Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Diposting pada

Jika berbicara soal binatang peliharan yang lucu, tentu kucing masuk ke dalam daftar. Di Indonesia sendiri, kucing merupakan binatang yang paling banyak dipelihara nomor 1 dengan ras yang paling terkenal itu Anggora dan Persia.

Hanya saja, banyak sekali orang awam yang kurang paham dengan perbedaan kucing persia dan Anggora.

Sekilas, penampakan kedua kucing ini memang mirip. Dua-duanya sama-sama memiliki bulu yang panjang dengan tampang yang imut. Sehingga tidak heran banyak yang salah sangka tentang keduanya.

Tetapi rupanya, bagi yang expert dan tahu mengenai dunia kucing, keduanya sangat berbeda.

Sebelum membahas mengenai perbedaan keduanya, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu ciri utama yang ada pada kucing Anggora dan Kucing Persia.

Ciri-ciri yang Dimiliki Kucing Anggora

Kucing Anggora

Kucing cantik ini berasal dari Ankara, Turki. Konon, nama kota ini dulunya Anggora, sehingga kucing yang berasal dari sana memiliki nama Anggora juga.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

Keberadaannya di Indonesia bisa dibilang sangat jarang, sebab selain sulit untuk ditangkarkan, proses pengiriman kucing ini juga dibatasi oleh pemerintah Turki sendiri.

Untuk itulah Anda perlu mengenali kucing ini luar dalam. Supaya ketika  berminat untuk membeli, kita tidak tertipu dengan diberikan kucing ras lain alih-alih Anggora. Berikut rincian mengenai ciri-ciri Kucing Anggora yang perlu Anda ketahui.

Bentuk Kepala dan Telinga yang Dimiliki

Kucing Anggora memiliki bentuk kepala yang agak mirip dengan kucing kampung (kucing domestik). Yakni berbentuk segitiga terbalik dan hidung yang mancung.

Selain bentuk kepala yang mirip, bentuk telinga yang dimiliki oleh kucing ini juga bisa dibilang mirip dengan kucing kampung. Yakni berbentuk segitiga dan memiliki letak yang berdekatan. Bulu wajah pada kucing Anggora juga tidak panjang.

Bentuk Tubuh dan Bentuk Kaki

Anggora memiliki bentuk tubuh yang langsing dengan tonjolan tulang yang selalu terlihat meskipun kucing itu gemuk.

Selain itu, badan jantan selalu lebih besar daripada badan betina. Tubuh yang dimiliki Anggora juga cenderung langsing dan indah.

Selain tubuhnya, kaki Anggora juga langsing dan jenjang. Sangat sesuai dengan tubuhnya sehingga setiap langkah yang diambil kucing ini akan terkesan anggun.

Bulu yang Tebal

Kucing Anggora memang terkenal dengan bulunya yang panjang dan tebal. Tapi, bulu tebal ini tidak terletak di sekujur tubuh Anggora, melainkan hanya di bagian leher dan ekor. Bahkan, ekor Anggora bisa terlihat seperti kemoceng.

Karakter yang Imut

Kucing Anggora memiliki karakter yang imut. Di mana dia senang sekali berada di sekitar pemiliknya. Sikapnya aktif dan suka bermain. Sehingga pemilik harus rajin memperhatikannya agar kucing tidak stres.

Selain itu, Anggora sangat menyukai kebebasan. Sehingga pemilik tidak boleh mengurung kucing ini dalam waktu yang lama.

Ciri-ciri Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Persia juga termasuk salah satu kucing peliharaan yang juga populer di Indonesia. Tampilan kucing ini memang lucu dan cantik. Bahkan, tidak jarang juga yang menyamakan kucing ini dengan boneka.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Kucing ini memiliki badang yang besar dan bulu panjangnya yang lucu. Struktur tulang yang dimiliki juga pendek dan memiliki wajah yang bulat.

Sama dengan Anggora, Kucing Persia juga senang sekali menempel pada pemiliknya dan memiliki sifat yang tergolong manja.

Adapun ciri fisik dari kucing persia ini adalah:

Memiliki Bulu yang Mengkilap

Kucing Persia memiliki bulu  panjang, halus, tebal, dan mengkilap. Untuk ukuran panjang dari satu bulu saja itu bisa mencapai 10 cm. Jadi, seakan-akan kucing ini selalu memakai mantel bulu mahal kemana-mana.

Warna Kucing Persia

Pada umumnya, kucing persia memiliki warna putih. Hanya saja, sekarang sudah terjadi banyak persilangan yang dibuat sehingga warna yang dimiliki lebih variatif.

Beberapa warna kucing ini adalah Himalayan, Solid Color, Tabbies, Silver Color and Golds, Shaded and Smoke, Bicolor dan Particolor. Biasanya, beberapa warna yang indah hasil perkawinan silang

Kepala yang Besar

Kucing Persia memiliki diameter kepala yang cukup besar dibanding kucing lainnya. Selain itu, karakter wajahnya yang paling khas adalah berbentuk bulat dan tulang pipi yang menonjol.

Karakter lain yang juga ada pada kepala dari Kucing Persia ini adalah memiliki rahang yang kokoh. Selain itu, Kucing Persia memiliki garis dahi, dagu, dan hidung yang tegak lurus.

Memiliki Wajah yang Imut

Karakter imut memang tersemat pada kucing Persia. Memiliki wajah bulat dan mata lebar membuat ekspresi kucing ini lebih manis. Selain itu kucing Persia memiliki bola mata yang menarik. Dari mulai warna biru untuk jenis colourprint dan warna perak emas untuk jenis chincilia.

Yang paling unik adalah kucing persia warna putih yang biasanya memiliki warna bola mata yang berbeda.

Bentuk Tubuh dan Kaki Kucing Persia

Seperti diameter kepalanya yang besar, bentuk tubuhnya juga mengikuti. Berbentuk bulat dan gempal membuat kucing ini persis boneka hidup. Selain itu kakinya juga pendek sehingga kesan buntal lekat kepada kucing ini.

Tidak heran kalau kucing ini tampak ‘malas’ karena memang gerakannya sangat lambat dan tidak segesit anggora.

Cakar dan Ekor yang Dimiliki

Meskipun begitu, cakar yang dimiliki oleh kucing ini kuat dan kokoh. Masih memiliki bentuk bulat, komposisi cakarnya adalah 5 jari depan dan 4 jari di belakang. Cengkraman yang dimiliki juga cukup keras.

Untungnya, kucing ini sangat jinak sehingga jarang mencakar manusia dengan ganas.

Sedangkan untuk ekor saja, kucing ini memiliki ekor yang berbulu tebal dengan bentuk yang lurus. Panjang ekornya juga cukup pendek, mengikuti bentuk tubuhnya yang agak gempal

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Meskipun sama-sama memiliki wajah yang imut dan bulu tebal panjang, ternyata Kucing  persia dan anggora memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar.

Untuk orang yang benar-benar mencintai kucing, pasti langsung paham beda kucing persia dan anggora ini. Tapi bagi orang awam, mungkin bingung dimana bedanya.

Apalagi karena bulunya sama-sama lebat dan tampangnya sama-sama imut.

Jika ingin tahu perbedaannya, berikut rangkuman ringkasnya:

Berbeda Daerah Asal

Berbeda Daerah Asal

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang pertama adalah daerah asal yang berbeda. Anggora berasal dari Ankara, Turki yang dulunya bernama Anggora. Salah satu ras tertua kucing ini juga katanya sudah dikenal dan dipelihara sejak tahun 1600 Masehi.

Sedang Kucing Persia berasal dari daerah yang sesuai dengan namanya, yaitu Persia yang sekarang dikenal dengan nama Iran.

Meskipun begitu, kucing ini pertama kali diperkenalkan di daerah Italia pada tahun 1620 an. Di sana kucing ini cukup populer.

Bentuk Wajah

Seperti yang telah dituliskan, bentuk wajah kedua kucing ini juga berbeda.

Kucing Anggora memiliki bentuk wajah yang mirip dengan kucing kampung di Indonesia. Bentuknya segitiga terbalik dengan hidung yang mancung. Telinganya juga mirip dengan kucing lokal: rucing dan panjang.

Sedangkan kucing persia memiliki wajah yang bulat dan hidung pesek. Telinganya tidak terlalu panjang dan memiliki warna mata yang lebih bervariasi.

Bentuk Tubuh

Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh yang ideal antara kaki, badan, dan wajah. Tubuhnya panjang dan langsing dengan kaki yang sama dengan tubuhnya sehingga tampak seperti model dan proporsional.

Sedangkan Kucing Persia memiliki tubuh yang cenderung ‘gempal’. Kakinya tidak terlalu panjang membuat kucing ini semakin terlihat gemuk menggemaskan.

Bulu

Meskipun sama-sama berbulu tebal, tapi bagi yang paham tentu lebih mudah membedakan kedua kucing ini dari bulunya.

Kucing anggora cenderung memiliki bulu panjang, tetapi tidak begitu tebal. Paling tidak, tidak setebal bulu kucing persia, terutama di bagian wajahnya. Yang tampak panjang dan tebal justru ada di bagian ekor

Bulu kucing Persia sendiri tebal dari leher sampai ke ekor. Bahkan, jika ini kucing persia berdarah murni, ketebalan bulunya akan membuat Anda takjub.

Ekor

Seperti yang telah disinggung di atas, ekor kucing Anggora cenderung tebal seperti kemoceng. Ada juga yang berpendapat bahwa ekor kucing anggora mirip dengan ekor musang.

Sedangkan untuk kucing persia, memang bulu ekornya tebal. Tapi jelas tidak setebal ekor kucing anggora.

Sifat Bawaan

Kucing Anggora cenderung memiliki sifat bawaan yang aktif dan gemar bermain.

Meskipun demikian, kucing ini juga sangat penurut, ramah, sekaligus sangat mudah dilatih. Ini membuat kucing ini cocok dengan manusia yang rajin mengajaknya bermain.

Sebaliknya, kucing persia justru sedikit lebih tenang. Sama-sama memiliki sifat penurut, bedanya, kucing persia cenderung lebih malas bergerak daripada Anggora dan memiliki sifat yang lebih manja.

Perbedaan Harga

Kedua kucing ini sama-sama mahal, tetapi memiliki harga yang cukup berbeda. Di Indonesia sendiri, kucing anggora cenderung lebih mahal daripada kucing persia. Terutama kucing anggora yang berdarah murni.

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang dimiliki oleh kedua kucing ini juga berbeda.

Kucing Anggora memiliki daya tahan yang cenderung lebih baik daripada Persia.

Untuk penyakit pada anggora yang perlu diwaspadai adalah Ataxia dan hypertrophic cardiomyopathy.

Sedangkan Persia cenderung mudah terserang penyakit. Yang harus diwaspadai adalah: Susah bernafas, cherry eye, ringworm, entropion, kesehatan gigi, sensitif terhadap panas, dan lain sebagainya.

Grooming dan Perawatan

Anggora cenderung lebih simpel dalam hal perawatan. Meskipun masih tetap harus diperhatikan untuk groomingnya, tapi tidak seribet Persia.

Untuk Persia sendiri grooming juga harus diperhatikan. Terutama karena masalah kesehatannya yang sensitif dan bulunya yang cenderung panjang.

Warna Mata

Kucing Anggora cenderung memiliki warna mata yang biru, terutama untuk anggora yang berwarna putih. Sedangkan untuk kucing Persia cenderung memiliki warna mata yang lebih bervariasi.

Bahkan, untuk yang bulunya putih terkadang memiliki warna mata yang berbeda antara yang kiri dan kanan.

Peminat kucing anggora persia sendiri sudah cukup banyak di Indonesia. Sehingga tidak heran jenis baru dari hasil persilangan juga sudah cukup banyak Kedua kucing ini juga sama-sama ideal untuk dijadikan peliharaan. Tergantung tipe mana yang menjadi selera dari Anda.

Baca Juga: Vaksin Kucing

Apakah ingin kucing yang enerjik tapi simpel atau ingin kucing yang penurut dan imut?

Itulah beberapa perbedaan kucing persia dan anggora. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan