicara melakukan penyampaian materi dengan jelas serta tidak berbelit-belit. Penyaji juga harus bisa menerima beberapa kritik dan saran dari para peserta. Terakhir, pemateri juga harus bisa menjawab pertanyaan dengan objektif dan mudah dimengerti.

Tata Krama Audience

Sebagai peserta seminar harus juga memperhatikan tata krama. Beberapa aspek agar seminar berjalan dengan lancar yaitu para audience hendaknya mempelajari makalah yang diberikan. Menjaga kesopanan juga merupakan hal penting didalam suatu kegiatan.

Aspek berikutnya yaitu tidak berbicara saat kegiatan berlangsung. Memberikan pertanyaan juga disarankan hanya pada waktu yang diberikan moderator saja. Sebelum bertanya harus mengacungkan tangan serta memperkenalkan diri. Mengajukan persoalan dengan bahasa singkat, jelas dan padat.

Beberapa Kelemahan Seminar

Beberapa Kelemahan Seminar

Setiap segala sesuatu yang memiliki kelebihan pastinya juga ada kelemahannya, begitupun dengan seminar. Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya tetapi juga memiliki sedikit kekurangan. Berikut beberapa yang perlu diperhatikan:

Membutuhkan Banyak Waktu

Acara seminar merupakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Penyelenggaraan yang seperti ini pastinya akan membutuhkan banyak waktu. Perjalanan menuju ketempat tersebut juga akan menghabiskan beberapa menit maupun jam.

Pada dasarnya pengakomodasian para peserta menuju ketempat penyelenggaraan akan memakan banyak waktu. Hal tersebut tidak disarankan jika dilakukan oleh seseorang yang memiliki jam terbang tinggi. Permasalahan ini dapat dipecahkan dengan mengatur ulang jadwal Anda.

Membutuhkan Penyaji yang Terampil

Penentuan seorang penyaji yang akan diundang haruslah memiliki kepribadian yang terampil. Hal tersebut akan mempengaruhi jalannya suatu acara. Mengundang pembicara yang tidak dapat membawa suasana akan menyebabkan seminar tersebut terasa membosankan.

Penyaji harus menjadi pimpinan di dalam seminar tersebut, mereka diharuskan tegas dan berkompeten, tentunya juga paham tentang materi yang akan disampaikan. Pihak penyelenggara sebaiknya teliti dalam pemilihan pemateri.

Kesulitan saat Audiens Terlalu Banyak

Jumlah peserta yang hadir juga akan mempengaruhi keberlangsungan seminar tersebut. Terciptanya suasana kondusif sangat diinginkan oleh pihak penyelenggara dan pemateri. Kegiatan seharusnya perlu pambatasan agar tidak terjadi hal tersebut.

Peserta juga diharuskan tetap menjaga ketenangan saat berlangsungnya suatu kegiatan tersebut. Seminar akan berjalan lancar jika peserta, pemateri, moderator dan pihak penyelenggara dapat saling menghargai satu sama lain.

Peserta Diharuskan Mempelajari Materi Terlebih Dahulu

Pastinya saat Anda mengikuti suatu seminar dan diharuskan mempelajari materi tersebut sebelum di mulai maka akan menyebabkan rasa bosan. Itulah salah satu kelemahan dari seminar itu sendiri. Berniat agar peserta lebih paham dengan materi, tetapi membuat tidak menarik.

Pemateri biasanya akan memberikan makalah dan meminta para audience untuk mempelajari terlebih dahulu materi tersebut. Tujuannya sangat bagus tetapi hal itu dapat membuat peserta tidak semangat lagi dalam mengikuti acara.

Baca Juga: Pengertian Bahasa

Setelah mempelajari tentang pengertian seminar: arti, tujuan dan fungsi seminar, apakah Anda akan mengadakan suatu kegiatan tersebut ? Jika memang berniat untuk menyelenggarakan maka sebaiknya menerapkan berbagai penjelasan-penjelasan di atas.

Tinggalkan Balasan