Cara Menabung Uang yang Benar

Tips Cara Menabung Uang yang Benar Agar Cepat Terkumpul

Diposting pada

Setiap orang pasti memiliki rencana masa depan yang cerah. Dalam mewujudkannya membutuhkan usaha beragam. Mulai dari menerapkan hidup hemat, mengejar pendidikan hingga belajar tips cara menabung uang yang benar agar cepat terkumpul dan tidak mudah habis atau terpakai.

Beberapa Tips Menabung yang Harus Anda Lakukan

Beberapa Tips Menabung yang Harus Anda Lakukan

Jika membahas soal tabungan, sebetulnya sudah diajarkan sejak dini di bangku TK bahkan pendidikan dari orang tua. Tetapi banyak pula yang telah melakukan namun tidak kunjung terkumpul. Ternyata ada tips menabung yang benar sehingga hasilnya dapat berangsur terlihat seperti berikut:

Di Tempat Tersembunyi

Cara aman pertama yang bisa Anda lakukan agar keberadaan tabungan tidak diketahui orang lain adalah tempat rahasia. Ini diperlukan untuk menjaga uang dari curian atau perampokan. Jika tidak, usaha menabung akan sia-sia ketika sudah terkumpul namun malah diambil seseorang.

Baca Juga: Kerja Sampingan Untuk Anak Sekolah

Tempat rahasia ini bisa jadi pilihan bila Anda tinggal tidak sendirian. Seperti di bawah bantal yang ditutupi oleh sarungnya atau di tumpukan baju dalam lemari.

Tetapi bila ingin anti mainstream bisa memilih lokasi yang tidak mungkin dijangkau oleh orang lain, contohnya di dalam bambu atau ditimbun di tanah. Saat memilih tempat sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu jika dalam jangka panjang.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan bisa memindahnya secara berkala. Keuntungan cara ini yaitu bisa menyediakan uang jika Anda kehabisan dan sedang membutuhkannya, maka tidak perlu berhutang.

Di Dalam Celengan

Menabung menggunakan celengan memang pilihan paling simpel. Pasti Anda juga sudah mengenalnya sejak kecil. Cukup menyediakan media yang digunakan (bisa membelinya di pasar atau membuat sendiri) bila tidak ingin mudah pecah, pilih barang dengan bahan plastik.

Tetapi biasanya celengan berbahan plastik mudah sekali dicungkil menggunakan gunting untuk diambil uangnya. Maka lebih aman menggunakan bahan kaca atau keramik agar tidak bisa mengambil.

Cara menabung agar cepat terkumpul banyak sesuaikan dengan pendapatan. Bila tergolong masih sekolah, masukkan saja meski sedikit namun rutin seperti uang receh. Apabila sudah memiliki penghasilan pribadi sisihkan sejumlah tertentu dan masukkan secara konsisten agar hasilnya terlihat.

Asuransi

Terkadang ada beberapa tipe orang yang kesulitan mengatur keinginannya sendiri. kemudian akhirnya memerlukan sedikit paksaan untuk menabung agar cepat terkumpul. Jika Anda termasuk ke dalamnya, maka tergabung asuransi menjadi pilihan efektif.

Sebab Anda bisa memilih angsuran pembayaran sesuai kemampuan. Nantinya dalam jangka beberapa tahun baru hasil tabungan bisa diambil ketika masa pensiun atau umur tua. Cara ini dikhususkan untuk para pekerja atau pebisnis yang sudah pasti memiliki pendapatan rutin.

Keuntungan menggunakan asuransi bisa mencegah keinginan untuk mengambil uang. Karena tabungan tidak bisa ditarik sebelum masa angsuran selesai. Selanjutnya Anda juga akan mendapatkan bunga tambahan saat pencairan sehingga jumlah uang lebih banyak.

Kunci Tabungan

Sekilas cara ini mirip dengan sistem asuransi karena menghalangi Anda untuk mengambilnya.  Hanya saja pemilik bisa mengontrol batasan nominal yang ditargetkan untuk dicapai. Maka tabungan hanya bisa disetor hingga sesuai keinginan jumlah baru penguncian akan terbuka dan bisa dicairkan.

Hal ini menguntungkan Anda jika sedang ingin membeli sesuatu. Seperti rumah impian atau kendaraan di masa depan. Maka rekening tabungan akan mudah terkumpul karena terpaksa pemilik terus terpacu untuk memenuhi target dalam waktu secepat mungkin.

Tips menabung uang yang benar ini lebih direkomendasikan kepada Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap agar tidak menggangu kebutuhan hidup lainnya. Juga sebaiknya mempunyai jenis ATM lain yang bisa ditarik untuk keinginan lain.

Menyimpan Uang Receh Serupa

Terkadang kesulitan efektifitas menabung bukan pada jumlah namun konsistensi. Tips menabung cepat bisa Anda mulai dengan jumlah kecil asalkan rutin daripada banyak tetapi berkali-kali diambil. Bila dirasa tidak bisa menyisihkan uang besar, tabung saja recehan yang serupa seperti 500 rupiah.

Uang receh bisa dijadikan pilihan karena hampir semua orang memiliki. Bahkan terkadang keberadaannya tidak terlalu dibutuhkan sehingga lebih baik dimasukkan ke dalam tabungan pribadi. Meski jumlahnya kecil atau sedikit tetapi lama-lama akan menjadi bukit saat terkumpul.

Jumlah uang receh serupa akan membuat penghitungan ketika dipecahkan menjadi lebih mudah. karena tidak perlu menjumlahkan satu persatu. Cukup melihat secara keseluruhan barulah dikalikan dengan nilai nominalnya seperti 500 rupiah atau jumlah lainnya yaitu seribu koin.

Menyimpan Pendapatan Sampingan

Saat ini banyak orang yang sengaja bekerja 2 jenis bahkan lebih. Bukan berarti serakah, namun sesuai kebutuhan hidup yang semakin banyak mengharuskan Anda untuk menyisihkan kepentingan tabungan dengan kebutuhan. Selain pendapatan utama, pekerjaan sampingan bisa dijadikan pilihan.

Biasanya pendapatan utama digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. kemudian memenuhi tanggungan cicilan bila ada atau menabung untuk persiapan kejadian-kejadian tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, perlengkapan rumah rusak dan sebagainya.

Sedangkan hasil dari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu diprioritaskan, bisa digunakan sepenuhnya untuk ditabung. Karena meski jumlahnya tidak terlalu banyak namun Anda dapat lebih fokus menabung. Usahakan pula agar tidak digunakan membeli keperluan lainnya.

Mengurangi Foya-Foya

Manusia memang memiliki keinginan beragam, tidak heran jika terkadang uang perlahan habis untuk hal-hal tidak penting. Tips menabung berikutnya ini, Anda harus mulai menyortir keperluan yang mendesak dan harus dipenuhi. Kemudian menyingkirkan atau menunda keinginan jika dirasa kurang mendasar.

Termasuk saat belanja bulanan tiba, sebaiknya catat daftar bahan pokok yang akan dibeli. Kemudian beberapa tambahan barang sesuai keinginan di kertas berbeda. Baru disesuaikan dengan pendapatan. Sebaiknya memiliki batasan pengeluaran agar tidak terjadi overload.

Saat kesempatan lebaran tiba, budaya yang berlaku adalah membeli pakaian baru. Bisa jadi mulai sekarang dipertimbangkan bila belum membutuhkan sebaiknya disimpan terlebih dahulu. Anda dapat menunggu hingga barang yang dimiliki hampir rusak serta tidak layak pakai baru menggantinya.

Memakai Aplikasi Tabungan

Di zaman serba canggih seperti sekarang semua menjadi lebih mudah, termasuk ketika Anda ingin menabung uang. Sebab, sudah dapat mengunduh aplikasi tabungan melalui smartphone yang menerapkan sistem top up.

Cara ini terbilang efektif dan bisa dilakukan kapan saja serta pemilik bisa mengeceknya secara berkala. Selain untuk menabung uang, menggunakan aplikasi bisa untuk mencatat pengeluaran bulanan atau harian.

Anda dapat menuliskan daftar barang pembelian dan nominal sesuai jangka waktu yang diinginkan. Nantinya pemilik tabungan akan mengetahui seberapa banyak kebutuhannya.

Setelah mengetahui jumlah pengeluaran setiap hari atau bulannya, Anda akan dapat memperkirakan tingkat keborosan. Kemudian mulai menyeleksi kepentingan yang harus mulai dikurangi agar tidak terjadi pembengkakan.

Memantau Info Diskon

Potongan harga hampir disukai oleh sebagian besar orang Indonesia. Karena selain bisa berhemat, namun juga jika beruntung dapat meperoleh barang yang diinginkan. Tetapi kali ini Anda perlu memperhatikan informasinya terlebih untuk beberapa kebutuhan pokok harian.

Biasanya setiap supermarket baik kecil maupun besar mengadakan diskon di hari-hari tertentu. Tetapi terkadang barang yang disediakan bukanlah sesuai kebutuhan Anda. Di saat itulah seseorang harus ekstra hati-hati mengerem untuk tidak membeli barang yang hanya diinginkan.

Sebaliknya, utamakan kepentingan pokok seperti beras, sayuran, minyak goreng, atau beberapa lainnya yang sudah pasti dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar lebih berhemat pengeluaran. Tetapi sekali pun diskon bila yang dibeli lebih banyak berasal dari keinginan maka tetap saja boros.

Menyimpan Uang Bonus atau Rejeki Tidak Terduga

Ternyata menabung efektif tidak hanya melakukan secara rutin dengan pendapatan yang dimiliki. Sesekali lebih baik memasukkan jumlah besar yang diperoleh dari bonus pekerjaaan saat lebaran. Kemudian untuk membeli kebutuhan tetap menggunakan uang gaji.

Tetapi bila tetap ingin memakainya, utamakan sejumlah tertentu ditabung baru kemudian membeli keperluan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memiliki tabungan dalam jumlah besar meski masih berlangsung sebentar.

Tidak hanya bagi pekerja, cara menabung uang yang benar bagi pelajar pun tetap bisa melakukannya meski tanpa penghasilan. Seperti saat mendapatkan uang saku hari raya atau liburan panjang dari kerabat. Jika tidak memiliki kebutuhan mendesak sebaiknya dimasukkan ke tabungan seutuhnya.

Menabung Aset Riil

Tips ini cocok untuk Anda agar lebih dapat mengontrol keinginan dengan merubah uang berupa aset riil yang bernilai, seperti menyicil emas. Usahakan bukan perhiasan melainkan bentuk murni agar tidak mengalami penyusutan jika disimpan dalam jangka waktu lama serta harganya semakin naik.

Tabungan emas juga bisa dipilih karena bisa terhindar dari inflasi. Anda tidak perlu takut rugi meski membelinya secara bertahap, sebab harganya cenderung selalu naik lebih mahal. Untuk membelinya sebaiknya memantau kondisi harga turun agar tidak terlalu mahal.

Selain emas, Anda dapat mewujudkannya dalam bentuk saham. Tetapi cara ini lebih disarankan oleh orang yang sudah paham betul dunia bisnis sehingga tahu pengambilan langkah melelang dan membeli untuk terhindar dari bangkrut. Jika tidak, bukan malah mendatangkan keuntungan tetapi bisa menambah hutang.

Membatasi Penggunaan Listrik

Jika Anda sudah berumah tangga cara menabung uang ini dinilai efektif. Karena secara tidak langsung penggunaan listrik berlebihan bisa menimbulkan pembengkakan pengeluaran. Bukan berarti tidak boleh memakainya sama sekali tetapi perlu mengontrol dengan cara pembatasan waktu.

Seperti menonton televisi di jam-jam tertentu yaitu selama setengah hari atau hanya 6 jam dalam sehari. Mematikan lampu ruangan selain sore hingga malam hari lalu menggantinya dengan ventilasi cahaya. Serta mencabut kabel listrik kulkas atau kipas angin saat tidak dipakai.

Meski belum berumah tangga atau tinggal di kamar kos, penghematan listrik perlu dilakukan. Apalagi bila Anda membeli dengan sistem token bisa menerapkan cara pembatasan pulsa selama satu bulan. Lalu mengupayakan agar tidak habis sebelum masa berakhirnya.

Menjual Barang Preloved

Salah satu cara menabung uang dari pendapatan tak terduga yaitu memanfaatkan kesempatan. Hal ini hampir dimiliki oleh semua orang. karena Anda pasti memiliki pakaian atau barang yang sudah tidak terpakai namun kondisinya masih layak digunakan. Ternyata barang-barang tersebut bisa mendatangakan keuntungan.

Anda bisa memulai kemampuan marketplace yang bagus. Dapat dilakukan melalui sosial media dengan membuat akun toko online atau milik pribadi. Kemudian memposting baju, sepatu, barang-barang layak pakai dengan angle menarik lalu dipromosikan ke seluruh pengguna hingga dikenal.

Meski hasil penjualan barang bekas tidak bisa membalikkan modal, tetapi dari pada membiarkannya rusak lebih baik merubahnya menjadi uang. Bahkan untuk beberapa barang bermerk bisa dijual dengan harga tinggi. Anda juga bisa membuka jasa titip jual milik orang lain dengan menarik tarif.

Mengurangi Nongkrong

Bersosialisasi memang penting untuk dilakukan agar tetap menjaga silaturahmi antar sesama. Tetapi terkadag bila Anda kurang bisa mengontrol, maka secara perlahan pengeluaran menjadi banyak karenanya. Sebagian besar berkumpul anak muda dihabiskan dengan makan di cafe atau restaurant.

Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan memakan menu enak. Tetapi sebaiknya lebih memberikan batasan agar tidak terlalu sering. Seperti menerima ajakan berkumpul hanya sebulan sekali atau di hari-hari tertentu. Istimewanya lagi jika menyisihkan uang untuk kepentingan tersebut sehingga tidak melebihi batas.

Anda juga dapat menyiasati untuk memilih tempat tongkrongan ramah kantong. Maka pengeluaran pun akan sesuai dengan kemampuan. Tidak perlu memaksakan gengsi untuk bergaul di tempat mahal, namun mengorbankan kebutuhan pokok apalagi tabungan.

Membatasi Uang di Dompet

Berbagai cara menabung dengan cepat juga harus disertai upaya mengerem keinginan. Seperti membatasi jumlah uang di dalam dompet sehingga tidak akan mudah memutuskan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Namun, terlebih dahulu perhitungkan kebutuhan harian.

Jika Anda membawa uang secara berlebihan di dompet, biasanya akan mudah mengeluarkan. Sulit sekali menahan keinginan sesaat. Kemudian akhirnya merasa menyesal jika persediaan sudah habis namun tidak dapat mengembalikannya seperti semula lagi.

Sediakan uang sesuai kebutuhan yang telah direncanakan akan dibeli di dalam dompet. Kemudian beri tambahan kelebihan untuk alternatif jika ada kejadian di luar dugaan. Tetapi ingat persediaan itu tidak boleh digunakan untuk kepentingan lain yang bukan termasuk kondisi darurat.

Hidup Senang dan Tenang

Untuk mewujudkan tabungan yang efektif dan berjumlah banyak bukan berarti hidup menyedihkan. Anda perlu berada di posisi tenang dan senang untuk menjalani agar tidak mudah putus asa ketika terkena masalah. Cara menabung yang baik adalah memenuhi semua kebutuhan pokok jika bisa hingga tersier.

Menyisihkan pendapatan sangat perlu tetapi bukan berarti 60 hingga 70%. Sebaiknya hitung terlebih dahulu keperluan rata-rata setiap bulan. Kemudian membagi penghasilan untuk memenuhinya dan bagian lainnya dimasukkan dalam tabungan tanpa diambil serta uang darurat.

Biasanya presentase tabungan sebesar 30% dari total pendapatan rutin sudah cukup. Dengan begitu Anda tetap bisa hidup senang seperti jalan-jalan untuk refreshing atau berkumpul bersama teman-teman. Sisihkan juga sebagai sedekah atau berbagi kepada sesama.

Meningkatkan Penghasilan

Semakin hari angka kebutuhan hidup akan meningkat. Tidak heran bila terkadang seseorang memiliki cicilan hutang atau bahkan sampai menghentikan upaya menabung. Tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi jika Anda tidak ingin berada di kondisi terpuruk.

Ketika Anda merasa uang kurang untuk memenuhi kebutuhan, maka jangan sesekali mengambil tabungan. Carilah solusi lain yang bisa mendatangkan penghasilan seperti bekerja tambahan atau mulai memikirkan ide bisnis jangka panjang bahkan untuk keuntungan passive income.

Jika pekerjaan utama Anda telah menyita banyak waktu, maka berusahalah lebih giat agar mendapat promosi jabatan. Sembari mencari pekerjaan yang tidak terikat dan dapat dilakukan di sela-sela tugas utama seperti berjualan online.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Banyak sekali tips cara menabung uang yang benar agar cepat terkumpul bisa Anda lakukan agar dapat mewujudkan masa depan cerah. Salah satu poin penting untuk menjalankannya secara konsisten adalah mengontrol keinginan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan