Software : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contoh Perangkat Lunak

By | 16 Februari 2021

Setiap perangkat tentu memiliki beberapa program yang sering disebut dengan software. Fungsinya memang sangat penting, karena tanpanya sistem tidak dapat menjalankan pekerjaan. Bahkan, seiring perkembangan zaman jenisnya pun semakin beragam.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Secara umum pengertian software adalah sebuah perangkat pemrograman yang tidak dapat terlihat secara kasat mata. Namun kehadirannya berperan penting dalam peralatan elektronik seperti smartphone, komputer dan laptop. Lantas bagaimana artinya menurut para ahli:

ITL Education Solutions Ltd.

Menurut ITL Education Solutions Limited dalam bukunya yang berjudul Introduction to Computer Science, menyebutkan bahwa software atau perangkat lunak merupakan istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi dalam komputer dan instruksi yang terorganisir.

ITL Education Solutions Limited adalah sebuah perusahaan berskala internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan. Menurutnya software dalam hal ini bertugas mengendalikan, mengelola dan mengarahkan hardware untuk menjalankan perintah tertentu.

Wilman dan Ryan

Sebenarnya apa itu software? Wilman dan Ryan menjelaskan bahwa istilah tersebut merupakan sebuah sistem operasi untuk menjalankan komponen hardware agar dapat bekerja sesuai perintah tertentu. Sifatnya adalah maya, yakni tidak dapat terlihat kasat mata.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

Wilman dan Ryan berpendapat meski software tidak dapat terlihat secara kasat mata, namun hasil kerjanya dapat dirasakan secara nyata oleh penggunanya. Perangkat lunak sendiri memiliki fungsi penting untuk mengendalikan hardware agar dapat bekerja sesuai perintah user.

Fauziah

Menurut Fauziah software merupakan pemrograman komputer yang berguna untuk menyimpan, menginput, memanipulasi, mengecek data, serta memperoleh hasil dari proses tersebut. Fungsi ini berperan penting untuk menunjang kinerja hardware pada sebuah perangkat.

Software dilengkapi data elektronik yang tersimpan di dalam komputer itu sendiri, bisa berupa bahasa pemrograman atau instruksi yang mengendalikan kinerja dari perangkat keras. Pengelolaannya memerlukan beberapa komponen penting sistem operasi, program dan juga data.

Wiwit Siswoutomo

Pendapat ahli selanjutnya adalah Wiwit Siswoutomo, menurutnya software merupakan nyawa dari komputer. Alasannya adalah tanpa adanya perangkat lunak maka sistem operasi tidak berjalan bahkan akan mati.

Sederhananya tanpa adanya software yang ada di dalam perangkat keras, maka bisa dipastikan perintah dari pengguna tidak dapat terlaksana dengan baik. Jika terjadi kerusakan maka perbaikannya harus oleh tenaga ahli untuk menjaga dari kesalahan sistem.

Imam Prayogo Pujiono

Selanjutnya dari Imam Prayogo Pujiono, merupakan seorang praktisi dan dosen dalam bidang rekayasa perangkat lunak. Software menurutnya adalah program komputer yang dirancang sedemikian rupa, seandainya dijalankan maka akan menghasilkan perintah tertentu.

Software ini tersusun sesuai dengan sistem kerja yang dijalankannya, terdapat pemrograman yang membuatnya menghasilkan sesuai perintah user. Pengolahan data pada perangkat lunak menggunakan beberapa logika yang dapat terbaca oleh komputer.

Roger S. Pressman (2002:10)

Pengertian software menurutnya adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer, saat usernya menjalankan sistem, maka perangkat tersebut dapat bekerja sesuai perintah dari usernya. Kinerja tersebut dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Bahasa pemrograman sendiri merupakan sandi khusus yang dimasukkan oleh pembuatnya dengan tujuan agar dapat terbaca oleh sistem komputer sehingga dapat menjalankan tugas sesuai perintah dari user. Fungsinya akan berjalan lancar jika tidak terjadi kesalahan menerjemahkan perintah.

Melwin Syafrizal Daulay (2007:22)

Melwin Syafrizal Daulay menjabarkan dalam bukunya yang berjudul Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Menurutnya software adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja dan seluruh instruksi sistem komputer.

Sederhananya software merupakan sistem kerja yang bertugas sebagai penghubung user dengan perangkat komputer. Fungsinya adalah menjadi pengendali dari aktivitas kerja yang akan menghasilkan perintah tertentu sesuai keinginan user.

Wahana Komputer

Wahana komputer sendiri adalah sebuah kelompok/ perusahaan yang bergerak pada bidang tersebut dan sering menerbitkan artikel terkait perangkat lunak. Menurutnya software sendiri merupakan sistem yang melakukan kendali serta memanajemen komputer, meliputi sistem operasi dan aplikasi.

Sederhana dengan menggunakan software, komputer dapat menjalankan fungsi tertentu sesuai keinginan dari user. Kehadiran perangkat lunak sendiri membuat penggunanya dapat melakukan manajemen terhadap perangkat serta mengoperasikan hardware sesuai fungsinya masing-masing.

Fungsi Software

Fungsi Software

Software sendiri merupakan sekumpulan data yang sudah terformat dan disimpan secara digital dalam bentuk instruksi khusus. Peranannya sangat penting dalam komputer, tanpanya hardware tidak dapat menjalankan tugas yang diinput oleh penggunanya. Fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Mengatur perangkat keras yang ada pada komputer sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
  • Sebagai penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
  • Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer sehingga dapat beroperasi. Misalnya saja ketersediaan sistem pendukung serta OS (operating system).
  • Fungsi software berguna untuk mengidentifikasi suatu program komputer.
  • Sebagai penerjemah suatu perintah software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dimengerti oleh perangkat keras.

Itulah beberapa fungsi umum dari software, tanpa keberadaannya maka perangkat keras tidak dapat menjalankan tugas dengan baik. Dengan begitu, dapat memudahkan manusia untuk membuat berbagai tugas seperti mengedit foto, membuat dokumen, menjalankan internet dan sebagainya.

Jenis-jenis Software

Software memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda. Pengertian dari aplikasi sering dianggap sebagai hal sama, namun pada kenyataanya itu adalah bagian dari perangkat lunak dengan beragam kegunaan. Lantas apa saja jenis-jenisnya?

Sistem Operasi

Fungsi dari sistem operasi ini adalah untuk mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Keberadaannya memiliki peran sangat penting, karena tanpanya komputer tidak dapat menjalankan tugas khusus sesuai keinginan penggunanya. Beberapa software jenis ini adalah:

  • Unix merupakan sistem operasi yang dicetuskan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang dikembangkan oleh AT dan Bell Labs. OS (operating system) ini bersifat multitasking, portable, serta multi user.
  • Linux merupakan salah satu jenis dari Minix yakni peralatan yang sumbernya dari sistem operasi GNU. Pengembang awalnya adalah Linus Torvalds yang menggunakannya untuk mengakses server unix di universitasnya.
  • Windows adalah sistem operasi menggunakan interface berbasis GUI (Graphical User Interface) atau dapat diartikan tampilan interface bergrafis. Pengembangnya sendiri adalah Bill Gates yang merupakan CEO Microsoft Corporation.
  • Macintosh (MAC OS/ Macintosh Operating System) adalah sistem operasi khusus untuk Macintosh dan tidak dapat berfungsi dengan perangkat berbasis IBM, pengembangnya adalah Apple Computer.

Software Pengolah Angka

Fungsinya adalah untuk melakukan perhitungan dan mengerjakan proses yang berkaitan dengan angka-angka, software ini dapat menyajikan jawaban atas rusmus seperti pembagian, perkalian, penjumlahan, serta perkalian.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga dapat penggunanya operasikan dengan mudah. Beberapa jenisnya bersifat shareware sehingga sebelum menggunakannya harus berlangganan terlebih dahulu. Contoh dari software ini adalah Lotus 123, Excel dan sebagainya.

Software Pengolah Kata

Software ini berfungsi untuk mengolah kata, contoh yang paling populer adalah Microsoft Word. Aplikasi tersebut dikeluarkan oleh Microsoft Corporation, dengan interface sederhana sehingga mudah saat pengoperasiannya.

Kelengkapan fitur membuatnya banyak digemari para penggunanya. Selain Microsoft Word, juga tersedia aplikasi lain seperti Office Writer, Corel Wordperfect dan sebagainya. Anda dapat menggunakan sesuai jenis yang dirasa paling cocok.

Software Anti Virus

Komputer yang tidak memiliki software jenis ini risiko terjangkit virus akan sangat besar, efeknya dapat melumpuhkan sistem dari perangkat itu sendiri. Fungsi tersebut membuatnya berperan penting dan keberadaannya harus ada dalam komputer.

Baca Juga: Trik Cara Internet Gratis Tanpa Kuota

Umumnya software ini bekerja dengan cara memindai dokumen dan file yang terdapat pada komputer. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi keamanan data perangkat. Contoh yang paling umum adalah smadav, Avira, McAfee Secure, Norton dan sebagainya.

Program Perusak

Tujuan pembuatan program ini adalah untuk mencari kelemahan dari sebuah software, sebagian besar orang memanfaatkannya untuk merusak suatu operating system dengan tujuan tertentu. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh hacker berpengalaman yang memiliki kemampuan mumpuni.

  • Trojan merupakan sebuah program yang memiliki kemampuan khusus agar tidak terdeteksi dan seolah membuat sistem komputer terlihat baik-baik saja tanpa ada yang berubah sedikitpun. Contohnya win-Trojan/ SubSeven, win-Trojan/ Ecokys (korean) dan sebagainya.
  • Keylogger merupakan program yang berguna untuk mencatat setiap inputan dari keyboard, biasanya terdapat pada komputer umum. Contohnya adalah Keylogger Douglas 1.1, KGB Keylogger 5.2 dan sebagainya.
  • Worm sesuai namanya program ini merupakan cacing komputer yang dapat menyebar dengan cepat melalui lubang (port) terbuka. Cara kerjanya yakni cacing ini akan menggandakan diri, akhirnya memenuhi memori dan mengakibatkan hang.
  • Virus merupakan sebuah program yang mampu menginfeksi, menggandakan diri, memanipulasi data mengubah dan merusak sistem software. Contohnya Backdoor. Zagaban, Trojan. Lodear dan sebagainya.
  • Spyware merupakan software mata-mata yang memiliki kemampuan mengumpulkan dan mengirim informasi terkait pengguna kepada pembuat program tanpa diketahui. Contohnya adalah PC Recorder, Parental Control Software dan sebagainya.
  • Adware merupakan program yang menampilkan iklan pada komputer, namun tidak semuanya dapat dikatakan sebagai jenis ini, karena saat ini sudah banyak berkembang iklan dengan cara kerja hampir sama. Contohnya Ziddu, AOL Mail dan sebagainya.

Program Aplikasi

Program aplikasi sendiri adalah sebuah software dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan dalam bidang yang sesuai dengan tujuan awal pembuatannya. Contoh yang sudah berkembang dan difungsikan oleh penggunanya sangat banyak, berikut beberapa darinya:

  • WinRAR merupakan program aplikasi yang dicetuskan oleh Eugene Roshal. Software jenis ini dapat mengkompres file hingga 40%, sehingga fungsinya juga sangat penting.
  • Google Chrome merupakan web pencarian menggunakan mesin rendering WebKit, pengembangnya adalah perusahaan Google. Saat menggunakannya sebelumnya harus terkoneksi dengan internet.
  • Adobe Acrobat merupakan software pertama yang mendukung PDF (Portable Document Format). Aplikasi ini bersifat freeware yang dapat pengguna akses secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.
  • Adobe Dreamweaver dahulunya dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver yakni keluaran Macromedia. Program satu ini banyak dipergunakan untuk pengembangan web, karena beragam fitur menariknya.
  • Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor gambar dan pembuat efek, software satu ini merupakan cetusan dari Adobe System. Perangkat tersebut penggunanya di kalangan pengusaha iklan dan fotografer digital.
  • Microsoft Office merupakan perangkat lunak yang membantu berbagai kegiatan perkantoran.

Program Utility

Merupakan program untuk membantu kinerja sebuah sistem operasi. Tersedia beberapa jenis memiliki fungsi penting dengan berbagai tugas pada setiap modelnya. Bagi Anda yang belum mengetahui terkait aplikasi jenis ini, berikut ulasannya:

  • Winamp merupakan alat pemutar video buatan Nullsoft yang saat ini menjadi salah satu cabang Time Warner.
  • Windows Media Player merupakan perangkat lunak pemutar video, musik dan gambar buatan Microsoft. Dahulunya aplikasi ini merupakan Windows Media Services (NetShow Server) yang bertugas menampilkan data multimedia digital.
  • FLV Player merupakan sebuah software untuk memutar Adobe Flash Video yang mendukung baik lokal dan internet streaming konten. Kelebihannya adalah memiliki modus layar penuh, sehingga saat menggunakannya terasa lebih nyaman.
  • Avast Antivirus merupakan salah satu software yang dapat dipergunakan untuk menangkal dan membersihkan virus dalam komputer berupa trojan, adware, spyware dan masih banyak lainnya.

Contoh Software

Contoh Software

Perangkat lunak/ software sendiri saat ini sudah memiliki banyak ragamnya, setiap jenisnya memiliki tugas dan fungsi berbeda tergantung pada pemrograman apa yang ditanamkan pembuatnya. Berikut ini adalah beberapa darinya:

  • Ccleaner berfungsi untuk menghapus atau membersihkan data yang tidak perlu.
  • Photoshop merupakan aplikasi editing gambar, membuat efek dan sebagainya.
  • Opera Mini merupakan aplikasi untuk melakukan pencarian informasi menggunakan jaringan internet.
  • Recycle Bin merupakan software yang menjadi bank data file berupa foto, video atau lainnya setelah dihapus, namun dapat dikembalikan menggunakan aplikasi ini.
  • FastStone Image Viewer berfungsi untuk mengedit, memotong gambar dan sebagainya.
  • CorelDraw merupakan aplikasi membuat atau mengedit gambar.
  • Mozilla Firefox berfungsi untuk melakukan pencarian informasi menggunakan jaringan internet.
  • AIMP3 merupakan software yang dapat memutar lagu.

Itulah beberapa contoh software yang sudah banyak penggunanya dari berbagai belahan dunia. Aplikasi tersebut memiliki fungsi beragam, pencetusnya juga bukan dari satu perusahaan. Bagi Anda yang ingin menggunakannya dapat mendownloadnya di situs resmi masing-masing.

Kenali Beberapa Masalah yang Timbul pada Software

Software akan mengalami gagal fungsi jika terjadi beberapa masalah. Sebelum memperbaikinya sebaiknya pastikan dahulu apa penyebabnya. Hal tersebut bertujuan agar saat proses penormalan nantinya bisa tepat sasaran dan mendapat hasil memuaskan sesuai harapan.

  • Penggunaan yang Berlebihan software yang sudah lama atau penggunaannya secara berlebihan biasanya akan mengalami masalah seperti menjadi tidak responsif dan gagal fungsi.
  • Terinfeksi Virus masalah satu ini merupakan hal yang paling berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan parah.
  • Mengharuskan upgrade versi terbaru masalah ini biasanya karena versi yang Anda gunakan sudah terlalu lama, sehingga akan menyebabkan eror atau tidak responsif.
  • Gagal rooting biasanya masalah ini berawal dari proses root yang tidak berhasil sehingga membuat software menjadi terganggu kinerjanya.
  • Memori penuh, masalah satu ini juga menjadi penyebab yang sering pengguna alami, biasanya perangkat akan tiba-tiba gagal fungsi atau hang dan mati mendadak.

Selain sudah disebutkan, sebenarnya ada masalah lainnya yang membuat software menjadi tidak responsif dan mengalami berbagai masalah. Saat itu terjadi, jangan terburu-buru panik, cobalah mengatasinya dengan tindakan pertolongan pertama.

Ciri-ciri Perangkat yang Softwarenya Bermasalah

Saat perangkat mengalami masalah biasanya akan memunculkan ciri yang menandakan PC sedang tidak baik-baik saja, untuk itu Anda perlu mengetahuinya. Tujuannya adalah agar dapat menemukan penyebab dari kegagalan fungsinya, selanjutnya segera melakukan perbaikan.

  • Tiba-tiba restart sendiri tanpa adanya hal yang mendasari.
  • Tidak dapat menuju pada tampilan layar utama, biasanya hanya tertampil logonya saja.
  • Perangkat menjadi tidak responsif dan susah saat pengoperasiannya.
  • Mati total dan tidak dapat beroperasi sama sekali.
  • Muncul pemberitahuan berupa system error dan sebagainya.

Beberapa ciri tersebut harus Anda ketahui agar saat pembenahannya bisa tepat sasaran. Munculnya gejala tersebut jangan sampai diabaikan, karena akan merusak sistem pada kondisi yang lebih parah. Segera lakukan penanganan sederhana seperti merestart atau lainnya.

Cara Mengatasi Software yang Error

Software error merupakan masalah yang mengakibatkan kepanikan, saat mengalaminya cobalah terlebih dahulu mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Misalkan saja karena aplikasi terlalu berat, kegagalan fungsi, OS meminta upgrade terbaru dan sebagainya.

Soft Reset

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki masalah adalah soft reset, tahapannya cukup mudah yakni pertama masuk pada window, kemudian cari lambang tombol power, cari reset, selanjutnya klik, tunggu hingga prosesnya selesai.

Baca Juga: Pengertian Modem

Cara ini dipercaya dapat memperbaiki beragam masalah yang terjadi pada PC. Anda juga bisa meresetnya dengan cara menekan lama tombol power hingga mati dan hidup kembali. Selanjutnya sistem akan kembali normal dan dapat berfungsi seperti sedia kala.

Hard Reset

Pernahkah Anda mengalami HP eror namun tidak dapat normal setelah dilakukan soft reset?. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena kegagalan fungsi sudah lumayan parah atau ada penyebab lainnya seperti memori terlalu penuh. Jalan keluarnya adalah melakukan hard reset.

  • Pastikan perangkat dalam keadaan mati sempurna.
  • Tekan tombol power dan volume secara bersamaan.
  • Tunggu hingga muncul logo dari HP Anda, setelah itu lepaskan tekanan tersebut.
  • Masuk pada menu recovery mode, gunakan tombol volume untuk menggulirkan.
  • Pilih menu “factory data reset”, konfirmasi menggunakan tombol power.
  • Selanjutnya perangkat akan melakukan restart secara otomatis.
  • Catatan penting yang perlu Anda ketahui, bahwa cara ini akan menghilangkan semua data yang ada pada memori internal perangkat.
  • Sebelum melakukannya Anda dapat memindahkan data penting ke memori SD atau flashdisk dan sebagainya.

Uninstal Aplikasi

Perangkat mengalami kegagalan fungsi setelah melakukan instal aplikasi, itu pertanda bahwa sistem tidak mampu menerima jenis tersebut. Terdapat beberapa faktor yang melatar belakanginya seperti versi OS tidak cocok, memori terlalu sedikit, versi aplikasi terlalu tinggi dan sebagainya.

Cara memperbaikinya adalah dengan melakukan uninstal, kemudian agar lebih normal lagi restart perangkat. Bagi Anda yang memang sangat memerlukan aplikasi tersebut dapat menginstal versi sebelumnya atau cari jalan keluar lain.

Lakukan Upgrade

Sistem operasi yang terlalu lama terkadang juga bisa menjadi penyebab dari kegagalan fungsi. Biasanya sistem akan melakukan pemberitahuan untuk upgrade ke versi lebih tinggi, namun karena suatu hal terkadang menjadi terabaikan atau lupa.

Lakukan upgrade terlebih dahulu agar sistem operasi kembali normal dan dapat berfungsi seperti sedia kala. Bagi Anda yang bingung bagaimana melakukannya maka dapat mencari tutorial berupa video seperti di Youtube atau lainnya.

Bawa ke Tukang Service

Setelah melakukan cara di atas namun tidak dapat mengembalikan PC Anda dalam keadaan semula, cara terakir adalah dengan membawanya kepada tukang service berpengalaman. Tujuannya agar perangkat mendapat penanganan yang tepat dan bisa berfungsi kembali.

Masyarakat modern tidak dapat dipisahkan dengan teknologi, untuk itu jika mengalami kerusakan akan muncul kepanikan. Penyebabnya bisa karena banyaknya data penting, tugas belum selesai dan sebagainya. Hal tersebut yang melatar belakangi untuk segera melakukan perbaikan.

Klasifikasi Software

Klasifikasi Software

Software sendiri diklasifikasikan menjadi dua golongan, berdasarkan jenis serta distribusinya. Bagi Anda yang belum mengetahui terkait hal ini perlu menyimak penjelasan berikut ini. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan baru dan lebih mengerti terkait perangkat lunak.

Software Berdasarkan Distribusinya

Klasifikasi software yang pertama adalah berdasarkan distribusinya. Jenisnya sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang penting untuk Anda ketahui, terutama bagi mendalami bidang teknologi atau lainnya.

  • Adware merupakan software yang bisa pengguna akses secara gratis, namun menimbulkan iklan yang tiba-tiba muncul pada perangkat saat terkoneksi dengan internet.
  • Freeware bisa pengguna dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus berlangganan terlebih dahulu atau adanya syarat tertentu.
  • Spyware merupakan software yang berguna untuk memata-matai aktivitas dari pengguna perangkat, selanjutnya akan dikirim kepada pemrogram.
  • Open Source (Software Development) merupakan jenis perangkat lunak yang dapat diubah, dibagikan, di upgrade, dibuka, serta didistribusikan.
  • Shareware merupakan software yang berguna untuk keperluan tertentu serta dapat dibagikan secara gratis.

Software Berdasarkan Jenisnya

Selanjutnya masuk pada pembahasan software berdasarkan jenisnya, yakni juga terbagi menjadi beberapa bagian dengan tugas dan fungsi khusus pada setiap jenisnya. Bagi Anda yang belum mengetahui terkait hal ini, berikut ulasannya:

  • Application Program merupakan software dengan fungsi tertentu, misalnya saja untuk keperluan editing foto atau video, mendengarkan musik, menonton film dan sebagainya.
  • Programming Language merupakan bahasa pemrograman yang berkaitan dengan semantik serta sintak yang berfungsi untuk mendefinisikan sebuah perintah dari sistem.
  • Operating System (sistem operasi) merupakan software yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap fungsi serta komponen komputer.

Perbedaan software dan hardware

Perbedaan software dan hardware

Software dan hardware merupakan dua komponen yang berbeda makna, bahkan kebalikan antara satu dan lainnya. terkadang masih ada yang bingung membedakannya, untuk itu perlu Anda menyimak penjelasan berikut ini agar lebih mengerti terkait hal tersebut:

Berdasarkan Fungsinya

Tentu dari kedua jenis tersebut berbeda fungsi, software berguna untuk menjalankan sistem sesuai bahasa pemrograman yang ditanamkan kepadanya. Hardware sendiri merupakan perangkat keras yang dapat terlihat dan disentuh.

Fungsi dari hardware sangat beragam, tergantung pada bentuknya. Contohnya keyboard untuk menginput ketikan ke dalam sistem, layar berguna melindungi LCD dari benda keras, casing berfungsi menjaga komponen yang ada di dalamnya layaknya baju pada manusia dan sebagainya.

Berdasarkan Bentuknya

Bentuk dari dua perangkat tersebut tentu berbeda. software cenderung tidak dapat terlihat, namun hasilnya bisa terasa sesuai fungsi awal pembuatannya. Contoh perangkat lunak adalah sistem operasi, aplikasi dan sebagainya.

Hardware sendiri merupakan perangkat keras yang dapat terlihat dan dirasakan. Bentuknya sangat beragam tergantung pada fungsinya, misalnya mouse, keyboard dan sebagainya. Kegunaan dari keduanya saling berkaitan, sehingga jika salah satunya tidak ada maka belum tentu dapat berfungsi.

Berdasarkan Jenisnya

Jenis perangkat keras dan lunak memiliki perbedaan yang signifikan. Software cenderung tidak dapat terlihat namun hasilnya terasa tentu jenisnya tidak sama dengan perangkat keras, misalnya Youtube, sistem operasi dan masih banyak lainnya.

Perangkat keras memiliki jenis dan bentuk berbeda, hal tersebut sesuai dengan kegunaannya. Penyusunanya terbuat dari bahan ringan dan mudah saat pengopersiaanya. Bagi Anda yang masih bingung, dapat melihat casing PC, keyboard dan sebagainya.

Berdasarkan Penggunaannya

Cara penggunaan jelas berbeda, software untuk mengoperasikan sistem, sedangkan hardware berguna agar user dapat mengarahkan kemana jalannya perangkat nantinya. Saat menggunakannya keduanya tentu memiliki cara khusus.

Software dan hardware memang saling bertolak belakang, namun jika salah satunya tidak ada maka pengoperasian perangkat belum dapat berjalan sempurna. Kehadiran kedua jenis tersebut saling melengkapi serta tidak dapat terpisahkan.

Software Komputer dari Masa ke Masa

Software Komputer dari Masa ke Masa

Setiap munculnya sesuatu tentu memiliki sejarah panjang yang mengiringinya. Teori pertama ini diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935, sedangkan istilah software pertama kali dicetak oleh John W. Tukey pada 1958. Sejarah perkembangannya terbagi menjadi beberapa, berikut ulasannya:

Era Pioneer

Sejarah perkembangan software komputer yang pertama adalah Era Pioneer. Awalnya perangkat lunak komputer pada masa ini masih sangat sederhana, yakni terdapat sambungan kabel antara bagian satu dengan lainnya pada komputer.

Cara untuk mengaksesnya yakni menggunakan kartu yang berubang/ punched card. Pengoperasian komputer pada masa tersebut masih secara langsung, yaitu sebuah program berguna untuk satu mesin tertentu dengan tujuan khusus.

Era Stabil

Era stabil ini software sudah berupa baris-baris perintah yang dijalankan oleh komputer bukan satu-satu, tapi sudah dapat menjalankan sistem secara bersamaan (multitasking). Masa ini merupakan awal kemajuan dari perjalanan perangkat lunak.

Software komputer pada masa ini juga sudah dapat dioperasikan oleh banyak pengguna (multi user) dan secara langsung (real time). Selain itu mulai tercipta sistem untuk memisahkan antara program dan data, sehingga file didalamnya tidak menjadi rancu.

Era Mikro

Masa ini software sudah mulai dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yakni sistem operasi Windows, Linux, Macintosh dan sebagainya. Selain itu language software aplikasi seperti Microsoft office, Open office, serta lainnya.

Perkembangan ini menghasilkan bentuk software yang lebih kompleks dari sebelumnya. Era Mikro memberi beberapa penemuan yang berguna untuk pengembangan komputer dari masa-kemasa, hingga lebih canggih lagi.

Era Modern

Selanjutnya pada era modern ini software tidak hanya sebuah komputer saja, namun juga difungsikan untuk handphone juga, saat ini masyarakat mengenalnya dengan sebutan smartphone, selain itu juga merambah pad perangkat yang disebut laptop.

Tingkat kecerdasan software pada era modern ini sudah semakin canggih, perkembangannya sangat pesat dengan yang disempurnakan dengan kehadiran beragam aplikasi dan sistem operasi. Kecanggihan ini membantu manusia untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Apa saja Penentu Kualitas Software?

Apa saja Penentu Kualitas Software

Sebelum membeli perangkat atau akan merancangnya sendiri sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu sistem operasi apa yang memiliki kemampuan mumpuni sesuai kebutuhan. Hal tersebut bertujuan agar kegunaanya lebih tepat sasaran dan menghasilkan kinerja terbaik.

Kecepatan dan Multi Platform

Software yang baik adalah memiliki kecepatan/ responsif saat dioperasikan, dalam dunia semakin modern ini tentu dituntut untuk selalu cepat agar dapat menghemat waktu. Tujuannya agar kinerja lebih efektif dan efisien. Pencarian dengan kemampuan mumpuni dapat memberi hasil memuaskan.

Baca Juga: Pengertian Database

Selanjutnya software harus multi platform yakni dapat berfungsi di mana saja tanpa adanya batasan. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang kinerja dari penggunanya. masyarakat saat ini lebih mudah dalam proses pengoperasian perangkat lunak karena tersedianya internet.

Multi bahasa

Saat memilih software salah satu pertimbangan penting adalah terdapat beragam bahasa yang dapat dimengerti oleh user, misalnya saja Bahasa Inggris, Indonesia, Jepang, Arab dan lain sebagainya. pertimbangan ini menentukan masyarakat dalam melakukan proses pengunduhan sebuah aplikasi.

Analisis statistik terkadang tidak semua dapat mengerti terkait hal tersebut, apalagi jika menggunakan bahasa asing yang tidak sesuai dengan negara penganutnya. Software bagus akan menyediakan banyak bahasa di dunia.

Multi User

Dahulunya software kebanyakan stand alon, namun saat ini sudah multi user agar dapat memudahkan penggunanya. Hal tersebut dapat berguna untuk memudahkan semua pekerjaan manusia, agar tidak harus mengantri atau bahkan saling menunggu.

Pertimbangkan ini sebelum mendownload atau mengoperasikan sistem. Hal tersebut untuk memudahkan kinerja Anda agar lebih efektif sehingga waktu dapat lebih multifungsi untuk beragam kegiatan yang lebih bermanfaat.

Tampilan Intuitif

Intuitif disini maksudnya adalah mudah untuk dimengerti sehingga bagi para pemula akan mudah dalam mengoperasikannya. Tampilan menu-menu yang tertata rapi dapat memberi semangat pengguna saat membuka software tersebut.

Saat pertama kali membukanya user akan langsung mengetahui fungsi masing-masing menu dari software tersebut. Perangkat lunak yang intuitif tentunya lebih mudah dioperasikan semua kalangan baik pengguna lama maupun baru.

Komunitas

Saat akan mendownload software biasanya yang menjadi pertimbangan pertama adalah ratingnya, semakin banyak penggunanya maka dapat dipastikan aplikasi tersebut berkualitas. Hal ini berfungsi saat perangkat lunak mengalami hang dapat mencari solusi dengan bertanya pada pengguna lain.

Hadirnya komunitas sebagai wadah pengguna software tersebut untuk bertukar pikiran atau pengalaman. Selain itu dapat menambah jaringan pertemanan yang memiliki hobi sama, sehingga dapat saling mendukung satu sama lain.

Support

Kualitas selanjutnya terdapat pada support perusahaan pengembangnya dalam memilih software analytic. Saat akan memilih perangkat lunak sebaiknya pastikan yang sudah mendapat support dari perusahaan agar legalitas serta kualitasnya terjamin.

Salah satu yang menjadi tandanya adalah ada atau tidaknya update dari software. Hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pengguna, karena pembaruan sistem tersebut akan memberi sentuhan baru pada tampilan atau kinerja yang semakin optimal.

Fungsionalitas

Memiliki software dengan satu jenis fungsi tentu akan membuat kurang nyaman, karena kebutuhan manusia yang semakin beragam tentu tidak dapat terpenuhi secara sempurna. Pertimbangan ini dapat Anda pakai saat akan menggunakan perangkat lunak.

Menggunakan software dengan fungsionalitas tinggi akan membuat penggunanya akan merasa terbantu. Misalnya dalam hal game, jika permainan hanya tersedia satu saja tanpa ada yang lainnya sudah dapat dipastikan pengguna akan merasa tertantang.

Resource yang Rendah

Semakin rendah resource maka akan semakin baik kualitas dari softwarenya. Maksud resource di sini adalah berupa prosesor, memori, media penyimpanan, baterai dan bandwidth. Fungsinya yakni untuk mengelola data statistik penggunaannya.

Selain itu menggunakan software yang multi fungsi serta responsif menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggunanya. Penyebabnya adalah, biasanya tingkat kenyamanan dari pengguna bergantung pada kinerja sistem yang optimal.

Cara Merawat Software Komputer

Cara Merawat Software Komputer

Merawat software komputer sangat perlu untuk menunjang agar kinerjanya tetap optimal meski sudah lama dipergunakan. Keuntungan yang bisa Anda dapat adalah bisa lebih hemat karena tidak melakukan perbaikan atau penggantian perangkat.

Uninstal Program Tidak Perlu

Terlalu banyaknya program dapat menyebabkan mudah hang atau menjadi tidak responsif. Dengan kata lain, untuk menjaganya agar tetap optimal lakukan uninstal software tidak terpakai yang berpotensi menyebabkan terhambatnya kinerja perangkat.

Kegiatan seperti ini dapat Anda lakukan secara berkala, jangan sampai menunggu perangkat menjadi eror dan tidak responsif lagi, lebih-lebih di waktu genting. Uninstal aplikasi yang sekiranya membebani sistem operasi atau teridentifikasi pembawa virus berbahaya.

Bersihkan Recycle Bin Secara Berkala

Recycle Bin merupakan tempat data sudah dihapus, adanya software ini dapat membantu Anda mencari kembali file penting yang tidak sengaja terhapus. Saat kapasitasnya penuh usahakan untuk membersihkannya secara berkala agar fungsinya tetap maksimal.

Selain itu terlalu banyaknya yang tersimpan, maka akan memenuhi memori penyimpanan sehingga secara otomatis kinerja sistem operasi menjadi terganggu. Inilah pentingnya membersihkan recycle bin secara berkala.

Tutup Program yang Tidak Berguna

Program yang tidak Anda gunakan lagi sebaiknya ditutup, tujuannya adalah untuk mengendalikan perangkat agar tetap responsif dan tidak mudah hang. Misalnya saja saat mengoperasikan Google jika banyak halaman yang Anda buka maka sistem tidak terlalu responsif.

Tujuan lainnya adalah untuk menghindarkan software dari gagal fungsi akibat kelelahan, karena dapat berakibat fatal hingga tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Jika terjadi error, coba lah untuk melakukan restart guna memaksimalkan kinerjanya.

Defrag Hardisk Secara Berkala

Tujuannya yakni untuk mengurutkan file hardisk berdasarkan jenis data sesuai keinginan Anda agar dapat memperpanjang umur hardisk. Fungsi lainnya yakni yakni guna mempermudah dalam mencari data yang dibutuhkan agar tidak menyita waktu terlalu lama.

Manfaatnya lainnya adalah untuk mengefektifkan kinerja sehingga waktu tidak terbuang pada satu kegiatan saja. Bagi Anda yang mungkin terlalu sibuk dan tidak sempat melakukannya, mungkin dapat meminta bantuan orang lain atau lakukan saat weekend tiba.

Anti Virus Terupdate

Gunakan antivirus terbaik dan terupdate agar kinerjanya dapat lebih maksimal, semakin baru maka proses kerjanya juga dapat menyesuaikan dengan OS pada setiap perangkat. Lakukan tindakan tersebut secara berkala setelah sistem melakukan pemberitahuan, jangan sampai menunggu terjadi masalah.

Antivirus terupdate dapat membuat kinerja lebih maksimal daripada versi sebelumnya, karena setiap pembaharuan akan ada perbaikan program atau penambahan fitur. Melindungi perangkat tetap optimal merupakan hal terpenting agar dapat tahan lama.

Gunakan Program aplikasi Sesuai Kebutuhan

Perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat perkembangan software meningkat pesat dan beragam, terkadang saat memilih pada toko aplikasi sempat mengalami kebingungan. Sebelum mengunduhnya, pastikan terlebih dahulu kebutuhan apa yang ingin Anda penuhi.

Pemilihan software sesuai kebutuhan dapat menghemat penggunaan ruang untuk keperluan lain yang lebih penting. Penggunaan aplikasi berkapasitas besar juga dapat memberi efek pada perangkat seperti tidak responsif dan sebagainya.

Gunakan Operating System yang Sesuai

Operating system yang berkembang saat ini terdiri dari Windows, Linux, Macintosh dan sebagainya. Gunakan OS sesuai dengan perangkat Anda, jangan sampai memaksakan karena malah dapat merusak sistem.

Penggunaan OS yang sesuai dapat menunjang kinerjanya agar lebih maksimal sehingga saat menggunakannya Anda dapat merasa puas bukan malah kesal. Sebelum membeli perangkat sesuaikan dengan kebutuhan, kualitas, serta daya tahannya.

Beberapa Manfaat Software dalam Kehidupan

 

Software memiliki peran penting dalam kehidupan modern ini, masyarakat sudah terikat erat dengan teknologi. Bidang-bidang yang terlibat di dalamnya, adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi merupakan hal terpenting dalam kehidupan, tujuannya untuk menentukan bagaimana kemajuan suatu bangsa. Perangkat lunak berguna dalam kehidupan, salah satunya untuk perhitungan menggunakan salah satu software seperti Microsoft Excel dan sebagainya.

Menggunakan software bantu hitung ini memiliki tingkat keakuratan yang baik. Fungsi lain dari perangkat lunak dalam bidang ekonomi adalah membuat tabel data terkait inflasi atau yang berhubungan dengannya. Hal tersebut tentu akan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Bidang Pendidikan

Masyarakat modern saat ini sebagian besar sudah mengenal dan pernah menggunakan komputer, hal tersebut karena tuntutan zaman. Tingkat sekolah dasar sudah mulai diperkenalkan dengan perangkat tersebut untuk menunjang berbagai kegiatan belajar mengajar.

Selain komputer/ laptop perangkat lunak juga terdapat pada smartphone, benda satu ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan. Biasanya pengoperasianmenggunakan teknologi internet, saat ini sudah berkembang aplikasi belajar online.

Bidang Sosial

Proses sosial memang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia, untuk itu tercipta berbagai macam software atau biasa disebut dengan media sosial. Platform tersebut dapat Anda akses di mana saja dan kapan saja dengan jangkauan sangat luas.

Software tersebut cara kerjanya sangat kompleks, mulai dari mencari dan menambahkan teman, berbagi foto/ video, status, serta lain sebagainya. Media sosial ini dapat Anda akses jika perangkat terhubung dengan jaringan internet.

Bidang Kesehatan

Penggunaan software dalam bidang kesehatan berfungsi untuk membuat vonis tertentu pada pasien, mengukur detak jantung, aliran darah dan sebagainya. Teknologi sendiri dalam bidang medis sudah tidak dapat terpisahkan.

Penentuan jenis kelamin atau biasa disebut USG juga memerlukan campur tangan dari perangkat lunak. Bidang kesehatan yang semakin maju, tentu harus seimbang dengan peralatan penunjang yang dapat memenuhi semua kebutuhan pasiennya.

Bidang Teknologi

Salah satu bidang terpenting dalam kehidupan adalah teknologi, berfungsi untuk menunjang kebutuhan manusia yang beragam. masyarakat modern memerlukannya untuk berbagai kegunaan mulai dari mencari informasi, menjalankan aktivitas dan sebagainya.

Software dalam hal ini berperan sebagai perangkat dengan tingkat kebutuhan sangat besar. Masa andemi ini membuat masyarakat semakin bergantung dengan teknologi, mulai dari belanja, belajar, meeting dan kegiatan lainnya.

Bidang Transportasi

Negara-negara maju saat ini sudah menerapkan software dalam bidang transportasi, seperti yang terdapat pada alat scan tiket yang ada pada kendaraan umum atau stasiun kereta. Hal ini tentunya dapat mempercepat kinerja masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

Selain itu software berperan penting dalam pembuatan kendaraan transportasi, karena jika murni dari tenaga manusia akan kewalahan sebab beberapa menggunakan bahan berat. Saat ini perkembangan perangkat lunak perannya sangat penting dan tidak dapat dipisahkan.

Apa Pentingnya Mengetahui Terkait Software?

Software sendiri merupakan perangkat yang memiliki peran penting pada kinerja PC. Dengan begitu, saat Anda mengetahui informasi terkait dengannya dapat mempermudah jika akan melakukan berbagai hal. Misalnya saja mengatasi masalah yang terjadi dan sebagainya.

Pengetahuan terkait software dapat mempermudah Anda untuk melakukan berbagai hal. Misalnya melakukan upgrade versi terbaru atau memahami terkait sistem operasi yang tepat untuk perangkat. Selain itu memiliki pengetahuan luas tentu dapat meningkatkan kualitas.

Baca Juga: Apa Itu Malware

Bagi Anda yang menyukai dan ingin memperdalam pengetahuan terkait teknologi, tentu mempelajari semua hal tentang software memegang peranan penting. Dunia IT memiliki hubungan erat dengan perangkat lunak dan juga hardware.

Software saat ini telah berkembang pesat dengan berbagai macam jenis produknya yang sudah membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai macam tugas keseharian. Misalnya saja yang berhubungan terkait pendidikan, kesehatan, perekonomian dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan