Presentasi Online

Website Pembuat Presentasi Online Gratis

Diposting pada

Berbicara di depan banyak orang haruslah berwibawa serta dapat menampilkan materi dengan baik. Hal itu haruslah didukung dengan slide yang menarik. Untuk itu cobalah menggunakan website pembuat presentasi online gratis agar hadirin tidak bosan.

Bahkan, beberapa platform pilihan memberi banyak kemudahan saat menggunakannya. Karena dilengkapi dengan berbagai macam fitur manarik.

Mengenal Presentasi

Mengenal Presentasi

Presentasi ialah kegiatan berbicara di depan orang tentang informasi tertentu. Dapat dilakukan secara online melalui aplikasi telewicara dan offline yaitu bertatap muka langsung. Dalam menyampaikannya diperlukan materi yang disajikan dalam bentuk softfile atau slide serta haandout berupa kertas.

Dalam slide terdapat berbagai informasi yang berupa gambar, tulisan, grafik, tabel, dan lain-lain. Untuk menampilkanya memerlukan tata letak menarik agar tidak membosankan. Maka dari itu, muncullah berbagai macam aplikasi hingga website pembuat presentasi online.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Blog Online

Berbagai website menyediakan fitur-fitur terbaik untuk membantu pengguna membuat materi presentasi terlihat profesional, menarik, serta canggih. Selain itu, kemudahan dalam menyimpan dan mengedit juga menjadi andalan masing-masing agar dapat digunakan dengan berbagai macam platform.

Macam-Macam Website Pembuat Presentasi Online

Jika Anda sudah bosan dengan template slide yang dipunya, tidak ada salahnya mencoba salah satu dari berbagai aplikasi presentasi online. Berikut beberapa informasi mengenai macam-macam website untuk mempercantik tampilan slide materi:

Canva

Canva

Canva adalah salah satu software yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi pada smartphone. Fungsinya tak hanya untuk mengedit untuk keperluan foto saja namun juga membuat slide presentasi. Dapat diakses secara gratis maupun berbayar dengan fitur beragam.

Cara menggunakan cukup mudah yaitu silahkan menuju ke website kemudian pilih daftar, create design presentation, dan pilih resolusi layar Anda agar saat ditampilkan tidak mengganggu. Tentukan template yang ingin digunakan serta jangan lupa disimpan. Materi tersebut juga dapat diedit kemudian hari.

Prezi

Prezi

Prezi menyediakan berbagai tools digunakan membuat slide baik secara online atau offline. Salah satu fitur andalannya ialah zoom in dan out yang dapat dimanfaatkan agar presentasi semakin berkesan. Terdapat dua versi yaitu berbayar atau gratis bagi pengguna umum.

Cara menggunakannya juga mudah yaitu dengan mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu dapat langsung membuat slide keinginan Anda. Pilih ‘new Prezi’ yang berupa template. Editlah sesuai kebutuhan dengan menambahka tulisan, gambar, grafik, dan lain-lain. Serta, jangan lupa untuk menyimpannya.

Google Slides

Google Slides

Pecinta Google dapat memanfaatkan layanannya untuk membuat materi presentasi yaitu Slides. Beberapa fitur unggulan ialah template, tata letak, animasi, impor video serta audio, maupun gambar. Selain itu dapat mengimport tautan dari berbagai jenis ekstensi seperti .ppt, .odp, dan lain-lain.

Cara menggunakan juga mudah dengan menuju ke Google Drive dengan memilih opsi New dan akan terlihat Slides di bagian bawah, lalu pilih template yang ingin digunakan. Silahkan berkreasi dalam membuat materi dengan memanfaatkan tools di dalamnya.

Slides

Slides

Slides merupakan website pembuat presentasi online dengan memanfaatkan reveal.js sebagai open source presentation framework. Dapat digunakan untuk mengedit CSS, revision history, transisi, serta memilki berbagai tema tersedia. Selain itu, bisa diakses dari smartphone juga laptop.

Diawali dengan masuk terlebih dahulu dengan akun, jika belum memiliki dapat mendaftar secara gratis. Kemudian, Anda dapat langsung menggunakan berbagai fitur di dalamnya untuk membuat dan mengedit slide materi.

Visme

Visme

Visme menyediakan tools untuk membuat presentasi, infografis, dan lain-lain. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengimpor video dari Youtube serta Vimeo. Berbagai fitur dapat dimanfaatkan seperti tema, grafik, charts, widget, banners, icons, automatic speel check bahkan mengedit secara online.

Masuk terlebih dahulu pada websitenya atau login jika sudah memiliki akun agar dapat mengakses berbagai fitur membuat presentasi online. Pilih opsi Create kemudian edit dan isi slide sesuai keinginan Anda. Jika sudah selesai, simpanlah serta siap untuk digunakan.

PowToon

PowToon

Tak hanya dapat digunakan untuk membuat presentasi namun juga video menarik. Daya tarik dari website ini ialah fiturnya yang interaktif sehingga memudahkan dalam mengoperasikan. Menyediakan banyak template secara gratis serta gambar berbentuk clip art.

Bergabunglah melalui websitenya agar dapat menggunakan fitur untuk membuat presentasi atau video secara menarik. Terdapat dua versi dari PowToon yaitu berbayar dan gratis dengan penambahan watermark pada slide Anda.

RawShorts

RawShorts

Jika Anda ingin mempresentasikan karya animasi atau video, gunakanlah RawShorts yang berbasis online video builder. Tersedia template dalam berbagai kategori termasuk pendidikan dan bisnis. Tak hanya itu, salah satu fitur canggihnya ialah terdapat voice over untuk versi Beta.

Login pada website RawShorts untuk mendapatkan kemudahan fitur-fitur membuat dan mengedit video untuk presentasi secara online. Dapat diakses secara gratis namun terdapat watermark atau berbayar dengan berbagai macam kelebihannya.

Haiku Deck

Haiku Deck

Haiku Deck memiliki lebih dari 35 juta gambar serta 6 tema yang dapat digunakan secara gratis dengan masuk ke website. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memasukkan gambar, grafik, serta diagram dari databasenya sendiri.

Terdapat dua versi Haiku Deck yakni gratis ataupun berbayar dengan layanan tambahan berupa tema serta gambar premium dari Getty Images dari iPad. Pengguna dapat membuat presentasi online gratis dalam berbagai tema yang menarik dan mudah dari smartphone maupun laptop.

Zoho Show

Zoho Show

Zoho Show memiliki konsep seperti Google beserta isinya seperti Docs, Excel, Slides, dan lain-lain. Pengguna dapat masuk dengan akun Zoho untuk mengakses semua layanan tersebut termasuk membuat slide presentasi.

Zoho Show memiliki berbagai fitur seperti user interface yang menarik, animasi serta transisi slide diatur secara halus, chatting secara real time, terhubung internet dengan mudah, dan lain-lain. Pengguna dapat membuat serta mengedit slide presentasi melalui berbagai platform berbasis iOs, Android, juga PC.

Emaze

Emaze

Emaze memiliki keunggulan yang tidak dimiliki website pembuat presentasi online gratis lainnya yaitu menggunakan sistem 3D sebagai transisi slide sehingga tidak berbentuk seperti buku. Tak hanya itu, pengguna juga dimanja dengan video efek saat penayangan materi.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu login terlebih dahulu agar dapat mengakses 3 presentasi, 5 website, serta blog, e-card, dan album foto tak terbatas secara gratis. Selain itu, pengguna juga dapat menyisipkan foto, video, audio, infografis, tabel, grafik, bahkan file PowerPoint ke dalam proyek Emaze.

Live Presentations

Live Presentations

Sesuai dengan namanya, Live Presentations akan membantu pengguna untuk membuat slide presentasi dengan mudah secara online. Cara kerja website ini hampir sama dengan PowerPoint milik Microsoft dengan fitur pilihan perpindahan slide, tema, pengaturan font, sisipan gambar, audio, video, dan lain-lain.

Salah satu keunggulan website ini ialah mudah untuk digunakan bahkan oleh orang awam dengan membuat presentasi secara online sekalipun. Cara menyimpan pun juga mudah serta dapat menggunakan ekstensi populer seperti .ppt.

Presentation Magazine

Presentation Magazine

Presentation Magazine adalah website yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam membuat slide materi dengan menyediakan berbagai macam template mulai dari formal hingga nonformal seperti bertema binatang peliharaan.

Baca Juga: Website Untuk Tes Kecepatan Mengetik Gratis

Cara mengaksesnya cukup mudah yaitu mengunjungi laman Presentation Magazine kemudian akan muncul berbagai tema template siap edit. SIlahkan pilih dan akan muncul opsi download dengan ekstensi .pptx. Anda pun sudah dapat mengedit slide pilihan melalui aplikasi PowerPoint dari Microsoft.

ALPPT

ALPPT

ALPPT merupakan website penyedia ribuan template untuk presentasi yang kemudian dapat diolah melalui aplikasi PowerPoint milik Microsoft. Pengguna dapat mengunjungi websitenya untuk mendownload sesuai keinginan.

Setelah terdownload dapat secara otomatis digunakan untuk membuat slide presentasi dengan mengedit tulisan serta menambahkan hal-hal lain seperti gambar, audio, dan video. Ukuran per tema termasuk kecil sehingga meski mengunduh ribuan pun tidak masalah.

Swipe

Swipe

Swipe memberikan layanan pembuat presentasi secara online dengan mudah. Hasil slide materi dapat dikonversi dalam bentuk PDF sehingga memudahkan Anda yang ingin mencetaknya sebagai handout bagi peserta atau audiens.

Cara mengaplikasikannya ialah dengan melakukan login atau sign up terlebih dahulu. Sebagai masa trial dapat mencoba selama 5 kali pembuatan. Jika masih tertarik untuk menggunakan maka dapat membayar secara bulanan dengan berbagai fitur berakses tidak terbatas.

Desygner

Desygner

Website pembuat presentasi selanjutnya ialah Desygner yang dapat diakses melalui website. Berisi berbagai macam template konten grafis beserta fitur pengaturan pada jenis, ukuran, dan warna huruf. Tak hanya itu, pengguna dapat menambahkan gambar, teks, audio serta mengedit dari laman online ini.

Kelebihan dari Desygner ialah seluruh gambar di dalamya bersifat gratis sehingga dapat digunakan baik untuk komersil maupun pribadi. Selain itu, memiliki pilihan cukup banyak jadi dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Dapat ditemukan dalam bentuk aplikasi agar mudah diakses melalui smartphone.

Videoscribe

Videoscribe

Website ini memberikan alternatif menarik bagi Anda yang ingin menampilkan materi dengan animasi whiteboard style secara mudah. Memiliki sekitar 1000 gambar dengan free-royalty, huruf, audio, dan lain-lain. Pengguna juga dapat menambahkan gambar milik sendiri, voiceovers, serta branding.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengguna dapat menikmatinya dengan membayar secara bulanan dan dapat mencoba gratis melalui free trial program. Mengusung konsep menarik, beberapa orang pun tak enggan menggunakan jasa website pembuat presentasi ini.

SlideShare

SlideShare

Di website SlideShare, pengguna dapat mengunduh serta mengunggah berbagai materi baik dalam bentuk word atau presentasi. Meski tidak dapat melakukan pembuatan secara langung, namun laman ini menyediakan berbagai inspirasi dalam pembuatan slide materi.

Pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu yang dapat disambungkan dengan sosial media seperti Facebook atau email agar dapat menggunakan website secara maksimal. Proses pengunduhannya pun cepat serta menyediakan berbagai referensi dalam ragam bahasa sesuai kebutuhan.

TemplatesWise

TemplatesWise

Sama seperti ALPPT dan Presentation Magazine, TemplatesWise juga menyediakan berbagai macam template untuk slide presentasi Anda. Tak hanya itu, terdapat beberapa icon, gambar, diagram, grafik, serta audio tambahan untuk melengkapi kebutuhan materi.

Cara menggunakan juga mudah yaitu dengan menuju ke website kemudian unduh template dan tambahan lainnya sesuai kebutuhan. Setelah terdownload dapat langsung digunakan untuk membuat slide presentasi.

SlideDog

SlideDog

SlideDog merupakan website pembuat presentasi yang memberikan fitur kemudahan dalam menambahkan gamba dan video dari PDF, laman online, power point, bahkan mengimport dari akun Prezi. Dapat digunakan oleh siapa saja karena pengaplikasiannya cukup mudah.

Menggunakan sistem online sehingga dapat digunakan untuk presentasi secara real time dengan keunggulan memberikan ruang untuk saling bertanya antara pemateri dan audien, berkomentar secara tertulis, serta melakukan polling.

Tips Memilih Website Pembuat Presentasi Online Gratis

Tips Memilih Website Pembuat Presentasi Online Gratis

Di zaman serba canggih ini, semakin mudah untuk melakukan berbagai hal termasuk salah satunya membuat presentasi secara online. Terdapat berbagai website serta aplikasi penyedia layanan pembuat slide namun bagaimana cara memilih yang tepat?

Penggunaan yang Mudah

Tidak semua pembuat materi presentasi dapat membuat slide dengan apik meskipun sudah menggunakan website atau aplikasi tertentu. Maka, lebih baik yang pengoperasiannya gampang dimengerti sehingga dapat digunakan siapa saja.

Jika penggunaan terlalu ribet pastinya menyusahkan saat hendak menggunakan terutama saat sedang mengedit slide presentasi Anda. Pastikan website tersebut menyediakan fitur rubah yang mudah serta dapat diakses baik secara online maupun offline.

Biaya Terjangkau

Beberapa website memiliki harga tertentu jika ingin mendapatkan fitur premium seperti misal tanpa watermark, akses pada template maupun gambar tak terbatas, dan lain-lain. Meski begitu, untuk pengguna baru dapat mencoba free trial selama beberapa kali penggunaan sebagai percobaan.

Namun, tak sedikit pula, website yang menyediakan layanan pembuatan presentasi secara gratis seperti Google Slides dan Canva. Meski begitu, kualitasnya pun tidak kalah serta masih menyajikan fitur-fitur canggih dalam membuat slide apik serta menarik.

Memiliki Review Baik

Sebelum memilih website pembuat presentasi ada baiknya untuk mencari review terlebih dahulu agar tidak salah pilih. Beberapa orang akan merekomendasikan laman terbaik untuk dicoba baik secara gratis maupun harus membayar. Dengan begitu akan mendapatkan hasil terbaik.

Anda bisa mencari review melalui internet atau orang-orang sekitar yang pernah menggunakan website pembuat presentasi online. Pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan bukan hanya sekedar mendengar opini dari orang lain.

Memiliki Interface Ramah

Carilah website pembuat presentasi dengan tampilan simple serta memberikan instruksi jelas. Hal ini memudahkan Anda dalam mengoperasikannya serta menghemat waktu untuk mengerjakan slide. Carilah melalui halaman depan dari laman.

Jika terlalu banyak tab namun tidak memberikan informasi yang jelas tentu saja membingungkan pengguna. Maka, carilah website dengan penjelasan mengenai fitur-fiturnya secara singkat. Lebih baik lagi jika menyediakan free trial agar bisa dicoba terlebih dahulu.

Menyediakan Aneka Fitur

Fitur dari website pembuat presentasi tentu menjadi salah satu alasan dalam memilihnya. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan misal jika ingin membuat materi dengan audiens anak muda maka gunakan yang menyediakan layanan menarik seperti PowToon.

Selain itu, website pembuat presentasi juga bersaing dalam hal fitur maka dari itu tak ada salahnya untuk mencoba beberapa dan kemudian memilih yang terbaik. Meski memakan banyak waktu, namun Anda akan menemukan sesuai kebutuhan.

Saat menampilkan materi di depan audiens pastinya membutuhkan slide menarik agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Berbagai tools dapat digunakan seperti website atau aplikasi presentasi online maupun offline.

Baca Juga: Web Browser Terbaik Untuk Browsing

Demikianlah tulisan mengenai website pembuat presentasi online gratis dengan berbagai macam pilihan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pengoperasiannya. Pastikan pula tidak terlalu berlebihan dalam menampilkan materi agar tak terlihat rumit serta membingungkan.

Tinggalkan Balasan