Tes Kecepatan Mengetik

Website Untuk Tes Kecepatan Mengetik Gratis

Diposting pada

Sedang mencari website untuk tes kecepatan mengetik gratis? Tenang, tidak perlu meninggalkan rumah, keahlian mengetik cepat dapat dipelajari sendiri. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa contoh situs online agar kemampuan typing semakin baik.

Kenapa Typing Skill Dibutuhkan?

Kenapa Typing Skill Dibutuhkan

Persaingan dunia kerja semakin ketat dan IPK bagus saja terkadang masih kurang. Harus disertai skill atau keahlian, maka kemampuan mengetik ialah salah satunya. Skill ini banyak dibutuhkan perusahaan. Apabila Anda mengidamkan pekerjaan yang menuntut typing skill baik, maka berlatihlah.

Jika seseorang memiliki keahlian mengetik cepat, ia dapat memberikan kesan profesional di hadapan calon bos. Bukan hal mengejutkan jika ini mampu menarik perusahan idaman. Keahlian tersebut bisa dilatih asalkan konsisten belajar. Ingat, latihan tidak efektif jika dilakukan hanya dalam sehari semalam.

Baca Juga: Situs Toko Online Terbaik di Indonesia

Ada banyak manfaat memiliki kemampuan mengetik cepat, di antaranya pekerjaan makin cepat terselesaikan dan tak jarang bos memberikan reward atau bahkan promosi jabatan. Anda tentu tak ingin melewatkan kesempatan ini, bukan? Oleh karena itu, perkaya diri dengan berlatih typing.

Belajar mengetik secara cepat dapat dilakukan di rumah. Ini sangatlah praktis serta menghemat biaya. Ada banyak situs-situs online khusus untuk orang yang ingin meningkatkan kemampuan typing. Anda hanya perlu menyiapkan laptop dan koneksi internet.

Kecepatan Mengetik Rata-rata

Kecepatan Mengetik Rata-rata

Tidak semua orang memiliki kemampuan mengetik cepat. Diperlukan keahlian khusus dan pastinya jam terbang tinggi. Lalu berapa seberapa kecepatan ketik dikatakan di atas rata-rata? Berikut ini akan dipaparkan lebih detail mengenai berapa jumlah minimal kata dalam satu menit.

Umumnya dalam semenit seseorang mampu mengetik sebanyak 30-50 kata. Di atas 50 dapat dikatakan mempunyai kemampuan ketik cepat. Di sebuah perlombaan ketik bahkan ada yang mampu typing hingga 120 dalam 60 detik. Bisa dibayangkan seberapa cepat jari-jarinya menari di keyboard.

Kemampuan untuk mengetik cepat sebenarnya bisa dilatih. Sebaiknya saat melakukannya Anda menggunakan seluruh jari. Metode 10 jari harus dipelajari terkebih dahulu. Sebab ada tips agar waktu mengetik bisa cepat serta mampu menghasilkan ketikan yang akurat dan terpecaya.

Satuan kecepatan mengetik biasanya menggunakan wpm yaitu word per minute. Jadi, hasil tes ketikan akan dihitung dengan cara melihat seberapa banyak kata yang berhasil ditulis dalam waktu 60 detik. Tak hanya jumlah, keakuratan pun akan terlihat jelas. Penilaian ini memberikan gambaran skill Anda.

Tips Mengetik Cepat

Apabila menginginkan ahli dalam dunia ketik-mengetik, maka Anda harus berlatih tanpa henti. Practice adalah kunci. Semakin sering latihan, maka kemampuan typing akan terus bertambah baik. Tak perlu memaksakan keadaan jika kemampuan masih biasa sebab hal terpenting adalah terus belajar.

Tips mengetik hanyalah satu yakni konsisten dalam berlatih. Ada banyak website yang bisa dicoba mulai dari tingkat mudah hingga memerlukan konsentrasi tingkat tinggi. Menariknya, terdapat situs dengan typing games sehingga belajar lebih menyenangkan. Bahkan, ditemukan perlombaan mengetik secara online.

Tips lain agar kemampuan meningkat setiap harinya adalah melakukan feedback terhadap score pencapaian. Dengan memantau dan mencatatnya setiap hari, diharapkan Anda semakin terpacu demi meningkatkan kecepatan dan keakuratan mengetik. Ingat, butuh konsistensi untuk menjadi sang ahli.

Agar tak bosan belajar mengetik, jangan hanya terpaku pada satu website saja. Coba dan rasakan pengalaman menantang dengan menjajali beragam situs dengan aturan yang berbeda. Dijamin pelajaran typing tidak akan terasa melelahkan. Alih-alih, Anda bisa kecanduan menulis ketikan di depan laptop.

Posisi Terbaik Saat Tes Kecepatan Tangan

Posisi Terbaik Saat Tes Kecepatan Tangan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik saat melakukan tes kecepatan tangan. Berikut ini akan dijelaskan posisi terbaik saat uji kecepatan tangan. Simak baik-baik jika ingin merasakan tetap nyaman saat mengerjakan ujian mengetik.

Jangan Membungkuk

Seringkali ditemukan seseorang sedang membungkuk saat bekerja menatap layar komputer. Ini adalah posisi yang kurang tepat. Posisi terbaik adalah badan tegak namun santai dan pandangan lurus ke depan.

Agar tidak membungkuk, gunakan kursi paling nyaman. Anda boleh menambahkan bantal dengan syarat posisi punggung tetap tetap tegak dan mata tetap lurus ke arah layar. Jarak paling tepat adalah 60 cm di depan layar. Posisi ini menguntungkan sebab menghindarkan diri dari rasa pegal yang menganggu.

Posisi Duduk

Agar betah berlama-lama saat melakukan tes kecapatan tangan, posisikan kaki menapak lantai dan rilekslah. Posisi terbaik paha adalah sejajar. Kaki yang menyentuh bagian dasar lebih kuat sehingga bertahan lebih lama.

Jika mengetik membutuhkan waktu selama berjam-jam, ubah gaya duduk untuk menghindari kesemutan yang biasa dirasakan oleh tukang ketik. Sebaiknya Anda sesekali bangun dari kursi dan berjalan-jalan sebentar jika dirasa letih untuk merefresh kembali tubuh.

Sediakan Air Minum

Tes ketik cepat dapat berlangsung selama berjam-jam sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, sediakan minuman, utamanya air putih di dekat tempat Anda belajar mengetik. Jangan sampai dehidrasi sebab kekurangan cairan bisa mengakibatkan fokus kerja berkurang.

Tubuh Anda memerlukan cairan dan terkadang orang yang terlampau sibuk melupakannya. Ini tentu dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Air putih tak hanya mencegah dehidrasi. Cukupnya asupan cairan pada tubuh bisa meningkatkan konsentrasi Anda sehingga nilai tes menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa Website Tes Kecepatan Mengetik Tangan

Sebenarnya ada banyak website tes kecepatan tangan tersebar. Namun, di sini akan dijelaskan situs apa saja yang memberikan pelatihan dengan metode mudah dipahami. Nah, berikut ini adalah daftar alamatnya. Sediakan note untuk mencatatnya!

10FastFingers.com

Website Tes Kecepatan Tangan 10FastFingers.com

Ini adalah salah satu website mengetik yang bisa membantu meningkatkan keahlian. Ujian ini cukup akurat dan pengunjung situs akan disuguhkan kata-kata acak untuk selanjutnya diketik secepat mungkin. Pengambil tes diberi waktu selama kurang lebih 60 detik demi menyelesaikan ujian tersebut.

Setelah menyelesaikan tes, peserta dapat melihat hasil dengan satuan WPM yakni word per minute. Uniknya di situs ini Anda bisa mengikuti typing competition. Tertarik mencoba kemampuan website keren tersebut?

TyprX

TyprX

Ada lagi website canggih dengan tes kecepatan tangan gratis. Situs ini cocok untuk Anda yang senang berkompetisi. Ujian typing dilakukan dalam bentuk permainan adu secara online. Ingin berlatih mandiri? Tenang, typrX bisa mewujudkannya sebab tersedia latihan tanpa bersaing dengan lainnya.

Satuan hasil pengetikan dapat dilihat dengan satuan WPM. Tak hanya bisa tahu score pencapaian Anda selama 10 kali percobaan terakhir, website ini memungkinkan pengguna melihat nilai yang didapat oleh para peserta lainnya.

Typing Web’Free Tutor

Typing Web’Free Tutor

Situs ini merupakan tes kecepatan mengetik yang bisa dilakukan secara gratis. Agar dapat menikmati fasilitas website tersebut, Anda diwajibkan untuk membuat akun pendaftaran terlebih dahulu. Ada beberapa tingkatan kemampuan di typingweb’sfree tutor.

Tingkatan tersebut diawali tingkat Beginner Course. Selanjutnya disusul Intermediate Course, Advanced Course, Specialty Lessons. Pada tahap terakhir ialah Premium Lesson. Jika ingin menyimpan hasil tes, pihak web menyediakan fasilitas Print yang bisa dilakukan mandiri.

Typingtutor Online

Typing Tutor Online

Bosan berlatih mengetik sendiri? Coba datangi situs Typingtutor online. Website ini melatih kemampuan typing secara bertahap. Jika sering mencoba, maka hasilnya tidak akan mengkhianati. Di sini ada beberapa pilihan tes tersedia. Anda bebas memilih jenis tipe keyboard dan jenis soal yang diinginkan.

Tes mengetik dilaksanakan dengan mengklik huruf pada keyboard yang muncul di layar laptop Anda. Penampakannya sama seperti sedang menghadapi komputer pada umumnya. Di sini disediakan instruksi/panduan apabila ujian tersebut kurang jelas.

Keyhero.com

Keyhero.com

Tes ketik secara cepat dapat Anda lakukan di situs Keyhero.com. Ini merupakan salah satu website terbaik yang bisa digunakan untuk latihan mengetik. Hasil ujian mengulas kecepatan dan keakurasian kata ketikan. Menariknya, ada banyak pilihan bahasa mulai dari Bahasa Inggris hingga Jerman.

Website ini memiliki forum sehingga Anda bisa ikut dalam diskusi bersama pengguna Keyyhero lainnya. Waktu pengerjaan tes dimulai begitu peserta menuliskan satu huruf di bagian kolom yang disediakan. Uniknya, pengguna diwajibkan merivisi kesalahannya. Jika tidak, maka pinalti akan diberlakukan.

Keybr.com

Keybr.com

Ini merupakan salah satu website untuk tes kecepatan mengetik gratis atau tempat belajar mengetik secara online. Keybr.com memungkinkan pengguna berlatih typing secara mandiri. Berbeda dari situs lainnya, ia tak hanya menuntun orang melatih kecepatan tangan, namun terlihat perpindahan keyboard di layar komputer.

Tampilannya hampir sama selayaknya mengetik pada umumnya. Di akhir tes penggunanya dapat melihat score. Bahkan, tersedia pula rangking hingga 20 besar. Peringkat tersebut sebaiknya dijadikan pemacu untuk typing cepat. Jika tertarik dengan situs ini, jangan lupa log in terlebih dahulu.

Typingstudy.com

Typingstudy.com

Ada lagi website berkualitas dengan fasilitas tes kecepatan tangan yang canggih yakni Typingstudy.com. Web ini tersedia untuk mengetik banyak bahasa seperti Inggris, Perancis, dan Portugis. Bahkan, Anda bisa berlatih ketik dengan Bahasa Indonesia. Pengguna dari berbagai negara dapat menggunakannya.

Di situs ini penggunanya dapat memilih bahasa dan jenis keyboard yang diinginkan. Bahkan layoutnya pun bisa disesuaikan. Tes dilakukan dengan menuliskan secara tepat kumpulan huruf-huruf berbentuk acak. Adanya pilihan-pilihan tersebut memudahkan latihan mengetik.

Ratatype.com

Ratatype.com

Satu situs terkenal untuk tes ketik cepat adalah ratatype.com. Selain memberikan ujian ketikan berkualitas, website ini memberikan tips agar mendapatkan ketikan yang cepat dan akurat dalam semenit. Sarannya bervariasi mulai dari cara mengetik cepat hingga menghadapi kekurangan yang dimiliki.

Situs ini tak hanya memberikan orang belajar sendiri. Anda bisa mengundang teman dan melakukan perlombaan ketik yang menarik. Dengan adanya perlombaan ini kegiatan belajar mengetik tidak akan terasa. Pastinya, setelah itu kemampuan akan sedikit banyak berkembang.

Ngetik.maya.id

Ngetik.maya.id

Ini merupakan website simpel yang bisa menemani Anda belajar mengetik cepat. Tampilannya sederhana dan dapat langsung melakukan tes tanpa log in atau mendaftar terlebih dahulu. Keterangan kata akan berwarna hijau jika benar dan warnanya merah apabila ketikan tidak tepat.

Setiap hasil tes akan langsung muncul begitu waktunya habis. Satuan kecepatan ketikan dalam wpm (word per minute). Terdapat keterangan berapa huruf telah diselesaikan dan jumlah yang salah. Diharapkan kemampuan Anda menjadi jauh lebih baik dengan bantuan web ini.

Tipp10.com

Tipp10.com

Sebentar lagi mengikuti tes kecepatan tangan namun bingung belajar di mana? Jangan khawatir, Anda dapat berlatih mengetik cepat di tipp10.com. Situs ini menyajikan pembelajaran mudah dimengerti. Web bisa diakses secara gratis asalkan laptop tersambung dengan koneksi internet yang baik..

Web ini menawarkan tes online mengetik yang menyenangkan. Berita baiknya, Anda bisa mengunduhnya sehingga sewaktu-waktu bisa belajar. Jika ingin berlatih via web, maka pastikan registrasi terlebih dahulu. Versi downloadnya telah tersedia untuk pengguna Windows, Linux dan OS X.

Play.typeracer.com

Play.typeracer.com

Salah satu website unik di mana seseorang bisa berlatih mengetik dengan santai adalah play.typeracer.com. Tes terasa menyenangkan karena dibuat seperti ajang balap mobil. Semakin baik score yang dimiliki, makin bagus pula peringkat dalam perlombaan.

Peringkat dibuat dari 1 hingga 4. Jadi, selama tes usahakan untuk mengetik secepat dan sebaik mungkin. Selain itu, terdapat fitur 10 peringkat teratas sehingga bisa diketahui progres yang dilakukan oleh pengguna dari negara lainnya

PowerTyping.com

PowerTyping.com

Website ini memberikan fasilitas gratis penggunanya untuk mengetik lebih cepat. Varian bahasa ketikan yang dapat digunakan cukup banyak yakni 50 jenis. Ada banyak pilihan soal bisa dipilih sesuai tema kesukaan Anda. Terdapat pula informasi mengenai berapa jumlah kata tiap teks tersebut.

Situs ini akan memacu Anda untuk lebih giat berlatih. Tiap harinya ada top score sehingga pengguna menjadi lebih rajin saat belajar mengetik. Web tersebut mampu menilai secara akurat. Terbukti hasil ketikan harus sesuai aslinya termasuk huruf kapital dan tanda baca.

Thepracticetest.com

Thepracticetest.com

Apabila mencari tes mengetik cepat akurat lainnya, datanglah ke situs thepracticetest.com. Situs ini hanya bisa digunakan untuk mengetik Bahasa Indonesia. Sedikitnya terdapat 20 pilihan soal untuk Anda. Menuliskan ketikan di web tersebut menyenangkan sekaligus memberikan pelajaran bagi penggunanya.

Setiap kesalahan yang dibuat dapat dilihat dengan jelas. Tingkat keakurasian hasil ketikan dibedakan dengan warna. Jika mendapatkan nilai bagus, maka score Anda berwarna hijau tua dan apabila rendah akurasinya ditandai dengan warna merah.

Typingcat.com

Tes mengetik cepat dapat dilakukan dengan mengunjungi situs typingcat.com. Website tersebut memiliki penilaian yang baik. Kesalahan peserta ujian dinilai sangat detail. Salah atau tidaknya dilihat per hurufnya. Selain itu, Anda perlu memperhatikan tanda baca dan ukuran tiap kata.

Usai melakukan ujian, akan terlihat jumlah kata dalam satu menit beserta bagaimana tingkat keakurasiannya yang dipaparkan dalam %. Anda dapat melihat peringkat dalam tes dalam kurun waktu 24 jam. Jika semenit dirasa kurang, maka terdapat pilihan ujian dalam 3 dan 5 menit.

Baca Juga: Pengertian Website

Nah, itulah 14 website untuk tes kecepatan mengetik gratis yang bisa dipilih dan langsung dicoba di rumah. Agar kemampuan mengetik semakin meningkat, agendakan setiap hari minimal 30 menit untuk berlatih. Dijamin, typing skill akan lebih baik. Semoga informasi ini bisa berguna.

Tinggalkan Balasan