Beberapa Teknik Dasar Public Speaking Untuk Pemula Supaya Lebih Jago

By | 19 November 2021

Sebelum membahas tentang seperti apa teknik dasar public speaking untuk pemula, apakah anda mengetahui pengertian dari public speaking itu sendiri? Perlu diketahui, public speaking merupakan komunikasi yang dilakukan secara lisan. Ada beberapa contoh public speaking yang sering dilakukan seperti ceramah, pidato, presentasi dan lain-lain. jadi bisa diartikan jika public speaking adalah pembicaraan publik atau berbicara d depan banyak orang.

Butuh keberanian untuk bisa berbicara di depan umum. Karena itu, banyak sekali orang-orang yang takut untuk melakukan public speaking dikarenakan merasa gugup, takut salah, tidak biasa dan banyak lagi alasan-alasan lainnya. Tapi tenang saja, anda pasti bisa berbicara di depan umum dengan berani ketika sudah mengetahui teknik dasar berikut ini:

  1. Mengatur Pernapasan Dengan Baik

Jika anda ingin belajar tentang teknik dasar public speaking untuk pemula, maka sebagai langkah memulainya adalah anda harus mengatur pernapasan dengan baik terlebih dahulu. Anda harus tahu jika berbicara yangbaik di depan umum tidak boleh sampai “ngos-ngosan” dan tidak bisa mengatur pernapasan. Karena ini akan berpengaruh terhadap materi yang akan anda sampaikan. Oleh karena itu, anda harus berlatih agar bisa mengendalikan pernapasan anda sehingga anda bisa bernapas lebih panjang.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan jika ingin mengatur pernapasan adalah dengan menipu lilin yang jaraknya 1 meter. Anda bisa melakukan cara ini berulang-ulang atau setidaknya 10 kali. Anda harus tarik nafas terlebih dahulu lewat hidung kemudian keluarkan pelan-pelan lewat mulut sembari berdesis.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Iklan di Facebook Ads Terlengkap

  1. Melakukan Persiapan

Selain itu, sebaiknya anda juga harus melakukan yang namanya persiapan. Perlu diketahui, jika anda ingin semuanya berjalan dengan lancar, tentu anda harus melakukan persiapan yang matang. Sudah banyak orang-orang yang berpengalaman dalam berbicara di depan umum tapi gagal dalam menyampaikan materi hanya karena tidak mempersiapkan semuanya dengan baik. Maka dari itu, anda yang masih baru atau pemula tentu harus siapkan semuanya mulai dari pendalaman tema atau materi, topik, busana yang akan anda kenakan, fisik dan latihan. Dengan semuanya, anda pasti bisa melakukan public speaking dengan baik.

  1. Pilih Materi Yang Dikuasai

Teknik dasar public speaking untuk pemula yang ketiga adalah harus menyampaikan materi yang memang sudah anda kuasai dengan baik sebelumnya. Jika anda takut materi yang dibawakan nanti lupa ketika tampil di depan banyak orang, pastikan anda kuasai dulu materinya.

Tidak masalah jika anda membawa contekan atau menggunakan alat bantu seperti infocus, menghafal atau membaca naskah. Asalkan ini bsa membantu anda dalam menyampaikan materi dengan baik dan benar. Tapi jika anda punya waktu luang, anda harus mendalami materi yang akan disampaikan dibanding anda menghafalnya. Karena ketika materi hanya dihafalkan saja, ini tentu akan menyulitkan anda saat penyampaian materi akan dilakukan.

  1. Kenali Audiens Anda

Teknik dasar selanjutnya untuk pemula yang ingin belajar public speaking yang baik adalah mengenal siapa yang akan menjadi audiens anda. Jadi ketika anda ingin menyampaikan sebuah pesan atau materi, pastinya anda tidak ingin materi yang anda sampaikan membuat audiens merasa bosan, bukan?karena itu, setelah anda menguasai materi yang akan disampaikan nanti, sebaiknya kenali seperti apa latar belakang pendidikan dari audiens anda, usianya dan jabatan mereka. Jika anda sudah mengenal audiens anda dengan baik, barulah anda sesuaikan dengan audiens yang akan menjadi pendengar saat anda menyampaikan sebuah materi nanti.

  1. Membuka Public Speaking Dengan Baik

Jika Anda ingin belajar soal teknik dasar public speaking untuk pemula, jangan lupa belajar cara membuka public speaking itu sendiri. Perlu anda ketahui, untuk membuka pidato, ceramah dan lain sebagainya, sebaiknya bukalah dengan sebuah cerita atau kisah, menyampaikan ungkapan-ungkapan lucu, memberikan humor atau bisa juga dengan mengutip kata mutiara atau pepatah baru kemudian kemukakan inti materinya. Dengan melakukan cara ini, pastinya anda bisa membuka materi dengan benar dan audience pun akan lebih tertarik untuk mendengarkan anda.

  1. Lakukan Interaksi Dengan Audiens

Teknik dasar public speaking untuk pemula yang keenam adalah anda harus melakukan interaksi dengan audiens anda. Ketika anda ingin membangun suasana, tentu hal ini harus anda lakukan. Anda tidak boleh hanya memiliki sikap percaya diri saja. Sebaiknya bangun komunikasi dengan lawan bicara anda sebab ini akan membuat suasana terasa jauh lebih hidup dan menyenangkan. Salah satu cara agar anda bisa menghidupkan suasana adalah dengan mengajukan sedikit pertanyaan. Tidak harus pertanyaan serius, anda juga bisa berikan pertanyaan berupa guyonan supaya audiens anda tertarik untuk merespon pertanyaan anda.

  1. Perhatikan Intonasi Dan Volume Anda

Jika anda ingin belajar tentang teknik dasar public speaking untuk pemula, sebaiknya anda perhatikan dengan baik intonasi maupun volume suara anda. Karena ketika ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain, banyak hal yang harus anda pikirkan dengan matang. Jangan keluarkan suara dengan volume yang terlalu tinggi. Bila perlu, Anda bisa merekam suara anda sendiri dan kemudian dengarkan untuk mengetahui mana intonasi atau nada suara yang tidak begitu enak saat didengar.

  1. Perhatikan Manajemen Waktu

Ketika anda diberikan kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak, sebaiknya perhatikanlah manajemen waktu. Teknik dasar public speaking untuk pemula yang sangat penting untuk dipelajari adalah bagaimana cara memanajemen waktu dengan baik dan benar. Ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh dipisahkan ketika anda ingin melakukan presentasi. Anda perlu belajar dan mencari waktu terbaik serta memahami durasi atau lama waktu anda dalam berbicara agar materi yang hendak anda sampaikan dapat diterima oleh audiens atau pendengar anda dengan baik. Jika anda berbicara terlalu lama, sudah pasti ini akan membuat pendengar anda bosan. Apalagi jika materi yang anda lontarkan terlalu serius sehingga membuat mereka tegang dan kaku ketika mendengarkan materi yang anda sampaikan.

  1. buatlah Audiens Anda Yakin

sebagai pembicara yang baik, anda tentu harus membuat audiens anda yakin. Ini menjadi salah satu teknik dasar public speaking untuk pemula yang perlu anda pelajari. Anda harus mlakukan berbagai hal yang akan membuat audiens anda tidak ragu mendengarkan materi yang anda sampaikan. Anda juga harus membuat diir anda lebih nyaman, tidak gelagapan ketika berbicara di depan audiens.

  1. Akhiri Forum Dengan Baik

Jika pembicaraan anda sudah selesai, maka akhirilah forum dengan baik. Anda bisa berikan tanda-tanda atau sinyal jika presentasi anda di hari tersebut akan segera berakhir. Anda tidak boleh keluarkan kata-kata yang justru akan membuat presentasi anda semakin lama. Anda juga perlu sampaikan kegembiraan anda saat menyampaikan materi di depan para audiens.

Jadi itulah beberapa teknik dasar public speaking untuk pemula. Memang tidak mudah berbicara di depan umum karena dibutuhkan jam terbang dan latihan secara rutin. Tapi ketika anda sudah terbiasa, tentu anda akan lebih berani berbicara di depan banyak orang dan anda pun bisa menyampaikan materi atau pesan dengan baik. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan