Pengertian SEO On Page

Pengertian SEO On Page
22Okt, 2019

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah salah satu strategi optimasi dalam mesin pencarian. Usaha ini dilakukan agar situs kita bisa berada di nomor satu mesin pencarian. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa menjalankan SEO (Search Engine Optimization) tidaklah mudah.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu SEO (Search Engine Optimization) on page dan SEO (Search Engine Optimization) off page. Di setiap langkahnya ada langkah lain yang harus dilakukan juga. Artinya bila Anda ingin menjalankan SEO tentu harus dilakukan oleh ahlinya. Agar Anda memiliki pengetahuan mengenai SEO mari kita bahas mengenai pengertian SEO On Page. Simak yuk!

SEO On Page, Langkah Pertama untuk Strategi SEO (Search Engine Optimization)

Tahukah Anda kalau beriklan di mesin pencarian seperti google tidak akan mempengaruhi kemunculan situs Anda pada hasil mesin penelusuran seperti google. Kok bisa? Ya tentu saja karena google tidak menerima bayaran untuk memberi peringkat pada situs Anda di mesin pencarian.

Google hanya akan memunculkan situs Anda pada mesin penelusuran selama biaya ads Anda masuk. Bila sudah habis maka nantinya situs Anda tidak akan muncul lagi.

Baca Juga : Teknik SEO On Page dan Off Page

Nah, berbeda dengan organik alias trafik yang dihasilkan secara natural dengan cara mengetik keyword tertentu. Untuk meningkatkan organic trafik tersebut dibutuhkan sebuah strategi optimalisasi agar situs Anda benar-benar bisa memiliki peringkat paling baik.

Dalam pembahasan artikel kali ini, mari kita membahas lebih jauh hanya mengenai SEO on Page saja. Kenapa harus mengawali dengan on page? Karena optimalisasi bisa lebih maksimal bila situs kamu sudah benar-benar bisa dikenal.

Pengertian SEO On Page

SEO (Search Engine Optimization) on Page merupakan sebuah istilah yang berhubungan dengan optimalisasi dalam SEO. Anda yang hendak melakukan optimalisasi tentu harus paham mengenai istilah on page dan bagaimana cara menjalankannya.

Agar lebih mudah Anda pahami, Anda harus melakukan praktik pada website Anda sendiri. Dengan begitu Anda bisa tahu, apa saja sih kegunaan SEO (Search Engine Optimization) on Page ini untuk situs Anda. Karena sekarang ini sudah banyak yang melupakan on page, padahal ini merupakan faktor keberhasilan terpenting untuk situs website mu.

Kenapa SEO (Search Engine Optimization) On Page Sering Terlupakan?

Aktivitas on page kerap kali terlupakan karena dianggap memerlukan waktu yang cukup lama. Namun tentunya bila ingin mendapatkan hasil yang baik, Anda juga harus bersabar dengan langka-langkah on page. Toh yang akan memetik hasil panennya, Anda sendiri bukan? Karena biarpun membutuhkan waktu yang cukup lama Anda bisa mendapatkan hasil yang besar.

Memang sih faktor luar akan mempengaruhi proses optimalisasi yang kamu lakukan, namun jangan lupakan juga faktor yang ada di dalam. Anda harus melakukan optimalisasi mulai dari konten Anda sendiri.

Jadi, Apa sebenarnya SEO (Search Engine Optimization) on Page?

Ini merupakan sebuah istilah yang menggambarkan proses optimalisasi oleh pemilik situs, mulai dari menerapkan keyword, penggunaan artikel, riset hal-hal yang dibutuhkan untuk SEO dan banyak lagi. Dengan dorongan dari dalam inilah Anda bisa lebih maksimal melakukan SEO. Lantas apa yang harus dilakukan?

Syarat SEO On Page

Melakukan optimalisasi Pengguna

Saat hendak melakukan optimalisasi, Anda harus tahu siapa pembaca konten Anda? Atau siapa target market Anda. Sehingga saat Anda menyiapkan konten baik berupa artikel, gambar atau video Anda bisa tahu harus membuat seperti apa. Bila Anda sudah tahu seperti apa segmentasi marketnya, Anda bisa menulis artikel dengan gaya bahasa sesuai dengan segmentasi pasar.

Melakukan optimalisasi pada mesin pencarian

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimalisasi pada mesin pencarinya. Bagaimana caranya? Tentu saja optimalisasi situs Anda sendiri dong yaitu dengan menambahkan beberapa tools yang dianggap sangat penting. Misalnya saja plugin Yoast SEO, dan plugin lainnya. Oh iya untuk plugin biasanya bisa dengan Anda mudah temukan lewat situs dengan penggunaan CMS WordPress.

Perhatikan Keyword apakah berpengaruh pada SEO On-Page atau tidak

Keyword atau kata kunci yang diterapkan pada situs Anda akan sangat mempengaruhi bagaimana nantinya performa situs di mesin pencarian. Keyword-keyword tersebut pun bisa kamu optimalisasi lewat konten Anda.

Bila menulis artikel cobalah untuk menyimpan beberapa keyword yang memang relevan. Tapi tentu saja untuk mendapatkan keyword pun Anda tidak bisa sembarangan ya. Anda harus melakukan riset yang memang bisa mempengaruhi website Anda.

Jangan asal saat membuat konten

SEO on-page benar-benar akan sangat dipengaruhi oleh konten yang Anda buat dan Anda publikasi di situs website Anda. Tidak sedikit pula digital marketer menganggap bahwa konten merupakan bagian terpenting. Tentu saja penting, karena tanpa konten, orang-orang tidak akan bisa tahu apa yang Anda jual atau yang ingin Anda beritahukan pada publik terkait produk Anda.

Mesin pencarian seperti google bisa dibilang sangat selektif pada konten yang ada di dalam website. Namun Anda juga perlu tahu bahwa di dalam internet terdapat konten yang tidak penting. Oleh sebab itulah hampir setiap juga dilakukan pembersihan konten oleh google untuk menghilangkan konten tak penting tersebut.

Oleh sebab itulah, Anda sangat disarankan bisa membuat artikel atau konten yang memang user friendly. Isinya pun harus berdasarkan yang dibutuhkan pembaca. Jangan bertele-tele. Anda harus bisa membuat konten yang informatif dan berkualitas.

Mengoptimalisasi Halaman Website

Ruang lingkup untuk melakukan optimalisasi lewat SEO on Page ternyata bukan hanya pada konten serta keyword saja. Anda juga harus melakukan optimalisasi pada halaman situs website agar bisa mencapai di halaman pertama mesin pencarian.

Nah, yang perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan optimalisasi website ternyata tidak akan sama dengan mengoptimalisasi sebuah konten dan keyword. Ada banyak hal yang perlu Anda optimalisasi. Mulai dari Http status, robots, txt, title tag, page speed dan banyak lagi.

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian SEO On Page. Lewat penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, Anda bisa tahukan bahwa SEO On Page sangatlah penting? Karena on page bisa sangat berpengaruh pada peringkat situs di mesin pencarian.

Namun sayangnya tidak semua orang memahami atau memiliki waktu untuk melakukan SEO On Page. Sebab pada dasarnya SEO On Page juga membutuhkan keahlian. Dari mulai pembuatan konten berkualitas dan yang lainnya.

Tidak heran kalau beberapa jasa seo kerap menawarkan diri untuk membangun situs website suatu bisnis. Ada yang memberikan penawaran jasa seo lengkap, ada juga yang hanya menawarkan jasa kontennya saja. Lantas mana yang harus dipilih?

Baca Juga : Belajar SEO WordPress

Pemilihan jasa seo tergantung kebutuhan situs website Anda. Kalau Anda bisa membuat konten tapi bingung cara mengoptimalisasinya, Anda hanya perlu menyewa jasa seo tanpa konten. Jadi, bagaimana sudah tau apa yang dibutuhkan untuk optimalisasi situs website Anda belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *