Pengertian Seni

Pengertian Seni: Fungsi, Tujuan & Macam-Macam Seni

Diposting pada

Pelajaran tentang pengertian seni, fungsi dan macam-macam seni akan memberikan pemahaman lebih kepada seseorang sehingga mereka mampu memahami esensinya. Tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, ternyata belajar kesenian juga dapat menyehatkan badan.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Sebelum memahami mengenai fungsinya, sebaiknya Anda mengetahui tentang berbagai definisi seni yang diungkapkan oleh beberapa ahli ternama. Adanya pengertian ini akan memberikan pemahaman tentang keberadaan suatu budaya. Berikut beberapa di antaranya:

Sudarmaji

Sudarmaji, salah satu seniman Indonesia yang memiliki definisi unik tentang seni. Menurutnya, kesenian ialah manifestasi batin dan pengalaman penuh estetika seseorang ketika ia berkarya. Karya yang dimaksud lebih mengutamakan penggunaan garis, warna (gelap serta terang), bidang serta volume.

Sudarmaji melihat kesenian sebagai karya visual yang didefinisikan berdasarkan pada panca indera penglihatan. Adanya pengertian ini mayoritas mengacu kepada karya berupa seni rupa. Kata garis dan tekstur di atas memberikan bayangan bahwa itu adalah sebuah gambar.

Pemaknaan seni secara visual yang diwujudkan dengan gambar ini memberikan tambahan pemahaman bagi masyarakat bahwa kesenian diciptakan dari penggambaran suatu benda. Karya tersebut dapat dilihat langsung sehingga mampu memberikan esensi tersendiri.

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa seni adalah sesuatu yang dapat memberikan keindahan dan mampu dilihat oleh indera penglihatan. Pembuatan karya ini sangat bervariasi asalkan kesenian tersebut diciptakan serta dapat dinikmati oleh mata.

Baca Juga: Mewarnai Gambar Anak

Bukan hanya benda seperti lukisan, namun perbuatan pun termasuk dalam kesenian. Seni dihasilkan dengan berbagai cara sehingga apabila tidak dipelajari secara baik, orang tidak akan memahaminya. Untuk itu, dibutuhkan pengertian untuk memahaminya sebab wujudnya ada banyak dan bervariasi.

Selain seni mampu dilihat, juga dapat dinikmati dengan perasaan. Salah satu contohnya yakni tarian. Lewat olah tubuh yang baik, seseorang bisa menampilkan sebuah pertunjukan penuh makna dan hiburan. Bahkan, setiap gerakan umumnya memiliki simbol serta arti tersendiri.

Hilary Bel

Pengertian seni menurut Hilary Bel ialah karya yang membuat masyarakat ingin mengetahui siapa penciptanya. Definisi ini memberikan makna cukup luas sebab segala benda atau hal dapat menjadi kesenian dengan catatan memiliki keunikan atau ciri khas.

Memang, mayoritas seni tidak hanya indah apabila dilihat dengan indera penglihatan. Namun, karya tersebut juga memiliki keunikan sehingga menggugah orang untuk menanyakan siapakah pembuatnya. Jika merujuk pada definisi di atas, kesenian diartikan sebagai hasil budaya dalam bentuk kongkret.

Hilary Bel memang tidak memusatkan hanya pada benda-benda kesenian saja, namun esensi dari seni ini dapat dilihat atau dinikmati langsung oleh panca indera sehingga membuat masyarakat tergugah untuk memahami lebih akan karya tersebut. tidak heran jika pengertian menurutnya memang cukup unik.

Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia, seni adalah segala aktivitas atau hal yang mampu memberikan keindahan kepada masyarakat. Penikmat kesenian itu dapat melihat atau mendengar karya tersebut. Adanya poin ini menyuguhkan penampilan berkualitas dari seniman. Tak hanya indah, namun juga menghibur penonton.

Definisi menurut Ensiklopedia ini dinyatakan sebagai seni yang mampu memberikan nilai estetika kepada penikmat kesenian. Wujudnya bisa berupa benda seperti patung, lukisan dan graffiti. Tak hanya dapat dilihat, namun bentuknya pun dapat didengar, yakni seperti nyanyian atau tembang Jawa.

Dengan memahami akan pengertian seni menurut tokoh ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa syarat utama suatu hal bisa dikatakan sebagai kesenian ialah, apabila itu bisa dilihat atau didengar serta memberikan keindahan kepada penikmatnya.

Plato

Plato mengungkapkan bahwa “ars imitator naturam” yang bermakna seni itu meniru alam serta lingkungan. Jika ditelaah secara mendalam, seniman memang kerap terinspirasi dari kejadian di sekitarnya ketika menciptakan karya. Hujan, awan dan gunung kerap menjadi sumber inspirasi.

Wujud seni menurut Plato ini masih general sebab ia hanya menitikberatkan pada esensi keberadaan kesenian tersebut. Seniman memang kerap mengambil alam sebagai inspirasi. Bahkan, adanya perubahan musim dapat dijadikan sebagai sumber karyanya.

Salah satu seni yang kerap bersumber pada alam ialah sastra. Karyanya cukup bervariasi, sebagai contoh puisi. Ini kerap mengambil inspirasi dari salah satu ciptaan Tuhan seperti awan. Benda langit tersebut memberikan pencerahan sehingga ide penyair dapat keluar.

Aristoteles

Senada dengan Plato, Aristoteles mengungkapkan bahwa seni adalah bentuk karya yang meniru keadaan alam sekitar serta keberadaannya tidak menyimpang dari aturan. Meskipun mirip definisi sebelumnya, namun ia memberikan penekanan bahwa keberadannya sesuai kenyataan.

Hal ini berarti bahwa seni tersebut menampilkan keindahan yang bersumber pada alam sekitar. Namun, jika dilihat dari norma sosial, keberadannya tidak menyimpang sehingga masyarakat atau penikmatnya dapat menerima karya tersebut dengan baik.

Banyak seniman membuat hasil karya aneh dan sedikit menyimpang. Pemikiran ini tidak masuk dalam definisi seni menurut Aristoteles. Ia hanya menitikberatkan bahwa karya tersebut haruslah bisa diterima oleh masyarakat keberadaannya sehingga tidak menyimpang dari norma yang seharusnya.

Thomas Monro

Thomas mengungkapkan bahwa seni adalah ciptaan manusia yang sengaja dibuat untuk mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Makna kesenian menurut Monro ini cukup dalam sebab ia menyatakan seni akan memberikan fungsi sebagai influencer kepada masyarakat.

Adanya pengaruh kondisi psikologis seseorang ini dapat diterima masyarakat sebab seni itu memberikan efek khusus. Umumnya, unsur yang ditampilkan pada seni tersebut sangat lazim dengan kejadian sehari-hari, salah satu contohnya teater. Kesenian itu mampu mengaduk perasaan penonton.

Karakter mampu memberikan penampilan kerennya sehingga penonton akan terhanyut pada cerita yang ditampilkan. Tak hanya itu, seni musik pun bisa memberikan efek dahsyat bagi pendengarnya. Bahkan, lagu bahasa asing dengan melodi sedih mampu membuat seseorang menangis.

Leo Tolstyoy

Leo mengungkapkan bahwa seni adalah ungkapan isi hati pembuatnya yang diciptakan untuk membuat penikmat karyanya mampu memahami makna serta mengetahui perasaan penciptanya. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa seni ialah ungkapan asli seniman terhadap dunia.

Seniman kerap menuangkan isi hatinya, baik perasaan sedih maupun marah dalam bentuk karya yang indah. Mereka berharap ciptaannya bisa dimengerti oleh orang lain. Penikmatnya pun umumnya mampu memahami perasaan penyair, terutama jika memiliki darah seni cukup kuat.

Adanya pengertian seni ini memberikan perspektif baru, bahwa kesenian tidak hanya memberikan keindahan dan hiburan. Namun, karya tersebut mampu menuntun masyarakat untuk lebih mengenal sesama dengan baik. Bahkan, terkadang esensi dari seni itu sendiri bisa membagikan nilai kehidupan.

Herbert Read

Read mengungkapkan bahwa seni adalah ekspresi yang bersumber dari pengalaman penciptanya serta observasi secara pribadi. Tak hanya itu, karyanya dikaitkan dengan efek psikologis serta perasaan. Alhasil, karya tersebut sungguh indah dan natural sebab penikmatnya bisa seolah merasakan langsung.

Herbert Read mendefinisikan bahwa seni diciptakan dengan mencari inspirasi dari pengalaman sang penyair yang ditambah dengan pengamatan langsung pada kehidupan masyarakat. Tak heran jika saat membaca sebuah puisi, terkadang pembaca bisa merasakan sakitnya luka.

Hal ini dikarenakan pembuatnya menuliskan isi hati lewat kata-kata indah. Apalagi ditambah dengan adanya pengamatan langsung sehingga karya bisa menjadi lebih menawan. Penyair berpikir lebih kreatif sehingga pengalaman pribadi dapat memberikan inspirasi kepada orang lain yang membaca atau mendengarkannya.

Alexander Baum Garton

Garton mendefinisikan bahwa seni merupakan suatu karya yang menyuguhkan keindahan dan diciptakan dengan tujuan membuat penikmatnya menjadi lebih bahagia dibandingkan sebelumnya. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesenian memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Seni tidak hanya digunakan untuk meluapkan emosi seniman saja, namun penciptanya pun bertujuan membuat penikmat kesenian mendapatkan dampak positif, salah satunya menjadi bahagia. Jika dilihat dari definisi tersebut, wujud ini dinilai sebagai sesuatu yang memberikan kebahagiaan.

Tak hanya itu, diharapkan keberadaan seni dapat menghibur masyarakat. Salah satu contohnya mungkin bisa dilihat pada pertunjukkan teater. Jika cerita lucu dan mampu membuat penonton tertawa, maka ini termasuk dalam kesenian seperti yang didefinisikan oleh Garton.

Eric Ariyanto

Eric mengungkapkan bahwa seni ialah aktivitas yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan rohani. Seniman merefleksikannya dalam bentuk karya indah sehingga bisa dinikmati orang lain. Tak hanya memberikan hiburan, namun kesenian juga dapat membangkitkan perasaan penontonnya.

Seni dinilai sebagai karya yang bersumber pada perasaan seniman terhadap sesuatu. Penonton akan merasakan bagaimana melihat dunia dari perspektif. Secara tidak langsung, masyarakat diajak untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekitar.

Mengenai isi karya tersebut bergantung pada seniman. Ceritanya bisa sedih, bahagia maupun marah. Penikmat pun dapat memilih akan temanya sesuai keinginan. Adanya banyak opsi ini memberikan pilihan sehingga masyarakat mampu menikmatinya.

Popo Iskandar

Seni adalah ungkapan emosi seseorang yang ditujukan khusus untuk golongan tertentu. Karyanya bertujuan agar pihak lain mengetahui tentang perasaan pembuatnya. Seniman memang kerap membuat puisi atau syair dengan tujuan spesifik, misalkan sebagai ungkapan cinta ke orang lain.

Tak hanya meluapkan emosinya, pembuat seni pun membuatnya khusus baik untuk perseorangan maupun kelompok (penulis lagu banyak yang melakukannya). Mereka membuat lirik ditujukan pada kekasih tercinta. Meskipun demikian, keberadaan kesenian itu bisa dinikmati masyarakat luas.

Definisi ini mengandung arti bahwa seni dapat menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain. Jika penyair membuat pusi cinta untuk istrinya, itu berarti kesenian hadir sebagai media penyebaran info. Keberadaan seni memang sangat multifungsi, sebab selain indah hasilnya sungguh bermanfaat.

Immanuel Kant

Berbeda dari yang lainnya, Kant mengungkapkan bahwa seni ialah impian sebab keberadaannya tak hadir dalam realita kehidupan. Bentuknya terlihat real namun sejatinya hanya berupa rumus-rumus. Pengertian ini memiliki arti esensi dalam karya tersebut susah untuk diwujudkan menjadi kenyataan.

Banyak seniman menuangkan pikiran-pikiran liarnya akan kehidupan di dunia ini. Salah satu contohnya ialah membuat syair tentang angan-angan apabila menjadi satu. Immanuel mendefiniskan sebagai impian karena makna karya tersebut tidak berasal dari pengalaman penyair.

Namun, umumnya inspirasi pengarang tersebut berasal dari impian-impian dan keinginan yang mungkin sulit untuk diusahakan. Alhasil, adanya seni memberikannya wadah sehingga bisa menghindupkan mimpinya meskipun hanya dalam bentuk tulisan atau penampilan selama beberapa menit saja.

Ira Andriati Msn

Ira menyatakan bahwa seni adalah sebuah proses yang menghasilkan sebuah gagasan atau perasaan tertentu. Dia pun mengatakan kesenian ini dipilih oleh seseorang sebagai medium berisikan aturan serta proteksi di dalamnya. Ada berbagai variasi serta jenis sehingga masyarakat dapat menentukannya.

Adanya media ini sungguh efektif sebab masyarakat dapat memperoleh gagasan maupun nilai-nilai yang terkandung di dalamya. Untuk memperolehnya, tentu penciptanya harus mengikuti aturan dan proteksi khusus. Penyampaan ide dilakukan dengan sangat elegan karena memperhitungkan keindahan.

Definisi Ira ini memang unik karena menggunakan istilah “medium” sebagai sarana berkreasi diri bagi seniman. Tak hanya artis, orang yang menyukai seni pun diperbolehkan untuk mengkreasikan karyanya demi menyampaikan perasaan atau gagasannya.

Mengetahui Berbagai Fungsi Seni

Usai mengetahui definisi seni dari beberapa ahli terkenal, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan hasil cipta karya manusia yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan, gagasan atau pesan kepada masyarakat. Wujudnya berbeda-beda sehingga manfaatnya pun bisa bervariasi.

Adanya perbedaan fungsi seni ini umumnya dibedakan menjadi dua, yakni untuk individu dan sosial atau masyarakat. Manfaat kesenian bagi masyarakat sangat beragam sebab bukan hanya digunakan sebagai sarana penciptaan karya, media itu pun dapat menjadi penghibur.

Fungsi seni bagi sebagian orang salah satunya untuk menyalurkan perasaan kepada orang lain. Keberadaan kesenian mampu mengaduk emosi penikmatnya, karena mengandung luapan hati, baik sedih maupun gembira, serta dapat pula dijadikan sarana hiburan oleh masyarakat.

Sebagai contoh, jika sebelumnya hati sedang gundah kemudian menonton teater kocak, bisa dipastikan mood akan berubah menjadi lebih baik. Dapat disimpulkan, keberadaan seni ini memberikan kebahagian batin bagi penikmatnya.

Fungsi Seni Sebagai Individu

Salah satu manfaat seni ialah difokuskan pada individu yang berdampak langsung pada diri seseorang baik fisik maupun mental. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

Sarana Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Seni dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan fisik manusia. Adanya kesenian ini merupakan wadah terbaik untuk mengekspresikan keahlian yang dimiliki. Sebagai contoh, pelukis memiliki skill keren demi menghasilkan lukisan berkualitas dan mengandung nilai estetika tinggi.

Namun, ia butuh sarana untuk mencurahkan kemampuan melukisnya. Di sisi lain seniman pun memakainya sebagai pekerjaan dengan menjual lukisannya. Kemudian, orang membeli karyanya sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan kata lain, Seni tak hanya mampu menjadi sarana berekspresi. Namun, orang juga bisa memperoleh uang untuk dapat dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, keberadaan kesenian mampu membuat penikmati bahagia serta menunjang kehidupan penciptanya.

Untuk Memenuhi Kebutuhan Emosional Manusia

Salah satu fungsi seni bagi individu secara langsung ialah untuk memenuhi kebutuhan emosional manusia. Adanya kesenian ini menjadi wadah terbaik guna mengekspresikan perasaan serta ide masing-masing.

Kebutuhan emosional ini sama pentingnya dengan kebutuhan fisik. Orang yang merasa sedih kerap mendengarkan lagu-lagu mellow untuk membuat hatinya menjadi lebih baik. Tak heran, ia bisa menangis sendirian saat mendengarkannya.

Mood yang awalnya buruk bisa menjadi lebih bahagia usai melihat kesenian. Adanya seni ini telah memenuhi kebutuhan manusia terkait emosinya. Misalnya, penyair menuangkan perasaannya lewat tulisan pun termasuk ungkapan agar bisa dirasakan orang lain.

Fungsi Seni Sebagai Sosial

Fungsi seni tak hanya dinilai pada individu, namun juga dilihat dari segi manfaat sosial atau masyarakat secara luas. Selain memberikan banyak hiburan, kesenian ini menyuguhkan keuntungan bagi penikmatnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

Sarana Mendapatkan Pendidikan

Salah satu fungsi yang kerap diperbincangkan ialah pendidikan. Aspek ini sangat dibutuhkan demi menghasilkan karya indah. Sebagai contoh, kesenian gamelan tidak bisa dimainkan sendirian. Namun, dibutuhkan beberapa orang untuk memainkannya.

Ada berbagai alat musik yang harus dimainkan antara lain, gong, saron dan kendang. Seseorang harus mempelajarinya hingga fasih baru bisa membentuk tim gamelan. Adanya seni secara tidak langsung memberikan pendidikan kepada peminat sehingga mau tak mau mereka harus mempelajarinya.

Dalam melakukan pembelajaran, pastinya kemampuan seseorang berbeda-beda. Ada yang sekali diajari langsung bisa, namun tidak sedikit pula orang belajar kesenian hingga bertahun-tahun. Jika sudah ahli dalam memainan salah satu alat musik, bisa mencoba jenis lainnya.

Media Kepercayaan Masyarakat

Kesenian memiliki fungsi sebagai media kepercayan masyarakat. Tarian dan nyanyian kerap digunakan sebagai pelengkap dalam suatu acara budaya pada golongan tertentu. Sebagai contoh, saat menjalankan ibadah, umat Kristen akan menyanyikan lagu rohani.

Contoh lainnya yang bisa dilihat ialah di upacara adat di masyarakat Jawa, umumnya menggunakan gamelan sebagai salah satu pengiringnya. Tanpanya, prosesi tersebut takkan berjalan seperti biasanya. Adanya fungsi ini memberikan fakta bahwa seni dan adat sangat erat hubungannya.

Tanpa musik, upacara adat akan terasa hambar dan berbeda esensinya. Keberadaan seni seolah menjadi sebuah kewajiban dalam adat di masyarakat tertentu. Tak hanya itu, tarian pun terkadang digunakan sebagai salah satu persyaratan dilakukannya sebuah upacara.

Sebagai Media Hiburan

Fungsi seni bagi masyarakat salah satu media hiburan. Adanya kesenian dapat memberikan kebahagian bagi penontonnya. Itulah mengapa pertunjukan serta galeri kesenian tak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan, orang rela mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk menontonnya.

Kesenian terbagi menjadi 2 yakni tradisional dan modern, keduanya mendapatkan hati di masyarakat. Dewasa ini anak muda menggandrungi musik campursari, salah satu seni Indonesia. Tak hanya karena memiliki suara indah, namun pesan yang terdapat dalam lagu mampu memberikan kepuasaan tersendiri.

Adanya manfaat ini dapat dikaitkan dengan fungsi kesenian sebagai media hiburan. Jika merasakannya, kebutuhan emosional seseorang bisa terpenuhi. Sebagai contoh beberapa lagu Almarhum Didi Kempot yang terkenal di semua daerah Indonesia.

Sebagai Media Informasi

Bukan hanya sekedar hiburan, ternyata keberadaan seni mampu memberikan informasi kepada khalayak ramai. Hal ini umumnya dituangkan dalam puisi atau lagu. Sebagai contoh para seniman terkadang memberikan pesan mengenai pentingnya menjauhi narkoba kepada anak muda.

Baca Juga: Alat Musik Bali

Anak muda yang menikmati musik pun secara tak langsung akan menerima pesan tersebut. Sebab, penyampaian informasi lewat lagu sangatlah direkomendasikan. Daripada himbauan langsung, cara ini dinilai cukup efektif membuat generasi muda memahami betapa berbahayanya narkoba.

Salah satu contoh lain yaitu, penggunaan poster yang cukup efektif karena menampilkan gambar dengan kandungan makna tertentu. Akan tetapi, desain yang ditampilkan juga harus selaras dengan perkembangan zaman saat ini.

Sebagai Media Kesehatan

Salah satu fungsi seni yang hingga kini masih dikembangkan keberadaannya ialah media penyembuhan. Salah satunya bisa ditemukan pada seni musik. Saat seseorang menderita penyakit insomnia maka akan sulit tertidur, untuk membuatnya ngantuk coba putarkan nyanyian kesukaan masing-masing.

Contoh kedua yaitu sebagian orang akan terhindar dari stress jika mendengarkan lagu kesukaannya. Keberadaan fungsi itu masih ditelusuri lebih lanjut sebab efeknya takkan terasa dalam sekali percobaan. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Seni musik juga kerap digunakan sebagai media pengiring saat yoga atau pilates. Secara tidak langsung orang akan merasa lebih tenang usai melakukannya jika diiringi lagu bernada lembut. Selain itu, banyak pesenam yang memanfaatkannya untuk melakukan zumba sehingga badan tetap sehat.

Berbagai Macam-macam Seni

Bicara tentang kesenian, seni memiliki banyak macam mulai dari yang ditampilkan hingga dilihat dengan indera pengelihatan. Keberadaanya telah mendapatkan hati di masyarakat. Lantas apa saja jenis seni yang bisa dinikmati?

Seni Tari

Agar memahami tentang pengertian seni: fungsi dan macam-macam seni, Anda dituntut mampu mengetahui jenisnya, salah satunya yaitu tarian. Tari diwujudkan dengan olah tubuh diiringi musik atau nyanyian. Karya budaya ini sangat indah sebab mampu menampilkan hal yang penuh nilai dan estetika.

Penari tidak hanya wanita saja, lelaki pun juga memiliki kesempatan untuk berekspresi lewat tarian. Pengarah tarian umumnya dilakukan oleh koreografer yang bertugas memandu serta membuat gerakan dengan cara mengkombinasikan antara tari dengan seni musik.

Penampilan pertunjukan tari ini umumnya dipentaskan di panggung atau dalam upacara adat. Dengan begitu, keberadaannya dapat memberikan hiburan kepada semua orang. Ini semua dilakukan agar mereka yang berbakat tetap bisa berkarya.

Seni Musik

Macam-macam seni berikutnya yaitu musik. Unsur utamanya ialah bunyi yang diciptakan begitu indah kemudian melodi nyanyian akan menghipnotis pendengar. Dengan begitu, meskipun tidak melihat penyanyinya langsung, sebuah lagu dapat memberikan efek psikologis.

Kesenian olah suara ini pun mampu membuat seseorang yang sedih menjadi lebih ceria dengan cara mendengarkan lagu penyemangat. Seni musik ini tak hanya bisa menghibur penonton saja. Namun, lewat lagu orang pun bisa memberikan pesan tersembunyi.

Sebagai contoh, seseorang membuat lagu tentang protokol kesehatan yang harus dilakukan saat Corona. Lagunya tak hanya mengandung hiburan, namun bisa bermanfaat bagi pendengar karena mengingatkan masyarakat akan bahayanya virus tersebut.

Seni Rupa

Jenis-jenis seni berikutnya yaitu seni rupa. Terdapat berbagai variasi bentuk, antara lain, lukisan, patung, multimedia, kerajinan tangan dan gambar. Kesenian ini dapat secara kasat mata dilihat dengan indera penglihatan.

Seni rupa ini merupakan kesenian terpopuler karena kerap dibutuhkan untuk kehidupan sehari-sehari. Sebagai contoh, kerajinan tangan tidak hanya difungsikan sebagai oleh-oleh dari wisata saja, namun benda tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya, sebagai tempat meletakkan nasi.

Sementara itu, keberadaan patung ini tidak hanya sebagai hiburan dan keindahan saja. Benda tersebut kerap digunakan untuk ornamen pada tempat khusus untuk candi beserta kuil. Dengan kata lain, kesenian tersebut memang sangat melekat erat dengan kebudayaan serta agama.

Seni Sastra

Macam-macam seni berikutnya yaitu sastra. Kesenian ini banyak wujudnya, mulai dari puisi hingga cerpen yang dihasilkan lewat tulisan indah oleh pengarangnya. Bidang tersebut cukup terkenal sehingga banyak event penting dibuat khusus untuk acara tersebut.

Baca Juga: Tarian Daerah

Salah satunya yakni pembacaan puisi oleh penyair terkenal. Adanya seni sastra ini tak hanya digunakan sebagai sarana ekspresi diri saja. Namun, juga dapat dijadikan ladang penghasilan apabila mampu membuat karya serta bekerja sama dengan penerbit.

Itulah informasi mengenai pengertian seni: fungsi dan macam-macam seni. Kehadirannya sangat bermanfaat bagi semua orang sebab tak hanya memberi hiburan, jiwa pun bisa terobati. Apakah Anda juga berniat menjadi seorang seniman?

Tinggalkan Balasan