Ingin Trafik Website Berlimpah? Kuasai Pengertian Seo On Page Dan Off Page dengan Benar

By | 14 November 2021

Ketika Anda mulai mempelajari lebih dalam tentang optimisasi mesin pencari atau SEO, Anda mungkin akan akrab dengan istilah optimasi SEO on-page dan off-page. Namun, apa artinya dan bagaimana mengimplementasikannya ? Kedua istilah itu sangat vitas peranannya di dunia pemasaran digital. Pada artikel ini kami akan menjelaskan pengertian seo on page dan off page serta cara menjalankannya ke dalam situs web Anda.

Pengertian Seo On Page Dan Off Page

Apa Pengertian SEO On Page?

SEO On Page adalah sebuah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari. SEO On Page menganalisa apa yang dicari audiens dan memastikan bahwa situs web kita dapat dijangkau oleh mesin pencari. SEO On Page pada akhirnya adalah apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan lalu lintas organik situs web Anda dengan fokus utama optimalisasi pada situs kita sendiri.

Apa Pengertian SEO Off Page?

SEO Off Page adalah sebuah proses mengoptimalkan situs web yang dilakukan lakukan di luar situs web Anda untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari. Ketika Anda berbicara tentang SEO Off Page, hal pertama yang terlintas adalah membangun tautan atau backlink. Namun karena konsep yang sangat luas,  SEO Off Page pada dasarnya tak hanya berkutat pada hal tersebut.

Diatas adalah pengertian seo on page dan off page, selanjutnya kita akan mempelajari teknik – teknik untuk mengimplementasikan keduanya ke situs web Anda. Dengan kondisi dimana Google yang terus memperbarui algoritmanya, maka hal-hal yang akan dijelaskan juga memiliki kemungkinan untuk berubah di masa mendatang. Satu hal yang mungkin tidak akan berubah adalah kenyataan bahwa optimasi mesin pencari akan selalu didasarkan pada pengalaman pengguna dan interaksi mereka dengan situs web yang dikunjungi.

Baca Juga: Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli dan Contohnya

Optimasi SEO On Page

1. Meminimalisir Masalah Teknis

Sebelumnya kita wajib mengetahui hal – hal seperti target pemirsa yang akan mengunjungi situs Anda dan konten apa mereka sukai, situs berkualitas yang dirancang untuk pengalaman pengguna, cara membuat pengunjung kembali mengunjungi dan membagikan situs web Anda. Dari situ jelas harus ada hubungan antara situs dan penggunanya.

Untuk mencapai hal tersebut yang juga sesuai dengan pengertian seo on page dan off page, pertama – tama pengunjung harus melihat situs Anda di hasil penelusuran sehingga mereka dapat menemukan situs Anda. Dengan demikian, situs harus dapat dirayapi oleh bot Google dengan cara berikut ini :

  • Pastikan meta tag memungkinkan bot untuk merayapi halaman Andaa. Jika Anda menggunakan tag noindex dan nofollow maka bot Google tidak akan merayapi halaman dan halaman ini tidak akan ada di hasil pencarian.
  • Periksa file robot.txt. Ingat, dalam file ini Anda akan menunjukkan kepada Google Bots halaman yang tidak ingin Anda cantumkan di hasil pencarian. Ini memiliki maksud yang kurang lebih sama dengan meta tag, namun dengan metode yang berbeda.
  • Tambahkan semua URL yang ingin ditampilkan dalam hasil pencarian ke dalam file XML sitemap.

Juga jangan lupa untuk melakukan audit teknis situs dengan menggunakan tools SEO seperti Google Analytics, Google Search Console atau DeepCrawl secara berkala. Hal ini berguna untuk memimalisir kesalahan teknis yang mungkin terjadi.

2. Jangan Abaikan Sertifikasi SSL

SSL adalah sertifikat yang memastikan komunikasi yang aman antara situs dan pengunjung. Sertifiikasi ini memastikan navigasi situs yang aman bagi pengguna dengan mengenkripsi informasi pribadi penting seperti informasi kartu kredit, kata sandi, atau data rahasia apa pun.

3. Integrasi Schema Markup dan Featured Snippet

Perhatikan penggunaan Schema Markup di halaman. Struktur data markup dilakukan dengan mengintegrasikan tag yang relevan ke dalam HTML. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi meta bot pencarian konten dari situs. Anda juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk tampil sebagai rich snippet di halaman hasil pencarian dengan menambahkan kode snippet yang disediakan oleh Google. Kedua hal diatas sejalan dengan pengertian seo on page dan off page.

4. Tautan Internal

Tautan internal memudahkan bot untuk merayapi antar halaman. Ini juga akan menegaskan hubungan antara halaman satu dengan halaman lain di situs Anda. Sebagai catatan, pengguna cenderung meninggalkan sebuah halaman ketika mereka mengklik tautan ketika membuka halaman yang tidak relevan. Oleh karena itu, buatlah tautan halaman serelevan mungkin untuk memudahkan pengunjung.

5. Tingkatkan Pengalaman Pengunjung Situs

Desain web responsif adalah sebuah kewajiban, apalagi jika pengunjung situs didominasi oleh pengguna seluler daripada pengguna desktop. Google mengumumkan bahwa mereka telah mulai membuat pengindeksan mobile-first sejak Maret 2018. Oleh karena itu, jika situs Anda memiliki pengalaman pengguna seluler yang baik dalam hal desain, teknis dan kontekstual, dan lainnya maka situs tersebut akan diindeks lebih cepat daripada situs lain dan mencapai apa yang ada dalam pengertian seo on page dan off page.

Optimasi SEO Off Page

Setelah memahami tentang pengertian Seo On Page dan Off Page serta optimasi Seo On Page, selanjutnya kita belajang tentang langkah – langkah optimasi SEO Off Page sebagai berikut :

1. Backlink

Google mencoba mencari tahu kualitas dan relevansi konten pada setiap tautan yang di terima sebuah situs. Jika sebuah situs memberikan backlink ke situs Anda dengan query yang tepat dan membahas konten yang relevan maka itu akan membuat Google memberikan nilai halaman tersebut dengan lebih baik.

Itu tentu akan meningkatkan kemungkinan halaman Anda dimunculkan dalam query penelusuran yang relevan. Namun fokus pada backlink berkualitas hanya untuk meningkatkan peringkat SERP saja tidak cukup. Dalam SEO, seperti dijelaskan di pengertian seo on page dan off page hal terpenting adalah membuat audiens yang ditargetkan mengunjungi konten yang tepat di situs yang tepat.

2. Kirim Newsletters

Dengan kebijakan privasi data yang diperbarui, jumlah pengguna yang berlangganan newsletters akan berkurang. Namun tetap Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda masih memiliki Newsletters. Tidak masalah dengan daftar anggota yang kecil, setiap pengguna yang relevan merupakan sesuatu yang sangat baik untuk situs web Anda. Anda dapat membuat newsletters mingguan atau bulanan dengan menulis konten pendek lalu menambahkan tautan ke dalamnya.

3. Buat Akun Google Bisnisku

Anda harus memiliki akun Google Bisnisku jika Anda memiliki toko lokal dengan alamat asli dan kode pos. Ibaratkaan Google Bisnisku sebagai saluran media sosial di Google dimana Anda dapat berbagi konten tentang berbagai topik.

4. Konten Bersponsor

Konten bersponsor juga merupakan salah satu cara mendaptkan backlink yang layak untuk situs web Anda. Namun pastikan situs tempat konten yang diterbitkan adalah platform yang dijelajahi oleh audiens target Anda.

5. Berbagi di Media Sosial

Medsos seperti Quora, Twitter, dan Facebook adalah sebuah saluran pemasaran yang baik untuk membagikan tautan. Jika interaksi Anda di medsos tinggi, bagikan halaman yang ingin Anda soroti di bawah pos yang relevan.

SEO on page dan off page terus berkembang dari hari ke hari. Pengertian seo on page dan off page serta cara mengimplementasikan ke dalam situs web Anda  diatas dapat membantu Anda membenahi masalah SEO di situs Anda. Pada akhirnya pengalaman pengguna merupakan hal pertama yang wajib menjadi fokus utama.

Tinggalkan Balasan