Manfaat Dan Teknik SEO On Page

Memahami Manfaat Dan Teknik SEO On Page
27Okt, 2019

Search Engine Optimation (SEO) adalah upaya yang dilakukan untuk memudahkan halaman website mendapatkan pengunjung lebih banyak dan muncul dihalaman pertama pencarian google. Upaya ini dilakukan dengan melakukan berbagai teknik agar website dapat dirambat dengan cepat oleh google dan memunculkannnya di halaman-halaman pertama setelah semua upaya khusus dilakukan. Dengan upaya tersebut website dapat bersaing dan menjadi yang pertama muncul serta mendapat trafik yang banyak karena posisi dalam halaman utama google.

SEO bertujuan untuk menempatkan website muncul dalam halaman-halaman utama google. Sebagaimana tujuan yang diharapkan maka hasil dari upaya SEO harus benar-benar dapat memunculkan website di halaman pertama agar dikatakan upaya yang dilakukan berhasil.

Jika website belum menempati halaman pertama google maka upaya harus terus dilakukan dengan meningkatkan dan menambah teknik atau memperbaiki agar berhasil. Selain itu upaya itu harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus . Berikut adalah penjelasan mengenai seo on page.

Manfaat dan Teknik Seo On page

SEO On Page adalah upaya optimasi yang memanfaatkan penerapan dasar-dasar SEO dalam halaman website untuk meningkatkan pengunjung. Proses optimasi SEO on page dilakukan dengan teknik optimasi pada internal website seperti membuat konten berkualitas, tema yang memudahkan SEO, internal link, pemanfaatan plugin, serta penggunaan keyword yang menjadi target utama pencarian google.

Baca Juga : Pengertian SEO On Page

Dengan melakukan SEO on page dalam jangka waktu tertentu diharapkan website mendapat posisi yang baik di halaman pencarian google.

Manfaat seo on page terkadang masih diremehkan oleh beberapa orang karena memang off page yang biasanya diutamakan. Oleh sebab itulah terkadang ada saja orang yang maksimal dalam melakukan optimalisasi off page namun tidak maksimal dalam melakukan optimalisasi on page.

Lantas bagaimana sih seharunya keduanya berjalan dengan baik? Ya tentu saja dengan melakukan hal dasar yaitu menerapkan on page.

Macam-Macam Teknik SEO On Page

Adapun macam-macam teknik SEO On Page adalah:

Gunakan Templet SEO friendly

Desain templet yang digunakan sebuah website berpengaruh terhadap mesin pencari google. Untuk itu gunakan templet yang SEO friendly agar memudahkan pencarian google dan membantu website mendapat posisi baik dalam pencarian google.

Templet tidak selalu harus terlihat bagus dan megah bahkan berbayar. Mesin pencari google tidak melihat bagus tidaknya sebuah tempelet tetapi melihat mudah tidaknya dirambat robot pencari google atau tidak agar mudah menempatkannya di halaman utama pencarian google.

Untuk memudahkan perambatan google, maka gunakan templet yang sangat SEO friendly agar membantu website mendapatkan posisi terbaik di laman pencarian.

Pasang Keyword pada judul dan konten

Keyword adalah komponen utama yang sangat penting dalam optimasi SEO on page. Dengan menggunakan keyword yang tepat akan membuat mesin pencari google menyukai sebuah website. Semain bagus keyword yang dipilih maka akan semakin besar peluang sebuah website untuk mendapatkan posisi di halaman-halaman utama pencarian google.

Penggunaan keyword pada website bergantung pada teknik yang digunakan para pengelola website. Jika teknik optimasi yang digunakan benar, maka website akan mendapatkan dampak dari optimasi yang dilakukan. Namun jika teknik yang digunakan tidak tepat maka optimasi SEO berjalan lebih lama bahkan tidak berhasil.

Untuk optimasi kata kunci pada halaman website dapat dilakukan dengan penempatan kata kunci yang tepat di halaman-halaman website. Salah satu penempatan kata kunci yang tepat ada pada judul. Judul menggambarkan isi keseluruhan dari website. Untuk itu gunakan keyword pada judul agar mudah dirambat pencarian google dan memunculkannnya dalam laman hasil pencarian.

Penempatan kata kunci juga dapat dilakukan pada laman utama konten. Penggunaan kata kunci pada laman konten dilakukan dengan menempatkan keyword tersebut pada bagian-pagian penting konten itu sendiri. Penempatan keyword tertarget dengan pola tertentu akan membuat website semakin disukai laman pencarian google.

Letakan judul postingan didepan judul blog

Penempatan judul postingan di depan judul blog akan membuat website disukai mesin pencarian google. Dengan menempatkan judul postingan di depan judul pada meta deskripsi maka memudahkan perambatan yang dilakukan mesin pencari google dan membuat website disukai robot perambatan google.

Selain itu dengan menempatkan judul di depan judul website maka akan memudahkan dibaca oleh orang yang mencari laman tertentu.

Pasang Meta Tags

Penggunaan meta deskripsi yang tepat akan membuat website mudah dikenali mesin pencarian google. Meta deskripsi berfungsi untuk memuat deskripsi halaman website agar mudah dikenali mesin pencarian google.

Dengan menggunakan meta deskripsi yang tepat dan sebisa mungkin ditulis dengan kalimat yang jelas, mudah dipahami, dan memuat kata kunci agar meta deskripsi semakin memiliki kekuatan yang membuat website disukai mesin pencarian google.

Percepat waktu loading

Waktu loading website sangat penting dalam membuat website disukai mesin pencari google. Dengan waktu loading yang singkat akan membuat website mudah bersaing dalam mesin pencarian karena dapat diakses dengan cepat oleh mesin pencarian.

Jika waktu loading lama selain sulit diakses oleh google juga tidak disukai orang karena membutuhkan waktu untuk menunggu munculnya laman yang dicari. Untuk itu usahakan untuk mempercepat loading website agar disukai mesin pencari google dan disukai pengguna.

Internal Link

Internal link adalah tautan halaman yang ditautkan kedalam halaman itu sendiri. Penggunaan internal link untuk membuat halaman disukai mesin pencarian dan membuat halaman lebih terstruktur dan disukai pengguna karena mudah untuk mendapatkan informasi yang relevan pada website tersebut. Adapun tujuan dari penggunaan internal link yang sesungguhnya adalah:

1. Memudahkan navigasi bagi pengunjung yang membutuhkan informasi sejenis.
2. Membentuk struktur laman website yang lebih baik.
3. Mendistribusikan otoritas website ke laman lain di website tersebut.

Optimasi gambar

Penggunaan gambar juga penting agar pengunjung tetap betah dan terus membaca website kita. Jika pengunjung datang dan tidak betah maka akan berpengaruh pada bounce rate website. Untuk itu dibutuhkan gambar untuk membuat pengunjung berlama-lama di website kita.

Untuk membuat pengunjung betah, maka digunakan gambar yang menarik dan bermanfaat. Dengan demikian pengunjung betah berlama-lama dan akan kembali lagi jika menyukai website dan konten yang kita suguhkan karena dirasakan bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian SEO

Jangan menganggap seo on page karena ini akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Anda bisa mendapatkan dorongan yang kuat dari google bila on page sudah terbenahi dengan baik. Bila Anda memang tidak bisa melakukan on page, Anda bisa menyewa jasa seo terpercaya untuk menjalankan on page nya. Jangan salah langkah karena itupun malah bisa membuat website Anda menjadi down.

Hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah manfaat seo on page sangatlah besar khususny untuk mendapatkan trafik secara organik dan berkelanjutan. Yuk terapkan seo on page dengan tepat agar Anda bisa mendapatkan keuntungan banyak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *