Transportasi

Istilah transportasi tentu sudah tidak asing, bisa dikatakan hampir semua orang mengetahuinya serta menggunakannya. Keberadaan transportasi memang sangat penting untuk mempermudah kegiatan manusia. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari kendaraan darat, laut, maupun udara dengan beberapa bentuk dan kegunaannya masing-masing.

Pengertian Transportasi

Secara umum pengertian transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain, menggunakan kendaraan dengan pengendalinya manusia, hewan, maupun mesin bermotor. Fungsinya yakni untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Sedangkan transportasi menurut para ahli adalah:

Transportasi Menurut Menurut Miro (2005)

Merupakan usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut barang atau mengalihkan suatu objek dari satu tempat ke tempat lain yang berbeda. Pergerakan tersebut memiliki manfaat untuk tujuan tertentu. Tidak heran jika kehadiran transportasi sangat membantu urusan manusia.

Pengaplikasian yang paling mencolok, sangat terlihat saat memindahkan benda berat seperti almari, meja, kursi dan sebagainya. Bahkan menurut Miro, di negara dengan tingkat pejalan kaki tinggi pun juga tidak bisa lepas dari transportasi.

Transportasi Menurut Menurut Morlok (1984)

Selanjutnya pengertian transportasi menurut Morlok adalah, menggerakkan, memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya, menggunakan suatu sistem dengan tujuan tertentu. Sebenarnya kendaraan manusia atau benda, bukan merupakan tujuan akhir.

Hat tersebut timbul akibat permintaan atau komoditi lainnya. Dengan begitu, kendaraan baru akan muncul jika terdapat faktor pendorongnya. Hal ini membuktikan bahwa jasa jenis ini tidak berdiri sendiri, melainkan bertumpu pada kepentingan yang lain.

Transportasi Menurut Menurut H.M.N Purwosutjipto

Beliau menyatakan bahwa, pengangkutan merupakan perjanjian timbal balik, yaitu pihak penyedia jasa mengikat dirinya untuk melakukan pengangkutan dari satu tempat ke lokasi tujuan. Sedangkan pengirim bertugas membayar ongkos dari jasa tersebut.

Baca Juga: Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Pada dasarnya permintaan angkutan berdasarkan beberapa hal (Nasution, 2004 dalam herry 2006), yaitu kebutuhan manusia untuk bepergian dari lokasi lain dengan tujuan mengambil bagian suatu kegiatan. Selanjutnya benda atau barang melewati jasa angkut agar dapat berfungsi pada lokasi lain.

Transportasi Menurut Ridwan Khairandy

Menurut ridwan Khairandy pengangkutan merupakan pemindahan barang dan manusia dari tempat awal ke lokasi tujuan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pemenuhan kebutuhan akan benda atau seseorang kepada orang lain sebagai kodratnya menjadi makhluk sosial.

Unsur dari pengangkutan adalah adanya subjek (bisa berupa barang atau manusia), kemudian tersedianya kendaraan sebagai alat, serta tempat dan tujuan. Jika salah satunya tidak ada, maka jasa tersebut belum dapat menyebutnya sebagai transportasi.

Transportasi Menurut Soegijatna Tjakranegara

Pengangkutan adalah, memindahkan barang dan penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan begitu, menghasilkan suatu produksi jasa pada masyarakat yang membutuhkan, terlebih untuk mengantarkan pada lokasi tujuan (manusia atau benda).

Pengertian transportasi secara yuridis adalah suatu perjanjian timbal balik antara pihak pengangkut dengan manusia atau benda yang menggunakan jasa, dengan memungut biaya atas kinerja tersebut. Jadi proses tersebut berdasarkan kebutuhan untuk berpindah dengan timbal balik berupa uang.

Transportasi Menurut Hasim Purba

Dalam bukunya yang berjudul Pengakuan di Laut menyebutkan bahwa, transportasi adalah pemindahan orang dan atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya terbagi menjadi tiga jenis yaitu, angkutan darat, laut dan juga udara.

Pengangkutan tersebut memiliki maksud, melakukan pemindahan orang atau barang dari suatu tempat pada lokasi yang menjadi tujuan. Namun, dengan menggunakan jenis kendaraan sesuai kebutuhan, bisa darat, laut, maupun udara. Di sisi lain, kekuatan jarak tempuh juga berbeda.

Transportasi Menurut Salim (2000)

Pengertian transportasi menurut Salim adalah kegiatan pemindahan barang atau muatan serta penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kendaraan dari setiap negara memiliki beragam jenis dan bentuk. Kegunaannya pun juga sangat beragam.

Transportasi sendiri memiliki dua unsur yang sangat penting. Jika terlihat secara fisik/nyata yakni mengubah tempat dari barang (komoditi) dan pemindahan pergerakan (movement). Penggeraknya dapat berupa manusia, mesin bermotor ataupun hewan.

Transportasi Menurut Bowersox (1981) dan Steenbrink (1974)

Definisi transportasi menurut Bowersox (1981) adalah perpindahan barang atau penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian barang tersebut akan sampai pada tempat tujuannya. Dengan begitu, dapat mempermudah manusia saat akan memindahkan benda ke tempat lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan definisi sebelumnya. Menurut Steenbrink (1974) transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan, dari satu tempat menuju lokasi berbeda yang mengalami perpindahan secara geografis.

Fungsi Transportasi

Fungsi Transportasi

Ada banyak Fungsi transportasi. Karena berbagai kegiatan manusia akan lebih mudah jika menggunakan alat atau jasa pengangkut. Timbal balik dari keduanya adalah imbalan berupa biaya untuk mengganti bahan bakar ataupun tenaga yang telah terpakai. Berikut ulasannya:

Transportasi Meningkatkan Pelayanan Mobilitas

Mobilitas sendiri menurut KBBI merupakan gerak perubahan yang terjadi antara warga masyarakat, baik secara fisik maupun sosial. Transportasi dapat meningkatkan pelayanan yang menjangkau masyarakat luas, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan dan masih banyak lainnya.

Saat tenaga ahli dapat berpindah dari satu tempat menuju lokasi yang lain, tentu dapat meminimalisir adanya daerah yang tertinggal. Maka, kemampuan bertukar informasi dapat sangat mudah sehingga akan menghasilkan beragam ilmu baru pada berbagai bidang.

Transportasi Menghindari Adanya Isolasi

Kemudahan berpindah dari satu tempat ke lokasi tujuan, membuat manusia dapat menjalankan kodratnya sebagai makhluk sosial yang tidak bisa melakukan banyak hal tanpa bantuan orang lain. Selain itu menjadi media bertukar pikiran untuk membuat perkembangan baru yang lebih baik.

Jenis alat transportasi yang sudah beragam, dapat menjangkau mulai dari tempat terdekat hingga terjauh sekalipun. Tentu hal ini membuat manusia lebih bebas bergerak dan dapat melakukan perpindahan lokasi berbagai belahan dunia yang ia inginkan.

Transportasi Sarana Berinteraksi

Alat transportasi umum tentunya akan mengangkut banyak orang dengan beragam latar belakang serta tingkat pengetahuan yang berbeda. Saat menggunakannya, kemungkinan berinteraksi satu sama lain lebih besar. Alhasil, dapat bertukar informasi dalam berbagai bidang yang menarik.

Interaksi tersebut dapat membawa dampak yang baik. Namun tentunya tetap berhati-hati agar keselamatan tetap terjaga. Proses ini tidak berfungsi jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi karena penggunanya tentu terbatas.

Transportasi Memudahkan Kegiatan Manusia

Menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki tentu membutuhkan waktu serta tenaga lebih besar. Kehadiran transportasi beragam jenis dan fungsi akan mempermudah manusia dalam melakukan kegiatannya saat bepergian ataupun memindahkan barang dari satu tempat ke lokasi lain.

Baca Juga: Pengertian Infrastruktur

Proses pemindahan barang berat bukan hal yang mudah, karena memerlukan tenaga yang besar. Untuk itu, alat transportasi lengkap dengan jasa mengangkut barang dapat menjadi solusi terbaik. Kegiatan manusia pun menjadi lebih mudah serta dapat menghemat waktu pengerjaan.

Transportasi Adalah Media Membantu Pertumbuhan Pembangunan

Dahulu pembangunan suatu daerah sangat sulit, karena keterbatasan tenaga serta alat bantu angkut barang berat. Untuk menjalankan fungsinya sebagai pemindah manusia atau benda dari satu tempat ke lokasi tujuan, ini berarti dapat memudahkan berbagai kegiatan manusia.

Berkembangnya alat transportasi yang dapat menjangkau berbagai tempat bahkan pelosok sekalipun, pastinya memudahkan material bangunan berpindah pada tempat tujuan. Selanjutnya harapan kedepannya yakni tidak ada daerah yang mengalami ketertinggalan.

Transportasi Membantu Pertumbuhan Roda Perekonomian

Perkembangan transportasi dari waktu ke waktu mengalami perubahan dengan tambahan kecanggihan teknologi yang terus dikembangkan. Di sisi lain, kebutuhan manusia untuk berpindah atau memindahkan barang dari satu tempat pada lokasi berikutnya pasti membutuhkan alat.

Dalam hal ini, jasa di bidang transportasi tentu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan. Dalam hal ini roda perekonomian pun bisa berjalan, karena ada timbal balik berupa biaya dari pelanggan kepada operator. Bahkan juga bisa merekrut tenaga kerja yang kompeten.

Transportasi Memudahkan Memenuhi Kebutuhan

Alat transportasi saat ini sudah dapat menjangkau berbagai daerah baik kota maupun pelosok desa. Dengan begitu persebaran barang kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Mulai dari bahan pokok, baju, penunjang teknologi dan masih banyak lainnya.

Daya perpindahan yang luas, membuatnya mampu membawa barang dengan beragam fungsi dan jenis. Selanjutnya, mengalami proses pendistribusian menggunakan alat transportasi sesuai kebutuhan jangkauan dan kecepatan.

Apa saja Manfaat Transportasi?

Manfaat

Masyarakat modern saat ini sudah tidak dapat dipisahkan dengan transportasi. Jarak jauh bukan menjadi halangan lagi untuk menjangkaunya. Secara umum manfaat transportasi terbagi menjadi empat, yakni bagi sosial, ekonomi, kewilayahan, serta secara politis. Berikut ulasannya:

Manfaat di Bidang Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian. Transportasi memudahkan pemenuhan kebutuhan tersebut. Salah satunya yaitu berinteraksi, sebab saling membantu sesama merupakan hal yang harus terpenuhi dalam kehidupan bermasyarakat.

Di samping itu, juga ada manfaat lainnya seperti:

  • Membantu mempermudah proses interaksi, baik dalam satu wilayah maupun yang berada jauh hingga luar negeri.
  • Memudahkan menaikkan standar hidup, karena banyak bisa mendapatkan banyak hal dengan mudah dalam waktu singkat.
  • Dapat membantu mempermudah penyaluran bantuan pada korban bencana.
  • Dengan perkembangan transportasi berbagai ilmu dapat menyebar dengan mudah, bisa melalui buku, para ahli yang berpindah dari satu tempat ke lokasi lain dan sebagainya.
  • Membantu pemenuhan kebutuhan manusia, mulai dari makanan, pakaian, teknologi dan masih banyak lagi.

Manfaat dalam Perekonomian

Transportasi dapat membuat gerak roda perekonomian berjalan lancar. Karena para produsen dapat mendistribusikan produk yang menjangkau banyak wilayah. Selain itu, penyedia jasa juga akan mengalami peningkatan keuntungan. Berikut lebih jelasnya:

  • Transportasi dapat membantu perpindahan tenaga kerja serta faktor produksi lain dari satu tempat ke wilayah lain yang jangkauannya lebih luas.
  • Adanya transportasi harga dari barang atau jasa dapat stabil. Karena waktu, tenaga, yang keluar bisa lebih sedikit.
  • Pergerakan roda perekonomian, saling berkesinambungan satu sama lainnya. sehingga dapat menjadi lebih maju dan semakin meluas.
  • Transportasi dapat memperluas jaringan pendistribusian, karena pemindahan bahan baku dapat dijalankan dengan lebih mudah.

Manfaat untuk Kewilayahan

Kondisi geografis sebuah wilayah terkadang dapat membuat suatu daerah sulit untuk mendapatkan bahan pokok serta barang pelengkap lainnya. Dengan adanya transportasi, dapat menjadi solusi yang bisa menjawab masalah tersebut.

Hal lain yang sangat penting karena dapat menghubungkan pusat dengan daerah, maka pemenuhan kebutuhan dapat berjalan lancar. Dengan sistem transportasi yang baik, pemerataan harga dapat tercipta meski pada wilayah terpencil sekalipun.

Manfaat Secara Politis

Transportasi dalam hal ini bertujuan untuk menyatukan wilayah Indonesia, meningkatkan pertahanan, mendapat akses ke wilayah tertentu, terlebih saat terjadi bencana pada suatu daerah yang sangat sulit dijangkau. Berikut beberapa darinya:

  • Saat pemilihan wakil rakyat, tentu surat suara perlu mengalami proses pendistribusian meski pada wilayah pelosok sekalipun. Dengan adanya transportasi, makai tidak ada wilayah yang tertinggal.
  • Transportasi dapat menjaga persatuan dan perdamaian baik dalam negeri sendiri maupun wilayah yang lebih luas.
  • Dapat memperkuat pertahanan nasional, yakni dapat berfungsi untuk memindahkan personil keamanan pertahanan terutama pada wilayah yang rawan.
  • Transportasi dapat membantu meningkatkan pendapatan negara, misalnya pada bidang pariwisata. Dengan kendaraan yang ada, akan mempermudah seseorang mengunjungi tempat jauh sekalipun.

Manfaat Transportasi Menurut Soesilo

Menurut Susilo (1999:14) transportasi memiliki manfaat yang begitu besar untuk mempermudah mengatasi banyak masalah kota maupun desa. Disisi lain, juga memberi solusi atas permasalahan yang terjadi. Berikut ulasannya:

  • Menghemat biaya operasional, hal tersebut banyak terjadi pada perusahaan yang menggunakan jasa pengangkutan. Masing-masingnya memiliki beragam ukuran yang dapat menyesuaikan dengan barang/material bawaan.
  • Pengurangan kecelakaan, ini berfungsi pada proyek-proyek tertentu. Seperti perbaikan pada transportasi pelayaran, jalan kereta api dan sebagainya.
  • Perkembangan ekonomi, besarnya manfaat jenis ini bergantung pada elastisitas produksi terhadap biaya angkutan.
  • Penghematan waktu, kecepatan transportasi berbeda setiap jenisnya. Misalnya saja kendaraan bermotor, dengan menggunakannya maka waktu yang terpakai jauh lebih hemat dibanding dengan naik sepeda angin.

Beberapa Jenis dan Contoh Transportasi

Beberapa Jenis dan Contoh kendaraan

Transportasi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dengan fungsinya yang berbeda. Dengan begitu beragam kegiatan manusia semakin mudah dan mempersingkat waktu. Bahkan, daya jangkauannya pun cenderung luas tanpa batasan wilayah ataupun negara. Berikut ulasannya:

Transportasi Darat

Jenis ini adalah proses perpindahan manusia atau barang melalui jalur darat. Transportasi ini sering menjadi pilihan karena beberapa faktor, bisa berupa jarak, biaya, keselamatan, fleksibilitas, serta tersebar luas. Berikut beberapa contoh kendaraannya:

  • Transportasi jalan raya merupakan kendaraan yang beroperasi pada media berupa jalan raya atau beton. Contohnya adalah mobil penumpang atau angkutan, sepeda motor, sepeda angin dan sebagainya.
  • Kereta api/listrik merupakan kendaraan yang bergerak dengan menggunakan batu bara ataupun listrik, sedangkan untuk arah lajunya berupa rel.

Transportasi Laut/ Air

Jenis ini merupakan kendaraan yang hanya dapat beroperasi saat berada pada air. Biasanya banyak beredar daerah yang wilayahnya sebagian besar adalah perairan. Selain itu, pada sektor pariwisata juga menggunakan beberapa produk transportasi tersebut. Misalnya banana boat atau kapal feri.

Selain itu alat transportasi ini juga berfungsi sebagai penghubung antara pulau satu dengan lainnya. Bahkan, juga biasa beroperasi pada wilayah pelosok yang belum tersedia jalur darat. Sebagai contoh yaitu, kapal feri, kapal selam, rakit dan sebagainya.

Transportasi Udara

Transportasi jenis ini desainnya khusus untuk beroperasi saat berada pada udara/ketinggian tertentu. Kendaraan ini memiliki sayap serta baling-baling untuk keseimbangan dan dapat terbang. Saat mengendalikannya pun perlu keterampilan khusus (pilot).

Biasanya kendaraan jenis ini berguna untuk mempercepat jarak tempuh saat melakukan perjalanan jauh, baik dalam negeri sendiri hingga ke mancanegara. Selain itu, beberapa jenis lainnya berfungsi sebagai alat pertahanan. Contohnya helikopter, pesawat terbang, jet dan sebagainya.

Transportasi Publik

Transportasi publik adalah, semua jenis kendaraan yang bersifat umum. Artinya penumpang bukan untuk pribadi saja, namun lebih bersifat luas. Bahkan, jenis ini banyak beredar dan paling sering menjadi incaran masyarakat luas, karena harganya cenderung lebih murah.

Baca Juga: Pengertian Agribisnis

Cara kerja dari transportasi umum ini adalah, saat menaikinya maka harus membayar sesuai besaran yang telah ada ketentuannya. Biasanya dihitung dari seberapa jauh jarang yang terlewati. Contohnya adalah bus, angkot, taxi dan sebagainya.

Contoh Transportasi Masa Depan

Contoh kendaraan Masa Depan

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan manusia. Saat berpikir terkait hal yang luar biasa, terkadang banyak yang memandang bahwa itu suatu tidak logis. Namun semua dapat terealisasi jika adanya inisiatif dan kerja keras serta adanya bahan baku.

Pesawat Bertenaga Listrik

Listrik merupakan sumber daya yang sudah banyak berkembang untuk beberapa alat transportasi seperti motor, sepeda, kereta, serta mobil. Pada 28 Mei 2020, pesawat Caravan dengan sembilan kursi penumpang telah berhasil mengudara.

Bukan tidak mungkin, nantinya pesawat jenis ini akan beroperasi dan berkembang secara besar-besaran. Jumlah dari kursinya bisa jadi mengalami penambahan. Tentunya hal tersebut perlu adanya penelitian lebih lanjut serta percobaan mendalam.

Mobil Tanpa Sopir

Jenis ini sudah banyak beredar pada wilayah Eropa seperti Amerika Serikat. Negara tersebut telah menggunakannya sejak beberapa tahun terakhir. Dunia perfilman termasuk yang bergenre horor sering melakukan adegan mobil tanpa sopir.

Mobil ini tersusun dari beberapa sensor akan membuatnya lebih peka rangsang. Seperti sonar, GPS, sonar, radar serta sistem kontrol canggih guna mengontrol navigasi mesin. Beberapa waktu lalu, juga telah berkembang bus tanpa awak, dengan pengaturan canggih yang dapat menghindari kecelakaan.

Kereta Super Cepat

Transportasi umum dengan kecepatan super tentu dapat mempersingkat waktu tempuh. Dengan begitu, penumpangnya akan lebih cepat sampai pada tujuan. Bahkan, saat ini perusahaan Tesla tengah mengembangkan kereta super cepat dengan nama Hyperloop.

Menurut prediksi, kereta ini akan mulai beroperasi pada tahun 2020. Berbeda dengan jenis yang biasanya, tumpuan kendaraan ini bukan berupa rel namun menggunakan tabung. Kecepatannya dapat mencapai 1.000 km/jam. Menakjubkan!

E-Pallete

Jenis ini merupakan minibus dari Toyota. Menurut prediksi, kendaraan ini akan beroperasi pertama kali pada ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020. Tampilan luar nya terkesan unik karena bentuk badannya cenderung kotak dan roda pada keempat ujungnya.

Minibus ini memiliki daya tampung dua puluh orang dalam keadaan normal. Selain itu juga terdapat menampung 4 kursi roda dan 7 penumpang sekaligus. Menurut prediksi kendaraan ini nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan transportasi masa depan.

Ciri-ciri Transportasi

Ciri-ciri Transportasi

Beragamnya kendaraan yang beredar saat ini, tentu memiliki manfaat dan kekhasan masing-masing. Menurut Djoko Setijowarno dan Frazila (2001) menyebutkan ciri-ciri dari transportasi seperti berikut ini:

Memiliki Kecepatan

Transportasi tentu memiliki kecepatan, karena memiliki tenaga penggerak yang berbeda setiap jenisnya. Misalnya mobil, kendaraan tersebut memiliki mesin bermotor dengan bahan bakar yang akan membuatnya dapat berpindah dari satu tempat ke lokasi tujuan.

Ciri-ciri ini mempengaruhi berapa lama waktu yang terpakai. Jika semakin kencang maka cepat mencapai lokasi tujuan, namun jika sebaliknya (tentu lebih lakan lambat). Poin yang mempengaruhi kecepatan yaitu, bisa dari mesinnya atau hambatan saat melakukan perjalanan dan sebagainya.

Pengoperasian yang Diandalkan

Ciri ini membuktikan bahwa transportasi dapat berfungsi untuk menjalankan berbagai aktivitas yang memudahkan penggunanya. Setiap jenisnya cara pengoperasiannya berbeda, misalnya sepeda, maka pengguna harus menjaganya agar dapat bergerak.

Pengoperasian yang diandalkan (availability of service), menunjukkan perbedaan yang terjadi antara kenyataan dan jadwal sebelumnya telah terencana. Hal ini juga berpengaruh pada kecepatan di setiap jenis alat transportasi.

Kemampuan (Capability)

Alat transportasi yang tersebar saat ini memiliki kemampuan untuk dapat menangani segala bentuk dan keperluan akan pengangkutan. Sederhananya kendaraan merupakan sebuah produk yang dapat menampung barang atau orang, untuk melakukan pemindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Kapasitas yang dapat tertampung dari kendaraan berbeda setiap jenisnya. Karena mesin penyusunnya mempengaruhi keterkaitan besaran tenaga di dalamnya. Ukurannya pun juga dapat menentukan berapa kemampuan angkut dari transportasi itu sendiri.

Frekuensi

Frekuensi sendiri merupakan banyaknya gerakan atau hubungan yang terjadwalkan. Sederhananya, transportasi dapat menjangkau beberapa lokasi yang sebelumnya telah melalui proses pengurutan rencana di masing-masing lokasi.

Bisa dikatakan, kegiatan yang terjadwalkan akan mempermudah kegiatan manusia saat menggunakan transportasi. Contohnya saja kereta, semua perjalanan telah terjadwalkan sebelumnya. Jika akan menaiki, maka lebih dulu membeli tiket sesuai hari dan jam yang pengguna inginkan.

Tersedianya Pelayanan

Tersedianya pelayanan (availability of service) adalah ciri transportasi yang menyangkut kemampuan untuk menyelenggarakan hubungan antara dua lokasi. Perpindahan kendaraan dari satu tempat ke lokasi lain juga merupakan bukti adanya layanan tersebut.

Bca Juga: Gambar Peta Indonesia

Perpindahan alat transportasi yang terjadi merupakan bukti dari adanya hubungan pelayanan dari lokasi satu ke tempat tujuan. Sebab, masyarakat memiliki motif yang berbeda saat menaiki kendaraan sehingga tujuannya pun tidaklah sama.

Unsur Dasar Transportasi

Unsur Dasar Transportasi

Lima unsur pokok transportasi yang harus ada dalam penerapannya. Hal ini berfungsi agar dapat saling melengkapi dan menjalankan roda perpidahan. Dengan begitu, tetap bisa berjalan dan memberi berbagai manfaat bagi para penggunanya. Lantas apa saja hal tersebut?

Manusia

Manusia merupakan unsur utama sebagai penggerak roda transportasi agar dapat menjalankan fungsinya. Misalkan saja pada jasa angkut barang, tentunya ada orang yang akan mengendalikan kemudi pada masing-masing kendaraan.

Sebagai unsur utama, kurang lengkap jika tidak menguasai teknik dalam mengendarai alat transportasi. Hal ini merupakan sistem timbal balik dari penumpang (pengguna jasa) dan pengendali (penyedia jasa). Jenisnya pun bermacam-macam sesuai dengan kendaraannya.

Barang

Menjalankan fungsinya sebagai penggerak roda perekonomian, maka adanya benda merupakan salah satu hal penting yang tidak dapat terlewatkan. Proses pendistribusian dapat berjalan jika beberapa unsur transportasi bergabung.

Adanya perpindahan benda membuat banyak masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pribadinya. Misalkan saja makanan pokok, setiap daerah tentu tidak semua tersedia bahan tersebut. Untuk itu perlunya pendistribusian ke berbagai wilayah yang membutuhkan.

Kendaraan

Unsur ini berguna sebagai alat transportasi yang mengantarkan perpindahan dari satu tempat ke lokasi tujuan. Tanpanya proses ini tidak dapat berjalan semestinya. Jika kembali pada masa lalu, kebanyakan masyarakat akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Kendaraan yang berkembang saat ini memang banyak ragamnya. Bahkan dalam perkembangan transportasi modern, mulai muncul banyak jenis baru yang dapat menyempurnakan dan mempermudah kegiatan manusia atau barang (saat melakukan pindah lokasi).

Jalan

Jalan sendiri merupakan tempat yang berfungsi untuk lalu lintas alat transportasi. Tanpa jalur yang sesuai jenis kendaraan, dapat membuat tidak dapat berfungsi semestinya. Misalnya saja, jika pesawat melakukan perjalanan darat, tentu mesin dan bentuknya tidak sesuai.

Untuk itu landasan setiap jenis berbeda, contohnya rel untuk kereta api, aspal atau beton sebagai tempat beroperasinya kendaraan seperti motor, sepeda, mobil dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar perpindahan manusia atau barang dapat berlangsung secara semestinya.

Organisasi

Pembuatan sebuat alat transportasi beserta medianya tentu memerlukan keberadaan organisasi. Tanpa adanya kerja sama tersebut, tentu sulit tercipta satu kesatuan yang saling melengkapi. Unsur ini juga harus terpenuhi, tujuannya yaitu agar dapat beroperasi dengan semestinya.

Organisasi sendiri menurut KBBI adalah kesatuan (susunan dan sebagainya) dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu. Dalam hal ini adanya unsur tersebut bermanfaat agar dapat menciptakan transportasi yang memiliki media dengan izin resmi.

Negara dengan Sistem Transportasi Terbaik Dunia

Negara dengan Sistem Transportasi Terbaik Dunia

Sistem transportasi memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Kendaraan yang memadai maka mobilitas rakyat akan semakin lancar. Dalam Travel and Tourism Competitiveness 2019 oleh World Economic Forum, berikut 5 negara yang menduduki nominasi terbaik dunia:

Hongkong

Peringkat teratas adalah Negara Hongkong. Desain sistem transportasinya sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sebagian besar wilayah sudah terjangkau oleh MRT, serta kereta bawah tanah. Dengan begitu, bisa mempermudah perpindahan orang maupun barang yang ada.

Sementara itu, wilayah yang belum terjangkau oleh MRT, tersedia layanan lain berupa berupa trem, bus atau taksi. Sedangkan antar pulaunya telah terkoneksi dengan lewat transportasi air berupa veri. Dengan tatanan yang matang, membuat masyarakat mudah menjalankan aktifitas kesehariannya.

Singapura

Negara ini masuk pada peringkat kedua, yakni menggunakan jenis Moda Raya Transportasi (MRT), bus dan taksi dengan pelayanan terbaik. Berkat kualitas sistem dan juga infrastrukturnya, Singapura membuktikan kemajuannya pada bidang transportasi yang sudah mumpuni.

MRT menjadi solusi transportasi tercepat yang dapat Anda gunakan saat bertandang ke Negeri Merlion ini. Selain keretanya, jaringan bus sudah dapat menjangkau seluruh wilayah dengan tarif terjangkau. Jika ingin lebih nyaman lagi maka, menggunakan taxi merupakan solusi terbaik.

Belanda

Menuju peringkat selanjutnya, yakni Negara Belanda. Sistem infrastrukturnya sudah sangat matang, meliputi jaringan jalan, kereta api, kendaraan udara dan air. Hal tersebut berbanding lurus dengan pendapatnya bahwa transportasi merupakan penyangga utama perekonomian.

Kota-kota utama terhubung dengan kereta api. Sedangkan bagi pengguna sepeda, tersedia jalur khusus yang agar lebih nyaman saat berkendara. Tidak hanya transportasi daratnya yang memiliki sistem mumpuni, dengan banyaknya kanal sudah menjadi bukti kemajuan kendaraan airnya.

Swiss

Intensitas keramaian jalan raya dan kereta api di Swiss terbilang sangat padat. Total jaringan transportasi umumnya mencapai 24.500 km, dengan lebih dari 2.600 stasiun dan pemberhentian. Sementara itu jalan rayanya mendapatkan dana dari pajak pendapatan tol dan kendaraan.

Baca Juga: Pengertian Inovasi

Tidak hanya itu, rute perlintasan Alpen memegang peranan paling penting di Eropa. Karena menjadi penghubung antara bagian selatan dan utara yang terpisah oleh Pegunungan Alpen. Selain itu, juga sebagai penunjang masyarakat untuk mempermudah dalam hal transportasi.

Jepang

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika negara ini memiliki transportasi dengan tingkat tepat waktu yang sangat tinggi. Dengan begitu, menjadi hal yang wajar jika masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan umum. Bahkan, apabila jaraknya dekat maka maka lebih memilih untuk bersepeda.

Transportasi yang efisien akan membuat penggunanya pun merasa nyaman. Maka, kepadatan jalan raya dapat terkendali dengan baik. Intinya, masyarakatnya yang taat lalu lintas dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan sehingga lebih lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Transportasi Umum yang Terkenal di Indonesia

Menggunakan alat transportasi umum dapat menghemat pengeluaran. Saat ini, di Indonesia telah berkembang beberapa kendaraan yang menjadi favorit masyarakat. Fasilitas tersebut ada karena pemerintah ingin meminimalisir penggunaan bahan bakar minyak. Lantas apa saja itu?

Kereta Commuter Line

Jenis ini merupakan layanan kereta listrik komuter di bawah naungan PT Kereta Commuter Indonesia. Merupakan anak dari perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Karena kemacetan sering menjadi momok menakutkan, untuk itu menggunakan transportasi ini dapat menjadi solusi terbaik.

Ada dua jenis tiket yang tersedia, yakni Multi Trip, berguna untuk perjalanan yang berlanjut. Sedangkan, Harian Berjalan hanya berlaku untuk satu kali perjalanan. Setelah perjalanan selesai, Anda dapat me-refund kartu ini pada loket stasiun tujuan.

Bus Trans Jakarta

Setelah bus beroperasi, minat masyarakat menggunakan transportasi umum semakin bertambah. Sama seperti kereta Commuter Line, penggunaan bus Trans Jakarta juga perlu menggunakan kendaraan tambahan agar sampai pada tujuan.

Tarif bus Trans Jakarta cenderung ekonomis, yakni Rp. 3.500,00 untuk semua koridor selama tidak keluar masuk halte. Dengan begitu, pengeluaran dapat lebih hemat dan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak sehingga polusi udara dapat berkurang.

Ojek Online

Beberapa waktu terakhir, jasa transportasi jenis ini sangat banyak peminatnya. Karena aplikasi dari layanan tersebut dapat diakses dengan mudah, nantinya driver akan menghampiri calon penumpang sesuai lokasi yang telah disepakati sebelumnya.

Bukan hanya pada kota besar saja, penggunaannya sudah menjangkau hingga desa. Selain bisa mengantar manusia, juga menyediakan jasa delivery order makanan, minuman dan sebagainya. Dengan catatan toko atau cave sudah melakukan kerja sama dengan pihak ojek online tersebut.

MRT

Transportasi jenis ini belum lama diresmikan, yakni pada 12-24 Maret, namun peminatnya sudah banyak. Sebelum menggunakan MRT, maka calon penumpang harus memiliki kartu khusus. Nama dari tiket kendaraan ini adalah kartu jelajah yang terbagi menjadi dua tipe.

Tipe pertama adalah single trip hanya untuk sekali jalan dan multi trip dapat menggunakannya lebih dari satu kali perjalanan. Tujuan pembangunan transportasi ini adalah, demi mengurangi kepadatan kota yang sering mengalami kemacetan berkepanjangan.

LRT (Lintas Rel Terpadu)

Rencananya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun rute kereta ini sampai pasar tanah abang. Transportasi ini digadang-gadang sebagai kendaraan favorit masyarakat Jakarta. Karena kepraktisan, kenyamanan, ruangan bersih dapat menambah daya tarik tersendiri.

Saat ini MRT masih melayani rute Kelapa Gading hingga Velodrome sepanjang 5,8 kilometer. Saat ini masih dalam masa pengembangan, untuk proses peluncurannya menunggu perkembangan informasi lebih lanjut.

Transportasi Zaman Dahulu beserta Contohnya

Transportasi dari masa ke masa mengalami perkembangan serta inovasi yang sejalan dengan perkembangan zaman. Berkat kehadiran ilmuwan dan orang-orang yang telah berjasa menemukan terobosan terbaru dengan menciptakan kendaraan bermotor dengan berbagai jenis seperti:

Alat Transportasi Darat

Kendaraan transportasi dahulu kala masih sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan tenaga hewan sebagai penggeraknya. Tujuannya yakni, untuk memindahkan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Waktu tempuh cenderung lama, karena masih memakai alat tradisional.

Kemudian muncul sepeda pertama yang belum memiliki pedal. Seiring berjalannya waktu, akhirnya ilmuwan asal Skotlandia dapat menciptakan pijakan yang berfungsi untuk menjadi alat kayuh terbuat dari kayu. Contohnya pedati, delman, kuda dan sebagainya.

Alat Transportasi Laut

Dahulu juga sudah ada alat transportasi laut, namun masih menggunakan bahan dari alam berupa bambu, kayu dan sebagainya. Fungsinya yakni sebagai alat untuk menyebrang sungai, memindahkan barang, serta memancing.

Penggeraknya masih menggunakan dayung lengkap dengan layar yang terbentang. Kemudian muncullah mesin diesel dan juga tenaga nuklir. Pada tahun 1840 mulai muncul baling-baling yang berada pada bagian belakang kapal. Contohnya adalah rakit, perahu dan sebagainya.

Alat Transportasi Udara

Kendaraan udara pada zaman dahulu juga sudah ada meski dengan desain yang masih sederhana. Montgolfier pada tahun 1783 menemukan rancangan berupa balon udara, kemudian diisi udara panas dari hidrogen yang mengalami proses pembakaran sebelumnya.

Baca Juga: Arti Mitigasi

Namun seiring berkembangnya zaman, cara tersebut sudah tidak dipakai, karena dapat memicu kebakaran. Saat ini, alat tersebut sudah jarang keberadaannya. Untuk saat ini, Anda dapat menemukannya pada waktu tertentu saja seperti saat festival.

Beberapa Tujuan Transportasi

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga kendaraan memegang peranan penting dalam menggerakkan laju peredaran barang atau jasa. Menurut Salim (1993:1-2) tujuan transportasi terdiri dari dua macam, yakni sebagai berikut:

Tujuan Ekonomi

Ekonomi merupakan penggerak roda kehidupan yang dapat membangkitkan taraf kehidupan masyarakat. Transportasi sendiri dapat menjangkau hingga wilayah pelosok, harapannya agar tidak ada wilayah yang tertinggal.

  • Meningkatkan jenis dan jumlah barang jadi serta jasa berasal dari industri, pemerintah dan juga produsen.
  • Mengembangkan industri nasional yang dapat meningkatkan devisa serta menyediakan pasar dalam negeri.
  • Menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk membangun perekonomian masyarakat serta menciptakan tenaga kerja yang berkompeten.
  • Meningkatkan pendapatan nasional serta pengembangan pendidikan secara merata pada wilayah terpencil sekalipun.

Tujuan Non Ekonomi

Tujuan ini terfokus pada ketahanan negara. Dengan transportasi yang memadai, tentunya dapat menjangkau daerah bahkan pelosok sekalipun, terutama wilayah rawan konflik ataupun perbatasan, yang harus mendapat penjagaan ekstra.

Pertama untuk mempertinggi pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Kedua yaitu memperkuat pertahanan dan ketahanan nasional.

Dampak Perkembangan Teknologi Transportasi

Perkembangan transportasi mempengaruhi perubahan signifikan pada pola hidup masyarakat. Alat penggeraknya semakin beragam, tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Menggunakan secara lebih bijak dapat membuat alam akan memberikan banyak kebaikan.

Dampak Positif

Transportasi memberi beragam dampak positif bagi kehidupan manusia. Pekerjaan menjadi lebih mudah dengan bantuan kendaraan angkut atau penyedia jasa. Berfungsi untuk memindahkan barang atau manusia lebih cepat dan efisien. Lantas apa saja dampaknya?

  • Gas karbon monoksida dari hasil pembakaran bahan kendaraan bermotor bersatu dengan udara, kemudian membentuk karbon dioksida yang bermanfaat untuk proses fotosintesis.
  • Mempersingkat waktu perjalanan serta lebih hemat tenaga.
  • Transportasi dapat membantu berbagai pekerjaan manusia, termasuk masyarakat pedesaan untuk mendistribusikan hasil pertanian, perkebunan, serta peternakan, ke daerah perkotaan untuk melakukan proses transaksi jual beli.

Dampak Negatif

Selain dampak positif, terdapat pula hal negatif yang dapat berpengaruh terhadap lingkungan jika tidak menggunakannya secara bijak. Hal ini penting untuk menjadi kajian untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada. Berikut diantaranya:

  • Pencemaran udara terjadi karena banyaknya gas karbon monoksida yang tersebar di udara. Bahkan, lebih parahnya pepohonan semakin sedikit karena penebangan liar yang terjadi.
  • Berkurangnya lahan pertanian akibat pembangunan fasilitas transportasi.
  • Kadar polusi udara yang sangat tinggi, mengakibatkan berbagai penyakit pernafasan dapat menyerang.
  • Alam menjadi berkurang keindahannya, karena beberapa sebab. Misalnya habitat laut menjadi rusak karena adanya penambangan minyak bumi.
  • Lapisan atmosfer semakin menipis karena asap kendaraan serta pohon yang semakin sedikit, menjadikan temperatur bumi semakin panas.
  • Pencemaran suara, oleh klakson kendaraan ataupun bunyi alat transportasi yang cenderung keras.
  • Banyak kebutuhan manusia terhadap alat transportasi menjadikan ketersediaan minyak bumi semakin menipis.

Cara Meminimalisir Dampak Negatif

Permasalahan yang paling penting saat ini adalah meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap minyak bumi, namun ketersediaannya semakin menipis. Untuk itu perlu adanya pencarian alternatif lain yang dapat menggantikan bahan bakar tersebut. Berikut ulasannya:

Menggunakan BBM Secara Bijak

Perkembangan alat transportasi yang semakin besar, membuat kebutuhan terhadap bahan bakar semakin meningkat. Penggunaan kendaraan pribadi tentu membuat orang semakin konsumtif terhadap pemakaian minyak bumi tersebut.

Minyak bumi terbentuk secara alami selama puluhan hingga ratusan tahun. Tidak mudah mengembalikannya seperti semula jika telah habis. Untuk itu solusi terbaik adalah, dengan cara menggunakannya secara bijak dan tidak mengeksploitasi bahan bakar tersebut.

Mencari Sumber Energi Alternatif Baru

Beberapa penelitian telah ada, untuk mencari solusi atas masalah yang terjadi ini. dengan sumber alternatif baru. Misalnya dari biogas akan meminimalisir pemanfaatan dari bahan bakar minyak, dengan begitu ketersediaan masih tetap terjaga.

Tanpa transportasi kehidupan manusia dapat terbengkalai, sebab ada banyak sektor perekonomian yang tidak dapat berjalan dengan stabil. Akibatnya banyak usaha akan gulung tikar. Untuk itu perlu pencarian sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan.

Menghemat Pemakaian Listrik

Pada sebagian negara, listrik menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir. Di Indonesia sendiri masih menggunakan sumber daya dari minyak bumi. Untuk itu, inilah pentingnya menghemat pemakaiannya. Misalnya dengan cara mematikan lampu setelah tidak terpakai dan sebagainya.

Manfaat alat transportasi pada kehidupan manusia memang sangat penting. Hal ini telah menjadi ketergantungan, untuk itu perlu adanya solusi terbaik agar minyak bumi tetap tersedia dan manusia dapat menjalankan kehidupannya dengan baik.

Mengganti Bahan Bakar Minyak Tanah ke Gas

Dahulu masyarakat banyak menggunakan kompor minyak untuk memasak sehingga daya belinya semakin meningkat. Namun saat ini, sudah ada alternatif yakni menggunakan gas yang terbuat dari bahan alam dan ramah lingkungan.

Namun, tidak sedikit masyarakat yang masih takut menggunakannya. Karena banyaknya kasus kebakaran yang terjadi. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih sehingga kemungkinan tersebut dapat diminimalisir.

Mengubah Pola Pikir Masyarakat

Salah satu hal terpenting adalah adalah perubahan pola pikir masyarakat yang masih acuh tak acuh terhadap keadaan seperti ini. Untuk itu, penanaman prinsip berhemat dalam penggunaan minyak bumi termasuk bensin dan solar dengan mengurangi kendaraan bermotor yang ada.

Selain agar sumber daya minyak tetap terjaga, hal ini juga dapat meminimalisir tersebarnya gas karbon monoksida pada udara. Dengan begitu, polusi dapat berkurang dan menjadikan lingkungan lebih asri. Akibat positifnya kehidupan biota alam dapat tetap terjaga.

Mengoptimalkan Peran Transportasi Umum

Banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi bahkan lebih dari satu tentu membuat pemakaian BBM semakin tidak terkendali. Untuk itu, perlu adanya optimalisasi pada peran transportasi umum, seperti MRT, bus, kereta dan sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Ekosistem

Perbaikan dalam hal transportasi umum sangat perlu untuk menambah kenyamanan penggunanya. Hal ini bertujuan agar pemakaian kendaraan bermotor dapat berkurang sehingga dapat memperlambat habisnya ketersediaan minyak bumi.

Transportasi merupakan hal yang penting bagi kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, manfaatkan dengan sebaik mungkin. Demikian penjelasan pengertian transportasi secara lengkap. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar