Prospek Kerja Lulusan Jurusan Psikologi

Prospek Kerja Jurusan Psikologi
04Apr, 2020

Anda ingin bekerja sebagai HRD di perusahaan besar? Untuk bisa masuk kesana tentu dibutuhkan kiat – kiat khusus agar lolos. Salah satunya yakni memilih jurusan yang tepat ketika masuk kuliah nanti. Di bawah ini ada beberapa penjelasan untuk yang ingin melihat bagaimana prospek kerja lulusan jurusan psikologi.

Tentang Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

Psikologi adalah salah satu ilmu yang mempelajari kejiwaan seseorang, termasuk dengan perilakunya dalam kehidupan sehari – hari. Tidak hanya itu saja, ilmu ini juga menjadi turunan dari social science. Karena di dalamya terdapat beberapa macam turunan seperti psikologi klinis, sosial, perkembangan industri dan lain sebagainya.

Banyak orang beranggapan mempelajari jurusan psikologi akan mendapatkan pekerjaan di rumah sakit jiwa untuk merawat orang gila. Namun kenyataannya tidak seperti itu, melainkan hanya mempelajari bagaimana kejiwaan dan perilaku orang – orang tersebut.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta

Psikologi dalam sejarahnya berasal dari filosofi yang mempelajari keberadaan manusia dari perilaku dan berbagai macam tipe kepribadiannya. Kemudian dalam perkembangannya ilmu ini dengan cepat dan kolaborasi dengan ilmu lain seperti neurologi (berasal dari dunia medis).

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Macam – Macam Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Buat Anda yang sudah lulus kuliah psikologi dan bingung memilih pekerjaan, di bawah ini ada beberapa penjelasan karir dan peluang kerja lulusan psikologi khusus tentang berbagai macam profesi menarik melalui daftar poin – poin jurusan psikologi berikut. Di antaranya adalah :

Menjadi Psikolog

Jurusan Psikplogi bisa menjadi seorang psikologi. Profesi ini merupakan jenis profesi khusus untuk mengatasi atau membantu gangguan mental manusia dengan cara riset mendalam mengenai masalah – masalah yang sering menimpa seseorang tersebut secara terus menerus. Lalu mengobatinya dengan diskusi panjang, bukan melalui medis seperti memakai obat – obatan.

Saat ini banyak ditemukan orang – orang yang kesehatan mentalnya rapuh, lemah dan butuh bantuan. Salah satu caranya yakni dapat menghubungi para psikolog di rumah sakit atau klinik terdekat untuk menyelasaikan semua masalah tersebut. Karena kalau telat sedikit saja dapat membuat seseorang stress dan ingin bunuh diri.

Menjadi Psikiater

Ilmu yang satu ini merupakan prospek kerja bagi profesi dokter dengan memiliki spesialisasi untuk diagnosis dan mengatasi gangguan mental atau emosional seseorang. Psikiater tersebut dapat mengatasi masalah jiwa ringan, medium hingga berat.

Prospek kerja lulusan psikologi yang satu ini cocok bagi Anda yang berasal dari dunia kedokteran dan ingin mempelajari lebih dalam dari dunia psikologi. Karena ilmunya membuat sebuah perspektif baru tentang gangguan mental yang bisa diatasi dengan minum obat – obatan tertentu atau menjalani terapi khusus seperti Farmakoterapi.

Menjadi Human Resource Development

Jenis prospek kerja psikologi ini menjadi salah satu pilihan favorit para mahasiswa fresh graduate jurusan psychologhy ketika mencari sebuah pekerjaan impian. Karena tugasnya sebagian besar mengecek bagaimana kondisi mental dan kepribadian seseorang.

Tak hanya itu saja, untuk dapat menjadi seorang HRD banyak perusahaan menginginkan calon kandidat yang dapat menjadi garda terdepan dalam hal rekrutmen baru, mengurus gaji dan operasional, pengembangan performa manajemen, development hingga melakukan training sebagai bentuk pengembangan diri karyawan.

Menjadi Dosen Psikologi

Syarat utamanya adalah Anda harus bersekolah atau kuliah lagi untuk mengejar gelar S2. Karena untuk menjadi seorang dosen tidak boleh hanya mengandalkan ijazah S1. Sebab akan dianggap kurang relevan terkait dengan penyampaian materi dan ilmu dalam hal pembelajaran ke para mahasiswa baru.

Menjadi dosen nantinya juga akan memfokuskan diri mempelajari ilmu psikologi lain. Misalnya fokus mengajar atau memberi materi perkuliahan tentang social psychologhy kepada mahasiswa untuk membahas dan menjadikan hubungan manusia dengan kelompok tertentu sebagai alat untuk menganalisis.

Menjadi Konselor

Jenis prospek kerja psikologi menjadi konselor yang satu ini mempunyai spesifikasi untuk membantu atau memberikan konseling ke klien. Yakni dengan cara memberikan solusi terbaik ketika perusahaan mendapatkan masalah terkait kesehatan mental para karyawannya, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Prospek kerja ini dapat membuat Anda bekerja secara full time maupun freelance atau tidak terikat dengan perusahaan. Lalu juga bisa membuka praktek sendiri dan mendirikan kantor jasa konselor. Biasanya, company mencari seorang konselour untuk dapat meningkatkatkan kualitas diri dan push up profesionalitas para karyawan tersebut.

Menjadi Guru Bimbingan Konseling

Merupakan salah satu cara pilihan ketika Anda ingin memberikan konseling ke sekolah – sekolah seperti pada tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Tugasnya sendiri yakni menjadi penengah atau pembimbing ketika terdapat masalah seperti perkelahian antar siswa dan lain – lain.

Menjadi guru yang memberikan bimbingan konseling kepada para siswa dapat menjadi step awal dalam rangka menjadi seorang psikolog sebenarnya. Sebab masalah yang dihadapi sering kali sama dan cara mengatasinya pun dengan metode face to face tanpa meminum obat – obatan atau terapi tertentu.

Menjadi Terapis Kesehatan Mental

Tugas utama dari pekerjaan ini adalah memberikan perhatian khusus kepada anak – anak yang mengalami keterbelakangan mental. Misalnya seseorang yang menderita autis. Terapis harus mampu untuk mengembangkan dan memperhatikan perkembangannya. Kemudian juga harus lebih sabar menghadapi hal tersebut.

Menjadi terapis merupakan salah satu prospek kerja yang paling banyak dicari saat ini. Karena membutuhkan keuletan dan kesabaran tingkat tinggi dalam bekerja. Biasanya mendapatkan gaji sangat besar. Mencapai sekitar 50 juta lebih untuk merawat 1 anak saja setiap bulannya.

Menjadi RnD

Kemudian prospek lainnya yakni melalui Research and Development. Jenis profesi ini bertugas untuk melakukan riset mendalam terkait dengan pengembangan suatu produk baru. Misalnya memperhatikan perilaku konsumen dalam hal menggunakannya, menganalisis target market, demografi, tingkat kepuasan hingga efek penggunan dari produk tersebut.

Kemudian setelah proses tersebut, data akan diolah untuk mengetahui hasil akhirnya. Karena tingkat kesuksesan suatu produk dapat dilihat dari cara RND meneliti sebuah data. Tidak hanya itu saja, juga dapat digunakan sebaga tolak ukur kepuasan konsumen sesuai dengan target market awal.

Menjadi Trainer

Jenis pekerjaan yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan motivasi atau pelatihan khusus kepada karyawan suatu perusahaan. Hal tersebut terkait dengan meningkatkan kualitas diri agar pekerjaan yang dilakukan dapat selesai dengan cepat dan tepat.

Biasanya, perusahaan memberikan gaji sesuai dengan hitungan jam seorang trainer tersebut ketika melakukan pekerjaannya. Misalnya, dalam sehari trainer memberikan konsultasi selama 5 jam.

Tarif yang berlaku bukan dihitung per hari atau bulan, melainkan dari banyaknya hitungan dan kelas yang diambil dalam rangka pengembangan diri karyawan.

Menjadi Translator Buku

Kemudian prospek kerja selanjutnya adalah memberikan Anda kebebasan untuk menerjemahkan buku – buku psikologi berbahasa asing atau Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Agar para pembacanya nanti dapat mengerti maksud pembuatan buku tersebut dengan baik.

Karena sejatinya istilah – istilah dalam dunia psikologi ini berasal dari bahasa latin atau asing yang dalam penggunaannya perlu untuk diterjemahkan artinya. Selain itu, latar belakang menjadi mahasiswa jurusan psikologi ini juga penting sebagai bentuk kredibilitas dari sebuah buku terjemahan.

Menjadi Penulis Buku atau Jurnal Kredibel

Peluang kerja jurusan psikologi selanjutnya adalah menjadi penulis buku atau jurnalis. Pekerjaan ini dapat menjadi prospek bagus ke depannya karena peluangnya sangat besar. Apalagi jika penulisnya adalah seorang psikolog yang sudah berpengalaman lama di bidangnya.

Seperti dari ahli psikolog luar negeri yang berlomba – lomba untuk membuat buku dalam rangka penyampaian informasi baru mengenai perkembangan dunia psikologis.

Jika Anda seorang psikolog, dapat menulis sebuah buku juga yang isinya mengenai perkembangan ilmu – ilmu baru atau mempelajari studi kasus tertentu. Karena di luar sana ada banyak contoh permasalahan yang sampai saat ini sulit untuk dicari asal – usulnya. Apalagi kalau topiknya sangat sensitif seperti bagaimana proses seorang laki – laki menjadi gay, homoseksual dan lain – lain.

Menjadi Pembimbing Di Sekolah Kepribadian

Jenis pekerjaan yang satu ini harus minimal lulusan S2 ketika mengajar atau membimbing para siswanya. Cara kerjanya yakni menawarkan kemampuan untuk melatih pengembangan diri siswa atau mahasiswa dengan cara meningkatkan rasa kepercayaan diri. Biasanya, sekolah seperti ini banyak ditemui di luar negeri seperti pada Negara Jepang, Korea, Inggris dan lain – lain.

Kemudian Anda bisa menetapkan sistem atau metode pembelajaran dengan tepat bagi para siswa. Pekerjaan seperti ini biasanya mendapatkan gaji disesuaikan dengan instansi tempat Anda bekerja. Umumnya, untuk sekolah negeri menawarkan lebih tinggi. Namun benefit selain gaji lebih banyak dari lemabaga swasta karena pengeluaran atau penggajiannya tidak menunggu dari kantor pusat.

Pengertian Psikologi Menurut Beberapa Ahli

Terdapat beberapa arti dari berbagai pakar psikolog terkemuka mengenai ilmu ini. Karena perkembangannya terus meningkat setiap waktu dan juga selalu ada tambahan atau keterkaitan dengan hal – hal baru. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Pengertian Psikologi Menurut Aristoteles

Pengertian Psikologi menurut Aristoteles adalah ilmu yang mempelajari keadaan jiwa seseorang mulai dari proses awal hingga akhir. Misalnya ketika seseorang mendapatkan masalah, langkah awal dari psikolog biasanya menanyakan hal – hal terkait dengan menggunakan teknik 5W + 1H. Intinya yakni kapan, dimana, dengan siapa, mengapa hingga bagaimana kondisi mental individu tersebut.

Hal tersebut berguna agar para psikolog dapat mengetahui permasalahan dengan lebih detail dan menentukan opsi terbaik kepada pasiennya. Biasanya membuka praktek sendiri atau dapat ditemukan di rumah sakit atau klinik terdekat pada kota Anda.

Pengertian Psikologi menurut Mr. Wundt Wilhem

pengertian psikologi menurut Mr. Wundt Wilhem adalah Merupakan jenis ilmu yang dapat dipelajari melalui pengalaman – pengalaman dalam diri manusia. Misalnya keinginan, kehendak, pikran, perasaan, dan lain – lain. Karena manusia seringkali bertindak sesuai insting untuk menuruti semua keinginannya. Dalam hal baik maupun buruk sekalipun.

Jika seseorang mempunyai kesehatan mental yang baik tentu hasilnya akan sama. Begitupun dengan sebaliknya. Ketika Anda merasa mengalami insecure atau gangguan tidur seperti selalu insomnia setiap malamnya, dapat menghubungi jasa psikolog untuk menyelasaikan semua masalah. Semua cerita Anda akan terjamin kerahasaiannya dan tidak akan bocor.

Pengertian Psikologi Menurut Bruno

pengertian psikologi menurut Bruno adalah suatu macam ilmu sebagai bentuk pembelajaran aktivitas dari seseorang mulai dari kecil atau dalam kandungan hingga menjadi tua dan meninggal. Kegiatan yang dimaksud adalah interaksi dengan alam sekitar. Karena psikologi sendiri merupakan ilmu abstrak yang penjelasannya sukar dimengerti oleh orang awam.

Selain itu, ilmu psikologi ini dapat dijadikan sebagai stimulasi social sebagai bentuk menunjukkan kemampuan diri seseorang atau individu tersebut dengan cara mengesankan dan bertujuan untuk menghasilkan impresi yang baik atau positif terhadap sesama manusia maupun alam sekitarnya.

Pengertian Psikologi Menurut Crow

pengertian psikologi menurut Crow adalah salah satu hal dasar dalam mempelajari perilaku manusia. Yaitu dapat diteliti mulai dari pola interaksi dengan dunia sekitar. Seperti cara bersosialisasi dengan sesama manusia atau hewan, kebudayaan, cuaca dan lain sebagainya.

Ketika seseorang sering bertemu dengan orang atau suka bersosialisasi dapat dikategorikan mempunyai kepribadian terbuka. Lalu jika dalam berbicara tidak menggebu-nggebu dan semua kalimat keluar dengan jelas, maka dipastikan individu tersebut merupakan pribadi yang terbuka dan tenang saat mengalami atau menghadapi sebuah masalah.

Pengertian Psikologi Menurut Ruch

Pendapat pengertian psikologi menurut Ruch adalah menjelaskan tentang kehidupan manusia. Namun, penjelasannya kurang spesifik dan sangat umum. Oleh karena itu, para pakar tersebut mengumumkan bahwa psychologhy merupakan turunan dari ilmu biologi dan sosial.

Karena dalam mempelajari pelaku atau perilaku manusia seringkali para psikiater mendiagnosis kejiwaan seseorang menggunakan sistem medis seperti memberi obat – obatan atau melakukan terapi tertentu untuk menyelasaikan masalah. Sedangkan psikolog hanya membutuhkan rasa saling pengertian dan percaya satu sama lain.
Dasar Ilmu dalam Jurusan Psikologi

Dalam perkembangannya, seringkali ilmu ini mendapatkan berbagai reaksi negatif dari masyarakat. Misalnya sebagai bentuk untuk menghipnotis orang, mendeteksi kebohongan, menipu dan lain – lain. Selain itu, juga memandang kesehatan mental seseorang merupakan sebuah gangguan jenis baru.

Namun semua hal tersebut salah besar karena sebenarnya ilmu ini mepelajari perilaku dan kesehatan jiwa seseorang. Kemudian jika nantinya ada gangguan, masalah tersebut dapat diatasi melalui psikolog atau psikiater di rumah sakit maupun klinik terdekat.

Kemudian, dalam psikologi yang menjadi ilmu dasarnya adalah matematika. Karena proses menyelesaikan masalah menggunakan riset mendalam. Lalu cara penelitiannya sendiri bergantung pada statistika yang wujudnya nanti adalah sebuah data.

Manfaat yang Diperoleh dalam Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Terdapat beberapa benefit dapat Anda peroleh dari mempelajari ilmu psikologi ini. Di antaranya adalah pertama, mampu untuk menganalisis kemampuan dan permasalahan diri sendiri. Misalnya dapat meningkatkan skill interpersonal ketika bertemu dengan orang lain. Juga bisa menjadi nilai positif ketika Anda mengalami wawancara kerja.

Kemudian yang kedua adalah dapat dengan mudah mengolah data dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif. Ketika Anda bekerja sebagai Human Resource Development atau Research ND tentu membutuhkan skill ini untuk membaca dan menganalisis laporan perusahaan agar nantinya menyasar ke target market yang tepat.

Lalu yang ketiga ini yakni mampu untuk membuat program atau modul pembelajaran. Hal tersebut digunakan untuk mempelajari tingkah laku atau perilaku manusia terkait dengan pelatihan kebutuhan tertentu. Seperti meningkatkan motivasi dalam bekerja, melatih fisik serta kemampuan diri dengan spesifik dan lain – lain agar tujuan dapat dicapai.

Saat ini banyak perusahaan meng-hire calon karyawan yang sesuai dengan jurusan kuliah yang ditempuh. Apalagi kalau Anda ingin melamar menjadi seorang Psikolog atau HRD. Karena prospek kerjanya sangat bagus dan mempunyai peluang tinggi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Demikian informasi mengenai 12 macam prospek kerja lulusan jurusan Psikologi terakurat dan terpercaya. Bagi Anda yang ingin mengejar salah satu jenis pekerjaan di atas, sebaiknya persiapkan diri dengan matang. Semoga infonya bermanfaat ya! Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *