Syarat Buka Rekening BNI

Syarat Buka Rekening BNI

Diposting pada

Saat ini, BNI atau Bank Negara Indonesia telah memiliki kantor cabang yang dapat dijangkau dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia. Bank yang telah berdiri sejak 5 Juli 1946 pun semakin banyak meluncurkan produk baru yang tentu saja menguntungkan masyarakat. Nah, bagi Anda yang ingin buka rekening BNI, pastinya harus menyimak ulasan di bawah ini hingga tandas.

Memiliki rekening bank memang dapat memudahkan Anda melakukan beragam transaksi keuangan. Namun, untuk membuka rekening baru, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja produk dari BNI. Diantara jenis tabungan yang dapat Anda pilih adalah BNI Taplus, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Bisnis, BNI Haji, serta TabunganKu.

Setelah itu, ketahui juga syarat buka rekening BNI. Apa sajakah? Tak kalah penting juga mengetahui bagaimana cara membuat rekening BNI. Mari, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Syarat Buka Rekening BNI

Buka Rekening BNI

Sebelum melakukan pendaftaran rekening baru, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Berikut adalah persyaratannya!

Usia Nasabah

Syarat buat rekening BNI yang pertama adalah usia. Dalam hal ini, Bank BNI tidak memberikan batas usia bagi pemilik rekening. Bahkan, seseorang dengan usia 0 tahun pun bisa membuat rekening atas namanya sendiri. Untuk jenis tabungan BNI yang bisa dimiliki adalah jenis BNI Taplus Muda serta Taplus Anak untuk usia 0 hingga 17 tahun.

Baca Juga: Mandiri Call

Meski begitu, syarat buka rekening BNI untuk usia di bawah 17 tahun perlu adanya persetujuan tertulis yang berasal dari orangtua. Sehingga, nantinya, orangtua bisa mengawasi secara langsung karena akan ada notifikasi pesan singkat dari pihak bank jika terjadi suatu transaksi.

Sehingga, usia nasabah tidak dibatasi oleh pihak BNI supaya bisa dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan, dan sebagainya.

Dokumen yang Diperlukan

Selanjutnya, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen. Diantaranya dokumen tersebut adalah KTP bagi warga negara Indonesia. Sedangkan bagi warga negara asing, bisa menggunakan KITAS atau KIMS, serta KITAP.

Bagi nasabah dengan usia di bawah 17 tahun, maka dokumen yang diperlukan diantaranya kartu pelajar, akta kelahiran, serta paspor. Dokumen orangtua juga perlu dipersiapkan, meliputi KTP atau kartu identitas diri, formulir pembukaan rekening dengan dibubuhkan tanda tangan orangtua.

Memberikan Setoran Awal

Persyaratan buka rekening BNI yang selanjutnya adalah memberikan sejumlah setoran awal. Untuk setoran awal bagi pembuatan tabungan BNI Taplus Muda dan Anak, jumlah dana yang mesti disetorkan adalah senilai Rp 100.000,-. Sedangkan untuk BNI Taplis di wilayah Jabodetabek, biaya yang mesti disetorkan adalah senilai Rp 500.000,-. DI wilayah selain Jabodetabek sendiri cukup menyetorkan sejumlah Rp 250.000,- saja.

Jenis Rekening BNI

Setelah mengetahui persyaratan buka rekening BNI secara umum, Anda perlu mengetahui apa saja jenis rekening BNI. Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan jenis rekening apa yang akan dibuka. Nah, rekening ini pun bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Adapun penjelasannya ada di bawah ini:

BNI Taplus

BNI Taplus

BNI Taplus tergolong mudah digunakan. Selain itu, rekening ini juga akan memberi suku bunga yang cukup progresif. Rekening ini juga diberikan fasilitas berupa e-banking dan bisa memudahkan para nasabah dalam melakukan berbagai transaksi.

Keuntungan lain membuka rekening BNI Taplus adalah bisa menggunakan kartu ATM serta kartu debit untuk melakukan transaksi di luar negeri pada merchant dengan logo MasterCard. Selain itu, nasabah juga akan memeroleh promo diskon di merchant yang berkerja sama dengan BNI.

Suku bunga yang diberikan juga cukup progresif yakni untuk saldo di bawah Rp 1.000.000,- akan mendapat bunga 0%, Rp 1.000.000 sampai Rp 50.000.000,- akan mendapat bunga 0,7%, Rp 50.000.000 sampai Rp 500.000.000,- akan memeroleh bunga 0,85%, Rp 500.000.000,- sampai Rp 1.000.000.000,- akan memeroleh bunga 1,2%, sedangkan di tasa Rp 1.000.000.000,- akan mendapat  bunga 2%.

Untuk membuka jenis rekening yang satu ini, Anda dapat memenuhi persyaratan, berupa:

  • Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak perbankan.
  • Mempersiapkan KTP, SIM, atau paspor atau kartu identitas lainnya.
  • Memberikan setoran awal sejumlah Rp 500.000,- untuk Jabdetabek, serta Rp 250.000,- untuk wilayah di luar Jabodetabek.
  • Memberikan setoran selanjutnya sebesar Rp 5.000,- (minimal).
  • Biaya administrasi setiap bulan adalah Rp 11.000,-
  • Saldo rekening minimal adalah Rp 150.000,-

BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis

Untuk rekening BNI Taplus Bisnis adalah produk yang diperuntukkan bagi nasabah yang mempunyai usaha. Jenis rekening yang satu ini dapat digunakan secara perorangan maupun perusahaan.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari membuka rekening ini. Mulai dari mendapat kartu debit dengan limit yang tinggi. Selain itu, bisa tahu mengenai rincian transaksi yang tercetak pada buku tabungan. Memeroleh informasi mengenai cash flow pada akhir bulan.

Anda pun bisa mendapatkan notifikasi transaksi melalui SMS. Fasilitas lainnya adalah automatic transfer system online. Nah, suku bunganya juga cukup menarik. Untuk tabungan kurang dari Rp 5.000.000,- akan mendapat 0%, sedangkan untuk Rp 100.000.000,- hingga Rp 1.000.000.000,- akan memeroleh 1,5%, lebih dari Rp 1.000.000.000,- akan memeroleh suku bunga 2,25%.

Persyaratan buka rekening BNI Taplus Bisnis yang mesti dipenuhi, diantaranya:

  • Melengkapi identitas diri beserta sirat keterangan domisili.
  • Melampirkan tanda bukti dari pejabat yang berwenang.
  • Melengkapi dokumen izin usaha, akta pendirian, NPWP, dan sebagainya.
  • Memberikan setoran awal sebesar Rp 1.000.000,-.
  • Setoran minimal selanjutnya adalah Rp 5.000,-.
  • Akan dipotong biaya admin sebesar Rp 10.000,- setiap bulannya.

BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda dikhususkan untuk kaum muda dengan rentang usia antara 15 sampai 25 tahun. Keuntungan yang didapatkan dengan membuka rekening BNI ini adalah memiliki setoran awal yang rendah yakni sebesar Rp 100.000,-.

Dana mengendap pada rekening ini adalah sebesar Rp 50.000,-. Biaya administrasinya pun rendah, yakni sebesar Rp 5000,- saja. Meski begitu, nasabah tetap akan memeroleh fasilitas berupa e-banking serta notifikasi transaksi melalui SMS.

Baca Juga: Mandiri Cash Management

Nah, suku bunganya juga tergolong tinggi, yakni sebesar 0,5% untuk tabungan sebesar Rp 1.000.000 sampai Rp 10.000.000,-, serta sebesar 0,75% untuk tabungan senilai Rp 10.000.000,- sampai Rp 50.000.000,-, sebesar 1% untuk tabungan senilai Rp 50.000.000 sampai Rp 100.000.000,-, serta sebesar 1,25% untuk tabungan di atas Rp 100.000.000,-.

Syarat buka rekening BNI Taplus Muda sendiri meliputi:

Nasabah dengan usia di bawah 17 tahun, belum memiliki kartu identitas, dan belum menikah adalah:

  • Isi formulir pembukaan rekening yang dibubuhkan tanda tangan orangtua.
  • Fotokopi akta kelahiran, paspor, atau kartu pelajar.
  • Fotokopi identitas orangtua.
  • Isi formulir e-statement.

Sedangkan nasabah berusia di atas 17 tahun, persyaratannya adalah:

  • Isi formulir
  • Membawa identitas diri yang asli maupun menggunakan fotokopinya.
  • Mengisi formulir pemberi dana apabila nasabah merupakan ibu rumah tangga dan mahasiswa.
  • Isi formulir e-statement.

BNI Haji

BNI Haji

Bagi Anda yang telah merencanakan pergi ke tanah suci, maka pilihan membuka rekening BNI Haji sangat tepat. Pasalnya, ada berbagai keuntungan yang dimilikinya, diantaranya mendapat fitur autodebet untuk mengetahui kapan dana bisa terkumpul, biaya administrasi, pembukaan, penutupan gratis. Serta premi perlindungan asuransi jiwa gratis. Ahli waris dari nasabah akan memeroleh beasiswa sebesar Rp 30.000.000,-.

Untuk syarat buka rekening BNI Haji ini, meliputi:

  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • Membawa dokumen identitas diri (fotokopi) berupa KTP, SIM, maupun paspor.
  • Menyetorkan biaya awal sebesar Rp 500.000,-.
  • Untuk setoran setelahnya adalah Rp 5.000,-.

Rekening-Ku

BNI TabunganKu

TabunganKu adalah salah satu jenis rekening BNI yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung bagi masyarakat. Jenis rekening yang satu ini tidak memungkinkan nasabah untuk memiliki ATM. Sehingga, transaksi harus dilakukan hanya melalui teller Bank BNI saja.

Sesuai dengan tujuannya, TabunganKu memiliki persyaratan yang sangat mudah, diantaranya:

  • Isi formulir pembukaan rekening.
  • Identitas diri yang asli maupun fotokopinya.
  • Setoran awal sejumlah Rp 20.000,- saja.
  • Setoran selanjutnya minimal sejumlah Rp 10.000.-
  • Bebas dari biaya administrasi setiap bulannya.

Itulah lima jenis rekening BNI yang dapat Anda pilih. Silakan mendaftar untuk jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis ATM BNI

Sama halnya dengan jenis rekeningnya, ATM BNI pun terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya:

Kartu ATM BNI Silver

Kartu ATM BNI Silver

Kartu ATM ini memiliki biaya bulanan yang terjangkau. Namun, batas limitnya juga lebih sedikit. Biaya admin bulanan dari ATM BNI Silver adalah senilai Rp 2.000,-. Sedangkan untuk tarik tunai, maksimal yang bisa diambil per harinya adalah Rp 5.000.000,-.

Sedangkan untuk transfer maksimal ke sesama BNI adalah sebesar Rp 50.000.000,-. Untuk transfer maksimal antar bank adalah Rp 10.000.000,- setiap harinya.

BNI Silver juga bisa dipakai sebagai kartu debit untuk berbelanja dengan limit Rp 10.000.000,- setiap hari.

Kartu ATM BNI Gold

Kartu ATM BNI Gold

Satu tingkat lebih tinggi, ATM BNI Silver menawarkan limit tarik tunai yang lebih tinggi, yakni senilai Rp 10.000.000 per hari. Namun, sebanding dengan fiturnya, biaya bulanan dari kartu ATM yang satu ini juga lebih besar, yakni senilai Rp 7.500,-.

Untuk menggunakan kartu ATM yang satu ini di mesin EDC maupun melakukan transaksi belanja nilai maksimalnya adalah Rp 50.000.000,- setiap hari. Limit transfer ke sesama rekening BNI adalah senilai Rp 100.000.000,-. Akan tetapi, transfer ke rekening bank lain, limit-nya lebih kecil yakni Rp 15.000.000,- saja.

Kartu ATM BNI Platinum

Kartu ATM BNI Platinum

Biaya administrasi ATM BNI Platinum tergolong yang paling tinggi, yakni Rp 10.000,-. Limit tarik tunainya juga sama dengan kartu ATM Gold yakni sebesar Rp 10.000.000,-. Penggunaan ATM BNI Platinum di mesin EDC serta untuk berbelanja, limit terbesarnya adalah sebesar Rp 100.000.000,- per harinya.

Transfer ke sesama BNI-nya mempunyai limit Rp 100.000.000,- per hari. Sedangkan limit transfer ke rekening bank yang lain senilai Rp 25.000.000,- setiap harinya.

Cara Membuka Rekening BNI

Ada dua cara membuka rekening BNI, yakni dengan datang langsung ke kantor BNI atau bisa juga secara online. Berikut ini, akan dijelaskan keduanya secara rinci. Yuk, simak!

Cara Membuat Rekening BNI Langsung ke Kantor

Cara Membuat Rekening BNI Langsung ke Kantor

Untuk membuka rekening BNI secara langsung, caranya sangat mudah. Namun, Anda juga harus meluangkan waktu untuk bersiap mengikuti antrean! Nah, berikut adalah langkah-langkahnya!

  1. Lengkapi persyaratan yang telah dibahas pada poin sebelumnya. Pastikan persyaratan sesuai dengan jenis rekening yang akan dibuka.
  2. Datang langsung ke kantor BNI atau kantor cabang BNI paling dekat.
  3. Ambil nomor antrean.
  4. Tunggu sampai nomor antrean telah dipanggil. Setelah itu, Anda bisa langsung menuju ke cutomer service serta katakan pada petugas bahwa Anda akan membuka rekening tabungan BNI, serahkan persyaratan yang telah dibawa.
  5. Petugas pun akan menanyakan jenis tabungan apa yang akan dipilih. Biasanya, petugas juga akan menjelaskan pada Anda mengenai jenis tabungan dan fiturnya.
  6. Jika Anda telah menentukan jenis tabungan, maka petugas akan memberi formulir. Jika sudah diisi, silakan menyerahkannya pada customer service.
  7. Petugas pun akan memproses pengajuan rekening. Jika sudah di-acc, maka Anda siap menggunakan rekening baru.
  8. Penyelesaian pembuatan rekening BNI dilakukan setelah nasabah memberikan setoran awal.
  9. Jika sudah, nasabah pun akan memeroleh buku rekening, serta kartu ATM sehingga bisa langsung dipakai untuk melakukan transaksi.

Nah, dari ulasan di atas, maka membuka rekening BNI juga sekaligus merupakan cara membuat ATM BNI. Langsung saja, menuju ke cara yang kedua!

Cara Membuka Rekening BNI Secara Online

Cara Membuka Rekening BNI Secara Online

Dari jenis rekening yang telah dibahas tadi, ada dua tabungan yang dapat Anda lakukan registrasinya melalui sistem daring. Diantaranya BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Anda pun tidak perlu datang ke kantor secara langsung. Cukup siapkan smartphone, cara buka rekening BNI bisa dilakukan dalam jangka waktu 10 menit saja.

  1. Mempersiapkan smartphone berbasis Android dengan kamera depan (untuk video banking).
  2. Mempersiapkan jaringan internet 4G yang stabil.
  3. Pastikan Anda memiliki pulsa untuk proses OTP.
  4. Selanjutnya, sila download aplikasi BNI Mobile Banking.
  5. Apabila Anda merupakan new customer, maka sila memilih “Buka Rekening BNI” agar proses bisa berlanjut. Tetapi, jika Anda merupakan nasabah atau exciting customer, maka pilih saja “Rekeningku”, lalu tap “Pembukaan Rekening”.
  6. Setelah itu, Anda akan diarahkan secara otomatis untuk download aplikasi “BNI Pembukaan Rekening Digital”.
  7. Jika sudah, Anda pun akan dihubungkan dengan petugas melalui video banking. Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan KTP serta NPWP terlebih dahulu. Anda cukup mengikuti saja semua panduan dari petugas.
  8. Jika sudah selesai, makan Anda pun akan memeroleh rekening serta nomor kartu debit virtual.
  9. Terakhir, Anda bisa mengaktifkan mobile banking. Rekening pun telah bisa dipergunakan.

Kesimpulan

Pada dasarnya, cara membuat rekening BNI tidak bisa diwakilkan. Sebab, ada dokumen yang mesti dipenuhi seperti KK, e-KTP, serta NPWP. Selain itu, ada juga syarat lain yakni berupa dokumen pribadi yang tidak ada pada e-KTP pun dibutuhkan.

Terlebih, pihak bank juga membutuhkan tanda tangan nasabah. Sehingga, membuat rekening maupun ATM tidak bisa diwakilkan serta tidak bisa diganggu gugat. Sebagai bank milik Pemerintah Indonesia dan BUMN, maka BNI sangat memudahkan nasabahnya dalam hal membuka rekening baru.

Bahkan, anak-anak juga bisa memiliki tabungan sendiri dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit. Dengan begitu, Anda pun akan mengajarkan pada anak-anak untuk memiliki kebiasaan baik yakni menabung.

Rekening Bank BNI juga memiliki banyak keuntungan yakni suku bunga yang progresif, memiliki logo MasterCard pada ATM-nya, sehingga bisa dipakai di luar negeri.

Baca Juga: Halo BCA

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai syarat buka rekening BNI secara lengkap. Meski begitu, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang untuk memeroleh informasi yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan