Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Diposting pada

Bisnis merupakan ranah yang menjadi cita-cita hampir semua orang. Bahkan pegawai kantor sebagian besar pasti memiliki harapan membuka mata pencaharian sampingan. Namun bagi yang baru memulai pasti memiliki kendala pada finansial, walaupun saat ini banyak tersedia pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Latar Belakang Meminjam Uang untuk Modal

Pengembangan minat pada bidang bisnis sudah banyak terjadi dan perlu disikapi secara positif. Namun terkadang, terdapat kendala jika seseorang ingin memulai ataupun membesarkan usahanya. Salah satu masalahnya berasal dari keuangan atau modal yang dimiliki untuk dialokasikan.

Sebenarnya menurut sebagian besar para pebisnis menganggap modal bukan merupakan masalah. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan peminjaman uang kepada lembaga terkait. Namun tentunya tetap menghasilkan prosentase resiko.

Baca Juga: Contoh Cara Perhitungan Dana Pensiun

Jika ingin jalan selain pinjaman, sebenarnya para pengusaha bisa memakai kartu kredit. Tentu saja konsepnya sama dengan melakukan pinjaman modal hanya saja lebih praktis. Namun apabila sudah memilihnya bukan berarti bisa menghilangkan resiko kerugian lebih besar.

Muaranya sama berbagai kendala tetap muncul meskipun dari beberapa solusi tadi. Bahkan keputusan yang salah bisa berakibat buruk untuk kelangsungan usaha. Jika salah perhitungan tentu bukan bisnisnya yang berkembang, tapi justru malah merugi.

Kendala Peminjaman Modal untuk Pengusaha Kecil

Kendala Peminjaman Modal untuk Pengusaha Kecil

Berbagai kendala di atas mungkin masih bisa diatasi jika sudah berkecimpung cukup lama di dunia bisnis. Namun bagaimana dengan pengusaha baru atau yang baru saja berdiri sedangkan mereka perlu modal. Ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi, yaitu:

Adanya Jaminan

Jika melakukan pinjaman pada bank akan lebih aman ketimbang melalui rentenir. Alasannya karena mereka menawarkan suku bunga terbilang cukup rendah. Meskipun demikian terdapat masalah, yaitu terkait syarat pengajuan yang mengharuskan adanya jaminan.

Pinjaman modal usaha lewat bank mengharuskan calon klien mengajukan agunan, biasanya berbentuk tanah serta bangunan. Tentu saja hal tersebut cukup beresiko dan belum lagi jika terjadi kerugian, terlebih jika belum memiliki rumah sendiri atau masih tingal di hunian KPR.

Waktunya Lama

Jika ingin mengajukan pinjaman atau kredit melalui bank haruslah melalui proses yang lama. Sedangkan biasanya pada peminjam sendiri butuh dana cepat. Hal tersebut dikarenakan, setelah melakukan tahapan awal masih harus menunggu persetujuan pihak terkait.

Padahal kebanyakan kasus peminjam sedang kepepet atau sedang mengalami kebuntuan usaha. Bisa-bisa jika tidak kunjung ada jawaban, bisa jadi bisnis mereka akan bangkrut. Belum lagi kalau sudah menunggu lama dan hasilnya ditolak tentu akan mengecewakan.

Proses Rumit

Kendala terakhir terletak pada kerumitan syarat untuk mengajukan. Seperti diketahui bahwa umumnya untuk pinjaman atau kredit selain butuh penjamin. Terdapat pula kriteria agar pihak bank yakin dan menyetujui uang untuk modal tersebut.

Bisa dibayangkan jika sebuah perusahaan yang masih baru atau sedang berkembang. Tentunya untuk masalah pembukuan serta dokumen belum teratur dan rapi. Maka kesuksesan disetujuinya pinjaman bisa terkendala serta gagal.

Bagaimana Solusi Permasalahan Modal?

Melihat dari permasalahan di atas jika ingin melalui bank terdapat berbagai kendala. Hasilnya tentu kurang menguntungkan bagi kelangsungan usaha jika tidak sesuai prediksi. Jika demikian, lantas apa yang peru dilakukan untuk mengatasi masalah modal untuk bisnis?

Tentu saja masih sama, namun cari modal usaha tanpa jaminan. Mengapa demikian tentu karena salah satu syarat serta kendala paling berarti yang langsung menutup jalan adalah agunan. Maka jika bisa menemukan lembaga dengan kriteria tersebut bisa memudahkan usaha.

Jika bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan baik. Maka ini bisa dijadikan solusi bagi setiap keputusan dalam bisnis terutama pengembangan. Segala yang berkaitan dengan finansial dapat benar-benar teratasi asalkan penggunaannya sesuai.

Terdapat banyak lembaga yang dapat menawarakan solusi tersebut. Salah satu contohnya yaitu koperasi pinjaman uang tanpa jaminan dan tentu saja cukup memudahkan pengusaha. Selain itu untuk penyedia lainnya akan disebutkan serta dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Daftar Penyedia Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Selain bank sendiri banyak lembaga penyadia modal untuk usaha terus berkembang. Tentu saja hal tersebut didasari pada jaman yang semakin maju. Bahkan mereka sudah bermunculan di berbagai daerah di Indonesia guna memberikan kemudahan pada pengusaha, berikut daftarnya:

KSP (Koperasi Simpan Pinjam)

Lembaga atau pihak penyedia pertama adalah Koperasi Simpan Pinjam dan biasa disebut KSP. Jika lewat jalan yang ini tentu merupakan langkah tepat. Mengapa demikian, karena saat ini sebagian besar masyarakat masih mengandalkannya sebagai alternatif secara berkelanjutan.

Koperasi sendiri merupakan organisasi atau kelompok yang bergerak di bidang ekonomi. Penggeraknya sendiri adalah para anggota untuk mencapai tujuan bersama. Biasanya pelayanan umum dari mereka yaitu segala aktivitas simpan serta pinjam.

Baca Juga: Pengertian Peluang Usaha

Namun perbedaanya terletak pada prinsipnya yang kerakyatan juga mengedepankan asas kekeluargaan. Pinjaman koperasi tanpa jaminan biasanya disediakan namun tidak semua kelompok ada. Maka sebaiknya memperbanyak informasi terkait solusi modal tersebut.

Investree Online P2P Lending

Selain koperasi tadi ada juga pihak lain yang bernama Investree. Penawaran konsep invoice financing atau pinjaman modal usaha mereka dikerjakan secara online. Selain itu, telah pula terdaftar pada OJK sehingga aman dan bisa dijadikan alternatif bagi pengusaha.

Invoice sendiri secara bahasa memiliki arti tagihan, maka bagi para pengusaha dapat melakukan pemberian bill tersebut pada pihak penyedia. Baru akan diberikan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan syarat selama jangka waktu atau tenor tertentu.

Kemudian pihak Investree sendiri yang akan menalangi tagihan tadi. Namun terdapat beasaran (artinya tidak semua), untuk lebih tepatnya sekitar 80% dari total invoice. Sedangkan tenor atau waktu pengembaliannya berjalan selama 1 sampai dengan 3 bulan.

Akseleran

Akseleran sendiri merupakan salah satu fintech P2P lending. Bahkan juga sudah terdaftar di lembaga OJK sehingga aman dan dapat dipercaya untuk melakukan pinjaman. Kriteria peminjam juga tidak dibatasi bisa untuk usaha kecil, CV, PT, firma atau bisnis perorangan.

Jumlah maksimal dana pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa diperoleh antara Rp. 75 hingga Rp. 200 juta. Sedangkan lamanya waktu atau tenor untuk membayar yaitu minimal 1 sampai maksimal 24 bulan.

Peminjaman juga dilakukan secara online dengan suku bunga antara 6,48 % sampai 17% per tahun. Tetapi penentuan besarannya kembali pada keputusan pihak Akseleran. Perhitungan kelasnya berdasarkan pada analisa penyedia terkait resiko bisnis dan kelayakan usaha klien.

Modalku

Penyedia pinjaman berikutnya adalah masih dengan fintech P2P bernama Modalku. Fokus pelayanan yang diberikan adalah khusus bagi usaha atau pengembangan bisnis. Namun skalanya hanya untuk kecil dan menengah, tentu saja hal tersebut cocok dijadikan pilihan.

Penawaran pinjaman untuk modal juga dikerjakan secara online tanpa jaminan. Namun untuk wilayah cakupannya masih kurang luas. Di antaranya mulai daerah operasional Bogor, Jakarta, Bandung, Bekasi dan terakhir yaitu Surabaya.

Salah satu kelebihannya adalah adanya dua layanan pinjaman. Pertama dengan nominal Rp. 50 juta sampai Rp. 2 miliar memiliki tenor 3 sampai 24 bulan. Namun prosesnya cepat sekitar 4 hari kerja sedangkan kedua ada pembiayaan invoice untuk durasi hanya 15 hingga 90 hari saja.

OVO PayLater

Berikutnya adalah OVO PayLater dengan penyediaan cicilan online tanpa kartu kredit. Sedangkan keperluannya sendiri untuk pembayaran transaksi Tokopedia maupun merchant mereka yang lain. Bagi para pengusaha kecil bisa memanfaatkan media ini untuk pengembangan usahanya.

Salah satu poin plus dari OVO PayLater sendiri adalah tersedianya pinjaman tanpa jaminan. Proses pengajuannya juga praktis karena secara onine dan menggunakan syarat yang terbilang mudah. Lantas mengapa hanya cocok untuk usaha skala kecil alasanya yaitu pada limitnya.

Limit kecil tersebut akan diberikan pada masing-masing pemegang OVO. Jika berminat maka terdapat opsi pembayaan cicilan dengan tenor antara 3, 6 sampai 9 bulan. Pengusaha bisa memanfaatkannya layaknya kartu kredit yang notabene susah diperoleh perintis bisnis.

Home Credit Multiguna

Pihak lain yang dapat memberikan pinjaman secara online tanpa jaminan adalah Home Credit. Mereka merupakan sebuah perusahaan multifinance dengan penawaran pembiayaan multiguna. Jumlah dananya mulai dari yang terbesar yaitu 15 juta, 10 juta, 5 juta dan Rp. 3 juta.

Sedangkan tenor yang perlu diingat dengan durasi maksimal mencapai 42 bulan. Home Credit sendiri mempunyai salah satu produk bernama Dompet Online Mulitguna HCI atau disingkat DONA. Layanan terbaik bisa didapatkan terutama bagi pemilik usaha rintisan.

Namun sebelum mendapat dana perlu dilakukan pengisian tujuan untuk apa uang dipakai. Semua tinggal dikonfirmasi melalui pilihan yang tersedia dalam aplikasi. Baru kemudian memasukkan besaran atau plafon serta tenor, tentu saja prosesnya ringkas, praktis dan cepat.

BukaModal BukaLapak

Pasti sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal marketplace BukaLapak. Ternyata mereka memiliki salah satu layanan baru bernama BukaModal. Sesuai namanya tentu saja ditujukan bagi para pedagang atau pelapak yang ingin mengembangkan usaha toko online.

Jika mempunyai toko online di BukaLapak tentu hal ini merupakan solusi yang memudahkan. Pengusaha dapat melakukan pengajuan modal pinjaman berjumlah minimal Rp. 2 juta hingga Rp. 2 miliar. Sedangkan opsi pelunasannya cukup lama yaitu dari paling banyak 24, 18, 12, 6, dan 3 bulan.

Baca Juga: Cara Berjualan di Tokopedia

Dalam prosesnya persetujuan pinjaman dilakukan oleh mitra BukaLapak. Di antaranya yaitu Koinworks, Teralite, Bank Mandiri, Modalku dan Investree. Jadi pembayaran atau pelunasan sendiri ditujukan pada kelima lembaga atau pihak tadi.

Koinworks

Koinworks sendiri merupakan salah satu lending P2P yang telah terdaftar pada OJK. Tersedia pelayanan pinjaman untuk modal usaha berskala kecil ataupun menengah. Dana yang disediakan berkisar antara minimal Rp. 10 juta sampai maksimal mencapai Rp. 2 miliar.

Sedangkan opsi tenor paling lama 24 bulan dan untuk singkatnya yakni 6 bulan. Jika berminat tidak usah khawatir pada masalah suku bunga karena terhitung rendah yaitu 0,7% sampai 1,67%. Namun pada awal pengajuan juga dikenakan biaya lain untuk persetujuan antara 2% hingga 4%.

Terdapay juga biaya lainnya untuk digunakan sebagai asuransi jiwa yaitu 0,24%. Kemudian klien juga masih harus membayar administrasi sebesar Rp. 100.000. Memang untuk suku bunga terbilang rendah, namun ada tambahan beberapa poin tadi yang butuh pertimbangkan terlebih dahulu.

Jenius Flexi Cash

Bagi yang belum tahu baru-baru ini Bank BTPN muncul dengan Jenius. Kemudian juga mengeluarkan produk bernama Flexi cash. Jika memang terdaftar sebagai nasabah tentu tahu bahwa mereka beroperasi melalui aplikasi.

Jenius Flexi cash sendiri menawarkan pinjaman dana melalui aplikasi mereka. Uang tunai tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengembangan usaha. Jika pengajuan disetujui maka akan langsung dicairkan dan ditransfer kedalam rekening hanya dalam waktu 24 jam saja.

Tersedia plafon limit mencapai Rp. 50 juta dengan durasi cicilan untuk paling lama sampai 36 bulan. Masalah suku bunga cenderung umum yaitu antara 1% hingga 2% saja per bulan. Namun pengusaha perlu memenuhi syarat usia diatas 21 sampai 50 tahun dibuktikan dengan KTP dan berstatus WNI.

Pinjaman Modal Tokopedia

Terkesan tidak mau kalah dari Bukalapak dengan BukaModal. Tokopedia juga menyediakan produk pinjaman modal khusus untuk para pengusaha yang melakukan penjualan di platform mereka. Konsepnya mirip dengan menggandeng mitra dan lembaga berizin masalah tersebut.

Jika berminat proses yang perlu dilewati cukup menetukan besaran disertai tenor pinjaman. Kemudian akan ditampilkan daftar mitra penyedia. Tinggal memilih mana pihak dengan kecocokan serta benar-benar memberikan kemudahan.

Tokopedia sendiri telah banyak menggandeng mitra dengan total 24 perusahaan lainnya. Maka pilihan akan jadi lebih luas dan kelebihannya bisa lebih disesuaikan kebutuhan. Salah satu syarat pentingnya adalah mempunyai toko di platform berusia minimal 6 bulan serta penjualan baik.

Tunaiku

Tunaiku merupakan penyedia pinjaman yang bekerja secara online tanpa ada jaminan. Penawaran besaran dalam bentuk plafon juga terbilang besar yaitu mulai 5 juta, 10 juta hingga mencapai 20 juta. Secara konsep cukup berbeda jika dibandingkan dengan beberapa platform di atas.

Alasannya karena Tunaiku dikelola oleh sektor perbankan. Maka secara munculnya resiko dari pinjaman online yang kadang merugikan bisa diminimalisir. Selain itu ada perbedaan lainnya pada jumlah besaran pertama dimana lebih banyak ketimbang Paltform Fintech.

Selain berbicara mengenai besaran pertama yang berbeda antara minimal 5 juta dengan 3 juta. Masalah tenornya pun lebih menguntungkan peminjam dengan jangka 6 bulan. Tentu saja jika memutuskan memakai layanan Tunaiku bisa dijadikan alternatif lainnya.

Tips memilih Pinjaman Tanpa Jaminan

Setelah dibahas mengenai daftar diatas tentu ada banyak sekali rekomendasinya. Namun tidak semuanya bisa membawa hasil positif. Sebaiknya dilakukan pemilihan agar lebih sesuai dengan keadaan bisnis sehingga usaha yang dilakukan dengan pinjaman dapat makin bagus.

Pastikan bisa Dipercaya

Memastikan bahwa lembaga atau pihak penyedia tadi sudah memiliki nama besar. Selain berpengaruh pada kualitas layanan juga akan menghindari dari kecurangan yang menyebabkan justru merugi. Jika kebingungan bisa dilihat dari apakah mereka sudah terdaftar OJK.

Jika iya, hal tersebut merupakan tanda yang positif. Selain itu apabila memutuskan melakukan peminjaman di Koperasi pastikan juga terdaftar di kementrian terkait. Pengecekan detail informasi dapat dilakukan sendiri melalui situs resmi pemerintah.

Tetap Prioritaskan Penyedia Pinjaman Tanpa Jaminan

Memang tidak ada salahnya melakukan peminjaman modal pada bank. Namun juga harus siap dengan resiko yang akan ditanggung dengan adanya jaminan. Bayangkan saja jika rencana tidak berjalan lancar karena suatu hal tentu kerugian bahkan kebangkrutan sulit dihindari.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Maka sebaiknya tetap memprioritaskan penyedia pinjaman tanpa jaminan sebagai opsi pertama. Selain bisa lebih tenang ketika sudah mulai mengembangkan bisnis. Berbagai resiko buruk yang sewaktu-waktu bisa datang dapat diminimalisir dampaknya.

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan merupakan salah satu solusi tepat jika ingin mengembangkan bisnis namun terkendala dana, resiko terjadinya kerugian bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan