Susu Kucing

Rekomendasi Susu Kucing Terbaik

Diposting pada

Sebagaimana manusia, kucing juga membutuhkan nutrisi, terutama jika dalam masa pertumbuhan. Rekomendasi susu kucing yang ideal akan membuat kucing tumbuh sehat dan aktif. Siapa pun ingin hewan peliharaannya bergerak lincah serta tumbuh dengan baik.

Seperti halnya kebutuhan makanan yang berkhasiat, susu untuk kucing juga harus diperhatikan. Karena setiap produk susu kucing memiliki kriteria yang berbeda dan khasiat yang beragam. Sehingga Anda harus memilih susu dengan nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk kucing kesayangan.

Cara Memilih Susu yang Baik Untuk Kucing

Cara Memilih Susu yang Baik Untuk Kucing

Selain dibutuhkan sebagai penunjang untuk kesehatan kucing, susu juga sangat penting untuk kucing dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga: Vitamin Kucing

Untuk kucing kesayangan, jangan asal memilih lalu membeli. Karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih susu yang baik untuk kucing Anda.

Sesuai Usia Kucing

Kucing dewasa bisa mengkonsumsi makanan atau minuman untuk anak kucing, tapi anak kucing tidak. Jadi perhatikan baik-baik susu yang cocok untuk usia kucing Anda. Biasanya informasi anjuran usia tertera pada setiap kemasan.

Di sisi lain, kebutuhan kucing dewasa dan anak kucing itu berbeda.  Anak kucing membutuhkan susu yang memiliki kadar lemak tinggi, sedangkan kucing dewasa diharuskan konsumsi susu rendah lemak. Anak kucing berfokus pada pertumbuhan dan kucing dewasa lebih menekankan pada kesehatan.

Tentukan Susu Cair atau Bubuk

Seperti susu bayi, susu kucing juga tersedia dalam bentuk bubuk dan cair. Keduanya memiliki khasiat yang sama, hanya saja susu cair lebih mudah disajikan karena tidak perlu dilarutkan lagi. Akan tetapi, kandungan pada susu cair cepat memudar setelah dibuka, sehingga dianjurkan untuk segera dihabiskan.

Sedangkan susu bubuk terhitung lebih ekonomis, karena dapat dilarutkan dalam beberapa ml air sesuai selera dan kebutuhan. Tapi tenang, susu bubuk untuk kucing biasanya mudah larut dan tidak menggumpal.

Disarankan agar tidak memberikan larutan susu yang sudah lebih dari satu jam. Dan tidak membuka penutup susu dalam waktu lama.

Ada beberapa susu yang tersedia dalam kemasan cair dan bubuk. Seperti Royal Canin, Beaphar, Hartz, KMR Powder, Lactose free pet, whiskas dan Cattyman.

Perhatikan Kandungan Nutrisi Tambahan Pada Susu

Nutrisi tambahan diperlukan untuk menunjang kandungan gizi yang terdapat dalam susu untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan. Cari susu yang mengandung probiotik agar dapat menjaga kesehatan usus dan membantu pencernaan kucing.

Nutrisi tambahan pada susu sangat penting untuk memberikan beberapa zat yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh kucing.

Rekomendasi Susu yang Baik Untuk Kucing

Susu yang baik untuk kucing tidak hanya untuk kebutuhan pertumbuhan. Ada banyak kandungan lain yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Tapi yang terpenting adalah berikan susu berdasarkan usia kucing.

Susu Untuk Anak Kucing

Pada periode ini, anak kucing membutuhkan gizi yang tinggi untuk kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit menular. Serta susu dengan rasa ASI akan membantu tumbuh kembang anak kucing. Beberapa susu untuk anak kucing yang memiliki beragam nutrisi tambahan:

PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder

PetAg KMR Kitten Milk Replacer Powder

Susu bubuk ini paling direkomendasikan oleh banyak rumah sakit hewan untuk kucing dibawah 6 minggu serta masa pemulihan pascaoperasi. Dikarenakan bahan bakunya yang paling mendekati ASI serta tidak mengandung laktosa yang dapat mengganggu pencernaan kucing. Dianjurkan pula sebagai susu untuk kucing anggora maupun persia.

Royal Canin Baby Cat Milk

Royal Canin Baby Cat Milk

Susu untuk anak kucing tinggi gizi yang diperkaya protein dan energi serta DHA untuk perkembangan fungsi kognitif. Mengembangkan sistem saraf kucing serta baik untuk kesehatan pencernaan.

Susu bubuk Royal Canin dijamin mudah larut meski di dalam air dingin. Karena sudah diformulasikan khusus untuk kucing baru lahir sampai usia 2 bulan. Cocok dijadikan sebagai susu pengganti yang lengkap karena komposisinya yang mendekati struktur susu dari induk kucing.

Beaphar Kitty Milk

Beaphar Kitty Milk

Susu Beaphar disebut sebagai pengganti makanan pokok yang membantu pertumbuhan gizi anak kucing. Mengandung keseimbangan yang tepat mineral, telur, vitamin serta elemen lain untuk pertumbuhan awal anak kucing.

Hartz Kitten Milk Replacer

Hartz Kitten Milk Replacer

Susu bubuk ini mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan kesehatan kulit anak kucing. Hartz kitten direkomendasikan untuk anak kucing tanpa induk sampai berusia 35 hari. Namun bisa juga sebagai suplemen untuk kucing dalam masa pertumbuhan atau menyusui.

Susu Untuk Kucing Semua Usia

Susu kucing dewasa diharuskan yang rendah lemak dan tinggi protein. Ini diperuntukkan bagi kucing usia 4 bulan. Bila kalori berlebihan, akan membuat kucing menjadi gemuk.

Growssy Cat Milk

Growssy Cat Milk

Susu dengan struktur bubuk yang baik untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh kucing. Dapat pula sebagai suplemen bagi kucing menyusui, lanjut usia dan kucing sakit.

Bioline Goat Milk

Bioline Goat Milk

Merupakan susu rendah laktosa dengan formula alami yang berasal dari induk kambing pilihan. Dapat menjaga kesehatan usus kucing, jadi cocok untuk kucing yang sering bermasalah dengan perut.

Susu ini juga bisa  dikonsumsi oleh anjing dan kucing semua umur sebagai pembantu penyerapan nutrisi.

Nutri-Vet Milk Replacement For Kitten

Nutri-Vet Milk Replacement For Kitten

Meskipun formulasinya diperuntukkan bagi anak kucing baru lahir, tapi susu ini dapat dikonsumsi segala usia. Mengandung suplemen gizi yang baik untuk kucing hamil dan menyusui.

Gim Cat Milk

Gim Cat Milk

Rasa susu ini hampir sama dengan ASI serta baik bagi kesehatan bulu dan kulit kucing. Sangat baik untuk anak kucing yang kehilangan induknya.

Susu ini mengandung taurin yang mendukung fungsi mata dan menjaga kesehatan jantung. Bisa diberikan sebagai pengganti susu dari induk kucing.

Zeal Lactose Free Pet Milk

Zeal Lactose Free Pet Milk

Susu cair bernutrisi tinggi serta kaya vitamin dan kalsium. Bermanfaat bagi penguatan tulang, kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Selain aman bagi kucing yang memiliki riwayat alergi, bisa juga dikonsumsi anjing dan kucing semua umur.

Whiskas

Whiskas

Merupakan susu buat kucing paling lezat yang rendah laktosa. Selain produk susu, ada juga cemilan untuk kucing dewasa yang menyehatkan. Susu ini dianjurkan bagi kucing usia dewasa di atas 6 minggu atau di bawah 6 bulan.

Kitten Milk Plus

Mengandung asupan nutrisi komplit yang baik untuk anak kucing dan kucing lansia. Susu bubuk ini mudah dicerna sehingga dianjurkan untuk kucing yang sakit atau tidak nafsu makan. Kitten Milk Plus diproduksi oleh Dr. Clauder’s Pro Life sebagai pengganti ASI, asupan gizi kucing lanjut usia dan kucing hamil.

Cattyman Milk Low Fat

Cattyman Milk Low Fat

Susu produk jepang dengan kandungan lemak yang rendah dan tanpa perasa buatan. Sehingga baik untuk menjaga berat badan kucing menjadi ideal dan tidak obesitas. Direkomendasikan untuk kucing di atas 1 tahun.

Baca Juga: Vaksin Kucing

Sebagai susu dengan kandungan lemak yang rendah, Cattyman Milk Low Fat disebut juga susu kucing persia. Sebab susu untuk kucing persia, lebih dianjurkan produk susu dengan kandungan kalori yang rendah.

Max Kitt Milk

Max Kitt Milk

Susu ini direkomendasikan bagi kucing berusia 1 sampai 30 hari. Mengandung protein dan vitamin yang tinggi dan formula pemicu syaraf yang menjadikan kucing bergerak lincah. Baik digunakan untuk kucing yang sedang hamil dan menyusui.

Susu Alternatif Untuk Anak Kucing

Susu untuk kucing tidak direkomendasikan untuk manusia, begitu pula sebaliknya. Namun ada beberapa susu yang bisa dijadikan sebagai alternatif ketika kesulitan mendapatkan susu khusus kucing. Aman? Tenang, ada beberapa susu yang tidak mengandung laktosa, sehingga bisa diberikan pada kucing.

Susu Induk Kucing Lain

Sebelum mencoba alternatif susu manusia, ada baiknya jika mencari induk kucing lain untuk menyusui anak kucing tersebut. Sebab, seperti halnya manusia, ASI juga lebih dianjurkan bagi anak kucing.

Susu Bear Brand (Susu Beruang)

Susu Bear Brand tidak mengandung laktosa, sehingga aman bagi anak kucing. Bisa juga dicampur dengan makanan  kucing yang basah.

Susu SGM LLM+

Selain tanpa laktosa, susu SGM LLM 0 sampai 12 bulan juga memiliki aroma yang gurih dan anyir yang disukai oleh kucing. Pastikan untuk menyeduhnya dengan air hangat sampai benar-benar encer.

Susu Dancow

Sangat dianjurkan untuk memberikan pada anak kucing yang sudah melek atau sudah bisa membuka mata. Jika benar-benar baru terlahir, lebih baik menggunakan susu merk SGM LLM bukan bear brand.

Meskipun susu ini bisa diberikan juga buat anak kucing, tetap jangan berlebihan. Sebab tidak semua kucing bisa minum susu manusia tanpa ada masalah. Dan ingat! Ini hanya sebagai alternatif, bukan untuk konsumsi rutin.

Susu Untuk Kucing Persia

Beberapa susu kucing yang boleh dikonsumsi oleh kucing persia adalah produk PetAg KMR, Royal Canin dan Cattyman. Susu untuk kucing persia tersebut memiliki kandungan lemak yang rendah.

Anjuran susu untuk kucing persia sama dengan kucing lain pada umumnya. Kucing persia juga tidak dianjurkan untuk meminum susu yang mengandung laktosa.

Perlu diperhatikan bahwa kucing Persia tidak dapat menghasilkan enzim laktase yang berguna untuk menghancurkan laktosa. Sehingga tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi susu yang mengandung laktosa dan gula. Jika terpaksa menggunakan produk susu manusia, konsultasikan dulu dengan dokter hewan.

Sedangkan susu untuk kucing anggora, Anda bisa membelinya sama dengan merk makanan yang dianjurkan untuk kucing anggora. Royal Canin dan Whiskas adalah produk yang paling disukai oleh kucing yang selalu terlihat elegan ini.

Kegunaan susu pada kucing persia dan anggora sama dengan manfaat susu pada kucing lainnya, yakni:

  • Untuk semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Menambah berat badan yang ideal.
  • Menjaga kesehatan tulang dan pencernaan.
  • Membantu kesehatan tubuh dan kulit.
  • Merilekskan tubuh kucing agar dapat tidur dengan nyaman.
  • Meningkatkan asupan vitamin yang diperlukan oleh hewan.

Penuhilah gizi kucing kesayangan Anda dengan minuman maupun makanan yang terbaik. Seperti susu yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada kucing. Sebab kucing tidak bisa memproduksi sendiri semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

Perlu adanya bantuan tambahan yang berasal dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Semoga rekomendasi susu kucing terbaik ini bisa menjadi acuan dalam mencari susu yang cocok bagi kucing kesayangan.

Tinggalkan Balasan