Ukuran Kolam Renang

Ukuran Kolam Renang

Diposting pada

Siapa sih yang tak suka berenang di kolam renang yang nyaman? Ada banyak pilihan jenis kolam renang yang bisa kita pilih saat ingin membangun kolam renang pribadi di rumah. Jadi, kolam renang adalah struktur bangunan yang dirancang untuk menahan air agar memungkinkan berenang atau melakukan kegiatan rekreasi lainnya. Kolam dapat dibangun ke dalam tanah (in-ground pools) atau dibangun di atas tanah (sebagai konstruksi berdiri sendiri atau sebagai bagian dari bangunan atau struktur lain yang lebih besar).

In-ground pools paling umum dibangun dari bahan-bahan seperti beton, batu alam, logam, plastik, atau fiberglass. Banyak klub kesehatan, pusat kebugaran, dan tempat-tempat lain memiliki kolam yang sebagian besar digunakan untuk olahraga atau rekreasi.

Fasilitas pendidikan seperti sekolah dan universitas juga terkadang memiliki kolam untuk kelas pendidikan jasmani, kegiatan rekreasi, perlombaan. Kolam renang khusus biasanya juga juga digunakan untuk menyelam, olahraga air khusus, dan terapi fisik.

Apapun jenis kolam renang dan ukurannya, kadar bakteri dan virus dalam air kolam renang harus dijaga agar tetap rendah untuk mencegah penyebaran penyakit dan patogen. Bakteri, alga, dan larva serangga dapat memasuki kolam jika air tidak dibersihkan dengan benar. Pompa, saringan pasir mekanis, dan desinfektan sering digunakan untuk membersihkan air di dalam kolam renang.

Baca Juga: Kontraktor Kolam Renang

Sama seperti yang lainnya, kolam renang tersedia dalam berbagai jenis, desain, ukuran, dan bentuk dan digunakan untuk berbagai keperluan. Anggaran, ukuran, dan material bahan akan menjadi faktor dalam menentukan jenis kolam apa yang akhirnya akan Anda putuskan untuk dibangun di rumah.

Kolam renang bisa terdapat di dalam atau di luar ruangan. Kalau dulu hanya terdapat kolam renang permanen yang terbuat dari beton, kini sudah banyak tersedia di pasaran kolam renang yang bersifat sementara dan portabel alias bisa dipindah ke mana-mana.

Mungkin kolam renang yang berukuran kecil akan cocok untuk Anda, atau bisa jadi Anda lebih menginginkan memiliki kolam renang berukuran besar untuk memuaskan hobby berenang Anda.

Jenis Dan Ukuran Kolam Renang

Ada banyak jenis dan ukuran kolam renang yang sering kita jumpai. Masing-masing lengkap dengan spesifikasi dan karakternya masing-masing. Nah kali ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis kolam renang lengkap dengan ukurannya masing-masing.

Kolam Renang Pribadi

Kolam renang pribadi

Kolam pribadi biasanya lebih kecil dari kolam renang umum, dengan rata-rata memiliki luas kolam renang 3,7m × 7,3m hingga 6,1m × 12,2m. Bahan konstruksi untuk kolam renang pribadi sangat bervariasi.

Biasanya material yang sering digunakan adalah beton dan fiberglass. Kolam renang pribadi diperuntukkan untuk bisa memenuhi kebutuhan hobby berenang keluarga, yang biasanya terdiri dari 3-6 orang.

Kolam Renang Anak

Kolam renang anak

Kolam renang anak ada yang dibuat secara permanen dan biasanya diletakkan di sebelah kolam renang untuk dewasa, dan ada juga yang merupakan kolam renang portabel. Biasanya kolam renang portabe banyak menjadi pilihan karena praktis dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu mahal.

Umumnya produk portable swimming pool berukuran 3×4 meter, dengan kedalaman 50 cm-1 meter, yang bisa diisi air secara penuh atau sebagian saja. Sedangkan kolam renang anak permanen biasanya berbentuk bulat, dengan kedalaman 50 – 75 cm.

Setelah kolam renang portabel selesai digunakan, air dan udara dapat dikeluarkan dan kolam jenis ini dapat dilipat untuk disimpan sampai waktunya dipergunakan kembali. Walaupun konstruksi kolam renang portable biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan tahan digunakan selama bertahun-tahun, tetapi Anda harus tetap menjaga agar kondisinya tetap baik dengan menyimpannya di tempat yang tidak tertindih barang-barang lainnya. Kolam renang portable biasanya juga sudah termasuk pompa di dalamnya.

Kolam Renang Umum

Kolam renang umum

Kolam renang umum biasanya terdapat di pusat-pusat rekreasi, atau kompleks olahraga. Hotel-hotel juga biasanya menyediakan kolam renang seperti ini.

Kolam renang umum biasanya berukuran lebih besar daripada kolam renang pribadi, dengan panjang bisa mencapai 25-40 meter dengan bentuk persegi panjang. Meskipun begitu, cukup banyak juga kolam renang umum yang berbentuk oval atau mengikuti lekukan bangunan disampingnya, dengan variasi air terjun buatan, air mancur, jembatan, seluncuran, dan permainan air lainnya.

Biasanya kolam renang umum juga menyediakan kursi-kursi pantai di sekeliling kolam, agar pengunjung bisa bersantai sambil berjemur. Beberapa fasilitas kolam renang umum memiliki loker agar pengunjung dapat menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya. Biasanya ada shower untuk tempat pengunjung membersihkan diri sebelum dan sesudah menggunakan kolam renang, dan juga tempat penyewaan ban pelampung .

Competition Pools

Competition pools

Badan Federasi Renang Internasional atau Fédération Internationale de la Natation (FINA, International Swimming Federation) menetapkan ukuran kolam renang standar internasional untuk kolam kompetisi dan aturan kondisi kolam renangnya itu sendiri.

Kolam kompetisi umumnya berada di dalam ruangan dan memiliki pemanas agar dapat digunakan sepanjang tahun, terutama untuk negara-negara yang memiliki 4 musim.

Kolam renang ukuran Olimpiade (pertama kali digunakan di Olimpiade 1924) adalah ukuran kolam renang internasional yang memenuhi standar tambahan FINA untuk Olimpiade dan untuk acara kejuaraan dunia. Lebar kolam renang khusus kompetisi atau competition pools harus 50 x 25 m, dibagi menjadi delapan jalur masing-masing 2,5 m, dan ditambah dua area 2,5 m di setiap sisi kolam. Kedalaman harus minimal 2 m.

Kondisi air pada kolam renang untuk kompetisi pun memiliki aturannya sendiri, yaitu air harus dijaga pada suhu 25–28°C dan tingkat pencahayaan lebih dari 1500 lux. Ada juga peraturan untuk warna tali jalur, posisi bendera gaya punggung (5 meter dari setiap dinding), dan sebagainya. Meskipun begitu, biasanya kolam renang umum yang diklaim sebagai “kolam Olimpiade” tidak selalu memenuhi peraturan ini.

Exercise pools

Exercise pools

Akhir-akhir ini, ada kolam renang yang diberi nama exercise pools. Ini adalah sebuah kolam yang lebih kecil dari ukuran standar kolam renang, dengan ukuran sekitar 2,5 × 5 m, di mana perenang berenang di tempat, dengan berusaha melawan arus buatan yang diolah oleh mesin. Biasanya para atlet menggunakan exercise pool untuk melatih kekuatan tangan, agar terbiasa melawan arus, sehingga pada saat pertandingan akan dengan mudah berenang dari satu sisi ke sisi lainnya.

Walaupun bukan seorang atlet, tetapi bila Anda ingin melatih kekuatan otot tangan, Anda juga bisa menggunakan Bila Anda termasuk orang yang ingin berlatih agar memiliki stamina berenang seperti atlet, Anda bisa membuat exercise pool di rumah. Apalagi, lahan yang dibutuhkan pun tak perlu terlalu luas.

Exercise pools juga dapat menjadi alternatif yang bagus bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas karena biaya pembuatannya yang relatif lebih murah dari kolam renang berukuran penuh, tetapi masih dapat memberikan manfaat bagi Anda sebagai tempat latihan dan relaksasi.

Pada dasarnya, exercise pools memang berukuran jauh lebih kecil dari ukuran standar kolam renang. Hal ini dikarenakan pada exercise pools memang tidak diperlukan kolam yang terlalu luas, sebab perenang akan berenang melawan arus yang dikeluarkan dari mesin.

Meskipun begitu, exercise pools masih memungkinkan Anda untuk berlatih pukulan renang Anda karena mereka menghasilkan arus kuat yang memungkinkan Anda untuk berenang di tempat. Sebagai perbandingan, exercise pools memiliki cara kerja yang mirip dengan treadmill, di mana penggunanya dapat berlari di tempat.

Karena terdapat arus buatan, Anda tidak benar-benar bergerak maju ketika berenang, sehingga Anda tidak pernah mencapai ujung dan Anda tidak perlu berbalik dan berenang ke sisi yang lain. Ini memungkinkan kolam menjadi jauh lebih kecil daripada kolam berukuran standar, namun tetap memungkinkan Anda berenang secepat yang Anda suka. Manfaat lain dari kolam ini adalah masih memungkinkan untuk mandi dan bersantai seperti saat menggunakan bak mandi air panas.

Ada beberapa jenis generator yang biasa digunakan di exercise pools. Salah satunya menggunakan baling-baling besar mirip dengan yang ditemukan di bagian belakang perahu motor. Dan ada juga tipe lain menggunakan pompa kuat yang memaksa air melalui jet untuk menyebabkan arus terbentuk.

Hal utama yang harus dicari ketika membuat exercise pools adalah mencari alat yang dapat menghasilkan arus yang mudah disesuaikan dan cukup kuat untuk bisa memuat Anda melatih kekuatan otot tangan Anda.

Hot Tubs dan Spa Pools

Hot tubs dan Spa pools

Biasanya, kolam spa mengacu pada kolam kecil, panas dan memiliki jett arus yang dibangun di tanah. Kolam spa dapat menjadi fitur mandiri atau berdekatan dengan kolam renang standar. Kolam spa juga bisa diletakkan secara indoor atau outdoor. Spa pools biasanya adalah kolam air panas yang biasanya digunakan untuk relaksasi dan terkadang untuk terapi. Biasanya kolam seperti ini berukuran kecil dan dangkal, kurang lebih 2,5m x 3m, dengan kedalaman maksimal 75 cm.

Perbedaan mendasar antara spa dan bathtub adalah spa secara terus-menerus meresirkulasi air hangat melalui jet air bertekanan cukup tinggi. Jet-jet ini memiliki efek memijat pada tubuh. Misalnya, Anda dapat duduk dengan punggung atau leher di depan jet air untuk pijat punggung atau leher, dan pada saat yang sama air yang berputar-putar secara tidak langsung memberi Anda pijatan yang menenangkan.

Spa bekerja dalam tiga tahap:

  • Air diambil dari dekat permukaan spa dan melewati proses penyaringan. Sistem filtrasi dapat berupa sistem isap yang menghilangkan kotoran saat air sedang dipompa atau sistem tekanan yang memaksa air melalui filter cartridge.
  • Setelah air disaring, melewati elemen pemanas. Elemen pemanas dapat berupa gas, listrik atau matahari. Sistem surya juga dapat memiliki cadangan gas atau listrik atau digunakan sebagai elemen pemanas parsial hemat energi.
  • Air yang dipanaskan kemudian dipompa ke kolam melalui jet air. Banyak spa saat ini menggunakan sistem induksi udara yang mencampur udara dengan air untuk meningkatkan daya dorong air. Tekanan dari jet biasanya dapat disesuaikan dengan preferensi Anda.

Ocean Pools

Ocean pools

Ocean pools adalah kolam yang dibangun di tepi laut , dan biasanya berbatasan langsung dengan air laut, sehingga saat air laut sedang pasang, air laut dapat masuk ke dalam kolam renang. Ocean pools dapat berukuran kecil hingga besar, dan bisa mencapai 50m x 100m.

Nah, itu tadi pembahasan lengkap kita tentang ukuran kolam renang beserta jenisnya. Semoga dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi seputar kolam renang, ya!

One thought on “Ukuran Kolam Renang

Tinggalkan Balasan