Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan

Pidato merupakan kegiatan pengungkapan pikiran oleh seseorang kepada orang-orang di depan umum. Banyak hal yang bisa menjadi dasar atas sebuah pidato. Salah satu tema yang biasa dijadikan dasar atau pengarahan yaitu pidato tentang kebersihan lingkungan.

Pengertian Pidato Kebersihan

Pengertian Pidato Kebersihan

Pidato tentang kebersihan adalah kegiatan atau aktivitas pengungkapan pikiran oleh seseorang di depan umum. Namun, sebagian besar isinya menyampaikan tentang kebersihan. Bisa berbentuk, teguran, motivasi, kritik, atau bahkan ajakan.

Baca Juga: Contoh Pidato Singkat

Pidato ini biasanya disampaikan oleh perangkat pemerintah pusat, perangkat di sekolah, perangkat daerah, dan perangkat desa. Biasanya, disampaikan secata lebih ringkas, padat, dan jelas, agar pendengar tidak merasa bosan dan dapat mengerti tujuan dari untaian kata-kata yang disampaikan.

Pidato tentang kebersihan ini juga sebagai pemberitahuan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan. Di samping itu juga ikut dalam kegiatan bersih-bersih yang biasanya dilakukan di beberapa tempat secara rutin.

Kebersihan dan kesehatan saling berkaitan, sebab kebersihan lingkungan sekitar berdampak kepada kesehatan masyarakat. Misalkan kebersihan lingkungan sekitar baik, kesehatan masyarakat juga akan terjaga, begitu pula sebaliknya.

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Singkat

Pidato tentang kebersihan bisa dilihat dari berbagai sisi dan dari berbagai tempat. Pada teks ini, hal yang akan dibahas adalah kebersihan. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung dilihat pada contoh di bawah.

Selamat pagi dan salam sejahtera. Pertama-tama, marilah Kita sama-sama mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan segala rahmat dan karunia-Nya yang telah Dia berikan, sehingga Kita bisa berkumpul di pagi yang cerah ini.

Bapak dan ibu yang Saya hormati dan Saya banggakan, beberapa hari ini Saya sangat menyayangkan kondisi kebersihan yang ada di lingkungan tercinta ini. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudut lingkungan ini nampak sampah plastik dan sisa sampah rumah tangga yang berserakan.

Ditambah lagi keadaan kebersihan masjid terutama kebersihannya semakin membuat prihatin saja. Padahal telah Kita ketahui bersama, bahwa Tuhan sangat menyukai orang yang bersih dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak dan ibu. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Lingkungan

Berbicara tentang kesehatan, memang erat kaitannya dengan lingkungan sekitar. Tidak heran jika topik ini menjadi salah satu bahasan dari sebuah teks pidato. Untuk sekedar gambaran, Anda bisa memperhatikan contoh di bawah ini:

Yang terhormat bapak-bapak sekalian. Pertama-tama, mari Kita ucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat serta perlindungan sehingga Kita dapat berkumpul pada pagi hari ini. Semoga diberkahi oleh-Nya.

Karena beberapa hari yang lalu Saya berkeliling di sekitar lingkungan Kita, Saya merasa bahwa lingkungan ini kurang terjaga kebersihannya. Sisa sampah rumah tangga bertumpuk dan tercampur dengan jenis sampah lain.

Oleh karena itu, hari ini Kita akan melaksanakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan di daerah kita. Mari Kita saling bahu membahu membersihkan lingkungan tempat tinggal Kita agar terasa nyaman.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak-bapak sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak-bapak Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan

Lingkungan sekitar tempat tinggal memang harus dijaga kebersihannya. Namun hal ini terkadang dilupakan. Oleh karena itu, dengan ungkapan singkat berupa pidato diharapkan dapat membuat beberapa orang tergugah harinya. berikut ulasannya.

Selamat siang dan salam hangat dari Saya. Yang Saya hormati, Bapak Wali Kota. Para hadirin yang Saya cintai. Serta para remaja yang tergabung dalam karang taruna. Pertama-tama marilah Kita ucapkankan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena sampai saat ini masih diberikan berbagai macam nikmat terutama nikmat sehat, sehingga dapat melakukan berbagi aktivitas sehari-hari.

Masyarakat yang selalu menjaga kebersihan lingkungannya memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Misalnya, seseorang yang selalu membuang sampah pada tempatnya, maka lingkungan di sekitarnya menjadi bersih dan masyarakat di lingkungan tersebut dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Akan tetapi masyarakat yang tidak mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya memberikan dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya. Misalnya banjir, lingkungan menjadi kotor dan menimbulkan berbagai macam penyakit bagi masyarakat di lingkungan tersebut.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak dan ibu sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Sekolah

Setelah membaca contoh teks pidato tentang kebersihan di atas, teks yang kali ini akan membahas hal yang sedikit berbeda namun dengan tema yang sama, yaitu kebersihan. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung Anda lihat pada contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Yang terhormat Bapak, Ibu guru, karyawan, dan karyawati. Serta yang Saya sayangi teman-teman sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga dapat berkumpul pada acara hari ini.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Contohnya, dengan membuang sampah pada tempat yang benar. Sampai saat ini, kesadaran untuk menjaga kebersihan di sekolah ini sebagai seorang warga sekolah sangatlah kurang dan perlu ditingkatkan lagi kedepannya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu, dan teman-teman sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan teman-teman sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Teks Anekdot

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Sekolah memang menjadi tempat berkumpul ratusan atau bahkan ribuan peserta didik. Di era menjelang new normal ini, diharapkan tetap menjaga kebersihan dengan protokol kesehatan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Yang terhormat Bapak, Ibu, karyawan, dan karyawati. Serta yang Saya sayangi teman-teman sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani hingga Kita bisa melaksanakan upacara bendera.

Guru-guru dan teman-teman yang Saya banggakan. Seperti yang sudah Kita ketahui masing-masing bahwa sekolah ini menjadi cerminan oleh warga sekitar. Tidak baik jika lingkungan suasana sekolah Kita tidak enak untuk dilihat dan tidak nyaman untuk dijadikan tempat belajar.

Terlebih, sekolah ini sudah menjadi tempat bagi Kita berinteraksi dan digunakan untuk belajar. Tempat yang Kita gunakan untuk belajar seharusnya membuat kegiatan ini terasa menyenangkan dan bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari keluarga sekolah ini, Saya ingin supaya Kita semua peka dan tetap membuat lingkungan Kita terasa nyaman karena lingkungan sekitar Kita bersih. Setiap kelas seharusnya bisa secara otomatis melaksanakan piket bersih kelas.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu, dan teman-teman sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan teman-teman sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Pengaruh Kebersihan Lingkungan bagi Kesehatan

Kebersihan lingkungan pasti memiliki pengaruh, baik langsung atau tidak langsung. Bisa berdampak besar ataupun sebaliknya. Namun penuturan ini harus diberikan dengan cara yang halus dan sopan. Jika masih belum ada gambaran, perhatikan contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya hormati Bapak, Ibu guru, karyawan, dan karyawati. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan teman-teman sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Kebersihan adalah kondisi suatu tempat yang terbebas dari berbagai macam kotoran. Di Indonesia, kebersihan selalu menjadi masalah yang terus berkembang dan tak pernah berujung. Berbagai macam kasus terkait kebersihan yang selalu meningkat setiap tahunnya dan tak berujung.

Masalah kebersihan yang tidak dapat dikendalikan dikarenakan masyarakat selalu tidak mengabaikan kebersihan. Tempat pembuangan sampah yang tidak pernah dipergunakan dan dirawat dengan baik. Akibatnya berbagai macam penyakit, baik itu yang mengganggu pernafasan hingga penyakit lain menyerang beberapa orang yang kurang mengerti akan pentingnya menjaga kebersihan.

Akan tetapi jika Kita selalu menjaga kebersihan, masalah seperti itu tidak akan terjadi lagi. Dalam hal ini, pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan melalui penerapan budaya cinta kebersihan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, karyawan, karyawati, dan teman-teman sekalian. Kurang lebihnya Saya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, karyawan, karyawati, dan teman-teman sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Pentingnya Kebersihan Lingkungan

Tidak semua orang sadar dan paham akan pentingnya kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, penuturan lewar sebuah pidato diharapkan bisa memberi sedikit pencerahan bagi mereka yang belum bisa melaksanakannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya hormati Bapak, Ibu guru, karyawan, dan karyawati. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan teman-teman sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini tanpa kurang satu apapun.

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting sebagai makhluk hidup yang memiliki kelebihan untuk dapat berpikir. Jika kebersihan lingkungan saja tidak mampu kalian jaga, bagaimana Anda akan merasa nyaman menempati suatu lingkungan? Karena lingkungan yang kotor, berdampak buruk pada kesehatan Kita masing-masing. Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut terjadi.

Bapak, ibu, dan teman-teman, Saya ingin Kita semua menanamkan pada diri Kita sendiri agar memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan tergerak hatinya untuk membersihkan lingkungan tersebut.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, karyawan, karyawati, dan teman-teman sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, karyawan, karyawati, dan teman-teman sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Setelah membaca contoh teks pidato tentang kebersihan di atas, ada contoh singkat lagi terkait kebersihan di lingkungan sekolah. Hal ini harus diperhatikan, baik itu guru, siswa ataupun semua orang yang ingin ke sana. Berikut ulasannya:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya cintai Bapak dan Ibu Guru. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan siswa/siswi sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat mengikuti upacara bendera yang rutin Kita adakan setiap hari Senin dengan sehat dan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan yang bahagia ini, Saya akan menyampaikan pidato yang berhubungan dengan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Tentu Kita tahu bahwa kebersihan lingkungan sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap lancarnya proses pembelajaran yang ada di sekolah Kita ini.

Lingkungan yang kotor pasti akan menimbulkan dampak buruh, salah satunya yaitu penyakit yang akan menyerang. Pastikan semua siswa yang ada di susun jadwal piketnya untuk membersihkan beberapa lokasi secara rutin agar tidak lingkungan tidak kumuh.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian. Kurang lebihnya Saya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Puisi Ibu

Contoh Pidato Tentang Pemilahan Sampah

Sampah memang merupakan benda yang harus dibuang. Bau busuk yang menyengat jika dibiarkan bisa menimbulkan banyak dampak buruk. Pentingnya pengarahan dalam pidato yaitu untuk memahamkan seseorang. Simak contoh di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya cintai Bapak dan Ibu Guru. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan siswa/siswi sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat mengikuti upacara bendera yang rutin Kita adakan setiap hari Senin dengan sehat dan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan yang mulia ini, Saya akan menyampaikan pidato yang berhubungan dengan pemilahan sampah di sekolah Kita ini. Dilihat dari sampah-sampah yang berserakan dan asal tertumpuk di sudut ruang, Saya kira kesadaran akan kebersihan lingkungan dari warga sekolah ini kurang. Padahal ketersediaan tempat sampah lengkap di setiap ruang.

Contohnya, di dekat kamar mandi, di kantin, bahkan di depan kelas ada tempat sampah tersedia. Itu adalah upaya sekolah menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Namun tetap saja kalau tidak ada kesadaran dari diri sendiri, tempat sampah tetap bersih sedangkan sampah-sampah berserakan tak karuan.

Coba untuk tanamkan pada diri Kita sendiri bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab individu. Kalau mindset kalian adalah agar office boy di sekolah Kita mempunyai pekerjaan, ubah hal itu. Tugas mereka tak hanya membersihkan sampah-sampah yang berserakan, melainkan mereka punya tugas lain yang harus dikerjakan. Setidaknya dengan membuang sampah pada tempatnya, tugas mereka sedikit berkurang.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Kesadaran Akan Kebersihan Sekolah

Setelah membaca contoh teks pidato tentang kebersihan di atas, teks yang kali ini akan membahas hal yang sedikit berbeda namun dengan tema yang sama, yaitu kebersihan. Namun terfokus pada kesadaran di lingkungan sekolah. Berikut ulasannya:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya cintai Bapak dan Ibu Guru. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan siswa/siswi sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat mengikuti upacara bendera yang rutin Kita adakan setiap hari Senin dengan sehat dan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan yang mulia ini, Saya akan menyampaikan pidato yang berhubungan dengan kurangnya kesadaran terhadap kebersihan di sekolah Kita ini. Seperti yang sudah diumumkan pada Senin lalu, bahwa setiap kelas diwajibkan membentuk jadwal piket dan harus berjalan setiap harinya. Namun tetap saja terlihat kalau jadwal piket kelas hanya berjalan di beberapa kelas saja. Sejatinya, itu adalah upaya untuk menjaga kebersihan di lingkungan Kita ini. Selain piket kelas, Saya juga sudah mengatakan bahwa setiap individu harus memiliki kepekaan terhadap sekitar.

Kita sebagai warga sekolah punya kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah Kita ini. Langkah kecil selain berlakunya jadwal piket di setiap kelas adalah dengan memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah yang tersedia.

Saya harap, beberapa cara yang sudah Saya sebutkan tadi dapat Kita semua laksanakan demi kebersihan dan kenyamanan Kita berada di lingkungan sekolah ini. Hal yang terlihat sepele sebenarnya sangat berdampak kepada kehidupan Kita di dunia ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Langkah Menjaga Kebersihan Sekolah

Bisa dipastikan ada beberapa siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolahnya. Oleh karena itu, ibu/bapak guru diharapkan memberi siraman rohani untuk mereka. Berikut contohnya:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Sekolah. Yang Saya cintai Bapak dan Ibu Guru. Serta yang Saya sayangi dan Saya banggakan siswa/siswi sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat mengikuti upacara bendera yang rutin Kita adakan setiap hari Senin dengan sehat dan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan yang bahagia ini, Saya akan menyampaikan pidato tentang langkah-langkah menjaga kebersihan di sekolah Kita ini. Apakah Kita semua mengerti arti pepatah kebersihan adalah sebagian dari iman? Oleh karena itu, Saya akan menyebutkan beberapa langkah yang dapat Kita semua lakukan untuk meningkatkan kebersihan di sekolah ini.

Pertama-tama, Kita semua perlu menanamkan rasa malu di dalam diri kita. Contohnya, saat Kita terpikir untuk membuang sampah sembarangan, Kita akan malu dengan masyarakat sekitar karena tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Dengan cara itu, lingkungan sekolah Kita akan terjaga kebersihannya.

Berikutnya, mari Kita mengurangi konsumsi plastik di lingkungan sekolah kita. Kita semua tau bahwa plastik sulit terurai dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Terlebih plastik mengandung zat kimia yang sangat berbahaya dan sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan bumi ini. Karena itu, Saya berharap agar setiap warga sekolah ini dapat mengurangi penggunaan plasti di lingkungan sekolah ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu guru, dan anak-anakku sekalian Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Tentang Langkah Menjaga Kebersihan Lingkungan Desa

Untuk contoh terakhir, ada langkah mudah untuk menjaga kebersihan lingkungan di desa masing-masing. Oleh karena itu, perhatikan ulasan di bawah ini:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang Saya hormati, Bapak Kepala Desa. Yang Saya banggakan bapak dan ibu sekalian. Pertama, mari Kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga Kita dapat mengikuti kegiatan bersih desa dengan sehat dan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan yang sangat mulia ini, Saya akan menyampaikan pidato yang berhubungan dengan langkah menjaga kebersihan di lingkungan desa Kita ini. Banyak langkah yang bisa Kita lakukan untuk menjaga kebersihan di lingkungan Kita ini, misalnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya sekaligus memilah jenis sampah saat akan membuangnya.

Selanjutnya, yaitu dengan mengadakan dan melaksanakan gotong royong seperti yang akan Kita lakukan hari ini untuk membersihkan lingkungan setiap akhir pekan agar lingkungan tempat tinggal Kita tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang rawan mewabah.

Bapak dan ibu yang berbahagia, kesimpulan dari pidato Saya tadi, yaitu Kita harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Dengan terciptanya kebersihan di desa tercinta Kita ini, diharapkan masyarakat merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit yang secara tidak sadar menghinggapi tumpukan sampah jika Kita tidak peduli.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Saya sampaikan kepada bapak dan ibu. Kurang lebihnya mohon maaf. Sekian yang dapat Saya sampaikan, bila ada kata yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Syair

Walaupun semua contoh pidato tentang kebersihan lingkungan di atas memang singkat. Oleh karena itu, Anda bisa mencari bahan sendiri untuk memperluas pemahamannya. Dengan begitu, penyampaian pidato akan lebih panjang dan berbobot.

Tinggalkan komentar