Wisata Jogja Dekat Malioboro

Wisata Jogja Dekat Malioboro – Kota Jogja identik dengan Jalan Malioboro. Sebuah plang dengan tulisan latin Malioboro dan aksara Jawa menjadi ikon tempat ini yang selalu ramai untuk dijadikan spot foto oleh wisatawan. Kata Malioboro sendiri berasal dari nama seorang Inggris yaitu Marlborough yang pernah tinggal di sini. Pendirian jalan ini bertepatan dengan pembangunan Keraton Yogyakarta.

Jalan Malioboro awalnya dijadikan sumbu imajiner antara Pantai Laut Selatan , Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Setelah benteng Vredeburg dibangun oleh Belanda, Jalan Malioboro menjadi ramai dan berkembang pesat.

Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

Untuk Anda yang menginap di sekitar kawasan ini, ada beberapa objek wisata Jogja dekat Malioboro yang tidak jauh dari Jalan Malioboro yang bisa Anda kunjungi berdasarkan jaraknya:

Mie ayam grabyas Red Door (170 m)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Mie ayam grabyas Red Door

Mie ini layak untuk menjadi destinasi wisata kuliner dekat Malioboro Anda yang berada di Jalan Malioboro No. 60. Mie ayam khas Wonogiri yang terletak tepat di seberang Hotel Inna Malioboro dilengkapi dengan kulit ayam yang krispi sehingga dinamakan Mie Ayam Grabyas.

Baca Juga: Gudeg Paling Enak di Jogja

Jam bukanya yang dimulai jam setengah 12 menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati suasana Jalan Malioboro yang lengang di waktu malam.

Skybar Ibis Style (600 m)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Skybar Ibis Style

Makan malam romantis di atas ketinggian sambil melihat jalan Malioboro dari atas menjadi alternatif berikutnya. Restoran yang buka mulai jam 10 pagi hingga jam 1 dinihari ini berada di rooftop Hotel Ibis Styles Yogyakarta yang jaraknya hanya 10 menit jalan kaki ke arah barat. Luangkan waktu untuk berada di tempat wisata jogja dekat Malioboro yang instagramable ini sambil menikmati pemandangan kota Jogja di waktu malam.

Pasar Beringharjo (700 m)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Pasar Beringharjo

Wisata dekat malioboro selanjutnya adalah Pasar tradisional ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Di pagi hari, Anda bisa menemukan ragam sarapan lezat yang menggugah selera. Warna-warni daun yang menjadi bahan pecel kembang turi bisa menjadi pilihan Anda menuntaskan rasa lapar sembari menunggu kios-kios batik buka.

Pasar ini berdiri sejak tahun 1758 dan sudah direnovasi menjadi lebih modern dengan bangunan 2 lantai. Di sini tersedia aneka kain batik, baju dan pernak pernik dari bahan batik, jamu-jamuan khas hingga kerajinan tangan yang unik bisa Anda temukan di sini. Selain variasi barang yang beragam, harga yang terbilang murah menjadi daya tarik pasar yang berada di sisi selatan Jl. Malioboro.

Nol Kilometer (1,0 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Nol Kilometer

wisata dekat malioboro Nol Kilometer ini berupa bangunan dengan gaya Belanda yang anggun yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya seniman Jogja dan menghasilkan street art yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma.

Di hari-hari tertentu, diadakan pagelaran seni oleh komunitas seni Jogja untuk menarik minat wisatawan mengunjungi tempat wisata dekat Malioboro ini.

Tugu Jogja (1,1 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Tugu

Tugu wisata dekat malioboro jalan kaki ini berada di perempatan Jl. Margo Utomo (selatan), Jl. P. Mangkubumi (utara), Jl. Diponegoro (barat), dan Jl. Jend. Sudirman (timur). Tugu putih dengan tinggi mencapai 25 meter dengan bentuk golong (bulat) dan gilik (silinder) ini menjadi ikon lain dari kota Jogja. Dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, keberadaannya tetap dipertahankan oleh keraton.

Setelah mengalami gempa dahsyat pada tahun 1867, bentuk tugu dirombak menjadi persegi di bagian bawah dan meruncing ke atas dengan tetap mempertahankan warna putih sebagai warna tugu. Tugu ini ketika ditarik garis imajiner, berada dalam satu garis lurus dengan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, dan Pantai Laut Selatan. Anda harus berfoto di sini sebagai tanda Anda pernah mengunjungi tugu yang fenomenal ini.

Pasar Malam Sekaten (1,2 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Pasar Malam Sekaten

Pasar malam yang biasa digelar di alun-alun utara keraton, menjadi primadona destinasi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Di sini juga tersedia wahana tradisional seperti othok-othok, topeng dari kertas, ombak banyu hingga kesenian dari Ketoprak Tobong.

Cara mencapai tempat wisata jogja dekat malioboro ini sangat mudah dari jalan Malioboro. Anda cukup berjalan kaki ke arah selatan hingga melewati perempatan di mana ada titik nol kilometer. Acara ini biasanya berkaitan dengan acara keagamaan yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan biasanya dibarengi juga dengan acara grebeg juga di keraton Jogja.

Pabrik Bakpia (1,5 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Pabrik Bakpia

Jogja ya bakpia. Meskipun kini ada makanan oleh-oleh selain bakpia, namun nama Jogja tidak bisa dipisahkan dengan cemilan ini. Dulu hanya tersedia rasa kacang ijo yang menjadi isian makanan berbentuk bulat yang rasanya mirip dengan roti. Kini, mengikuti selera zaman, Anda bisa membawa bakpia lezat dengan isian yang bervariasi seperti nanas, keju hingga durian.

Kunjungan ke wisata di sekitar malioboro pabrik bakpia sempat menjadi primadona kegiatan wisata di Jogja yang biasanya diakhiri dengan pembelian oleh-oleh buatan pabrik tersebut. Anda tinggal memilih pabrik bakpia yang mana atau mengikuti rekomendasi bapak tukang becak yang akan mengantarkan Anda dan menunggu sampai Anda selesai berkeliling melihat proses pembuatan bakpia dan berbelanja.

Keraton Yogyakarta (1,5 km)

Wisata Dekat Malioboro Keraton Yogyakarta

Keraton menjadi sentra objek wisata sekitar malioboro Jogja. Sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat kebudayaan, Keraton Yogyakarta telah menunjukkan eksistensinya hingga saat ini. keraton menjadi pusat informasi budaya Jawa yang lengkap. Mulai dari bangunan keraton yang artistik, benda-benda kebudayaan hingga adat istiadat yang masih dipelihara seperti Grebeg, Sekaten hingga upacara penobatan Sultan.

Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit, wayang orang hingga sendra tari yang menjadi salah satu daya tarik keraton. Dengan harga tiket masuk keraton Jogja yang murah, Anda bisa berkeliling di keraton yang telah berusia 3 abad namun tetap terawat dengan baik.

Museum Kereta Keraton (1,5 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Museum Kereta Keraton

Selepas melakukan tour of keraton, sempatkan mampir ke Museum Kereta Keraton. Sebagai bagian dari Keraton Yogyakarta, wisata malioboro museum ini menyimpan koleksi kereta kencana keraton yang berjumlah 22 buah. Koleksi ini berasal dari masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (1755 – 1792) hingga di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono VIII (1921 – 1939).

Koleksi kereta tersebut merupakan kereta yang dibuat di dalam negeri dan di luar negeri seperti Belanda, Inggris dan Jerman. Beberapa kereta merupakan hadiah dari negara lain, dan ada juga yang dibuat untuk memenuhi kepentingan kerajaan. Melihat museum ini kita seperti melihat sebuah garasi kerajaan dengan koleksi kendaraannya yang mahal dan artistik.

Sentra Gudeg Wijilan (1,5 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Sentra Gudeg Wijilan

Jogja dan Gudeg adalah pasangan lainnya dari kota ini. Nikmati gudeg Jogja yang khas di daerah ini. Ada beberapa tempat gudeg yang sudah melegenda dan dikenal kelezatannya. Mulai dari gudeg Yu Djum, gudeg Bu Lies, gudeg Bu Widodo hingga gudeg Bu Slamet yang merupakan pionir penjual gudeg di jalan ini.

Gapura yang bertuliskan “Selamat Datang di Sentra Makanan Khas Gudeg” menjadi tanda Anda telah berada di Wijilan.

Taman Pintar (1,8 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Taman Pintar

Taman pintar merupakan sebuah ruang terbuka dan menjadi tempat rekreasi anak-anak yang berkaitan dengan sains. Tempat ini berjarak 300 meter saja di sebelah timur Nol Kilometer, sehingga Anda bisa berjalan kaki ke sini sambil menikmati suasana Jogja.

Museum Mainan Anak Kolong Tangga (1,8 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Museum wisata jogja dekat malioboro berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Museum Mainan Anak Kolong Tangga. Sesuai dengan namanya kolong tangga, museum ini berada tepat di bawah tangga yang menuju concert hall Taman Budaya Yogyakarta.

Di museum ini Anda akan menemukan 400 koleksi mainan yang berasal dari seluruh Indonesia di dalam ruangan yang didesain dengan interior cerah berwarna-warni. Rudy Corens seorang berkewarganegaraan Belgia adalah pemrakarsa museum ini dan bekerja sama dengan Yayasan Dunia Damai yang dipimpin oleh Poppy Dharsono.

Selain koleksi mainan, di museum ini juga terdapat perpustakaan Burung Biru yang berada di Sekretariat Kolong Tangga di daerah Demangan Kidul GK I/19 dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Selain membaca, di sini anak-anak juga akan dihibur oleh pendongeng atau menonton film anak.

Koleksi mainan yang ada umumnya adalah mainan tempo dulu yang jumlahnya mencapai 90% dari seluruh koleksi. Sisanya adalah mainan masa kini dan beberapa koleksi mainan dari mancanegara sebagai referensi dan bahan pembanding.

Museum Benteng Vredeburg (2,3 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Museum Benteng Vredeburg

Obyek wisata dekat Malioboro lainnya yang bisa Anda sambangi adalah museum benteng Vredeburg. Anda bisa menuju ke benteng ini dengan berjalan kaki ke arah selatan dari pasar Beringharjo, Merupakan loji tertua dari seluruh bangunan Belanda yang ada di kawasan Jalan Malioboro Jogja. Benteng ini dilengkapi dengan bastion yang ada di setiap empat sudut bangunannya.

Di sini terdapat diorama-diorama yang menceritakan kisah heroik perjuangan kemerdekaan yang dijelaskan dengan gamblang dan menambah wawasan kesejarahan bangsa kita. Juga terdapat kafe yang diberi nama Indische Koffee untuk menemani waktu santai Anda selama berada di dalam benteng.

Dengan arsitektur khas kolonial, memberi warna klasik nan elegan sehingga membuat kafe ini membawa kita ke masa kemerdekaan. Menu-menu yang disajikan mengakomodasi keinginan dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Menu khas Indonesia berdampingan dengan apik dengan menu dari Eropa.

Taman Sari Yogyakarta (2,5 km)

Wisata Dekat Malioboro Taman Sari Yogyakarta

Tak lengkap rasanya mengunjungi Keraton Yogyakarta jika tidak menyambangi wisata di jogja dekat malioboro Taman Sari. Pusat pemandian bagi keluarga keraton menjadi obyek wisata di Malioboro berikutnya. Di zaman dahulu sudah terpikirkan sebuah pemandian dengan banyak lorong rahasia yang menuju laut Pantai Selatan sebagai jalur pelarian keluarga kerajaan.

Masjid bawah tanah yang unik karena berbentuk lingkaran dengan tangga di tengahnya menjadi daya tarik lain dari tempat ini. Dan bangunan tertinggi yang ada di kompleks ini menjadi tempat peristirahatan raja sambil menunggu matahari terbenam. Sebuah desain arsitektur yang bernilai tinggi.

Alun-alun Kidul (Alkid – 2,7 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Alun-alun Kidul

Wisata Malioboro lainnya adalah Alun-alun Kidul atau yang biasa disingkat Alkid. Mengunjungi tempat ini lebih tepat di malam hari karena di sini menjadi tempat keramaian yang menarik. Mobil hias berlampu menerangi tepi-tepi jalan alun-alun. Wisatawan bergerombol di angkringan yang menawarkan hidangan jagung bakar atau wedang ronde khas Jogja yang hangat.

Atau jika Anda belum makan malam, nasi kucing dengan tambahan beragam lauk bisa menjadi pilihan sambil menghabiskan malam di sini. Jangan lupakan mitos dua pohon Beringin yang ada di tempat ini. Sekali waktu Anda harus mencoba berjalan di tengah dua pohon ini sambil menutup mata. Buktikan mitos yang ada.

Museum Affandi (4,1 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Museum Affandi

Wisata sekitar malioboro ada Maestro seni lukis Affandi merupakan seorang pelukis besar Indonesia yang hingga kini belum ada tandingannya. Di museum yang berada di Jl. Laksda Adisucipto dan buka mulai jam 09.00 pagi hingga jam 16.00 sore ini, Anda akan terhanyut dengan sejumlah lukisan Affandi yang menjadi saksi kehebatannya dalam melukis.

Yang paling fenomenal adalah lukisan wajahnya. Dengan membayar tiket masuk hanya 25 ribu rupiah, kenangan akan Affandi melalui lukisannya bisa Anda nikmati beserta soft drink gratis.

Kebun Binatang Gembira Loka (4,2 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Kebun Binatang Gembira Loka

Alternatif lain untuk keluarga tempat wisata dekat Malioboro adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini memiliki koleksi hewan mencapai 400 jenis dan wahana pelengkap yang menarik untuk anak-anak dan orang dewasa. Wahana tersebut adalah Kolam Tangkap, Petting Zoo, Bumper Boat, ATV, Gajah Tunggang dan lainnya.

Suasana yang hijau dan asri memberikan rasa sejuk dan nyaman saat berada di sini. Harga tiket yang dibanderol pun termasuk murah yaitu hanya 30 ribu rupiah per orang. Kebun binatang ini dibuka mulai pukul 07.30 pagi hingga 17.30 sore.

Museum Monjali/Taman Pelangi (5,1 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Taman Pelangi

Museum ini merupakan sebuah monumen saksi sejarah perjuangan rakyat untuk mempertahankan kota ini dalam perang kemerdekaan. Di dalam monumen dengan harga tiket hanya 10 ribu rupiah ini, mempunyai 3 lantai, di mana di dalamnya terdapat berbagai dokumen, foto, senjata hingga replika dapur umum pada saat perang kemerdekaan. Tandu dan dokar Panglima Besar Sudirman juga dipajang di sini. Terletak di Jl. Lingkar Utara/ring road utara, bangunan ini berbentuk kerucut yang mudah dikenali dari kejauhan.

Pada sore/malam harinya, taman lampion yang berwarna-warni seperti pelangi berada tepat di depan museum wisata yogyakarta dekat malioboro ini. Selain ragam lampion yang menarik, di sini juga ada beberapa wahana seru seperti trampolin, speed boat, bom-bom car, becak mini, perahu dayung hingga bola air siap untuk memeriahkan waktu malam Anda. Dengan harga tiket masuk taman sekitar 20 ribu dan harga wahana antara 10 ribu hingga 20 ribu, taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pusat Kerajinan Perak Kota Gede (5,7 km)

Wisata Jogja Dekat Malioboro Pusat Kerajinan Perak Kota Gede

Selain gudeg dan bakpia, perak adalah ikon lain dari kota Jogja. Kota Gede wisata dalam kota jogja yang berjarak kurang lebih 6 km dari jalan Malioboro, menjadi sentra kerajinan perak yang terkenal di kota ini. Berbagai koleksi perak berupa cincin, anting hingga kalung tersedia di sini dengan berbagai ukiran yang cantik.

Selain itu, perak juga diaplikasikan ke bentuk lain seperti hiasan meja hingga hiasan dinding. Kerajinan perak ini sangat cocok untuk dijadikan hadiah maupun oleh-oleh khas Jogja.

Baca Juga: Wisata Malam Di Jogja

Ada banyak pilihan tempat wisata di dekat Malioboro sebagai referensi destinasi wisata Anda. Pastikan Anda membuat itinerary yang tepat sehingga bisa memaksimalkan waktu liburan Anda dalam mengunjungi objek Wisata Jogja dekat Malioboro. Karena yang disampaikan di atas hanya sebagian kecil saja. Masih banyak tipe objek wisata Jogja yang bisa Anda sambangi dan tidak jauh dari Jalan Malioboro.

Tinggalkan komentar